BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Fungsi vitamin secara umum berhubungan sangat erat dengan fungsi enzim.

Vitamin merupakan bahan makanan organik yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuh. Penelitian telah membuktikan bahwa beberapa vitamin merupakan bahan esensial pada sistem oksidasi karbohidrat, protein, dan lemak. Vitamin diperkirakan berperan sebagai katalisator dalam reaksi biokimia tubuh. Vitamin ini terbagi dua golongan vitamin larut lemak (vitamin A, D, E dan K) dan vitamin larut air (vitamin B komplek). Seperti diketahui, vitamin K diberikan guna mencegah terjadinya Perdarahan Akibat Defisiensi Vitamin K (Kosim, 2003, hlm 19) Kekurangan vitamin K bisa mengakibatkan komplikasi perdarahan dalam otak sang bayi. Gejala yang sering ditemukan pada bayi-bayi yang menderita kekurangan vitamin K, adalah perdarahan dalam otak sakit kepala, muntah, ubun-ubun menonjol, pucat hingga kejang, dan pembesaran liver ringan, Perdarahan bisa terjadi spontan akibat trauma proses kelahiran, (Utami, 2006, hlm 20). Di Amerika Serikat, frekuensi Perdarahan Defisiensi Vitamin K (PDVK) dilaporkan antara 0,25 sampai 1,7 %, di Inggris 10 kasus dari 27 penderita atau sebesar 37 %, dan di beberapa Negara Asia angka kesakitan bayi karena Perdarahan Akibat Defisiensi Vitamin K berkisar 1:1.200 sampai 1:1.400 kelahiran hidup. Sedangkan di Thailand dilaporkan sebanyak 82 % atau 524 kasus dari 641 penderita PDVK, dan di Jepang 1 Universitas Sumatera Utara

Angka kejadian Perdarahan Defisiensi Vitamin K (PDVK) ditemukan lebih tinggi pada daerah-daerah yang tidak memberikan profilaksis vitamin K secara rutin pada bayi baru lahir. http://yanmedik-depkes. Angka kematian penderita akibat perdarahan dalam otak. Sedangkan angka kecacatan sekitar 30 sampai 50 %. dan penyediyaan pelayanan maternal dan neonatal yang berkualitas. 2000). (2009). umumnya terjadi pada bayi dalam rentang usia 2 minggu sampai 6 bulan.menemukan kasus ini pada 1:4. setiap persalinan di tolong oleh bidan terlatih atau tenaga kesehatan terlatih. sekitar 10 sampai 50 %. Sehingga komplikasi neonatal mendapat pelayanan yang adekuat oleh sebab itu.000 bayi yang tidak mendapat vitamin K profilaksis saat lahir. di India angka kejadian PDVK dilaporkan sebanyak 1 kasus tiap 14. 2007. Universitas Sumatera Utara . Data dari Bagian Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (tahun 1990 sampai 2000) terdapat 21 kasus (81%) diantaranya mengalami komplikasi perdarahan intrakranial (catatan edik RSCM. Salah satu faktor penting dalam upaya penurunan angka kematian bayi adalah penyediaan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan pencegahan timbulnya permasalahan dengan mengatasinya lebih dini. bidan harus terampil dangan didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai (Ikatan Bidan Indonesia. Kejadian pada dua negara ini menurun setelah diperkenalkannya pemberian vitamin K profilaksis pada semua bayi baru lahir untuk mencegah perdarahan dalam otak. (Midwifery. hlm 12). diperoleh 1 Januari 2010) Bidan merupakan salah satu tenaga kesehatan yang memiliki posisi penting dan strategi terutama dalam menurunkan angka kematian bayi. ¶ 2.500 bayi 81 % di antaranya ditemukan komplikasi perdarahan dalam otak.com.

Tujuan Umum Mengidentifikasi Bagaimana Pelaksanaan Pemberian Vitamin K oleh Bidan pada Bayi Baru Lahir di Puskesmas Kecamatan Medan Marelan Tahun 2010. b. Mengidentifikasi Karakteristik Reponden. C. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti ”Pelaksanaan Pemberian Vitamin K oleh Bidan pada Bayi Baru Lahir di Puskesmas Kecamatan Medan Marelan Tahun 2010”. B. Universitas Sumatera Utara . Tujuan Khusus a. menunjukkan pentingnya diberikan injeksi vitamin K pada bayi baru lahir untuk mencegah perdarahan otak akibat defisiensi vitamin K.Berdasarkan latar belakang diatas. Mengidentifikasi Pelaksanaan Pemberian Vitamin K oleh Bidan pada Bayi Baru Lahir. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang uraian sebelumnya dapat di rumuskan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Prilaku Bidan dalam Pemberian Vitamin K pada Bayi Baru Lahir di Puskesmas Kecamatan Medan Marelan tahun 2010” ? . Tujuan Penelitian 1. 2.

000 kelahiran hidup (tahun 1997) yang diproyeksikan akan menjadi 18 per 1.id/bitstream/123456789/19361/5/Chapter%20I. Bagi Pendidikan Sebagai bahan masukan/ referensi kepustakan institusi pendidikan. Bagi Bidan Untuk meningkatkan pengetahuan dan informasi bagi pelayanan kesehatan tentang pelaksanaan pemberian Vitamin K dan sebagai masukan bagi bidan agar memberian Vitamin K segera pada setiap bayi baru lahir. 2.000 kelahiran hidup (tahun 2025). mempunyai angka kematian bayi (AKB) 41. antara lain rendahnya kandungan vitamin K pada air susu ibu (ASI) serta belum sempurnanya fungsi hati pada bayi baru lahir terutama bayi kurang bulan. Universitas Sumatera Utara Ref.2 profilaksis vitamin K pada bayi baru lahir.4 per 1. Manfaat Penelitian 1. serta dapat menjadi sumber informasi untuk melakukan penelitian lebih lanjut yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan penulis. 3.pdf Panduan Profilaksis Injeksi Vit K1 pada Bayi Baru Lahir Indonesia sebagai negara sedang berkembang. 17 (81%) di antaranya mengalami komplikasi perdarahan intrakranial (catatan medik IKA RSCM 2000). Data PDVK secara nasional di Indonesia belum tersedia. http://repository. sehingga perlu upaya yang keras dalam mencapai sasaran tersebut.400 kelahiran hidup (Thailand). dengan akibat angka kecacatan 30-50%.ac. Sedangkan data dari Bagian Ilmu Kesehatan Anak FKUI RSCM (tahun 1990-2000) menunjukkan terdapatnya 21 kasus. Terdapat berbagai penyebab terjadinya PDVK pada bayi. Di beberapa negara Asia angka kesakitan bayi karena perdarahan akibat defisiensi vitamin K (PDVK) berkisar 1:1. Oleh karena itu dibutuhkan suatu kebijakan nasional penambahan vitamin K pada bayi guna menunjang program pemberian ASI eksklusif di Indonesia dalam rangka menurunkan angka kesakitan dan kematian bayi baru lahir. Salah satu upaya menurunkan AKB adalah dengan mencegah terjadinya perdarahan otak pada bayi baru lahir sebagai akibat kekurangan vitamin K. Bagi Peneliti Meningkatkan wawasan dan pengetahuan serta mendapat pengalaman yang nyata dalam melakukan peneltian serta penerapan ilmu pelayanan kesehatan dan asuhan kebidanan yang di dapat penulis selama pendidikan.200 sampai 1:1.D.usu. Permasalahan akibat PDVK adalah terjadinya perdarahan otak dengan angka kematian 10-50% yang umumnya terjadi pada bayi dalam rentang umur 2 minggu–6 bulan. http://alifebooks. Angka tersebut dapat turun menjadi 10:100.wordpress. Ref.000 kelahiran hidup dengan pemberian 1.com/2009/02/01/panduan-profilaksis-injeksi-vit-k1-pada-bayibaru-lahir/ .

VII. hidung. Soetomo Surabaya. IDG Ugrasena. data mengenai VKDB secara nasional belum tersedia. Sardjito Yogyakarta dan 8 kasus di RSU Dr. bekas sirkumsisi dan lain sebagainya . Di Indonesia. Ada 3 Kelompok :  VKDB dini  VKDB klasik  VKDB lambat atau acquired prothrombin complex deficiency (APCD)  Secondary prothrombin complex (PC) deficiency EPIDEMIOLOGI Angka kejadian VKDB berkisar antara 1:200 sampai 1:400 kelahiran bayi yang tidak mendapat vitamin K profilaksis. Hingga tahun 2004 didapatkan 21 kasus di RSCM Jakarta. PATOFISIOLOGI Vitamin K diperlukan untuk sintesis prokoagulan faktor II. 6 kasus di RS Dr. Mia Ratwita A BATASAN Kecenderungan terjadinya perdarahan akibat gangguan proses koagulasi yang disebabkan oleh kekurangan vitamin K atau dikenal dengan Vitamin K Deficiency Bleeding (VKDB).Perdarahan Akibat Defisiensi Vitamin K Bambang Permono. IX dan X (kompleks protrombin) serta protein C dan S yang berperan sebagai antikoagulan (menghambat proses pembekuan). DIAGNOSIS Anamnesis • onset perdarahan • lokasi perdarahan • pola pemberian makanan • riwayat pemberian obat-obatan pada ibu selama kehamilan Pemeriksaan fisik • Adanya perdarahan di saluran cerna. Selain itu Vitamin K diperlukan untuk konversi faktor pembekuan tidak aktif menjadi aktif. umbilikus.

hidung.Pemeriksaan penunjang      Waktu pembekuan memanjang PPT (Plasma Prothrombin Time) memanjang Partial Thromboplastin Time (PTT) memanjang Thrombin Time normal USG. intratorakal -penghentian / penggantian obat penyebab -Vit K profilaksis (oral / im) . umbilikus.asupan vit K yang adekuat 2 minggu-6 bulan (terutama 2-8 minggu) Intake Vit K inadekuat Kadar vit K rendah pada ASI Tidak dapat profilaksis vit K Secondary PC deficiency Segala usia . bekas intrakranial.asupan vit K yang adekuat Pencegahan DIAGNOSIS BANDING VKDB dibedakan dengan gangguan hemostasis lain misalnya gangguan fungsi hati. intrakranial intraabdominal. GIT. UGT.000 kelahiran (terutama di Asia Tenggara) Intrakranial (30-60%). tempat suntikan. umbilikus. kulit. hidung. GIT.obstruksi bilier -penyakit hati -malabsorbsi -intake kurang (nutrisi parenteral) Lokasi perdarahan Sefalhematom. . tempat suntikan. CT Scan atau MRI untuk melihat lokasi perdarahan Tabel : Perdarahan akibat defisiensi vitamin K pada anak VKDB dini VKDB klasik VKDB lambat (APCD) Umur Penyebab & Faktor resiko < 24 jam Obat yang diminum selama kehamilan 1-7 hari (terbanyak 3-5 hari) Pemberian makanan terlambat Intake Vit K inadekuat Kadar vit K rendah pada ASI Tidak dapat profilaksis vit K Frekuensi < 5% pada kelompok resiko tinggi 0. intratorakal Vit K profilaksis (im) .01-1% (tergantung pola makan bayi) 4-10 per 100. umbilikus. sirkumsisi. GIT.

umur 3-7 hari dan umur 1-2 tahun • Ibu hamil yang mendapat pengobatan antikonvulsan mendapat profilaksis vitamin K1 5 mg/hari selama trimester ketiga atau 10 mg im pada 24 jam sebelum melahirkan.PENATALAKSANAAN Pencegahan VKDB Dapat dilakukan dengan pemberian vitamin K Profilaksis • Vitamin K1 pada bayi baru lahir 1 mg im (dosis tunggal) atau per oral 3 kali @ 2 mg pada waktu bayi baru lahir. Selanjutnya bayinya diberi vitamin K1 1 mg im dan diulang 24 jam kemudian Pengobatan VKDB • Vitamin K1 dosis 1-2 mg/hari selama 1-3 hari • Fresh frozen plasma (FFP) dosis 10-15 ml/kg .

. pendarahan yang terlihat di kulit.Ref. Pandji mengatakan. berarti ada gangguan karena kekurangan vitamin K. Kedua. orang tua biasanya sangat cemas. hingga muntah darah.” tegas dia. Ia menambahkan.A. .htm Cegah HDN. Untuk itu. bayi baru lahir atau neonatus juga rawan pendarahan. Jika dijumpai gejala tersebut. Pendarahan yang biasanya terjadi adalah pendarahan tali pusat. setiap bayi yang baru lahir harus diberikan suntikan vitamin K1 untuk mencegah HDN. buang air besar (BAB) berdarah. HDN lanjut. ’’Ini wajib. Menurut dr. Tetapi bagaimana terhadap bayi yang baru lahir? Ternyata. HDN bisa diklasifikasi menjadi tiga. Gejala itu timbul karena kekurangan vitamin K. HDN dini. Itu disebabkan gangguan penyerapan vitamin K.” tandasnya. Hal tersebut terjadi karena gangguan fungsi hati pada bayi atau kerusakan sel hati. 28 APRIL 2011 | 13:47 WIB 318 KALI DIBACA IBU yang mengalami pendarahan usai melahirkan sudah sering kita dengar. khususnya vitamin K1. Dan yang ketiga. Sp. pendarahan spontan kadang terjadi di pipi. khususnya karena hati bayi yang belum matang untuk membentuk vitamin K. HDN klasik yang terjadi pada usia 1-7 hari.” jelasnya belum lama ini. baik yang dilahirkan di rumah sakit maupun dengan tenaga kesehatan lainnya.com/isi03. dr. Pada susu formula sendiri memang ada ditambahkan vitamin K1. ’’Kalau kasus ini sering saya temui.pediatrik. Mengenai bentuk pendarahan yang sering terjadi. pantat. atau daerah punggung bayi. Pandji. dalam bentuk bintik kemerahan atau kehitaman (ekimosis). ’’Dalam istilah medis disebut hemorhagic disease of the newborn (HDN). Ini disebabkan obat-obatan tertentu yang diminum ibu sehingga mengganggu oksidasi vitamin K pada bayi. umumnya HDN disebabkan kekurangan vitamin K. Dilanjutkan. Kondisi itu bahkan dapat menyebabkan anak kekurangan darah. bayi yang baru lahir memang rawan terjadi pendarahan. Bayi Baru Lahir Wajib Dapat Vitamin K KAMIS. yakni vitamin K. Pertama. http://www.php? Email Berita Print Berita PDF Berita page=html&hkategori=pdt&direktori=pdt&filepdf=0&pdf=&html=07110-kiao236. ASI dengan segala kelebihannya ternyata memiliki satu kekurangan.

dan susu. Kebanyakan sumber vitamin K didalam tubuh adalah hasil sintesis oleh bakteri di dalam sistem pencernaan. Vitamin K dalam konsentrasi tinggi juga ditemukan pada susu kedelai.co. Keadaan tersebut terjadi bila bercampur dengan lendir dan biasanya disebabkan faktor hormonal ibunya. Vitamin yang larut dalam lemak ini juga berperan penting dalam pembentukan tulang dan pemeliharaan ginjal.” sebutnya. kekurangan dapat terjadi karena minimnya konsumsi sayuran atau mengonsumsi antobiotik terlalu lama.Pendarahan juga sering terjadi pada daerah genital bayi. Seluruh vitamin K dalam tubuh Anda diproses dalam liver di mana nantinya digunakan untuk memproduksi zat yang membuat darah bisa membeku. (jpnn/c1/fik) Ref. teh hijau. sistem pencernaan kita mengandung bakteri yang mampu mensintesis vitamin K yang sebagian diserap dan disimpan didalam hati. Hanya. Dan yang ketiga adalah K3 atau menadione yang merupakan vitamin buatan bagi mereka yang tak mampu menyerap dari makanan. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin K terbilang cukup mudah karena selain jumlahnya terbilang kecil. bisa membantu menstimulasi produksi vitamin ini. sayur-sayuran berwarna hijau yang berdaun banyak. kebutuhan vitamin K seseorang tergantung dari berat badannya. kekurangan vitamin K jarang terjadi karena hampir semua orag memperolehnya dari bakteri dalam usus dan dari makanan. Vitamin K1 diperlukan supaya penyerapan kalsium bagi tulang menjadi maksimal dan memastikan tidak salah sasaran. Menurut standar RDA (recommended dietary allowance). seperti yoghurt yang mengandung bakteri sehat aktif. Antibiotik dapat membunuh bakteri menguntungkan dalam usus yang memproduksi vitamin K. vitamin K ini merupakan kebutuhan vital untuk sintesis beberapa protein termasuk dalam pembekuan darah. Pertama adalah vitamin K1 atau phylloquinone. Ini terjadi hanya pada orang yang menerima pengganti vitamin K larut air. yang dihasilkan bakteri menguntungkan dalam sistem pencernaan. ’’Seperti halnya proses bulanan pada wanita. vitamin ini juga penting untuk pembentukan tulang terutama jenis K1. penyakit kuning dan kerusakan otak. Hal ini dapat meyebabkan pendarahan atau hemoragik. Namun begitu tubuh pun perlu mendapat tambahan vitamin K dari makanan. Disebut juga vitamin koagulasi. Bagaimanapun. susu sapi. Kedua adalah K2 atau disebut juga dengan menaquinone. Jadi. Jenis-jenis makanan probiotik. darah tidak dapat membeku. Vitamin ini bertugas menjaga konsistensi aliran darah dan membekukannya saat diperlukan. biasanya bukan karena suatu penyakit.radarlampung. serta daging sapi dan hati. sayuran sejenis kubis (kol). Pada dewasa. seseorang dengan berat badan 50 kg maka kebutuhan per harinya mencapai 50 mikrogram. Vitamin K terdapat dalam tiga bentuk berbeda. Selain berperan dalam pembekuan. Gejala-gejalanya adalah hemolisis (penghancuran sel darah merah). setidaknya membutuhkan 1 mikrogram setiap hari per kg berat badan.id/read/bandarlampung/metropolis/32095-cegah-hdn-bayibaru-lahir-wajib-dapat-vitamin-k Waspadai Pendarahan Pada Bayi Baru . namun Anda dapat memperoleh vitamin K dari makanan seperti hati. http://www. Terkadang kekurangan vitamin K disebabkan oleh penyakit liver atau masalah pencernaan. yaitu jenis yang ditemukan dan dihasilkan tumbuhan. Jika vitamin K tidak terdapat dalam tubuh. Untuk dewasa. Anda juga bisa mengalami keracunan vitamin K. Diketahui.

tali pusat bayi yang terus berdarah. Ia menjelaskan. Untuk itu. pengalaman mengatakan bahwa pergantian musim itu selalu diikuti dengan wabah penyakit tertentu. Alhamdulillah dua-duanya sudah sembuh. bisa diklasifika menjadi tiga. jika terus-menerus juga bisa menyebabkan anak kurang da pungkasnya. orangnya tua biasanya sangat cemas.id/jio/index. . baik yang dilahirkan di rumah sakit maupun dengan tenaga kesehat lainnya. Musim Penyakit) 28-04-2008 | by hendra | Categories: Kehidupan. Jika dijumpai gejala tersebut. ternyata memiliki satu kekurangan yakni vitamin K. Kedua. pendarahan spontan kadang terjadi di pipi. dr Pandji mengatakan. yang lainnya sehat. Keadaan tersebut terjadi apabila bercampur dengan lendir. sehingga dalam lambat dalam proses penyembuhan ini. Gejala ini timbul karena kekurangan vitamin K.co. Pendarahan juga sering terjadi pada daerah genital (seksual) bayi. Padahal sang bayi yang ba lahir pun juga perlu diwaspadai terjadi gejala ini. My lovely mother dirawat hampir seminggu di Rumah Sakit garagara diare.” tegasnya. Mengenai bentuk pendarahan yang sering terjadi. faktanya belakangan ini satu rumah kena penyakit bergilir. Anak kekurangan darah. Hanya saja. pantat atau daerah punggung bay dalam bentuk bintik kemerahan atau kehitaman (ekimosis). anggapan risiko pendarahan hanya terjadi pada ibu yang baru melahirkan saja. Makanya. Awalnya si A kena flu. Pada susu formula sendiri. Meski demikian. kondisi ini harus diwaspadai.php? option=com_content&view=article&id=8295:waspadai-pendarahan-pada-bayi-barulahir&catid=11:kesehatan&Itemid=14 Tips Menjaga Kesehatan (Hati-Hati. ASI dengan segala kelebihannya. Kesehatan DITULIS OLEH SITI MASNIDAR. Selain itu juga diare. Untuk pendarahan tali pusat.” jelasnya. pemberian vitamin K pada bayi baru lahir belum sepenuhnya dilakukan petugas yang membantu kelahiran bayi. 09 APRIL 2010 10:13 Selama ini. Ia menambahkan. Karena selama ini. “Kalau ini sering saya temui. disamping karena HDN bisa disebabkan karena pengikatan tali pusat yang kurang benar. Dan seterusnya hingga hampir seisi rumah kena flu. “Dalam istilah medis ini disebut dengan hemorrhagic disease of the newborn (HDN). Lalu setelah A sembuh giliran si B kena flu. bayi neonatus (bayi baru lahir) ini wajib mendapatkan vitam Pendarahan pada bayi neonatus biasanya dalam bentuk gejala pendarahan tali pusat. khususnya karena hati bayi yang belum matang untuk membentuk vitamin K. hingga muntah darah. Untuk itu. khususnya vitamin K1. Pertama. Ketiga. biasanya disebabkan karena faktor hormonal ibunya. disebut HDN dini. pada umumnya HDN disebabkan karena kekurangan vitamin K.Lahir DIBACA: 3414 KALI. disebut HDN lanjut. HDN sendiri. KOTA JAMBI JUMAT.” tandasnya. Makanya. penanganan terhadap gejala ini harus dilakukan secara baik. Kesehatan Saat ini sudah memasuki akhir bulan April. “Ini sering ditemui. bisa terjadi pendarahan lebih lanjut. http://www. Hal ini terjadi karena adanya gangguan fungsi hati pada bayi ata kerusakan sel hati. setiap bayi y baru lahir harus diberikan suntikan vitamin K1 untuk mencegah HDN. Paling tidak.” ujar Pandji. minimal flu.” jel Pendarahan tali pusat bisa juga terjadi karena perawatan pasca lepasnya tali pusat yang kurang sempurna.” sebutnya. Inilah saatnya pergantian musim dari musim dingin ke musim panas di Indonesia. pendarahan yang terlihat di kuli buang air besar (BAB) berdarah. memang ada ditambahkan vitamin K1. Jika di rumah sak biasanya sudah menjadi prosedur tetap setiap bayi baru lahir akan mendapatkan suntikan vitamin K. HDN klasik yang terjadi pada usia 1-7 hari. biasanya bukan karena suatu penyakit. Ini disebabkan obat-obatan tertentu yang diminum ibu sehingga mengganggu oksidasi vitamin K pada bayi. Entah ada hubungannya atau tidak. berarti ada gangguan karena kekurangan vitamin K. kata dr Pandji. saat ditemui Jambi Independent di Rumah Sakit Theresia. “Seperti halnya proses bulanan pada wanita. Mertua juga kena di daere.jambi-independent.(*) Ref. “Ini wajib. “Karena jika tidak ditangani segera. Ini disebabkan karena gangguan penyerapan vitamin K. “Misalnya terlalu longgar.

Sering-sering dalam kondisi berwudhu.Nah ini sedikit tips . dipel. ganti seprei kasur. . secara berkala. debu yang menempel. Untuk mengimbanginya adalah rajin-rajin bersyukur jika dapat nikmat dan bersabar jika dapat masalah. dan qiyamullail). sesuai proporsinya saja. Jaga disiplin waktu untuk bekerja dan istirahat. Jauhkan kotak dari jangkauan anak-anak. DAN SOSIAL 1.berdasarkan pengalaman dan dari beberapa sumber .untuk menjaga kesehatan tetap prima secara komprehensif dan terbebas dari penyakit. Kalau bisa pisahkan antara obat luar dan obat dalam. bagi yang sudah menikah. rapikan jenggot. 5. hati-hati debu. bersihkan gorden. Selalu cuci sayuran dan bahan masakan lainnya (yang musti dicuci) sebelum di masak dengan air bersih yang mengalir. keberadaan pohon/tanaman yang menyejukkan juga diperlukan. Yang pasti. 14. kalau bisa jangan gunakan air PAM untuk minuman (walaupun sudah dimasak). jangan sampai ada genangan air yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Lap dengan lap yang bersih. Sering-sering minum air putih. Hindari udara berdebu. Hidup ini memang ujian. khususnya untuk pekerja kantoran yang banyak duduk di kursi dan bekerja di depan komputer. serahkan semuanya pada Allah. Sapu. Buang sampah pada tempatnya. 3. dijamin senantiasa segar lahir batin. Ketika hujan ringan (gerimis) upayakan jangan mencoba melewatinya jika tidak terpaksa. cabut bulu ketiak. AKAL. Semua ada proporsinya. Jangan sering-sering begadang. Gunakan masker anti debu jika mengendarai motor. atau diangin-anginkan jika tidak ada lap. Tips teman saya yang mungkin patut dicoba adalah. 13. 2. 6. 9. berpotensi penuh bakteri. Perhatikan kebersihan piring dan gelas sebelum digunakan. ASPEK LINGKUNGAN 1. gosok-gosok. Jangan terlalu tenggelam dengan permasalahan hidup. Jika memungkinkan. pendekkan kumis. 4. lakukan General Check-Up ke dokter secara berkala. kalau bisa juga sebelum dan sesudah sholat sunnah (misalnya shalat dhuha. 7. bekerja jangan terlalu berlebihan. kotoran di jari. Istirahat juga jangan kebanyakan tidur. Jaga kebersihan sekitar rumah / tempat tinggal. Bersih-bersih (wudhu/mandi) sebelum dan sesudah melakukan hubungan suami-istri. Jangan merokok dan dekat-dekat dengan perokok. rapikan/sisir dan bersihkan rambut. 11. dsb. Kalau perlu gunakan masker anti debu dan sarung tangan. ketika makan juga diiringi dengan minum air putih. Makan makanan yang bergizi seimbang dengan teratur. Yang sering menggunakan keyboard komputer nih harus semakin banyak cuci tangan juga. Tegur orang disamping atau yang seruangan dengan Anda jika mereka merokok. Secara berkala potong kuku. cukur bulu kemaluan. Secara berkala bersihkan ruang/kamar pribadi. Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah makan. dan sesudah buang air besar maupun kecil. dan jangan cabut uban. Cuci tangan pakai sabun cuci tangan dan air yang bersih. 8. khususnya untuk saya pribadi: ASPEK JASAD/FISIK 1. ASPEK SPIRITUAL. Perhatikan kuku-kuku. rajin-rajin minum air putih sebelum dan sesudah sholat fardhu. karena ketika gerimis debu juga berterbangan. Ini pengalaman pribadi. insya Allah. Lebih baik gunakan "air galon" yang original (bukan yang isi ulang) untuk minuman. 2. 12. basuh dengan air yang bersih dan mengalir. secukupnya. Saat bersih-bersih. moga bermanfaat. 10. Sediakan selalu kotak obat / P3K.

ac.pdf .id/index. dll).com/files/cdk/files/cdk_018_darah. misalnya tilawah.usu. selebihnya bisa macam-macam. Jaga hubungan silaturahim dengan baik.or. mulai dari yang terdekat sampai yang jauh (suami/istri. dll. zakat. http://repository.id/bitstream/123456789/6944/1/tesis-sofiah %20saimin.pdf PERSEPSI masyarakat ref. saudara jauh.php/perjalanan/2008/tips-menjaga-kesehatan-hati-hati-musim-p BUKU PDF darah ref. shalat. sadaqah. upayakan untuk menjenguknya. Ref. Memberinya motivasi dan mengingatkan kita akan nikmat sehat. 4. infaq. http://www. orang tua. Wujud bersyukur paling sederhana adalah ucapan hamdalah. saudara kandung.2.hdn. kerja dengan baik. 3. tetangga. teman kerja/kuliah. membantu teman. Jika ada kolega yang sakit. http://www.kalbefarma.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful