ANGGARAN DASAR HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 MEDAN

MUQADDIMAH Kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya yang dimiliki, terutama sumber daya manusianya. Karena sumber daya alam merupakan sumber daya pasif, yang keberadaannya sangat tergantung pada kualitas sumber daya manusia yang mengelolanya. Namun dewasa ini sumber daya manusia hanya dilihat sebatas kualitas intelektualnya semata. Sehingga mengakibatkan terjadinya degradasi moral dan akhlak dalam diri anak bangsa terutama ummat Islam. Gejala tersebut berimplikasi pada runtuhnya harga diri agama mulia ini di mata dunia. Tarbiyah atau pembinaan diri dan amal jama’i merupakan sarana yang dinilai cukup efektif sesuai manhaj Nabi saw untuk menciptakan generasi yang memiliki keimanan yang kuat dan akhlak yang mulia serta pola hidup yang bermartabat. Bertolak dari kesadaran tersebut, dibentuklah sebuah organisasi alumni sekolah yang memiliki cita-cita luhur untuk melaksanakan amar ma’ruf nahyi mungkar di lingkungan sekolah khususnya kepada siswa-siswi SMAN 2 Medan, sehingga diharapkan setelah tamat dari SMAN 2 Medan siswa-siswi tersebut tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual semata, tapi juga memiliki kecerdasan emosional dan spiritual. Adapun nama organisasi alumni sekolah tersebut adalah Himpunan Alumni Muslim SMAN 2 Medan, dengan anggaran dasar sebagai berikut.
BAB I NAMA, WAKTU DAN KEDUDUKAN Pasal 1: Nama Organisasi ini bernama HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN disingkat HAMDA. Pasal 2: Waktu HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN (HAMDA) didirikan pada tanggal 21 Oktober 2004 di Medan Pasal 3: Kedudukan HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN (HAMDA) berkedudukan di Medan. BAB II ASAS DAN LANDASAN Pasal 4:Asas HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN (HAMDA) berasaskan Islam. Pasal 5: Landasan HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN (HAMDA) berlandaskan Al Qur’an dan As-Sunnah.

DRAFT ANGGARAN DASAR HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN

1

BAB III VISI, MISI DAN TUJUAN Pasal 6: Visi Visi HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN (HAMDA) adalah menjadi wadah aktivitas alumni muslim SMAN 2 Medan untuk mewujudkan Insan Rabbani dalam rangka menegakkan nilai-nilai Islam sebagai rahmatan lil’alamin. Pasal 7: Misi Misi HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN (HAMDA) adalah: 1. Membina siswa-siswi muslim SMAN 2 Medan demi mewujudkan generasi yang memiliki kualitas ke-Islaman. 2. Membangun ukhuwah Islamiyah diantara alumni dan keluarga besar muslim SMAN 2 Medan. 3. Membangun dan membina kerjasama dengan organisasi lainnya. Pasal 8: Tujuan Tujuan HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN (HAMDA) adalah: 1. Terwujudnya sikap hidup islami dikalangan pelajar dan alumni muslim SMAN 2 Medan demi terwujudnya sikap dan komitmen yang tinggi terhadap proses pembentukan spiritualitas, intelektualitasdan emosional yang berkualitas. 2. Terjalinnya tali silaturrahim yang erat diantara alumni dan keluarga besar muslim SMAN 2 Medan. 3. Terbentuknya generasi muda Islam yang kreatif, inovatif dan produktif sesuai dengan nilai-nilai Robbani BAB IV STATUS DAN FUNGSI Pasal 9: Status HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN (HAMDA) merupakan organisasi Independent Pasal 10: Fungsi HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN (HAMDA) berfungsi sebagai wadah yang bergerak dalam aktivitas keIslaman. BAB V STRUKTUR ORGANISASI Pasal 11: Perangkat Perangkat-perangkat yang terdapat dalam struktur organisasi Himpunan alumni muslim sman 2 medan adalah sebagai berikut 1. Penasehat 2. Pengurus 3. Anggota Biasa Pasal 12: Pemimpin Kepemimpinan secara menyeluruh dipegang oleh ketua umum. BAB VI KEPENGURUSAN Pasal 13: Kepengurusan Kepengurusan HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN (HAMDA) terdiri dari: 1. Ketua Umum 2. Sekretaris Umum 3. Bendahara Umum 4. Departemen-departemen Pasal 14: Masa Kepengurusan Masa kepengurusan HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN (HAMDA) selama 2 tahun.

DRAFT ANGGARAN DASAR HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN

2

BAB VII KEANGGOTAAN Pasal 15: Anggota 1. Anggota HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN (HAMDA) adalah alumni muslim SMAN 2 Medan. 2. Anggota HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN (HAMDA) terdiri dari anggota kepengurusan dan anggota biasa. BAB VIII HARTA Pasal 16: Harta Harta HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN (HAMDA) diperoleh dari infaq dan iuran anggota kepengurusan dan sumbangan yang halal dan tidak mengikat. BAB IX KETENTUAN PENUTUP Pasal 17: Perubahan Anggaran dasar Perubahan anggaran dasar hanya dapat dilakukan pada saat MUBES. Pasal 18: Ketentuan Anggaran Rumah Tangga 1. Hal-hal yang belum ditetapkan dalam anggaran dasar ini diatur dalam anggaran rumah tangga. 2. Anggaran Rumah Tangga adalah tafsir dan penjabaran anggaran dasar yang dihasilkan berdasarkan rapat Musyawarah Besar. Pasal 19: Pengesahan Anggaran Dasar 1. Anggaran dasar ini disahkan oleh presidium rapat Musyawarah Besar Himpunan Alumni Muslim SMAN 2 Medan tanggal 04 juli 2006. 2. Anggaran Dasar ini berlaku sejak tanggal ditetapkan sampai diselenggarakannya musyawarah besar yang melakukan perubahan Anggaran dasar.

Ditetapkan di : Komplek SD 100 Jl. SM. Raja Medan Tanggal : 04 juli 2006 Waktu : 12.00 WIB

PRESIDIUM RAPAT MUSYAWARAH BESAR HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN

(...........................) Pimp. Sidang tetap I

(............................) Pimp. Sidang tetap II

(............................) Pimp. Sidang tetap III

DRAFT ANGGARAN DASAR HIMPUNAN ALUMNI MUSLIM SMAN 2 MEDAN

3

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful