Penggelapan Penggelapan itu terdapat unsur – unsur objektif meliputi perbuatan memiliki, sesuatu benda, yang sebagian atau

seluruhnya milik orang lain, yang berada dalam kekuasaannya bukan karena kejahatan, dan unsur – unsur subjektif meliputi penggelapan dengan sengaja dan penggelapan melawan hukum. Pasal – pasal penggelapan antara lain :

1.

Pasal 372 Perbuatan : a. Dengan sengaja memiliki. b. Memiliki suatu barang. c. Barang yang dimiliki seluruhnya atau sebagian termasuk kepunyaan orang lain. d. Mengakui memiliki secara melawan hukum. e. Barang yang ada dalam kekuasaan bukan karena kejahatan. Hukuman : Hukuman penjara selama-lamanya 4 tahun.

2.

Pasal 373 Perbuatan : a. Dengan sengaja memiliki. b. Memiliki suatu bukan ternak. c. Barang yang dimiliki seluruhnya atau sebagian termasuk kepunyaan orang lain.

Memiliki suatu barang. Barang yang ada dalam kekuasaan bukan karena kejahatan. Harganya tidak lebih dari Rp. Dengan sengaja memiliki. Pasal 375 Perbuatan : a.Hukuman : Hukuman penjara selama-lamanya 3 bulan. b. Berhubung dengan pekerjaan atau jabatan. Barang yang ada dalam kekuasaan bukan karena kejahatan. d. Mengakui memiliki secara melawan hukum.d. Memiliki suatu barang. b. Dengan sengaja memiliki. d. e. e. 4. Mengakui memiliki secara melawan hukum. Hukuman : Hukuman penjara selama-lamanya 5 tahun. . Pasal 374 Perbuatan : a. Barang yang dimiliki seluruhnya atau sebagian termasuk kepunyaan orang lain. 3. c. 25. Barang yang dimiliki seluruhnya atau sebagian termasuk kepunyaan orang lain. Barang yang ada dalam kekuasaan bukan karena kejahatan. f. f. c.

Barang yang ada dalam kekuasaan bukan karena kejahatan. Penggelapan dilakukan suami (isteri) yang tidak atau sudah diceraikan atau sanak atau keluarga orang itu karena kawin. Dilakukan oleh wali. e. Memiliki suatu barang. atau pengurus atau pelaksana surat wasiat. Mengakui memiliki secara melawan hukum. d. 5. b. f. Dengan sengaja memiliki.e. atau pengurus lembaga social atau yayasan. Pasal 376 Perbuatan : a. c. Barang yang dimiliki seluruhnya atau sebagian termasuk kepunyaan orang lain. Terpaksa disuruh menyimpan barang. Hukuman : Hukuman penjara selama-lamanya 6 tahun. . f. kalau ada pengaduan dari orang yang dikenakan kejahatan itu. Hukuman : Hanya dapat dilakukan penuntutan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful