ASI Eksklusif

apa dan mengapa?

 

Ika Nindya K., dr. Dokter Internship
5/2/12

Sampang

q Minuman alamiah utama untuk semua bayi cukup bulan yang diperuntukkan selama usia bulan-bulan pertama kehidupan bayi Air Susu Ibu (ASI) q Mudah tersedia pada suhu yang sesuai diinginkan bayi dan tidak memerlukan banyak waktu untuk persiapannya q Bebas dari kontaminasi bakteri yang berbahaya sehingga mengurangi peluang gangguan 5/2/12 .

bubur nasi. dan air putih. jeruk. madu. biskuit. dan nasi tim sampai 5/2/12 .ASI Eksklusif  ASI Eksklusif adalah pemberian ASI sedini mungkin setelah persalinan tanpa tambahan cairan lain seperti susu formula. serta tanpa tambahan makanan padat seperti pisang. bubur susu. air teh.

q Lanjutkanlah ASI 5/2/12 .Rekomendasi WHO q WHO sangat merekomendasikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan. q Setelah 6 bulan. berikanlah makanan tambahan sebagai pendamping ASI.

Rekomendasi WHO q Mulailah pemberian ASI dalam 1 jam pertama kelahiran bayi q Menyusuilah sesering mungkin. setiap kali bayi ingin penggunaan botol dan q Hindatilah dot maupun 5/2/12 .

 Manfaat ASI bagi Mengapa Harus ASI Eksklusif ? bayi: qMakanan ideal untuk bayi baru lahir qMudah dicerna dan diserap qMenurunkan risiko terjadinya 5/2/12 .

tingkat nutrisi ibu. dan saat diberikannya ASI kepada bayi yang sangat bervariasi qASI yang dikeluarkan pada 7 hari pertama setelah 5/2/12 .Kandungan ASI : Mengapa Harus ASI Eksklusif ? qASI mempunyai kandungan yang dipengaruhi oleh diet utama ibu selama kehamilan.

Mengapa Harus ASI Eksklusif ?  Manfaat bagi ibu: q Meningkatkan kedekatan hubungan emosional ibu dan bayi q Salah satu metode KB (Metode Amenorrhoe Laktasi-MAL) q Mengurangi risiko kanker payudara q Mengurangi risiko kanker ovarium q Membantu perempuan lebih cepat kembali ke berat badan 5/2/12 .

Mengapa Bukan Susu Formula ? q Susu formula tidak mengandung antibodi yang ditemukan dalam ASI q Susu formula meningkatkan risiko infeksi karena penyakit yang terbawa air yang timbul dari pencampuran formula bubuk dengan air yang tidak aman q Malnutrisi karena tindakan berlebihan dalam mengencerkan formula untuk “mencukupkan" persediaan susu formula. (Menghemat 5/2/12 .

pemerintah darah dan masyarakat harus mendukung ibu dan bayi secara penuh dengan penyediaan waktu dan fasilitas khusus 2) Selama pemberian air susu ibu. Undang-undang Pembatasan Susu Formula  Pasal 128 36/2009 1) Setiap bayi berhak mendapatkan air susu ibu eksklusif sejak dilahirkan selama 6 buln. pihak keluarga. 3) Penyediaan fasilitas khusus sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diadakan di tempat kerja dan tempat 5/2/12 . Undang-undang Kesehatan No. kecuali atas tindakan medis pemerintah.

Undang-undang Pembatasan Susu Formula  Pasal 129 36/2009  Pemerintah bertanggung jawab dalam menetapkan kebijakandalam rangka menjamin hak bayi untuk mendapatkan air susu ibu secara eksklusif  Pasal 200 Setiap orang yang dengan sengaja menghalangi program pemberian air susu ibu eksklusif sebagaimana 5/2/12 .Undang-undang Kesehatan No.

Dukungan Untuk Ibu 5/2/12 .

Ibu Bekerja dan ASI Eksklusif WHO merekomendasika n bahwa seorang ibu baru harus ijin tidak masuk (cuti) selama 16 minggu setelah melahirkan untuk dapat beristirahat dan menyusui 5/2/12 .

Namun hal ini akan sulit dilaksanakan apabila di tempat bekerja atau di sekitar tempat bekerja tidak tersedia sarana penitipan bayi atau pojok laktasi. q Bila tempat bekerja dekat dengan rumah.q Ibu bekerja tetap harus memberi Ibu Bekerja dan ASI Eksklusif ASI kepada bayinya karena banyak keuntungannya. q Jika memungkinkan bayi dapat dibawa ketempat ibu bekerja. ibu dapat pulang untuk menyusui bayinya pada waktu istirahat atau minta bantuan seseorang untuk membawa bayinya ketempat 5/2/12 .

q Jangan memberikan makanan lain sebelum bayi benar benar sudah membutuhkannya. q Berikan ASI secara eksklusif dan sesering mungkin selama ibu cuti melahirkan. q Jangan memberi ASI melalui botol.Ibu Bekerja dan ASI Eksklusif q  Walaupun ibu bekerja dan tempat bekerja jauh dari rumah. ibu tetap dapat memberikan ASI kepada bayinya. berikan melalui cangkir atau sendok yang mulai dilatih 1 minggu sebelum ibu mulai 5/2/12 .

5/2/12 . q Sebelum pergi bekerja ASI dikeluarkan dan dititipkan pada pengasuh bayi untuk diberikan kepada bayi. Sediakan waktu yang cukup dan suasana yang tenang agar ibu dapat dengan santai mengeluarkan ASI.Ibu Bekerja dan ASI Eksklusif q Ibu sudah harus belajar cara memerah ASI segera setelah bayi lahir.

q Setelah ASI diperah bayi tetap disusui untuk mendapatkan ASI akhir (hindmilk). karena pengisapan oleh bayi akan lebih baik daripada pengeluaran ASI dengan 5/2/12 . karena panas akan merusak bahan-bahan anti infeksi yang terkandung dalam ASI.Ibu Bekerja dan ASI Eksklusif q ASI jangan dimasak atau dipanaskan.

Ibu Bekerja dan ASI Eksklusif Penyimpanan ASI q Di dalam ruangan dengan suhu 27-32 °C kolostrum dapat disimpan selama 12 jam. sedangkan ASI pada suhu 19-25 °C dapat tahan selama 4-8 jam. q ASI yang disimpan di dalam lemari es 5/2/12 .

15/2/12 . p. kendala. 8 Mei 2004.Evans GD. IFAS Extension. Emotional and Physical Preparation for Breast feeding.Suradi R. Pidato pada pengukuhan sebagai Guru Besar tetap Ilmu Kesehatan Anak FKUI. serta usaha pencapaiannya. Danda CE. Menempatkan kembali peran ASI dalam pembinaan Tumbuh Kembang bayi dan anak: Manfaat. Jakarta. 2. University of Florida.Daftar Pustaka 1.

WZ \SZSZ  VSS ^aSZYSZ VWZYSZ _aa #### [[_`^a VS\S` V_\SZ _WSS #S_WVSZYSZ  \SVS _aa  ##VS\S` `SSZ _WSS # S   SZYV_\SZ V VSS WS^ W_ \SVS _aa #SSZ `SSZ _WSS #S^ WZ \SZSZ V VSS WS^ \WTWa X^WW W^V VSS WS^ W_ \Z`a  `SSZ _WSS #TaSZ_WVSZYSZ VSS X^WW W^V WS^ W_ #\Z`a \Z`a X^WW W^`W^\_S`SSZ _WSS ## TaSZ W\S` WZ \SZ  _WTSZ S VS^ \S_` \[W` WZS`Sa YWS_ SUS .

 a^SV  WZW\S`SZ WTS \W^SZ  VSS \WTZSSZ aTa WTSZY TS  VSZ SZS SZXSS`WZVSS_W^`S a_SS \WZUS\SSZZ S VS`[ \SVS \WZYaaSZ _WTSYS a^aW_S^ `W`S\ a W_WS`SZ ZS   SS^`S  W# # # bSZ_ SZVS [`[ZSSZV  _US ^W\S^S`[ZX[^^WS_` XWWVZYZbW^_` [X [^VS  `WZ_[Z\ # # [^V WS`.

^YSZ S`[Z  aa \WS`SZ [Z_W[^ S`S_ # #  ## # V a^SV  S_[S^S [WVS^V[  S^Z[`[ SSZ TSUSSZ SZSWWZ S`S_W`SSZ W# SS^`S W^a\aSZ W^ZS`[[Y ZV[ZW_S# # # SU[ZSV _T^WS_`TW_` _WS^ _[VXWWVZYS^Xa  # # ## # #  ## .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful