Afrika Selatan

Republik Afrika Selatan atau Uni Afrika Selatan adalah sebuah negara di Afrika bagian selatan. Afrika Selatan bertetangga dengan Namibia, Botswanadan Zimbabwe di utara, Mozambik dan Swaziland di timur laut. Keseluruhan negara Lesotho terletak di pedalaman Afrika Selatan. Pada masa dahulu, pemerintahan negara ini dikecam karena politik 'apartheid'nya tetapi sekarang Afrika Selatan adalah sebuah negara demokratis dengan penduduk kulit putih terbesar di benua Afrika. Afrika Selatan juga merupakan negara dengan berbagai macam bangsa dan mempunyai 11 bahasa resmi. Negara ini juga terkenal sebagai produsen berlian, emas dan platinum yang utama di dunia. Afrika adalah yang terbesar dari ketiga benua di belahan selatan Bumi dan yang terbesar kedua setelah Asia dari semua benua. Luasnya kurang lebih 30,244,050 km2 (11,677,240 mil2) termasuk kepulauan disekitarnya, meliputi 20.3% dari total daratan di bumi dan didiami lebih dari 800 juta manusia, atau sekitar sepertujuh populasi manusia di bumi. Dipisahkan dari Eropa oleh Laut Tengah, Afrika menyatu dengan Asia di ujung timur lautnya melalui Terusan Suez yang memiliki lebar 130 km. Semenanjung Sinai yang dimiliki oleh Mesir sering dianggap secara geopolitis sebagai bagian dari Afrika. Dari ujung paling utara, Cape Spartel di Maroko, di 37°21′ lintang Utara, ke ujung paling selatan, Cape Agulhas di Afrika Selatan, 34°51′15″ lintang Selatan, terbentang jarak sekitar 8000 km; dari ujung paling barat, Cape Verde, 17°33′22″ bujur Barat, sampai ujung paling timur, Ras Hafun di Somalia, 51°27′52″ bujur Timur, jaraknya sekitar 7.400 km. Panjang garis pantainya 26.000 km (sebagai perbandingan, Eropa, yang memiliki luas 9.700.000 km² memiliki garis pantai 32.000 km.

sepertinya telah sulit untuk mengganti kerugian dengan cepat untuk generasi dari alpa bidang pendidikan dan kemasyarakatan. Ini tercair Nelson Mandela dari memenjara setelah duapuluh tujuh pemenjaraannya tahun pada satu kalimat sabot. Afrika selatan menggenggam ini pertama dengan pemilihan rasial multi pada 1994. Pemerintah yang mencabut legislasi aparteid. • Politik Bangunan National Assembly di Kaapstad Afrika Selatan merupakan negara demokrasi konstitusional dengan sistem tiga tingkat dan institusi kehakiman yang bebas. telah tingkat sangat besar. yang ANC Yang dimenangi oleh satu mayoritas berlimpahan. Kemiskinan antara putihi. telah berlanjut tinggal di dalam kemiskinan. pemerintah saat ini telah menggelut capai disiplin moneter dan fiskal untuk memastikan keduanya pembagian kembali dari kekayaan dan kemajuan ekonomi. Sebagai tambahan. [18] Beberapa ini dapat mungkin menjadi ditujukan ke tentang penyakit BANTUAN dan kegagalan dari pemerintah untuk bertindak menunjuknya. Ini telah dalam kuasa selalu sejak. Afrika selatan menghancurkan gudang senjata nuklir ini dan mengabulkan ke Nuklir Bukan Perkembang Biakan Traktat. wilayah dan pemerintahan lokal yang mempunyai badan legislatif serta eksekutif dengan daerah kekuasaan masing-masing. sementara ini dengan mantap naik hingga pertengahan . tadi jarang. terus meningkat beberapa atribut ini ke kegagalan dari pemerintah saat ini untuk mengerjakan emisi kemasyarakatan. Sejak ANC Yang memimpin pemerintah mengambil kekuatan. .1990s. [17] Sementara beberapa telah tujukan ini sebagian ke warisan dari sistem aparteid. Terdapat tiga peringkat yaitu nasional. kebanyakan hitam.SISTEM PEMERINTAHAN AFRIKA SELATAN • Demokrasi Pada 1990 Pihak Nasional pemerintah ambil langkah pertama ke arah ketika ini mengangkat larangan pada Nasional Afrika Kongres dan organisasi lain kenegaraan sayap kiri. Di Afrika Selatan aparteid tempatkan. jutaan Selatan Orang Afrika. Pembangunan Manusia perserikatan bangsa-bangsa Daftar Isi Buku dari Yang Afrika Selatan telah curah.

Di samping itu. Indonesia ikut mendukung perjuangan Kongres Nasional Afrika (ANC).68% kursi di parlemen. Pemilu terakhir ialah pada April 2004.65%) dan Partai Demokratik Kristen Afrika atau ACDP (1. yang telah menggantikan Senat pada 1997. Partai-partai oposisi utama termasuk Aliasi Demokrat (12. National Assembly mempunyai 400 anggota yang dipilih melalui pemilu secara perwakilan proporsional. Begitu sebaliknya. yakni ketika masih menjadi presiden (1997) dan setelah tak menjadi presiden (2002). Ia dipilih sewaktu Sidang Nasional (National Assembly) dan Majelis Provinsi-provinsi Nasional (National Council of Provinces) bergabung. dan kunjungan mantan presiden Indonesia Megawati Soekarnoputri pada waktu yang . partai yang dulu dipimpin Nelson Mandela.28%). terdiri dari 90 anggota yang mewakili setiap 9 provinsi termasuk kotakota besar di Afrika Selatan.6%). Mandela setidaknya dua kali ke Indonesia.Presiden Afrika Selatan memegang dua jabatan yaitu sebagai Kepala Negara dan juga Kepala Pemerintahan. Belakangan ini secara bergantian sejumlah pejabat kedua negara juga saling berkunjung. National Council of Provinces. Di Afrika Selatan. Demokrat Bebas atau ID (1.97%) telah membentuk aliansi pemerintahan. Lazimnya. Yang terakhir.37%). di mana partai ANC berhasil memenangkan 69. Gerakan Demokratik Bersatu atau UDM (2. setiap provinsi di Afrika Selatan mempunyai satu penggubal undang-undang negeri dan Majelis Eksekutif yang diketuai oleh seorang Perdana Menteri atau "Premier". kunjungan ke Afrika Selatan sudah pernah dilakukan. Partai ini bersama Partai Kebebasan Inkatha (6. Secara politis. pemilu diadakan setiap 5 tahun dan setiap rakyat berusia 18 tahun ke atas diwajibkan untuk ikut. Partai Nasional Baru atau NNP (1. Sejak zaman Presiden Soeharto sampai Megawati Soekarnoputri. untuk menentang apartheid. Presiden adalah pemimpin partai mayoritas di Parlemen.73%). Presiden Afrika Selatan mengunjungi RI pada April 2005. Hubungan Indonesia-Afrika Selatan sudah terjalin baik sejak tahun 1994 ketika kedua negara menandatangani komunike bersama pembukaan hubungan diplomatik.

Soekarno. Negara Republik Afrika Selatan setelahnya ini akan berdiri dengan pimpinan demokratis Nelson Mandela yang mempunyai nama alias "Rolitlatla" (Pengambil Ranting/pencari gara-gara) . yang sangat kotor dan tidak terawat. yang sebenarnya sudah terjadi sejak tahun 1913 yaitu "Land Act" dimana para bangsa kulit hitam tidak boleh memiliki tanah semeter pun di luar batas "Homeland" mereka. heid sistem atau hukum) adalah sistem pemisahan ras yang diterapkan oleh pemerintah kulit putih di Afrika Selatan dari sekitar awal abad ke-20 hingga tahun 1990. dan Ciskei) dari suku bahasanya. koloni Inggris di Cape Town dan Namibia dan para Afrikaner Boer (Petani Afrikaner) yang mencari emas/keberuntungan di tanah kosong Arika Selatan bagian timur atau disebut Transvaal (sekarang kota Pretoria dan Johannesburg). Afrika Selatan memakai system pemerin tahan non Apartheid (arti dari bahasa Afrikaans: apart memisah. seperti Indira Gandhi. Sementara itu sejumlah pejuang kemerdekaan dari berbagai belahan dunia (diwakili oleh anak/keluarga terdekat) juga diundang di acara penghargaan ini. dan anak perempuan dari Jawarharlal Nehru dari India. dan bangsa berkulit putih. penemuan emas terjadi di beberapa daerah di Afrika Selatan. Perdana Menteri Hendrik Verwoerd pada tahun 1950-an mulai mencanangkan sistem pemisahan di antara bangsa berkulit hitam. para penambang ini tiba-tiba menjadi sangat kaya. Setelah Perang Boer selesai. Dari banyak sekali Homeland (bahasa Afrikaans: Tuisland) yang dibentuk/ dipisahkan dari Afrika Selatan yang "putih". Ia mewakili almarhum ayahnya.hampir bersamaan untuk menerima sebuah penghargaan pejuang kemerdekaan. Hukum apartheid dicanangkan pertama kali di Afrika Selatan. Bophutatswana. dan membentuk Persatuan Afrika Selatan. Frederik Willem de Klerk adalah orang yang mengakhiri masa suram ini dengan pidatopidatonya yang reformatif. Venda. Ir. yaitu negara yang dikelompokkan menjadi TBVC (Transkei. yang pada tahun 1930-an dikuasai oleh dua bangsa kulit putih. dan kemudian sepakat untuk mengakhiri perang di antara mereka. Empat menyatakan kemerdekaannya.

Hak-hak yang berkenaan dengan masalah ekonomi sosial  HAM menurut konsep nagara barat: 1. Hak.hak pribadi : hak-hak persamaan hidup. HAM jugabersifat supralegal. 3. keamanan. artinya tidak bergantung dengan adanya suatu Negara atau undang-undang dasar karena HAM bersal dari yang lebih tinggi yaitu Tuhan. Ingin meninggalkan konsep negara yang mutlak. Ingin mendirikan federasi rakyat yang bebas. 2. Pengertian HAM HAM adalah hak-hak yang melekat pada diri manausia. dan lain-lain: b.HAK AZASI MANUSIA 1. ras. HAM bersifat umum (universal) karena diyakini bahwa beberapa hak dimiliki tanpa perbedaan atas bangsa. Ruang lingkup HAM meliputi a. tanpa haj-hak itu manusia tidak dapat hidup layak sebagai manusia. Hak asasi lebih dulu ada dari pada tatanan Negara  HAM menurut konsep sosialis . negara sebagai koordinator dan pengawas. kebebasan. Hak milik pribadi dalamkelompok social tempat seseorang berada c. Kebebasan sipil dan politik untuk dapat ikut serrta dalam pemerintahan d. atau jenis kelamin. Filosofi dasar: hak asasi tertanam pada diri individu manusia 4.

Hak untuk diakui kepribadiannya menurut hukum 4. Hak asasi hilang dari individu dan terintegrasi dalam masyarakat 2. Hak untuk hidup 2. 9. . Kemerdekaan dan keamanan badan 3. Hak untuk mendapat jaminan hokum 6. Hak asasi manusia tidak ada sebelum negara ada 3.1. Individu tunduk kepada kepala adat yang menyangkut tugas dan kewajiban sebagai anggota masyarakat. Hak untuk bebas mengutarakan pikiran dan perasaan. Hak untuk memperoleh perlakuan yang sama dengan orang lain menurut hukum 5. Tidak boleh bertentangan dengan ajaran agama/sesuai dengan kodratnya 2. artinya penghormatan utama terhadap kepala keluarga 3. Hak untuk masuk dan keluar wilayah suatu Negara 7. Negara berhak membatasi hak asasi manusia apabila situasi menghendaki  HAM menurut konsep bangsa bangsa asia dan afrika 1. Masyarakat sebagai keluarga besar. Hak untk bebas memeluk agama.  Pada tanggal 16 desember 1966 ketiga dokumen di terima dan diratifikasi 1. Hak untuk mendapat hak milik atas benda 8.

ekonomi. baik dalam penerapan maupun pemantauan maupun pelaksanaannya (wirayuda: 2005). . Hak untuk mendapatkan jaminan social 12. Hak mendapatkan pendidikan 15. Hak untuk berapat dan berkumpul 11.10. politik. sosial budaya dan pembangunan merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.Hak untuk berdagang 14. . Hak untuk mendapatkan pekerjaan 13. Hak turut serta dalam gerakan kebudayaan masyarakat 16.kemajuan dan perlindungan HAM harus di dasarkan pada prinsip bahwa hak-hak sipil. Hak menikmati kesenian serta kemajuan keilmuan  HAM di Indonesia Sejalan dengan amanat konstitusi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful