You are on page 1of 17

BAB I PENDAHULUAN 1.1.

LATAR BELAKANG Saat ini dimana teknologi kedokteran sedang berkembang dengan pesat, seperti dengan adanya terapi gen, bedah sinar laser, alat deteksi teknologi tinggi seperti CT-Scan, USG, Rontgen, namun pengobatan alami juga mengalami kemajuan yang luar biasa. Tidak hanya di negara-negara berkembang, di negara-negara maju seperti Amerika dan Eropa, pola hidup kembali ke alam, juga sedang menjadi tren, dimana pengobatan herbal juga saling melengkapi dengan pengobatan kimiawi. Kini telah banyak dokter yang tertarik untuk mencoba

pengobatan holistic, suatu bentuk yang melibatkan kondisi tubuh, mental, sosial lingkungan dan bahkan hingga dimensi spiritual yang akan mengungkapkan faktor-faktor yang memicu suatu penyakit. Nutrisi yang baik dan seimbang serta olahraga teratur menjadi sangat penting bagi pengobatan holistik. Tetapi kestabilan emosi dan spiritual juga harus diperhatikan sehingga kondisi yang optimal akan tercipta. Terapi alternatif difokuskan untuk meningkatkan proses penyembuhan sendiri, untuk memperbaiki keselarasan antara gerak tubuh dan elemen biokimia dari tubuh, pikiran dan emosi. Berbagai sistem pengobatan dikembangkan untuk mengatasi penyakit. Mulai kedokteran modern hingga pengobatan tradisional yang dipercaya bisa mengatasi gangguan kesehatan yang timbul. AYURVEDA merupakan sistem pengobatan India kuno yang dikembangkan untuk sistem perawatan kesehatan yang lengkap. Pengobatan ini sangat baik untuk orang yang tidak mempunyai waktu untuk perawatan, mudah lelah, stres tinggi, dan berbagai macam jenis keluhan organ tubuh. Ayurveda berasal dari kata ayus yang artinya ’kehidupan’ dan vidyang artinya ’ilmu’. Ilmu kehidupan ini adalah ilmu pengetahuan tentang kesehatan positif, yaitu keseimbangan antara

5

serta lima unsur tubuh dan lingkungan. Namun untuk hasil terbaik. Sutrasthana yang merupakan revisi dari buku milik Atreya. Selain itu. instruksi dosis. pengobatan alternatif yang bertujuan untuk kesadaran diri. Dalam cakupan lebih luas. Dunia terdiri dari ketiga kombinasi tersebut. Jadi di dua daerah tersebut. • Berasal dari bahan alam sehingga bebas efek samping. yang bekerja secara sinergis. menangani penyakit bahkan sebelum mereka timbul. pada dasarnya ayurveda itu pengetahuan tentang awet muda.pikiran. Salah satu guru ayurveda yang telah menekuni ilmu itu di India adalah acharya Dr Saigiananda. dan saran mengenai pola makan harus ditaati dengan seksama.Dari sisi sejarah. ”Jadi. • Perlindungan menyeluruh terhadap hampir seluruh penyakit. Ketiga hal inilah yang menjadi subjek utama dari ayurveda. ayurveda sudah dikenal lama. Beberapa alasan yang membuat orang-orang memilih ayurveda sebagai cara pengobatan ataupun untuk menjaga kesehatannya: • Pengobatan Ayurveda dipercaya sebagai terapi tambahan yang bekerja melengkapi terapi medis yang diberikan oleh dokter. Bali dan Jawa sangat dekat hubungannya dengan India sejak zaman kerajaan di Indonesia. Pada dasarnya. RUMUSAN MASALAH 5 . 1. ayurveda di India diajarkan untuk menyiapkan seseorang memahami potensi dirinya melalui berbagai tahap kehidupan. Dalam bukunya. Charaka Samhita menyebutkan bahwa tubuh. pikiran dan jiwa. bagaimana merawat diri kita. titik pada teknik marma sama dengan titik akupunktur China. Ayurveda menyediakan perawatan kesehatan lengkap dan alami.” ujar Saigiananda yang berpraktik di Siddha Ayurveda di kawasan Jakarta Pusat. sebenarnya ayurveda menggunakan teknik marma dengan konsentrasi pada titik-titik tertentu pada tubuh.dan jiwa seperti tripod.tubuh. Dia mengatakan.2. serta menjaga kesehatan.

2. yang bekerja secara sinergis. serta menjaga kesehatan Dari pernyataan di atas. • Berasal dari bahan alam sehingga bebas efek samping.4. 1.3.1. 1. Tujuan Umum Mengetahui seperti apakah pengobatan dengan ayurveda.2. dan saran mengenai pola makan harus ditaati dengan seksama. 1.2. • Perlindungan menyeluruh terhadap hampir seluruh penyakit.3.3. dapat dirasakan kegunaan dari ayurveda. Mengetahui sejarah ayurveda.1.2. Namun untuk hasil terbaik. . Mengetahui prinsip-prinsip dasar pengobatan ayurveda. TUJUAN 1.3. obat-obat yang digunakan dan alat-alat yang digunakan dalam ayurveda?.2. 1.3. 5 .Pendekatan: • Pengobatan Ayurveda dipercaya sebagai terapi tambahan yang bekerja melengkapi terapi medis yang diberikan oleh dokter. menangani penyakit bahkan sebelum mereka timbul. Tujuan Khusus 1.3. instruksi dosis. Mengetahui penyebaran dari ayurveda. Mengetahui obat-obat yang digunakan pada pengobatan ayurveda. penyebaran.2.3. 1. Karena itulah pada makalah ini akan dibahas bagaimana sejarah.3. prinsip.

Awal dari Ayurveda ini dianggap sebagai wahyu dari dewa Brahma. 5 . Kata "Ayurveda" berasal dari gabungan kata āyus "hidup" dan veda "ilmu". SEJARAH/ASAL Ayurveda (Devanagari: आयुवेद ) adalah upaveda dari Rgveda. mental. Kedokteran ilmiah tidak mengakui pengobatan Ayurveda. Terdapat pula teks lain yaitu Sushruta Samhitā.1. dan bisa diartikan menjadi "Ilmu Kehidupan". dan didasarkan pendekatan holistik pada awal kebudayaan Vedis. Susastra Ayurveda merupakan ajaran bentuk pengobatan alternatif yang biasa dilakukan di India. Ayurveda pertama kali dipaparkan oleh Agnivesha dan bukunya Agnivesh Tantra. Teks-teks tersebut dipercaya ditulis pada awal tahun Masehi. namun para pakar yang lain menganggap bahwa Ayurveda merupakan upaveda dari Atharvaveda. Buku ini kemudian diperbaiki oleh Charaka dengan judul Charaka Samhitā. Ayurveda mencakup pengukuran hidup yang sehat.BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. dan keselarasan spiritual. dengan terapi yang berhubungan dengan fisik. sosial. karena adanya penemuan pengobatan ini dapat menimbulkan resiko medis yang besar.

Pada 700 tahun sebelum masehi.Ayurveda atau pengobatan penyembuhan kuno India merupakan system pengobatan holistic tertua di dunia. Sekitar tahun 500 Sebelum Masehi. 2. Timur Tengah dan Roma. Obat-obatan dan herbal yang berasal dari daratan Cina dan begitu terkenal saat ini. Sushruta dari India berhasil mengadakan rhinoplasty atau operasi mengembalikan bentuk hidung.3. Para biksu-biksu budha juga turut memperkenalkan obat-obatan Ayurveda ke berbagai negara seperti Tibet. terapi aroma. pengobatan Ayurveda ditampilkan dalam bentuk tertulis dan menyeluruh.2. tanaman obat. PENYEBARAN AYURVEDA Ayurveda berasal dari India dan telah tersebar luas ke Mesir.500 Sebelum Masehi. Pengobatan Ayurveda pertama kali dipelopori Dhanvantari sekitar 1. juga merupakan bagian dari konsep kesehatan Ayurveda.000 Sebelum Masehi yang mencakup ajaran spiritual dan perilaku. warna dan gaya hidup sehat. Kitab Atreya Samhita salah satu bagian Ayurveda merupakan buku medis tertua di dunia! Pada zaman itu. Namun. Yunani. Cina dan Jepang. baru sekitar tahun 200 Sebelum Masehi. PRINSIP AYURVEDA 5 . Sushruta menjelaskan potongan kulit dari kepala dapat tumbuh di bekas luka hidung yang terpotong. para ilmuwan dari daratan Cina telah mempelajari Ayurveda di India. luka pendarahan pada hidung lazim terjadi pada satu millennium Sebelum Masehi yang umum dilakukan dengan memotong hidung tawanNan perang dan pada pertempuran. Ayurveda mengajarkan teknik operasi. Para pakar memperkirakan Ayurveda memiliki sejarah lebih panjang yakni dirintis sekitar tahun 3. Birma. 2.

Ayurveda telah terbukti mampu mengatasi berbagai gangguan kesehatan yang tejadi pada tubuh manusia. Tiga unsur itu meliputi vata (udara. Saat ini. kemudian baru melakukan tahapan terapi. Ayurveda telah banyak dipergunakan dalam sistem pengobatan modern. Konsep kesehatan Ayurveda telah mencakup seluruh sistem kehidupan manusia sehingga menjadikan ini. Ayurveda secara khusus menggunakan Ayurveda sebagai tumbuhan untuk sistem pengobatan dan perawatan kesehatan terlengkap di dunia saat membenahi ketidakseimbangan yang terjadi pada tubuh manusia sebelum berkembang menjadi penyakit. Dalam pengobatan Ayurveda. Dengan menggabungkan beberapa jenis tumbuhan atau herbal. Istilah dosha ada pada tiap materi alam semesta termasuk manusia. Hal ini dipicu oleh banyaknya penelitianpenelitiah ilmiah yang dilakukan dan telah membuktikan betapa efektifnya peran tumbuh-tumbuhan atau herbal pada kesehatan manusia. hanya satu unsur yang memberi warna dasar kepribadian orang tersebut. Prinsip dasar dari Ayurveda adalah mencegah timbulnya penyakit dengan menjaga keseimbangan tubuh. pitta. pitta (api) dan kapha (tanah atau bumi). Dan istilah dosha pada manusia menunjukkan tipe metabolisme tubuh sekaligus tipe dosha merupakan tahap terpenting. tubuh manusia mengandung tiga unsur yang dikenal dengan istilah Tridosha. Namun meski ketiga unsur itu ada di dalam diri setiap orang.Prinsip Ayurveda membagi kekuatan hidup atau dosha menjadi tiga yaitu vata. 5 . pikiran. dan kapha.ether). penentuan tipe menentukan seseorang. jiwa dan lingkungan. para praktisi Ayurveda biasanya melakukan observasi dan memberikan beberapa pertanyaan. DOSHA Dalam pemahaman ayurveda. Untuk mind-body tipe (pikiran dan tubuh).

Bahu dan pinggulnya sempit. peneliti ayurveda dari irlandia (1998). Bicaranya keras dan demokratis. sulit menambah berat badan. rambut lurus kemerahan atau pirang. Bila 5 . juga penyabar. dan kapha sebenarnya ada pada tiap manusia dengan kadar yang berbeda. anggun. Mereka tipe orang yang sulit membuat keputusan. Mereka umumnya bertubuh besar. Sedangkan orang yang kelebihan unsur kapha (tanah) ditandai dengan sifat serakah dan terikat dengan dunia benda. dan keriting. mudah menyayangi sesama. Perbedaan kombinasi dosha menjadikan setiap individu memiliki kepribadian dan kesehatan yang berbeda. orang yang berkarakter IpittaI mudah bergejolak dan antusias. mudah terbangun dan tidur kembali sampai siang. orang vata memiliki tubuh agak kurus. apalagi ketika menghadapi hal sulit. dan tidak stabil. bentuk tubuhnya proporsional. waswas. mereka mampu bertahan mengerjakan tugas sampai selesai. Ketidakseimbangan dosha adalah tanda pertama bahwa pikiran dan tubuh tidak terkoordinasi secara sempurna. Seseorang yang kelebihan unsur pitta memiliki karakter emosional dan mudah marah. Ia mudah berkeringat dan selalu bergairah dalam mengerjakan pekerjaan apa pun. serta rambutnya agak kasar. Ketika tertidur. cemas. Mereka sering merasa letih dan susah tidur. Termasuk orang yang sensitif dan cepat padam semangatnya. Jika sudah termotivasi. Kulitnya kering. klasifikasi berdasarkan bentuk dan keadaan fisik. sering memiliki masalah dengan berat badan. mudah mengelupas. Ibarat api yang panas. terasa dingin ketika disentuh. pitta.Orang yang kelebihan unsur vata (udara) mudah merasa takut. kering. Kadang perlu dibangkitkan motivasinya. Berdasarkan klasifikasi dosha Hope dan Murray. Kulitnya pucat. ia bisa diibaratkan udara atau angin yang mudah bergerak. Biasanya orang memiliki satu dosha dominan dan satu dosha pengiring. Jika seseorang berkarakter vata. Ia termasuk orang yang pengasih. Vata. tidak fokus. dan khawatair.

5 . Mungkin yang tersirat dalam pikiran kebanyakan dari kita hanyalah pengobatan semata. manusia disebut sehat atau svasthya.4. memperbaiki keselarasan antara gerak tubuh dan elemen biokimia dari tubuh. Seperti sistem snayu mandala yang ada dalam tubuh (sistem syaraf) dapat berfungsi dengan baik karena dikendalikan oleh unsur vatta. dan emosi. 2. Karena itu. Penyakit terjadi jika ketiga elemen ini tidak seimbang. termasuk stres. bila semua sistem dan cairan tubuhnya dalam keadaan seimbang serta dapat berfungsi atau bekerja dengan baik. olah tubuh. pikiran. Maka. difokuskan antara untuk lain dengan menggabungkan proses teknik pijat dan aromaterapi. yang disebut dengan Tri Dosha. Unsur dari Tri Dosha inilah yang mengendalikan dapat berfungsinya dengan baik sistem manusia. bakteri. dan kerja. yang bertujuan untuk mencapai keseimbangan tubuh. Menurut Ayurveda. berarti ada ketidakseimbangan yang terjadi di dalam tubuh. Terapi meningkatkan penyembuhan sendiri. polusi. menjaga keseimbangan doshas inilah kunci dari pengobatan Ayurveda.keseimbangan dosha terganggu. yang pada dasarnya adalah kembali ke alam. Ayurveda bukan sekedar pengobatan melainkan suatu gaya hidup sehat. pengobatan Ayurveda difokuskan kepada metode untuk menyeimbangkan dosha. waktu istirahat. pikiran. dan jiwa. yang terdiri dari tiga unsur. seperti virus. dan stres. Jika kita mengalami stres. Terapi Ayurveda banyak sekali jenisnya. PENGGUNAAN Ayurveda merupakan suatu sistem gaya hidup holistik yang mengajarkan detil praktis tentang pengaturan makanan. Jadi. Sistem tubuh dikendalikan oleh suatu cairan humoral. maka tubuh akan menjadi lemah terhadap tekanan dari luar.

Bila keseimbangan dan keharmonisan dari ketiga unsur tri dosha ini terganggu. Dalam sehari sebaiknya tidur kurang lebih selama sepertiga hari. tidur nyenyak. amat penting. Dengan tidur nyenyak sistem jaringan tubuh dapat mengadakan pemulihan. akhirnya tubuh menjadi sakit. Keadaan inilah yang menyebabkan timbul suatu vyadhi (penyakit) dan keadaan yang demikian disebut roga (sakit). yang menyebabkan gangguan terhadap keseimbangan tri dosha dalam tubuh. prinsip utama dalam menjaga keseimbangan unsur tri dosha agar tubuh tetap svasthya atau sehat ada tiga hal pokok atau upasthamba yang harus dilakukan. melakukan diet seimbang. yang mengakibatkan fungsi sistem jaringan tidak optimal.Sistem panchakagni mandala (sistem pencernaan). Menurut Ayurveda. reproduksi). Maksudnya gaya hidup yang tidak alami ini adalah merokok berlebihan. Ahara. Keseimbangan dan keharmonisan kerja dari sistem ini yang dikendalikan dan dipantau oleh ketiga unsur tri dosha. Nidra. Makan dan minum sesuai kebutuhan. dan rakta samvaham mandala (sistem sirkulasi) dapat melakukan tugasnya secara optimal. prilaku. Bila keadaan dilanggar. yaitu: 1. Vihar. dan malotsarga mandala (sistem ekskresi) sehingga mampu bekerja sesuai dengan tugasnya. gaya hidup yang alami. Dan manusia yang mengalami sakit disebut vyadhyupasrsta. karena dikendalikan oleh unsur pitta. Sedangkan unsur kapha mengendalikan sistem ojas-jeeva shakti mandala (sistem vitalitas. Bila kurang tidur mmaka unsur pitta akan meningkat. sehingga badan menjadi segar setelah jaga. 3. maka keseimbangan ketiga unsur tri dosha akan terganggu dan akan mengakibatkan sistem jaringan ubuh terpengaruh. kekebalan tubuh tidak seimbang akhirnya tubuh menjadi sakit. dan kapha tersebut. 2. pittta. maka fungsi dari sistem yang ada di dalam tubuh akan terganggu. yakni vatta. baik dalam kuantitas maupun kualitas. Oleh karena itu usaha pertama yang harus dilakukan adalah menjaga agar keseimbangan unsur tri dosha ini tetap terjamin. minum alkhohol hingga 5 .

sering bergadang semalamann.mabuk. Teknik tersebut antara lain adalah: 5 .  Kapha mengatur struktur tubuh. kebiasaan tidur yang buruk. adalah gaya hidup yang seimbang.  Pitta bertanggung jawab atas metabolisme dan pencernaan. Proses pencernaan mempertahankan keseimbangan penyembuhan. namun kita akan merasakan manfaatnya dalam waktu tidak terlalu lama. sedih berlarut-larut. Jika kita mengatakan bahwa seseorang bertipe Vata. sehingga kuman penyakit gampang masuk ke dalam tubuh Menurut Ayurweda. ilmu kesehatan tradisional India. ini berarti kualitas Vata pada orang tersebut lebih menonjol. dan dipadukan kembali sedemikian rupa guna mencipta ulang setiap sel. sebagian besar penyakit berasal dari ketidakseimbangan berperan umum secara dalam penting dan saluran dalam kekuatan pencernaan. diuraikan. sering berkelahi. Setiap individu memiliki jumlah atau proporsi masing-masing dosha yang secara alami kita miliki. Syarat pertama agar pencernaan dan metabolisme berfungsi dalam ketepatan dan efisiensi alaminya. Melalui pencernaanlah inteligensi – dalam bentuk zatzat gizi dari lingkungan di sekitar tubuh – diserap. Fungsi dosha:  Vata mengendalikan semua gerakan. organ. melakukan senggama berlebihan dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Sebagian dari prosedur ini akan memerlukan perubahan dalam kebiasaan kita sekarang. jaringan dalam tubuh manusia. emosi negative. Ada beberapa teknik Ayurveda untuk memperkuat pencernaan. Makanan yang tidak sehat. atau tekanan fisik dan mental dapat menyebabkan fungsi tubuh menyimpang dari normal.

00 (pagi atau malam) pengaruh Kapha sangat dominant di alam 5 .  jangan berbicara selagi mengunyah.  sisihkan beberapa menit untuk istirahat dengan tenang setelah makan. Tidak diragukan lagi bahwa kegundahan jiwa. Berdasarkan ke 6 rasa inilah diperoleh diet penyeimbang untuk masing2 dosha. Ayurweda letak makanan dan itu mengetahui rasa dari mengidentifikasi kualitas inteligensi dalam makanan. asin. Ayurweda mendefinisikan tiga tahap siklus yang berlangsung dari matahari terbit hingga terbenam. yaitu manis.00 – 10. pahit. emosi yang meracuni. makan dengan kecepatan sedang.  jangan makan hingga makanan sebelumnya telah tercerna. asam.  jangan makan selagi kesal. makan di lingkungan yang tenang dan mantap. Salah satu faktor terpenting dalam system pencernaan adalah hubungan antara perasaan dan perut kita. pedas dan astringen. kita perlu menyadari bahwa irama biologis internal kita bergantung pada dan harus harmonis dengan irama alam (eksternal). Untuk memberikan paling menentukan sejumlah apa cara yang untuk pada harus dimakan.  selalu duduk selagi makan. Teknik yang menarik didasarkan sendiri. dan efek situasi stress berperan penting dalam menyebabkan timbul dan kambuhnya masalah-masalah pencernaan.  hindari makanan dingin dan minuman berisi es.Ayurweda mengakui 6 rasa yang berlainan. Untuk memperbaiki setiap ketidakseimbangan dalam tubuh.  hindari makan berlebihan.  pilihlah makanan yang baru dimasak. Siklus-siklus tersebut adalah sebagai berikut:  Dari jam 06.

berenang  Kapha: lari. jalan kaki atau lari. Pembagian tersebut adalah sebagai berikut : 1.5. 5 . naik gunung. melakukan olahraga yang tidak sesuai bagi dirinya. bersepeda  Pitta: bermain ski. jalan kaki. tiga kesalahan yang sering dilakukan orang adalah: berolahraga terlalu sedikit atau bahkan tidak sama sekali. jalan kaki. 2. OBAT-OBATAN DALAM AYURVEDA Ramuan herbal yang digunakan dalam ayurveda Dalam kitab Ayurveda. aerobic.00 (pagi atau malam) Vata sangat dominant Mengenai olahraga. mendayung. Dari jam 10.00 (pagi atau malam) pengaruh Pitta sangat dominant  Dari jam 02. Churna.00 – 02. bentuk obat diklasifikasikan atas berbagai ragam bentuk sesuai dengan kebutuhan dan sifat dari bahan obat. hiking. Beberapa contoh olahraga yang paling cocok untuk masing2 tipe tubuh:  Vata: aerobic.00 – 06. obat yang berbentuk pupur atau serbuk. latihan beban. menari. berolahraga secara berlebihan.

obat yang belum menjadi minyak. 8. pasta. Vatika atau gudika. 19. obat yang berupa jamu encer. 9. berdasarkan atas penggunaannya sesuai Sedangkan di dalam kitab Sushruta Samhita dibagi dengan lebih rinci lagi. kapha) dan jaringan dhatu. Kshirapaka. 13. 21. Yavagu. obat yang berupa jamu untuk melemahkan. Kvatha. Pramathya. Pembagiannya tergantung atas aksi obat tersebut terhadap unsur tri dosha (vatta. Phanta. Asava dan arista. 11. infus 6. 5. obat yang berupa cairan spiritus. Di dalam kitab Charaka Samhita malahan diketemukan pembagian obat ini atas 50 jenis atau kategori. 20. 18. Putapaka. Paniya. obat yang diperoleh dari ekstraksi. boreh. obat yang dipanggang. Modaka. Matha. sari buah. obat yang berupa manisan. berupa tetes mata. pitta. hidung. 10. Svarasa. obat yang berupa larutan dalam air dingin. loloh. Ghritas atau tailapaka. Avaleha. Pembagiannya gejala yang terutama timbul. obat berupa pil dan bolus (pil besar). Bhavana. Kalka. obat yang berbentuk cairan infus dingin. 17. jamu. obat yang berupa cairan asam. 16. obat ramuan yang berupa jamu dalam air susu. obat berupa asam mineral destilasi. 3. PEMBAGIAN OBAT 5 . 15. Shitakasaya. cairan pekat. Khandapaka. obat dari serbuk bunga dalam cairan. 7.2. 14. 12. obat yang berupa bolus dalam sirup. jus. menjadi 400 bagian dalam 37 kelampok obat. obat yang berupa jamu yang kental. 4. Ghritapaka. 22. obat berupa cairan kental. obat yang berbentuk cairan yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui berbagai cara. Kanjika. Dravaka. obat yang berupa minyak. obat berupa cairan yang diminum. obat berupa air perasan.

puspa (bunga). dengan menurunkan produksi unsur tri dosha yang meningkat. yakni obat yang menurunkan unsur vatta disebut vatta-samsamana-varga. Kelompok Samsodhana Sedangkan kelompok obat samsodhana merupakan obat yang cara kerjanya berlawanan dengan kelompok samsamana. Caranya adalah dengan mengendalikan aktivitas dari unsur vatta. Sthavara (benda yang tidak bergerak. e. Dalam kelampok obat ini termasuk obat muntah (vami). yakni samsamana dan samsodhana. termasuk tumbuhtumbuhan). phala (buah. b. Kelompok abat ini dibagi lagi berdasarkan atas pengaruhnya pada setiap unsur tri dosha. d. dan f. berpengaruh menurunkan unsur pitta disebut pitta-samsamana-varga dan unsur kapha disebut kapha-samsamana-varga. pencahar atau urus-urus (virecham) dan obat untuk menghilangkan rambut. pitta dan kapha. batang. daun. c. kandt (rimpang). 1. 2. Kelompok obat samsodhana bekerja dengan cara meningkatkan unsur vatta disebut vatta-samsodhana-varga. Sthavara dibagi lagi atas: a. termasuk biji). mula (akar). 5 . kelompok yang meningkatkan unsur pitta dinamai pitta-samsodhana-varga dan kelompok yang meningkatkan unsur kapha disebut kapha-samsodahana-varga. secara garis besar dalam kitab Sushruta Samhita obat dibagi atas dua bagian.Sebenarnya. Kelompok Samsamana Kelompok obat samsamana mengatur keseimbangan unsur tri dosha yang ada dalam tubuh. Ramuan-ramuan obat yang digunakan dalam pengobatan ayurveda dapat berasal dari : 1.

c. gramya (binatang jinak. cedera. merupakan penyakit akibat terkena benda fisik ketika sedang bekerja. Jangama (makhluk yang berggerak) atau binatang dibagi atas: a. tertusuk paku. Adhyatmika Adhyatmika merupakan penyakit yang berasal dan dalam tubuh sendiri. tidak dikebiri). Teriris pisau. Demikian pula luka. Sel. termasuk di dalam kategori ini.2. penyakit dapat dibagi menjadi tiga kelompok utama. yakni: 1. abandhya (binatang yang beranak. tetapi memang sudah terjadi tanpa ada campur tangan dan pihak luar tubuh. Kelainan ini bukan disebabkan oleh faktor yang datang dan luar tubuh. Sehingga dikatakan 5 . b. seperti bibit penyakit yang menyerang tubuh. dan sebagainya. mengakibatkan organ tubuh sakit. 3. 2. pengaruh planet. Adhibhautika Adhibautika adalah penyakit yang disebabkan oleh faktor kausa fisik dan luar tubuh. bandhya (binatang yang dikebiri). Penyakit ini muncul sering tidak diketahui penyebabnya. atau patah tulang akibat kecelakaan.6. termasuk penyakit psiko-somatik. Misalnya pikiran selalu kalut. KLASIFIKASI PENYAKIT DALAM AYURVEDA Dalam ayurveda penyakit dibedakan berdasarkan atas asal penyebab penyakit. musim. peliharaan) dan d. tidak dipelihara). aranya (binatang liar. tersiram air panas. Penyakit psikosomatik merupakan penyakit yang timbul akibat adanya gangguan pada pikiran. atau diserang oleh orang dengan sabit sehingga luka. kulit terbakar. 2. terpukul palu. Adhidaivika Adhivaivika merupakan penyakit yang berasal dan takdir. organ atau sistema yang ada di dalam tubuh manusia mengalami kelainan bentuk atau kerusakan. sehingga fungsinya tidak normal. dapat menimbulkan penyakit lambung atau maag.

Perawatan selanjutnya. Pada bagian ini ramuan rempah-rempah digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Tiba-tiba badannya panas tanpa diketahui penyebabnya. Perawatannya perawatan pijat dapat berupa tubuh. Pada saat perawatan ini klien dibuat rileks dengan diiringi alunan lagu yang disesuailkan dengan karakter masing-masing. Pijatan juga akan melemaskan otot-otot pada wajah. dan meridian. tubuh diolesi body balm semacam lotion untuk penyegaran dan body spray sebagai pewangi tubuh. body mental. Detoksifikasi ini 5 . atau kapha. Bagian perawatan ini kerap disalahartikan menjadi jalan pintas menuju cantik. 2 . Kerutan di wajah karena otot-otot yangmenegang akan berangsur hilang dengan facial massage ini. Juga berfungsi menentramkan pikiran serta membudayakan emosi (agar emosi terkendali). Hasil yang dicapai pun bisa lebih maksimal dan tidak bertentangan. titik-titik refleks. Facial massage memang akan membuat Anda cantik. ada pula facial massage. Kemudian.8 PENGGUNAAN SELAIN DALAM PENGOBATAN Selain dalam pengobatan enggunaan ayurveda dapat pula diterapkan dalam perawatan kecantikan. Dalam perawatan kecantikan ala ayurveda terlebih dahulu dilakukan klasifikasi tipe kepribadian yang meliputi vata. Lalu. massage serta dengan emosional. menggunakan minyak untuk pijat yang mengandung antitoksin atau berdasarkan Pemijatan diharapkan bisa meremajakan kembali tubuh. pitta. ada program pengeluaran racun atau detoksifikasi dengan metode ayurveda yang disebut colo vada. Pijatan akan mengaktifkan kinerja otak bagian dalam. body scrub. Tujuannya untuk mencocokkan herbal perawatan yang akan digunakan agar sesuai dengan kondisi klien. Dalam perawatan ala ayurveda.sebagai takdir.

gangguan pada mata. menggunakan ramuan herbal efektif tanpa mesin dan rasa sakit. stres. Selain itu. dan meningkatkan konsentrasi. dan daya tarik. Dengan ditangani terapis-terapis yang telah dilatih untuk memiliki makna dengan hal-hal fisik dan intelektual. sulit tidur. 5 . Keunggulannya yaitu menyeimbangkan tiga dosha menjadikan metabolisme sesuai fungsi. yang menggunakan terapi kucuran dari minyak herbal hangat pada bagian muka dan kepala. kecantikan. pencandu narkoba. terapi menggunakan herbal lumpur yang diambil dari perairan Gangga di Himalaya. Ada pula terapi madyana.Terapi ini berguna untuk penderita depresi. Cocok untuk orang sehat atau yang memiliki penyakit akut atau kronis. Salah satu perawatan istimewa dengan metode ayurveda ialah shirodhara.ayurveda mengutamakan keunggulan moral sebagai dasar dari pendidikan yang sebenarnya. dan semua jenis penyakit. Atas dasar itulah.akan membersihkan kolon melalui anus. Terapi ini berguna untuk menghaluskan kulit. pembersihan aura negatif.