You are on page 1of 13

SATUAN ACARA PERKULIAHAN MATA KULIAH : GINEKOLOGI BOBOT : 2 SKS (T : 2

)
Perte muan ke 1 Pokok Bahasan (Tujuan Intruksional Umum/TIU) 1.1LINGKUP GINEKOLOGI Sub Pokok Bahasan dan Sasaran Cara Belajar (Tujuan Instruksional Pembelajaran Khusus/TIK) 1.1.1 Pengertian Brain storming 1.1.2 Batasan ginekologi CTJ 1.1.3 Istilah-istilah yang berkaitan dengan ginekologi 1.2.1 Kelainan kongenital berupa gangguan dalam organogenesis dan sistem reproduksi pada janin yang genetic normal : - Vulva ;  Hymen inferforata  Atresia labia minora  Hypertropi labia minora  Duplikasi vulva  Hipoplasi vulva  Kelainan perineum Media Multimedia, Hand out Tugas Referensi BU 1, 2 BA 1, 3

1.2 KELAINAN PADA SISTEM REPRODUKSI DAN PENANGGULANGANNYA

Mahasiswa mampu untuk memahami tentang penyakit kandungan dan permasalahananya pada wanita dalam siklus kehidupannya meliputi : ruang lingkup ginekologi, infeksi sistem reproduksi, gangguan menstruasi, infertilitas, tumor dan kanker sistem reproduksi, kelainan Mahasiswa dapat menjelaskan kongenital sistem reproduksi, pemeriksaan lingkup ginekologi, jenis kelainan diagnostik, penanganan PMS, HIV dan AIDS pada sistem reproduksi dan SAP GINEKOLOGI Hal 1

infertilitas.2 KELAINAN PADA REPRODUKSI PENANGGULANGANNYA SISTEM DAN - Mahasiswa mampu untuk memahami tentang penyakit kandungan dan permasalahananya pada wanita dalam siklus kehidupannya meliputi : ruang lingkup ginekologi. kelainan SAP GINEKOLOGI Vagina . gangguan menstruasi. 3 k Mahasiswa dapat menjelaskan jenis kelainan pada sistem reproduksi dan Hal 2 . Brain storming CTJ  Septum vagina  Aplasia dan atresia vagina  Kista vagina  Uterus dan tuba fallopi  Ovarium  Sistem genital dan sistem traktus urinarium  Kelainan pada sistem reproduksi karena keadaan tidak normal atau karena pengaruh hormonal Multimedia.penanggulangannya 2 1. infeksi sistem reproduksi. 2 kelompo BA 1. Hand out Diskusi BU 1. tumor dan kanker sistem reproduksi.

penanganan PMS.1 Anamnese dan pemeriksaan Konseling Persiapan pre operatif Pemantauan post operatif Radang pada genitalia eksterna .4 3. kelainan kongenital sistem reproduksi.1. infeksi sistem Menjelaskan jenis penyakit reproduksi.Parametritis . Hand out Quiz BU 2 BA 1.2 JENIS PENYAKIT KANDUNGAN 3.Vulvo vaginitis Brain storming CTJ Multimedia. Hand out BU 2 BA 1.Cervicitis . infertilitas.1 3.3 3.1.1. penanganan PMS.2 3.Vaginitis . pemeriksaan diagnostik.2. 3 SAP GINEKOLOGI Hal 3 .2 JENIS PENYAKIT KANDUNGAN Mahasiswa mampu untuk memahami tentang Mahasiswa dapat : penyakit kandungan dan permasalahananya pada .Peritonitis pelvis Multimedia.2 Radang pada genitalia Brain storming interna CTJ . gangguan menstruasi. HIV dan AIDS penanggulangannya 3 3.2. 3 3.Endometritis .Menentukan tindakan yang tepat wanita dalam siklus kehidupannya meliputi : terhadap kelainan reproduksi ruang lingkup ginekologi.kongenital sistem reproduksi.Bartolinitis . kandungan/ginekologi tumor dan kanker sistem reproduksi.1 PENATALAKSANAAN SISTEM REPRODUKSI KELAINAN 3.1. pemeriksaan diagnostik.Miometritis .Adneksitis . HIV dan AIDS 4 3.

infertilitas. 3 k 6 Multimedia.2 6.1. gangguan menstruasi. penanganan PMS. HIV dan AIDS reproduksi wanita INFERTILITAS 6. 2 kelompo BA 1. gangguan menstruasi. infeksi sistem reproduksi.1.2 Hypomenor rhoe 5.1. pemeriksaan gangguan dan masalah dalam sistem diagnostik.1 Hypermenor CTJ rhoe 5.3 Pemeriksaan dan penanganan dari penyakit ginekologi Mahasiswa mampu untuk memahami tentang Mahasiswa dapat menjelaskan jenis penyakit kandungan dan permasalahananya pada penyakit kandungan/ginekologi wanita dalam siklus kehidupannya meliputi : ruang lingkup ginekologi. penanganan PMS. Hand out Seminar BU 1.5 Amenorrhoe wanita dalam siklus kehidupannya meliputi : 5.1. kelainan Mahasiswa dapat mengidentifikasi kongenital sistem reproduksi. 2 BA 1. tumor dan kanker sistem reproduksi. tumor dan kanker sistem reproduksi. infeksi sistem bukan haid reproduksi.6 Perdarahan ruang lingkup ginekologi. kelainan kongenital sistem reproduksi.1 6. Hand out Diskusi BU 1.1.3 Polimenorrh oe 5. 3 SAP GINEKOLOGI Hal 4 .1.4 Oligomenor Mahasiswa mampu untuk memahami tentang rhoe penyakit kandungan dan permasalahananya pada 5.3 6.1 Gangguan haid dan siklusnya Brain storming 5.2.3. HIV dan AIDS 5 GANGGUAN DAN MASALAH SISTEM REPRODUKSI WANITA DALAM 5. pemeriksaan diagnostik. infertilitas.4 Pengertian infertilitas Tanda-tanda infertilitas Pemeriksaan infertilitas Penatalaksanaan infertilitas Brain storming CTJ Multimedia.

Mahasiswa mampu untuk memahami tentang Mahasiswa dapat mengidentifikasi penyakit kandungan dan permasalahananya pada infertilitas dalam sistem reproduksi wanita dalam siklus kehidupannya meliputi : wanita ruang lingkup ginekologi. tumor dan kanker sistem reproduksi. gangguan menstruasi. penanganan PMS. pemeriksaan diagnostik. infeksi sistem reproduksi. penanganan PMS.2 Macam-macam onkologi 7. pemeriksaan diagnostik.1 Pengertian onkologi 7. HIV dan AIDS 7 ONKOLOGI 7. 3 Mahasiswa mampu untuk memahami tentang Mahasiswa dapat mengidentifikasi penyakit kandungan dan permasalahananya pada gangguan dan masalah dalam sistem wanita dalam siklus kehidupannya meliputi : reproduksi wanita ruang lingkup ginekologi.4 Tumor jalan lahir . kelainan kongenital sistem reproduksi. gangguan menstruasi. HIV dan AIDS 8 9 UJIAN TENGAH SEMESTER ONKOLOGI 7.Kanker payudara . infertilitas.Fibro adenoma .Tumor jinak  Vulva  Vagina Brain storming CTJ Multimedia Hand Out White board BU 1. 2 BA 1.3 Pada payudara . infertilitas. 3 SAP GINEKOLOGI Hal 5 .Sarkoma payudara Brain storming CTJ Flipchart Multimedia Hand Out White board Quiz BU 1. 2 BA 1. kelainan kongenital sistem reproduksi. tumor dan kanker sistem reproduksi.Kista sarcoma filodes . infeksi sistem reproduksi.

infeksi sistem reproduksi wanita reproduksi. pemeriksaan diagnostik. infeksi sistem reproduksi. kelainan kongenital sistem reproduksi. 3    Uterus Tuba Ovarium Mahasiswa mampu untuk memahami tentang Mahasiswa dapat mengidentifikasi penyakit kandungan dan permasalahananya pada gangguan dan masalah dalam sistem wanita dalam siklus kehidupannya meliputi : reproduksi wanita ruang lingkup ginekologi. HIV dan AIDS 11 ONKOLOGI 7. kelainan kongenital sistem reproduksi. penanganan PMS. penanganan PMS. gangguan menstruasi. 3 SAP GINEKOLOGI Hal 6 .Mahasiswa mampu untuk memahami tentang penyakit kandungan dan permasalahananya pada Mahasiswa dapat mengidentifikasi wanita dalam siklus kehidupannya meliputi : gangguan dan masalah dalam sistem ruang lingkup ginekologi.5 Pencegahan dinimkanker rahim Brain storming 7. infertilitas. infertilitas. tumor dan kanker sistem reproduksi. tumor dan kanker sistem reproduksi. 2 BA 1.7Penanganan dari masing-masing masalah dan gangguan sistem reproduksi Multimedia Hand Out White board BU 1.6 Periksa payudara sendiri (Sadari) CTJ 7. HIV dan AIDS 10 TUMOR JALAN LAHIR Tumor ganas  Vulva  Vagina  Uterus  Tuba  Ovarium Brain storming CTJ Multimedia Hand Out White board BU 1. pemeriksaan diagnostik. gangguan menstruasi. 2 BA 1.

2 13.4 Herpes Clamidia Gonorrhoe Siphilis Brain storming CTJ Multimedia Hand Out White board BU 2. infertilitas. PENCEGAHAN DAN PENANGANANNYA Mahasiswa mampu untuk memahami tentang Mahasiswa dapat mengidentifikasi penyakit kandungan dan permasalahananya pada penatalaksanaan pada kedaruratan SAP GINEKOLOGI Hal 7 .1.1.1. gangguan menstruasi.Mahasiswa mampu untuk memahami tentang Mahasiswa dapat mengidentifikasi penyakit kandungan dan permasalahananya pada gangguan dan masalah dalam sistem wanita dalam siklus kehidupannya meliputi : reproduksi wanita ruang lingkup ginekologi. penanganan PMS. infeksi sistem reproduksi.1 13. infeksi sistem reproduksi.3 13. GEJALA. HIV dan AIDS 13 13.1 JENIS-JENIS PMS. kelainan kongenital sistem reproduksi.2 Kelainan dalam letak alat-alat CTJ genital 12. kelainan kongenital sistem reproduksi. pemeriksaan diagnostik. penanganan PMS. pemeriksaan diagnostik. 3 BA 2 13.1. HIV dan AIDS 12 PERTOLONGAN PERTAMA PADA GANGGUAN SISTEM REPRODUKSI 12. tumor dan kanker sistem reproduksi.2 TANDA. tumor dan kanker sistem reproduksi.1 Perlukaan pada alat genital Brain storming 12. gangguan menstruasi. infertilitas.3 Permasalahan dalam sistem urologi Multimedia Hand Out White board Quiz BU 2 BA 1 Mahasiswa mampu untuk memahami tentang Mahasiswa dapat menentukan penyakit kandungan dan permasalahananya pada tindakan pertolongan pertama pada wanita dalam siklus kehidupannya meliputi : gangguan sistem reproduksi ruang lingkup ginekologi. PENGERTIAN DAN PENYEBAB 13.

2 Sistem rujukan kasus CTJ ginekologi. kelainan kongenital sistem reproduksi.3 SAP GINEKOLOGI Hal 8 .Faktor resiko penularan . kelainan kongenital sistem reproduksi. infertilitas.2 BA 1. penanganan PMS. 2 Mahasiswa mampu untuk memahami tentang Mahasiswa dapat mengidentifikasi penyakit kandungan dan permasalahananya pada penyakit imunologi yang wanita dalam siklus kehidupannya meliputi : mempengaruhi sistem reproduksi ruang lingkup ginekologi. infeksi sistem reproduksi.1 Pengertian Brain storming 15. meliputi : Stabilisasi klien Persiapan administrasi Melibatkan keluarga Persiapan keuangan Organisasi antara pengiriman dan penerimaan rujukan Multimedia Hand Out White board Quiz BU 1.1 AIDS dan HIV . tumor dan kanker sistem reproduksi.Epidemiologi AIDS dan HIV .Langkah-langkah pencegahan HIV dan AIDS Brain storming CTJ Multimedia Hand Out White board BU 3 BA 1. HIV dan AIDS 14 PENYAKIT IMUNOLOGI 14. infeksi sistem reproduksi. infertilitas.wanita dalam siklus kehidupannya meliputi : obstetri ruang lingkup ginekologi. gangguan menstruasi. gangguan menstruasi.Defenisi . pemeriksaan diagnostik. HIV dan AIDS 15 SISTEM RUJUKAN KASUS GINEKOLOGI 15.2. tumor dan kanker sistem reproduksi. pemeriksaan diagnostik. penanganan PMS.

infeksi sistem rujukan kasus ginekologi reproduksi.15. kelainan kongenital sistem reproduksi. infertilitas. tumor dan kanker sistem reproduksi. pemeriksaan diagnostik. gangguan menstruasi.4 Rujukan ginekologi 15. penanganan PMS.5 Cara merujuk kasus-kasus Mahasiswa mampu untuk memahami tentang ginekologi penyakit kandungan dan permasalahananya pada wanita dalam siklus kehidupannya meliputi : Mahasiswa dapat melakukan sistem ruang lingkup ginekologi.3 Prinsip penanganan penyakit menular sexsual Prinsip penanganan penyakit menular  Penanganan umum  Penanganan khusus 15. HIV dan AIDS 16 UJIAN AKHIR SEMESTER Referensi : SAP GINEKOLOGI Hal 9 .

H. Syaifudin AB. Amenore primer adalah tidak terjadinya menstruasi sampai usia 17 tahun dengan atau tanpa perkembangan seksual. K (1998) Kontradiksi dalam kesehatan reproduksi. Yayasan Bina Puspita SP. Depkes RI. serviks dan ovarium. (1999) Ilmu kandungan. edisi I. Jakarta Buku Anjuran (BA): 1. Pengobatannya antara lain dengan kemoterapi dan bedah laser. Depkes RI (1992). Jakarta Gangguan pada Sistem Reproduksi Wanita Gangguan menstruasi Gangguan menstruasi pada wanita dibedakan menjadi dua jenis. yaitu amenore primer dan amenore sekunder. (1994) Ginekologi. Wiknjosastro. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta 3. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. (1997) Buku Pegangan AIDS dan HIV. Kanker genitalia Kanker genitalia pada wanita dapat terjadi pada vagina. Jakarta 3. Bagian ginekologi FK UNPAD. Amenore sekunder adalah tidak terjadinya menstruasi selama 3 – 6 bulan atau lebih pada orang yang tengah mengalami siklus menstruasi. Kanker vagina Kanker vagina tidak diketahui penyebabnya tetapi kemungkinan terjadi karena iritasi yang diantaranya disebabkan oleh virus. SAP GINEKOLOGI Hal 10 . Mohammad. Bandung 2. Jakarta 2. Petunjuk Khusus Perawatan Pasien dan Jenazah Pasien AIDS di Rumah Sakit.Buku Utama (BU) : 1. (2002).

Penyebabnya antara lain akibat hubungan kelamin.Kanker serviks Kanker serviks adalah keadaan dimana sel-sel abnormal tumbuh di seluruh lapisan epitel serviks. Penyakit reproduksi perempuan oleh: RadenmasJieang • • • • Pengarang : dani Belum dinilai Kunjungan : 35 kata:600 More About : penyakit organ reproduksi wanita eksterna ª SAP GINEKOLOGI Hal 11 . Infeksi vagina Gejala awal infeksi vagina berupa keputihan dan timbul gatal-gatal. yaitu dapat tumbuh di sekitar ovarium. terutama bila suami terkena infeksi. ovarium. jamur atau bakteri. endometriosis dapat menyebabkan sulit terjadi kehamilan. Infeksi vagina menyerang wanita usia produktif. Endometriosis Endometriosis adalah keadaan dimana jaringan endometrium terdapat di luar uterus. Kanker ovarium Kanker ovarium memiliki gejala yang tidak jelas. sepertiga bagian atas vagina dan kelenjar limfe panggul. Penanganannya dapat dilakukan dengan pemberian obat-obatan. Dapat berupa rasa berat pada panggul. Jika tidak ditangani. Penanganannya dilakukan dengan mengangkat uterus. pinggang terasa sakit dan nyeri pada masa menstruasi. oviduk. misalnya di paru-paru. perubahan fungsi saluran pencernaan atau mengalami pendarahan vagina abnormal. Penanganan dapat dilakukan dengan pembedahan dan kemoterapi. laparoskopi atau bedah laser. oviduk atau jauh di luar uterus. Gejala endometriosis berupa nyeri perut.

Endometriosis Jaringan lapisan rahim atau rahim adalah endometrium. Jaringan ini tumbuh selama siklus menstruasi dan sloug.hed setiap bulan dengan periode menstruasi jika kehamilan tidak terjadi. PID dapat berkembang sebagai komplikasi dari infeksi menular seksual seperti gonore dan klamidia. National Cancer Institute (NCI) menyarankan bahwa estrogen-satunya terapi penggantian hormon (HRT) untuk wanita menopause meningkatkan risiko kanker rahim. HRT kombinasi estrogen progestin ditambah tidak meningkatkan risiko kanker endometrium. biasanya di situs lain dalam panggul.han sebagai lapisan endometrium rahim. Jaringan endometrium dilokasi tersebut mengalami pertumbuhan yang sama dan peluru. Perawatan medis yang teratur dan pengobatan untuk penyakit yang ada dari sistem reproduksi wanita dapat membantu meminimalkan efek dari kondisi ini. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan sekitar 10 persen wanita dengan PID menjadi subur karena infeksi. Penyakit ini dapat merugikan kesuburan. Ovarium. mengurangi kualitas hidup atau menyebabkan berpotensi penyakit yang mengancam jiwa. Penyakit inflamasi pelvis Penyakit radang panggul atau PID adalah infeksi saluran rahim dan tuba . Endometriosis adalah suatu kondisi di mana jaringan endometrium tumbuh di luar rahim.000 wanita Amerika didiagnosis dengan kanker endometrium atau rahim pada 2009. Kanker endometrium Menurut American Cancer Society (ACS). catatan Kongres Amerika Dokter kandungan dan Gynecologists (ACOG).struktur yang membawa telur dari ovarium ke rahim. Namun. saluran tuba dan di luar rahim adalah situs umum dipengaruhi oleh endometriosis. Penyakit pada sistem reproduksi wanita mempengaruhi jutaan wanita Amerika dari segala usia setiap tahun. Obesitas dan penggunaan obat tamoxifen meningkatkan risiko untuk kanker rahim. lebih dari 42. SAP GINEKOLOGI Hal 12 . saluran tuba dan ovarium. vagina.> Sistem reproduksi manusia wanita termasuk alat kelamin eksternal. leher rahim. Kanker endometrium paling sering mempengaruhi perempuan lebih tua dari usia 50. yang dapat menyebabkan infertilitas. rahim. Parut pada tuba falopii dapat terjadi dengan PID. Bakteri dari vagina dan leher rahim bermigrasi ke atas ke dalam rahim dan tuba falopi menyebabkan PID.

mewakili kurang dari dua persen dari semua diagnosa kanker pada wanita.Kanker Serviks Leher rahim adalah pembukaan ke rahim yang terletak di ujung atas vagina. Infeksi serviks dengan strain tertentu dari papillomaviruses manusia yang menyebabkan kutil kelamin meningkatkan risiko untuk kanker serviks.270 wanita Amerika pada tahun 2009. SAP GINEKOLOGI Hal 13 . ACS laporan kanker serviks didiagnosa pada sekitar 11. Faktor lain terkait dengan risiko kanker meningkat serviks termasuk merokok dan jangka panjang penggunaan pil KB. menurut NCI.