BAB III ASUHAN KEBIDANAN IBU HAMIL NORMAL TERHADAP Ny. MELIAWATI DI PUSKESMAS METRO TAHUN 2006 I.

PENGUMPULAN DATA Tanggal A. Pengkajian 1. Identitas Nama Klien Umur Kebangsaan Agama Pendidikan Pekerjaan : Ny. Meliawati : 22 th : Indonesia : Islam : SMA : IRT Dewi Sartika 2. Keluhan Utama Ibu mengatakan hamil anak pertama usia kehamilan 7 bulan. 3. Riwayat Haid Menarche Siklus Banyaknya Lamanya Sifat darah HPHT TP : 12 tahun : + 28 hari : 2 - 3 x ganti softex : 5 - 6 hari : Encer : 17 – 08 – 2005 : 24 – 05 – 2006 Nama Suami Umur Kebangsaan Agama Pendidikan Pekerjaan : Tn. Dedi Surahman : 22 th : Indonesia : Islam : SMA : Wiraswasta : 24 Maret 2006

Alamat Rumah : Jl. A. Yasin

Alamat Rumah : Jl. A. Yasin Dewi Sartika

29

lama menikah 1 tahun. Trimester I : 2x di bidan Keluhan Anjuran Terapi Keluhan Anjuran Terapi Keluhan Anjuran Terapi a. TT1 dan TT2 : ibu mengatakan pegal-pegal. Riwayat kehamilan sekarang a. Kesehatan ibu Ibu tidak punya penyakit DM. : mual dan muntah jika makan sesuatu : makan dengan porsi sedikit tapi sering : B6. cepat lelah : istirahat dan kurangi aktifitas yang berat : LC. Ibu mengatakan kehamilannya cukup bahagia dan di dalam keluarga tidak mengalami masalah yang berarti. Trimester III : 4x di bidan / Puskesmas 7. Kesehatan keluarga Dalam keluarga ibu dan suami tidak pernah menderita penyakit menular dan penyakit keturunan yang dapat mempengaruhi kehamilannya dan tidak ada riwayat anak kembar. paru-paru dan penyakit jantung serta ibu tidak pernah mengalami operasi apapun. b. 5.4. Riwayat kesehatan ibu dan keluarga 30 . Riwayat hamil bersalin dan nifas yang lalu Ibu mengatakan hamil anak pertama 6. SF b. Trimester II : 3 x di Bidan / Puskesmas c. SF. hepatitis. antasid : ibu mengatakan tidak ada keluhan : makan-makanan yang bergizi dan cukup istirahat : LC. Data psikologis Ibu menikah 1 kali. umur saat menikah 22 tahun.

ibu sering jalanjalan pagi. Eliminasi . : Ibu mengatakan kurang bisa tidur dan sering terbangun pada malam hari karena sering BAK. Istirahat dan tidur . Ibu mengatakan sering BAK terutama pada malam hari.Sebelum hamil : makan 3 x sehari dengan porsi nasi.Sebelum hamil : BAB = 1 x sehari .Saat hamil d. sayur dan buah tetapi tidak selalu ibu minum ± 7 – 8 gelas / hari.Saat hamil c. : BAB = 1 x sehari BAK : ± 3 – 4 x/hari BAK : ± 8 – 9 x/hari : Ibu mengatakan pada awal kehamilan dan akhir kehamilan ini kurang nafsu makan dan merasa cepat kenyang. Sexualitas dan Kontrasepsi Tidak ada keluhan. ganti pakaian 2 x sehari keramas setiap hari. Data Psikologis Ibu dan suami merasa senang dengan kehamilannya dan berharap semuanya berjalan lancar. tidur siang ± 1 jam . lauk. Pola kebiasaan sehari-hari a. Nutrisi . .Sebelum hamil : ibu tidur malam ± 7 . Bila ibu bekerja terlalu berat ibu merasa pegal-pegal pada pinggang dan punggung. f. sebelum hamil ibu belum pernah menggunakan alat kontrasepsi. g. Personal Hygiene Sebelum hamil dan saat hamil ibu mandi 2 x sehari. Aktivitas / Olah Raga Ibu hanya mengerjakan aktivitasnya sebagai ibu rumah tangga.8.Saat hamil b. e. 31 .8 jam /hari.

tidak ada benjolan abnormal.Hidung . tidak ada benjolan abnormal. keadaan bersih. fungsi pendengaran baik.Telinga . : Membesar simetris. konjungtiva merah. Pemeriksaan 1. Keadaan umum a. tidak ada caries tidak ada pembesaran tonsil. kelenjar limfe. : Bentuk buah dada simetris. hyper pigmentasi.Mulut . Pemeriksaan Fisik a. putting susu menonjol. berfungsi dengan baik. sklera tidak ikterik. keadaan bersih. LILA 2. pergerakan nafas teratur. Tinggi badan e. : Bentuk simetris. keadaan bersih. : Tidak ada pembesaran kelenjar tyroid. tidak terdapat stomatitis. keadaan bersih. tidak ada pembengkakan pada kelopak mata. tidak pucat.B.Rambut . . keadaan bersih dan tidak ada pembesaran polip. BB sebelum hamil: 45 kg BB saat hamil d. colostrum belum keluar. : Bentuk simetris. dan tidak ada pembengkakan vena jugularis. keadaan bersih. Tanda-tanda vital : TD 32 . berfungsi dengan baik : Bentuk simetris.Dada . : 54 kg : 153 cm : 23 cm Temp : 370C b. Keadaan umum : Baik : 120/80 mmHg : 80 x/m RR : 20 x/m Nadi c.Payudara : Bentuk simetris. Inspeksi . : Bentuk simetris.Leher .Mata : Lurus. keadaan gigi bersih.Muka . tidak ada ketombe dan tidak mudah rontok.

letak memanjang tidak ada bekas operasi. Auskultasi . membesar sesuai dengan usia kehamilan.Genetalia . tidak ada keluhan. tidak melenting yang berarti bokong. keadaan bersih. Leopold III : Bagian bawah teraba bulat. : Bentuk simetris. Donald TBJ c.Punggung . michaelis simetris : Keadaan bersih. tidak ada haemoroid. keadaan bersih. varises dan eksterna oedema.. perut sebelah kanan teraba bagian-bagian janin yang kecil berarti extermitas.DJJ terdengar jelas dibawah pusat sebelah kiri 33 . : Bentuk simetris. : TFU pertengahan pusat dan px pada pundus teraba lunak. tidak ada oedema. Palpasi Leopold I Leopold II : Bentuk simetris. : Keadaan lordosis. keadaan bersih. keras dan melenting yang berarti kepala janin dan sudah tidak bisa digoyangkan yang berarti sebagian kecil kepala sudah masuk PAP.Extermitas Atas Bawah b. teratur.DJJ Ibu Jantung Paru-paru Frekuensi d. tidak ada oedema. : Perut sebelah kiri teraba lebar dan memberikan rintangan yang besar berarti punggung janin. Perkusi : konvergen : 31 cm : (31 – 11) x 155 : 3150 gr : Bunyi jantung normal. tidak ada cacat. tidak ada mur-mur : Tidak terdengar wheezing maupun ronchi : 125 x/m teratur : Refleks patella (+) .Perut . Leopold IV Mc. dapat berfungsi dengan baik.

Pada Inspeksi perut : memanjang . Diagnosa Ibu G1P0A0 38 minggu janin hidup. Dasar : DS DO : .Ibu mengatakan HPHT : 8. Kebutuhan ~ Penyuluhan tentang gizi ibu hamil Dasar : . . INTERPRETASI DATA DASAR 1. intra uterin.Pada Auskultasi DJJ : 125 x/m 2. tunggal.Ibu kurang mengetahui tentang menu seimbang : .5 gr%.BAK sebelum hamil + 3 – 4 x/hari sesudah hamil + 8-9 x/hari 34 .3.Ibu mengatakan akhir-akhir ini kurang nafsu makan dan merasa cepat kenyang. .Pada palpasi didapat Leopold I Leopold II Leopold III Leopold IV : TFU ½ pst – px. Pemeriksaan panggul luar ~ Tidak dilakukan pemeriksaan panggul luar II. : Protein Reduksi 4. Pemeriksaan laboratorium HB Urine : 10.Ibu mengatakan hamil anak pertama usia kehamilan 9 bulan . keadaan ibu baik. MD = 31 cm : Puki : Kepala sudah masuk PAP : Kepala sebagian kecil sudah masuk PAP : tidak dilakukan : tidak dilakukan .4 . Masalah  Perubahan Pola Miksi Dasar 3. letak memanjang presentasi kepala.Ibu mengatakan sering buang air kecil terutama malam hari.2005 : .

Kolaborasi bila ada komplikasi dan kelainan dalam kehamilan V. Anjurkan ibu cara menjaga kebersihan sehabis BAK c. Anjurkan pada ibu makan makanan bergizi c. Jelaskan pada ibu tentang makanan bergizi b. Anjurkan ibu untuk memeriksakan kehamilannya setiap minggu e. Informasi tentang gizi ibu hamil a.Potensial terjadi komplikasi dan kelainan dalam kehamilan IV. Perubahan pola miksi a. Beri ibu tablet Fe dan Vitamin C 35 . IDENTIFIKASI KEBUTUHAN INTERVENSI DAN KOLABORASI SEGERA . Deteksi adanya kelainan atau komplikasi d. Beritahu ibu tentang hasil pemeriksaan b. Libatkan keluarga dalam memberikan dukungan pada ibu 2.~ Penyuluhan tentang teknis senam hamil Dasar Dasar : . Ajarkan cara pemenuhan cairan yang adekuat 3. Lakukan perawatan ibu hamil yaitu : a.IDENTIFIKASI DIAGNOSA DAN MASALAH POTENSIAL . Jelaskan kondisi kehamilan ibu saat ini c. Jelaskan pada ibu mengenai penyebab sering BAK b.Ibu mengatakan tidak pernah melakukan senam hamil : .Ibu mengatakan ASI belum keluar ~ Penyuluhan tentang breast care III. RENCANA MANAGEMEN 1.

Menganjurkan ibu untuk memeriksakan kehamilannya setiap minggu. Evaluasi kemampuan ibu mengulang latihan yang sudah diajarkan 5. auskultasi dan pemeriksaan laboratorium. Anjurkan pada ibu untuk melakukan senam hamil setiap pagi d. IMPLEMENTASI LANGSUNG 1. Mendeteksi adanya kelainan atau komplikasi kehamilan dengan pemeriksaan inspeksi. palpasi. d.4. Jelaskan pada ibu tentang pentingnya senam hamil dalam proses persalinan b. Informasi tentang senam hamil a. b. Memberitahu ibu tentang hasil pemeriksaan b. janin yang dikandung ibu sehat. letak janin normal. anjurkan ibu untuk ganti celana dalam 36 . Informasi tentang perawatan payudara a. Melibatkan keluarga dalam memberikan dukungan untuk rajin memeriksakan kehamilan ibu. Menganjurkan pada ibu cara menjaga kebersihan genetalia sehabis BAK dengan cara : . Jelaskan pada ibu tentang perawatan payudara b. Ajarkan pada ibu teknik senam hamil c. e.Apabila celana dalam ibu basah/lembab. 2. a. Anjurkan pada ibu untuk melakukan perawatan payudara secara teratur d. kehamilan ibu normal. Menjelaskan pada ibu penyebab terjadinya ibu sering Buang Air Kecil yaitu salah satunya karena adanya tekanan uterus pada kandung kemih.Setiap kali sehabis BAK ibu dianjurkan untuk cebok dengan air yang bersih . Observasi pengeluaran colostrum dan evaluasi kemampuan ibu untuk mengulang VI. Ajarkan pada ibu tekhnik perawatan payudara c. perkusi. kepala sudah masuk PAP. Menjelaskan pada ibu kondisinya saat ini. Perubahan pola miksi a. c.

EVALUASI Ibu mengerti tentang kondisi kehamilannya saat ini bahwa ibu dan janin dalam keadaan sehat. Menganjurkan pada ibu untuk melakukan perawatan payudara secara teratur 2 x sehari sebelum mandi d. latihan inti dan pendinginan c. Memberikan ibu tablet Fe dengan dosis 1 x 1 sehari selama 30 hari dan vitamin C dengan dosis 3 x 1 sehari selama 3 hari. Menganjurkan pada ibu untuk makan makanan bergizi tinggi kalori tinggi protein c. ibu hamil 38 minggu. air kecil. d. Menjelaskan pada ibu mengenai makanan bergizi 4 sehat 5 sempurna b. 3. Menganjurkan pada ibu untuk melakukan senam hamil setiap pagi hari d. Mengobservasi pengeluaran colostrum dan mengevaluasi kemampuan ibu mengulang yang sudah diajarkan. Ibu mengerti tentang pentingnya bahan makanan yang Ibu mengerti penyebab dan cara mengatasi sering buang 37 . Menjelaskan pada ibu tentang pentingnya senam hamil dalam proses persalinan b. Informasikan tentang perawatan payudara a. 1. Mengevaluasi kemampuan ibu mengulangi yang sudah diajarkan e. VII. Menjelaskan pada ibu tentang pentingnya pemberian ASI eksklusif yang dapat mencegah infeksi dan memberikan kekebalan pada bayi terhadap penyakit b.c. bergizi bagi ibu hamil. TFU pertengahan pusat – PX. DJJ (+). Mengajarkan pada ibu tekhik senam hamil mulai dari latihan pendahuluan. kepala sudah masuk PAP. Mengajarkan pada ibu teknik perawatan payudara c. 4. Ibu mengerti tentang pentingnya senam hamil dan berjanji akan melakukan senam hamil setiap pagi dirumah. Informasikan tentang ibu hamil a. 2. Informasikan tentang senam hamil a.

Ibu mengerti tentang teknik perawatan payudara 38 .5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful