Mata Kuliah Supervisi Pendidikan Kelompok 9

Anggota Kelompok;
•INDRA YULIAN KUSMAYANA (0901466)
•LIQA YASIFA (0907414) •RESVAN FRIANDI (0900854) •WILDAN KARIM ANGGAPERBATA (0908895)

1.Konsep Dasar Supervisi Supervisi adalah serangkaian usaha pemberian bantuan kepada guru dalam bentuk layanan profesional yang diberikan oleh supervisor (pengawas sekolah, kepala sekolah, dan pembina lainnya) guna meningkatkan mutu proses dan hasil belajar mengajar. (Depdiknas, 2004) Tikky Suwantikno : supervisi adalah bantuan dalam pengembangan situasi belajar dan mengajar agar memperoleh kondisi yang lebih baik. Meskipun tujuan akhirnya tertuju pada hasil belajar siswa, namun yang diutamakan dalam supervisi adalah bantuan kepada guru. Supervisi adalah bantuan dalam pengembangan situasi pembelajaran yang lebih baik dengan mengisyaratkan layanan supervisi yang mencakup seluruh aspek dari penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran.(Kimbal Wiles:1967)
Supervisi adalah suatu kegiatan pengawasan yang dijalankan oleh orang yang memiliki pengetahuan lebih tinggi dan lebih dalam tingkat kepekaan yang tajam dalam memahami objek pekerjaannya dengan hati yang jernih.(Dadang Suhardan:2010) Supervisi adalah suatu proses kegiatan pengawasan yang berdasarkan prinsip praktis dan fundamental (Tahalele)

2. Konsep Dasar Supervisor : Supervisor adalah orang yang melakukan kegiatan supervisi atau pengawasan dan memiliki 4 peran penting seperti koordinator, konsultan, pemimpin kelompok, dan evaluator.
Supervisor adalah orang yang melakukan fungsi-fungsi supervisi seperti merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasi, dan mengendalikan. Supervisor adalah seseorang yang melakukan fungsi-fungsi administrasi. Supervisor adalah orang yang melakukan kegiatan supervisi yang mungkin seorang pengawas pendidikan atau kepala sekolah yang karena peranannya sebagai pemimpin yang mempunyai tanggung jawab tentang mutu program pengajaran di sekolahnya. Supervisor adalah orang yang memiliki kompetensi lebih dari yang lainnya. Supervisor harus memiliki 8 bidang kompetensi.

Kata Kunci atau Substansi Dari Supervisi dan Supervisor : A.Kata kunci dalam supervisi : •Proses sistematis Supervisi sebagai suatu proses yang berarti supervisi tidak •Pengarahan dan pembinaan Pengarahan atau pembinaan berarti ada upaya memperbaiki kualitas kinerja atau kompetensi kepada guru •Orang yang berpengetahuan lebih tinggi •Peningkatan mutu dan kinerja
3.3

B.Kata kunci dalam supervisor : •Orang atau pelaksana •Kompetensi lebih •Fungsi supervisi

3.4 Konsep Supervisi dan Supervisor Menurut Kelompok Supervisi adalah proses kegiatan sistematis yang berkaitan dengan pengarahan dan pembinaan yang dilakukan oleh seseorang yang memiliki kompetensi lebih tinggi guna peningkatan mutu dan kinerja suatu organisasi atau guru. Supervisor adalah orang atau pelaksana yang melaksanakan tugas-tugas supervisi dengan memiliki kompetensi yang lebih dibanding dengan yang lainnya dalam satu organisasi.Dalam lembaga pendidikan seorang yang bertindak sebagai supervisor adalah kepala sekolah atau pengawas pendidikan.