BERPIKIR SEBAGAI SUATU KECAKAPAN#) Oleh: I Gede Astawan, S.Pd., M.Pd.

# #) Sebagian besar orang beranggapan bahwa berpikir merupakan sesuatu yang tidak bisa dipelajari. Singkatnya, “berpikir ya berpikir” cukup “mentok” begitu saja, tidak perlu diperbincangkan lagi. Tetapi, lain halnya menurut de Bono (1982), berpikir merupakan suatu kecakapan yang bisa dipelajari melalui latihan-latihan metode berpikir. Lebih lanjut, dikatakan bahwa kecakapan berpikir dapat disamakan dengan kecakapan-kecakapan lainnya, seperti kecakapan membawa mobil, bermain sulap, memasak dan sebagainya.

Untuk memiliki kecakapan tentu harus dipelajari dan dilatih. Begitu pula dengan kecakapan berpikir. Menurut de Bono (1982), berbagai model berpikir yang dapat di-

latih sebagai suatu kecakapan ber-pikir, seperti model ber-pikir tipe PMI, AKP, Lateral, MSF, K & A, ID-IL MKP, KKI, POL, NT dan NR, MTS, TMM, TIP-PO dan TMMTIP-PO.

Pada kesem P (Plus), yaitu berkaitan dengan poin-poin yang baik.

patan ini, penulis mengkaji dan selanjutnya untuk dipraktikan tentang model berpikir tipe PMI. Metode PMI merupakan salah satu sarana berpikir yang jitu, yang sangat

sederhana. Sesungguhny a tanpa disadari, setiap orang pernah mempraktikkan model berpikir tipe PMI. PMI merupakan suatu singkatan.

 M (Minus), yaitu berkaitan dengan poin-poin yang buruk.  I (Interesting) , ya,itu berkaitan dengan poin-poin menarik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful