BAB I PENDAHULUAN

1.1 Dasar Gagasan Membuka Bisnis Baru Dalam rangka untuk menambah pendapatan atau uang saku, maka muncullah ide atau gagasan untuk membuat suatu usaha kecil-kecilan yang kiranya dapat membantu untuk menambah pendapatan sehari-hari. Saat ini diperlukan usaha-usaha yang bersifat agresif, kreatif, penuh perhitungan dan berorientasi pasar sehingga dapat menarik perhatian pasar. Dari pengamatan langsung di lapangan, ada banyak anak-anak sekolah yang lalu lalang setiap harinya di daerah Jalan Sukaluyu Bandung. Selain itu mereka sering mengunjungi warung-warung yang ada di daerah tersebut karena memang lokasinya dekat dengan sekolah mereka yaitu SDN Sukaluyu Bandung dan mungkin daerah tersebut juga dekat dengan tempat tinggal mereka. Maka dari itu muncullah ide untuk membuat suatu usaha kecil-kecilan, yaitu usaha menjual “Coklat Marie” yang akan saya buat sendiri untuk dititipkan ke warungwarung yang berada di sekitar Jalan Sukaluyu Bandung. “Coklat Marie” ini akan disukai oleh anak-anak karena rasanya yang manis dan juga unik karena di dalam coklat terdapat biskuit marie, sehingga berbeda dengan coklat-coklat biasanya. Di luar dibalut oleh coklat meses warna-warni lalu dibentuk bulat, sehingga warna, bentuk, serta rasanya yang manis akan menarik anak-anak untuk membelinya.

1.2 Bidang Usaha Usaha yang dilakukan yaitu usaha makanan, yaitu membuat “Coklat Marie” yang akan saya buat sendiri untuk dititipkan ke warung-warung yang berada di sekitar Jalan Sukaluyu, Bandung dengan target pasar adalah anak-anak.

1

Kiranya proyek usaha ”Coklat Marie” ini layak untuk dipertimbangkan. 2 . b. di mana akan dibuat suatu usaha untuk membuat dan menjual ”Coklat Marie”. Faktor lain yang juga mendukung layaknya usulan proyek ini adalah ketersediaan bahan baku coklat blok dan kue marie yang cukup melimpah di daerah Bandung sehingga ada jaminan terhadap supply stock bahan baku dan kelangsungan dari usaha ini akan terjamin. Jenis dan Jumlah Produksi Produksi dilakukan di rumah sendiri dengan jumlah produksi setiap harinya 350 butir “Coklat Marie” yang akan dititipkan ke 7 warung yang ada di Jalan Sukaluyu.BAB II PROYEK YANG DIUSULKAN 2. Jenis produk Produk ”Coklat Marie” ini merupakan produk utama dari usaha yang akan dirintis. serta rasanya yang manis akan menarik anak-anak untuk membelinya. tidak ada produk sampingan yang akan dibuat. sehingga warna. bentuk. Di luar dibalut oleh coklat meses warna-warni lalu dibentuk bulat.2 Aspek Teknis a. Mudahnya membuat kue ini serta tidak perlu memakai resep yang sulit juga hal yang perlu dipertimbangkan untuk mewujudkan produk ini. sehingga berbeda dengan coklat-coklat biasanya. 2. “Coklat Marie” ini akan disukai oleh anak-anak karena rasanya yang manis dan juga unik karena di dalam coklat terdapat biskuit marie. Sifat investasi Sifat investasi dari proyek yang diusulkan merupakan investasi baru.1 Proyek yang diusulkan a.

Lokasi Tempat penjualan “Coklat Marie” ini yaitu di warung-warung di Jalan Sukaluyu. Pertama-tama kue marie diblender. lalu taburkan meses warna-warni di atasnya. g. Setelah itu celupkan ke dalam coklat blok yang sudah dicairkan. lalu dicampur dengan susu cair coklat sampai terbentuk adonan yang dapat dibentuk menjadi bulat. Kapasitas Produksi Setiap harinya akan dihasilkan 350 butir “Coklat Marie” yang akan dititipkan ke 7 warung yang ada di Jalan Sukaluyu. Bahan Baku dan Bahan Penolong 3 . Sehingga setiap warung setiap harinya akan dititipkan 50 butir “Coklat Marie”.000. Mesin dan Peralatan Dalam produksi “Coklat Marie” ini tidak dibutuhkan peralatan yang mahal dan canggih. sedangkan peralatan lainnya merupakan peralatan biasa digunakan seperti sendok. khususnya yang berada dekat dengan SDN Sukaluyu Bandung. Proses Produksi Produksi dilakukan oleh sendiri di rumah sendiri. khususnya yang berada dekat dengan SDN Sukaluyu Bandung. d. yaitu anak-anak karena lokasinya yang dekat dengan SDN Sukaluyu Bandung dan dekat pula dengan tempat tinggal mereka. e.000.. Modal yang diperlukan setiap harinya adalah Rp 124. terutama oleh target pasar. f. Produksi “Coklat Marie” ini hanya membutuhkan peralatan bermesin blender. Bandung.c. sehingga banyak anak-anak sekolah yang sering lalu lalang di sekitar. dll. Sehingga setiap warung setiap harinya akan dititipkan 50 butir “Coklat Marie”. Bandung.dengan perkiraan omset sebesar Rp 175. mangkuk. Tentunya merupakan tempat yang strategis dan mudah dijangkau.Bandung.

maka produk “Coklat Marie” ini mempunyai peluang pasar yang cukup besar. karena pembuatan kue “Coklat Marie” masih dalam skala kecil. Coklat meses warna-warni = Rp 5. serta produk yang ditawarkan menarik dan disukai anak-anak. sehingga akan dilakukan oleh sendiri. Segmentasi Pasar 4 . Kue Marie 1. Tenaga kerja Sementara dalam produksi “Coklat Marie” ini masih belum dibutuhkan bantuan tenaga kerja.- Semua bahan baku tersebut dibeli di Pasar Cihaurgeulis Bandung yang letaknya dekat dengan tempat produksi “Coklat Marie” tersebut.= Rp 42.4. Persediaaan tersebut harus sesuai dengan kebutuhan sehingga biaya bahan baku menjadi efisien.000. Coklat blok 7 batang 2. b.3 Aspek Pemasaran a.- 3. h. 2.= Rp 124.000.75 kg = Rp 42.000.Bahan baku dan bahan penolong harus cukup tersedia.4. harga jual murah sehingga terjangkau anak-anak.000. Susu cair coklat 4 kaleng = Rp 28.000. Kertas kue 350 lembar Jumlah = Rp 7.000. Peluang Pasar Jika dilihat dari lokasi penjualan yang strategis. Bahan baku yang dibutuhkan setiap harinya adalah : 1. Juga akses menuju pasar tersebut dapat ditempuh dengan berjalan kaki sehingga tidak menambah modal yang harus dikeluarkan.

maka selanjutnya segmen umur anak-anak akan menjadi sasaran atau target pemasaran. Ditambah lagi rasa “Coklat Marie” ini yang sarat dengan rasa susu yang sangat disukai oleh anak-anak. sehingga potensi pasar tinggi. f. Target Pasar Target pasar yang ingin dicapai adalah semua anak-anak yang bersekolah atau bertempat tinggal di sekitar Jalan Sukaluyu.-. namun di warung. Struktur Pasar Produk “Coklat Marie” ini termasuk jenis pasar persaingan tidak sempurna. Potensi pasar persaingan tidak sempurna lebih tinggi dibandingkan pasar persaingan sempurna. Masa Hidup Produk Masa hidup produk “Coklat Marie” ini akan bertahan lama. Harga ini dirasa cocok untuk anak-anak karena harganya yang murah. Produk yang ditawarkan akan membuat konsumen merasa puas karena rasanya yang enak dan harganya yang murah.-. sehingga konsumen loyal. dan anak-anak tidak pernah bosan terhadap coklat. Bandung. Harga jual satu butir “Coklat Marie” dari produsen adalah Rp 500. Sehingga setiap warung setiap harinya akan dititipkan 50 butir “Coklat Marie”. Volume dan Harga Penjualan Setiap harinya akan dijual 350 butir “Coklat Marie” yang akan dititipkan ke 7 warung yang ada di Jalan Sukaluyu. namun rasanya enak dan unik.Untuk “Coklat Marie” ini kita akan mengambil Segmen variabel umur di mana anak–anak adalah menjadi segmen pasar. oleh pemilik warungnya akan dijual Rp 700. karena produk “Coklat Marie” terbilang baru. sehingga belum ada saingan. 5 . khususnya yang berada dekat dengan SDN Sukaluyu Bandung. karena coklat merupakan makanan kesukaan anak-anak. e. c. tak kalah dengan coklat-coklat lain yang bermerk dengan harga yang mahal. Setelah kita mampu mengindentifikasi segmen pasar di mana dalam hal ini kita mengambil segmen umur. Bandung. d.

000.000.13% dari modal.dengan perkiraan omset sebesar Rp 175. Tenaga Kerja 6 . Persaingan dan Strategi Bersaing Belum ada persaingan pada produk “Coklat Marie” ini.000. c. h. Laba Kotor Modal yang diperlukan setiap harinya adalah Rp 124. Jadi keuntungan kotor setiap harinya jika produk habis terjual adalah sebesar Rp 51.. Keuntungannya adalah dapat mengatur sendiri unit bisnis. yaitu 350 butir per hari. b. kita harus selalu mempertahankan kualitas agar konsumen merasa puas dan tidak bosan untuk membeli dan memakannya.4 Aspek Manajemen a. Kepemilikan Unit bisnis yang didirikan merupakan milik pribadi (perseorangan). i. Berarti pasar potensial.yaitu 41. maka ukuran pasar masih termasuk ke dalam ukuran pasar yang kecil.g.. 2. Ukuran Pasar Dilihat dari volume penjualan yang rendah. Tim Manajemen Bisnis akan dikelola sendiri karena skala usaha yang kecil. Namun.-. karena belum ada orang lain yang sudah membuat produk ini. sehingga tidak membutuhkan tim manajemen.

5 Aspek Keuangan a.000.000.4. Kue Marie 1. Susu cair coklat 4 kaleng = Rp 28.= Rp 124. Kebutuhan Dana Dana yang dibutuhkan untuk pembuatan “Coklat Marie” setiap harinya adalah sebagai berikut : 1. Sumber Dana Sumber dana berasal dari modal internal. Prediksi Pendapatan Modal yang diperlukan setiap harinya adalah Rp 124.000. Coklat meses warna-warni = Rp 5. karena pembuatan kue “Coklat Marie” masih dalam skala kecil..75 kg = Rp 42. yaitu modal sendiri.000. Coklat blok 7 batang 2. 2.4.000.Sementara dalam produksi “Coklat Marie” ini masih belum dibutuhkan bantuan tenaga kerja.000.-. Kertas kue 350 lembar Jumlah b.000. Jadi pendapatan setiap harinya jika produk habis terjual adalah sebesar Rp 51. sehingga akan dilakukan oleh sendiri. = Rp 7.000. c.- 3.-.- 7 .= Rp 42.000.dengan perkiraan omset sebesar Rp 175.

yaitu usaha menjual “Coklat Marie” yang akan saya buat sendiri untuk dititipkan ke warung-warung yang berada di sekitar Jalan Sukaluyu Bandung. sehingga berbeda dengan coklat-coklat biasanya. sehingga warna. maka muncullah ide atau gagasan untuk membuat suatu usaha kecil-kecilan yang kiranya dapat membantu untuk menambah pendapatan sehari-hari. bentuk. Di luar dibalut oleh coklat meses warna-warni lalu dibentuk bulat. serta produk yang ditawarkan menarik dan disukai anak-anak. sehingga akan berpotensi pasar tinggi. harga jual murah sehingga terjangkau anak-anak.BAB III KESIMPULAN Dalam rangka untuk menambah pendapatan atau uang saku. Jika dilihat dari lokasi penjualan yang strategis. serta rasanya yang manis akan menarik anakanak untuk membelinya. maka produk “Coklat Marie” ini mempunyai peluang pasar yang cukup besar. “Coklat Marie” ini akan disukai oleh anak-anak karena rasanya yang manis dan juga unik karena di dalam coklat terdapat biskuit marie. 8 .

2008. Kewirausahaan.com/contoh-proposal-usaha-kecil-warung-ayam-goreng-kremesan/ Suryana.DAFTAR PUSTAKA http://warnadunia. Salemba Empat : Jakarta 9 .

.

.42./:3.73. .

0..2 4703 70208.. ..3.7:3 .4394 574548. :8.

9.. $:7.79.25..3 $.   07.:8.    .02-.3..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful