01

modul-01 Pengenalan Desain Grafis

“Desain adalah proses–cara–perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang” “Grafis adalah goresan yang berupa titik atau garis yang berhubungan dengan cetak-mencetak”

1. Desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi. 2. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan atau gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan. Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan termasuk tipografi, pengolahan gambar, dan page layout. Desaigner grafis menata tampilan huruf dan ruang komposisi untuk menciptakan sebuah rancangan yang efektif dan komunikatif. 3. Desain Grafis adalah cabang ilmu dari Seni. Dari Desain Grafis ke Desain Komunikasi Visual. 4. Desain Grafis juga merupakan ilmu yang mempelajari tentang media untuk menyampaikan informasi, ide, konsep, ajakan dan sebagainya kepada khalayak dengan menggunakan bahasa visual. Baik itu berupa tulisan, foto, ilustrasi dan lain sebagainya.

5. Kategori desain grafis : Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori: • Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis. • • • Web Desain : desain untuk halaman web. Identifikasi : (Logo) EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain professional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman (lansekap) • Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya

02

modul-02

Gambar Vektor dan Raster
1. Gambar Vektor adalah format gambar yang terbuat dalam bentuk garis, dan bagian-bagain lain yang saling berhubungan dalam sebuah gambar (kurva). Ukuran file relatif kecil dan jika diubah ukurannya kualitasnya tetap. Contoh file vektor adalah .wmf, swf , cdr dan .ai. Dan sering dipakai dalam membuat logo, animasi, ilustrasi, kartun, clipart dsb. 2. Gambar Raster adalah format gambar yang menggunakan jumlah pixel dalam satu satuan tertentu. Semakin rapat pixel maka semakin baik kualitas gambar. Sebaliknya jika dipaksa diperbesar akan terlihat pecah. Besar file yang dihasilkan cenderung besar. Contoh file raster adalah .bmp, .jpg, .gif.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful