P. 1
Bab 7. Realisasi Hasil Proses Pendidikan

Bab 7. Realisasi Hasil Proses Pendidikan

|Views: 56|Likes:
Published by Ujang Ahmad Sobandi

More info:

Published by: Ujang Ahmad Sobandi on Nov 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/29/2013

pdf

text

original

BAB 7.

REALISASI HASIL PROSES PENDIDIKAN

7.1. Perencanaan Realisasi Hasil Proses Pendidikan Sekolah merencanakan dan mengembangkan proses pendidikan yang

mengacu pada visi, misi, kurikulum, kebijakan pemerintah, kebijakan SMK Teknologi Industridan mempertimbangkan hal-hal lain yang diperlukan untuk dapat meningkatkan kualitas tamatan/lulusan. Perencanaan realisasi hasil proses pendidikan harus taat asas dengan persyaratan proses-proses lain dari sistem manajemen mutu. Dalam merencanakan realisasi hasil proses pandidikan, sekolahmenetapkan : a. b. c. d. Sasaran mutu di SMK Teknologi Industridan persyaratan bagi lulusan. Kebutuhan untuk menetapkan proses, dokumen dan sumber daya yang khas bagi hasil proses pendidikan. Kegiatan verifikasi, validasi, pemantauan, inspeksi (evaluasi belajar, analisis kurikulum). Rekaman yang diperlukan sebagai bukti proses realisasi dari proses pendidikan yang dihasilkan memenuhi persyaratan. 7.2. Proses Pendidikan Berkaitan dengan Pelanggan 7.2.1. Penetapan Persyaratan yang Berkaitan dengan Hasil Proses Pendidikan. a. Sekolah menetapkan persyaratan bagi calon siswa yang dapat diterima sebagai visi, siswa misi, SMK dan Teknologi kebijakan Industridengan SMK Teknologi memperhatikan

Industriserta kebijakan Pemerintah yang mencakup persyaratan undang-undang dan peraturan-peraturan yang berlaku. b. Sekolah menetapkan persyaratan pelanggan berdasarkan harapan pelanggan yang disesuaikan dengan visi, misi dan kebijakan SMK Negeri 1 Cimahi, Kurikulum dan kebijakan Pemerintah yang mencakup persyaratan undang-undang dan peraturan-peraturan yang berlaku. c. Sekolah menetapkan persyaratan tambahan untuk meningkatkan kualitas tamatan.

Bila persyaratan hasil proses pendidikan diubah. maka persyaratan pelanggan ditetapkan oleh sekolah. c. . Bila pelanggan tidak memberikan pernyataan tertulis tentang persyaratan. agar perkembangan harapan dan tingkat kepuasan dapat dipantau secara terus menerus. Tinjauan Persyaratan Berkaitan dengan Hasil Proses Pendidikan. Pengelolaan proses pendidikan dan perubahan-perubahan yang terjadi. proses pendidikan. Persyaratan pelanggan dikaitkan dengan perubahan kebijakan sekolah dan harapan pelanggan. Setiap tahun sekolah akan meninjau dan menetapkan .2.2. d. b. Persyaratan bagi calon siswa baru yang dapat diterima sebagai siswa SMK Teknologi Industridikaitkan dengan perubahan kebijakan sekolah dan kebijakan pemerintah. Hal-hal detail yang berkaitan dengan pelanggan akan diatur dalam SOP tentang Komunikasi dengan pelanggan. sekolah mengubah dokumen relevan dan personil yang relevan menyetujuinya.3. Persyaratan/kriteria kenaikan kelas dan kelulusan dengan memperhatikan perubahan kebijakan dari pemerintah. Komunikasi tersebut berkaitan dengan : a. b. c. d.BAB 7. 7. Umpan balik dan keluhan dari pelanggan. hasil proses pendidikan dan tamatan / lulusan. a. Komunikasi dengan Pelanggan. Sekolah menetapkan dan membuat pengaturan yang efektif untuk komunikasi dengan Pelanggan.2. Informasi tentang calon siswa baru. Sekolah memelihara rekaman hasil tinjauan dan tindakan yang telah dilakukan. REALISASI HASIL PROSES PENDIDIKAN 7.

2. lain yang diperlukan dalam rancangan dan pengembangan Masukan ini harus ditinjau keterkaitannya. 7. tinjauan verifikasi dan pembenaran yang sesuai bagi tiap tahap perancangan dan pengembangan. c. b. dan disetujui sebelum dikeluarkan. c.3. yang terkait dengan perancangan dan pengembangan untuk mendapatkan kejelasan penugasan tanggung . Hasil Rancangan dan Pengembangan Hasil rancangan dan pengembangan disajikan dalam bentuk yang memungkinkan untuk verifikasi terhadap masukan rancangan dan pengembangan. tanggung jawab dan wewenang untuk perancangan dan pengembangan. persyaratan pendapat. persyaratan undang-undang dan persyaratan yang berlaku. 7. hal ini mencakup : a. Sekolah menetapkan : a. Perancangan dan Pengembangan 7.3. d.3.3.3. dan tidak memiliki dua makna yang saling bertentangan. persyaratan fungsi dan hasil kerja. REALISASI HASIL PROSES PENDIDIKAN 7. Masukan Rancangan dan Pengembangan Masukan berkaitan dengan persyaratan hasil proses pendidikan dan harapan pelanggan ditetapkan dan rekamannya dipelihara sekolah.1 Perencanaan Rancangan dan Pengembangan Proses Pendidikan Sekolah merencanakan dan mengendalikan rancangan pengembangan hasil proses pendidikan. b. informasi yang diturunkan dari rancangan sebelumnya. Sekolah mengadakan pertemuan antara kelompok-kelompok yang berbeda jawab. persyaratan harus lengkap.BAB 7. tahapan dan rancangan pengembangannya.

6. dan bila diketahui terdapat proses-proses yang menyimpang dari persyaratan harus dilakukan validasi.4. memberi informasi yang sesuai untuk pembelian dan prosesproses yang terkait c.BAB 7. dan memastikan hasil rancangan dan pengembangan dapat memenuhi persyaratan yang ditetapkan Rekaman hasil verifikasi dan tindakan-tindakan perlu dipelihara.3. REALISASI HASIL PROSES PENDIDIKAN Hasil rancangan dan pengembangan meliputi : a. dilakukan tinjauan sistematis atas rancangan dan pengembangan dengan pengaturan. Validasi Rancangan dan Pengembangan Validasi rancangan dan pengembangan dilakukan sesuai dengan pengaturan yang telah direncanakan dan memastikan hasil proses pendidikan memenuhi persyaratan yang ditentukan. Rancangan tinjauan mencakup wakil-wakil fungsi yang berkaitan dengan tahap perancangan dan pengembangan yang ditinjau. menentukan karakteristik hasil proses pendidikan yang terjadi.5. 7. 7. 7. yang direncanakan untuk : a. b. memenuhi persyaratan masukan bagi rancangan dan pengembangan. b. menunjukkan berbagai masalah dan menyarankan tindakan yang diperlukan.3. Tinjauan Rancangan dan Pengembangan Pada tahap yang sesuai. Rekaman hasil validasi dan tindakan-tindakanpun harus dipelihara.3. dapat memenuhi . berisi atau mengacu pada kriteria kesesuaian hasil proses pendidikan d. Verifikasi Rancangan dan Pengembangan Verifikasi rancangan dan pengembangan dilakukan sesuai dengan pengaturan yang telah direncanakan. menilai hasil rancangan dan pengembangan persyaratan.

sekolah menyusun daftar pembelian barang yang memuat nama/jenis barang. 7. Prosedur pembelian yang memenuhi persyaratan ditentukan oleh sekolah. 7. kualifikasi dan jumlah barang yang akan dibeli. Verifikasi Produk yang dibeli Setiap produk yang dibeli melalui verifikasi untuk memastikan kesesuaiannya dengan dokumen pembelian. sekolah menetapkan dan menerapkan kegiatan inspeksi ( peninjauan ) untuk memastikan produk yang dibeli telah memenuhi ketentuan persyaratan pembelian. diverifikasi dan divalidasi dan jika sesuai disetujui sebelum diterapkan. Sebelum mengkomunikasikan kepada pemasok.3. Proses Pembelian Sekolah menetapkan : a.2.BAB 7. Pembelian 7.4. Pengendalian Perubahan Rancangan dan Pengembangan Perubahan rancangan dan pengembangan harus ditunjukkan dan rekamannya dipelihara.1. Perubahan harus ditinjau.4.3. b. Tinjauan perubahan rancangan dan pengembangan mencakup juga penilaian pengaruh perubahan pada hasil proses pendidikan. Rekaman hasil tinjauan perubahan dan tindakan perlu dipelihara. c. Hal-hal yang berhubungan dengan prosedur pembelian diatur dalam SOP pembelian. REALISASI HASIL PROSES PENDIDIKAN 7.4. b. Sekolah menunjuk personil yang dapat melaksanakan pembelian. Sekolah menilai dan memilih pemasok yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan berdasarkan penilaian terhadap pemasok tersebut. .7. 7. Informasi Pembelian a.4.

Hal-hal yang lebih rinci mengenai masalah ini. Sekolah menetapkan bentuk dan cara untuk mengidentifikasi dan memantau siswa dan proses pendidikan. REALISASI HASIL PROSES PENDIDIKAN 7. 7.  Tersedianya sarana pemantauan dan pengukuran pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Proses Pendidikan dan Kegiatan Belajar Mengajar 7. Sekolah merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar dalam keadaan terkendali mencakup :  Tersedianya informasi untuk mengetahui program kegiatan belajar mengajar yang dijalankan. Sekolah mengendalikan dan merekam identifikasi siswa. b.  Penerapan Industri.5.2. sehingga pasal 7.2 tentang validasi tidak diberlakukan. d.  Penerapan evaluasi belajar mengajar yang mencakup Ujian Sekolah.  Penggunaan peralatan pendidikan yang sesuai dengan tuntutan kurikulum.5.5. a. pedoman kerja dan pedoman siswa.5. Hal-hal yang lebih rinci mengenai pengendalian kegiatan belajar mengajar diatur dalam SOP Pengendalian Kegiatan Belajar Mengajar.5.  Tersedianya instruksi kerja. b. Ujian Nasional dan Uji Kompetensi. 7. penyerahan dan pasca penyerahan siswa dan atau lulusan ke Dunia Usaha/Dunia .3.BAB 7. Pengendalian Kegiatan Belajar Mengajar.1. Validasi Proses Pendidikan Semua proses pendidikan dan pelatihan di SMK Teknologi Industridapat dipantau setiap tahapannya. diatur dalam SOP Identifikasi dan Mampu Telusur kegiatan pelepasan. Sekolah mengidentifikasikan status siswa dikaitkan dengan persyaratan pemantauan dan pengukuran. Identifikasi dan Kemampuan Memantau a. c.

rusak atau ditemukan tak layak pakai. bahan ajar. Kepemilikan Pelanggan a. . Jika kepemilikan pelanggan hilang.5. dan Dunia Usaha/Industri) yang saat ini dalam pengendalian sekolah. dan menjaga maupun kepemilikan pelanggan dokumen barang/peralatan penting lainnya ) yang dipergunakan untuk penyelenggaraan pendidikan. alat peraga.5. alat latih/trainer dan dokumen lainnya). Sekolah menandai. sehingga persyaratan ini tidak dilakukan.BAB 7.5. harus dilaporkan kepada sekolah dan pelanggan yang bersangkutan serta rekamannya dipelihara. Proses pedidikan dan pelathan pada semua tahapan kegiatan akan diidentifikasi.6. ( berupa melindungi surat. Sekolah berhati-hati dengan kepemilikan pelanggan (siswa. 7. Alat Pengukuran dan Pemantauan SMK Teknologi Industrihanya melakukan verifikasi dengan menggunakan peralatan non fisik sehingga tidak dilakukan verifikasi dengan menggunakan alat ukur fisik. Hal-hal yang lebih rinci mengenai masalah ini diaur dlam SOP. c. a. diperiksa secara berkala dan dinilai setiap selang waktu tertentu. Penanganan semua hasil kegiatan pada semua tahapan diklat akan dilakukan sehingga tidak terjadi kerusakan atau pengurangan mutunya (modul. 7. orang Tua/wali siswa. memverifikasi. c. b. d. Hal-hal yang lebih rinci mengenai masalah ini diatur dalam SOP kepemilikan pelanggan.4. b. REALISASI HASIL PROSES PENDIDIKAN 7. Pemeliharaan Proses Pendidikan dan Pelatihan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->