SILABUS MATA KULIAH

Program Studi Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah Jumlah SKS Semester Mata Kuliah Prasyarat : : : : : : Ekonomi Manajemen MNJ 229 MNJ. Operasional I 3 III Matematika Ekonomi Pengantar Manajemen MKPK ( Research Operational )

Diskripsi Mata Kuliah : M Operasional I akan memberikan dasar pengetahuan serta ketrampilan untuk menganalisa masalah-masalah perencanaa produksi dan mengidentifikasikan pemecahannya dalam suatu sistem produksi. Mata kuliah ini mempunyai prasyarat matematika ekonomi, Pengantar Manajemen dan MKPK, karena matematika dan MKPK merupakan alat analisis yang digunakan dalam pemecahan masalah Manajemen Operasi I sedangkan pengantar manajemen dapat merupakan pengambilan keputusan manajemen operasi secara teori. Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai, dan mampu mengimplementasikan teori, konsep dan praktik sehingga penggunaan M Operasional I dapat dikembangkan ke dalam pengambilan keputusan akademik maupun organisasi. Kompetensi Dasar Memahami arti pentingnya dan fungsi kegunaan serta tujuan Manajemen Operasional I Indikator Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami Pengertian Manajemen Operasi. 2. Memahami Pengalaman Pembelajaran Mengkaji dan mendiskusikan mengenai tujuan, fungsi, dan sistem dalam produksi. Materi Ajar 1. Pengertian Manajemen Operasi 2. Fungsi dan tujuan Manajemen Operasi 3. Sistem Manajemen Waktu 150’ Alat/Bahan/Sumber Belajar -OHP -Agus Ahyari, Pengendalian Produksi, hal 1-9, tahun 2004 -Zulian Yamid, M Produksi dan Operasi, hal 3-8, tahun 2003 Penilaian Tugas, Presensi, ujian Mid Semester dan Ujian Akhir Semester

M Produksi dan Operasi. hal 9-30. Hubungan PLC dengan kebijaksanaan berproduksi. Memahami dan menjelaskan Produk Life Cycle (PLC) dan siklus umur produk serta mampu dan dapat menggambarkan dan menjelaskan secara grafik dan hubungannya dengan kebijaksanaan berproduksi. Memahami sistem Manajemen Operasi. 2003 Tugas. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mengetahui dan memahami PLC dan siklus umur produk serta menggambarkan dan menjelaskan secara grafik dan hubungannya dengan kebijaksanaan berproduksi. Menyusun formulasi dari permasalah yang ada 2. ujian Mid Semester dan Ujian Akhir . ujian Mid Semester dan Ujian Akhir Semester 1. M. M Tugas. Mengkaji dan mendiskusikan mengenai luas produksi dan luas perusahaan Operasi 1. Operation. 150’ -OHP -Hani Handoko. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. 2000 -Zulian Yamid. hal 2933.fungsi dan tujuan serta kegunaan Manajemen Operasi. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mengetahui dan Mengkaji dan mendiskusikan mengenai PLC untuk masingmasing produk baru. Presensi. hal 5880. Linier 150’ -OHP -Pangestu Subagio. 2001 -Zulian Yamid. lama. Memahami dan mengerti perencanaan kapasitas operasi. Presensi. dan jasa serta bagaimana cara menggambarkan dan menjelaskan secara grafik dan hubungannya dengan kebijaksanaan berproduksi. PLC produk dan jasa serta siklus umur produk 2. 3.

Pengendalian Produksi. Mengkaji dan mendiskusikan mengenai bagaimana cara menyusun formulasi programming dengan metode grafik Produksi dan Operasi. hal 33-54.membedakan luas produksi dan luas perusahaan dan dapat menggunakan metode penentuan luas produksi dengan metode linier programming (metode grafik). 2000 -Zulian Yamid. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mengetahui dan memahami dalam 1. M. ujian Mid Semester dan Ujian Akhir Semester 1. Formulasi 150’ 2. Menyelesaikan tabel akhir dengan mencari laba maksimum 4. Operation. serta bagaimana metode penggunaan luas produksi yang optimal dengan cara menggambarkan secara grafik (baik maksimum maupun minimum). Membuat tabel awal 3. ujian Mid Semester dan Ujian Akhir Semester . 2004 Semester Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mengetahui dan memahami dalam pembuatan tabel simplek sampai tabel akhir dan mampu membaca hasil tabel untuk disimpulkan. Menyelesaikan tabel akhir dengan tujuan -OHP -Pangestu Subagio. Formulasi 150’ 2. Mengkaji dan mendiskusikan mengenai bagaimana cara menyusun formulasi kemudian dimasukkan ke dalam tabel awal simplek sampai dengan tabel akhir. 2000 -Zulian Yamid. hal 83110. 2003 -Agus Ahyari. Menyimpulkan hasil -OHP -Pangestu Subagio. Operation. Membuat tabel awal 3. M Produksi dan Operasi. M Produksi dan Tugas. hal 403417. M. 2003 Tugas. Memahami dan mengerti metode penentuan luas produksi dengan metode simplek memahami macam luas produksi dan luas perusahaan serta dapat menyusun formulasi dan menggambarkan secara grafik. hal 418424. hal 33-54. Presensi. Memahami dan mengerti metode penentuan luas produksi dengan metode simplek yang mempunyai fungsi tujuan mencari laba maksimum. Presensi.

Presensi. hal 403417. Dengan metodeBreak Even Point dan linierprogramming dan bagaimana cara mengambarkan dengan grafik. hal 7787. Kapasitas jangka panjang 3. Grafik Linierprogramming 150’ -OHP -Zulian Yamid. Presensi. Dengan menggunakan metode Break Even Point dan linier – programming. pola bergelombang. ujian Mid Semester dan Ujian Akhir Semester . Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mengetahui dan memahami jenisjenis pola produksi. Cara menentukan grafik dari pola konstan. 2003 Memahami dan mengerti perencanaan kapasitas operasi dalam jangka pendek dan jangka panjang.dengan tujuan mencari biaya minimum. hal 6590. pola moderat 150’ -OHP -Zulian Yamid. Menyimpulkan hasil Operasi. Grafik Break Even Point 4. hal 418424. M Produksi dan Operasi. Macam pola produksi 2. Kapasitas jangka pendek 2. Pengendalian Produksi. 2004 Tugas. M Produksi dan Operasi. 2003 Tugas. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mengetahui dan memahami perbedaan kapasitas jangka pendek dan jangka panjang. pembuatan tabel simplek sampai tabel akhir dan mampu membaca hasil tabel untuk disimpulkan. ujian Mid Semester dan Ujian Akhir Semester Memahami dan mengerti macam-macam pola produksi dengan cara grafik dan faktor-faktor yang diperlukandalam 1. Mengkaji dan mendiskusikan mengenai jenisjenis pola produksi. Mengkaji dan mendiskusikan mengenai macam-macam kapasitas jangka pendek dan jangka panjang. 2003 -Agus Ahyari. dan macam-macam biaya yang diperlukan mencari biaya minimum 4. 1. kapasitas produksi kemudian dimasukkan ke dalam tabel awal simplek sampai dengan tabel akhir.

. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mengetahui dan memahami penentuan lokasi pabrik yang akan didirikan.menentukan pola produksi yang baik. Mengkaji dan mendiskusikan mengenai macam-macam metode transportasi dan bagaimana cara menganalisis ketiga macam metode tersebut. Metode 150’ kuantitatif (transportasi)deng an Penentuan tabel awal : NW-Corner Biaya minimum 2. Metode Break Even Point (grafik) 3. Macammacam metode transportasi : Steping-Stone 1. hal 103108. 2003 Tugas.Zulian Yamid. Perbandingan biaya 1. serta faktor-faktor yang diperlukan. ujian Mid Semester dan Ujian Akhir Semester Mengkaji dan -OHP Tugas. Presensi. Presensi. faktorfaktor yang dipertimbangkan dengan metode yang menguntungkan. Memahami dan mengerti perencanaan lokasi pabrikdan penentuan lokasi yang memenuhi syarat. normal dan kapasitas maksimum serta pola biayanya. ujian Mid Semester dan Ujian Akhir Semester Memahami dan mengerti metode transportasi yang merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisa penentuan lokasi pabrik yang terbaik. Metode 150’ penentuan lokasi (dengan metode kualitatif). M Produksi dan Operasi. Memahami dan Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mengetahui dan memahami macam-macam metode transportasi dan mampu membedakan dengan cara tabel. Metode 150’ -OHP -Zulian Yamid. 1. antara lain metode beban score 2. hal 89108. Mengkaji dan mendiskusikan mengenai pemilihan lokasi pabrik yang baik dan memenuhi syarat. Setelah mengikuti -OHP . 2003 Tugas. M Produksi dan Operasi.

Pengendalian Produksi. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mengetahui dan memahami tujuan dan manfaat fasilitas pabrik (lay-out). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mengetahui dan memahami maksud dan tujuan mendiskusikan mengenai macam-macam metode transportasi dan bagaimana cara menganalisis metode tersebut. Macammacam metode transportasi : MODI VAM 1. Data waktu standar dasar 3.Zulian Yamid. Presensi. -OHP -Zulian Yamid. M Produksi dan Tugas. Memahami dan mengerti letak fasilitas pabrik serta mampu merencanakan pengaturan semua fasilitas produksi. Prinsip dasar layout 4. kuantitatif (transportasi) 2. ujian Mid Semester dan Ujian Akhir Semester Memahami dan mengerti perencanaan waktu standar danmetode penetapan waktu standar Mengkaji dan mendiskusikan mengenai waktu standar dan bagaimana penggunaan dalam pnentuan -OHP -Agus Ahyari. 2003 Tugas. Presensi. 2004 . lay-out operasi berlanjut 1. 2003 Presensi. ujian Mid Semester dan Ujian Akhir Semester . Data penentuan waktu dan gerak 150’ .mengerti metode transportasi yang merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisa penentuan lokasi pabrik yang terbaik. perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mengetahui dan memahami macam-macam metode transportasi dan mampu membedakan dengan cara tabel. macammacam letak fasilitas pabrik. Study waktu (Time -Study) 2. Fungsi dan 150’ manfaat lay-out 2. Penentuan tabel awal : NW-Corner Biaya minimum 3. hal 120147. hal 403-411. M Produksi dan Operasi.Zulian Yamid. Dasar pengaturan layout 3. ujian Mid Semester dan Ujian Akhir Semester Mengkaji dan mendiskusikan mengenai macam-macam letak fasilitas pabrik. dasar pengaturan fasilitas pabrik. M Produksi dan Operasi. macam-macam lay-out 5. hal 108114.

Mengkaji dan mendiskusikan mengenai cara pengukuran kerja dan bagaimana pengelolaan tenaga kerja yang baik. ujian Mid Semester dan Ujian Akhir Semester . 2003 Tugas. M Produksi dan Operasi. 4. 2000 -OHP . hal 185187. Learning-Curve 150’ Tugas. Material Handling -OHP -Agus Ahyari. hal 40-56.(Study gerak dan waktu). Sample kerja Operasi.Zulian Yamid. waktu standar. Mengkaji dan mendiskusikan mengenai macam-macam proses produksi dan material Handling. Presensi. 1. ujian Mid Semester dan Ujian Akhir Semester Memahami dan mengerti Perencanaan dan pengelolaan tenaga kerja. Keputusan seleksi proses 3. Macam-macam 150’ proses produksi 2. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mengetahui dan memahami metode pengukuran kerja. 2003 Memahami dan mengerti perencanaan proses produksi. hal 185197. Perencanaan Sistem Produksi. M Produksi dan Operasi. 1. hal 2536. waktu standar dan metode yang digunakan dalam penetapan waktu standar. Manajemen produktivitas 2. 2004 -Sukanto Reksohadi Projo. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mengetahui dan memahami perencanaan produksi dan mengetahui berbagai macam proses produksi. Presensi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful