PENDAHULUAN

Kelas Chondrichthyes memiliki anggota yang tubuhnya ditutupi dengan sisik kecil dan dilengkapi dengan kelenjar lendir. Mulut beranda pada bagian ventral, dilengkapi gigi yang kuat. Lubang hidung terdiri atas dua buah atau sebuah, tidak behubungan dengan rongga mulut. Chondrichthyes dilengkapi dengan rahang yang kokoh. Jantung terdiri atas satu ruang atrium dan satu ruang ventrikel. Jantung dilengkapi dengan sinus venosus dan conus arteriosus yang berisi darah. Respirasi pada Chondrichthyes menggunakan 5 sampai 7 pasang insang. Temperatur tubuh bersifat poikilothermal artinya temperatur sesuai dengan lingkunganya. Hewan ini memiliki 10 pasang saraf kranial dan telinga dilengkapi tipa saluran semisirkuler. Contoh hewan ini adalah Squalus acanthias (Ikan hiu).

1

organ pembau dan kapsul otik tergabung menjadi satu. jantung beruang dua.CHONDRICHTHYES 1.000 di seluruh dunia. pari dan chimaera) dan kelas Osteichthyes atau ikan bertulang sejati. kadang-kadang disebut hiu hantu. dan kadang dipisahkan menjadi kelas tersendiri). Ciri-ciri Chondrichthyes Chondrichthyes memiliki tulang kartilago cranium sempurna. Mereka dibagi menjadi dua subkelas: Elasmobranchii (hiu. Dikenal empat kelas ikan dan vertebrata sejenis ikan. Dua kelas terakhir (Chondrichthyes dan Osteichthyes) dikelompokkan dalam superkelas Pisces. Kartilago palate-quadrat dan kartilago Meckel adalah tulang rawan yang akan membentuk rahang atas dan rahang bawah. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beranekaragam dengan jumlah spesies lebih dari 27. dan rangka yang terdiri atas tulang rawan bukan tulang sejati. ichtyes=ikan). Kelas Chondrichthyes yaitu ikan-ikan yang kerangkanya berupa tulang rawan dan sesungguhnya tulang rawan ini bukan menunjukkan keprimitifannya melainkan merupakan ciri sekunder. Jadi pengertian adalah Chondrichthyes atau ikan bertulang rawan adalah ikan berahang. ikan purba berahang kelas Placodermi (punah). Pengertian Chondrichthyes berasal dari bahasa latin yaitu Chondros = tulang rawan. yang merupakan vetebrata rendah. Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin ) yang hidup di air dan bernafas dengan insang. pari dan skate) and Holocephali (kimera. 2 . antara lain kelas Agnatha atau vertebrata tidak berahang yang diwakili Ostrachodermi (punah) dan yang masih ada adalah Cyclostoma (Lamprey dan Hagfish ). sisik. Secara taksonomi ikan tergolong kelompok paraphyletic yang hubungan kekerabatannya masih diperdebatkan. kelas Chondrichthyes atau ikan kartilago/tulang rawan (ikan hiu. mempunyai sirip berpasangan. 2. lubang hidung berpasangan.

Ada yang mempunyai spirakulum dan ada yang tidak 7. Celah insang ada satu pasang. lima pasang dan tujuh pasang 4. tidak memiliki gelembung udara 9. lubang hidung sepasang Contoh ikan bertulang rawan 3 . Mulut terletak pada sisi ventral 6. ada yg bersisik dan ada pula yang tidak 3. Sirip berpasangan 8. rangkaa tulang rawan 2.Ciri-ciri dari Chondrichthyes diantaranya yaitu sebagai berikut : 1. Letak celah insang lateral dan ventral 5.

Ikan ini tidak mirip dengan ikan hiu ataupun ikan pari dalam hal bentuk tubuh dan jumlah celah insangnya. Ikan hiu mempunyai tubuh yang dilapisi kulit dermal denticles untuk melindungi kulit mereka dari kerusakan. Sirip pada ikan pari merupakan modifikasi dari beberapa tulang gigi yang hilang.Kelas ini mencakup 2 sub kelas yaitu Elasmobranchi yang dibedakan atas ordo Squaliformes dan ordo Rajiformes. Mereka tinggal di sebagian besar semua dan suhu kedalaman laut. dari parasit dan untuk menambah dinamika air. Subkelas Holocephali mencakup jenis ikan langka yang disebut ikan tikus. Tulang-tulang bagian panggul pada ikan lebih sederhana daripada bagian gelang bahu dan hampir melekat pada kolumna vertebralis. Ikan hiu hidup di samudera dan lautan di seluruh dunia dan beberapa tumbuh dalam air tawar. Terdapat beberapa perbedaan antara ikan hiu dan ikan pari yaitu dalam hal letak celah insang. Ikan pari jarang menyerang manusia. Tulang gigi kelompok ikan hiu ini berasal dari dermal. Tulang di bagian ventral dari pusat sirip ikan hiu disebut korakoid. Ikan hiu dan ikan pari rahangnya bersendi pada tulang posterior atau pada elemen hiomandibula dari lengkung insang ke-2. Terdapat kira-kira 200 spesies ikan pari. Bentuk gigi ikan pari dan chimaera. seperti lempengan yang berbentuk kerucut yang berguna untuk menghancurkan molusca dan organisme bercangkang yang hidup 4 . serta subkelas Holecephali. Gigi ikan hiu berkembang baik yang membuatnya ditakuti organisme lain. Ordo Squaliformes mencakup semua jenis ikan hiu sedangkan ordo Rajiformes mencakup jenis-jenis ikan pari. walaupun sekiranya ia terinjak. Alat gerak pada ikan berupa sirip. Kebanyakan tidak mempunyai keupayaan untuk menyengat. sedangkan yang memanjang kearah dorsal dibagian tepi sirip disebut skapula. Biasanya terdapat di air tawar dan di lautan. Umumnya strukturappendages (alat gerak) depan lebih rumit daripada belakang. perlekatan sirip dada dan wujud dari ekornya. ikan pari akan menggunakan tajinya sebagai satu bentuk untuk mempertahankan diri.

Contoh hewan ini adalah Squalus acanthias (Ikan hiu). 5 . Temperatur tubuh bersifat poikilothermal artinya temperatur sesuai dengan lingkunganya. Hemibrankhia dipisahkan satu dengan lain oleh septum interbrankia yang tersusun dari lengkung kartilago. Mulut beranda pada bagian ventral. menjaga keseimbangan garam dan mengeliminasi sisa nitrogen hasil dari metabolism protein. Sistem ekskresi ikan seperti juga vertebrata lain yang mempunyai banyak fungsi antara lain untuk regulasi kadar air tubuh. mesonefros dan metanefros. tidak ditemukan struktur yang mirip paru-paru. Jantung terdiri atas satu ruang atrium dan satu ruang ventrikel. Masing-masing septa brankhialis ini menutup bagian yang terbuka dari insang berikutnya kearah posterior. 3. Insang merupakan ciri sistem pernafasan pada ikan. Ginjal ikan harus berperan besar untuk menjaga keseimbangan garam tubuh. Hewan ini memiliki 10 pasang saraf kranial dan telinga dilengkapi tipa saluran semisirkuler. celah insang tumbuh sebagai hasil dari serentetan evaginasi faring yang tumbuh keluar dan bertemu dengan invaginasi dari luar.di dasar laut. Pada ikan hiu fungsi duktus gonad dan ginjal telah berkembang dilengkapi dengan duktus urinaria. Ikan hiu dan ikan pari memiliki 5-7 pasang celah insang ditambah pasangan celah anterior non respirasi yang disebut spirakel. Chondrichthyes dilengkapi dengan rahang yang kokoh. Lubang hidung terdiri atas dua buah atau sebuah. Ikan hiu ataupun ikan bertulang rawan pada umumnya. Jantung dilengkapi dengan sinus venosus dan conus arteriosus yang berisi darah. tidak behubungan dengan rongga mulut. dilengkapi gigi yang kuat. Respirasi pada Chondrichthyes menggunakan 5 sampai 7 pasang insang. Terdapat variasi perlengkapan insang pada berbagai ikan. Untuk itu berkembang tiga tipe ginjal yaitu pronefros. Secara embriologis. Struktur Dan Fungsi Kelas Chondrichthyes memiliki anggota yang tubuhnya ditutupi dengan sisik kecil dan dilengkapi dengan kelenjar lendir.

yaitu mengeluarkan telur hasil fertilisasi. 6 .Hewan yang tergolong kelas ini memiliki kerangka yang tersusun dari tulang rawan. atau ovovivipar yaitu membawa telur hasil fertilisasi di dalam saluran telur selama perkembangannya hingga menetas Ikan bertulang rawan sebagian besar hidup di laut.  bersifat ovipar. meskipun ada yang berjumlah tiga.Hewan yang bertulang rawan di antaranya termasuk hiu.Ciri khas lainnya pada Chonrichthyes adalah :  mulut yang berahang kuat terletak di bagian bawah tubuh celah insang berjumlah lima.Bagian atas sirip ekornya lebih panjang daripada bagian bawah. beberapa bagian kerangka diperkuat oleh butiran berkalsium. Hiu bertubuh langsing.Tubuh pipihnya berperan untuk menyembunyikan diri di dasar perairan dan untuk menggali pasir guna mencari makanan berupa hewan lunak dan udangudangan.  hati berukuran sangat besar untuk membantu pencernaan makanan fertilisasi terjadi secara internal. ikan pari.Beberapa jenis ikan pari memiliki duri pada ekornya yang seperti pecut dan berfungsi untuk melindungi dari serangan musuh. dan chimaera.Jenis lainnya juga ada yang memiliki sengatan listrik. enam.Ikan pari berbadan pipih atas bawah.Hiu tidak memiliki kantung udara.Pada sebagian besar kelompok ikan ini.  kulit ulet dan kasar bergigi karena adanya sisik gelakoid adanya sepasang pendekep (klasper) pada hewan jantan yang berfungsi untuk menyalurkan sperma ke kloaka betina. atau tujuh celah insang.  usus pendek dan lebar berisi membran ulir untuk menyerap makanan lebih lama.

Fosil salah satu potongan tulang belakang hiu telah ditemukan berasal dari zaman Paleozoikum. yang terletak antara 245 hingga 540 juta tahun lalu. Darah hiu masa kini mengandung konsentrasi urea yang tinggi. Inilah perbedaan dasar antara hiu modern dan leluhurnya yang hidup di air tawar. yang merupakan bentuk adaptasinya dengan air asin. Daerah yang ber evolusi nyata hanyalah inderanya.JENIS-JENIS IKAN BERTULANG RAWAN Chondrichthyes merupakan salah satu hewan yang paling purba yang sebagian besar tubuhnya tidak ber evolusi. 1. Ia ditemukan dalam endapan Kent di Inggris. HIU 7 .

Mereka memiliki gigi yang berbentuk segitiga. sebuah indera pelacak sinyal listrik yang dikeluarkan tubuh mangsanya. hiu memiliki sirip pelvic yang termodifikasi menjadi alat kelamin jantan. yang kemudian akan menghasilkan telur. Indera lainnya yang kuat adalah penciuman dan garis lateral. Otot tubuhnya dapat membangkitkan panas. Anaknya sendiri memiliki tubuh yang langsung sama dengan tubuh hiu dewasa. PARI Raja clavata (credit: cefas) Ikan ini memiliki dua sirip pektoral yang menyatu di depan tubuhnya. termasuk hiu. 8 . walaupun ada juga yang pergi mengembara hingga ke perairan sub tropis atau bahkan air tawar. Kulit hiu umumnya terdiri dari ribuan sisik yang saling kunci yang disebut dentikel atau sisik placoid. Tiap sisi kepala memiliki lima hingga tujuh celah insang. Hiu juga memiliki ampullae lorenzini.Ikan ini hidup di perairan tropis. dengan mulut berada di bawahnya. Mereka memiliki bentuk tubuh tegak. silinder dan moncong yang tajam. Semua ikan jenis chondrichthyes.2 ton. Artinya suhu tubuh mereka sama dengan suhu lingkungannya. kehilangan giginya dan menumbuhkan gigi baru hingga ia mati. Gerakannya seperti terbang di dalam air. Pada beberapa spesies hiu. 2. Mereka memakainya untuk berenang di air. Hiu seperti ikan lainnya adalah hewan berdarah dingin. anak mereka berkembang di dalam tubuh induknya dalam struktur yang mirip dengan plasenta pada manusia. Berat normal hiu (superordo Selachimorpha) adalah 1. Sirip ini akan masuk ke tubuh betinanya. Untuk berkembang biak.

dan ventriculum. Mereka memiliki duri di depan sirip dorsal pertama. Pari memiliki lima hingga enam baris insang. tersambung dengan conus arteriosus ke ventral aorta. auriculum. mulut dan insangnya di bagian bawah. 3. mereka memiliki kepala yang besar dan sirip pektoral yang besar pula. Ujung tubuhnya menyempit menjadi ekor yang diakhiri dengan sebuah benang yang tipis. Seperti hewan pra sejarah. salah satu spesies hiu hantu (credit: MBARI) Hiu hantu adalah ikan laut dalam. Sedangkan System Circulatoria Cor terletak didalam rongga pericardium dibawah insang. 4. Mata mereka berada di bagian atas tubuh. Contohnya adalah chimaera (Rhinochimaera pacifica) yang hidup di kedalaman hingga 1500 meter di Pasifik.Tubuh lainnya bergerak sama seperti sebuah cambuk. Contohnya adalah pari punggung duri (Raja clavata). HIU HANTU Hydrolagus melanophasma.2 meter. 9 . Panjangnya mencapai 1. System Excretoria Ren berbentuk silindris terletak dekat di atas coelom di sebelah menyebelah aorta dorsalis. Terdiri dari sinus venosus. Pari ini hidup di samudera yang dingin dalam kedalaman hingga 200 meter.

Respirasi pada Chondrichthyes menggunakan 5 sampai 7 pasang insang. Lubang hidung terdiri atas dua buah atau sebuah. 6. Organum Sensoris Adalah Systemyang ditujukan ke alat penglihatan pada hewan bertulang rawan ( alat indera ) 1. Linea lateralis berisi udara yang peka terhadap tekanan tekanan gelombang air 4. tidak behubungan dengan rongga mulut. Chondrichthyes dilengkapi dengan rahang yang kokoh. System Nervosum Otak akan bertulang rawan lebih maju bila dibandingkan dengan cylosomata. Temperatur tubuh bersifat poikilothermal artinya temperatur sesuai dengan 10 . Indera pendengaran berfungsi menerima rangsangan gelombang suara dan sebagai alat untuk orientasi. Sepasang sacci olfactori yang dapat menerima rangsangan bahan kimiawi yang larut dalam air terletak di moncong. 2. Indera pengecap yag berupa papilae terdapat pada lingua 7. 3. Jantung dilengkapi dengan sinus venosus dan conus arteriosus yang berisi darah. Sepasang mata yang untuk melihat. Sistem Respirasi (sistem pernapasan) Kelas Chondrichthyes memiliki anggota yang tubuhnya ditutupi dengan sisik kecil dan dilengkapi dengan kelenjar lendir.5. Mulut beranda pada bagian ventral. 4. Jantung terdiri atas satu ruang atrium dan satu ruang ventrikel. dilengkapi gigi yang kuat.

Banyak yang lebih besar. ini hanya aturan umum dan banyak spesies berbeda. Bila dasar mulut bergerak kebawah. spesies pelagis harus tetap berenang untuk menyimpan air beroksigen bergerak melalui insang mereka sementara spesies demersal aktif dapat memompa air di melalui spirakel mereka dan keluar melalui insang mereka. seperti ditemukan di Nurse Shark (Ginglymostoma cirratum). Pada saat inilah terjadi pertukaran oksigen dan karbondioksida. 11 . spesies pelagis seperti Hiu Makarel (Lamnidae) dan Hiu Perontok (Alopiidae) tidak lagi memiliki mereka. Perubahan volume ini terjadi karena gerakan naik turun dari otot dasar mulut. Contoh hewan ini adalah Squalus acanthias (Ikan hiu). Masuk dan keluarnya udara dari rongga mulut disebabkan oleh perubahan tekanan pada rongga mulut. tekanannya naik. spirakel adalah lubang kecil ditemukan di balik setiap mata. volume gerak mulut bertambah.lingkunganya. dapat diperpanjang dan celah-seperti. Dengan demikian. yang ditimbulkan oleh perubahan volume rongga mulut. Ini dapat kecil dan melingkar. terjadilah ekspirasi {pengeluaran}karbondioksida. tekanannya lebih kecil dari tekanan air disekitarnya maka air mengalir kerongga mulut melalui celah mulut. celah mulut tertutup. sehingga air mengalir keluar melalui celah insang. Hewan ini memiliki 10 pasang saraf kranial dan telinga dilengkapi tipa saluran semisirkuler. Namun. seperti ditemukan di Wobbegongs (Orectolobidae). Bila dasar mulut bergerak keatas volume rongga mulut mengecil. sehingga terjadilah inspirasi {pengambilan}udara dari lingkungannya kerongga mulut. Secara umum.

ikan pari akan menggunakan tajinya sebagai satu bentuk untuk mempertahankan diri. Ikan hiu dan ikan pari rahangnya bersendi pada tulang posterior atau pada elemen 12 . Mereka tinggal di sebagian besar semua dan suhu kedalaman laut. 9. Super Ordo I Selachii (bertubuh torpedo) Ordo 1 heterodontifores (ikan hiu berkepala bison) Ordo 2 hexanciformes (ikan hiu sapi) Ordo 3 lamniformes ( ikan hiu berkepala palu) Ordo 4 squatinformes (ikan hiu berkepala anjing) 2. Sistematik Chondriecthyes terbagi atas dua super ordo 1. Ikan hiu mempunyai tubuh yang dilapisi kulit dermal denticles untuk melindungi kulit mereka dari kerusakan.8. walaupun sekiranya ia terinjak. Terdapat kira-kira 200 spesies ikan pari. Super ordo II Hypotrematica Ordo 1 Rajiformes (ikan hiu pipih) Ordo 2 holocehhaliformes (ikan yang tubuh dan kepala sama besar. Peranan Peranan ewan bertulang rawan ini Kelas ini mencakup 2 sub kelas yaitu Elasmobranchi yang dibedakan atas ordo Squaliformes dan ordo Rajiformes. ekor kecil). Biasanya terdapat di air tawar dan di lautan. Ikan hiu hidup di samudera dan lautan di seluruh dunia dan beberapa tumbuh dalam air tawar. Ordo Squaliformes mencakup semua jenis ikan hiu sedangkan ordo Rajiformes mencakup jenis-jenis ikan pari. Ikan ini tidak mirip dengan ikan hiu ataupun ikan pari dalam hal bentuk tubuh dan jumlah celah insangnya. Kebanyakan tidak mempunyai keupayaan untuk menyengat. Terdapat beberapa perbedaan antara ikan hiu dan ikan pari yaitu dalam hal letak celah insang. perlekatan sirip dada dan wujud dari ekornya. dari parasit dan untuk menambah dinamika air. Ikan pari jarang menyerang manusia. Subkelas Holocephali mencakup jenis ikan langka yang disebut ikan tikus. serta subkelas Holecephali.

pada ikan dilengkapi dengan gerakan 13 . mesonefros dan metanefros. tidak ditemukan struktur yang mirip paru-paru. Sirip pada ikan pari merupakan modifikasi dari beberapa tulang gigi yang hilang. Tulang gigi kelompok ikan hiu ini berasal dari dermal. Insang merupakan ciri sistem pernafasan pada ikan.hiomandibula dari lengkung insang ke-2. Alat gerak pada ikan berupa sirip. Sistem ekskresi ikan seperti juga vertebrata lain yang mempunyai banyak fungsi antara lain untuk regulasi kadar air tubuh. Ginjal ikan harus berperan besar untuk menjaga keseimbangan garam tubuh. Terdapat variasi perlengkapan insang pada berbagai ikan. Ikan hiu dan ikan pari memiliki 5-7 pasang celah insang ditambah pasangan celah anterior non respirasi yang disebut spirakel. seperti lempengan yang berbentuk kerucut yang berguna untuk menghancurkan molusca dan organisme bercangkang yang hidup di dasar laut. Bentuk gigi ikan pari dan chimaera. menjaga keseimbangan garam dan mengeliminasi sisa nitrogen hasil dari metabolism protein. Untuk itu berkembang tiga tipe ginjal yaitu pronefros. Gigi ikan hiu berkembang baik yang membuatnya ditakuti organisme lain. Tidak ada perbedaan prinsip antara mata ikan dan vertebrata lain. Akomodasi atau kemampuan mata untuk mengatur dengan sendirinya atau mengatur secara otomatis untuk melihat dekat atau jauh. Umumnya strukturappendages (alat gerak) depan lebih rumit daripada belakang. celah insang tumbuh sebagai hasil dari serentetan evaginasi faring yang tumbuh keluar dan bertemu dengan invaginasi dari luar. Masing-masing septa brankhialis ini menutup bagian yang terbuka dari insang berikutnya kearah posterior. Ikan hiu ataupun ikan bertulang rawan pada umumnya. Hemibrankhia dipisahkan satu dengan lain oleh septum interbrankia yang tersusun dari lengkung kartilago. sedangkan yang memanjang kearah dorsal dibagian tepi sirip disebut skapula. kecuali hanya ada cara akomodasi atau adaptasi spesial akibat cara hidup. Pada ikan hiu fungsi duktus gonad dan ginjal telah berkembang dilengkapi dengan duktus urinaria. Secara embriologis. Tulang-tulang bagian panggul pada ikan lebih sederhana daripada bagian gelang bahu dan hampir melekat pada kolumna vertebralis. Tulang di bagian ventral dari pusat sirip ikan hiu disebut korakoid.

Organ elektrik disusun oleh elektroplates dan elektroplaxes yang merupakan kumpulan sel berbentuk cakram sehingga nampak searah. yang mempunyai konduktivitas arus berbeda dengan lingkungannya membuat ikan mengubah pola arus listrik untuk dapat mengenali. 14 . Aliran listrik ini ada yang diproduksi sangat lemah tetapi ada yang sangat kuat. menerangi lingkungan ataupun menarik perhatian lawan jenisnya.ikan hiu yang merupakan predator. Arah arus listrik berbeda-beda untuk setiap jenis ikan. mengacaukan musuh. Vertebrata laut lainnya memecahkan masalah hidup didalam suatu lingkungan hiperosmotik dengan cara berlainan.lensa mata ke samping atau ke muka belakang sehingga dapat merubah jarak retina yang paling sensitif. akan tetapi pada prinsipnya berfungsi untuk mendapatkan penghargaan antar individu dalam satu jenis. Ikan pari mempunyai arah arus listrik yang mengalir pada permukaan tubuh mulai dari ventral kearah dorsal. misalnya untuk memproduksi sinar tidak terlalu terang untuk maksud orientasi. Pada beberapa ikan pari juga ada yang mempunyai struktur tubuh hewan vertebrata yang unik adalah organ listrik. Semua ini masih dugaan. Benda yang tidak jauh. Sistem reproduksinya Hal ini dimaksudkan juga bahwa ikan tersebut memproduksi sinar untuk mendapatkan makanan. selalu memiliki jarak pandang dan selalu menggerakkan lensa matanya ke depan atau menjauhi retina untuk melihat obyek agar tampak lebih besar. 10. Ikan hiu menghasilkan ureasebagai limbah nitrogen dan menahannya didalam cairan tubuh interna dalam konsentrasiyang begitu tinggi sehingga daya. Organ elektrik mempunyai beberapa fungsi.

8. 909.9 02.5..0397. 47...9.9 207:-.3 5..8:/47039..9. 43/:9. .3  .3 009745.7:8 897 :39: /.7. -0/.5 . 3 2.. -0-07.3 2.:39:20.7:8 -07-0/.7.: 0 2:. ..3.3 . 0.3 897  7.. .  7. ./.7. /....3 9:-: 39073. 0 8.5.3 /. .:. :39: 809. /03.7.3 909. .8:/.3 90780-:9 202574/:8 83. //.3 :..3203.3 897 3 ..3 8.:9 .2 4380397. .. -07./.3  203.. 2-.3 0383.3 503.3 80 -07-039: ..038.3.7.72025:3. -.:5:3 203.3 207:5. /:5 //.3 3:3.3 9/.: 203.9: 3:3.80-. . 0 /05.3 .9.3 :70.9 :..7.  7./.8..947  80.3/.33.3 0097 2025:3.39. :39:202574/:883.3 ..  '0790-7. /478.7:8897.5 038 .     .35.. .3  . 2020.253 .3 : .3  .3 80.7:8 897 -07-0/.2 8:.3 203. 2./..9 .94-0.3 207:5.3 0097 /8:8:3 40 009745.9.8..3 2025:3.75.3 2:8:  20307.3 : 203. 897:9:7 9:-: 0./.5072:.25.9.908 /.3 5.3 :3 .7 :.7 :39: 203/.08 .9.33.3 .5.79.9.3 . 3 /2./.9.3 038.: 202 .3 803. 397403 /.7    $890270574/:83./: /. -0.7 507.5.5.5.3 -09:93803..3 3:3.3. 2..  $02:.3 2.79/.7 . 3. 5. . /.8 .8 /:.3 .9 20303.3. 1:38  28.2 803.2 8. /.7. ..25.9.9: 038  !.:  ./..7 3/...39:-:2:.3:39:2.9.33.3 50748249 /03.2 . 202-:.3 2025:3.5 5.0790-7. -071:38 :39: 203/.3 570/. . 573853.-0-07.: 20307.9  7.3 803891 ./.7.8 03/..7. 54.3 203:-. 80. .9.907.: 7093. . 7093.3 /574/:8 8.3.3.:907..0--08..3 :25:.

Sistem reproduksinya Hal ini dimaksudkan juga bahwa ikan tersebut memproduksi sinar untuk menerangi mendapatkan lingkungan makanan. akan tetapi pada prinsipnya berfungsi untuk mendapatkan penghargaan antar individu dalam 16 . mengacaukan musuh. kecuali hanya ada cara akomodasi atau adaptasi spesial akibat cara hidup. Ikan hiu ataupun ikan bertulang rawan pada umumnya. selalu memiliki jarak pandang dan selalu menggerakkan lensa matanya ke depan atau menjauhi retina untuk melihat obyek agar tampak lebih besar.tersusun dari lengkung kartilago.ikan hiu yang merupakan predator. pada ikan dilengkapi dengan gerakan lensa mata ke samping atau ke muka belakang sehingga dapat merubah jarak retina yang paling sensitif. Tidak ada perbedaan prinsip antara mata ikan dan vertebrata lain. Sistem ekskresi ikan seperti juga vertebrata lain yang mempunyai banyak fungsi antara lain untuk regulasi kadar air tubuh. Pada ikan hiu fungsi duktus gonad dan ginjal telah berkembang dilengkapi dengan duktus urinaria. Untuk itu berkembang tiga tipe ginjal yaitu pronefros. 10. Masing-masing septa brankhialis ini menutup bagian yang terbuka dari insang berikutnya kearah posterior. Ginjal ikan harus berperan besar untuk menjaga keseimbangan garam tubuh. mesonefros dan metanefros. menarik perhatian lawan ataupun jenisnya. menjaga keseimbangan garam dan mengeliminasi sisa nitrogen hasil dari metabolism protein. Akomodasi atau kemampuan mata untuk mengatur dengan sendirinya atau mengatur secara otomatis untuk melihat dekat atau jauh. tidak ditemukan struktur yang mirip paru-paru. Semua ini masih dugaan.

Organ elektrik mempunyai beberapa fungsi. Arah arus listrik berbeda-beda untuk setiap jenis ikan. misalnya untuk memproduksi sinar tidak terlalu terang untuk maksud orientasi. Ikan pari mempunyai arah arus listrik yang mengalir pada permukaan tubuh mulai dari ventral kearah dorsal. 17 .satu jenis. yang mempunyai konduktivitas arus berbeda dengan lingkungannya membuat ikan mengubah pola arus listrik untuk dapat mengenali. Organ elektrik disusun oleh elektroplates dan elektroplaxes yang merupakan kumpulan sel berbentuk cakram sehingga nampak searah. Vertebrata laut lainnya memecahkan masalah hidup didalam suatu lingkungan hiperosmotik dengan cara berlainan. Pada beberapa ikan pari juga ada yang mempunyai struktur tubuh hewan vertebrata yang unik adalah organ listrik. Aliran listrik ini ada yang diproduksi sangat lemah tetapi ada yang sangat kuat. Benda yang tidak jauh. Ikan hiu menghasilkan ureasebagai limbah nitrogen dan menahannya didalam cairan tubuh interna dalam konsentrasiyang begitu tinggi sehingga daya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful