TEORI ORGANISASI MODERN

TEORI ORGANISASI MODERN
Aliran ketiga dari OM adalah: Teori Modern.  Teori Modern melihat organisasi sebagai satu kesatuan.  Teori modern mengemukakan bahwa organisasi bukanlah suatu sistem tertutup yg berkaitan dgn lingkungan yg stabil, tetapi suatu sistem terbuka yg harus bila ingin mempertahankan kelangsungan hidupnya menyesuaikan diri dgn perubahan lingkungannya.

DASAR PEMIKIRAN TEORI ORGANISASI MODERN • Teori ini berkembang sejak tahun 1950, dalam banyak hal mendasar berbeda dgn teori klasik; 1. Teori klasik memusatkan pandangannya pada analisis dan deskripsi organisasi’ Teori modern tekanan pada perpaduan (synthesis) dan perancangan (design), menyediakan pemenuhan suatu kebutuhan yang menyeluruh.

2. Ilmu Pengetahuan klasik telah membicarakan konsep koordinasi, skalar dan vertikal. Teori neoklasik, sebenarnya bukan teori, mengubah teori klasik dgn menekankan pentingnya aspek perilaku manusia dalam organisasi. Maka timbulah pada proses organisasi, disini pentingnya perencanaan, pengawasan, komunikasi, motivasi dan integrasi demi kesuksesan tujuan organisasi. Teori organisasi modern memadukan klasik dan neoklasik

Teori modern menyebutkan bahwa kerja suatu organisasi adalah sangat kompleks, dinamis, multilivel, multidimensional, multivariabel dan probabilistik. Sebagai suatu sistem, organisasi terdiri dari 3 unsur; 1. unsur struktur yg bersifat makro 2. unsur proses yg bersifat makro 3. unsur perilaku anggota organisasi yg bersifat mikro.

Bacaan tambahan; Cari di literatur mengenai pengertian sistem dan Teori sistem !!!

Teori Organisasi dalam suatu kerangka sistem
SISTEM Tujuan sistem Stabilitas

A

B
C

Pertumbu han
D E

Interaksi

Keterangan:

1. Kotak besar, menunjukkan sistem total, atau dalam hal ini organisasi. 2. Lingkaran dalam kotak mencerminkan bagian-bagian sistem. 3. Garis-garis putus menunjukkan interaksi2 dalam bagian (interpart), yaitu antara individu-individu dgn lainnya. 4. Garis penuh mencerminkan interaksi antar bagian. 5. Keduanya garis putus dan penuh, merupakan proses yg mengikat bagian2 sistem secara bersama.

Kerangka analisis sistem
Bagian dari sistem yg saling ketergantungan;

1. Individu dan struktur kepribadiannya yg diberikan kepada organisasi. 2. Organisasi formal 3. Organisasi informal 4. Struktur status dan peran 5. Lingkungan fisik

Proses hubungan dalam sistem
1. Komunikasi; dalam teori neoklasik tekanannya pada deskripsi bentuk kegiatan komunikasi yaitu formal-informal, vertikalhorizontal, lini – staf. Dalam teori organisasi modern, mempelajari jaringan komunikasi dalam sistem.Komunikasi bukan saja rangsangan atau stimuli yg menimbulkan kegiatan, tetapi juga pengendali dan pengkoordinasi mekanisme hubungan dalam sistem untuk pola hubungan yg sinkron.

2. Konsep Keseimbangan
Adalah penyeimbangan mekanisme yg dicapai dgn jalan menjaga hubungan struktural yg harmonis antar bagian dalam sistem, hal ini dicapai dengan adaptasi dan stabilisasi dalam sistem. Peranan inovatif sebagai usaha keseimbangan yg kreatif sangat dibutuhkan bila organisasi perlu menyesuaikan diri dgn perubahan lingkungan eksternal untuk menjaga sistem tetap dalam keadaan seimbang.

Hubungan organisasi dengan Lingkungannya
ORGANISASI

Keluaran suatu organisasi adalah masukan bagi lingkungannya Keluaran Lingkungan adalah Masukan bagi suatu organisasi

LINGKUNGAN

3.Proses pengambilan keputusan

Adalah variabel internal dalam suatu organisasi yg tergantung pada pekerjaan, harapan individu, motivasi dan struktur organisasi Tujuan organisasi tiga tujuan utama; pertumbuhan, stabilitas, dan interaksi

Definisi organisasi menurut teori modern; Bernard seorang ahli organisasi, mendefinisikan organisasi formal sebagai suatu sistem secara sadar dikordinasikan oleh dua orang atau lebih. Dengan penekanan pada sistem dan orang.

Atas dasar pendapat Bernard, definisi organisasi modern adalah sebagai proses yang tersusun dalam suatu sistem, diamana orang2 didalamnya berinteraksi untuk mencapai tujuan

Cari pengertian pendekatan manajemen dibawah ini:
1. 2. 3. 4. 5. Pendekatan Pendekatan Pendekatan Pendekatan Pendekatan Proses Perilaku Kuantitatif sistem kontingensi

Rangkuman
1.Teori organisasi modern merupakan teori yang mendekati masalah sebagai suatu sistem keseluruhan, memperhatikan berbagai variabel dan memahami proses dinamis. 2. Teori modern membicarakan keterkaitan bagian dalam sistem dan hubungan sistem dengan lingkungannya. 3. Menurut teori modern, organisasi terdiri dari bagian yang tersusun dalam sistem dimana orang didalamnya berinteraksi mencapai tujuan.

Soal latihan
1. Apakah organisasi itu menurut teori organisasi modern? 2. Ada beberapa unsur pembentuk organisasi? 3. Ada beberapa kelompok pendekatan terhadap manajemen?