Ketika Bakteri Pink Mengusikmu (tag 2

)
oleh Hani Fauziah pada 13 Januari 2011 jam 13:00 Ketika Bakteri Pink Mengusikmu (Catatan Kecil buat Saudari-saudariku di Taman Hati)^^ Oleh: Hani al_farouqy “Dan dijadikan indah bagi manusia kecintaan kepada syahwat terhadap wanita, anak-anak, bangunan-bangunan dari emas dan perak, kuda perang, binatang ternak, dan perkebunan. Itulah kesenangan hidup di dunia. Dan Allah-lah pemilik sebaik-baik tempat kembali” (QS Ali-Imran: 14) “Teh, bantu ana, ana ga bisa konsen belajar…,”seorang kawan dengan wajah memelas datang sambil memawa muqorornya ke apartemenku. Dari raut wajahnya dan juga dari kata-katanya aku sudah mengerti ke mana arah pembicaraannya pagi itu. “Mba, gimana dong biar pikiranku bisa tenang tanpa gangguan perasaan “itu”? Aku udah berusaha ngelupain hal itu, udah berdoa, tapi susah mba…,”pertanyaan senada kerap kali ditanyakan pada kesempatan yang lain, oleh orang yang berbeda, dengan bentuk yang berbeda, bertatap muka langsung, via sms, atau via chat. Pertanyaan yang selalu mengingatkanku pada diriku sendiri, pada masa laluku yang begitu konyol, dan selalu memacu rasa antusiasku untuk mendengarkan kisah-kisah saudari-saudariku ini, seolah mengatakan : “Sabar, dik, aku mengerti, aku juga dulu pernah merasakan begitu, aku akan membantumu melewati fase ini…bismillah” ^^ Eit, kok pada berkerut gitu keningnya? Apa hubungannya sama bakteri?? Hehe, wah, biasa aja, sis…kali ini saya mengajak sobat-sobati sekalian untuk membahas satu problematika yang – menurut sebagian orang – tabu (tapi tidak bagi saya), tapi mau tidak mau, ia sering menimpa diri kita, teman kita, bahkan adik-adik kita tersayang. Bahkan, tidak hanya sering menimpa, tapi juga kerap kali mengganggu kuliah bahkan masa-masa ujian. Let’s check it out! ^^ Ada sebuah perkataan yang menurut saya agak tepat mengenai hal ini, “Likulli marhalatin masyaakiluha”, setiap tingkatan pasti ada permasalahannya. Coba deh kita ingat-ingat, masalah apa yang sering menjadi ujian orang dewasa atau orang-orang yang lebih tua? Yah, masalah korupsi, gaji buta, penggelapan uang, sogok-menyogok, rebutan harta waris, dan lain sebagainya. Intinya berkisar sekitar harta dan jabatan.

jangan khawatir jika kalian sedang atau pernah mengalami gejolak perasaan yang mengganggu itu. susah belajar. Jutaan remaja di dunia pun mengalami hal yang sama dengan apa yang kita rasakan. Saya cuma mau berbagi. . Intinya ujian mereka berkisar masalah pembiasaan hal baik dan aktivitas. entar ya kita sambung lagi. sebagian orang menjadi tidak bisa konsen belajar karena kefikiran masalahnya. Sobat-sobati.Allah hendak melatih “otot-otot” hati kita agar menjadi kuat dan terlatih. kemudian menyimpan rapat-rapat perasaannya karena takut kepada Allah yang Maha Mengetahui bisikan jiwa. Allah ingin tahu seberapa teguhkah hati kita jika dihadapkan pada persoalan semacam ini. agar suatu saat kelak hatimu tidak rapuh dan sanggup menerima beban yang jauh lebih berat. yang terpenting adalah bagaimana kita melewati fase itu dengan cara-cara terbaik yang bisa kita lakukan. Inilah saatnya Allah menguji kekuatan hati kita. Sobat-sobati yang sedang diuji oleh Allah. Buat yang milih jalan pertama. karena itu adalah fase wajib bagi setiap makhluk bernama manusia. tidaklah mudah menjalani ujian berupa rasa yang tidak kehadirannya tak pernah kita rencanakan itu. sebagian lagi menangis dalam sujudnya karena takut tergelincir dosa. Inilah yang kita kenal dengan nama : ujian. Sobat-sobati yang saya cintai. Ada yang melihatnya sebagai rasa yang wajib disalurkan lewat pacaran. sesuatu yang menjajah jutaan lirik lagu remaja di dunia. malas sholat.hehe). sebagian lagi berkhayal untuk berumah tangga (padahal baru aja nyampe Kairo. hehe. dan setiap konsekuensi punya hadiahnya ^^. tapi saya yakin kalian lebih faham. dan masih banyak hal-hal unik lainnya yang tidak bisa saya sebutkan di sini. dan tidak hanya itu….kali aja ada). merajai tema-tema film dan sinetron.Lalu masalah apa yang sering menimpa anak-anak kecil? Masalah susah makan. malas berangkat sekolah. malas gosok gigi. sebagian lagi enggan pergi ke suatu acara karena di sana ada orang yang ia sukai. Ia memang fitrah.faham ga?? kalo ga faham tanya Mbah Google). Setiap fase pastilah ada awal dan akhirnya. ada juga yang khawatir dan rikuh.ow…inilah dia. hehehe ^^. Hanya saja yang beda adalah penyikapan. dan sebagian lagi penjadi buronan kecil-kecilan (baca: Hubungan Tanpa Status. sobat-sobati. dan lain sebagainya. Kali ini saya membatasi pembahasan kita hanya pada saudari-saudariku yang memilih jalan kedua: jalan yang agak berat. semoga bisa meringankan sedikit beban yang kalian rasakan. pemegang saham terbesar dalam bursa judul dan tema novel dan cerpen remaja. trand-mark para gadis dengan berbagai gaya modisnya yang terpedaya iklan. sebagian lagi menahan rindu yang gak karu-karuan (ada yah?hehe. tapi bagaimanapun ia seolah merayu kita pada sebuah kisah yang sulit kita bayangkan sebelumnya. Saya pun ikut merasakan.. Bayangkan aja. Lalu apa yang menimpa kita para remaja? Ow. inilah dia : bakteri pink alias yang dikenal dengan cinta! So. Setiap pilihan punya konsekuensinya.

sebuah posisi yang lemah. jadilah orang yang kuat menghadapi perasaanmu. semoga bermanfaat. dan jangan jadikan ia sebagai kata sifat. kadang kita terjatuh begitu lama. Tetapkan prioritas dalam hidupmu. jangan tekan hatimu. saya atau kata sifat? Tentulah kata sifat. tapi yang terpenting adalah berfikir bahwa apapun yang telah terjadi kemarin. maka kita harus berubah dan melakukan hal yang baik dan benar apada hari ini. Bukan. anggap saja itu godaan bagi para pencari ilmu. hadapi. dan kitalah yang bergerak untuk melakukan proses makan dan membaca itu. Jika rasa-rasa itu masih saja bandel bergelayutan di hatimu. Maka.Dalam hidup ini kadang kita perlu jatuh bangun. ya…suatu saat Insya Allah kalian juga akan tersenyum karena telah melewati fase itu.”minum”. tetaplah bersabar. lakukan atau tidak melakukan! Coba bedakan dengan yang ini. mohon penguatan dari Allah. “Aku tidak lagi mencintai istriku. Jika ia mau melanjutkannya. Hampir setiap orang punya cerita masing-masing tentang masalah hati. tanamkan :ini adalah sebuah proses normal bagi setiap manusia. rileks dan . Namun. “saya lemes”. maka ia akan mencari berbagai upaya untuk kembali menghangatkan hatinya. soalnya fase itu sudah dilewati dan menjadi kenangan konyol yang menggelikan. untuk sementara. Jika mencintai dan memikirkan sesuatu itu hanya membuatmu sengsara dan kehilangan konsentrasi belajar. ada yang putih. Nah. dan berhentilah untuk terus memutar otak tentang hal itu dan jalani semua yang kamu rasakan dalam tenang. karena kitalah yang mengatur kata kerja. “Saya makan”. selesaikan masalahmu dengan tenang dan bijak. hadapi!! Jangan menutup mata karena ketakutan.”membaca”. jangan biarkan perasaanmu yang menguasaimu. Insya Allah. Pertama. “Saya cantik”. jadikan “cinta” sebagai kata kerja. kadang kejatuhan itulah yang menyimpan hikmah besar untuk sebuah perbaikan. gantilah dengan pekerjaan lain yang lebih bermanfaat. Yakinlah! Sobati. belajarlah untuk mulai menghentikan pekerjaan itu. tapi masalahnya ia memang tidak mau melakukannya. Jadi siapa yang berkuasa: kita atau kata kerja? Tentulah kita. Memang ga gampang. tapi tidak berarti untuk menjadi baik kita harus jatuh dulu. perbanyaklah tilawah Al-Quran syifaan lima fish-shuduur. mba-mba yang sudah umur 23 atau 25 tahun ke atas paling cuma senyum-senyum kalo baca catatan ini. aku akan menceraikannya. ada beberapa tips yang bisa saya tawarkan mengenai masalah yang kalian hadapi. Saat kita tidak lagi ingin makan. Siapa yang berkuasa. tapi sedikit-sedikit pasti bisa. maka jangan terus-menerus mengerjakan hal itu. adik-adik yang usia belasan atau belum mencapai 23 tahun. Pernah mendengar istilah. ada yang hitam. maka kita tidak akan melanjutkannya. Semua kata kerja itu dilakukan oleh kita. sebagian besarnya saya ambil dari pengalaman saya pribadi. Makanya. Sama halnya seperti “makan”. Bukan berarti saya mengajak kalian untuk memaklumi kesalahan. berdzikirlah pada Allah. tapi karena ia sudah tidak mau lagi mengerjakannya.”saya capek”. tapi bagaimanapun kita harus bangkit.”saya membaca”. karena posisi saya dalam kalilmat itu hanyalah sebagai sesuati yang disifati dengan sifat tersebut. bukan sifat cinta yang hilang.” Coba amati. dan tidak lagi mau membaca.

mulailah mengambil langkah untuk memulai hari ini dengan sesuatu yang benar. Astagfirullah…semoga Allah melindungi kita. seharusnya kamulah yang menguasai hatimu. masalah hati itu erat sekali hubungannya dengan hablum-minallah. Ibaratnya.. mintalah bantuan dari Allah.. usahakan untuk tidak memulai komunikasi pribadi dengan orang yang kita sukai. tapi penghuninya beragam. karena disanalah titik awal di mana syetan berjaya. Curhat-lah pada Allah dengan sejujur-jujurnya. Insya Allah.). Hal ini cukup efektif. bukan hatimu yang membuatmu menjadi robot. yang terjadi adalah sakit. Bukalah matamu dan sudut pandangmu. Allah pulalah yang menjaganya.. dan terkadang terlalu asyik dengan dunianya sehingga lupa bahwa dunia ini begitu luas. Tapi jika hubungan kita dengan Allah lemah. ia membutuhkan air. maka insya Allah hati kita akan menjadi radar aktif yang selalu mengingatkan kita jika kita mulai melenceng. curahkan padanya apa yang kamu rasakan dan apa yang kamu harapkan. meminta maaf kepada Allah. bagi yang sudah terlanjur. Tanpa disadari. Eit. Keempat. eratkan hubungan dengan teman dan keluarga. sedikit demi sedikit menjauh dari tepi laut. Awalnya disangka akan menghilangkan haus. karena asyik berenang. Kedua. dan berdoalah…tetap semangat! Selalu Allah beri peluang untuk memperbaiki diri selama Allah masih mengizinkan kita bernafas (tapi jangan kita ulangi lagi salahnya) ^^ Semoga dzikir itulah yang mengelap hati kita dari noda-noda membandel dan membuatnya kinclong lagi (kayak iklan sabun cuci piring ^^) Ketiga. laksana meminum air laut. karena kamu akan semakin haus. Ibu saya pernah menasehati saya. Jika hubungan kita dengan Allah begitu erat dan mesra (ehm…ehm. kemanapun kita pergi selalu diliputi perasaan bersalah. perbanyaklah taubat. Allah akan selalu setia membantumu dalam setiap persoalan. jika tidak disapih maka ia tidak akan pernah berhenti menyusu” (Hadits) Jadi.ketika dipanggil orang di tepi pantai…sudah ga dengar lagi. Seperti halnya orang berenang di laut. Jadi walaupun kamu haus. berdzikir. lama-lama tak terasa sudah jauh ke tengah laut. jatah luasnya tetap. Nikmatilah pergaulan dengan teman-temanmu. tapi jangan putus asa. maka hati kita akan sulit mengingatkan. Sobat-sobati. semakin haussemakin haus-dan semakin haus. niatkan karena Allah ^^ “Nafsu itu ibarat anak kecil yang menyusu pada ibunya. gara-gara kebanyakan minum air garam (hehehe).berdamailah dengan hatimu. Membuka komunikasi yang bersifat pribadi dengan orang yang kita sukai. kita sendiri saja merasa asing dengan hati kita sendiri karena hati kita menjadi liar dan sulit dikendalikan. hati-hati tenggelam. rupanya malah membuat keterusan. ga noleh lagi. Percayalah. karena biasanya orang yang jatuh cinta punya dunia sendiri. karena semakin lengketlah rasa cinta melekat dalam hatinya sehingga terkadang sulit dibedakan lagi antara cinta yang fitrah dan cinta yang dibuat-buat oleh si syetan. orang yang sedang jatuh cinta adalah orang yang merasa kehausan. kadang kamu menjadi . Allah-lah pemilik hati. Hati-hatilah karena cinta yang diproduksi oleh kelenjar syetan seringkali menjerumuskan pada hal-hal yang membuat kita serasa menjadi buronan Allah. jangankan mengingatkan. Saat kamu jatuh cinta. hati kita itu ibarat kavling tanah. saat ini “berpuasalah” dulu. jangan coba-coba meminum air laut. Wa man yattaqillaha yaj’al lahu makhrajan.

sangat pelit (hehehe. banyaklah minta nasehat pada orang yang lebih dewasa. teman-temanmu. Selamat mencoba ^^ Bismillah…kamu pasti bisa!!!! Pare. orang yang benar dan tepat. begitulah sobat…semoga bermanfaat. untuk menyiapkan porsi yang wajar bagi hal-hal yang lain. sulit konsentrasi! Cobalah belajar adil. sisakan yang terbesar untuk Tuhanmu. 13. ya supaya petunjuk dan arahan yang diberi juga benar dan solutif. karena Ia-lah yang akan membantumu mengarungi samudera kehidupan.. Kamulah yang berkuasa mengatur jatah pembagian kavling. 13 Januari 2010. Saya cuma bisa bantu sedikit dengan doa. dan jangan lupa... semoga kalian semua lulus ujian “hati” ini dan keluar dari “ruang ujian” dengan senyum dan pahala kesabaran yang berlimpah. Masa kamu memberi 90% dari luas lahan hanya buat si dia yang selalu kamu fikirkan. Hehe. Keenam. kan?).^^ Kelima. jangan sampai malah tambah ga jelas. banyaklah beraktivitas. sedangkan sisanya yang 10% kamu bagi-bagikan antara keluargamu. pelajaranmu. your hearth baina yadaikum. Faidza ‘azamta fatawakkal ‘alallah. Now. Waktu nganggur alias kosong itu ibarat domba hitam yang menyelip di tengah kepadatan.00 WIB Al faqiiroh ilaa ‘afwi Robbiha (Hani al_farouqy) . Maka sibukkan dirimu dengan hal-hal yang bermanfaat. Domba hitam itu merusak tanaman dan perkebunan yang telah lama kamu rawat dan kamu tanam. alQuran-mu. iya. Nah itulah kenapa kamu jadi terganggu belajarnya. Nah.