You are on page 1of 7

MEMORANDUM OF UNDERSTANDING

(NOTA KESEPAHAMAN) ANTARA

SMK NEGRI 2 TERBANGGI BESAR KAB. LAMPUNG TENGAH


DENGAN

STMIK DHARMAWACANA METRO LAMPUNG


TENTANG

KERJASAMA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN

LAMPUNG TENGAH 2011

PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 2 TERBANGGI BESAR
Jl. A. Yani No. 3 Poncowati Lampung Tengah 34165 (0725) 26060, 26061 Fax. 26061 Website : www.smkn2terbanggibesar.sch.id. E-Mail : smkn2_terbanggibesar@yahoo.co.id.

MEMORANDUM OF UNDERSTANDING (NOTA KESEPAHAMAN) ANTARA SMKN2 TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH DENGAN STMIK DHARMAWACANA METRO LAMPUNG TENTANG KERJASAMA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA SECARA BERSAMA-SAMA

Menimbang : bahwa dalam rangka melaksanakan ketentuan Pasal 35 ayat (4), Pasal 36 ayat (4) , Pasal 37 ayat (30), Pasal 42 ayat (3), Pasal 43 ayat (2), pasal 59 ayat (3), Pasal 6 ayat (4 ), dan Pasal 61ayat (4) Undang-Undang nomor 20 Tahun 2003 Tentang system Pendidikan Nasional. Mengingat : 1. Pasal 5 ayat (2) Undang -Undang Dasar Negara Repblik Indonesia Tahun 1945; 2. Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sitem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Tahun 2003 Nomor 78 Tambahan Lembaran Negara Normor 43021); 3. UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). 4. PP No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah 5. Keputusan Di rektur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Dapertemen Pendidikan Nasional Nomor Bertaraf Inter nasional. : 0004/CS.2/ke 5/MN/2006 tentang Sekoah

MEMUTUSKAN: Menetapkan : MEMORANDUM UNDERSTANDING ( NOTA KESEPAHAMAN )

Pada hari Senin, tangal Lima Belas bulan November tahun Dua Ribu Sepuluh, bertempat di SMK Negeri 2 Terbanggi Besar Lampung Tengah, kami yang bertanda tangan di bawah ini : . 1. Nama Jabatan Alamat : SUNARNO, ST.MT, MM.Pd : Kepala SMKN2 Terbanggi Besar : Jl. A. Yani No.3 Poncowati, Terbanggi Besar, Lampung Tengah Kode Pos 34165 Tlp.(0725) 26060 26061 Fax. (0725) 26061 Dalam hal ini bertindak untuk dan atas Nama SMKN2 Terbanggi Besar Lampung Tengah, selanjutnya dalam naskah kesepahaman ini disebut Sebagai Pihak Sekolah. 2. Nama Jabatan Alamat : ARI WIBOWO, S.KOM, M.KOM : Ketua STMIK Dharma Wacana Metro : Jl. Imam Bonjol 22 Hadimulyo Metro Barat, Kota Metro Lampung Tlp. (0725) 43141 Fax. (0725) 48383 Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama STMIK Dharma Wacana Metro, selanjutnya dalam naskah kesepahaman ini disebut Sebagai Mitra Sekolah. BAB I KETENTUAN UMUM Pasal 1. Dalam Nota Kesepahaman ini dimaksud dengan :
1.

Pihak Sekolah adalah

SMKN2 Terbanggi Besar yang

beralamat di Jl. A. Yani No 3

Poncowati, Kec. Terbanggi Besar, Kab. Lampung Tengah.


2.

Mitra Sekolah adalah STMIK Dharma Wacana Jl. Imam Bonjol 22 Hadimulyo Metro Barat, Kota Metro Lampung Tlp. (0725) 43141 Fax. (0725) 48383. Kerja sama adalah suatu bentuk usaha bersama dalam upaya peningkatan mitu pendidikan yang saling menunjang dan tidak saling merugikan semua pihak dan tidak bertentangan dengan kaidah hukum yang berlaku.

3.

BAB II LINGKUP, FUNGSI, DAN TUJUAN Pasal 2. Lingkup kerja sama meliputi :
1. 2. 3.

Pelaksanaan Praktek Kerja Industri SMKN2 Terbanggi Besar Lampung Tengah. Penyaluran tamatan SMKN2 Terbanggi Besar Lampung Tengah. Uji Kompetensi Profesi dibawah LSP Telematika untuk kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, Multimedia, dan Rekayasa Perangkat Lunak.

Pasal 3. Kerja sama antara sekolah dan mitra sekolah ini berfungsi :
1.

Sebagai bentuk dukungan mitra sekolah / perguruan tinggi Industri terhadap program pemerintah dalam pengembangan dunia pendidikan. Sebagai bentuk Kemitraan yang harmonis antara penghasilan dan pengguna lulusan atau stake holder. Sebagai jembatan penghubung antara lulusan dengan pengguna lulusan / pasar kerja.

2. 3.

Pasal 4. Kerja sama antara sekolah dan mitra sekolah ini bertujuan :
1.

Memberikan akses bagi mitra sekolah sebagai Stake Holder untuk memeberikan masukan pada pihak sekolah, terkait dengan kualitas lulusan. Memberikan kesempatan bagi siswa untuk melaksanakan praktik kerja industri di lingkungan mitra sekolah sesuai kondisi dan ketentuan teknis yang akan disepakati bersama. Sebagai Stake Holder aktif dalam memberikan verifikasi pelaksanaan pendidikan yang bermutu. BAB III BENTUK KERJASAMA

2.

3.

Pasal 5. Praktek Kerja Industri


1.

Praktek Kerja Industri, untuk selanjutnya disebut Prakerin adalah suatu bentuk pembelajaran yang berorientasi lapangan dan dilaksanakan ditempat kerja yang sering disebut dengan istilah (Dunia Usaha / Dunia Industri)

2.

Prakerin dilaksanakan di mitra sekolah untuk jangka waktu 3 - 12 bulan

3.
4.

Selama mengikuti Prakerin siswa mempunyai kewajiban mentaati tata tertib dan instruksi yang dikeluarkan oleh mitra sekolah sama dengan karyawan lain. Selama mengikuti Prakerin siswa berhak mendapatkan pelatihan, bimbingan dan pengawasan sesuai dengan ilmu yang sedang didalami serta hak hak yang diberikan secara khusus oleh pihak mitra sekolah ( jika ada ).

5.
6.

Selama Prakerin pihak sekolah mengadakan pantauan selama tiga kali dalam bentuk pengantaran, monitoring, dan penjemputan. Mitra sekolah berkewajiban untuk memberikan pelatihan, bimbingan dan pengawasan dan sertifikasi kepeda peserta prakerin yang berkasnya telah disiapkan oleh pihak sekolah. Mitra sekolah berkewajiban memberitahukan kemajuan siswa kepada pihak sekolah melalui pebimbing sekolah pada saat pelaksanaan monitoring dan penjemputan. Mitra sekolah berhak memberhentikan pelaksanaan prakerin di lokasi kerjanya dan mengembalikan peserta kesekolah kapan saja jika terbukti peserta melanggar tata tertib, etos kerja dan pembuatan lain yang akan mengganggu kinerja perusahaan.

7.

8.

Pasal 6. Penyaluran tamatan SMKN2 Terbanggi Besar Lampung Tengah. 1. 2.


3.

Kedua belah pihak diharapkan untuk senantiasa menjalin hubungan kerja sama. Pihak sekolah berkewajiban untuk selalau mencari informasi terkait dengan lapangan kerja yang mungkin ada di semua mitra sekolah. Pihak sekolah melalui BKK (Bursa Kerja Khusus) berkewajiban untuk menjadi perantara antara alumnus / lulusan dengan pihak mitra sekolah yang memiliki kesempatan kerja. Pihak Mitra sekolah diharapkan bersedia membrikan informasi lowongan kerja yang ada di unit kerjanya kepada pihak sekolah kapanpun diperlukan. Teknis untuk pelaksanaan test masuk kerja sepenuhnya diserahkan kepada pihak mitra sekolah. Pihak sekolah berkewajiban membantu pelaksanaan teknis pada pasal 6 ayat 5 jika diperlukan oleh mitra sekolah. Mitra sekolah memberikan beasiswa pendidikan untuk tamatan SMKN2 Terbanggi Besar Lampung Tengah yang berprestasi.

4.

5. 6. 7.

Pasal 7. Uji Kompetensi


1.

Sesuai dengan Pedoman BNSP tentang teknis Ujian Nasional pihak mitra sekolah berhak dan wajib untuk mengadakan verifikasi terhadap kesiapan, pelaksanaan dan hasil uji bagi peserta uji Kompetensi di sekolah.

2. 3.
4.

Pihak sekolah berkewajiban memberitahukan jadwal pelaksanaan ujian dan verifikasi kepada pihak mitra sekolah sesuai dengan jadwal dalam pedoman teknis BNSP. Mitra sekolah melaksanakan verifikasi setelah adanya pemberitahuan dari pihak sekolah tentang jadwal ujian dan verifikasi. Mitra sekolah sebagai Stake Holder berhak memberikan masukan kepada pihak sekolah jika ditemukan hal hal yang dapat mengurangi kualitas hasil ujian. Mitra sekolah berhak menolak untuk memberikan verifikasi lebih lanjut jika ternyata sekolah tidak mengindahkan rekomendasi temuan verifikasi yang telah dilaksanakan oleh mitra sekolah.

5.

6.

Mitra sekolah berkewajiban untuk menendatangani hasil ujian yang telah diverifikasi oleh pihak mitra sekolah. BAB IV PEMBIAYAAN

Pasal 8.
1.

Segala biaya yang timbul akibat dari pelaksanaan kerjasama ini dibebankan kepada TAK sesuai anggaran dan kapasitas yang akan disepakati lebih lanjut sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

2.

Segala biaya yang timbul akibat kelalaian peserta / siswa diluar prosedur pelaksanaan kerja sama ini menjadi tanggung jawab peserta dan atau wali siswa. BAB V LAIN LAIN

Pasal 9. Hal hal lain yang belum di atur dalam naskah Nota Kesepahaman ini akan diatur lebih lanjut oleh kedua belah pihak dan keberadaannya tidak dapat dipisahkan dalam naskah ini.

BAB VI PENUTUP Pasal 10.

1.

Kesepakatan ini bersifat mengikat, berlaku sejak hari dan tanggal ditetapkan untuk jangka waktu 2 tahun dan dapat diperpanjang, diperpendek, diubah maupun diakhiri berdasarkan persetujuan kedua belah pihak.

2.

Nota kesepahaman ini dibuat 2 (dua) rangkap, dan ditanda tangani di atas materai cukup oleh kedua belah pihak

Disepakati bersama di Lampung Tengah Pada Tanggal 2011 PIHAK KEDUA PIHAK PERTAMA

ARI WIBOWO, S.Kom, M.Kom Ketua STMIK Dharma Wacana Metro

SUNARNO, ST.,MT.,MM.Pd Kepala SMKN2 Terbanggi Besar