You are on page 1of 13

“SUMBER FILSAFAT ILMU”

KELOMPOK 5: 1. Wahyu nikko 2. Alisa agustin 3. Wike tiara sari 4. Anis suryani 5. Ageng mahendra 6. Hallanita prabawati 7. Ulfatut dawilah

UNIVERSITAS BRAWIJAYA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TAHUN AJARAN 2011/2012

kami ucapkan selamat membaca.KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis. Amien. semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi kita semua . sehingga dapat menyeselaikan makalah “Sumber Filsafat Ilmu” ini sesuai dengan harapan. penulis mengucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang telah membantu terselesaikannya tugas makalah ini. Malang.04 Oktober 2011 Penulis . Dengan segala kerendahan hati dan rasa hormat. Akhir kata.

) Aristoteles adalah seorang filsuf besar yunani kuno. yakni pengetahuan yang di peroleh dari pemikiran atau rasio ras manusia. Filsafat dan ilmu merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan dan saling berkaitan satu sama lain.M. Kini di akui sebagai filsuf yang pertama.1. • ETIMOLOGI Kata philosophia merupakan suatu kata padanan dari episteme. SEJARAH FILSAFAT ILMU Filsafat dan ilmu yang di kenal di dunia barat dewasa ini berasal dari zaman Yunani Kuno. dan ilmu politik. TOKOH TOKOH FILSAFAT ILMU • Aristoteles (382-322 s. Jadi. Episteme adalah “an organized body of rational knowledge with is proper object” (suatu kumpulan yang teratur dari pengetahuan rasional dengan objeknya sendiri yang tepat). Dan tokoh pelopor logika juga seorang ilmuwan yang menelah biolog. Dalam pemikiran aristoteles selanjutanya episteme atau pengetahuan rasional di bedakan 3 bagian : a) Praktike (pengetahuan praktis) . Filsafat dan ilmu adalah pengetahuan rasional. filsafat dan ilmu tergolong sebagai pengetahuan rasional.psikologi. 2.

Namun pengetahuan fisika diberi sebutan filsafat kedua.M. . sifat dasar. Thales mengembangkan filsafat alam kosmologi yang memepertanyakan asal mula. menghitung terjadinya gerhana matahari dan membuktikan kedua sudut alas dari suatu segitiga sama kaki sama besarnya. Ia mempelajari magnetisme dan listrik yang merupakan pokok soal fisika dan mengembangkan astronomi dan matematika mengemukakan pendapat bahwa bulan bersinar karena memantulkan cahaya matahari. fisika dan metafisika. dan struktur komposisi dari alam semesta. and the attributes which belong to this in virtue of its own nature” (suatu ilmu yang menyelediki peradaam sebagai peradaan ciri ciri yang tergolong dalam objek ini berdasarkan sifat dasarnya sendiri). serta seorang dari tujuh orang arif yunani(seven wise men of greece).b) c) Poietike (pengetahuan produktif) Theoretike (pengetahuan teoritis) Teoritis oleh aristoteles dibedakan menjadi 3 kelompok : a) b) c) Mathematike (pengetahuan matematika) Physike (pengetahuan fisika) Prote philoshopia (filsafat pertama) Definisi dari filsafat pertama adalah “ a science which investigates being as being .) Seorang pemikir terkemuka Yunani kuno yang di akui sebagai bapak filsafat dan bapak penalaran deduktif juga ilmuwan pertama di dunia dan ahli mathematic yunani pertama. • THALES (kurang lebih 640-546 s. Jadi. seorang aristoteles telah mengembangkan matematika. Filsafat pertama bernama metafisika karena terletak sesudah fisika.

Ia mengemukakan sebuah ajaran metafisika bahwa bilangan merupakan intisari dari semua benda serta dasar pokok dari sifat sifat benda. Istilah philoshophia yang berarti cinta kearifan(love of wisdom). Pythagoras berpendapat bahwa matematika merupakan suatu sarana atau alat bagi pemahaman filsafati.) Seorang filsuf besar Yunani kuno yang mengembangkan filsafat spekulatif mengenai dunia ide yang sempurna dan abadi. • PLATO (428-348 s.M. Dalilnya berbunyi : “number rules the universe” (bilangan memerintah jagat raya ini). Plato menegaskan filsuf adalah pecinta pandangan tentang kebenaran (vision of truth). Plato berpendapat geometri sebagai pengetahuan rasional berdasarkan akal murni menjadi kunci ke arah pengetahuan dan kebenaran filsafati.M.sedang filsafat merupakan pencarian yang bersifat perekaan (atau spekulatif) terhadap pandangan tentang seluruh kebenaran. Ia menganggap dirinya hanya seorang pencinta kearifan atau philosophos. Baginya filsafat merupakan pencarian yang bersifat spekulatif terhadap pandangan kebenaranyang menyeluruh.) Seorang ahli matematika Yunani kuno dan pendiri mazhab filsafat pythagoreanisme yang mengajarkan bahwa bilangan merupakan subtansi dari semua benda. Begitu penting ilmu itu bagi filsafat sehingga konon pintu gerbang akademik plato tempat orang belajar filsafat tertulis kalimat “janganlah orang masuk kesini jika ia tidak mengetahui geometri” .• PYTHAGORAS (572-497s.

• ISAAC NEWTON (1642-1727 SM) Seorang ilmuan terbesar dan ahli matematika dari inggris yang mengembangkan fisika. Baginya filsafat adalah ilmu dari semua pengetahuan dan diberi definisi sebagai ars vitae atau pengetahuan kehidupan • GALILEO GALILEI (1564-1642 s. • FRANCIS BACON (1561-1626 SM) Seorang filsuf ilmu terkamuka inggris dan pelopor metode induktif dalam mencari kebenaran dalam menyarankan langkah-langkah pengamatan empiris. metanika. dan kalkulus.• MARCUS TULIUS CICERO (106-43s.M) Seorang ilmuwan besar italia yang menjadi pelopor ilmu modern. . serta penyimpulan dan pembuktian kebenaran sesuatu pangkal duga dengan pengamatan atau percobaan lebih lanjut.M) Seorang filsuf romawi terkemuka yang tergolong aliran stoicism. aanlisis data yang di amati. Ia menguasai segenap ilmu filsafat alam yang berkembang pada zamannya dari pengukuran kecepatan cahaya sampai penimbangan bobot udara. I a merumuskan pula 4 aturan penalaran bagi pengetahuan alam yang di kembangkannya.

• GEOGRE BOOLE (1815-1864) Seorang ahli matematika inggris yang cemerlang dan pelopor logika symbolic. sejarah dan teologi. • AUGUSTUS DE MORGAN (1806-1871) Seorang ahli matematika terkemuka inggris dan pelopor logika modern. metode analisis. Dua dalil mengenai pengingkaran pernyataan majemuk dalam logika modern yang dirumuskannya kini disebut de morgans law. . dan rumus rumus seperti aljabar ia meyusun suatu system penalar yang disebut logika kealjabaran atau lebih terkenal sebagai aljabar boole.dengan memakai lambing-lambang. • GOTTFRIED WILHEM LEIBNIZ (1646-1716) Seorang filsuf besar di jerman dan ahli matematika yang menguasai pula berbagai bidang pengetahuan seperti misalnya hukum. khususnya logika hubungan. Ia mengembangkan kalkulus dan kini di akui pula sebagai salah seorang pelopor logika symbolic. dan pelopor aliran filsafat rasionalisme.• RENE DESCARTES (1596-1650) Seorang filsuf besar perancis. Dalam filsafat ia mengemukakan metode kesangsian untuk merenungkan terus sesuatu hal sampai tidak ada keragu raguan lagi. ahli mathematic.

Perkembangan filsafat memasuki abad XX filsafat dibedakan menjadi dua yakni filsafat kritis dan filsafat spekulatif. melainkan empat bidang pengetahuan. . Namun kedudukannya dan peranannya adalah sebagai pelayan dari teologi. ilmu. Beralih memasuki zaman romawi kuno. Yang kedua filsafat moral dan mental yang menyangkut tujuan dan kewajiban manusia seperti etika. poltik. • FILSAFAT Dimulai oleh Thales sebagai filsafat jagat raya yang berkembang ke arah kosmologi. Masingmasing bidang pengetahuan itu memiliki ciri kekhususan tersendiri dan menmpuh arah pertumbuhan yang berbeda satu sama lain. dan psikologi. Filsafat ini kemudian menjurus pada filsafat spekulatif pada plato dan metafisika pada aristoteles..3. Dalam abad abad selanjutnya filsafat berkembang melalui dua jalur yang pertama filsafat alam (natural philosophy) yang mempelajari benda dan peristiwa alamiah. yaitu filsafat. Perkembangan filsafat ilmu Perkembangan filsafat dan ilmu ternyata sejak zaman Yunani Kuno sesungguhnya tidak dua. dan logika. filsuf romawi marcus tullius Cicero secara singkat memberikan definisi filsafat sebagai ars vitae(pengetahuan yentang hidup). Filsafat kritis disebut juga filsafat analytic yaitu filsafat yang memusatkan perhatiannya pada analisi secara cermat terhadap makna berbagai pengertian yang diperbincangkan dalam filsafat. matematika. Dalam abad tengah filsafat dianggap sebagai dasar the supreme art (pengetahuan yang tertinggi).

Imu ekonomi . • ILMU Pada zaman Yunani Kuno episteme atau pengetahuan rasional mencakup filsafat maupun ilmu. logis dan perlu yang dalam kerangka system itu setiap unsur dari pengalaman kita dapat ditasfirkan . dan imu politik terpisah dari filsafat.dan teori tanda.masing-masing ilmu lalu filsafat abad XIX dan oleh psikologi. Pengertian filsafat memperoleh arti sebagai “the systematic study of nature through the use of the methods introduced by the great reformers of the raneissance and the early seventeenth century (penelaahan yang sistematis terhadap alam melalui pemakaian metode metode yang diperkenalkan oleh para pembaharu dari zaman Renaissance dan awal abad XVII).linguistik . melainkan pengetahuan yang kini dikenal sebagai Ilmu Alam.antropologi. philosophia naturalis memisahkan diri dari filsafat dan para ahli menyebutnya kembali dengan nama Fisika.cabang sosiologi.abad XX filsafat kelahiran ilmu-ilmu yang bebas barupa logika formal . Thales sebagai seorang filsuf juga mempelajari astronomi dan topik-topik pengetahuan yang termasuk fisika. Pada abad XVII Filsafat Alam sesungguhnya bukanlah pengetahuan filsafat. Cabang cabang ilmu lainnya yang tercakup dalam pengertian ilmu modern juga berkembang pesat berkat penerapan metode empiris yang makin cermat.ilmu . Fisika adalah pengetahuan teoretis yang mempelajari alam disebut Filsafat Alam. Ilmuwan inggris ini antara lain merumuskan teori gaya berat dan kaidah kaidah mekanika dalam karya tulis yang di beri judul philosophiae naturalis principia mathematica.Filsafat spekulatif disebut juga filsafat metafisika yaitu usaha menyusun sebuah ide ide umum yang berpautan.

sedang pernyataan baru yang di turunkan dinamakan kesimpulan (conclusion).eksperimental. aturan. Logika adalah sepenuhnya suatu jenis pengetahuan rasional.kebutuhan untuk memisahkan secara nyata kelompok ilmu-ilmu modern menerapkan metode-metode empiris.kaitan antara matematika dengan ilmuilmu modern kiranya tidak perlu di persoalkan lagi karena matematika menjadi perintis dan bagian terpenting dari ilmu alam.dan induktif.sifat empiris inilah yang membentuk ciri umum dari kelompok ilmu modern membedakannya dari filsafat.antar-displin ilmu prilaku seperti sosiologi dan antropologi untuk menelaah tingkah laku manusia. Pernyataan yang telah diketahui itu disebut pangkal pikir(premise). dan tata cara penalaran yang betul(corrert reasoning) penalaran adalah proses pemikiran manusia yang berusaha tiba pada pernyataan baru yang merupakan kelanjutan runtut dari pernyataan lain yang telah di ketahu.matematika menjadi pendorong bagi perkembangan filsafat. • LOGIKA Logika adalah bidang pengetahuan yang mempelajari segenap asas. Menurut Aristoteles logika (waktu itu masih disebut Analytika) .sejak zaman modern hingga abad XX ini filsafat dan matematika berkembang terus melalui pemikiran tokoh-tokoh yang sekaligus merupakanseorang filsuf dan juga ahli matematika. • MATEMATIKA Matematika mempuyai hubungan yang cukup dengan kedua bidang pengetahuan yang terdahulu itu.sejak permulaan hingga dewasa ini filsafat dan matematika terus-menerus saling mempengaruhi.contoh anatomi sosial manusiawi.filsafat mendorong perkembangan matemetika juga memacu pertumbuhan filsafat.

Pada dewasa ini logika telah menjadi bidang pengetahuan amat luas yang tidak lagi semata-mata bersifat filsafati.merupakan suatu alat ilmu (instrument of science) diluar episteme yang justru diperlukan untuk mempelajari kumpulan pengetahuan rasional. . kini meliputi antara lain logika kewajiban (deontic logic). logic ganda-nilai (multivalued logic). Logika modern yang semula hanya mencakup logika perlambang (symbolic logic). Lebih-lebih logika modern telah tumbuh begitu pesat dan demikian baregam sehingga mendesak logika tradisional ke samping dan menjadi bagian kecil yang kurang berarti. melainkan juga bercorak sangat tehnis dan ilmiah. dan berbagai logika tak baku (nonstandard logical systems). logika intuisionik (intuitionist logic).

DAFTAR PUSTAKA .

The Liang(1997).Gie. Yogyakarta:Liberty .’Pengantar Filsafat The Liang Gie’.