Aku mencintaix: ★ Aku mencintainya, tanpa melihat kata "SEMPURNA" . .

★ Aku mencintainya dengan segala kesabaran dan keikhlasan hatiku . . ★ Aku mencintainya dengan melihat agamanya, bukan fisikalnya ★ Aku mencintainya dengan sebentuk cinta yang ku punya . . ★ Aku mencintainya, tanpa melebihi rasa cintaku pada-NYA . . ★ Aku mencintainya dengan melihat segala kelebihan dan kekurangan yang ia miliki . .

~ SEORANG IBU KEPADA ANAKNYA~ Sahabat Hikmah… Ada seorang sahabat yang menemui seorang pemimpin yang alim, kaya dan sholeh. Dia orang yang sangat sopan, terkenal menghargai setiap orang dan mempunyai pribadi yang sangat menyenangkan. Ketika ditanya oleh sahabat tersebut apa TIPS agar dia mempunyai pribadi yang MENYENANGKAN, RENDAH HATI dan DISENANGI banyak orang, pemimpin yang sholeh itu menjawab: ” Saudara , saya SELALU mengHARGAi SETIAP ORANG, siapapun dia, dan saya SELALU mengHARGAi setiap KESEMPATAN” • "Jika saya berjumpa dengan ANAK-ANAK, saya menganggap anak-kanak itu LEBIH MULIA daripada saya, karena anak-kanak ini BELUM BANYAK melakukan DOSA daripada saya.” • ” Apabila saya bertemu dengan ORANG TUA, saya menganggap dia LEBIH MULIA daripada saya karena dia sudah LEBIH LAMA berIBADAH." • ”Jika saya berjumpa dengan ORANG ALIM, saya menganggap dia LEBIH MULIA daripada saya karena BANYAK ILMU yang telah mereka pelajari dan ketahui." • "Apabila saya berjumpa dengan RAKYATku, saya menganggap dia LEBIH MULIA daripada saya karena dia tidak akan DIMINTA PERTANGGUNG JAWABAN seberat saya, dan mungkin di mata Allah dia LEBIH MULIA karena lebih berTAKWA." • ”Apabila saya melihat ORANG JAHIL (BODOH), saya menganggap mereka LEBIH MULIA daripada saya karena mereka membuat DOSA dalam keJAHILan, sedangkan saya membuat DOSA dalam keadaan MENGETAHUI." • ”Jika saya melihat ORANG JAHAT, saya TIDAK menganggap kita LEBIH MULIA karena mungkin satu hari nanti dia akan INSAF dan BERTAUBAT atas kesalahannya sehingga dia DICINTAI oleh Allah." • ”Apabila saya bertemu dengan ORANG KAFIR, saya mengatkan didalam hati bahwa mungkin pada suatu hari nanti mereka akan DIBERI HIDAYAH oleh Allah dan akan memeluk Islam, maka segala dosa mereka akan DIAMPUNI oleh Allah.” Dan... Karena sesungguhnya kita TIDAK TAHU apakah AKHIR HIDUP kita lebih LEBIH MULIA atau LEBIH HINA dari mereka. Karena sesungguhnya kita TIDAK TAHU apakah kita akan mendapat AMPUNAN dan RAHMAT dari Allah sehingga nantinya menjadi penghuni SURGA, atau sebaliknya kita pada akhirnya TERPEROSOK dalam DOSA di AKHIR HIDUP kita sehingga akhirnya masuk ke dalam NERAKA dan mereka SEBALIKNYA. Karena KEMULIAAN yang sesungguhnya adalah bila dia selamat dari NERAKA dan dimasukkan oleh Allah ke dalam SURGA. Karena KEHIDUPAN DUNIA adalah FATAMORGANA yang MENIPU, dan hanya Allah yang mengetaui KEMULIAAN seseorang."

Dan karena sesungguhnya Rasulullah shalallaahu ’alaihi wa sallam telah bersabda (dari Abu Abdurahman Abdullah ibn Mas'ud ra) : ”Sesungguhnya seseorang di antara kamu dikumpulkan penciptaannya dalam perut ibunya selama 40 hari berupa air mani. Kemudian 40 hari menjadi segumpal darah, kemudian 40 menjadi sepotong daging. Kemudian diutuslah seorang Malaikat untuk MENIUPKAN ROH kepadanya dan diperintah dengan 4 (macam) perintah, yaitu meNULISkan REZEKInya, AJALnya, AMALnya, dan CELAKAnya atau BAHAGIAnya. Demi Dzat yang tiada Tuhan selain Dia, sesungguhnya seseorang diantara kamu melakukan AMAL AHLI SURGA hingga tiada jarak antara dirinya dengan SURGA, melainkan hanya SEJENGKAL saja, Lalu dia didahului oleh CATATAN TAKDIRnya dan beramal dengan AMAL AHLI NERAKA, maka masuklah dia ke NERAKA. Dan (ada pula) seseorang diantara kamu melakukan AMAL AHLI NERAKA hingga tiada jarak antara dirinya dengan NERAKA, melainkan hanya SEJENGKAL saja, Lalu dia didahului oleh CATATAN TAKDIRnya dan beramal dengan AMAL AHLI SURGA, maka masuklah dia ke SURGA” (HR. Bukhari, Muslim) Akhirnya dengan mengangguk-angguk sahabat tadi berkata : "Subahnallah dengan HIKMAH ini semoga Engkau akan selalu MEMULIAKAN orang lain dan MEMULIAKAN KESEMPATAN , sehingga akan DIMULIAKAN oleh Allah subhanahu wa ta'la" Pemimpin tersebut menjawab : "Amin yaa Rabbal 'aalamiin" Wallahu a'lam bish showab Semoga dapat mengambil HIKMAH dan mengamalkannya

" • ‖Jika saya berjumpa dengan ORANG ALIM. Dia orang yang sangat sopan. pemimpin yang sholeh itu menjawab: ‖ Saudara . kaya dan sholeh.‖ Dan. atau sebaliknya kita pada akhirnya TERPEROSOK dalam DOSA di AKHIR HIDUP kita sehingga akhirnya masuk ke dalam NERAKA dan mereka SEBALIKNYA. maka segala dosa mereka akan DIAMPUNI oleh Allah. Karena sesungguhnya kita TIDAK TAHU apakah AKHIR HIDUP kita lebih LEBIH MULIA atau LEBIH HINA dari mereka. terkenal menghargai setiap orang dan mempunyai pribadi yang sangat menyenangkan. karena anak-kanak ini BELUM BANYAK melakukan DOSA daripada saya.. sedangkan saya membuat DOSA dalam keadaan MENGETAHUI. saya menganggap dia LEBIH MULIA daripada saya karena dia tidak akan DIMINTA PERTANGGUNG JAWABAN seberat saya. siapapun dia. saya mengatkan didalam hati bahwa mungkin pada suatu hari nanti mereka akan DIBERI HIDAYAH oleh Allah dan akan memeluk Islam. saya menganggap anak-kanak itu LEBIH MULIA daripada saya. Ketika ditanya oleh sahabat tersebut apa TIPS agar dia mempunyai pribadi yang MENYENANGKAN. saya menganggap dia LEBIH MULIA daripada saya karena BANYAK ILMU yang telah mereka pelajari dan ketahui." • "Apabila saya berjumpa dengan RAKYATku." • ‖Jika saya melihat ORANG JAHAT. o AGAR menjadi PRIBADI yang RENDAH HATI dan DISENANGI Sahabat Hikmah… Ada seorang sahabat yang menemui seorang pemimpin yang alim. dan mungkin di mata Allah dia LEBIH MULIA karena lebih berTAKWA. saya SELALU mengHARGAi SETIAP ORANG. saya menganggap dia LEBIH MULIA daripada saya karena dia sudah LEBIH LAMA berIBADAH. Karena sesungguhnya kita TIDAK TAHU apakah kita akan mendapat AMPUNAN dan RAHMAT dari Allah sehingga nantinya menjadi penghuni SURGA." • ‖Apabila saya bertemu dengan ORANG KAFIR. RENDAH HATI dan DISENANGI banyak orang.‖ • ‖ Apabila saya bertemu dengan ORANG TUA. dan saya SELALU mengHARGAi setiap KESEMPATAN‖ • "Jika saya berjumpa dengan ANAK-ANAK. saya menganggap mereka LEBIH MULIA daripada saya karena mereka membuat DOSA dalam keJAHILan. saya TIDAK menganggap kita LEBIH MULIA karena mungkin satu hari nanti dia akan INSAF dan BERTAUBAT atas kesalahannya sehingga dia DICINTAI oleh Allah.. ." • ‖Apabila saya melihat ORANG JAHIL (BODOH).

melainkan hanya SEJENGKAL saja. Lalu dia didahului oleh CATATAN TAKDIRnya dan beramal dengan AMAL AHLI NERAKA.Karena KEMULIAAN yang sesungguhnya adalah bila dia selamat dari NERAKA dan dimasukkan oleh Allah ke dalam SURGA. dan CELAKAnya atau BAHAGIAnya. maka masuklah dia ke SURGA‖ (HR. melainkan hanya SEJENGKAL saja. Dan (ada pula) seseorang diantara kamu melakukan AMAL AHLI NERAKA hingga tiada jarak antara dirinya dengan NERAKA.A SILAHKAN MEMBERI KOMENTAR DI SINI: http://www. Bukhari. Karena KEHIDUPAN DUNIA adalah FATAMORGANA yang MENIPU. yaitu meNULISkan REZEKInya. maka masuklah dia ke NERAKA. AMALnya." Dan karena sesungguhnya Rasulullah shalallaahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda (dari Abu Abdurahman Abdullah ibn Mas'ud ra) : ‖Sesungguhnya seseorang di antara kamu dikumpulkan penciptaannya dalam perut ibunya selama 40 hari berupa air mani. dan hanya Allah yang mengetaui KEMULIAAN seseorang.F. sehingga akan DIMULIAKAN oleh Allah subhanahu wa ta'la" Pemimpin tersebut menjawab : "Amin yaa Rabbal 'aalamiin" Wallahu a'lam bish showab Semoga dapat mengambil HIKMAH dan mengamalkannya O. Demi Dzat yang tiada Tuhan selain Dia. Muslim) Akhirnya dengan mengangguk-angguk sahabat tadi berkata : "Subahnallah dengan HIKMAH ini semoga Engkau akan selalu MEMULIAKAN orang lain dan MEMULIAKAN KESEMPATAN .com/note. sesungguhnya seseorang diantara kamu melakukan AMAL AHLI SURGA hingga tiada jarak antara dirinya dengan SURGA. kemudian 40 menjadi sepotong daging. AJALnya.facebook. Kemudian diutuslah seorang Malaikat untuk MENIUPKAN ROH kepadanya dan diperintah dengan 4 (macam) perintah. Kemudian 40 hari menjadi segumpal darah. Lalu dia didahului oleh CATATAN TAKDIRnya dan beramal dengan AMAL AHLI SURGA.php?saved&&note_id=450710650848&id=29 1202364354  28 September 2010 .

sehingga suami benar-benar merasa bahwa rumahnya adalah SURGA yang penuh kenikmatan dan kesenangan. penuh keakraban dan senda gurau. MENJAGA PERASAAN SUAMI . dia menjadi dokter pribadinya yang senantiasa setia menemaninya. ―Wanita biasanya memiliki teman wanita yang akrab. Dia harus selalu berusaha menjadi seorang bidadari di rumahnya. …Untuk menjadi pendamping terbaik bagi suami. Disebutkan bahwa. Hatinya bening sebening mata air pegunungan. dan tutur katanya mendatangkan kedamaian di hati. Senyumannya manis semanis telaga madu. Pokoknya. Ini berarti. bagaimanakah caranya agar Anda menjadi pendamping terbaik suami? Di bawah ini adalah beberapa tips penting agar Anda bisa menjadi pusat perhatian suami. dengan senyum manis senantiasa terkembang.‖   Suatu hal yang telah cukup dikenal –baik dari sisi sosiologi maupun psikologi— semakin bertambah kedekatan seorang istri dengan suaminya. pandangannya hangat penuh cinta dan tutur kata lembut penuh kemanjaan. Tubuhnya harum mewangi. Dia bagaikan bunga yang segar dan menyejukkan mata. istri harus berusaha menjadi pusat perhatian suaminya. Jika suami kehausan. Abdul Mun‘im Qindil menyatakan bahwa untuk menjadi pendamping terbaik bagi suami.o AGAR ISTERI MENJADI PUSAT PERHATIAN SUAMI Seorang psikoterapis Doris Helmering menuturkan. faktor kebahagiaan rumah tangga adalah istri yang menjadi pendamping terbaik bagi mereka. apa pun yang dilakukannya selalu menebarkan pesona di mata suaminya. Wajahnya terang secerah bulan purnama. Dalam bukunya Menyelami Hati Wanita. wajahnya cerah. Jika dunia gelap di matanya. berarti istri harus berusaha menjadi pusat perhatian suaminya. Jika suaminya sakit. dia menjadi pelita yang siap menerangi jalannya. dia menjadi pelepas dahaga yang menyejukkan. Dia harus selalu berusaha menjadi seorang bidadari di rumahnya… Jadi. Teman terdekat laki-laki umumnya adalah istrinya. perilakunya lembut. maka kebahagiaan keduanya akan semakin bertambah. menurut para suami. relasi harmonis dalam kehidupan rumah tangga sangat penting bagi laki-laki. Kelemahlembutannya dalam memperlakukan suaminya sama dengan perlakuannya terhadap teman-teman dekatnya. sebagaimana dinyatakan Muhammad Kamil Abdul Shamad dalam bukunya Haqa`iq Taghfulu ‗Anha Az-Zaujat: 1.

Karena itu. ―Ada air sedikit. ambillah. Kombinasi yang jarang sekali terjadi. Wanita itu kemudian menyiapkan air minum dan kain pembersih. tetapi aku persiapkan hanya untuk suamiku. Ketika rasa haus mulai mencekiknya. Ada sisa minumanku. ―Manusia menyenangi orang yang bisa menjadikannya senang. Sebelum pergi.‖ katanya.‖ 3. AtTirmidzi: 2431. Kalau engkau mau. maka dia lebih baik daripada orang muslim yang tidak mau bergaul dengan manusia dan tidak bersabar atas gangguannya. Tidak satu pun perkataan keluar dari mulut perempuan itu.Peduli terhadap kebahagiaan suami dan mampu memperlihatkan serta menghormati cintanya merupakan fondasi keharmonisan sejati. ―Rasulullah bersabda bahwa agama itu terdiri dari dua bagian: syukur dan sabar. dan perlindungan. ―Orang muslim jika dia bergaul dengan manusia dan bersabar atas gangguannya. Mulutnya tidak henti-hentinya menghardik istrinya. di kejauhan dia melihat sebuah kemah. salah seorang menterinya. Sebesar apa pun kebencian Anda kepada suami.‖ Ketika Anda merasa tidak nyaman dan membenci teman Anda. Al-Ashma'i. kecantikan. Dia membimbingku untuk berakhlak baik. ―Engkau muda. Aku BERSYUKUR karena Allah telah menganugerahkan kepadaku usia muda. menyerahkan minuman dengan khidmat.‖ (HR. Rasulullah bersabda. Anda tidak bisa menghentikan interaksi Anda dengannya.‖ Tiba-tiba wajah wanita itu tampak siaga. Dia membersihkan kaki suaminya. BERSABARLAH Keberadaan Anda sebagai partner suami menuntut Anda untuk bersabar dalam segala hal. hanya karena dia mengabaikan beberapa hal yang sepele. melakukan perburuan. Mengapa engkau korbankan dirimu untuk melayani lelaki tua yang berakhlak buruk?‖ …Rasulullah bersabda bahwa agama itu terdiri dari dua bagian: syukur dan sabar… Jawaban wanita itu mengejutkan Al-Ashma'i. maka Anda harus tetap berada di sisinya. dishahihkan oleh Al-Albani. Anda harus bersamanya ketika makan. Lelaki yang datang itu lebih pas jika disebut ―bekas manusia‖. Seorang tua yang jelek dan menakutkan. Dia memandang kepulan debu dari kejauhan. Dia memacu kudanya ke arah sana dan mendapati seorang penghuni wanita muda dan jelita. Aku telah melaksanakan setengah agamaku. Dia meminta air. Wanita itu berkata. Inilah yang harus diperhatikan dalam pendidikan dan pelatihan. 2. dan setia. Perempuan tersebut berkata. dan menuntunnya dengan mesra masuk ke kemah. aku ingin melengkapi agamaku dengan setengahnya lagi. Pada zaman Khalifah Al-Manshur. dan lain sebagainya. cantik. maka Anda bisa saja menghentikan interaksi dengannya. bersenda-gurau dengannya. Karena terlalu asyik mengejar hewan buruan. ―Suamiku datang. Namun dengan suami. Lihat: Shahih Al-Jami‘: 6651) Ada sebuah kisah menarik tentang hal ini. sampai rasa benci itu hilang. yakni BERSABAR. Psikolog Marlin Roman menyatakan. dia terpisah dari kelompoknya dan tersesat di tengah padang sahara. Al-Ashma'i bertanya kepada wanita itu. Pelajarilah Bahasa Suami . Terasing dan sendirian.

tatkala suami Anda berada dalam kesulitan. Dengan demikian Anda telah membantu mengurai benang kusut permasalahan yang dihadapinya. seperti: ―Mengapa itu terjadi?‖. Inilah yang membuat pernikahan menjadi sesuatu yang agung. Berbeda dengan keyakinan yang membudaya. Anda menuntut suami agar meyakinkan Anda bahwa segala sesuatu akan berjalan sesuai yang diinginkan. bisa menimbulkan reaksi yang tidak Anda harapkan dari dia. Benar. ketika teman Anda menghadapi masalah. Artinya. yaitu dia malah tidak mau bicara. alangkah baiknya jika Anda mau menahan perasaan. Relasi harmonis sejati akan mendatangkan keintiman yang penuh dengan dinamika. ―Saya tidak suka menceritakan urusan pekerjaan kepada istri saya. sepenuh jiwa dan raganya. Dia juga bisa mendapatkan pahala al-abrar (ahli . mungkin Anda bisa menghadirkan kelembutan dan rasa simpati. Istri muslimah yang shalehah hidup dengan suaminya sepenuh hati. Karena pilar pertama relasi adalah mau mendengarkan. Anda menyampaikan pertanyaan tersebut karena mengira cara itu adalah bentuk kepedulian kepada suami. Bukankah Islam telah menjadikan ketulusan seorang istri terhadap suaminya setara dengan jihad fi sabilillah dalam hal ganjarannya? Seorang istri bisa menadapatkan pahala ash-shiddiqin (orang-orang jujur dan tulus) jika selalu jujur dalam tindakan dan ucapannya. Namun sejatinya. bahwa laki-laki bicara mengenai dirinya melalui obrolan mengenai pekerjaannya. yang perlu Anda lakukan adalah diam mendengarkan ucapannya penuh konsentrasi. karena cinta saja tidaklah cukup. Jika saya melakukannya. Hal ini menyebabkan dia menyesal telah memberi kepercayaan kepada Anda. Namun. ―Apa yang akan engkau perbuat?‖.Laki-laki akan tetap berbicara tentang dirinya saat menceritakan pekerjaannya. tetapi Anda gagal menjadi pendamping terbaiknya. Suami. Maka sebaiknya Anda tidak bersikap seperti itu. maka sebenarnya dia juga sedang berbicara mengenai masalah-masalah pribadi yang sangat dalam. justru saya tidak dapat menuntaskan masalah yang saya hadapi. Penyebab yang sebenarnya dia bersikap seperti itu mungkin karena dia takut pekerjaannya belum optimal. Jangan Menambah Masalah Terkadang. sepenuh perasaan. Anda justru berbuat kebodohan yang menambah dia gelisah dengan menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang membebani. misalnya. …Islam telah menjadikan ketulusan seorang istri terhadap suaminya setara dengan jihad fi sabilillah dalam hal ganjarannya… 4. dengan pertanyaan itu. Jika Anda langsung menimpalinya dengan menyaranka agar dia siap menghadapinya. pulang ke rumah sambil marah-marah karena pimpinannya di kantor kurang menghargai kerja keras yang dilakukannya. tetapi ciptakanlah suasana lembut yang membuatnya lebih siap untuk menceritakan permasalahannya itu.‖ Oleh karena itu. cinta Anda begitu besar kepada suami. Perasaan dan pikirannya tidak pernah lepas dari pasangannya. Suami selalu mengatakan. dan lain sebagainya. Istri harus paham ketika suaminya bercerita tentang pekerjaannya.

.facebook..com/dbs] KOMENTAR: http://www. Kadang saya HERAN.kebajikan) jika mampu memenuhi semua kewajiban terhadap suaminya. kesetian.com/note. dan ketulusan untuk hidup berbagi suka dan duka dalam segala suasana. Betapa besar perhatian Islam dalam urusan cinta! [ganna pryadha/voa-islam. menurut Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallam kebanyakan penduduk neraka adalah wanita. keserasian. Jika dia memiliki impian untuk menyulap rumahnya menjadi kebun surga yang indah. ―Aku melihat ke dalam Surga maka aku melihat kebanyakan penduduknya adalah fuqara (orang-orang fakir) dan aku melihat ke dalam neraka maka aku menyaksikan kebanyakan penduduknyaadalah . …Rumah tangga yang baik bukanlah yang dipenuhi dengan perabotan mewah dan modern. Dia juga bisa mendapatkan pahala asy-syuhada jika ia mampu melewati kesulitan dalam mengurus suami dan anak-anaknya.php?note_id=450348965848  30 September 2010  WANITA itu ISTIMEWA tetapi Mengapa BANYAK masuk NERAKA? Sahabat Hikmah. kesetian. keserasian. dan ketulusan untuk hidup berbagi suka dan duka dalam segala suasana… Wanita memiliki kemampuan luar biasa dalam menciptakan kehidupan yang baik. Rumah tangga yang baik bukanlah rumah yang selalu dipenuhi dengan perabotan mewah dan modern. Tapi rumah tangga kebahagiaan yang mampu menyatukan banyak hati yang disinari cinta dan kasih sayang. pasti dia mampu melakukannya dengan sedikit biaya. Tapi rumah kebahagiaan adalah yang mampu menyatukan banyak hati yang disinari cinta dan kasih sayang.

Pernahkah mengalami MUSIBAH atau COBAAN yang sangat menSAKITkan? Mungkin suami/istrei/anak Anda sakit yang tidak bisa disembuhkan atau bahkan meninggal. karena SEGALA URUSANnya adalah BAIK baginya.. Dari hadits di atas ternyata TIPS-nya satu. dsb. ia berSABAR. perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak. kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. atau Anda di-PHK (kerja atau cinta). Karena Rasulullah bersabda dari Suhaib r. suami tidak mau memberi nafkah. Kitab-kitabNya. bisnis bangkrut.' Allah berfirman. Dan hal yang demikian itu TIDAK AKAN terdapat KECUALI HANYA pada orang MUKMIN. Rasul-rasul-Nya. karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang TERBAIK untuknya.a.. yaitu jika ia mendapatkan keBAHAGIAan.  TIPS agar SABAR dan IKHLAS menerima KENYATAAN (1) Sahabat Hikmah. dan tetap berSYUKUR kepada Allah atas keNYATAan tersebut ? Bila Anda bisa melakukan seperti itu.. seperti hujan yang tanamtanamannya mengagumkan para petani..‖ (HR. ‗Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan SEBENTAR saja. ―Ketahuilah bahwa sesungguhnya kehidupan DUNIA itu hanyalah perMAINan dan suatu yang meLALAIkan. Sehingga kita akan berSABAR untuk menjalani keHIDUPan yang SEMENTARA dan menanti keHIDUPan yang KEKAL ABADI. sauadara. ia berSYUKUR. berarti Anda telah melakukan hal yang menTAKJUBkan. Apakah Anda ingin SABAR dan RIDLO menerima setiap keNYATAan. BerIMAN bahwa hidup di DUNIA adalah SEMENTARA. Taqdir-Nya dan Hari Akhir) dan berIMAN dengan hal-hal berikut : • 1. isteri yang tidak taat.. Dan kehidupan DUNIA ini tidak lain hanyalah keSENANGan yang MENIPU ?‖ (QS Al-Hadiid: 20) ―Allah bertanya. ―Sungguh menTAKJUBkan perkaranya orang yang berIMAN. suami. Malaikat. bercerai.. yaitu menjadi manusia berIMAN Tetapi beriman yang seperti apa sahabat? Yaitu menjadi orang yang berIMAN dengan 6 RUKUN IMAN (berIMAN kepada Allah. ‗Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi?' Mereka menjawab. serta tetap bisa TERSENYUM dan berbuat BAIK kepada mereka.. Muslim) Sahabat Hikmah. ‗Kami tinggal (di bumi) SEHARI atau ½ HARI.' Maka . suami/isteri selingkuh. orang tua. Dan jika ia tertimpa MUSIBAH. maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung. bukan sebenarnya keHIDUPan dan AKHIRAT itulah keHIDUPan yang sebenarnya dan KEKAL. teman yang zhalim. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. kalau kamu mengetahui dengan sesungguhnya. karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal TERBAIK bagi dirinya. teman atau tetangga tidak mau menyapa.

sedang mereka tidak diUJI lagi? Dan sesungguhnya Kami telah mengUJI orang-orang yang SEBELUM mereka. BerIMAN bahwa semua yang terjadi telah TERTULIS dalam KITAB di LAUH MAHFUZH. Dan jika kamu mengHITUNG NI‘MAT Allah. BerIMAN bahwa disamping MUSIBAH COBAAN yang ada. Kita akan bisa mempunyai kePRIBADIan seperti para Nabi dan Rasul. ‖ (QS Al Qalam : 4) • 3. sangat . supaya Dia mengUJI kamu. siapa di antara kamu yang LEBIH BAIK amalnya. dan kita WAJIB berSYUKUR dan berTAKWA. BerIMAN bahwa hidup di DUNIA adalah TEMPAT UJIAN (dengan keBURUKan dan keBAIKan ) dan akan diMINTA perTANGGUNGJAWABannya (kewajiban) masing-masing. ‖Apakah manusia itu mengira bahwa mereka diBIARkan (saja) mengatakan: "Kami telah berIMAN".‖ (QS Al-Hadiid: 22-23) • 4. Sesungguhnya yang demikian itu adalah MUDAH bagi Allah. dan bahwa kamu tidak akan diKEMBALIkan kepada Kami?‖ (QS Al-Mu'minuun: 112-115) • 2. Sehingga kita akan SIAP hidup susah (yang tidak sesuai dengan keinginan ) dengan penuh pengorbanan. BerIMAN bahwa UJIAN adalah untuk mengetahui keBENARan IMAN kita. ‖Tiada suatu BENCANA pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah TERTULIS dalam kitab (Lauhul-Mahfuzh) SEBELUM Kami menCIPTAkannya. kita akan IKHLAS (karena Allah bukan karena orang yang kita BENCI) tetap bisa TERSENYUM dan berbuat BAIK kepada orang yang menZHALIMi kita. Sesungguhnya MANUSIA itu. "Tidak ada sesuatu yang dapat memperberat timbangan (kebaikan) seorang mukmin pada hari Kiamat selain kebaikan akhlaknya". Tirmidzi) ‖Dan sesungguhnya kamu (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang agung. ‖Dan Dia telah memberikan kepadamu (kePERLUanmu) dari SEGALA apa yang kamu MOHONkan kepadanya. dan supaya kamu JANGAN TERLALU GEMBIRA terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu.apakah kamu mengira bahwa sesungguhnya Kami menCIPTAkan kamu secara MAIN-MAIN (saja). (HR. ‖Dialah yang menJADIkan MATI dan HIDUP. al-Anbiya': 35). TIDAKlah dapat kamu mengHITUNGnya. jauh lebih BANYAK NIKMAT yang Allah berikan.‖ (QS Al ‘Ankabut : 2-3) • 5. maka sesungguhnya Allah mengeTAHUi orang-orang yang BENAR dan sesungguhnya Dia mengeTAHUi orang-orang yang DUSTA. Dan Allah TIDAK MENYUKAI setiap orang yang SOMBONG lagi memBANGGAkan diri. Kami akan mengUJI kamu dengan keBURUKan dan keBAIKan sebagai COBAAN (yang sebenar-benarnya) dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu JANGAN berDUKA cita terhadap apa yang LUPUT dari kamu.‖ (QS Al Mulk : 2) "Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati." (Qs. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.

maka DARI (kesalahan) dirimu sendiri. ―Aku bertanya kepada Rasulullah Saw.ZHALIM dan sangat mengINGKARi (ni`mat Allah). sesungguhnya perTOLONGan Allah itu AMAT DEKAT.‖ (HR. Seseorang diUJI menurut KADAR AGAMAnya. dan siapakah yang mengKELUARkan yang HIDUP dari yang MATI dan mengKELUARkan yang MATI dari yang HIDUP dan siapakah yang mengATUR segala urusan?" Maka mereka akan menjawab: "Allah". Kami mengutusmu menjadi Rasul kepada segenap manusia. tatkala Tuhanmu mema`lumkan: "Sesungguhnya jika kamu berSYUKUR. ‖Apakah KAMU mengKIRA bahwa kamu akan MASUK SURGA ? Padahal belum datang kepadamu COBAAN sebagaimana halnya orang-orang terDAHULU sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh MALAPETAKA dan keSENGSARAan.‖ (QS Ibrahim : 34) ‖Dan (ingatlah juga). dan jika kamu mengINGKARi (ni`mat-Ku). Allah MENGETAHUI. Ath-Thabrani) ‖Apabila Aku mengUJI hamba-Ku dengan memBUTAkan keDUA MATAnya dan dia berSABAR maka Aku GANTI kedua matanya dengan SURGA. atau siapakah yang kuasa (menciptakan) penDENGARan dan pengLIHATan. dan apa saja BENCANA yang menimpamu. Al Baqarah: 216) • 7.‖ (QS An Nisa : 79) ‖ Boleh jadi kamu memBENCI sesuatu. dan boleh jadi (pula) kamu menSUKAi sesuatu. (QS Ibrahim : 7) Katakanlah: "Siapakah yang memberi RIZKI kepadamu dari langit dan bumi. Ahmad) . " (QS. padahal ia AMAT BURUK bagimu. sedang kamu TIDAK MENGETAHUI. serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya perTOLONGan Allah?" Ingatlah. ‖Apa saja NI‘MAT yang kamu peroleh adalah DARIi Allah. siapakah orang yang PALING BERAT UJIAN dan COBAANnya?‖ Nabi Saw menjawab. padahal ia AMAT BAIK bagimu. (HR. Kalau AGAMAnya TIPIS (lemah) dia diUJI sesuai dengan itu (RINGAN) dan bila IMANnya KOKOH dia diUJI sesuai itu (KERAS). BerIMAN bahwa semua keBAIKan "yang menimpa" kita berasal dari "sisi Allah" dan keBURUKan "yang menimpa" kita adalah disebabkan diri kita sendiri (dari nafs kita sendiri). ―Ya Rasulullah. BerIMAN bahwa untuk masuk SURGA harus siap menerima UJIAN. Seorang diUJI terus-menerus sehingga dia berjalan di muka bumi BERSIH dari DOSA-DOSA. Maka katakanlah: "MENGAPA kamu tidak berTAKWA (kepada-Nya)?" (QS Yunus : 31) • 6. pasti Kami akan menTAMBAH (ni`mat) kepadamu. Dan cukuplah Allah menjadi saksi. Bukhari) ‖Seorang hamba memiliki suatu DERAJAT di surga.‖ (QS Al Baqarah :214) Sa‘ad bin Abi Waqqash berkata. dan BESARnya PAHALA tergantung BESARnya UJIAN. (HR. maka sesungguhnya ADZAB-Ku sangat PEDIH". ―Para NABI kemudian yang MENIRU (menyerupai) mereka dan yang MENIRU (menyerupai) mereka. Ketika dia tidak dapat mencapainya dengan AMAL-AMAL keBAIKannya maka Allah mengUJI dan menCOBAnya agar dia menCAPAI derajat itu.

Para sahabat bertanya.. (HR.‖ (HR. karena SURGA harus diperoleh dengan JIHAD (keSUNGGUHan) dan keSABARan..‖ (QS Ali ‘Imran : 142) 9. Bukhari) ―Barangsiapa ditimpa musibah dalam hartanya atau pada dirinya lalu dirahasiakannya dan tidak dikeluhkannya kepada siapapun maka menjadi hak atas Allah untuk mengampuninya. Ahmad dan Tirmidzi) .‖ (HR.. Ath-Thabrani) 10... ‖ (QS Al Baqarah : 286) ‖Tidak semestinya seorang muslim mengHINA dirinya. ―Barangsiapa yang dikehendaki Allah dengan keBAIKan maka ditimpakan UJIAN padanya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. Al-Baihaqi) 11. diserang PENYAKIT atau keSEDIHhan (keSUSAHan) sampai pun DURI yang menusuk (tubuhnya) kecuali dengan itu Allah mengHAPUS DOSA-DOSAnya.‖Salah seorang dari mereka lebih senang mengalami ujian dan cobaan daripada seorang dari kamu (senang) menerima pemberian. keLELAHan (kepayahan). BerIMAN bahwa UJIAN adalah bentuk KASIH SAYANG Allah kepada Hambanya. BerIMAN bahwa Allah mengUJI seorang hamba sesuai dengan keMAMPUannya.  22 October 2010  TIPS agar SABAR dan IKHLAS menerima KENYATAAN (2) LANJUTAN. dan belum NYATA orang-orang yang SABAR. ―MeLIBATkan diri dalam UJIAN dan COBAAN yang dia TAK TAHAN menderitanya. Barangsiapa bersabar maka baginya manfaat kesabarannya dan barangsiapa murka maka baginya murka Allah. BerIMAN bahwa UJIAN dan COBAAN yang diterima akan mengHAPUS DOSADOSA. ya Rasulullah?‖ Nabi Saw menjawab. 8. Bukhari) ― Sesungguhnya Allah ‗Azza wajalla bila menCINTAi suatu kaum Allah mengUJI mereka. Abu Ya‘la) BERSAMBUNG.‖ (HR. ‖Allah tidak memBEBANi seseorang melainkan SESUAI dengan keSANGGUPannya. BerIMAN bahwa UJIAN dan COBAAN adalah untuk menDEKATkan dirinya kepada Allah... ‖Apabila Allah menCINTAi hamba maka dia diUJI agar Allah menDENGAR perMOHONannya (kerendahan dirinya).‖ (HR.‖ (HR. ―Bagaimana mengHIHA dirinya itu. ―Tiada seorang mukmin ditimpa RASA SAKIT. Tirmidzi) ‖Apakah kamu mengKIRA bahwa kamu akan MASUK SURGA? padahal belum NYATA bagi Allah orang-orang yang berJIHAD di antaramu.‖ (HR.

Ada yang ke luar emas murni.com/2010/10/tips-agar-sabar-dan-ikhlasmenerima. ‖Barangsiapa diUJI lalu berSABAR. Ahmad) Wallahu a'lam bi showab Semoga Sahabat mendapatkan HIKMAH yang banyak. Itulah yang dilindungi Allah dari keragu-raguan. Kalau dia TIDAK RIDLO dengan pemberianNya maka Allah TIDAK AKAN memberinya BERKAH.wordpress.‖ (HR. Kalau dia RIDLO dengan bagian yang diterimanya maka Allah akan memBERKAHinya dan meLUASkan pemberianNya. Ada juga yang kurang dari itu (mutunya) dan itulah yang selalu ragu.A (http://kata2hikmah0fa. BerIMAN bahwa berSABAR.blogspot. BerIMAN bahwa Allah mengUJI manusia SEPERTI mengUJI keMURNIan EMAS.‖Bukanlah dari (golongan) kami orang yang menampar-nampar pipinya dan merobekrobek bajunya apalagi berdoa dengan doa-doa jahiliyah. dan berISTIGHFAR adalah HIDAYAH dari Allah. BerIMAN bahwa keBERKAHan Allah adalah bila kita RIDLO dengan semua NI‘MAT yang Allah berikan baik SEDIKIT atau BANYAK.php?saved&&note_id=459543320848&id=29120236 4354  26 October 2010  ~EMPAT ANUGRAH yang bisa MEMBAWA DERITA~ .‖ (HR. Ath-Thabrani) 13. berSYUKUR. ‖Sesungguhnya Allah Azza Wajalla mengUJI hambanya dalam RIZKI yang diberikan Allah kepadanya.‖ (HR.‖ (HR. diBERI lalu berSYUKUR. ‖Allah menguji hambaNya dengan menimpakan musibah sebagaimana seorang menguji kemurnian emas dengan api (pembakaran). O.com/2010/10/22/392/) (http://kata2-hikmah-ofa. Ada yang ke luar seperti emas hitam dan itu yang memang ditimpa fitnah (musibah). Al-Baihaqi) 14. setelah KLIK ‘like/suka‘ : http://www. Bukhari) 12.com/note.facebook.F. meMAAFkan.html) DITUNGGU KOMENTARNYA di Fan page KKH. diZHALIMi lalu meMAAFkan dan menZHALIMi lalu berISTIGHFAR maka bagi mereka keSELAMATan dan mereka tergolong orang-orang yang memperoleh HIDAYAH.

LALAT yang paling menjijikkan akan mendatangi BANGKAI yang sudah busuk baunya. maka pasangan kitapun akan baik.. dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula). Wanita yang sholehah menjadi pasangan laki-laki yang sholeh. dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. ‖Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji.facebook.. Tetapi kadang kita hanya ingin mempunyai pasangan yang terbaik. Jadilah wanita sholehah dan laki-laki sholeh. niscaya pasangan kita pun akan sama.php?note_id=487467770848 .. Dalam memilih pasangan dan berkeluarga Tentu kita ingin mendapatkan yang terbaik. niscaya pasangan kitapun akan BAIK. Apakah kita akan mendapatkannya ? Padahal yang namanya PASANGAN harus SESUAI satu dengan lainnya. maka pasangan kitapun akan tidak baik pula.‖ ( QS Adz Dzariyaat : 49) Masalah jodoh sudah ditentukan oleh Allah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. LEBAH yang baik akan mendatangi BUNGA yang banyak madunya. Jadi marilah perBAIKi diri.F.  PASANGAN ‖Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteriisteri dari jenismu sendiri. Dan tidak mungkin wanita sholehah akan memilih suami yang tidak sholat. Tidak mungkin laki-laki sholeh memilih isteri yang masih mengumbar aurat. Bila kita baik.com/note. Tetapi diri kita belum baik. Laki-laki yang sholeh menjadi pasangan wanita yang sholehah. Bila kita tidak baik.‖ (QS An Nur:26) Wallahu a'lam bi showab Semoga menjadi HIKMAH O. ‖Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah. dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).A Silahhkan memberi KOMENTAR disini : http://www.. supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya.‖ (QS Ar Rum : 21) Sahabat Hikmah.

facebook... perasaan TAK BERSYUKUR akan senantiasa membebani kita.." . Bagaimana seharusnya kita secara HIKMAH menyikapi Yesus Kristus atau Isa aMasih putera Maryam ? Allah subahanahu wa ta‘ala telah memberikan wahyu melalui Rasulullah Muhammad Shalallaahu ‘alaihi wa sallam dalam Al Quran Surat Ali Imran ayat 42-60 telah menjelaskan siapa Yesus Kristus atau Isa a-Masih putera Maryam (Silahkan baca selengkapnya dan memberi komentar disini : http://www... Sebaliknya.php?saved&&note_id=489011990848&id=29120236 4354)  28 December 2010  BERSYUKUR dengan APA yang TIDAK DISUKAI "Aku TAK SELALU MENDAPATKAN apa yang KUSUKAI.Kata-Kata Diatas merupakan wujud SYUKUR. Yesus itu dari Yeshua Ha Masiach atau Isa Al Masih. 28 December 2010  YESUS menurut ALLAH (Mengambil Hikmah dari Yesus) Sahabat Hikmah. Ibunya Maria adalah Maryam binti 'Imran. tentram dan BAHAGIA... Bersyukurlah untuk masa-masa sulit .. Sebagian Muslim tanpa ilmu menghina Yesus. Syukur merupakan kualitas hati yang terpenting. ... Oleh karena itu AKU SELALU MENYUKAI apapun yang aku DAPATKAN. apalagi yang harus diINGINkan ? Bersyukurlah apabila kamu tidak tahu sesuatu .com/note. Seandainya sudah. Kita akan selalu merasa kurang dan TAK BAHAGIA. Karena itu memberimu kesempatan untuk BELAJAR ... Bersyukurlah bahwa kamu belum siap memiliki segala sesuatu yang kamu inginkan .. Dengan BERSYUKUR kita akan senantiasa diliputi rasa damai.

... Bersyukurlah untuk keterbatasanmu .Di masa itulah kamu TUMBUH ..php?note_id=491075290848  29 December 2010  THE MIRACLE OF GIVING (Kisah Kakak Beradik yang Saling Memberi) Sahabat Hikmah yang tercinta… Izinkan saya ikut belajar menulis dan berlatih berbagi….. Bersyukurlah bila kamu lelah dan letih .com/note.... Sahabat. Namun balasan (yang sebenarnya kita tidak mengharapkannya) yang diberikan dahsyatnya luar biasa…apalagi ketika melakukannya dengan penuh keikhlasan.facebook. Karena itu akan membangun KEKUATAN dan KARAKTERmu .. penuh cinta dan kasih… Berikut ada sebuah cerita yang diambil dan ditulis ulang dari sebuah ebook kumpulan motivasi…semoga bermanfaat dan dapat menambah kecintaan kita pada saudarasaudara kita…menambah semangat untuk terus memberi dan terus berbagi…dan semoga bisa melembutkan hati… Adapun ceritanya begini : ... Hidup yang berkelimpahan datang pada mereka yang juga bersyukur akan masa surut... Oleh : Lutfi S Fauzan Silahkan memberi KOMENTAR disini : http://www..... Rasa syukur dapat mengubah hal yang negatif menjadi positif.. Karena itu kamu telah membuat suatu PERBEDAAN . Karena itu memberimu kesempatan untuk BERKEMBANG . Bersyukurlah untuk kesalahan yang kamu buat . Bersyukurlah untuk setiap tantangan baru . Mungkin mudah untuk kita bersyukur akan hal-hal yang baik. kadang kita takjub dengan balasan yang diberikan oleh seseorang kepada kita untuk sebuah perbuatan yang menurut kita pada saat melakukannya adalah ―biasa-biasa saja‖... Temukan cara bersyukur akan masalah-masalahmu… Dan semua itu akan menjadi BERKAH bagimu ....... Itu akan mengajarkan PELAJARAN yang berharga .

aku mencuri lima puluh sen dari laci ayahku. Adikku menutup mulutku dengan tangan kecilnya dan berkata. ‖Kamu sudah belajar mencuri dari rumah.Aku dilahirkan di sebuah dusun pegunungan yang sangat terpencil. ―Siapa yang mencuri uang ayah?!!!‖ Beliau bertanya. tubuhnya luka. ‖Kak. tapi insiden tersebut masih kelihatan baru seperti kemarin. Aku terpaku terlalu takut untuk berbicara..‖ Aku masih terus membenci diriku karena tidak memiliki cukup keberanian untuk maju mengaku. orangtuaku membajak tanah kering kuning. kamu pencuri tidak tahu malu. Beliau mengatakan lagi ― Baiklah kalau begitu kalian berdua layak dipukul!‖ Dia mengangkat tongkat bambu itu tinggi-tinggi. Sesudah itu beliau duduk di ranjang dan memarahi kami. . tetapi ia tidak menitikan airmata setetespun. aku yang melakukannya!‖ Tongkat panjang itu menghantam punggung adikku bertubi-tubi. Aku tidak pernah lupa tampang adikku ketika melindungiku. Tiba-tiba.‖ Malam itu. Suatu ketika. dengan sebuah tongkat bambu ditangannya. adiku mencengkeram tangannya dan berkata. Ayah segera menyadarinya. adiku berusia 8 tahun. Ayah tidak mendengar siapapun mengaku. tiga tahun lebih muda dariku. hal memalukan apalagi yang akan kamu lakukan di masa mendatang ? kamu layak dipukul. Aku mempunyai seorang adik. semuanya sudah terjadi. dan punggung mereka menghadap ke langit. Hari demi hari . untuk membeli sebuah sapu tangan yang mana semua gadis di sekelilingku kelihatan membawanya. Bertahun-tahun telah lewat. Waktu itu. ibu dan aku memeluk adikku. Ayah begitu marahnya sehingga ia terus menerus mencambukinya sampai beliau kehabisan nafas. Yang mencintaiku lebih dari aku mencintainya. Beliau membuat adikku dan aku berlutut di depan tembok. "Ayah. saya tiba-tiba menangis meraungraung. Di pertengahan malam itu. Aku berusia 11 tahun. jangan menangis lagi sekarang.

kamu berdua harus sekolah sampai selesai. Apa yang akan mereka pikir jika mereka tahu aku adalah adikmu? Apa mereka tidak akan mentertawakanmu?‖ .‖ Aku memegang kertas tersebut di atas tempat tidurku dan menangis dengan air mata bercucuran sampai suaraku hilang. ayah berjongkok di halaman. Aku menanyakannya. Ibu mengusap airmatanya yang mengalir dan menghela nafas. Dengan uang yang ayahku pinjam dan uang dari adiku hasilkan dari mengangkut semen pada lokasi konstruksi. Pada saat yang sama. Tahun itu adiku berusia 17 tahun dan aku 20 tahun. ‖ Kedua anak kita memberikan hasil yang begitu baik.‖ Siapa sangka keesokan harinya. dan melihat adikku dari jauh. ketika teman sekamarku masuk memberitahukan. saya tidak mau melanjutkan sekolah lagi. Dia menyelinap di samping ranjangku dan meninggalkan secarik kertas di atas bantalku: ‖Kak. ‖Ayah. hasil yang begitu baik‖. ‖ Ada seorang penduduk dusun menunggumu di luar sana!‖ Mengapa ada seorang penduduk dusun mencariku? aku berjalan keluar. Malam itu. ‖ Apa gunanya? Bagaimana mungkin kita bisa membiayai keduanya sekaligus?‖ Saat itu juga adikku berjalan ke hadapan ayah dan berkata. ‖Lihat bagaimana penampilanku. saya diterima untuk masuk sebuah universitas propinsi. masuk ke universitas tidaklah mudah. bungkus demi bungkus.‖Mengapa kamu tidak bilang pada temanku kamu adalah adikku?‖ Dia tersenyum dan menjawab. aku sedang belajar di kamarku.Ketika adikku berada pada tahun terakhirnya di SMP. Saya mendengar dia berkata lirih. ia lulus untuk masuk SMA di pusat kabupaten. sebelum subuh datang adikku meninggalkan rumah dengan beberapa helai pakaian lusuh dan sedikit makanan. aku telah cukup membaca banyak buku‖ Ayah marah besar dan berkata : ‖ Mengapa kamu mempunyai jiwa yang begitu lemah!!! Bahkan kalau aku harus mengemis di jalanan akan aku lakukan. akhirnya aku sampai akhir tahun ketiga kuliah. Saya akan pergi mencari kerja dan mengirimmu uang. seluruh badannya kotor. menghisap rokok tembakaunya. Suatu hari.

. Aku mengoleskan sedikit salep pada lukanya dan membalut lukanya. Tetapi katanya sambil tersenyum ‖Itu adalah pekerjaan adikmu. ia mengeluarkan sebuah jepit rambut berbentuk kupu-kupu.‖ Dari sakunya. Jadi saya pikir kakak harus memilikinya. dia pulang lebih awal untuk membersihkan rumah ini..Aku merasa terenyuh dan airmata memenuhi mataku.Tahun itu ia berusia 20 dan aku 23. ‖Saya melihat semua gadis kota memakainya.. Adikku juga mengatakan ‖Kak jagalah mertuamu saja. Aku menyapu debu-debu dari badan adikku dan sambil tersekat aku berkata ‖Aku tidak peduli omongan siapapun! Kamu adalah adikku apapun juga Kamu adalah adikku bagaimanapun penampilanmu. ibu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membersihkan rumah kita".. aku menari seperti gadis kecil di depan ibuku. Menariknya ke dalam pelukanku dan menangis.Aku biasa kena batu-batu kak. saya yang akan . Melihat mukanya yang kurus .Tahun itu adikku 23 tahun dan aku berusia 26 tahun. ‖Apakah sakit?" ‖Tidak kok Kak. Pertama kali aku membawa teman-teman kuliahku ke rumahku.Setelah teman-temanku pulang. Mereka sudah merasa dibesarkan di dusun dan tidak tahu harus berbuat apa kalau seandainya keluar dari dusun... aku tinggal di kota.. ‖Bu.. Aku berkali-kali mengundang orangtuaku datang dan tinggal dirumahku..‖ Aku tidak dapat menahan diri lebih lama lagi.‖ Ditengah kalimatnya aku membalikan punggungku karena air mata mulai menggenang dimataku. seratus jarum terasa menusuk hatiku. kaca jendela yang pecah telah diganti dan semuanya kelihatan bersih.. Tidakkkah kamu melihat luka ditangannya? Ia terluka ketika memasang kaca jendela baru itu." Aku masuk ke dalam ruangan kecil adikku. tetapi mereka tidak pernah mau... Ketika aku menikah. Ia memakaikannya kepadaku dan terus menjelaskan.

" "Mengapa kakak membicarakan masa lalu?‖ Adikku menggenggam tanganku. padahal kami berjalan sangat jauh dan cuaca sedang musim sangat dingin. kakakmu.. akan tetapi adiku tak pernah mau. Coba kalau kau terima. tentu kamu tidak akan mengalami seperti ini.‖ Suamiku menjadi direktur pabrik... dan melihat gips putih dikakinya. di sebuah dusun yang berbeda." ." Ia melanjutkan dengan menceritakan kembali sebuah kisah yang bahkan tidak dapat kuingat lagi. Kakakku memberikan satu dari kepunyaannya. ‖ Ketika kami sekolah SD. Suatu hari aku kehilangan satu sarung tanganku. dan kemudian aku berkata ‖ Tapi kamu kurang berpendidikan itu juga karena aku. sedangkan saya tidak berpendidikan. Ia hanya memakai sebuah sarung tangan di tangannya. Ia baru saja menjadi Direktur.Sejak hari itu aku bersumpah. selama saya masih hidup aku akan menjaga kakakku dan aku akan selalu baik kepadanya. Ketika kami tiba dirumah. nanti apa kata orang kalau saya menjadi manajer ? Kasihan kakak ipar..menjaga ibu dan ayah disini.. Kami menginginkan adiku kerja di pabrik. Tahun itu ia berusia 26 tahun dan aku 29 tahun Adikku kemudian menikahi seorang gadis pada usia 30 tahun. ‖Siapa yang paling kamu hormati dan kasihi?‖ Tanpa berpikir panjang adikku menjawab ‖Kakakku.. Aku berkata ‖Mengapa kamu menolak kerja menjadi manajer pabrik di tempat kakakmu. tangan kakakku begitu gemetaran.. Suatu hari adiku jatuh dari sebuah tangga untuk memperbaiki kabel." Mata suamiku dipenuhi airmata. sehingga ketika makan dia tidak bisa memegang sendoknya. ketika dia terkena sengatan listrik dan dia masuk ke rumah sakit. Dalam acara itu pembawa acara perayaan bertanya kepadanya.‖ Dengan tanpang serius dia menjawab ‖Kak. dia ingin tetap menjaga ayah ibu. Aku dan suamiku menjenguknya. Setiap hari aku dan kakakku berjalan selama kurang lebih dua jam untuk pergi dan pulang ke sekolah. Saya dan kakakku sekolah SD di tempat yang cukup jauh dari tempat tinggal kami. pikirkan nama baik kakak ipar kak.

. Sahabat hikmah yang tercinta. Rasulullah saw bersabda.air mata bercucuran turun dari wajahku seperti sungai...." (HR Daruquthni).. Nabi shalallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Tidaklah termasuk golonganku orang yang tidak menghormati yang lebih tua dan tidak menyayangi yang muda (Shahih Shahihul Jami‘ no.com/note... diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ath-Thabrani dari Ibnu Abbas) Teruslah berbagi.. Semua tamu memalingkan perhatiannya kepadaku.di depan kerumunan perayaan itu.php?note_id=492093310848  03 January .." Dan dalam kesempatan yang paling berbahagia itu..Tepuk tangan membanjiri ruangan itu.. Kemudian kata-kata begitu susah keluar dari bibirku....orang yang paling aku berterima kasih adalah adikku. 5445. Teruslah mencintai dan mengasihi.. " Khoirunnaasi anfa'uhum linnaas‖ "Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya...facebook... ‖Dalam hidupku... sekecil apapun bentuknya..orang yang paling berjasa padaku adalah adikku. Sumber : Ebook Kumpulan Motivasi Teruntuk Adik2-ku & Kakak2-ku terkasih Mft Arkn Ditunggu komentarny disini: http://www.

Engkau akan memasuki gerbang keabadian. Celakalah Engkau yang menyangka dunia ini adalah segala-galanya. Menuju surga yang dijanjikan. Tak pernah didengarkan oleh telinga siapapun jua. Dunia inilah yang selalu menjadi angan-angan.. Kemudian ia akan kembali pada pelita-pelita yang bergantungan di ‗arsy. Dunia ini adalah ladang akhiratmu... Karena setetes itu adalah untuk dunia seluruhnya. Para penduduk Surga dan Neraka untuk kembali ke dunia. Hanya beberapa nafas. Maka ia hanya setetes dari lautan luas di bumi. Ingatlah. di dunia inilah engkau menyemainya.‖ Maka tatkala Allah melihat bahwa mereka tidak meminta selain hal itu.. Tentang penghuni surga yang mengangankan kembali ke dunia. Dan ketika mereka berada dalam keadaan seperti itu. ‗Abdullah ibn Mas‘ud radhiallahu ‗anhu meriwayatkan : ― Sesungguhnya para syuhada‘ itu bagaikan burung-burung hijau yang lepas bebas di surga ke mana saja ia mau. Harapan Penduduk SURGA dan NERAKA untuk Kembali ke DUNIA Sahabat Hikmah. Sebanyak apapun yang engkau rengkuh di di dunia ini. Hanya beberapa tahun..... di sinilah. Yang berguna untuk menggapai kebahagiaan. Untuk mengumpulkan bekal yang menguntungkanmu di sana. Di sana hanya amalanmu.. bahkan kurang dari setetes.. Tak pernah disaksikan oleh pandangan mata siapapun... Dan tak pernah terbetik dalam pikiran dan hati makhluq manapun... Dia pun ... Sementara engkau tak memiliki dunia seluruhnya.. Dunia itu hanyalah bayangan yang tidak lama lagi akan hilang. Yang kenikmatannya. Sehingga Engkau mengorbankan apa saja untuk mendaptkannya. mintalah kepadaKu apa saja yang kalian inginkan !‖. Hanya di sini engkau diizinkan oleh-Nya.. Dan setelah itu. Kalau saja Engkau tahu... lalu Engkau kembalikan kami ke dunia hingga kami dibunuh sekali lagi di sana (di jalanMu). Di sinilah sumber kebahagiaan dan keberuntunganmu di akhirat. Hanya setetes air.. Dunia hanyalah setetes air bila dibandingkan lautan luas tak bertepi. Mereka pun berkata : ―Wahai Rabb kami ! Kami meminta padaMu agar Engkau mengembalikan ruh kami ke dalam jasad kami. Tapi.. dunia yang kau lihat gemerlap ini Hanya bayangan. Oh tidak. muncullah Rabb mereka di hadapan mereka seraya berkata : ―Wahai hambahambaKu.

. akupun berkata pada diriku sendiri : ―Wahai diriku ! Engkau telah mendapatkan angan-anganmu itu. Sadarilah bahwa masa hidup kita sungguh terbatas. Ia menjawab : ―Aku mengangankan untuk dikembalikan ke dunia agar aku dapat menambah amal-amal yang menyebabkan aku mendapatkan semua nikmat ini. memakan buah-buahnya. Membayangkan kenikmatan surga .‖ Maka aku berkata pada diriku sendiri : ―Apakah yang engkau inginkan saat ini ??‖ Ia menjawab : ―Aku ingin dikembalikan ke dunia lagi agar aku dapat mengerjakan amalan yang dapat menyelamatkan aku dari siksaan yang mengerikan ini.‖ (QS.... Dipaksa untuk meminum air hamim-nya yang dipenuhi darah dan nanah.. Seorang salaf bernama Ibrahim At Taimy rahimahullah pernah mengatakan : ―Aku membayangkan diriku berada di dalam surga.‖ (QS. keluarkanlah kami (ke dunia). . lalu mereka berkata : ―Kiranya kami dikembalikan (ke dunia) dan tidak mendustakan ayatayat Tuhan kami serta menjadi orang-orang yang beriman‖. Juga membayangkan dahsyatnya siksa neraka. Sama-sama berangan untuk kembali demi melakukan amal shaleh. (tentulah engkau – Muhammad. memeluk bidadari-bidadarinya yang perawan dan menikmati segala kenikmatannya. Muslim) Allah Ta‘ala berfirman tentang penghuni Neraka : ―Dan jika kamu (Muhammad) melihat ketika mereka dihadapkan ke neraka. 35 : 37) Sungguh jauh perbedaan antara kedua angan-angan itu.‖ ( HR. Namun yang satu karena merasakan dahsyatnya siksa neraka. Setiap tarikan dan hembusan nafas. Nafas kita hanya berbilang...akan melihat suatu peristiwa yang memilukan. Lalu aku berkata kepada diriku sendiri : ―Wahai diriku ! Apa sesungguhnya yang engkau angan-angankan saat ini ??‖.. maka segeralah beramal !‖. Dan memakan buah zaqqum-nya yang menjijikkan. Agar lebih berusaha keras untuk melaksanakan perintah-Nya Dan beramal sunnah untuk menaikkan derajat di surga. (Kini engkau masih berada di dunia). 6 : 27) Dalam ayat lain dikatakan : ―Dan mereka (para penghuni neraka) itu berteriak di dalam neraka itu : ―Ya Tuhan kami.‖ (Setelah membayangkan itu semua). Ada baiknya kita yang masih di dunia. Agar lebih berusaha keras menjauhi dosa larangan-Nya Dan menjauhi sesuatu yang sia-sia.‖ ‖Lalu aku membayangkan diriku di dalam neraka. Dibakar dengan apinya yang menyala-nyala. Sahabat Hikmah. niscaya kami akan mengerjakan amal yang shaleh berbeda dengan dahulu telah kami kerjakan.meninggalkan mereka. Sementara yang lain karena telah merasakan ni‘mat yang tiada tiara.

Akan sadarlah kita.. Bahwa dengan kehidupan yang singkat ini. Betapa sedihnya hatimu… Apalagi jika yang hilang adalah permata akhiratmu ? Bagaimana mungkin engkau tega menyia-nyiakan. Tanpa melakukan suatu amalan kebaikan. Untuk menaikkan derajatmu di surga Atau menjauhkanmu dari siksa neraka. Jangan engkau biarkan ia pergi. Sebab jika engkau kehilangan sebutir permata duniamu.. Bahwa setiap nafas itu berbanding lebih besar daripada beribu-ribu tahun di akhirat... Bahwa usia kita di dunia telah berkurang.. Dan membuang detik-detikmu begitu saja ? Bagaimana mungkin engkau ‗tenang-tenang‘ saja... masih di dunia fana ini.. Karenanya jangan sia-siakan permata umurmu. Yah. Abadi dalam kenikmatan Atau abadi dalam azab yang penuh pedih-perih..facebook.. Dari keshalehan dan taqarrub padaNya. Kini. aku dan kau masih di sini. Air mata darah sekalipun tak brguna untuk kembali ke dunia.. Tempat kita menyemai tanaman akhirat. Tanpa mendapatkan balasan yang setimpal..com/note. Setiap penggalan bahkan setiap bagian terkecilnya adalah permata yang tak ternilai dan tiada bandingnya. Bila kita mencoba membandingkan Kehidupan dunia ini dengan kehidupan akhirat. Sungguh sangat singkat usia duniawi kita ini. Akan terjadi sebuah kehidupan yang abadi.. Sahabat Hikmah.php?note_id=491528140848 . Padahal semakin banyak jejak-jejak usiamu di dunia ini yang terhapus ? Bayangkanlah jeritan penyesalan para penghuni neraka itu.......Tak lebih dari sebuah pertanda. Maka segeralah bertaubat dan beramal ! ********** Silahkan BERKOMENTAR di fan page KKH: http://www. Ingatlah.. Entah itu dalam kenikmatan yang tak berbatas atau sebaliknya. Bersungguh-sungguhlah. Karenanya. Agar setiap tarikan nafasmu tak pernah kosong.

.dan seseorang yang hatinya selalu terpaut pada masjid" (Muttafaqun Alaihi) Berkata Imam An-Nawawi ketika menjelaskan makna hadits di atas yaitu "Orang mempunyai rasa cinta yang dalam terhadap masjid dan kontinyu dalam melaksanakan shalat berjama'ah di dalamnya bukan berarti selalu tinggal didalam masjid" (lihat syarah An-Nawawi 7 : 121) 2.. dan selama ia di majelis shalat tanpa hadats didoakan para malaikat. Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: .. Bukhari Muslim dll. Bahkan rumusannya bisa berubah: 1 X Sholat JAMA‘AH > 5 Hari Shalat SENDIRI Karena dalam hadits lain yang masyhur adalah lebih utama 27 derajat.)..R. Mengapa demikian ? Karena shalat fardlu sehari semalam adalah 5 kali. 04 January  1 X Sholat JAMA’AH di MASJID = 5 Hari Shalat SENDIRI ? Sahabat Hikmah… Agar HIDUP BERKUALITAS. dan dianggap mengerjakan shalat sepanjang menunggu waktu shalat‖ (HR Bukhari Muslim). ampunilah ia dan rahmatilah ia‖.. ―Ya Allah. Akan lebih dicintai oleh Allah.. yang demikian itu karena jika ia berwudhu dengan sempurna kemudian ia keluar rumah dengan satu tujuan shalat berjamaah di masjid. Salah satunya adalah dengan shalat BERJAMA'AH di MASJID... Fadhilah Shalat BERJAMA‘AH di MASJID: 1. Mendapat naungan Allah Subhanahu wa Ta'ala pada hari kiamat Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda : "Tujuh golongan yang akan mendapatkan naungan Allah Subhanahu wa Ta'ala di hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya (diantaranya). Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallam bersabda "Shalat Jamaah lebih utama dua puluh tujuh kali dibanding shalat sendiri" (H. Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: ―Shalatnya seorang pria berjamaah pahalanya 25 derajat dibanding sendirian di rumah atau di pasar. Dengan melakukan IBADAH yang BERKUALITAS. yaitu 1 X shalat berjama‘ah di Masjid = 5 hari shalat sendiri Karena sekali shalat berjama‘ah di Masjid pahalanya 25 derajat dibanding shalat sendiri. maka setiap langkahnya mengangkat satu derajat dan diampuni satu dosanya. Kita harus menjadikan UMUR kita lebih BERKULALITAS . Kita bisa menggandakan dengan cara CERDAS..

. Ahmad. Syaratnya berangkat dari rumah sudah menyempurnakan wudlu. Diriwayatkan dari Utsman bin Affan berkata "Saya mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda : "Barang siapa yang berwudhu dan menyempurnakannya kemudian berjalan untuk melaksanakan shalat fardu bersama dengan manusia atau secara berjama'ah atau di dalam masjid maka Allah Subhanahu wa Ta'ala akan mengampuni dosa-dosanya" (HR. Mendapat keutamaan berjalan dan pulang ke/dari Masjid. Mendapat keutamaan menunggu shalat. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Barang siapa yang menuju ke masjid untuk shalat berjama'ah maka setiap langkahnya menghapuskan dosa dan ditulis padanya satu kebaikan baik ketika ia pergi maupun ia kembali" (HSR. Diriwayatkan dari Aisyah berkata bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda : "Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat atas orang-orang yang berada pada shaf sebelah kanan" (HR. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda : "Kalau seandainya manusia mengetahui apa yang terdapat dalam adzan dan shaf pertama kemudian mereka tidak mendapatkannya kecuali dengan melakukan undian niscaya mereka akan melakukannya" (HR. Mendapat keutamaan berada di shaf sebelah kanan. Abu Daud) .R.Abu Daud dan Ibnu Majah).. semakin banyak mereka berjamaah semakin dicintai Allah" (H. Ahmad).. Rasululah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda : "Apabila salah seorang dari kalian duduk untuk menunggu shalat di masjid maka dia senantiasa dalam keadaan shalat selama ia tidak berhadats (dan) para malaikat akan mendo'akannya : "Ya Allah ampunilah dia.. Bukhari) 5. Ya Allah rahmatilah dia" (HR." (HR. Al-Bara' Radhiyallahu 'anhu berkata : "Kami apabila shalat di belakang Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam lebih kami sukai untuk kami berada di sebelah kanan beliau karena beliau menghadapkan wajahnya (pertama kali) kepada kami (saat salam)" (HSR. dan shalat bersama dua orang lebih utama dari shalat bersama seorang.dan memperbanyak langkah menuju ke masjid . Muslim) 3."Shalat seseorang bersama seorang lebih utama dari shalat sendiri. Ya Rasulullah". Muslim) 4. Muslim). 3. Abu Dawud).. Mendapat keutamaan berada di shaf pertama. Dan adalah para shahabat menyukai untuk senantiasa berada di bagian kanan shaf apabila mereka shalat dibelakang Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam. Pengangkatan derajat artinya kedudukan yang tinggi di Syurga (lihat syarah AnNawawi 3 : 141). Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda : "Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang dengannya Allah akan menghapuskan dosa dan mengangkat derajat ?" Para shahabat berkata : "Tentu. Beliau bersabda " .

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda : "Karuniailah mereka yang berjalan dalam kegelapan menuju masjid dengan sinar yang sempurna di hari kiamat" (H. Bukhari) 7. Mendapatkan pembebasan dari api neraka dan dari kemunafiqan.6. wajib bagi setiap muslim. maka seluruh kampung mendapatakn dosa. Mendapatkan keutamaan mengucapkan amin bersama para malaikat. Dalam sebuah hadist Rasulullah bersabda "Wahai umatku. maka ia laksana shalat semalam suntuk" (H.) Hukum shalat BERJAMA‘AH di MASJID: Hukum shalat Jamaah menurut mazhab Syafi'i : Fardlu kifayah. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Apabila imam mengucapkan "ghairul maghduubi 'alaihim waladdhaliin" maka katakanlah "Amin" karena barang siapa yang aminnya bertepatan dengan aminnya para malaikat maka akan diampuni dosanya yang telah lalu " (HR. Mazhab Hanafi dan Maliki mengatakan shalat jamaah selain shalat jum'ah hukumnya sunnah mu'akkadah (Sunnah yang mendekati wajib. karena yang paling utama shalat seseorang adalah di rumahnya. berdasarkan hadits: Dan dari Ummu Salamah bahwa Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: ‖Sebaik-baik masjid bagi kaum wanita adalah didalam rumahnya.‖ (HR. Dalam riwayat Utsman Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda : "Barang siapa shalat Isya' dengan berjamaah. barangsiapa shalat Subuh berjamaah. Mendapatkan keutamaan shalat ‘Isya dan shalat Shubuh berjama'ah. Muslim dll.R. yaitu apabila tidak ada seorang pun yang mendirikan jamaah dalam satu kampung. maka ia seperti mendirikan shalat selama setengah malam.R. Abu Dawud & Trimidzi). Bukhari Muslim). kecuali shalat fardlu" (H.R. 8. Mendapat Penerangan dari Allah atas kegelapan akhirat. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda : "Barang siapa yang shalat selama empat puluh hari secara berjama'ah dan selalu mendapatkan takbir pertama. Mazhab Hanbali bahkan mengatakan shalat jamaah adalah fardlu ain. Tirmidzi). maka di tetapkan baginya dua pembebasan : Pembebasan dari api neraka dan pembebasan dari kemuniqan" (HHR. karena kuat dan banyaknya dalil yang memerintahkan shalat jamaah. 9. Bagaimana dengan WANITA? Sebaik-baik seorang wanita adalah shalat di rumahnya. Ahmad) . shalatlah di rumah-rumah kalian. sangat ditekankan).

Thabrani). yang lebih utama sholat di rumah. tidak memakai wangi-wangian. Tetapi dengan syarat: Pertama. Imam Nawawi menyatakan : ―Adapun wanita. namun mengkhususkan hanya untuk sholat jamaah. Wallahu a'lam bishshowab O. Ini pendapat Ibnu Hazm (Al-Muhalla.Bagi seorang wanita yang ingin shalat di masjid untuk melakukan shalat berjama‘ah diperbolehkan bagi mereka yang sudah tua dan dimakruhkan bagi yang masih muda karena dikhawatirkan adanya fitnah. Darimi. ada izin dari suami atau wali (jika belum nikah). 4/198). Ahmad. sholat di masjid atau di rumah? Ada dua pendapat: Pertama. 3/443). (Al-Majmu‘. Mana yang lebih utama bagi wanita. Sabda Nabi SAW : ―Janganlah kamu melarang wanita-wanita hamba Allah pergi ke masjid-masjid Allah. 4/197) dan ulama Syafi‘iyah seperti Imam Nawawi.‖ (HR Muslim. dan Baihaqi). lebih utama daripada shalat jamaah di masjid. Jadi menurut pendapat pertama ini. Ahmad. shalat di rumah baik shalat jamaah maupun shalat sendiri. Al-Majmu‘ Syarah Al-Muhadzdzab. bukan sholat munfarid (sendiri). maka sholat jamaah mereka di rumah lebih utama [daripada jamaah di masjid]… Sholat berjamaah wanita lebih utama daripada hadirnya wanita [sholat berjamaah] di masjid-masjid. (HR Abu Dawud. Sedang pendapat kedua. Kedua. Ibn Khuzaimah. dan Ibn Hibban). 4/197-198). Baihaqi. Ahmad.A ************************** Silahkan memberi KOMENTAR disini: http://www.‖ (wa buyutuhunna khair lahunna). maka izinkanlah mereka.‖ (HR Abu Dawud. jika sholatnya sholat jamaah. Ibnu Khuzaimah. Ini pendapat Ibnu Qudamah (Al-Mughni. bukan sholat sendiri. baik sholat sendiri (munfarid) atau sholat jamaah. Pendapat pertama mengambil keumuman lafal ―dan rumah-rumah mereka lebih baik bagi mereka‖ (wa buyutuhunna khair lahunna). Bukhari. Dalilnya sabda Nabi SAW : ―Jika isteri-isterimu meminta izin ke masjid-masjid.com/notes/kata-kata-hikmah/1-x-sholat-jamaah-di-masjid-5hari-shalat-sendiri-/494831335848  05 January . yaitu sabda Nabi SAW : ―Janganlah kamu melarang isteri-isterimu ke masjid-masjid.‖ (Imam Nawawi. Kedua pendapat itu dalilnya sama. dan rumah-rumah mereka lebih baik bagi mereka. yang lebih utama sholat di rumah. tapi hendaklah mereka keluar tanpa wangi-wangian. atau semisalnya yang dapat menimbulkan mafsadat bagi wanita. Kedua.facebook. tidak memberlakukan hadis itu secara umum.F.

.. diiringi instrumentalia yang sangat lembut sehingga kata kata dari sang Ustadz sungguh menjadi sangat berpengaruh.‖ Umar Radliyallahu 'anhulangsung mencabut pedangnya sambil berkata ― Apa yang akan kamu lakukan wahai Ukasah…pedang Umar yang menebas kepalamu kalau engkau berani menyakiti Rosulullah ― Baginda yang agung tersenyum ― Biarkan Ukasah ya Umar………. Rasul mengulangi lagi perkataannya ‖ Wahai shahabat. Sebaik-baik Perpisahan Sahabat Hikmah yang tercinta… Izinkan saya kembali belajar menulis dan berlatih berbagi lagi…... Beberapa hadirin juga terlihat terpukau dan beberapa tak kuasa menahan tetesan air mata… Suasana memang sangat mendukung sekali." (HR Bukhori. sungguh benar perkataan mulia Rosulullah shalallaahu 'alaihi wa sallam: "Wa inna minal bayaani lasihran".sebaik-baik akhir…kisahnya adalah sebagai berikut ini: Suatu hari Rasulullah mengumpulkan para sahabatnya.... Mereka berkumpul mengelilingi beliau. Dalam sebuah pelatihan di sebuah perkantoran di bilangan Jakarta Timur. aku tawarkan kepada kalian. Kisah ini.menangislah mereka... Untuk ketiga kalinya Rasulullah berkata ‖ Silahkan siapa yang mau mengqishas diriku ‖. ― Saya ya Rasul…. Abu Bakar dan keluarganya yang akan menebusnya ya Ukasyah ― . Teringat. sambil berkata ― Wahai Ukasah. "Sesungguhnya sebagian dari perkataan itu benarbenar dapat menyihir (memberi pengaruh kuat). Barangsiapa di antara kalian pernah aku sakiti.. saya terkesima....ruangan yang nyaman dan sejuk.. Rasul berkata : ‖Wahai para shahabat hari ini. at Tirmidzi. ― Abu Bakar Radliyallahu 'anhu pun maju. mungkin sebagian dari sahabat yang pada saat kecil mengaji kitab klasik (kuning) sering mendengarnya…Kisah yang senantiasa menarik bagi pencinta khusnul khotimah.saya akan mengqishas Anda ya Rasulullah….mereka merasa sebentar lagi masa-masa indah bersama Rasul tercinta akan berakhir.. Abu Daud dan Ahmad) Paparan yang disampaikan oleh sang Ustadz di kantor (smoga Allah memberikan keberkahan dan pahala melimpah dan menjadikan ilmunya al‘ilm yuntafa‘ubih bagi beliau) adalah kisah-kisah saat-saat terakhir sebelum baginda wafat..... kalau kalian pernah merasa aku sakiti silahkan kali ini saatnya kalian membalasnya... tak ada satupun yang mampu bersuara.. Maka sekaranglah saatnya kalian mengqishash diriku ( membalasnya )‖ Para sahabat hening. Tiba-tiba muncullah Ukasah Radliyallahu 'anhu dan berkata.‖ Para sahabat makin tertunduk...

........" ( Qs Al Fajr : 27-30)...‖....." Dan rasul pun berkata ‖ Doamu Insya Allah dikabulkan Allah wahai Ukasyah ‖ Dalam kisah yang lain malaikat Izrail pun kemudian datang mengucap salam... dulu sewaktu cambukmu mengenai punggungku..... akan tetapi Rasulullah dengan tersenyum mempersilahkan Ukasah mengambil cambuknya Tidak cukup sampai di situ. ..untuk itu kali ini aku ingin mencambukmu ya rasul. bertatap dan berjumpa wajah dengan orang yang paling kita sayangi... karena punggungku pada waktu itu tidak tertutup kain. bahwa Allah rindu bertemu dengan Rasulullah..kemudian dia memeluk dan mencium punggung yang kemilau itu..............aku hanya ingin memeluk dan mencium tubuhmu untuk yang terakhir kali.. Fadkhuli fi ‘ibadi....... Semoga kita semua nanti bisa bereuni di salah satu taman dari taman-taman surgaNya Semoga kita bisa berkunjung.Ukasah berkata : ‖Ya rasul. "Ya Ayyatuhan Nafsul Muthmainnah...cambukmu saat itu langsung mengenai kulit punggungku....untuk itu aku ingin kali ini. Allaahumma shalli 'alaa sayyidinaa Muhammad wa 'alaa aalihi ashhabihii ajma'iin Sahabat semua milikilah selalu azam untuk memiliki akhir yang sebaik-baiknya.. cambukmu pernah mengenai punggungku ya Rasul. Para sahabat terdiam menahan amarah.. maka seketika itu juga Ukasyah menubruk punggung Rasulullah. Pada saat punggung baginda tercinta terbuka..Akan tetapi Rasul pun melarang Abu Bakar membelanya.. Dan masuklah ke dalam surga-Ku. Kembalillah kepada Tuhanmu dengan hati yang ridha dan diridhoi-Nya.. Rasul tetap tersenyum dan kemudian membuka kain yang dikenakannya..dan Aku ingin tetap bersama-sama Engkau Ya Rasul sampai di akhirat kelak...‖ Para sahabat makin geram dengan permintaan Ukasyah.serta menyampaikan salam dari Allah swt......." "Wahai jiwa yang tenang.. malaikat pun minta izin untuk mencabut ruh mulia beliau. punggungmu dibuka juga ya Rasulullah.. Mufti Arkan ****************** . Maka masuklah ke dalam golongan hamba-hamba-Ku. Wadkhuli jannatii...Amin 3x. Irji‘i ila rabbiki raa dhiyatam mardhiyyah.....maafkan aku.. kita cintai Baginda Rosul dan juga para sahabat. Sambil menangis sesenggukan Ukasyah berkata ‖ Wahai Rasul Allah. Kemudian Ukasah berkata : ‖ Pada saat aku mengiringi engkau berperang...

Maka mereka itu adalah bersama-sama orang yang beriman dan kelak Allah akan memberikan kepada orang-orang yang beriman pahala yang besar.com/note. Ikhlas adalah melakukan amal.. Mengenai hal ini ada kata-kata dari Ibu Theressa yang bisa kita mengambilnya sebagai HIKMAH : It Always between You and God .facebook. Dengan kondisi ini tentu membuat Engkau tidak nyaman." (QS An-Nisa [4]: 146)... anak dan keledai.. ringan... dan bermakna. Sehingga apapun yang Engkau lakukan pasti ada yang komentar jelek. Yakin akan KEBENARAN yang sedang dilaluinya. Ikhlas akan membuat jiwa menjadi independen dan merdeka.Silahkan memberikan KOMENTAR disini : http://www.. Ikhlas adalah buah KEIMANAN yang mendalam. Tidak takut akan celaan dan cemoohan. Itulah pentingnya IKHLAS. selain Allah Subhanahu wa ta'ala untuk menjadi saksi atas perbuatanmu. Tidak dibelenggu pengharapan akan pujian dan penghargaan. Ikhlas berarti Engkau tidak memanggil siapa pun. baik perkataan maupun perbuatan. Sahabat Hikmah yang disayang Allah.. Pokoknya seperti cerita orang tua. ditujukan untuk Allah semata. Merasa serba salah dan akhirnya merasa masa bodo. Apakah Engkau pernah bingung dengan apa yang Engkau lakukan ? Engkau sudah berbuat baik tetapi orang lain memberikan respon yang tidak baik. Berdasarkan PETUNJUK Allah dan mengharap KERIDLOAN-Nya Allah subhanahu wa ta'ala berfirman: "Kecuali orang-orang yang bertobat dan mengadakan perbaikan dan berpegang teguh pada (agama) Allah dan tulus ikhlas (mengerjakan) agama mereka karena Allah.php?note_id=495362055848  12 January  It Always between You and God ( IKHLAS ) Sahabat Hikmah yang tercinta. Ikhlas menjadi benar-benar teramat penting yang akan membuat hidup ini menjadi indah.

.. Biar begitu. Biar begitu..... Biar begitu.. Orang mungkin akan menipumu. tetaplah lakukan kebaikan.Bila engkau baik… Orang mungkin akan menuduhmu menyembunyikan motif egoismu... Mungkin engkau akan mendapat teman-teman palsu dan musuh-musuh sejati. Biar begitu. Wallahu a'lam bishshowab O. Kebaikan yang engkau lakukan hari ini..php?note_id=498603015848  12 January  Andai Saja Dia Bicara Sahabat Hikmah yang tercinta… Mushola di perumahan kami kecil adanya… . Semua ini adalah masalah...facebook. Dan mungkin itu tak akan pernah cukup. Mungkin akan dihancurkan oleh seseorang dalam semalam.. tetaplah berbahagia dan temukan kedamaian hati. tetaplah berikan pada dunia milikmu yang terbaik. Orang mungkin akan iri hati dan dengki. Bila engkau menemukan ketenangan dan kebahagian. Ketahuilah.. tetaplah meraih sukses. Bila engkau jujur dan berterus terang. Bila engkau sukses.. tetaplah bersikap baik..A ************* Ditunggu KOMENTAR Anda disini : http://www. Mungkin akan dilupakan orang keesokan harinya. Berikan pada dunia milikmu yang terbaik. Bukan antara engkau dengan mereka. Biar begitu. Biar begitu. tetaplah berbuat jujur dan berterus terang. Pada akhirnya. Apa yang engkau bangun selama bertahun-tahun. tetaplah membangun.F. Antara engkau dengan Tuhanmu.com/note. Biar begitu.

mesra sekali… Sekarang engkau telah dewasa… Nampaknya kau tidak berminat lagi kepadaku.. kau sentuh aku dalam keadaan suci… Aku kau pegang. mengisi sebuah acara di mushola kecil kami… Untaian kalimatnya sangat eloquent (fasih) dan menggugah semangat (ghiroh)… Tiba di penghujung acara.. Dengan wudhlu.? Apakah aku bacaan usang yang tinggal sejarah..? Menurutmu barangkali aku bacaan yang tidak menambah pengetahuan? Atau menurutmu aku hanya untuk anak kecil yang belajar mengaji saja? Sekarang aku engkau simpan rapih sekali. dibiarkan dalam kesendirian dalam kesepian Di atas lemari.. .… Kalimat indah tersebut adalah begini… Waktu engkau masih kanak-kanak.. aku engkau padamkan… Dulu . Waktu senggang kau sempatkan membaca buku karangan manusia Sedangkan aku yang berisi ayat-ayat yang datang dari Allah maha perkasa . aku menawarkan diri untuk mengetik ulang dan kemudian membaginya kepada tetangga yg meminta kalimat indah tersebut…. aku kau baca beramai-ramai bersama teman-temanmu di surau….. karena sangat berkesan…aku minta salinannya (beliau membacakan dari secarik kertas). saya bagikan kepada sahabat semua…. Aku sudah engkau anggap sebagai perhiasan rumahmu saja. hinga kadang engkau lupa dimana menyimpannya.Di sebuah kawasan pemukiman desa pondok aren. engkau laksana kawan sejatiku. Dan berikut ini.. beliau membacakan sebuah untaian kalimat indah tentang kitab suci kita… Kami tertunduk sahabat…hampir semuanya seperti sindiran pada perbuatan kami sendiri… Selepas acara...Ust.di rumah-rumah engkau bacakan beberapa halamanku… Sore harinya. kau junjung dan kau pelajari… Aku engkau baca dengan suara lirih ataupun keras setiap hari Setelah usai engkaupun menciumku mesra. kami (jazakallah Tadz) dan juga kita semua.. didalam laci. kami hanya punya 1 copy dan tidak punya filenya… Sebagai pemburu dan pencinta ilmu. di sebelah sudut barat laut Bintaro… Suatu saat guru dan juga sahabat kami.pagi pagi..beberapa tetangga yang ikut kajian tersebut juga memintanya. Sayangnya. Sekarang pagi-pagi sambil minum kopi… Engkau bacakan koran pagi atau nonton berita tv.. Semoga bisa menjadi ilmu yang memberikan manfaat pada Ust. Kadang kala aku dijadikan maskawin agar engkau dianggap bertaqwa Atau aku kau buat penangkal untuk menakuti hantu dan syaitan Kini aku lebih banyak tersingkir.

musik. engkau lupakan… Waktu berangkat kerjapun kadang engkau lupa baca pembukaan surat-suratku (basmalah) Di perjalanan engkau lebih asik menikmati musik duniawi Tidak ada kaset berisi ayat Allah yang terdapat dalam laci mobilmu Sepanjang perjalanan radiomu tertuju ke stasiun favoritmu Di meja kerjamu tidak ada aku untuk kau baca sebelum kau mulai kerja E-mail temanmu yang ada ayat-ayat ku pun kadang kau abaikan Engkau terlalu sibuk dengan urusan duniamu… Benarkah dugaanku bahwa engkau kini sudah benar-benar melupakanku…? Bila malam tiba engkau tahan nongkrong berjam-jam di depan tv Menonton pertandingan liga inggris.dulu sekali… Jangan aku engkau biarkan sendiri dalam bisu dan sepi Maha Benar Allah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana .kuranglah jatah umurmu. Apakah koran. komputer dapat memberimu pertolongan bila engkau dikubur sendirian menunggu kiamat tiba.?? Engkaupun kan diperiksa oleh malaikat suruhannya… Hanya dengan ayat-ayat Allah yang ada padaku engkau dapat selamat melaluinya Setiap saat berlalu …. dilapisi abu.. dan mungkin dimakan kutu… Seingatku hanya awal bulan ramadhan engku membacaku kembali Itupun hanya beberapa lembar dariku… Dengan suara dan lafadl yang tidak semerdu dulu… Engkaupun kini terbata-bata dan kurang lancar lagi membaca..aku semakin kusam dalam lemari Mengepul debu.aku akan datang sebagai pemuda gagah nan tampan Yang akan membantu engkau membela diri Bukan koran yang membantumu..... tv. Karena ayat-ayat yang ada padaku adalah ayat suci… Yang berasal dari Allah Tuhan yang maha mengetahui Yang disampaikan Jibril kepada Nabi. italia. Dan akhirnya kubur senantiasa menunggumu Engkau bisa kembali pada Tuhanmu sewaktu-waktu Apabila malaikat maut mengetuk pintu rumahmu Bila aku kau baca selalu dan kau hayati Dikuburmu nanti…. radio.Engkau campakkan. Sentuhlah aku kembali… Bacalah…dan pelajari aku kembali lagi Setiap datangnya pagi dan sore Seperti dulu…. Dalam perjalan di akhirat nanti akulah Qur‘an kitab suci yang senantiasa menemani dan melindungimu Peganglah aku lagi…bacalah aku kembali setiap hari. film atau sinetron laga Waktupun cepat berlalu….

Ahmad. ada seorang lelaki berkata kepada Nabi shollallohu ‗alaihi wa sallam. Kalau marahnya belum juga hilang maka hendaknya dia berbaring‖(HR. Rasulullah shollallohu ‗alaihi wa sallam juga pernah menasihatkan. dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema`afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. ajarkanlah kepada saya sebuah ilmu yang bisa mendekatkan saya ke surga dan menjauhkan dari neraka‖. yang tidak mungkin bisa dihilangkan dari perasaan manusia‖. baik di waktu lapang maupun sempit.Allah telah berfirman: Berkatalah Rasul: "Ya Tuhanku. (QS. Dahulu ada juga seorang lelaki yang datang menemui Rosululloh shollallohu ‗alaihi wa sallam―Wahai Rosululloh. ―Jangan tumpahkan kemarahanmu.php?note_id=497759015848  14 January  Menahan MARAH untuk SURGA Sahabat Hikmah yang tercinta. Karena pada hakikatnya marah adalah tabi‘at manusia. Shohih). ―Jangan marah‖ (HR. Ternyata surga dirempati oleh orang yang bisa menahan amarah. (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya).‖ (QS Ali Imran : 133134)   Apakah Anda mau masuk surga? Mulai sekarang TAHAN AMARAH dan MAAFKANLAH ! Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‗anhu.. ―Jangan marah‖ Lelaki itu terus mengulang-ulang permintaannya dan beliau tetap menjawab. sesungguhnya kaumku menjadikan Al Qur'an ini suatu yang tidak diacuhkan". Larangan ini bukan tertuju kepada rasa marah itu sendiri.facebook. Thobrani. Imam Nawawi rohimahulloh mengatakan. Surga ditempati orang yang senang memaafkan. Shohih) . ―Apabila salah seorang dari kalian marah dalam kondisi berdiri maka hendaknya dia duduk. ―Berilah saya nasihat‖ Beliau shollallohu ‗alaihi wa sallam bersabda.. Bukhari).com/note. ‖Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. Maka beliau shollallohu ‗alaihi wa sallam bersabda. Al Furqan : 30) ************** Ditunggu KOMENTAR Anda disini : http://www. Niscaya surga akan kau dapatkan‖ (HR. ―Makna jangan marah yaitu janganlah kamu tumpahkan kemarahanmu.

(2) Mengingat besarnya pahala orang yang bisa menahan luapan marahnya (3) Mengambil sikap diam. Karena rasa marah itu bagian dari tabi‘at manusia yang pasti ada.php?note_id=499678160848 .Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‗Utsaimin rohimahulloh juga mengatakan. Kemarahan tidak secara normatif dianggap sebagai penyakit. Sehingga terkadang pelakunya merasa sangat menyesal atas perbuatan yang telah dia lakukan‖. tuduhan. Diantaranya ialah : (1) Membaca ta‘awudz yaitu. Sedangkan sejelek-jelek orang ialah yang suka melampiaskan hawa nafsu dan kemarahannya. perdebatan.. Syaikh As Sa‘di rohimahulloh mengatakan: ―Sebaik-baik orang ialah yang keinginannya tunduk mengikuti ajaran Rasul shollallohu ‗alaihi wa sallam. BERDAMAI dan MEMAAFKAN. ‗ujub. tidak berbicara (4) Duduk atau berbaring (5) Memikirkan betapa jelek penampilannya apabila sedang dalam keadaan marah (6) Mengingat agungnya balasan bagi orang yang mau memaafkan kesalahan orang yang bodoh (7) Meninggalkan berbagai bentuk celaan. Kemarahan yang penyakit – lanjutnya . Kemarahan yang baik dipicu oleh hal-hal yang baik. Oleh sebab itulah anda bisa melihat kalau orang sedang marah maka kedua matanya pun menjadi merah dan urat lehernya menonjol dan menegang. laknat dan cercaan karena itu semua termasuk perangai orang-orang bodoh. Sesungguhnya kemarahan adalah bara api yang dilemparkan oleh syaithan ke dalam lubuk hati bani Adam. kesia-siaan.facebook. Laa haula wa laa quwwata illa billaah‖ (lihat Durrah Salafiyah). yang menjadikan murka dan pembelaannya dilakukan demi mempertahankan kebenaran dari rongrongan kebatilan.adalah kemarahan yang zhalim dan cepat marah serta lambat reda. ―A‘udzubillahi minasy syaithanir rajiim‖.com/note. pertengkaran.F. Sedangkan kemarahan yang zhalim dipicu arogansi. pencibiran. Supaya kemarahanmu itu tidak menimbulkan dampak yang tidak baik.A Silahkan memberi KOMENTAR disini yah: http://www. senda gurau. Menurut Al-Ghazali. Semoga kita MENAHAN AMARAH. pelecehan. penghianatan dan ambisi dunia. makian. Akan tetapi maksudnya ialah kuasailah dirimu ketika muncul rasa marah. Tips menanggulangi kemarahan Syaikh Wahiid Baali hafizhohulloh menyebutkan beberapa tips untuk menanggulangi marah. demikian tulis Said Hawwa. Wassalam O. kita memang tidak mungkin menghindari kemarahan. ―Bukanlah maksud beliau adalah melarang memiliki rasa marah.. Dan berbagai hal lain yang tidak terpuji timbul di belakangnya. Bahkan terkadang rambutnya ikut rontok dan berjatuhan akibat luapan marah.

. Mereka menganggap berpoligami adalah kemuliaan. Karena mereka menganggap poligami adalah sunnah Rasul yang harus diikuti. 4:3) Pada saat ayat tersebut turun.. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya. maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua. atau budak-budak yang kamu miliki.. dan ada juga sahabat yang mendukung dengan sangat.. . mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepadaNya. Lalu bagaimana melihat poligami dengan bil-hikmah ? Poligami adalah bagian dari aturan Allah. Kali ini saya perlu menjelaskan lebih jauh tentang poligami. Membenci aturan Allah berarti tidak ridlo dengan Islam.. Allah subhanahu wa ta‘ala berfirman: ‖Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya). Sahabat yang anti poligami. Membenci aturan Allah berarti tidak ridlo dengan Rasulullah. Dan tidak gampang untuk setiap orang bisa melaksanakannya. Poligami adalah salah satu solusi yang diberikan oleh Allah. Islam sebagai agama dan Muhammad sebagai nabi dan rasul (‗radhiitu billahi robban wa bil Islami diinan wa bi Muhammadin nabiyyan‘ wa rasuulan) Sahabat yang mendukung poligami dengan sangat. Membenci poligami berarti membenci salah satu aturan Allah. maka (kawinilah) seorang saja.. Mereka telah membenci poligami dengan membabi buta. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya. Padahal poligami adalah salah satu syariat Allah.‖ (QS Al Bayyinah : 8) Sebagai seorang muslim kita harus ridlo Allah sebagai Tuhan. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil. Membenci aturan Allah berarti tidak ridlo dengan Allah. Mereka berkampanye tentang poligami. adalah bila dia berpoligami dan mau dipoligami. Karena ada di antara kita sahabat yang anti poligami. ‖Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga `Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Padahal Surga dimasuki orang ridlo kepada Allah dan diridloi oleh Allah. Tetapi dalam pelaksanaannya harus dengan syarat yang telah ditentukan. tiga atau empat.‖ (QS An-Nisa. 17 January  Melihat Kembali POLIGAMI dengan HIKMAH Sahabat Hikmah. Bahkan sebagian mengukur kebaikan agama seseorang..

Para sahabat disuruh memilih yang terbaik buat mereka Jadi hukum poligami adalah mubah (boleh) dengan syarat.. Itupun dengan bil-hikmah Allah menawarkan . Dan langit. Ayat tersebut bukan memotivasi dan mengapresiasi poligami. Bahkan meminta dan memperebutkannya. ‖Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit. Dan bila memahami makna hidup adalah ujian.. kecuali manusia yanga mau mau menerima... Dan bertakwalah kepada Allah.. Seperti proses Allah mengharamkan khomer.‖( QS Al-Ahzab : 72) ‘Kullukum raa‘in wa kullukum mas‘uulun ‘an ra‘iyyatihi‘ ‖Setiap dari kalian adalah pemimpin.. Maka hendaknya menikah dengan seorang isteri saja. Yang sudah menjadi bagian dari budaya saat itu.. bumi dan gunung pun enggan memikul amanah. Menambah tanggung jawab. Jadi adil tidak jauh berbeda dengan taqwa. Allah tidak langsung mengharamkannya. dan tiap-tiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya. bumi dan gununggunung. beban dan ujian. Maka jangan sekali-kali meminta diuji atau minta amanah. maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya. Melakukan sesuatu yang seharusnya. sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. Melakukan sesuatu sesuai kehendak Allah dan Rasul-Nya Lawan dari adil adalah zhalim. yang berarti berbuat aniaya dan dosa. Dan syaratnya adalah orang tersebut yakin dapat berlaku adil.‖ (QS AlMaidah:8) . Bahkan memiliki isteri dan selir lebih dari empat. Dengan ayat ini Allah membatasi hanya empat isteri saja. Kecuali diberi amanah. Orang yang menambah isteri berarti menambah amanah. Seperti halnya meminta jabatan... Bagi orang yang takut tidak berlaku adil . Ayat tersebut adalah cara Allah mengajak hidup berkeluarga secara adil. maka berubah menjadi makruh (dibenci) atau haram (dilarang).Poligami sudah menjadi budaya masyarakat saat itu... karena adil itu lebih dekat kepada takwa... ‖Berlaku adillah..‖ Kemudia apa yang dimaksud adil ? Adil adalah menempatkan sesuatu pada tempatnya. Demikian juga dengan poligami... Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh. Bila syarat tidak bisa dipenuhi. dan dipikullah amanat itu oleh manusia.

.. maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.. serta orang-orang lain yang telah dibohongi. Yaitu hanya orang-orang yang sangat bertaqwa saja yang bisa berlaku adil. Karena menuruti hawa nafsu selalu bertentangan dengan keadilan. karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai). isteri-isterinya dan anak-anaknya. Satu amanah saja tidak bisa memenuhi hak-haknya ? Apatah lagi dengan lebih dari satu isteri ? Bukankah ini adalah kezhaliman dengan diri ..isteri (mu). Poigami sunnah Rasulullah ? ..... Tidak ada keadilan. Tidak ada keadilan… Bila berpoligami hanya menuruti hawa nafsu saja.. Mengapa berani menambah isteri lagi? Bila ingin lebih mudah dalam menjalani ujian hidup.. Sehingga apabila belum bisa adil dan bertaqwa dengan satu isteri. Bukankah lebih baik beristeri satu saja ? Tidak ada keadilan.. sehingga kamu biarkan yang lain terkatungkatung. Tidak ada keadilan… Bila dengan poligami hilang kebahagiaan Karena kebahagiaan adalah cermin Keadilan.. Maka hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukannya. 4:129) Karena untuk berlaku adil adalah tidak mudah. walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian.. Yang berarti dia telah berbuat zhalim kepada dirinya. Dan orang-orang yang menjadi tanggungannya? Tidak ada keadilan…... Karena Keluarga harus penuh keharmonisan dan kebersamaan. Dan keadilan juga berdasarkan keharmonisan dan kebersamaan. Dan takut berlaku tidak adil.Dalam Al-Quran Allah menjelaskan bahwa berlaku adil dengan isteri-isteri adalah sangat susah : ‖Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri. Dan jika kamu mengadakan perbaikan dan memelihara diri (dari kecurangan). Orang yang berpoligami tanpa keputusan bersama… Karena keputusan bersama adalah awal dari keadilan. Orang yang tidak bisa adil dan bertaqwa dengan satu isteri. Orang yang berpoligami dengan sembunyi-sembunyi karena dia telah berbohong dan berdusta.. Kemudian dia menambah isteri lagi..‖ (QS An-Nisa...

Dan menikah adalah sunnah Rasul. Sehingga dari sekian perkawinannya Rasulullah menikah denga janda mati. Dan bisa berubah menjadi sunnah. Seperti termotivasi untuk melakukan amalan sunnah (nawafil)...) Jadi Hukum asal poligami adalah sama dengan menikah yaitu mubah. Akan tetapi orang yang telah melakukan poligami belum tentu menjadikan baik agamanya.. Jadi bukan seperti sholat sunnah atau puasa sunnah…. Sehingga orang termotivasi untuk melakukan poligami.. Kalau dia bisa adil dan bertaqwa baru akan membuatnya mulia. Karena poligami merupakan bagian dari pernikahan. Setelah saya posting tulisan tentang IKHLAS. Kali ini saya ingin berbagi dan belajar hidup bahagia Dengan seorang sahabat KKH. Dia tetap fun saja. Orang yang melakukan banyak amalan sunnah (nawafil)… akan membuat baik agamanya. (‘Sunnah‘ menurut Imam Syafi'i adalah penerapan Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam terhadap wahyu yang diturunkan.. Tetapi bila dia tidak adil maka akan membuat dia celaka. Ketaqwaannya bukan diukur dengan pelaksanaan poligami tersebut. kecuali dengan Aisyah binti Abu Bakar Radliyallahu ‘anha. bahkan haram.Poligami memang sunnah Rasul. wajib.‖ (QS Al-Hujurat : 13) Lalu bagaimana Rasulullah melakukan poligami? >>Silahkan dibaca LANJUTANNYA dan memberi KOMENTAR disini dengan klik 'like'/'suka' terlebih dahulu : http://www.. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. Dia mengirim pesan ke inbox fb saya: . walaupun dia sudah dipolygami. Pada kasus poligami Rasulullah sedang mengejawantahkan surat An-Nisa ayat 2-3 mengenai perlindungan terhadap janda mati dan anak-anak yatim.facebook.. dan Allah akan semakin mencintainya.com/notes/kata-katahikmah/melihat-kembali-poligami-dengan-hikmah/501733605848  18 January  Walau DIMADU tapi TETAP BAHAGIA ( KUNCI KEBABAHAGIAAN ) Sahabat Hikmah. makruh.. tetapi dari keadilannya (baca taqwanya). ‖Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu.

.... jazakumullah Sahabat Hikmah yang tercinta..menyejukkan hati......... bahwa: ‖Kebahagiaan bukan untuk dicari.......... dgn seringnya aku membaca "kata2 hikmah"... Sungguh dengan ini saya belajar dengan pesan tersebut. bnyk ilmu yg aku bisa serap. kuajak mereka ‘tuk tetap santun ke ayah dan istrinya. itulah kebahagiaan yg sesungguhnya". berarti aku gak perlu suhuzhon dan suamiku gak hrs membohongiku trs. alhamdulillah.. itu gak akan kamu temukan. insyaallah hidup ini akan sangat nyaman tuk dijalani. Tetapi... sejauh ini fun2 aja..... Dan insya Allah dia bisa begitu karena memahami tulisan-tulisan ‖KATA-KATA .thx Dia juga mengatakan: kata orang bijak. Tetapi bagaimana agar kita mendapatkan ‘kebahagiaan‘ dalam kondisi apapun.. aku justru lega....... tapi.. justru aku melihat Allah ingin memberikan nilai kemuliaan kepadaku dan anak2.......... alhamdulillah... kalo Allah sdh kita jadikan sandaran hidup kita... "kalo kamu mencari kebahagiaan..kalo kamu bersyukur dgn apa yg kamu terima....... tggl 7 des (1 muharram) suamiku berterus terang kalo dia udah menikahi janda tanpa anak pd tggl 4 maret 2010 bertepatan anakku yg bungsu dirawat di rmh sakit......gak ada amarahku saat itu. alhamdulillah.. Yang menjadi titik perhatian bukan masalah polygaminya.. aku gak melihat ini sbg keburukan.... Dalam ‘realita‘ bukan hanya dalam ilmu..assalaamu 'alaikum pak ogy.. mohon doanya agar aku dan anak2 dpt sabar dan ikhlas dlm menjalani ini semua.... barusan tadi saya baca ttg ikhlas yg bpk tulis.... aku berterima kasih bnyk..... itulah kebahagiaan yg sesungguhnya"... saya dan anak2 sdh sering ketemu istri ayahnya. Dari dia kita belajar untuk hidup ‘bahagia‘.apabila kita bersyukur dengan apa yang di terima... krn ada Allah yg memelihara aku... Allah ngingetin aku agar ga bergantung pd makhluk. anak2 sudah kukasih tahu....

Memang KEBAHAGIAAN akan didapat..php?note_id=498603015848) 3) Menahan AMARAH untuk SURGA (http://www.php?note_id=459543320848) 2) It Always Between You and God ( IKHLAS ) (http://www. Anas bin Malik radiallahuanhu." (QS Fushilat .A @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@ Silahkan memberikan KOMENTAR disini (sebelumnya klik Like/Suka): http://www. maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah menjadi teman yang sangat setia.com/notes/kata-kata-hikmah/walau-dimadu-tapi-tetapbahagia/500565210848 @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@  20 January  HANYA SEMENTARA .php?note_id=499678160848) Ayat Al-Quran dan hadits yang terkait adalah: "Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Semoga kita bisa mengambil HIKMAH Wassalam O.facebook... Dalam sikap MENERIMA apapun yang terjadi Yaitu dengan berSYUKUR dan berSABAR dengan apa yang ada.. Dan dengan dorongan IKHLAS hanya mengharap Ridlo Allah semata.com/note. pembantu Rasulullah Shallallahu‘alaihi wasallam dari Rasulullah Shallallahu‘alaihi wasallam.facebook.HIKMAH‖ yang telah diposting. BERSYUKUR dengan apa yang ada. Serta menjadikan Allah satu-satunya tempat ‘berTAWAKKAL‘.com/note.F.41: 34) Dari Abu Hamzah. BERDAMAI dan MEMAAFKAN orang lain KEBAHAGIAAN bukan DICARI… Kebahagiaan diTEMUkan di dalam DIRI.facebook." (Riwayat Bukhori dan Muslim) Saya sangat salut dengan dia. beliau bersabda: "Tidak beriman salah seorang diantara kamu hingga dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri.com/note.... Pada saat kita bisa BERBAGI dengan saudaranya yang lain.facebook. seperti dalam tulisan : 1) TIPS agar SABAR dan IKHLAS menerima KENYATAAN (http://www. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik...

Sehingga Aku INGIN MENIKMATINYA SEPANJANG MASA.sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan disebelah kanan mereka. sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami. Kelihaianku menjadikan aku kaya raya Semua kuhabiskan ‗tuk berfoya-foya. Adapun caranya.. Seorang.HANYA SEMENTARA Setelah khusuk berdoa… Pria tua itu menceritakan masa lalunya ―Dulu aku adalah seorang pemabuk." (qs at-tahrim:8) Taubat adalah kembalinya seorang hamba kepada Allah seraya berpaling dari jalan orang-orang yang dimurkai dan orang-orang yang sesat. Dan… dulu aku juga seorang penjudi. Dua atau tiga guci tidaklah cukup untukku. betapa bergairahnya saat itu. SEMENTARA WAKTU. ―Karena aku KETAGIHAN. sambil mereka mengatakan . Oh. bertaubatlah kepada allah dengan taubat yang semurni-murninya. .ya tuhan kami. Pada hari ketika allah tidak menghinakan nabi-nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengan dia. dua atau tiga wanita sekaligus kupesan. Hingga suatu ketika…kuhentikan semuanya…" ― Mengapa Anda berhenti?‖ tanyaku. di dunia ini saja. pernah kubaca dalam sebuah buku tua Bahwa aku. Sesungguhnya engkau maha kuasa atas segala sesuatu. ―Aku benar-benar MENYUKAI semua kesenangan itu. betapa nikmatnya dunia ini. Hanya MENGGANTI semua KESENANGAN itu dengan AMAL SHALEH Dan. ―Apa maksud anda?‖ Tanya seorang temanku. Mudah-mudahan tuhan kamu akan menghapus kesalahankesalahanmu dan memasukkan kamu kedalam surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai. Aku juga sering melacur.‖ jawabnya dengan mantap. Oh. untuk SELAMA-LAMANYA‖ Sambil berdiri dan bersiap melanjutkan perjalanan." Pria tua itu berkata: ‖Adakalanya… LEMBAH MAKSIAT merupakan JALAN dan PROSES menuju KESHALEHAN Namun TIDAK PERLU dan JANGAN MENCOBA melaluinya Untuk menjadi orang yang SHALEH!‖ ―Hai orang-orang yang beriman . Dua kali sepekan ku pergi ke lokalisasi. PASTI KESENANGAN yang ABADI kan KUDAPAT Kelak di hari kemudian.

. tapi lihatlah lubang-lubang di pagar .Syarat taubat: -Menyesali perbuatannya -Menjauhkan diri dari perbuatan dosa -Tekad untuk tidak mengulangi perbuatan dosa Ciri-ciri taubat yang diterima : -Setelah melakukan taubat. Lalu secara bertahap jumlah itu berkurang.. Lalu sang ayah menuntun anaknya ke pagar. kamu telah berhasil dengan baik anakku. dengan hikmah ayahnya memberikan sekantong paku dan mengatakan pada anak itu untuk memakukan sebuah paku di pagar belakang setiap kali dia marah. ―Hmm. Dia memberitahukan hal ini kepada ayahnya.com/notes/kata-kata-hikmah/hanyasementara/10150089674900849 @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@  21 January  Jagalah MULUTMU Seperti Menjaga KEMALUANMU Sahabat Hikmah. Ada suatu kisah seorang anak laki-laki yang bersifat pemarah. Dia mendapati bahwa ternyata lebih mudah menahan amarahnya daripada memaku paku ke pagar. yang kemudian mengusulkan agar dia mencabut satu paku untuk setiap hari dimana dia tidak marah. ia menjadi lebih baik dari sebelumnya -Takut akan azab Allah -Menyesali perbuatannya dan tidak mengulangi lagi Semoga Allah menerima taubat kita dan mengampuni semua dosa-dosa hamba-Nya yang bertaubat… Amin… Oleh: Bulan Cahaya @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@ SILAHKAN MEMBERIKAN KOMENTAR (KLIK LIKE/SUKA PAGE INI DULU ) DISINI : http://www.facebook. Untuk mengurangi kebiasaan marah sang anak. Akhirnya tibalah hari dimana anak tersebut merasa sama sekali bisa mengendalikan amarahnya dan tidak cepat kehilangan kesabarannya. Hari pertama anak itu telah melakukan 32 paku ke pagar setiap kali dia marah. Hari-hari berlalu dan anak laki-laki itu akhirnya memberitahukan ayahnya bahwa semua paku telah tercabut olehnya.

"Perkara yang paling BANYAK mengANTARkan orang masuk ke NERAKA adalah MULUT dan KEMALUAN.. Tetapi juga orang yang tidak bisa menjaga MULUTnya *. Jagalah MULUTmu. ghibah (gosip). AMARAH adalah suatu FITRAH yang ada dalam diri manusia Tetapi bila kita TIDAK meLUAPkannya. panggilan yang buruk dll. Thobrani." (HR. Kata-katamu dan perbuatanmu meninggalkan bekas seperti lubang ini di hati orang lain‖ Sahabat Hikmah. Karena luapan kemarahan hanya akan MENYAKITI orang lain yang akan 'terus MEMBEKAS' Dan menjadi 'PENYESALAN' diri kita. baik di waktu lapang maupun sempit.. Shohih) Sahabat Hikmah.. namimah (mengadu domba).. tetapi juga menjaga dari makanan yang syubhat dan haram) @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@ SILAHKAN MEMBERI KOMENTAR DI FAN PAGE :http://www.." (HR. Maka berKATAlah yang BAIK atau DIAM. Bukhori-Muslim) OFA * (menjaga mulut bukan hanya dari ucapan yang tidak baik seperti ucapan yang menyakitkan.com/notes/kata-kata-hikmah/jagalah-mulutmu-seperti-menjagakemaluanmu/10150090424465849 .. Maka beliau shollallohu ‗alaihi wa sallam bersabda. fitnah...facebook.. Bukan hanya orang yang tidak bisa menjaga KEMALUANnya.ini. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan... Pagar ini tidak akan pernah bisa sama seperti sebelumnya‖ ―Ketika kamu mengatakan sesuatu dalam kemarahan.... ―Wahai Rosululloh. (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya). Maka itu adalah lebih UTAMA. Seperti menjaga KEMALUANmu ! Karena keBANYAKan penduduk NERAKA.. ajarkanlah kepada saya sebuah ilmu yang bisa mendekatkan saya ke surga dan menjauhkan dari neraka‖. Niscaya surga akan kau dapatkan‖ (HR. Tirmidzi) "Barang siapa berIMAN kepada ALLAH dan HARI AKHIR.‖ (QS Ali Imran : 133134) Seorang lelaki datang menemui Rosululloh shollallohu ‗alaihi wa sallam... ―Jangan tumpahkan kemarahanmu.. ‖Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surgayang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yangbertakwa. dan orang-orang yang menahan amarahnya danmema`afkan (kesalahan) orang.

Untuk itu silahkan membaca sendiri di fan page KKH dan beri KOMENTAR yah.php?note_id=491626550848) 3. Pernah patah hati? Pernah sakit hati? Pernah kecewa luar biasa? Tau cara menyembuhkan hati yang luka? ... wassalam OFA  22 February  Obat Sakit Hati Sahabat Hikmah.facebook. 1. Firasat HATI yang BERCAHAYA (http://www. semoga bermanfaat.php?note_id=491627080848) 4..com/note.@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@  16 February  Kiriman KATA-KATA HIKMAH Sahabat Hikmah.facebook.com/note..php?note_id=10150091828790849) 5. Sebenarnya sudah ada beberapa tulisan di note fan page KKH.facebook.php?note_id=10150099033365849) 2.. 8 Hal Yang Mematikan Hati (http://www.com/note. Mohon maaf selama beberapa pekan tidak sempat mengirim pesan KKH karena ada kesibukan. Hikmah Kematian Adjie Massaid (http://www.facebook. PANDAI MEMAAFKAN (http://www. tetapi tidak sempat dikirim kepada semua member.facebook..com/note.php?note_id=10150102566995849) Terima kasih.com/note. Memahami HIDUP dengan BIJAK (http://www.

untuk apa merenungi dan menyesali hal yang tidak ada gunanya. namun. Orang kadang beranggapan kalau sudah jadi pengajar seperti guru maka ia berhenti belajar. masih banyak hal indah yang dapat kita temukan diluar sana..! SEMANGAT ! (Oleh : Lutfi S Fauzan) @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@ Bisa dibaca di fan page KKH dan memberikan komentarnya : http://www. dan sangat mujarab. Sahabat Hikmah. jangan sampai terbelenggu oleh rasa sakit hati. Seorang belajar adalah kewajiban murid bukan untuk guru... Hidup itu indah.com/notes/kata-kata-hikmah/obat-sakithati/10150103187445849 @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@  22 February  ::SAYA BELAJAR:: JANGAN PERNAH MENGAJAR KALAU ANDA SUDAH BERHENTI BELAJAR. Padahal guru dan murid sama-sama manusia yang memiliki kewajiban belajar sehingga praktek mengajar bukan final dari tahapan seseorang yang sedang belajar.. Berani mati tidaklah luar biasa.Obat nya. Diri kita berhak untuk bahagia. Belajar adalah sikap hidup... . Cara menyembuhkan hati yang luka adalah dengan meMAAFkan hal yang telah melukai hati kita. itu baru luar biasa!.facebook. kekecewaan yang tidak berkesudahan. agar dapat melangkah kedepan lebih ringan. sementara mengajar adalah pengabdian. berani tetap hidup pada saat tidak ada lagi yang kita miliki. dan masih akan banyak hal luar biasa yang belum kita temukan dalam hidup kita.

Bahwa pahlawan adalah orang yang melakukan apa yang harus dilakukan ketika hal itu dibutuhkan. Saya belajar. Bahwa uang adalah cara terburuk untuk mempertahankan sesuatu . Saya belajar. Saya belajar. Saya belajar.. Bahwa orang yang saya kira jahat. Bahwa butuh waktu bertahun . Bahwa sahabat terbaik saya dapat melakukan banyak hal dan kami selalu memiliki waktu yang terbaik. Saya belajar. Bahwa Saya mengendalikan sikap saya atau sebaliknya ia yang mengendalikan saya. Walaupun saya selalu memberikan kepedulian yang besar kepada setiap orang. apapun konsekuensinya Saya belajar. Bahwa seharusnya tidak selalu membandingkan diri saya dengan yang yang terbaik dalam bidangnya. Bahwa Saya dapat melakukan jauh lebih baik setelah saya tidak bisa melakukannya.Di Universitas Kehidupan.. tapi tidak semua orang akan memberikan kepedulian yang sama kepada Saya. Bahwa saya tidak dapat memaksa orang lain mencintai saya. Saya belajar. Dibawah ini adalah beberapa situasi yang memungkinkan kita bisa mengambil pelajaran yang saya rangkum dari berbagai sumber. Saya hanya dapat melakukan sesuatu untuk orang yang saya cintai. Saya belajar. adalah orang yang membangkitkan semangat hidup saya serta begitu perhatian. Saya belajar.. belajar tidak mengenal ruang dan waktu. beberapa situasi dapat saja kita petik pelajaran dan hikmahnya. Saya belajar.tahun untuk membangun kepercayaan. Bahwa bukan apa yang saya punya tetapi Siapa yang saya punya adalah yang terpenting dalam kehidupan saya. Dan beberapa detik saja untuk menghancurkannya Saya belajar.

Saya belajar. Saya belajar. Saya belajar. hanya karena mereka tidak bertengkar bukan berarti mereka saling mencintai. Bahwa terkadang tidak cukup untuk dimaafkan oleh orang lain. dua orang mungkin melihat sesuatu dengan penglihatan yang benar-benar beda. Bahwa jika seseorang tidak menunjukkan perhatian seperti yang saya inginkan. demikian pula sebaliknya. sebaliknya. Bahwa hanya karena dua orang bertengkar. Saya belajar. Bahwa sahabat sejati senantiasa bertumbuh walau dipisahkan jarak dan waktu. Dan beberapa diantaranya melahirkan cinta sejati. Saya belajar. bukan berarti mereka tidak saling mencintai. Saya belajar. Bahwa walapun keadaan hati saya sangat parah. Terkadang kita harus belajar untuk memaafkan diri sendiri. dia akan sesekali menyaiti kita. tetapi kitalah yang harus bertanggungjawab atas diri kita. . Saya belajar. Saya belajar. Bahwa kita tidak seharusnya terlalu bernafsu menemukan suatu rahasia karena ia dapat mengubah hidup kita selamanya. Bahwa dua orang dapat melihat sesuatu dengan penglihatan yang sama persis.Saya belajar. Saya belajar. Bahwa saya dapat melakukan banyak hal secara instan (tanpa banyak pertimbangan) tetapi itu akan mendatangkan kesedihan dalam kehidupan saya. Bahwa tak peduli seberapa baik seorang teman berlaku kepada kita. Saya belajar. Bahwa kedewasaan lebih banyak kaitannya dengan jenis pengalaman yang kita punya dan apa yang sudah kita pelajari darinya dan bukan dengan berapa kali kita merayakan ulang tahun. Bahwa Kita tidak harus berganti teman jika kita paham bahwa teman akan selalu berubah. dunia tidak akan berhenti karena kesedihan saya itu. dan kita harus memaafkannya. Saya belajar. Bahwa latar belakang dan keadaan kita bisa jadi yang telah menjadikan kita siapa kita.

Saya belajar. Sementara para tetangganya sibuk memenuhi rumah dengan barang-barang mewah. Saya belajar. berjalan tak tentu arah dengan rasa putus asa. Saya belajar. Saya belajar.::KISAH KOIN PENYOK::. Saya belajar. Kondisi finansial keluarganya morat-marit. Bahwa kata .kata manis tanpa tindakan adalah saat perpisahan dengan orang yang saya cintai. seorang lelaki keluar dari pekarangan rumahnya.. Bahwa saya harus mengampuni diri sendiri dan orang lain kalau tidak mau dikuasai perasaan bersalah terus menerus.. Bahwa orang .facebook.bukan berarti dia tidak mencintai saya. Bahwa Saya membutuhkan waktu untuk menjadi orang yang saya inginkan (Oleh Deden Wahyudin) @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@ Bisa dibaca di fan page KKH dan memberikan komentarnya: http://www..php?note_id=10150103986090849 @@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@  16 March  . melainkan bergantung pada diri mereka sendiri. Dan untuk itu kita harus mema'afkan. Sudah cukup lama ia menganggur. ia masih bergelut memikirkan cara memenuhi kebutuhan pokok keluarganya sandang dan pangan. Bahwa saya tidak dapat merubah seorang yang saya sayangi.   .orang yang sangat saya cintai dan kasihi justru sering diambil duluan dari kehidupan saya. Saya belajar..com/note. Dan saya hanya bisa merubah diri saya sendiri.. Bahwa sebaik baik pasangan mereka pasti pernah melukai perasaannya.. Alkisah.

‖ gerutunya kecewa. Lelaki itupun setuju.Anak-anaknya sudah lama tak dibelikan pakaian. Begitu senangnya. ―Uh. kenapa harus tenggelam dalam kepedihan yang berlebihan? . istrinya sering marah-marah karena tak dapat membeli barang-barang rumah tangga yang layak. Meskipun begitu ia membawa koin itu ke sebuah bank. Ketika laki-laki itu tengah menyusuri jalanan sepi. Bila Kita sadar kita tak pernah memiliki apapun. bukan apa-apa. Kebetulan pada waktu itu ada pesanan mebel. hanya sebuah koin kuno yang sudah penyok-penyok. Lelaki itupun mengikuti anjuran si teller. dan mutunya terkenal. Ketika melewati sebuah toko perkakas. Ia merogoh sakunya dan menghitung lembaran bernilai 250 dollar. dan ia tidak yakin bahwa perjalanannya kali inipun akan membawa keberuntungan. dia memanggul kayu tersebut dan beranjak pulang. Di pintu desa dia berhenti sejenak dan ingin memastikan uang yang ia terima. Dia bisa membuatkan beberapa rak untuk istrinya karena istrinya pernah berkata mereka tak punya tempat untuk menyimpan jambangan dan stoples. Sesudah membeli kayu seharga 30 dollar. si kolektor menghargai koin itu senilai 30 dollar. Ketika lelaki itu nampak ragu-ragu. lelaki tersebut mulai memikirkan apa yang akan dia lakukan dengan rejeki nomplok ini.‖ kata teller itu memberi saran. ―Sebaiknya koin in Bapak bawa saja ke kolektor uang kuno. Dia menukar kayu tersebut dan meminjam sebuah gerobak untuk membawa lemari itu. Seorang wanita yang sedang mendekorasi rumah barunya melongok keluar jendela dan melihat lelaki itu mendorong gerobak berisi lemari yang indah. Mata pemilik bengkel sudah terlatih melihat kayu yang dipanggul lelaki itu. Di tengah perjalanan dia melewati perumahan baru. merampas uang itu. warnanya bagus. Kayunya indah. Pada saat itu seorang perampok keluar dari semak-semak. Hanya sebuah koin penyok yang kutemukan tadi pagi‖. Terlihat ragu-ragu di mata laki-laki itu. Kemudian mengembalikan gerobak ke pengrajin dan beranjak pulang. Laki-laki itu sudah tak tahan dengan kondisi ini. Si wanita terpikat dan menawar dengan harga 200 dollar. Dia pun segera membawanya pulang. Kebetulan di sana ada lemari yang pasti disukai istrinya. Karena merasa penasaran ia membungkuk dan mengambilnya. tiba-tiba kakinya terantuk sesuatu. namun pengrajin itu meyakinkannya dan dapat menawarkannya mebel yang sudah jadi agar dipilih lelaki itu. Dia menawarkan uang sejumlah 100 dollar kepada lelaki itu. Di tengah perjalanan dia melewati bengkel seorang pembuat mebel. lalu kabur. Istri si lelaki kebetulan melihat dan berlari mendekati suaminya seraya berkata. si wanita menaikkan tawarannya menjadi 250 dollar. ―Oh. dilihatnya beberapa lembar kayu sedang diobral. Beruntung sekali. yakni mendapatkan pekerjaan. mengacungkan belati. ―Apa yang terjadi? Engkau baik saja kan? Apa yang diambil oleh perampok tadi?‖ Lelaki itu mengangkat bahunya dan berkata. membawa koinnya kekolektor.

http://www.php?created&&note_id=10150122408100849&id=29 1202364354  16 March  Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh Salam Hikmah buat sahabat semua.php?note_id=10150120392105849 5.com/note.com/note.com/note.facebook.Nyala Api Cinta. Mohon maaf beberapa hari ini tidak sempat kirim KKH. http://www.Memahami Ibadah Maghdhah dan Ghairu Maghdhah (agar tidak gampang membid'ahkan) http://www. PLEASE COMENT IN THIS NOTE: http://www.php?note_id=10150115326145849 3.Resiko Memaafkan. Berikut ini tulisan KKH yang bisa dibaca di note fan page KKH.php?note_id=10150111827605849 2. wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa bara kaatuh.Cinta.com/note.facebook.facebook. kami tidak dapat mengirim percatatan: 1.php?note_id=10150121320255849 Semoga bermanfaat. Pelajaran Hari Ke-2 : Berbahagialah (Hari ini juga!) http://www.facebook. http://www.php?note_id=10150116849910849 4.com/note. sewajarnya kita bersyukur atas segala karunia hidup yang telah Tuhan berikan pada kita.com/note.Sebaliknya.facebook. Mohon maaf atas segala kekhilafan dan kekurangan.facebook. OFA  17 March  Quote KKH Ketiadaan CAHAYA mendatangkan GELAP Ketiadaan HANGATmendatangkan DINGIN Ketiadaan CINTA mendatangkan BENCI Dan ketiadaan DZIKIR kpd Allah mengHADIRkan SYAITHAN Sehinngga SYAITHAN akn mjd PEMBISIKnya Sehinngga hidupnya akn selalu berKELUH KESAH . karena ketika datang dan pergi kita tidak membawa apa-apa.

jangan pernah ragu lagi.Dan tdk TERARAH Maka ISIlah jiwamu dgn selalu berDZIKIR kpd Allah Sehinngga Allah akn selalu BERSAMAmu Dia akn Memberikan KETENANGAN dan PETUNJUK Dan MeLINDUNGi dari SYAITHAN yg TERKUTUK. Usah engkau risaukan duniamu. engkau mampu taklukkan egomu. Tak perlu banyak bicara. Lalu. engkau tak pernah sendiri lagi. esokpun engkau akan berpulang. lakukan saja yang engkau bisa. Yakinlah. bahkan ia lebih dekat dari urat nadimu sekalipun. OFA  18 March  NIKMATI SAJA HIDUP INI NIKMATI SAJA HIDUP INI Nikmati saja hidupmu. kembali padaNya. engkau sangat luar biasa dalam bimbinganNya. So. engkau di dunia ini tak akan selamanya. saat kesempatan berbuat begitu luas terbuka? ia ada untuk engkau isi. ada Dia yang setia menemanimu. bersiaplah engkau untuknya. ada Dia yang selalu melihatmu... engkau bahagia bersamaNya. menemuiNya. .. akhirat yang abadi lebih mulia. engkau sudah sangat kuat bersamaNya.. ada Dia yang selalu mendengar doa-doamu. kesempatan itu untuk engkau taklukkan. wahai sahabat… Usahlah engkau bersedih dan mengeluh. bukan? Rasakanlah kehadiranNya yang setiap saat dekat denganmu.Apalagi alasanmu untuk bersedih? Apa lagi alasanmu untuk dapat menumpahkan keluhmu? Apa lagi alasanmu untuk pamerkan kecengenganmu? Apa lagi alasanmu untuk tidak berbuat.

senyuman terindah yang engkau miliki. untuk kembali menerbitkan senyumanmu. . Padanya diciptakan Adam AS. Yakinlah bahwa engkau mampu.facebook.com/note. engkau mampu berlemah lembut. dan apa yang hendaknya kita lakukan dan apa yang seharusnya tidak kita lakukan. ada yang mengharapkan kebaikan-kebaikanmu.com/note.engkau mampu runtuhkan kelumu.facebook. padanya dimasukkan dia ke dalam syurga dan padanya dikeluarkan dia darinya. maka engkau benar-benar mampu..php?note_id=10150116844410849 INFORMASI PENERBANGAN GRATIS (AL-JENAZAH AIR LINES ) :http://www. Semoga engkau selalu ingat. Dan tidak akan berlaku hari Kiamat kecuali pada hari Jumaat. maka engkau akan bahagia… PLEASE COMENT IN THIS NOTE: http://www.php?note_id=10150116911695849  25 March  Apa yang Hendaknya Kita Lakukan dan Tidak Kita Lakukan pada Hari Jum'at Sahabat Hikmah. bagilah walau satu kata motivasimu hari ini. Sebagai ummat Muslim.‖ (Sahih Muslim: 854 ) 2)-Hari Kiamat datang pada hari Jumat. ada Dia bersamamu. wahai sahabatku… Semangat berjuang! gigih berdoa. jangan pernah engkau lupa. kenanglah saat-saat engkau menderita. kita hendaknya mengetahui apa keutamaan hari Jumat dibandingkan dengan hari yang lain. engkau mampu robohkan karang kesombonganmu itu. engkau akan selalu memiliki jiwa yang lapang. sampaikanlah walau sebait nasehatmu. engkau bisa berkasih sayang.. maka engkau akan mampu berbagi di saat bahagiamu sumbangkanlah walau sepotong senyumanmu. # Keutamaan hari Jumat adalah: 1)-Sebaik-baik hari Sabda Nabi Shalallaahu 'alaihi wa sallam : ―Hari terbaik yang memancarkan sinar mataharinya ialah hari Jumaat.

dishahihkan oleh al-Albani) 5)-Bersegera dengan berjalan kaki ke masjid. Rasulullah Shalallaahu ‗alaihi wa sallam berkata: ―Mandi pada hari Jumaat itu wajib bagi setiap orang yang sudah baligh.‖ (Shahih. Atau dalam riwayat lain Rasulullah menjelaskan. Rasulullah bersabda yang artinya.‖ (Hr. Hendaklah dia menggosok gigi dan memakai wewangian jika mempunyainya. ‖ Dari shalat sampai shalat pada shalat 5 waktu dan Jum‘at sampai Jum‘at.dan ditambah 3 hari.‖ ( HR.Muslim ). dishahihkan oleh al-Arnaouth) 3)-Memperbanyak berdoa terutama diakhir waktu ashar.‖ (HR. Kecuali manusia dan jin.‖ (Shahih Abu Daud: 1048. # Yang Hendaknya kita lakukan pada hari Jumat adalah: 1)-Mandi dan berwangi-wangian (bagi lelaki saja). 3)-Pada hari Jumat ada saat dikabulkannya Do‘a Rasulullah saw bersabda: ―Pada hari itu ada saat dimana tidaklah seorang hamba yg muslim berdoa sedang ia juga mendirikan shalat.‖ (Shahih. carilah ia diakhir waktu setelah shalat ashar. Mandi Jumat ini diwajibkan bagi setiap muslim pria yang telah baligh. al-Bukhari:880. adzDzahabi.dari ramadhan sampai ramadhan berikutnya adalah penebus dosa dosa diantaranya jika pada masa itu dosa dosa besar dijauhi. ―Tidaklah makhluk melata kecuali pasti sangat cemas pada hari Jum‘at sejak subuh tiba hingga matahari terbit. maka perbanyakkanlah shalawat ke atas ku pada hari tersebut. Bukhori) 4)-Hari pengampunan Dosa Rasulullah saw bersabda. Abu Daud:1047.kecuali ia akan diberi. dia akan disinari cahaya di antara dua Jumaat. Muslim:846). Rasulullaah Shalallaahu ‗alaihi wa sallam bersabda : ―Pada hari Jumaat terdapat dua belas jam.lalu ia memohon kepada Allah sesuatu. tetapi tidak wajib bagi anak-anak.‖ (HR Ibnu Hibban). ―Barangsiapa berwudlu dengan baik. an-Nawawi dan al-Albani) 4)-Membaca surah al-Kahfi. karena takut jika kiamat datang.‖ (Shahih. di shahihkan oleh al-Hakim. pada waktu itu tidaklah seorang hamba Muslim memohon sesuatu kepada Allah melainkan Dia akan mengabulkannya.‖ ( HR.Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallam menjelaskan. ―Barang siapa mandi Jumat seperti mandi janabah. orang sakit dan musafir. Rasulullah Shalallaahu ‗alaihi wa sallam berkata: ―Barang siapa yang membaca surah al-Kahfi pada hari Jumaat. Muslim ). alHakim:3392. Adapun tata cara mandi Jumat ini seperti halnya mandi janabah biasa. wanita. Sedangkan waktunya adalah sebelum berangkat sholat Jumat. Kata Nabi Shalallaahu ‗alaihi wa sallam: ―Barang siapa yang mandi pada hari Jumaat . Sesungguhnya shalawat kalian akan diperlihatkan kepadaku.diampuni dosanya antara Jum‘at itu dengan Jum‘at sebelumnya. Oleh karena itu. kemudian mendatangi Jum‘at lalu mendengarkan dan diam. Bukhari dan Muslim) 2)-Memperbanyak shalawat kepada Rasulullah Shalallaahu ‗alaihi wa sallam. Nabi Shalallaahu ‗alaihi wa sallam bersabda : ―Sesungguhnya sebaik-baik hari ialah hari Jumaat.

Kata Rasulullah Shalallaahu ‗alaihi wa sallam: ―Pada hari Jumaat para malaikat duduk di pintu-pintu masjid.‖ (Hadits Hasan. ―Apabila kalian telah selesai mengerjakan sholat Jumat. Muslim:439) 7)-Sholat tahiyyatul masjid apabila tiba di masjid. Muslim.‖ (Shahih Sunan Abi Daud: 345. maka lembaran-lembaran itu ditutup. nescaya akan dilakukan undian. Muslim:857) 4)-Masih melakukan urusan keduniaan apabila adzan telah berkumandang. dan janganlah sebahagian mengangkat suara atas yang lainnya dalam membaca al-Quran‖.‖ Amr menambahkan dalam riwayatnya dari jalan Ibnu Idris. bersiwak dan lain-lain ketika mendengar khutbah. ―Apabila engkau tergesa-gesa karena sesuatu. [untuk mendapatkan shaf terdepan]‖ (Shahih. tidak menaiki kenderaan.‖ (Shahih. maka dia telah berbuat hal yang sia-sia. dan mendatangi imam lalu mendengar (khutbah) dan tidak bermain-main. maka segeralah kamu pergi (ke masjid) untuk mengingati Allah dan tinggalkanlah berjual-beli (pada saat itu). Muslim:875) 8)-Sholat Sunnah Setelah Sholat Jumat Rasulullah Shalallaahu ‗alaihi wa sallam bersabda yang artinya. apabila imam telah keluar (untuk memberi khutbah). bahwa Suhail berkata. maka adalah baginya setiap langkah (bersamaan) amalan puasa dan solat selama setahun. Mereka mencatat (orang-orang yang datang shalat). dishahihkah oleh Ibn Abdil Barr dan al-Albani) 3)-Bermain tasbih. walaupun imam sedang berkhutbah. maka solatlah dua rakaat dan ringkaskanlah shalat tersebut. bersama mereka lembaran-lembaran catatan. atau baginda berkata ―di dalam solat. Abu Daud:1332. Ahmad:21756. Nabi Shalallaahu ‗alaihi wa sallam bersabda: ― Jika salah seorang dari kalian tiba (di masjid) pada hari Jumaat dan imam sedang berkhutbah. al-Albani menshahihkannya) 6)-Memenuhi shaf terdepan. Kata Nabi Shalallaahu ‗alaihi wa sallam: ―Ketahuilah sesungguhnya kalian semua bermunajat kepada Tuhan. Oleh karena itu.‖ (Shahih. kemudian bersegera dengan berjalan kaki.‖ (HR. Kata Nabi Shalallaahu ‗alaihi wa sallam: ―Jika kalian atau mereka mengetahui apa yang terdapat dihadapan shaf paling depan. janganlah sebahagian kalian mengganggu sebahagian yang lainnya.‖ (Shahih. Firman Allah subhanhu wa ta‘ala : ―Wahai orang-orang Yang beriman! apabila diserukan azan untuk mengerjakan sembahyang pada hari Jumaat. maka sholatlah empat rakaat. Tirmidzi) # Yang seharusnya tidak kita lakukan pada hari Jumat adalah: 1)-Datang terlambat ke masjid.(seperti mandi janabat). jika kamu mengetahui ‖ (Surah alJumuah:9) . dinilai Hasan oleh al-Albani) 2)-Membaca al-Quran atau memasang rakaman bacaan al-Quran dengan kuat. maka sholatlah dua rakaat di masjid dan dua rakaat apabila engkau pulang. Nabi Shalallaahu ‗alaihi wa sallam bersabda : ―Barangsiapa memegang batu kerikil [ketika khutbah]. Yang demikian adalah baik bagi kamu.

al-Bukhari:934. Muslim:851) 6). Rasulullah Shalallaahu ‗alaihi wa sallam bersabda : ―Jika engkau berkata kepada teman engkau ―Diam‖ pada hari Jumaat dan imam sedang berkhutbah.‖ (Hasan.a: ―Jika Rasulullah SAW sudah berdiri tegak di atas mimbar.‖ (Sahih. Tirmidzi) (Dari berbagai sumber) ::OFA:: PLEASE COMENT IN THIS NOTE: http://www. HR. Nilai dari hidup .‖ (Hasan.Bersandar ke dinding dan tidak menghadap khatib. saya harus menolong tetangga saya mendapatkan jagung yang baik pula." Begitu pula dengan hidup kita. Bila tanaman jagung tetangga saya buruk. Bila saya ingin mendapatkan hasil jagung yang baik." jawab petani itu. maka engkau telah membuat sesuatu yang sia-sia.5)-Bercakap ketika sedang ada khutbah. Ini tentu menurunkan kualitas jagung saya. "Bahwa angin menerbangkan serbuk sari dari bunga-bunga yang masak dan menebarkannya dari satu ladang ke ladang yang lain. maka serbuk sari yang ditebarkan ke ladang saya juga buruk. Petani itu mengaku ia sama sekali tidak mempunyai rahasia khusus karena ia selalu membagi-bagikan bibit jagung terbaiknya pada tetangga-tetangga disekitar perkebunannya. disahihkan oleh al-Albani) 7)-Duduk dengan Memeluk Lutut Ketika Khatib Berkhotbah ―Sahl bin Mu‘ad bin Anas mengatakan bahwa Rasulullah melarang Al Habwah (duduk sambil memegang lutut) pada saat sholat Jumat ketika imam sedang berkhotbah.facebook. Abu Dawud. "Tak tahukah anda?. at-Tirmizi:509. maka kami menghadapkan wajah kami ke arah beliau.com/notes/kata-katahikmah/apa-yang-hendaknya-kita-lakukan-dan-tidak-kita-lakukan-pada-harijumat/10150128988510849  25 March  Kisah Petani Jagung Seorang wartawan mewawancarai seorang petani untuk mengetahui rahasia dibalik buah jagungnya yang selama bertahun-tahun selalu berhasil memenangkan kontes perlombaan hasil pertanian. "Mengapa anda membagi-bagikan bibit jagung terbaik itu pada tetangga-tetangga anda? Bukankah mereka mengikuti kontes ini juga setiap tahunnya?" tanya sang wartawan. Mereka yang menginginkan hidup dengan baik harus menolong tetangganya hidup dengan baik pula. Kata Ibn Mas‘ud r. Mereka yang ingin meraih keberhasilan harus menolong tetangganya menjadi berhasil pula.

4. Asalkan ia mau berusaha.Yang kuasa akan memberikannya kecantikan abadi. Kecantikan sejati juga bisa diraih dengan memaknakan kecantikan sebagai berikut: 1. (Kiriman dari sahabat) PLEASE COMENT IN THIS NOTE: http://www. Seorang perempuan yang menghias jasmaninya dengan iman dan taqwa akan memancarkan cahaya surga. ia akan memesona. 3. Jadi perempuan dari suku manapun bisa tetap lembut.facebook. Dengan kepatuhannya menjalankan ibadah. Cantik bukan masalah fisik semata. Secara umum laki-laki memang responsif terhadap perempuan yang  o Secara umum laki-laki memang responsif terhadap perempuan yang bagus fisiknya. Tak bisa melupakannya. 2. Kecantikan perempuan berada dalam pandangannya yang teduh dan suaranya yang hangat. Meskipun sedikit. laki-laki akan tertarik padanya. Yang pertama kali harus dilakukan adalah mendefinisikan kembali makna cantik tersebut. pada anak-anaknya. Kecantikan perempuan ada dalam iman taqwanya yang menyejukkan mata kaum laki-laki. Walau mata tak seindah bintang kejora. Tapi ketertarikan itu tak kekal. Tetapi jika kita selalu berpikiran negative dengan mempengaruhi yang lain maka kehidupan kita juga akan menjadi negative. Dari toko roti manapun roti berasal. bisa membuat laki-laki bosan. setiap perempuan bisa memiliki mata . parfum atau penampilan berlebih. Kelembutan seperti roti. meskipun secara fisik mereka kurang menarik. ia tetap lembut. pada pasangannya. magnet alami. Kecantikan perempuan ada pada kehangatan sikapnya yang mampu menggetarkan sensifitas dan kecintaan pria. Tak perlu kosmetik. tapi mengenyangkan.kita diukur dari kehidupan-kehidupan yang disentuhnya.php?saved&&note_id=10150127573020849&id=291 202364354  07 April  Sesungguhnya WANITA itu CANTIK Ada cara yang mudah dan murah untuk membuat perempuan cantik. Kehangatan kasih sayang dan cinta kasih yang tuluslah yang akan membuat sang pria nyaman berada di sisinya. Kecantikan Perempuan ada pada kelembutan sikapnya Kelembutan bukan berarti lembek dan manja.com/note.

meskipun sosoknya biasa-biasa saja. Sejuk. ketika senja menyapa. Sahabatku. Dibalik kesuksesannya. tempat kembali saat sang pahlawan lelah berjuang. Membuat ia selalu dirindukan. Senyum adalah sedekah. Kecantikan perempuan berada dalam senyumannya yang menambah kecantikannya dan membuat gembira hati orang yang melihatnya. Teduh. Kecantikan-kecantikan ini sifatnya abadi. anak-anak . Kemurahan hatinya membuat wajahnya bersinar. Tak ada kata sia-sia yang terucap dari bibirnya. Banyak ilmu-ilmu yang bisa dipungut dari sekitar. Tak ada universitas yang melahirkan ibu yang baik. Ia selalu berusaha menjadi orang yang bermanfaat bagi sekitarnya. Tak ada sekolah untuk menjadi istri yang baik. 8. Lihatlah laki-laki sukses di jagat raya. 5. masyarakat dan umat manusia. Orang bisa miskin harta. yang membuat si perempuan mejadi cerdas. Ia sedih ketika orang lain sedih. Ruang dan waktulah yang akan menempa perempuan menjadi istri dan ibu yang baik. Akan dikenang meskipun si perempuan telah tiada. Ia senang ketika orang lain senang.embun. pasti ada perempuan tangguh yang menemaninya. Perempuan adalah sekolah pertama bagi anak-anaknya. Murah senyum tanpa bermaksud menggoda apalagi berlebihan bisa membuat wajah indah. tapi jika malas tersenyum. Tidak seperti kecantikan lahiriah yang sementara. Menyikapi tingkah laku sekitarnya secara bijak. tanpa mengharap imbalan yang berarti. tapi ia bisa kaya hati. ia tak menarik lagi. Kehidupan adalah sekolah yang tak pernah tamat sebelum ajal menjelang. Seberapa jauh pengetahuan seorang perempuan akan terlihat dari tingkah laku keluarganya. Setelah tua. Selalu memberi. rumah. Mengambil peran penting dalam rangka memperbaiki lingkungan. Meskipun berwajah rupawan. Manakah yang akan Anda pilih? Kecantikan sementara atau kecantikan abadi? . 7. Kecantikan perempuan berada pada kemampuan dan keinginannya untuk memberi. hanya aura negatif yang akan ditangkap oleh orang-orang di sekitarnya 6.. Ia selau berprasangka baik. Perkatannya bukan pisau yang menikam. Menjadi pendukung nomor satu. Kecantikan perempuan berada pada seberapa jauh pengetahuannya akan tanggung jawabnya terhadap keluarga. Kecantikan perempuan berada pada intelektualitasnya Ukuran intelektual bukan pada gelar sarjananya atau di mana ia pernah menuntut. Perkataannya adalah bara yang menyalakan semangat di dada. Tak gampang emosi..

.. • Ketika kita harus membayar biaya yang sebenarnya tak perlu kita tanggung..com/note. • Ketika hati terluka dalam karena tuduhan atas hal yang tak pernah kita lakukan. • Ketika kau lelah dan mulai putus asa. Sentuhlah hatimu dgn lantunan ayat2 cinta dalam kitab suci Al-qur'an...... • Ketika peluh & kerja tak dihargai... Maka saat itu kita sedang belajar tentang KEMURAHHATIAN. Dan Terus belajar. • Tetap semangat. • Ketika lelah mendera & kecewa menerpa.!! Karena kamu sedang menimba ilmu di Universitas .. tersenyum. sabar. • Ketika kau lemah.facebook. Rangkum kembali makna-makna kebersamaan bersama saudara-saudaramu agar saling menguatkan... Jangan pernah merugikan & menyakiti org lain. Maka saat itu kita sedang belajar tentang MEMAAFKAN... Maka ingatlah saat itu kita sedang belajar tentang KETULUSAN..... Maka Allah swt akan tersenyum padamu. • Ketika dirimu gelisah..Bersama Kesulitan ada kemudahan. Maka saat itu kita sedang memaknai KEIKHLASAN. Maka saat itu kita sedang belajar memaknai tentang arti KESUNGGUHAN. YAKINLAH tiada usaha halal yg sia-sia.. • Ketika sepi menyergap & sendiri membulat dalam keramaian.(oleh Zafiruddin Ziyaad ) PLEASE COMENT HERE: http://www..... Allah maha meliihat & mendengar rintihan hatimu: BERDOALAH... • Bersama kesulitan ada kemudahan.php?note_id=10150131963195849  07 April o Ajaklah Hatimu Bicara ! Sahabat Hikmah. • Ketika usaha keras kita dinilai sia-sia oleh orang lain. Maka saat itu kita sedang memberi makna tentang KETANGGUHAN.

dia memberimu pensil warna … sebagai balasannya . dia memasak semua makananmu dengan kasih sayang . Waktu kamu berumur 9 tahun . dia mengantarmu kemana saja... Waktu berumur 6 tahun. sebagai balasannya … kamu memakainya bermain di kubangan lumpur. dia mengajarimu bagaimana cara berjalan.. . sebagai balasannya … kamu sering bolos dan sama sekali nggak mau belajar… Waktu kamu berumur 10 tahun.. dia membelikanmu bola … sebagai balasannya . kamu tumpahkan dan mengotori seluruh bajumu….. dia mengantarmu pergi ke sekolah … sebagai balasannya … kamu berteriak ―NGGAK MAU . dia memberimu es krim … sebagai balasannya... kamu corat coret tembok rumah dan meja makan…..com/note... PLEASE COMENT HERE: http://www. dia membelikanmu baju-baju mahal dan indah.!! Bergembiralah !! Oleh : Aboe Bakar Al-Habsyi (F-PKS Dapil Kalimantan Selatan) # Dikirim oleh seorang teman. sebagai balasannya … kamu buang piring berisi makananmu ke lantai… Waktu kamu berumur 4 tahun.facebook. dia membayar mahal untuk kursus-kursusmu.. Waktu berumur 8 tahun.!‖… Waktu berumur 7 tahun. bukan karena kebetulan. kamu melemparkan bola ke jendela tetangga….sebagai balasannya …… kamu melompat keluar mobil tanpa memberi salam…. Waktu kamu berumur 5 tahun. Waktu kamu berumur 2 tahun.!! Ada maksud yg TERINDAH di setiap rencanaNya.KEHIDUPAN! • Dia menaruhmu di tempat yang sekarang. dari kolam renang sampai pesta ulang tahun . Waktu kamu berumur 3 tahun...php?note_id=10150159774095849  25 April o Lakukan Yang Terbaik Sebelum Semua Terlambat Sahabat Hikmah. sebagai balasannya … kamu kabur waktu dia memanggilmu….

‖ Waktu kamu berumur 21 tahun.. dia mengajari kamu mengemudi mobil … sebagai balasannya … kamu pakai mobilnya setiap ada kesempatan tanpa mempedulikan kepentingannya. Waktu kamu berumur 13 tahun.. dia membayar semua kuliahmu dan mengantarmu ke kampus pada hari pertama… sebagai balasannya … kamu minta diturunkan jauh dari pintu gerbang biar nggak malu sama temen-temen.. sebagai balasannya … kamu minta dia duduk di barisan lain… Waktu kamu berumur 12 tahun. Wwaktu kamu berumur 18 tahun. Waktu kamu berumur 23 tahun. dia menyarankanmu satu pekerjaan bagus untuk karier masa depanmu … sebagai balasannya … kamu bilang ―Aku nggak mau seperti kamu. Waktu kamu berumur 19 tahun. dia mengantar kamu dan temen-temen kamu kebioskop . sebagai balasannya. Waktu kamu berumur 17 tahun. sebagai balasannya … kamu berpesta dengan teman-temanmu sampai pagi.‖ Waktu kamu berumur 22 tahun. Waktu kamu berumur 15 tahun. dia menyarankanmu untuk memotong rambut karena sudah waktunya.. dia menangis terharu ketika kamu lulus SMA. sebagai balasannya … kamu nggak pernah menelponnya. dia bertanya ―Darimana saja seharian ini?‖. dia membelikanmu 1 set furniture untuk rumah barumu … sebagai balasannya … kamu ceritain ke temanmu betapa jeleknya furniture . sebagai balasannya … kamu menjawab‖Ah..Waktu kamu berumur 11 tahun. pengen tahu urusan orang. Waktu kamu berumur 14 tahun. dia membayar biaya untuk kemahmu selama liburan . dia memelukmu dan haru waktu kamu lulus perguruan tinggi . Waktu kamu berumur 20 tahun.. sebagai balasanmu … kamu nanya kapan kamu bisa main ke luar negeri. dia melarangmu melihat acara tv khusus untuk orang dewasa … sebagai balasannya … kamu tunggu sampai dia keluar rumah.. dia sedang menunggu telpon yang penting … sebagai balasannya … kamu pakai telpon nonstop semalaman.. kamu bilang dia tidak tahu mode. pulang kerja dia ingin memelukmu … sebagai balasannya … kamu kunci pintu kamarmu. Waktu kamu berumur 16 tahun.. cerewet amat sih.

dia meninggal dengan tenang … dan tiba-tiba kamu teringat semua yang belum pernah kamu lakukan… itu sangat menghantam HATIMU & membuatmu menyesal.‖ Waktu kamu berumur 25 tahun. kamu mengeluh ―Aduh gimana sih kok bertanya seperti itu. Assalamu'alaikum wr wb Sahabat Hikmah. dia bertemu dengan tunanganmu dan bertanya tentang rencana di masa depan… sebagai balasannya .facebook. Waktu kamu berumur 24 tahun. Waktu kamu berumur 30 tahun.. sebagai balasannya … kamu pindah ke kota lain yang jaraknya lebih dari 500 km.‖ Waktu kamu berumur 50 tahun. nggak ada waktu..php?note_id=10150169341535849  26 April o Mari Bantu Saudara Kita ! Karena Kebaikan akan Dibalas dengan Kebaikan.. sebelum semuanya terlambat. sebagai balasannya kamu jawab ―Aku sibuk sekali. tapi sayang...‖ waktu kamu berumur 40 tahun . dia membantumu membiayai pernikahanmu .. sayangilah orang tuamu!! ( Mida Julyanti) PLEASE COMENT THIS NOTE: http://www.com/note. Dan hingga SUATU HARI. dia sakit-sakitan sehingga memerlukan perawatanmu … sebagai balasannya … kamu baca tentang pengaruh negatif orang tua yang numpang tinggal di rumah anaknya.. "Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun. semua sudah terjadi. dia menelponmu untuk memberitahu pesta salah satu saudara dekatmu . niscaya dia akan melihat (balasan) nya.. dia memberimu nasehat bagaimana merawat bayimu … sebagai balasannya … kamu katakan ―Sekarang jamannya sudah beda." (QS Al Zalzalah :7) ..itu..

Berikut tulisan KKH di note fan page: 1. Ogy Febri Adlha (konfirmasi ke 081388127672) ―Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebaikan [yang sempurna]. Merubah CINTA Menjadi KASIH . Amiin Wassalamu'alaikum wr wb Ogy Febri Adlha (OFA)  10 May o CATATAN KKH Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh Mohonn maaf lama tidak mengirim tulisan. Ini pula yang terjadi dengan murid ngaji saya Bp. bila Anda telah sekian lama di-PHK karena perusahaan tutup. Cibitung. sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Yenni mengatakan tidak bisa ditunda lagi. Kec. harus SEGERA DIOPERASI. Yang menjadi masalah adalah operasinya butuh biaya Rp 12 juta dan bila sama obat dan kamar akan membutuhkan biaya sekitar Rp 17 juta. maka sesungguhnya Allah mengetahuinya‖ (QS Al-Imran : 92. dimana isteri Anda harus dioperasi dengan biaya cukup besar. Fajari yang beralamat di perumahan Taman Wanasari Indah. Kab. Dokter yang selama ini memeriksanya yaitu Dr.Bagaimana perasaan Anda. semoga Allah swt akan membalasnya dengan berlipat ganda dan akan menjadikannya amalan yang menyelamatkan kita dari api neraka. Niswatun Hasanah (konfirmasi ke 08567835591) Nomor Rekening BCA : 4601094660 an. desa Wanasari. kemudian ada musibah menimpa keluarga Anda. Dan apa saja yang kamu nafkahkan. Beliau sangat membutuhkan bantuan kita. silahkan mengirimkan melalui rekening sebagai berikut: Nomor Rekening BSM : 0057102462 an. Bekasi. Kemarin tanggal 24 April 2011 isterinya Ibu Nur Aini yang memang sudah lama sakit Adenomiosis (invasi jaringan endometrium kedalam miometrium dan pelengketannya sudah menyebar ke usus dan organ lain) sudah tidak bisa berjalan dan harus masuk RSIA Anna di Pekayon Kota Bekasi. Bila Anda mau MEMBANTU.) Jazakumullah khoiron katsiro atas kepedulian Anda.

Aku sering iri padamu yang selalu ceria.facebook. . . ibumu juga sehat.(http://www.:ZZ:. Ketika menikah dengan ayahmu.  21 May o ~ SEORANG IBU KEPADA ANAKNYA~ Anakku. Apa Saja Sih yang Kau Kerjakan ? (http://www.php?note_id=10150186557475849) 3. ★ Aku mencintainya dengan melihat segala kelebihan dan kekurangan yang ia miliki . bukan fisikalnya ★ Aku mencintainya dengan sebentuk cinta yang ku punya . aktif dan penuh dinamika. riang. tanpa melihat kata "SEMPURNA" .facebook.. Tiba-tiba aku menjadi sadar bahwa aku sudah mulai tua.com/note. . Bagaimana kabarmu. Sekarang ini aku sedang memandangi cermin dan fotomu. .com/note.. apakah kamu baik-baik saja? Di rumah.. aku tidak pernah membayangkan akan . Anakku.php?note_id=10150186934915849) 2.facebook.. ★ Aku mencintainya. Bahagia VS Sengsara (http://www.php?note_id=10150185734690849) Wassalam OFA  13 May o Aku Mencintainya. Oh Istriku. .. ..com/note. Akupun pernah mengalami seperti itu dulu. ★ Aku mencintainya dengan melihat agamanya. ★ Aku mencintainya dengan segala kesabaran dan keikhlasan hatiku . ★ Aku mencintainya. Kerut merut di wajahku sudah semakin banyak dan aku tidak cekatan lagi seperti dulu. tanpa melebihi rasa cintaku pada-NYA .

kala engkau bermalas-malasan untuk bangun. sehat. aku bangga padamu. Aku selalu menjaga diriku agar bayi di perutku. engkau tumbuh dari bagian tubuhku namun engkau lahir keluar sebagai manusia yang baru sama sekali. atau mengingatkanmu untuk tidak membolos. Tak kuingkari memang akulah yang mengandungmu selama sembilan bulan. yaitu kamu. Kuberi engkau pakaian dan sepatu dan topi yang cocok untukmu. Setelah engkau besar kini. Sungguh aku tidak bermaksud mau menyengsarakanmu dengan . yang bisa saja kubuang ke kotak sampah atau ke selokan kalau aku mau. Dalam beberapa hal kamu memang mirip aku tetapi selebihnya engkau sungguh baru. Pada waktu masih kecil dulu. Maka kurawat engkau sungguh-sungguh. Bila kau ngompol atau e‘ek di celana atau di popok. Saat itu aku selalu gelisah menanti kelahiranmu. engkau lebih kuperhatikan dari pada apapun yang pernah kumiliki. Anakku. Dengan susah payah dan sakit kulahirkan engkau. Aku menjadi saksi untuk masa kecilmu yang manja. Engkau ini darah dan dagingku sendiri. Bila engkau menangis kugendong dan kuhibur. Sungguh. Namun aku sering sedih melihat kelakuanmu. betapa tidak berartinya aku. mengerjakan PR. kuusahakan agar kau mendapat vaksinasi dan makanan bergizi. aku baru sadar betapa kecilnya aku ini. Engkau lahir dan tumbuh semata-mata karena mukjizat dan rahmat Tuhan belaka. Engkau masih ingat masa kecilmu. Memang engkau waktu itu hanya makhluk kecil yang tidak berdaya. engkau bagian dari hidupku sendiri. atau sulit bila disuruh mandi. Setiap kali kau lari ke pangkuanku bila engkau bertengkar dengan kakakmu. Sepertinya kau tidak tahu bahwa ini semua demi kamu sendiri. bila dimarahi ayah. kala bermain seharian tak tahu waktu. Paling sedihlah aku. dengan sabar kubersihkan dan kuganti dengan yang baru. bila kamu sakit. ngambeg bila tidak diberi uang jajan. Aku bangga padamu.. Hampir-hampir aku menangis bila kuingat betapa sulitnya menyuruhmu belajar. Aku termasuk beruntung karena tidak harus meninggal untuk melahirkanmu. Tak lupa kubelikan juga mainan yang kau gemari. engkau harapanku.mempunyai anak seperti kamu. kubawa engkau ke dokter. mobil-mobilan atau boneka-boneka yang lucu. sehingga aku tak sempat lagi mengurus diri atau pergi sesuka hati. Kau ingat betapa manjanya kamu. kan? Setiap pagi dan sore kumandikan engkau. atau bila dinakali teman-temanmu.. Sejak kecil kurawat engkau dengan sangat hati-hati dan penuh kasih. Kusuapi dan kususui engkau dengan air yang mengalir dari dadaku sendiri. Kini engkau sudah dewasa. kamu sering rewel.. Tapi aku cinta padamu. Aku sampai menitikkan air mata bahagia saat mendengar tangis pertamamu yang lucu..

yang kuinginkan engkau tidak terhambat karena biaya. Dan bila aku merawat kesehatan tubuhku sendiri. dan membuatnya setia menjagai kita . Sepanjang hari setiap hari selama bertahun-tahun dia bekerja keras untukmu. Bila kubenahi kamarmu yang selalu berantakan yang kuinginkan agar kau krasan di rumah. kolot atau lamban ini. Seperti sebatang lilin. Aku malah bangga karena Tuhan sudah berkenan membiarkan aku ikut menyaksikan pembentukkan hidupmu. Sungguh kalau aku keras dalam hal ini karena aku tahu betapa halusnya bujukan setan dan betapa beratnya hidup yang tidak tegas terhadap yang jahat. Bila aku ikut membantu bekerja. Sekarang ini kamu sudah dewasa. Aku ingin engkau bahagia. Mohon jangan kecewakan aku dengan sikap keras kepalamu yang kekanak-kanakkan itu. bila kau selalu menganggap dirimu benar sendiri. hingga tubuhnya lemah. lebih terang dari yang kupunya.. Aku ingin kau pun memahami itu. aku ingin kau tidak malu pada teman-temanmu. aku tahu engkaupun tidak ingin menjadi seperti itu. aku hanya ingin agar aku dapat lebih lama lagi mendampingi dan menyerahkan hidup kepadamu. Bila aku sedang memasak di dapur. atau orang tua kampungan. berpakaian yang pantas dan mau menghargai orang lain. adalah sungguh-sungguh supaya kamu menjadi manusia yang bermoral.. Kalau engkau memang sulit menerima aku yang sering rewel. aku mohon paling tidak kamu mau menghormati ayahmu. Kini engkau sendiri sudah mulai menyala. hingga kulitnya kerut merut tertimpa banyak penderitaan. Aku tidak cemburu kalau kamu sekarang sudah melebihi aku dalam segalanya. Cintanya padamu membuatnya tidak malu untuk bekerja di tempat-tempat yang kotor. tak sekejap pun engkau hilang dari hidupku. Anakku.. Bila kubelikan kau baju-baju yang modis. Kamu harus pandai supaya tidak mati tertelan jamanmu nanti. betapa banyak teman seusiamu jatuh pada obat bius dan pornografi. hidupku sudah meleleh habis… dan sebentar lagi pasti akan padam… untuk menerangi hidupmu. Lambat laun akan terasa bahwa hidupmu memang menjadi tanggung jawabmu sendiri. Anakku.. Betapa sedihnya aku. anakku. ketika aku kau tuduh orang tua kolot. Kau lihat betapa banyak teman sebayamu yang sudah harus berhenti sekolah untuk mengasuh anak. bukan begajulan yang menghancurkan hidupnya dengan mau hidup sebebas-bebasnya. yang kubayangkan adalah kepuasan makanmu dan juga kesehatan tubuhmu. banyak hal sudah dapat kau lakukan sendiri. orang tua yang tidak mengikuti jaman. Aku ingin dipahami bahwa kalau kusuruh kau bergaul tidak sembarangan. Hatiku akan hancur bila sikapmu selalu melawan aku. Setiap malam aku berdoa untukmu. membuatnya tahan duduk berjam-jam menangani tugas-tugas yang membosankan.aturan-aturanku. tidak ada seorangpun yang dapat menggantikannya termasuk ibumu ini. bisa hidup pantas di tengahtengah dunia yang penuh dengan persaingan ini. Anakku.

semua.Dia juga hanya ingin agar kita ini berbahagia. Anakku... Jangan sia-siakan cintanya. Jarang sekali dia mengeluh kala menghadapi beratnya beban kehidupan, tugas-tugas berat dan tuntutan anak-anaknya. Di hadapan kita, dia selalu tersenyum dan tertawa gembira. Kadang-kadang aku merasa kasihan kepadanya kalau dia tidak bisa pulang seharian, kalau tubuhnya yang sudah kecapaian itu harus dipaksa untuk bekerja lagi. Saya sendiri sering merasa bersalah karena rasanya hanya memperlakukan ayah seperti kuda beban atau sapi perahan. Kita bisa beli ini itu, bisa pergi ke sana kemari atau bermain-main dengan santai di rumah, sementara itu dia hanya puas dengan secangkir kopi dan baju yang itu itu saja, dia juga tidak mempunyai banyak waktu untuk bersantai-santai seperti kita. Sungguh anakku, aku mohon hormatilah ayahmu. Akhirnya... Sebagai orang tuamu aku minta maaf kalau selama ini aku kadang-kadang egois, menuntut terlalu berlebihan, kolot dan keras terhadapmu. Maafkan aku bila aku kurang mengerti kebutuhan-kebutuhan dan dunia mudamu. Kadang aku masih menganggapmu seperti anak-anak yang harus kuatur segalanya agar tidak keliru. Maafkan aku anakku, yang membuat banyak kesalahan atau malah menyengsarakanmu, yang tidak dapat mencintai dengan cara yang cocok dengan keinginanmu. Kata maaf darimu adalah hadiah yang paling kutunggu. Anakku... Aku sudah kangen kamu. Ingin rasanya kubisikkan aku sayang kamu. Hanya peluk ciumku untukmu. IBU-MU === Salam Sabar === Dikutip dari Ruang Hati (Karyanto Boris) ======================================= PLEASE COMENT THIS NOTE: http://www.facebook.com/note.php?saved&&note_id=10150116910425849&i d=291202364354

04 June
o

"Air ini hanya khusus untuk insinyur" (Kisah Nyata Inspiratif) Di sebuah perusahaan pertambangan minyak di Arab Saudi, di akhir tahun40an. Seorang pegawai rendahan, remaja lokal asli Saudi, kehausan dan bergegas mencari air untuk menyiram tenggorokannya kering. Ia begitu gembira ketika

melihat air dingin yang tampak didepannya dan bersegera mengisi air dingin ke dalam gelas.

Belum sempat ia minum, tangannya terhenti oleh sebuah hardikan: "Hei, kamu tidak boleh minum air ini. Kamu cuma pekerja rendahan. Air ini hanya khusus untuk insinyur" Suara itu berasal dari mulut seorang insinyur Amerika yang bekerja di perusahaan tersebut.

Remaja itu akhirnya hanya terdiam menahan haus. Ia tahu ia hanya anak miskin lulusan sekolah dasar. Kalaupun ada pendidikan yang dibanggakan, ia lulusan lembaga Tahfidz Quran, tapi keahlian itu tidak ada harganya di perusahaan minyak yang saat itu masih dikendalikan oleh manajeman Amerika.

Hardikan itu selalu terngiang di kepalanya. Ia lalu bertanya-tanya: Kenapa ini terjadi padaku? Kenapa segelas air saja dilarang untuk ku? Apakah karena aku pekerja rendahan,sedangkan mereka insinyur ? Apakah kalau aku jadi insinyur aku bisa minum? Apakah aku bisa jadi insinyur seperti mereka?

Pertanyaan ini selalu tengiang-ngiang dalam dirinya. Kejadian ini akhirnya menjadi momentum baginya untuk membangkitkan "SIKAP POSITIF" . Muncul komitmen dalam dirinya. Remaja miskin itu lalu bekerja keras siang hari dan melanjutkan sekolah malam hari. Hampir setiap hari ia kurang tidur untuk mengejar ketertinggalannya.

Tidak jarang olok-olok dari teman pun diterimanya. Buah kerja kerasnya menggapai hasil. Ia akhirnya bisa lulus SMA. Kerja kerasnya membuat perusahaan memberi kesempatan padanya untuk mendalami ilmu. Ia dikirim ke Amerika mengambil kuliah S1 bidang teknik dan master bidang geologi. Pemuda ini lulus dengan hasil memuaskan. Selanjutnya ia pulang kenegerinya dan bekerja sebagai insinyur.

Kini ia sudah menaklukkan ‖rasa sakit‖nya, kembali sebagai insinyur dan bisa minum air yang dulu dilarang baginya. Apakah sampai di situ saja. Tidak, karirnya melesat terus. Ia sudah terlatih bekerja keras dan mengejar ketinggalan, dalam pekerjaan pun karirnya menyusul yang lain. Karirnya melonjak dari kepala bagian, kepala cabang, manajer umum sampai akhirnya ia menjabat sebagai wakil direktur, sebuah jabatan tertinggi yang bisa dicapai

oleh orang lokal saat itu.

Ada kejadian menarik ketika ia menjabat wakil direktur. Insinyur Amerika yang dulu pernah mengusirnya, kini justru jadi bawahannya. Suatu hari insinyur tersebut datang menghadap karena ingin minta izin libur dan berkata; "Aku ingin mengajukan izin liburan. Aku berharap Anda tidak mengaitkan kejadian air di masa lalu dengan pekerjaan resmi ini. Aku berharap Anda tidak membalas dendam, atas kekasaran dan keburukan perilakuku di masa lalu"

Apa jawab sang wakil direktur mantan pekerja rendahan ini: "Aku ingin berterimakasih padamu dari lubuk hatiku paling dalam karena kau melarang aku minum saat itu. Ya dulu aku benci padamu. Tapi, setelah izin Allah, kamu lah sebab kesuksesanku hingga aku meraih sukses ini.

Kini sikap positfnya sudah membuahkan hasil, lalu apakah ceritanya sampaidi sini? Tidak. Akhirnya mantan pegawai rendahan ini menempati jabatan tertinggi di perusahaan tersebut. Ia menjadi Presiden Direktur pertama yang berasal dari bangsa Arab.

Tahukan Anda apa perusahaan yang dipimpinnya? Perusahaan itu adalah Aramco (Arabian American Oil Company)perusahaan minyak terbesar di dunia. Ditangannya perusahaan ini semakin membesar dan kepemilikan Arab Saudi semakin dominan. Kini perusahaaan ini menghasilakn 3.4 juta barrels (540,000,000 m3) dan mengendalikan lebih dari 100 ladang migas di Saudi Arabia dengan total cadangan 264 miliar barrels (4.20×1010 m3) minyak dan 253 triliun cadangan gas.

Atas prestasinya Ia ditunjuk Raja Arab Saudi untuk menjabat sebagai Menteri Perminyakan dan Mineral yang mempunyai pengaruh sangat besar terhadap dunia.

Ini adalah kisah Ali bin Ibrahim Al-Naimi yang sejak tahun 1995 sampai saat ini (2011) menjabat Menteri Perminyakan dan Mineral Arab Saudi.

begadang di malam hari. meninggalkan keluarga dan tanah air? Adalah harapan akan mendapat keuntungan.com/note. isu air segelas di masa lalu membentuknya menjadi salah seorang penguasa minyak yang paling berpengaruh di seluruh dunia. Kita tidak pernah tahu bagaimana keadaan akan menimpa kita. meresume dan menghafal? . Itulah kekuatan"SIKAP POSITIF" Kita tidak bisa mengatur bagaimana orang lain berperilaku terhadap kita. Rolli Hamso yang telah mengirimkan kisah ini PLEASE COMENT THIS NOTE :http://www. Terima Akh. Tapi kita sepenuhnya punya kendali bagaimana menyikapinya. Apakah ingin hancur karenanya? Atau bangkit dengan semangat "Bersikap Positif" dan menjadi bagian dari solusi. hanya dengan mengembangkan hinaan menjadi hal yang positif. Apa yang mendorong seorang pelajar bersungguh-sungguh.Terbayangkah. menempuh marabahaya. Apa yang membuat seorang pedagang tergiur melakukan banyak perjalanan.php?note_id=10150203484390849  13 June o Biarkan HARAPAN Bercerita Tentang Dirinya Apa yang mendorong petani berkeringat dan bekerja keras? Adalah harapan akan memetik panen dari tanamannya.facebook. terus menerus belajar.

Adalah harapan akan lulus.

Apa yang mendorong seorang tentara melakukan berbagai manuver heroic dalam peperangan dan bersabar menghadapi peperangan yang ganas? Adalah harapan akan mendapatkan kemenangan.

Apa yang membuat seorang pasien dengan sukarela maupun terpaksa meminum obat yang pahit? Adalah harapan akan sembuh.

Apa yang mendorong seorang beriman menentang hawa nafsunya dan bersusah payah melaksanakan ketaatan kepada Tuhannya? Adalah harapan terhadap ridha dan surga Allah SWT.

Jadi...Biarkan HARAPAN bercerita tentang dirinya.....

(Oleh: Ust. Musyaffa Abdurrahim, Lc.) PLEASE COMENT THIS NOTE: http://www.facebook.com/notes/kata-katahikmah/biarkan-harapan-bercerita-tentang-dirinya/10150201897975849

14 June
o

Istriku Menulis di atas PASIR dan BATU Istriku Menulis di atas PASIR dan BATU

Sahabat Hikmah... Ada sebuah kisah tentang sepasang suami istri yang sedang berjalan melintasi gurun pasir. Di tengah perjalanan, mereka bertengkar dan suaminya menghardik istrinya dengan sangat keras. Istri yang kena hardik, merasa sakit

hati, tapi tanpa berkata-kata, dia menulis di atas pasir : HARI INI SUAMIKU MENYAKITI HATIKU.

Mereka terus berjalan, sampai menemukan sebuah oasis dimana mereka
 o

Mereka terus berjalan, sampai menemukan sebuah oasis dimana mereka memutuskan untuk mandi. Si Istri, mencoba berenang namun nyaris tenggelam dan berhasil diselamatkan suaminya. Ketika dia mulai siuman dan rasa takutnya hilang dia menulis di sebuah batu : HARI INI SUAMIKU YG BAIK MENYELAMATKAN NYAWAKU. Suami bertanya : ―Kenapa setelah saya melukai hatimu, kamu menulisnya di atas pasir dan sekarang kamu menulis di atas batu ?‖ Istrinya sambil tersenyum menjawab : ―Ketika hal buruk terjadi, kita harus menulisnya di atas pasir agar angin maaf datang berhembus dan menghapus tulisan itu dan aku bisa melupakannya... Dan bila sesuatu yang baik dan luar biasa diperbuat suamiku, aku harus memahatnya di atas batu hatiku, agar tidak bisa hilang tertiup angin waktu dan akan kuingat selamanya."

Sahabat Hikmah... Dalam hidup ini sering timbul beda pendapat dan konflik karena sudut pandang yang berbeda. Terkadang malah sangat menyakitkan, oleh karenanya cobalah untuk saling memaafkan dan melupakan masalah yang lalu. Yang terpenting dari pelajaran ϑî atas, adalah :

"Belajarlah untuk selalu BISA MENULIS DI ATAS PASIR untuk semua hal yang MENYAKITKAN dan selalu MENGUKIR DI ATAS BATU untuk semua KEBAIKAN ...." Semoga kita semua mengerti betapa berharganya sebuah "KELUARGA‖. (Kiriman dari teman)

OFA PLEASE COMENT THIS NOTE : http://www.facebook.com/notes/kata-katahikmah/istriku-menulis-di-atas-pasir-dan-batu/10150214378225849

22 June
o

Iblis Datang dari Muka, Belakang, Kanan, dan Kiri Kita

Di dalam Al Qur‘an, akan kita dapati sebuah rekaman dialog antara Allah SWT dengan iblis yang dihukum oleh Allah. Dalam dialog tersebut, iblis menyatakan untuk selalu menyesatkan manusia. Hal tersebut terekam dalam surat Al A‘raf ayat 16-17 berikut ini: ―Iblis menjawab: ‗Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benarbenar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus, kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan men-dapati kebanyakan mereka bersyukur (ta‘at).‘‖ (QS. Al A‘raf : 16-17) Dari ayat Al Quran di atas dijelaskan bahwa Iblis akan selalu menghalanghalangi kita dari jalan yang lurus. Caranya, dia akan mendatangi kita dari muka, dari belakang, dari kanan, dan dari kiri kita. Lalu apa maksud dari keempat penjuru itu? Dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan firman Allah SWT dalam surat Al-A‘raf ayat 17 di atas adalah: ―Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka‖: Iblis akan membuat manusia ragu akan permasalahan akhirat (Min baini Aidihim), ―dan dari belakang mereka‖: membuat mereka cinta kepada dunia (Wa Min Kholfihim), ―dari kanan‖: urusan-urusan agama akan dibuat tidak jelas (Wa ‗An Aimaanihim) ―dan dari kiri mereka‖: dan manusia akan dibuat tertarik dan senang terhadap kemaksiatan (Wa ‗An Syama‘ilihim). Lalu timbul pertanyaan di benak kita, mengapa iblis tidak mendatangi kita dari atas dan dari bawah kita? Hal tersebut dijelaskan dalam sebuah tafsir Al Qur‘an berikut ini: Al-Fakhrur-Razy dalam tafsirnya berkata: ―Diriwayatkan bahwa ketika Iblis mengatakan ucapannya tersebut, maka hati para malaikat menjadi kasihan terhadap manusia mereka berkata: ―Wahai Tuhan kami, bagaimana mungkin manusia bisa melepaskan diri dari gangguan syaitan?‖ Maka Allah berfirman kepada mereka bahwa bagi manusia masih tersisa dua jalan: atas dan bawah, jika manusia mengangkat kedua tangannnya dalam do‘a dengan penuh kerendah-hatian atau bersujud dengan dahinya di atas tanah dengan penuh kekhusyu‘an, Aku akan mengampuni dosa-dosa mereka‖ (At-Tafsir Al-Kabir V/215) Dalam tafsir yang lain juga dikatakan bahwa Iblis tidak mendatangi kita dari atas, karena Rahmat Allah turun kepada manusia dari atas (Tafsir Ibnu katsir III/394-395). Oleh karena itu IMAN dan PERTOLONGAN Allah adalah senjata kita. Berdoalah, mari kita berlindung kepada Allah atas segala godaan syaithan yang terkutuk. SILAHKAN KIRIM KOMENTAR DI FAN PAGE : http://www.facebook.com/notes/kata-kata-hikmah/iblis-datang-dari-mukabelakang-kanan-dan-kiri-kita/10150222118305849

dan lebih tulus dibandingkan dengan orang lain. Karena itu.. ―Tadi saya kedatangan serombongan tamu yg meminta nasihat. Kita sering menganggap diri kita lebih bermoral.. Mereka pun tampak puas sekali. Dia melihat Sang Guru sedang sibuk bekerja. setelah mereka pulang tiba-tiba saya MERASA menjadi orang yang hebat. apalagi sombong karena kebaikan. Semakin sulit pula kita mendeteksinya. Semakin tinggi tingkat kesombongan. Di tingkat ketiga. Kita merasa lebih pintar. lebih rupawan... sombong disebabkan oleh faktor materi. Di tingkat kedua. Yang menarik. ―Apa yang sedang Anda lakukan?‖ Sang Guru menjawab. lebih pemurah. Saya memberikan banyak nasihat yang bermanfaat bagi mereka. Pria itu bertanya. Kesombongan saya mulai bermunculan. 24 June o S•O•M•B•O•N•G Seorang pria yang bertamu ke rumah Sang Guru tertegun keheranan.. saya melakukan ini untuk membunuh perasaan sombong saya. Kita merasa lebih kaya. Di tingkat pertama. lebih kompeten. namun sombong karena pengetahuan.. sulit terdeteksi karena seringkali hanya berbentuk benih-benih halus di dalam batin kita. benihbenihnya kerap muncul tanpa kita sadari. . Namun. ia mengangkuti air dengan ember & menyikat lantai rumahnya keras-keras. Sombong karena materi sangat mudah terlihat. Sombong adalah penyakit yang sering menghinggapi kita semua. sombong disebabkan oleh faktor kebaikan.‖ Saudaraku... dan lebih terhormat daripada orang lain.. sombong disebabkan oleh faktor kecerdasan. dan lebih berwawasan dibandingkan orang lain.

yang suatu saat akan hilang dan lenyap. Karena setiap hal yang baik dan yang bisa kita lakukan. seseorang yang di dalam hatinya ada sebiji atom dari sifat sombong‖. itu juga S•O•M•B•O•N•G. maka Aku akan menyiksanya‖. Dan bila kita meremehkan atau memandang rendah orang lain. beliau bersabda: ―Tidak akan masuk surga. Rasulullah Saw bersabda: ―Sesungguhnya Allah Swt adalah Maha Indah dan menyukai keindahan. (Catatan Lutfi S Fz) Apa itu S•O•M•B•O•N•G ? Dari Ibn Mas‘ud. Kesombongan hanya akan membawa kita pada kejatuhan yang dalam. Keduanya kemudian turun dan berbicara satu sama lain.‖ [Al Mu‘min:76] Abi Salamah meriwayatkan bahwa Abdullah bin Amr bertemu dengan Ibn Umar di Marwah. Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong . Seorang sahabat bertanya kepada Nabi Saw: ―Sesungguhnya seseorang menyukai kalau pakainnya itu indah atau sandalnya juga baik‖. Barang siapa yang melepaskan keduanya dari-Ku. [HR Muslim] (Dikatakan kepada mereka): ―Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahannam. kita memeriksa hati kita. Rasulullah Saw bersabda: ―Allah Swt berfirman. sedangkan sombong adalah selendang-Ku. Jadi setiap KEBENARAN yang telah kita dapatkan (terutama yang datang dari Allah dan Rasul-Nya) lalu kita menolak dan mengabaikannya itu adalah S•O•M•B•O•N•G. ‖Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong. Selanjutnya Abdullah bin Amr berlalu dan Ibn Umar duduk sambil menangis tersedu-sedu. beliau menjawab: ―Laki-laki ini (yakni Abdullah bin Amr) telah mengaku bahwa dia mendengar Rasulullah Saw bersabda: .‖ [Al Israa‘:37] ‖Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. semua karena ANUGRAH TUHAN. Kemuliaan adalah pakaian-Ku. dari Rasulullah Saw.‖ [Luqman:18] Dari al-Aghar dari Abu Hurarirah dan Abu Sa‘id.Cobalah setiap hari. sedang kamu kekal di dalamnya. Kita ini manusia hanya seperti debu. Ketika ditanya tentang apa yang membuatnya menangis. karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. Sifat sombong adalah menolak kebenaran dan memandang rendah manusia yang lain‖ [HR Muslim].

Perasaan cinta.... itu adalah PILIHAN. adalah PILIHAN yang harus kita pertanggung jawabkan di hadapan Tuhan dan manusia.―Barang siapa yang di dalam hatinya ada sebiji atom dari sifat sombong. tertarik. justru di saat kita menyadari bahwa masih banyak orang lain yang lebih menarik. simpatik.. maka Allah Swt akan menimpakan api neraka ke arah wajahnya‖. Tetapi mencintai dan tetap bersama pasangan jiwa kita.. Kita berada di dunia bukan untuk mencari seseorang yang Sempurna untuk . Itu bukan kesempatan. Mungkin KESEMPATAN mempertemukan pasangan jiwa kita dengan kita. Bila kita memutuskan untuk mencintai orang tersebut. Allah mengingatkan bahwa manusia diciptakan dari air mani yang menjijikan. lebih kaya daripada pasangan kita. dan tetap memilih untuk mencintainya. Pantaskah manusia bersikap sombong? ‖Dan apakah manusia tidak memperhatikan bahwa Kami menciptakannya dari setitik air mani.. walaupun sangat kecil. maka tiba-tiba ia menjadi penantang yang nyata!‖ [Yaa Siin:77] Semoga hati kita terjaga dari sifat S•O•M•B•O•N•G. yang akan menyempitkan dada. Itu bukan kesempatan. mencintai dengan komitmen di hadapan Tuhan dan manusia adalah PILIHAN. itu adalah PILIHAN... Tetapi cinta yang dewasa.. dan kita bisa menikmati kedamaian dengan sifat T•A•W•A•D•H•U. lebih pandai. OFA  25 June o Bertemu adalah KESEMPATAN & Mencintai adalah PILIHAN Ketika bertemu seseorang yang membuat kita tertarik.. Itu bukan pilihan. itu KESEMPATAN. bahkan dengan segala kekurangannya.. Ketika kita memilih bersama seseorang walau apapun yang terjadi.. datang sebagai KESEMPATAN dalam hidup kita.

Mari BELAJAR mencintai dan menyayangi pasangan kita yang Belum SEMPURNA dengan cara yang SEMPURNA.... Karena pasangan kita adalah belahan jiwa kita. Terimakasih... Agar jiwa kita pun menjadi SEMPURNA di hadapan Tuhan.dicintai. Dengan cara yang Sempurna. Wassalam.. Tetapi untuk BELAJAR mencintai orang yang Belum Sempurna.facebook.. OFA (Kiriman dari seorang teman) PLEASE COMENT HERE: http://www. Takdir yang mempertemukan. Rancangan yang indah telah disiapkan olehNya ...com/notes/kata-katahikmah/bertemu-adalah-kesempatan-mencintai-adalahpilihan/10150217966430849  30 June o • Aku Ingin Dicintai Kerana Allah • Jika kau mencintaiku kerana sifatku yang ceria Menjadi semangat yang menyala di dalam hati mu Kemudian aku bertanya Bila keceriaan itu kelam dirundung duka Seberapa muram cintamu kan ada? Jika kau mencintaiku karena kecantikanku Menyejukkan setiap mata yang memandangnya Kemudian aku bertanya Saat kecantikan itu memudar ditempuh usia Seberapa pudarkah kelak cintamu padaku? Jika kau mencintaiku karena ramah hatiku Memberi kehangatan dalam setiap sapaanmu Kemudian aku bertanya Kiranya keramahan itu tertutup kabut prasangka Seberapa mampu cintamu memendam praduga? Jika kau mencintaiku karena cerdasnya diriku Membuatmu yakin pada putusanku Kemudian aku bertanya Ketika kecerdasan itu berangsur hilang menua .

.. Karena Dia kan selalu ada tuk menjaga Maka cintaku kan tetap utuh dan setia Hingga kelak....  .Seberapa bijak cintamu tuk tetap mengharapku? Jika kau mencintaiku karena kemandirian yang ku miliki Menyematkan rasa bangga mu yang mengenalku Kemudian aku bertanya Jika di tengah itu rasa manjaku tiba menyeruak Seberapa tangguh cintamu tuk tetap bersamaku? Jika kau mencintaiku karena tegarnya sikapku Menambatkan rasa kagum pada kokohnya pertahananmu Kemudian aku bertanya Andai ketegaran itu rapuh diterpa badai Seberapa kuat cintamu bertahan? Jika kau mencintaiku karena pengertian yang ku berikan Menumbuhkan ketenangan karena kepercayaan yang ku tanam Kemudian aku bertanya Kelak pengertian itu tertelan oleh ego sesaat Seberapa kau mampu mengerti cinta ini? Jika kau mencintaiku karena luasnya danau kesabaranku Menambah dalamnya rasa cinta semakin kau mengenalku Kemudian aku bertanya Mungkin kesabaran itu mencapai batas membendung kesalahanku Seberapa besar cinta mampu memaafkan? Jika kau mencintaiku karena keteguhan imanku Bagai siradj yang benderang mengantarkan cahaya Kemudian aku bertanya Kala iman itu jatuh menurun Seberapa berkurang akhirnya cintamu padaku? Jika kau mencintaiku karena Ku yang tlah kau pilih sebagai cinta yang kan kau pegang sepanjang hayat Kemudian aku bertanya Pun hati ini tergoncang Seberapa mantap cinta ini tuk tetap setia? Andai sejuta alasan tak cukup Untuk membuat cinta ini tetap bersama diriku Maka biar kupinta satu alasan tuk menjaga cinta ini. Aku ingin kau cintai karena Allah. ku tak mampu lagi mencintaimu Karena cintaku berpulang pada-Nya.

maka sebagai akibatnya . Pikiran Sedang membicarakan peristiwa. yang mengatakan : Small Minds discuss people. maka ia akan aktif menemukan terobosan baru. PIKIRAN SEDANG akan menghasilkan PENGETAHUAN. boleh jadi sangat benar. Ketiga jenis pikiran ini ada di dalam setiap otak kita. sementara pertanyaan yang kedua menjadi tidak terbatas karena kita bisa berimajinasi. . Tetapi bila Pikiran Besar yang mendominasi. Pikiran Besar membicarakan gagasan‖. Kondisi ini seperti yang dikatakan Albert Einstein yang mengatakan bahwa. Kalau setiap saat otak kita dipenuhi oleh Pikiran Kecil.. Great Minds discuss ideas Hmm..15 July o APA YANG ANDA PIKIRKAN ? Setiap kali membuka akun Facebook maka dinding facebook ini selalu bertanya? ―Apa yang sedang Anda pikirkan?‖ Pertanyaan ini merupakan perbaikan dari pertanyaan sebelumnya pada saat Saya mulai bergabung (2701-2009) dimana saat itu yang ditanyakan adalah. maka kita akan selalu asyik dengan urusan orang lain. PIKIRAN KECIL akan menghasilkan GOSIP. Average Minds discuss events. Bila kita menggunakan pertanyaan yang pertama maka status kita mungkin terbatas. PIKIRAN BESAR akan menghasilkan SOLUSI. Dan kitapun bisa melanjutkan... ―Apa yang sedang Anda lakukan?‖ Menurut saya tepat sekali penggantian pertanyaan tersebut. mantan Presiden USA seperti dalam teks photo di atas.. ―Pikiran Kecil membicarakan orang. ―Ilmu pengetahuan sangatlah terbatas sementara imajinasi tidak terbatas‖. begitulah apa yang dihasilkannya. namun tidak menghasilkan apa-apa. Pikiran mana yang lebih mendominasi kita.. karena apa yang kita lakukan terbatas pengetahuan atau kemampuan yang kita miliki. kecuali perseteruan. Menarik juga perkataan dari Eleanor Roosevelt.

Tidak ada satupun prestasi atau karya di dunia ini yang dihasilkan oleh Pikiran Kecil. INFOTAINMENT. Dan pikiran yang terakhir itulah yang konon mengisnpirasi SIR ISAAC NEWTON menemukan TEORI GRAVITASInya yang terkenal. PIKIRAN SEDANG senang menggunakan kata: ―ADA APA‖. sedangkan PIKIRAN BESAR selalu memanfaatkan kata tanya: ―MENGAPA‖ dan ―BAGAIMANA‖. misalnya jatuhnya buah apel dari pohonnya. Si PIKIRAN KECIL biasanya senang melahap TABLOID. ketiga jenis pikiran ini juga mempunyai ‗MAKANAN‘ FAVORIT yang berbeda. Si PIKIRAN KECIL akan tertarik dengan pertanyaan : ―SIAPA SIH YANG KEMARIN KEJATUHAN BUAH APEL?‖ Si Pikiran Sedang akan bertanya: ―APAKAH SEKARANG BERARTI SUDAH MULAI MUSIM PANEN BUAH APEL ?‖ Sedangkan Si PIKIRAN BESAR : ―MENGAPA BUAH APEL ITU JATUH KE BAWAH. KORAN MERAH si PIKIRAN SEDANG amat berselera dengan KORAN BERITA. Jadi apa yang sedang Anda pikirkan? . Di samping itu. si PIKIRAN BESAR memilih BUKU-BUKU/ ARTIKEL yang membangkitkan INSPIRASI.PIKIRAN KECIL senang menggunakan kata tanya ―SIAPA‖. BUKANNYA KE ATAS?‖. Dalam melihat satu peristiwa yang sama. akan cenderung ditanggapi berbeda.

dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir".. (QS Al Kahfi. .php?note_id=10150247263300849  21 July o Bukan BELUM MENDAPAT HIDAYAH. lidah dan dua buah bibir..‖ Para sahabat bertanya. Jadi jelaslah sebenarnya kita dengan akal sehat sudah tahu yang haq (benar) dan bathil dengan akibatnya masing-masing. Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan (haq dan bathil)....karena Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah bersabda: ―Setiap umatku akan masuk Surga. tetapi kita ENGGAN untuk mentaatinya.facebook. (HR.Oleh : Deden Wahyudin PLEASE CONMENT THIS NOTE: http://www.tetapi TIDAK MAU HIDAYAH..Tetapi TIDAK MAU HIDAYAH Sahabat Hikmah. siapakah orang yang enggan itu?‘ Rasulullah menjawab. Orang yang tidak mau mengambil jalan kebenaran bukan berarti dia belum mendapat HIDAYAH tetapi dia tidak mau menerima HIDAYAH. kecuali orang yang ENGGAN.. atau belum mau menutup auratnya dengan berjilbab mengatakan "Saya belum bisa melakukannya karena belum mendapat HIDAYAH dari Allah.. Sahabat Hikmah.com/note. maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman." (QS Al Balad. 18:29).....Bukhari dalam kitab al-I‘tisham) (Hadits no.90:8-10) Kita dipersilahkan memilih diantara dua jalan tersebut: Dan katakanlah: "Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu. ―Barangsiapa mentaatiku akan masuk Surga dan barangsiapa yang mendurhakaiku dialah yang ENGGAN‖." Lalu bagaiamana sebenarnya HIDAYAH itu? Sebenarnya Allah SWT telah menyediakan dua jalan : "Bukankah Kami telah memberikan kepadanya dua buah mata. 6851). Sehingga perkataan yang tepat bukan BELUM MENDAPAT HIDAYAH. ‗Ya Rasulallah.. Ada di antara kita yang belum sholat.

"Sesungguhnya orang-orang kafir.. Itulah jalan mendapat HIDAYAH. kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan. Dan bagi mereka siksa yang amat berat. niscaya Allah memberikan rahmat-Nya kepadamu dua bagian..Untuk mendapat HIDAYAH . PENGLIHATAN dan HATI.Bersyukurlah dengan nikmat PENDENGARAN.. tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah). mereka mempunyai hati. Mereka itu sebagai binatang ternak. penglihatan dan hati". mereka tidak akan beriman. niscaya Dia akan memberikan kepadamu furqaan (Pembeda) dan menghapuskan segala kesalahan-kesalahanmu dan mengampuni (dosa-dosa) mu. bahkan mereka lebih sesat lagi. dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayatayat Allah). "Katakanlah: "Dia-lah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran. dan penglihatan mereka ditutup. benar-benar ... Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. kecuali atas kehendak Allah. barulah HIDAYAH Allah berupa Furqan (Pembeda) atau Nuur (Cahaya) akan diturunkan "Hai orang-orang yang beriman." (QS Al Baqarah 2:6-7) Apabila kita sudah mengikuti kebenaran dengan mentaati Allah dan RasulNya atau telah bertaqwa." (QS Al Anfal 8:29) "Hai orang-orang yang beriman (kepada para rasul).." (QS Al Mulk 67: 23) Bila kita tidak mau menggunakannya maka pastilah JAHANNAM akan menjadi tempat kita nantinya. dan menjadikan untukmu cahaya yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan dan Dia mengampuni kamu. jika kamu bertakwa kepada Allah." (QS Al Hadiid 57:28) Dan untuk istiqomah dalam taqwa akan mendapati halangan dan tantangan. Na'uudzubillaahi min dzaalik.Gunakanlah untuk memahami mana yang haq dan mana yang bathil . (Tetapi) amat sedikit kamu bersyukur.. bila kita tetap berjihad dalam kebenaran tersebut maka Allah subhanahu wa ta'ala akan terus menunjuki jala-jalan-Nya (selalu memberi HIDAYAH) "Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami. sama saja bagi mereka. bertakwalah kepada Allah dan berimanlah kepada Rasul-Nya.. Mereka itulah orang-orang yang lalai.. Dan Allah mempunyai karunia yang besar. "Dan sungguh-sungguh Kami jadikan untuk isi neraka Jahannam kebanyakan dari jin dan manusia." (QS Al A'raf 7:179) Dan bila kita sudah mengetahui KEBENARAN (Al Haq) tetapi kita mengingkarinya atau mendustainya dengan terang-terangan maka bisa jadi kita termasuk orang-orang yang tidak akan mendapat HIDAYAH selamanya.

Dan lebih spesifik sifat orang orang yang bertaqwa dan ciri-cirinya dijelaskan oleh Allah SWT dalam Al Quran Surat Ali Imran ayat 133-136 : Orang-orang yang menafkahkan (hartanya).. Rasa takut ini kemudian terejawantahkan dengan mengerjakan segala perintah-Nya dan meninggalkan segala larangan-Nya. Orang-orang yang mema`afkan (kesalahan) orang lain. "Dan tetaplah memberi peringatan..F.com/note.akan Kami tunjukkan Kepada mereka jalan-jalan Kami. Orang-orang yang menahan amarahnya. taqwa didefinisikan sebagai perasaan takut kepada Allah Swt.‖(QS alBaqarah [2]: 183). sedang mereka mengetahui. baik di waktu lapang maupun sempit. . O.php?saved&&note_id=10150252754585849&i d=291202364354  25 July o HIDUP DAMAI dengan PUASA RAMADHAN Sahabat Hikmah. bisa ditegaskan bahwa ciri atau indikator umum dari orang yang bertakwa bisa diamati dari sikap dan perilakakunya. Karena itu. lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka. mereka ingat akan Allah. yaitu meninggalkan segala larangan-Nya dan melaksanakan semua perintah-Nya.facebook. Kedamaian hanya didapat dengan menjadi orang yang bertaqwa. Dan ketaqwaan akan didapat dengan berpuasa di bulan Ramadhan.. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.A PLEASE COMENT ! : http://www. Secara sederhana. karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman " (QS Adz Dzariya. Allah Subhanahu wa Ta‘aa menetapkan dalam Al-Quran: ― Hai orang-orang yang beriman.51:55) Wallahu a'lam bishshowab. Orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri (berbuat dosa)." (QS Al Ankabuut 29:69) Kami hanya mengingatkan kepada diri sendiri dan kepada orang yang mau mengambil manfaat peringataan ini. diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosanya itu.

dan sesungguhnya syetan itu diciptakan dari api. dan tidak ada kata berpangku tangan melihat sesama saudaranya menderita/teraniaya. Orang-orang yang menahan amarahnya. Barangsiapa yang menghilangkan sebagian kesulitan seseorang. Dan barangsiapa yang selalu menolong kebutuhan saudaranya. saling tolong-menolong seperti satu tubuh yang satu. merasakan lapar dan haus sepanjang hari. Rasulullah SAW bersabda tentang marah: "Sesungguhnya marah itu berasal dari syetan. Orang yang mudah marah juga akan mempunyai teman yang sedikit dan dijauhi teman-temannya . Kematangan diri hanya bisa didapatkan melalui keterbukaan hati dan pikiran akan segala pengalaman hidup yang dialami. Sifat suka berinfaq akan melahirkan sifat empati dan kepedulian. sehingga orang lain yang ada disekelilingnya pasti akan merasakan kebahagiaan pula dekat dengannya dan akan membantunya bila ditimpa kesusahan. Orang yang pendendam hatinya tidak akan menemukan kedamaian.‖ (HR. Memaafkan butuh kematangan diri dan kecakapan spiritual. Oleh karena itu. Orang yang mudah memaafkan akan damai karena semua masalah dianggap tidak ada masalah dan dia tidak menyimpan masalah berlama-lama karena cepat memaafkannya. maka hendaklah ia berwudhu " (HR Abu Dawud). dan dia hanya akan menumpuk kemarahan dan musuh. maka dia akan mudah menahan amarahnya. 3. 1. Orang-orang yang mema`afkan (kesalahan) orang lain. niscaya Allah akan menghilangkan baginya kesulitan dunia dan akhirat. Orang-orang yang menafkahkan (hartanya). baik di waktu lapang maupun sempit. Marah itu menguras energi dan membuat hati tidak tenang dan akan menyesal sesudahnya. walaupun harta mereka pun ‗sempit‘ untuk memenhi kebutuhannya . niscaya Allah SWT akan menutupi aibnya di dunia maupun di akhirat. apabila seseorang dari kalian marah. niscaya Allah akan menolong kebutuhannya. sedangkan api hanya bisa dipadamkan dengan air. Muslim dan Tirmidzi. Dan orang demikian akan menjadikan dia mempuanyai teman baik yang banyak. Sementara kecakapan spiritual hanya bisa diperoleh ketika telah memiliki rasa penghambaan yang tinggi hanya kepada . Dengan terbiasa berpuasa dengan benar. Mereka berbuat demikian karena sudah terbiasa berpuasa.) Tiada kedamaian jiwa dan kebahagiaan yang lebih kecuali kita bisa membahagiakan orang lain. "Barangsiapa yang menutupi aib seorang muslim.Ciri-ciri tersebut di atas merupakan wujud lahir ketakwaan seseorang dan merupakan wujud KEDAMAIAN seseorang. 2. Bergetar jiwanya kalau melihat penderitaan orang lain.

Tidak bisa husnuzhan dengan Allah SWT.'' (QS Fushshilat [41]: 34). Semoga puasa Ramadhan nanti menjadi UNIVERSITAS KEHIDUPAN kita. Sehingga orang yang bertaqwa adalah mereka yang tidak menumpuk-numpuk dosa dan kesalahan. (QS Thaha : 124) Orang yang banyak berdosa dan tidak cepat memohon ampunan Allah serta tidak berhenti dari perbuatan dosa juga akan merasakan keterasingan dan kesenjangan dari Allah SWT.Allah SWT semata. Orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri (berbuat dosa). Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik. Sehingga dengan sesuatu yang diharamkan Allah SWT. lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka. maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. ―Dan Barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku. Dan itu semua dapat dicapai dengan berpuasa selama sebulan penuh di bulan Ramadhan dengan benar. Kemapanan materi tidak bisa mengalahkan besarnya derita yang timbulkan karena rasa keterasingan dari Allah SWT. Sahabat Hikmah. . dia ingat Allah Yang Maha Melihat. sehingga semakin senang berbuat dosa dan malas berbuat kebaikan dan beribadah. ''Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Sebaliknya orang yang banyak berbuat maksiat dan dosa. Harta dan anak tidak lagi menjadi nikmat. Maka Sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit. Bukan hanya memaafkan. mereka akan selalu merasa gundah dan gelisah dan mempunyai penghidupan yang sempit. Keterasingan ini menghilangkan kenikmatan dan kebahagiaan dalam hidup. Orang yang berpuasa sudah dididik untuk meninggalkan yang halal pada bulan-bulan lain tetapi di bulan Ramadhan diharamkan pada siang harinya yaitu makan. Padahal kedamaian akan didapat bila kita selalu berpikr positif. dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam Keadaan buta". niscaya akan selalu menjauhinya.. mereka ingat akan Allah. Rasa keterasingan ini memiliki beberapa dampak diantaranya: Hilangnya rasa percaya terhadap janji Allah SWT. bahkan orang yang bertaqwa akan membalas kejahatan dengan kebaikan karena Allah SWT. sehingga jiwanya damai. sedang mereka mengetahui. sehingga selalu berpikir negative kepada Allah dan kepada orang lain. Maha Pengampun dan Yang Maha Keras Siksanya. dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosanya itu. 4. Orang yang bertaqwa bukan berarti tidak pernah berbuat dosa. karena manusia itu tempat lupa dan salah. Sehingga orang yang bertaqwa apabila berbuat dosa.. minum dan berhubungan dengan suami/isteri. tersebut. sehingga dia mohon Ampun kepada Allah dan tidak terus menerus dalam perbuatan dosa tersebut.

karena Allah subhanhu wa ta'ala berfirman : "Jika kamu menjauhi dosa dosa besar di antara dosa dosa yang dilarang mengerjakannya..A PLEASE COMMENT ! : http://www.facebook. Hadits riwayat Abu Hurairah Radhiyallahu‘anhu." (QS An Nisa:31) Dan berdasar hadits riwayat Muslim dibawah ini : : . Benarkah puasa Ramadhan dapat menghapus semua dosa orang yang melaksanakannya? Sehingga pada waktu Iul Fitri seperti bayi yang baru dilahirkan? Mari kita kaji berdasarkan dalil-dali berikut ini : Memang benar ada hadits yang sangat terkenal. . .. .‖ (HR. Rasulullah Shalallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: ―Barangsiapa puasa pada bulan Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala Alloh Swt. no 1901) Tetapi apakah semua dosa diampuni? Mayoritas ulama berpendapat bahwa ampunan dosa tersebut hanya berlaku pada dosa-dosa keci.F. Bukhari. Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam bersabda: "Sholat lima waktu.sehingga kita layak mendapatkan IJAZAH TAQWA dan akan menjadikan hidup kita DAMAI di dunia dan akhirat. niscaya Kami hapus kesalahan kesalahanmu dan akan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga). Aamiin Yaa Rabbal‘aalamiin. dari Jum‘at ke jum‘at dan dari Ramadhan ke Ramadhan ialah menghapuskan dosa diantara .com/notes/kata-katahikmah/hidup-damai-dengan-puasa/10150250603830849  31 July o APAKAH PUASA RAMADHAN AKAN MENGHAPUS SEMUA DOSA ? Sahabat Hikmah. niscaya diampuni dosanya yang telah lalu. Wallahu a'lam bishshowab O.

yaitu : 1. yaitu: 1..masing-masing apabila dijauhinya dosa-dosa besar. Memakan riba. Mengamalkan sihir. yaitu : Durhaka terhadap orang tua. 2. Mencuri. Syirik.. 2. 3 macam di perut. yaitu : Lari dalam peperangan 1 di seluruh badan. yaitu : 1. 3. 3. 1 di kaki. 2 macam di tangan. 2. Sebagian dosa-dosa tersebut seharusnya dihukum di dunia. 2. 3. 4 macam pada lisan. yaitu : 1. Sumpah palsu. yaitu: 1. atau ancaman hukuman di akhirat. • Kedua : Hal itu dimaksudkan bahwa kewajiban-kewajiban tersebut hanya menghapus dosa-dosa kecil. sebagai contoh adalah: • Mencuri (dengan syarat-syarat) seharusnya dipotong tangannya di dunia: "Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri. 2 macam di kemaluan. Abu Tholib Al-Makki berkata: Dosa besar itu ada 17 macam. Homo seksual. Zina. Kesaksian palsu. potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai . Menuduh berbuat zina pada wanita baik-baik." (Hadits Riwayat Muslim) Hadits dan ayat diatas memiliki dua konotasi : • Pertama : Bahwasanya penghapusan dosa itu terjadi dengan syarat menghindari dan menjauhi dosa-dosa besar. Terus menerus berbuat maksiat. Lalu apa saja dosa-dosa besar tersebut? DOSA BESAR adalah dosa yang disertai ancaman hukuman di dunia. 2. 4. Minum Khamer. Putus asa. Memakan harta anak yatim. yaitu : 4 macam di hati. Sahabat Hikmah. Merasa aman dari siksa Allah. Membunuh. 4.

(QS. maka rajamlah keduanya disebabkan kelezatan yang telah mereka berdua rasakan.‖ (QS. . Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. jika kamu beriman kepada Allah dan Hari Akhirat. Para jumhur ulama berpendapat.Yaitu dengan cara : 1. bahwa dosa-dosa besar tersebut akan diampuni dengan TAUBAT NASUKHA (taubat yang semurnimurninya). ―Di antara ayat yang diturunkan atas Rasulullah shallallahu ‗alaihi wasallam adalah ayat rajam. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagri Maha Penyayang. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang [alMâidah/5:38-39] • Orang merdeka yang belum menikah jika melakukan zina maka dicambuk 100 kali ―Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina. bagaimana dengan dosa-dosa besar tersebut yang telah terlanjur kita melakukannya? Jangan berputus asa dari Rahmat Allah Ta'ala. bahwa dia berkata. dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan dari orang-orang yang beriman. maka sesungguhnya Allah menerima taubatnya. Bagi mereka yang ikhlas dihukum dengan hukum Allah dan bertaubat atas perbuatannya. Az-Zumar: 53). Rasulullah shallallahu ‗alaihi wasallam telah melakukan hukuman rajam dan kamipun melakukannya sepeninggal beliau shallallahu ‗alaihi wasallam. Menyesali perbuatannya.siksaan dari Allah. niscaya Allah akan mengampuni mereka. janganlah kama berputus asa dari rahmat Allah. kami telah membaca dan memperhatikannya. Meninggalkan kemaksiataan yang dilakukannya.‖ (Diriwayatkan oleh Jamaah) Ayat yang disebutkan Umar radhiyallahu ‗anhu adalah: ―Laki-laki dan wanita yang tua (yang telah menikah) jika keduanya berzina. Permasalahannya kita hidup di negara yang tidak melaksanakan syariat Islam pada hukuman pidana seperti tersebut di atas.. dan janganlah rasa belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah. Bertekad kuat untuk tidak mengulangi lagi selama-lamanya.‖ Sahabat Hikmah. 2.. baligh dan merdeka yang telah menikah dengan pernikahan yang benar dan telah menyetubuhi istrinya meskipun air maninya tidak keluar) demikian pula seorang janda atau duda Hadits Umar radhiyallahu ‗anhu. 3.karena Ta'ala telah berfirman (yang artinya): "Katakanlah: "Hai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri. Maka barangsiapa bertaubat (di antara pencuri-pencuri itu) sesudah melakukan kejahatan itu dan memperbaiki diri. maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus kali dera. An-Nur: 2) • Hukuman rajam sampai mati bagi (pelaku zina yang) muhshin (berakal.

. Ibnu Hibban. Jika terkait dengan hak-hak orang lain maka hendaklah ia mengembalikannya kepada yang memilikinya. Karena Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallam telah bersabda: ―Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga.." (QS. serta amal kebodohan. maka Allah tidak butuh pada amalannya meninggalkan makan dan minumnya..AI-Hijr: 99). Apabila seorang muslim melakukan berbagai faktor yang membuatnya mendapat ampunan dan tiada sesuatu pun yang menjadi penghalang baginya. lihat kitab Shahih Targhib] ―Barangsiapa yang tidak meninggalkan ucapan dusta. beriman dan beramal shalih. amal shalih yang dilakukan semata-mata karena Allah. Syaikh Al Albani dalam Shohih At Targib wa At Tarhib no. Sahabat Hikmah. HR Ibnu Khuzaimah.. Yaitu keimanan yang benar.‖[Shahih. . HR. Sahabat Hikmah. hanyalah puasa yang sebenarnya adalah menahan dari laghwu (ucapan sia-sia) dan rafats (ucapan kotor). Allah Ta 'ala berfirman : " Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat. Ath Thobroniy dalam Al Kabir dan sanadnya tidak mengapa. kemudian tetap dijalan yang benar.4. maka optimislah untuk mendapatkan ampunan. maka bila seseorang mencacimu atau berbuat tindakan kebodohan kepadamu katakanlah: ‗Sesungguhnya aku sedang berpuasa‘. Rasulullah bersabda: ―Sesungguhnya puasa itu bukan menahan dari makan dan minum saja. Dosa-dosa kecilpun akan terhapus apabila puasa kita dilakukan dengan sebaikbaiknya. sesuai dengan tuntunan As-Sunnah dan senantiasa dalam keadaan demikian hingga mati. Marilah kita mendapatkan AMPUNAN dari Allah dengan mengamalkan puasa dengan baik (dengan tidak hanya meninggalkan makan dan minum di siang hari) dan juga dengan TAUBAT NASUKHA. Thaaha : 82)..‖ [Shahih. Allah Ta'ala berfirman: "Dan sembahlah Tuhanmu sampai datang kepadamu apa yang diyakini (ajal). dan Al-Hakim.. " (QS. Yakni terus melakukan hal-hal yang menjadi sebab didapatnya ampunan hingga dia mati. 1084 mengatakan bahwa hadits ini shohih ligoirihi yaitu shohih dilihat dari jalur lainnya-) ―Dari Abu Hurairah ia berkata.‖ (HR. Al-Bukhari]. dan pengamalannya.

com/notes/kata-kata-hikmah/apakah-puasa-ramadhanakan-menghapus-semua-dosa-/10150258164570849 ============================================  05 August o PERSIAPAN KEMATIAN PERSIAPAN KEMATIAN Cerdasnya orang yang beriman. Dan Allah mempunyai karunia yang sangat besar.. tapi mati itulah untuk hidup. "Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa di antara kamu. jika kamu bertaqwa kepada Allah... Kita jangan takut mati. al-Hujurat:13) Dengan KETAQWAAN inilah Allah akan menghapus semua dosa-dosa kita dan akan melipatgandakan pahala amalan kita. Hidup bukan untuk hidup. dia yang mampu mengolah hidupnya yang sesaat dan sekejap untuk hidup yang panjang." (QS Al Anfal :29) "Barang siapa bertaqwa kepada Allah. diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa" (QS AlBaqarah :183) Marilah kita jadikan bulan Ramadhan ini sebagai universitas perbauikan diri sehingga kita menjadi manusia yang paling mulia di sisi Allah. niscaya Allah akan menutupi kesalahan-kesalahannya dan melipat gandakan pahala baginya" (QS Ath Thalaq:5) Wallahu a'lam bishshawab O.A ============================================ Silahkan memberikan KOMENTAR terbaik Anda disini: http://www. jangan mencari mati. tapi rindukan mati. yaitu ALMUTTAQIIN.facebook.orang-orang yang bertaqwa. dan menghapus kesalahan-kesalahan kamu dan mengampuni dosadosamu." (QS.F. tetapi hidup untuk Yang Maha Hidup. Jangan lupakan mati."Hai Orang-orang yang beriman. niscaya Allah akan memberi kamu furqon (petunjuk yang membedakan baik dan buruk). . Hidup bukan untuk mati. "Hai orang-orang yang beriman.

sebaiknya mata membaca Al-Qur‘an terlebih dahulu dengan penuh pemahaman. membaca Al-Qur‘an sebelum terbit matahari. tapi mati adalah awal cerita sebenarnya. bukan karena panggilan muadzin tetapi panggilan Allah yang mencari orang beriman untuk memakmurkan masjid Allah. Keempat. Kelima Jaga sedekah setiap hari. Persiapkan kematian dengan selalu menjaga tujuh sunnah Nabi setiap hari. Keenam Jaga wudhu terus menerus karena Allah menyayangi hamba yang berwudhu. Arifin Ilham)  07 August . Allah menyukai orang yang suka bersedekah.Karena. dan malaikat Allah selalu mendoakan kepada orang yang bersedekah setiap hari. Jaga shalat Dhuha karena kunci rezeki terletak pada shalat dhuha. ―Orang yang selalu berwudhu senantiasa ia akan merasa selalu shalat walau ia sedang tidak shalat. mati adalah pintu berjumpa dengan Allah SWT. Mati bukanlah akhir cerita dalam hidup. Jangan tinggalkan masjid untuk sholat berjama'ah. ampuni dosa dan sayangi dia ya Allah‖. Ketujuh Amalkan istighfar setiap saat. Kedua. maka sambutlah kematian dengan penuh ketakwaan. dan dijaga oleh malaikat dengan dua doa. Alangkah baiknya sebelum mata melihat dunia. terutama di waktu shubuh. karena masjid merupakan pusat keberkahan. Ketujuh sunnah Nabi SAW itu adalah: Pertama. Tahajjud karena kemuliaan seorang mukmin terletak pada tahajjudnya. Kata khalifah Ali bin Abu Thalib. Dengan istighfar masalah yang terjadi karena dosa kita akan dijauhkan oleh Allah. Ketiga. (Pesan indah dari KH. Sebelum melangkah kemana pun langkahkan kaki ke masjid.

jika ia mendekat pada-Ku sehasta. sesungguhnya WALI-WALI ALLAH itu. Lalu siapa sebnarnya WALI ALLAH ? 'Wali' menurut bahasa artinya 'qariib' yakni dekat. tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. Aku akan datang kepadanya dengan berlari‖. inilah yang disebut dengan Wali Allah. bisa menghilang. dimana saja ia berdzikir pada-Ku. Jadi Wali Allah ialah orang yang senantiasa bertaqarrub (mendekatkan dirinya) dengan Allah. Wali Allah adalah orang-orang yang berIMAN dan SELALU berTAQWA. dan Aku menyertainya. jika ia mengingat-Ku didepan umum.. Allah menyebutkan dalam Al Quran. dan mereka tidak mudah dikenali. bisa jalan di atas air. Jika ia mengingat-Ku dalam hatinya. Kalau mendengar wali Allah biasanya langsung terpikir orang yang sakti. maka Aku akan mengingatnya pula didepan khalayak yang lebih baik. bisa terbang. Jadi mukmin yang tekun beribadat lagi tabah dalam mentaati Allah. Dan seandainya ia mendekatkan dirinya kepada-Ku sejengkal. Ibnu Majah dan Baihaqi). Aku akan mendekatkan diri-Ku padanya sedepa. Dan atas sebab itulah maka Imam An Nawawy mengartikan Wali Allah disini ialah orang yang beriman (mukmin). dan jika ia datang kepada-Ku berjalan. Siapa yang mendekatkan dirinya kepada Allah dengan berdzikir atau beribadah. maka Aku akan ingat pula padanya dalam hati-Ku. maka Allah juga akan mendekat dengan lebih. "Ingatlah. melaksanakan suruhan-Nya dan menjauhkan dirinya daripada maksiat serta lebih mementingkan akhirat daripada dunia. Nasa‘i. Turmudzi.o Dengan Berpuasa Ramadhan dengan Benar Bisa Menjadi Waliyullah.. (HR. Wali Allah ada pada setiap masa dan zaman. Aku akan mendekatkan diri-Ku padanya sehasta. Bukhori Muslim. Rasuulullah Shalallaahu 'alaihi wa sallaam bersabda : ―Aku ini menurut prasangka hambaKu. bisa menyembuhkan sakit dsb.orang . Mau? Sahabat Hikmah. Yaitu orang.

‖ (QS Al Hujuraat : 13) Orang-orang yang bertaqwa adalah orang beriman yang mengetahui (punya ilmu) tentang Al quran dan AsSunnah dengan baik dan mereka melaksanakannya dengan baik. dia akan selalu dibela oleh Allah dan selalu diberi petunjuk jalanjalan-Nya. Karena itulah mereka selalu ditolong oleh Allah dan diteguhkan agamanya. Dan tidaklah seorang hamba senantiasa bertaqarrub kepada-Ku dengan amalan-amalan sunnah sehingga Aku mencintainya Maka . Mereka menjalankan seluruh kewajiban.Allah swt berfirman : ―Wahai manusia. niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. Tidak ada perubahan bagi kalimat-kalimat (janji-janji) Allah. Dan tidaklah seorang hamba bertaqarrub (mendekatkan diri) kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih aku sukai daripada perkara yang telah Aku wajibkan kepadanya. ‖ (QS Muhammad : 7) Rasulullah SAW bersabda : : Sesungguhnya Allah berfirman: "Barangsiapa memusuhi wali-Ku (kekasihKu) maka Aku sungguh-sungguh mengumumkan kepadanya dengan peperangan.yang berIMAN dan mereka SELALU berTAQWA. ―Wahai orang-orang yang beriman. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. dan juga kewajiban untuk berdakwah dan berjihad menolong agama Allah agar kalimat Allah tinggi di muka bumi. akan tetapi Allah meninggikan mereka yang memiliki ketaqwaan yang lebih (Takut terhadapNya) .‖ (QS Yunus : 62-64) Semua hamba Allah adalah sama." Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan (dalam kehidupan) di akhirat. jika kamu menolong (agama) Allah. Yang demikian itu adalah kemenangan yang besar. sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang-orang yang paling bertaqwa di antara kamu. sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang lakilaki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Baik yang menurut hukum fiqih hukumnya wajib (fardlu) atau yang nawafil (sunnah). baik yang ada dalam rukun Islam.

.. niscaya Allah memberikan rahmat-Nya kepadamu dua bagian. ma'rifah tentang dunia dan akhirat. . bertakwalah kepada Allah dan berimanlah kepada Rasul-Nya. Tetapi bila kita bersungguh-sungguh (bermujahadah) maka akan Allah mudahkan... dan kita sedikit demi sedikit mengamalkannya dalam keseharian kita.. dan menjadikan untukmu CAHAYA (NUUR) yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan dan Dia mengampuni kamu... yang disebut Allah sebagai AULIYAA ALLAH. "(QS Al-HAdid:28) Untuk menjadi kekasih Allah atau Wali Allah memang tidak mudah. menjadi tangan baginya yang ia memukul dengannya." (QS Al Ankabut:69) "Hai orang-orang yang beriman (kepada para rasul)." [Hadis riwayat al-Bukhori dari Abu Hurairah] "Dan orang-orang yang berjihad (bersungguh-sungguh) untuk (mencari keridhaan) Kami... Yang penting mulailah mendekatkan diri kepada Allah Dan di bulan Ramadhan inilah waktu yang tepat untuk memulai. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orangorang yang berbuat baik. Insya Allah kita akan menjadi hamba Allah yang BERIMAN dan SENANTIASA BERTAQWA. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.. Dengan belajar dan tarbiyah tentang Ilmu Al Islaam. ma'rifah tentang Islam. ma'rifah tentang manusia....jika Aku mencintainya maka Aku menjadi pendengaran baginya yang ia mendengar dengannya. menjadi kaki baginya yang ia melangkah dengannya. ma'rifah tentang Rasul. benar-benar akan Kami TUNJUKKAN Kepada mereka JALAN-JALAN Kami. Kepada seorang guru ngaji yang terperaya. Dan jika hamba-Ku meminta sesuatu maka Aku akan memberikannya. dan jika ia berlindung pada-Ku maka Aku akan melindunginya. ma'rifah tentang Al Qur'an.. menjadi penglihatan baginya yang ia melihat dengannya. Sehingga kita akan memahami (ma'rifah) tentang Allah.....

.. mengeluhkan kepedihan dan siksaan yang mereka derita. 45. 51 dan 52 yang artinya kurang lebih sbb: ―Dan penghuni-penghuni surga berseru kepada penghuni-penghuni neraka (dengan mengatakan): ―Sesungguhnya kami dengan sebenarnya telah memperoleh apa yang Tuhan kami menjanjikannya kepada kami. Maka Allah telah berjanji menunjukin jalan-jalan-Nya. Pembicaraan mereka itu – diungkapkan oleh Allah Swt di dalam Surat Al A‘raf ayat 44.. .‖(45) ―Dan penghuni neraka menyeru penghuni syurga: ‖ limpahkanlah kepada kami sedikit air atau makanan yang telah dirizkikan Allah kepadamu‖. Kemudian seorang penyeru (malaikat) mengumumkan di antara kedua golongan itu: ―Kutukan Allah ditimpakan kepada orang-orang yang zhalim. dan mereka kafir kepada kehidupan akhirat.Segala sesuatu tergantung NIAT kita. Maka apakah kamu telah memperoleh dengan sebenarnya apa (azab) yang Tuhan kamu menjanjikannya (kepadamu)?‖ Mereka (penduduk neraka) menjawab: ―Betul‖. Bila ada NIAT dan AZAM yang kuat yang membuktikan KESUNGGUHAN (MUJAHADAH) kita... lapar. 50. haus dan dahaga – adalah menjadi keluh kesah penghuni neraka. (kami telah memperoleh adzab). Antara penghuni surga dan neraka itu ada dialog yang sangat menarik..‖ (44) ―(yaitu) orang-orang yang menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah dan menginginkan agar jalan itu menjadi bengkok. Wallahu A'lam bishshowab O. Sedang penghuni neraka.A  19 August o PERCAKAPAN PENGHUNI SURGA DAN PENGHUNI NERAKA Sahabat Hikmah. Panas. Penghuni surga – mengkhabarkan berbagai kenikmatan yang telah dijanjikan oleh Allah Swt.F.

(penghuni surga) menjawab: ―Sesungguhnya Allah telah mengharamkan keduanya itu atas orang-orang kafir. dan (sebagaimana) mereka selalu mengingkari ayat-ayat Kami.‖ (50) ―(yaitu) orang-orang yang menjadikan agama mereka sebagai main-main dan senda gurau.. Kami (Allah) melupakan mereka sebagaimana mereka melupakan pertemuan mereka dengan hari ini (hari pembalasan)." (52) Subhanallah.‖ Maka pada hari (kiamat) ini. Apakah kita masih mau MAIN-MAIN dalam beragama? Orang yang masuk Surga adalah orang-orang yang SERIUS dan SUNGGUHSUNGGUH dalam beragama." (QS Ali Imran:142) Ayo kembali kepada Al Quran! OFA  19 August o Apa itu KEBAHAGIAAN ? Apakah itu KEBAHAGIAAN ? Bagi orang miskin uang itulah kebahagiaan Bagi orang sakit kesehatan itulah kebahagiaan Bagi pemuda lajang pasangan hidup itulah kebahagiaan Bagi mahasiswa gelar sarjana itulah kebahagiaan Bagi penganggur pekerjaan itulah kebahagiaan Bagi yang kebanyakan pekerjaan .‖ (51) "Sungguh kami telah mendatangkan Kitab Al Quran kepada mereka . " Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk SURGA? Padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berJIHAD (bersungguh-sungguh) dan belum nyata orang-orang yang SABAR. yang Kami jelaskan atas dasar ILMU sebagai PETUNJUK dan RAHMAT bagi orang-orang yang berIMAN. dan kehidupan dunia telah menipu mereka..

liburan itulah kebahagiaan Bagi orang tua anak berbakti itulah kebahagiaan Bagi orang lumpuh berjalan itulah kebahagiaan Bagi orang buta melihat itulah kebahagiaan Bagi pemabok alkohol itulah kebahagiaan Bagi ibu-ibu kaya shopping itulah kebahagiaan Bagi politikus jabatan dan kuasa itulah kebahagiaan Bagi selibritis popularitas itulah kebahagiaan Semua orang punya definisi kebahagiaan namun sedikit sekali yang mengatakan Hidup dalam kasih Allah dan Rasa syukur itulah kebahagiaan! Kebahagiaan-kebahagiaan di atas sebenarnya bukanlah kebahagiaan. Kebahagiaan sejati hanya ada dalam KASIH Allah dan RASA SYUKUR atas apapun NIKMAT yang didapat dari Allah. kedamaian dan keceriaan.. Dan itu belum tentu didapatkan. Hanya KASIH Allah dan RASA SYUKUR yang mendatangkan sukacita. lebih tepat adalah kesenangan. Hanya KASIH Allah dan Rasa SYUKUR yang mendatangkan kebahagiaan sejati dalam hidup Hanya BERSYUKURlah dalam KASIH Allah yang membuat segalanya jadi INDAH  19 August o MUHASABAH RAMADHAN .. kepuasan dan kegembiraan yang singkat dan sementara.

dengan perbandingan ini diketahui mana dari keduanya yang terbanyak. karena mereka telah menghisab jiwa mereka di dunia. Timbanglah diri kalian sebelum kalian ditimbang. (Hendaknya) dia menghisab dirinya karena Allah. Betapa banyak orang yang terfitnah dengan diberi kenikmatan (dibiarkan . kebaikan dan keburukan. yang dengannya ia bisa meraih kebahagiaan abadi. dan menghaapus dosa-dosa. maka ia adalah orang yang paling bodoh tentang dirinya sendiri. Dan yang menyebabkan beratnya hisab pada suatu kaum pada hari kiamat kelak ialah.[3] Ibnul Qayyim menjelaskan. yaitu untuk membedakan antara kenikmatan yang Allah anugerahkan kepadanya berupa kebaikanNya dan kasih-sayangNya. ia bisa mengetahui tingkatan amalan yang ringan dan yang berat. yang diterima dan yang ditolak. marilah kita menghisab diri.‖Seorang mukmin adalah pengendali dirinya. Dan tidaklah berprasangka buruk kepada dirinya. menghitung dan membandingkan antara kebaikan dan keburukan. dan (sebaliknya) memandang aibnya sebagai suatu kesempurnaan. Kedua : Adapun berprasangka buruk kepada diri sendiri sangat dibutuhkan (dalam muhasabah). petunjuk dan kesesatan.‖[2] Hakikat muhasabah ialah. ia akan memandang kejelekan-kejelekannya menjadi kebaikan...Sahabat Hikmah. kecuali orang yang mengenal dirinya.memang menghisab diri seharusnya dilakukan setiap hari. yaitu cahaya hikmah. manfaat dan mudharat. berprasangka buruk kepada diri sendiri dan (kemampuan) membedakan antara nikmat dan fitnah (istidraj). Dengan demikian. Yang menyebabkan suatu kaum hisabnya ringan di akhirat kelak ialah.‖ Pertama : Cahaya hikmah. karena mereka mengambil perkara ini tanpa bermuhasabah (di dunia). yang dengannya seorang hamba bisa membedakan antara kebenaran dan kebatilan. maka ia akan semakin tepat dalam perhitungannya (muhasabah). yaitu ilmu. dapat menghambat kepada sempurnanya pemeriksaan jiwa. Ketiga : Adapun (kemampuan) membedakan antara nikmat dan fitnah.‖[1] Al Hasan berkata.‖Namun. Semakin terang cahaya hikmah ini pada seseorang. yang sempurna dan yang kurang.dengan kenikmatan yang merupakan istidraj dari Allah. Tetapi pada bulan pencucian diri. muhasabah ini akan terasa sulit bagi orang yang tidak memiliki tiga perkara. Selagi di bulan Ramadhan. marilah kita bermuhasabah (intropeksi diri) Umar Al Faruq berkata : ―Hisablah diri kalian sebelum kalian dihisab. sehingga bisa jadi. Sehingga. Barangsiapa yang berbaik sangka kepada jiwanya. Dan berhiaslah (beramal shalihlah) untuk persiapan hari ditampakkannya amalan hamba. Karena berbaik sangka kepada jiwa.

rendah dan hina di hadapan Allah. maka hal ini adalah karunia Allah. baik yang nampak maupun yang batin... maka ia merupakan karunia Allah. Jika tidak demikian.. maka hanyalah merupakan bencana. maka hal itu merupakan karunia Allah. agar bisa membedakan antara karunia dan bencana. anugerah dan bumerang baginya. dan usahanya menasihati manusia. Setiap harta yang disertai dengan berinfaq di jalan Allah. semua kekuatan. sedangkan ia tidak menyadari hal itu. Ibnul Qayyim melanjutkan : . Jika tidak demikian. maka kekuatan tersebut merupakan bencana. Sungguh saudaramu -yang telah melakukan kemaksiatan.. serta berdirinya dia di hadapan Allah dalam keadaan menunduk dengan hati yang pasrah. Sampai disitulah rupanya ilmu mereka . Setiap keadaan yang dimanfaatkan untuk menolong agama Allah dan berdakwah di jalanNya. jika disertai dengan rasa tunduk. Dosa yang mengantarkan pelakunya merasa hina di hadapan Allah lebih .(lebih) dekat kepada rahmat Allah. sehingga semakin jauh tersesat dari jalan Allah. maka harta itu hanyalah bumerang baginya .. terpenuhinya kebutuhan. maka hanyalah bencana. demikian juga disertai pengenalannya terhadap aib dirinya dan kekurangan amalannya. penyesalan saudaramu karena dosanya tersebut dan akibat yang timbul setelah itu. Jika tidak demikian. lebih bermanfaat baginya dan lebih baik dibandingkan dengan pengakuanmu bahwa engkau selalu berada di atas ketaatan kepada Allah dan engkau menganggap diri banyak melakukan ketaatan kepada Allah. Kebanyakan manusia menjadikan tiga perkara (pujian manusia.[4] Bisa jadi. dan aib yang selalu tertutup) ini sebagai tanda kebahagiaan dan keberhasilan. Pen). bukan untuk mengharapkan ganjaran dan terima kasih dari manusia.. rasa sombong dan ujub.. Bahkan engkau merasa telah memberi sumbangsih kepada Allah dan kepada makhluk-makhlukNya dengan ketaatanmu tersebut. Mereka terfitnah dengan pujian orang-orang bodoh.. dan terlepasnya dia dari penyakit pengakuan sucinya diri. tertipu dengan kebutuhannya yang selalu terpenuhi dan aibnya yang selalu ditutup oleh Allah. Jika tidak.. jika diiringi dengan pelaksanaan perintah Allah dan apa yang diridhai Allah.. berupa rasa tunduk dan rendah serta penghinaan terhadap jiwanya. karena betapa banyak ahli ibadah dan berakhlak mulia yang salah paham dan rancu dalam memahami pembahasan ini.tenggelam dalam kenikmatan. hendaknya seorang hamba mengamati point yang sangat penting dan berbahaya ini. maka hal itu sebagai karunia Allah. Oleh karena itu.. Dan setiap sikap manusia yang menerima dirinya dan pengagunggan serta kecintaan mereka padanya. Dan betapa jauh orang yang ‗ujub dan merasa memberi sumbangsih dengan amal ketaatannya karena kemurkaan Allah.

disukai Allah. maka tegakkanlah hukuman had baginya dan janganlah mencelanya)[8] karena sesungguhnya. karena sesungguhnya orang yang ‗ujub. Allah memiliki rahasia dan hikmah atas hamba-hambanya yang taat dan yang bermaksiat. melainkan ia berada di antara dua jari dari jari-jemari Allah. Dan tujuannya ialah menegakkan hukuman had pada budak wanita tersebut. sembari mengakui (kesalahan dan kekuranganmu itu) lebih baik dari pada engkau menangis. Sesungguhnya jika engkau tertidur pada malam hari (tidak melaksanakan shalat malam). daripada amal ketaatan yang mengantarkan pelakunya merasa ‗ujub.‖ (Yusuf : 33). namun engkau merasa ‗ujub. kecuali hanya sekedar yang bisa diperkirakan dan ditangkap oleh panca indra manusia. dengan sebab dosa yang dilakukan oleh saudaramu. Rasulullah telah bersabda : (Jika budak wanita milik salah seorang dari kalian berzina. Nabi Yusuf telah berkata. amalnya tidak naik kepada Allah. penilaian adalah di sisi Allah dan hukum adalah milikNya.‖ [10] kemudian Beliau berdoa : . Allah telah berkata tentang makhluk yang paling mengetahuiNya dan yang paling dekat denganNya (yaitu Rasulullah): ―Dan kalau Kami tidak memperkuat (hati)mu. bahkan oleh para malaikat pencatat amal. Namun di balik itu. maka Allah akan menyesatkannya. tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh. (Al Isra` : 74). Para ulama dan orangorang bijak tidak mengerti rahasia itu... niscaya engkau hampir-hampir condong sedikit kepada mereka (orang-orang kafir)‖. padahal penyakit itu ada pada dirimu dan engkau tidak merasakannya. (demi Dzat yang Beliau bersabda. Jika Allah kehendaki. tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia. Dan jika Allah kehendaki. Bisa jadi.‖. Dan jika tidak Engkau hindarkan tipu daya mereka dariku. Nabi paling sering bersumpah dengan berkata membolak-balikan hati manusia) [9].‖Tidak satu hati manusia pun. kemudian pada pagi hari engkau menyesal. ada rahasia Allah yang tidak diketahui. Allah memberikan obat kepadanya dan mencabut penyakit yang membunuh dirinya. bukan mencelanya. lebih baik dari pada jika engkau shalat malam kemudian pada pagi hari engkau merasa ‗ujub kepada diri sendiri. Rintihan orang yang berdosa lebih disukai di sisi Allah dibanding suara dzikir orang yang bertasbih namun ‗ujub. Engkau tertawa. (maka) Allah akan memberi petunjuk kepadanya.

[12] Oleh: Ustadz Firanda Ibnu Abidin As-Soronji Footnote: [1].. [11]. 6617. HR Al Bukhari. [8]. dan dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih Sunan Ibnu Majah. Sebagaimana penafsiran ini dibawakan juga oleh At Tirmidzi setelah meriwayatkan hadits ini. 6628.. no 2505. dan beliau berkata: ―Ini adalah hadits hasan gharib‖. [2]. [6]. [5]. dan ia berkata: ―Ini adalah hadits hasan gharib‖. [10]. [12]. 2152. HR Muslim. Diriwayatkan oleh At Tirmidzi dalam Shifatul Qiyamah. no. dan didhaifkan oleh Syaikh Al Albani dalam Dha‘if Sunan At Tirmidzi.Tapi Akan Terasa INDAH Tidak MUDAH. Madarijus Salikin (1/321). [11] Wahai Dzat yang memaling-malingkan hati manusia.  25 August o Tidak MUDAH.. HR At Tirmidzi. Bahwa Allah sedang menyapa dengan cinta-Nya agar kita tumbuh besar dan kuat Tidak MUDAH memberi ketika diri sendiri dalam kekurangan Tapi akan terasa INDAH ketika kita bisa membahagiakan orang lain . Ahmad 4/182.Wahai Dzat yang membolak-balikan hati manusia. HR Ibnu Majah. [4]. 1739. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih Sunan At Tirmidzi. [7].. no 450. 2654... [3]. no 99. [9]. HR Al Bukhari. HR At Tirmidzi.Tapi Akan Terasa INDAH Tidak MUDAH tersenyum ketika hati menangis dan teriris Tapi akan terasa INDAH ketika kita menyadari itu bagian dari kasih Ilahi Agar Allah memindahkan kebaikan-kebaikan orang yang menyakiti kita Tidak MUDAH bangkit dalam keadaan terpuruk Tapi akan terasa INDAH ketika kita menyadari. Madarijus Salikin (1/ 321-324). Hilyatul Auliya` (2/157). tetapkanlah hati kami di atas jalanMu. palingkanlah hati kami untuk taat kepadaMu... no 2506.

. Seperti Allah menyayangi para Nabi dan Rasul-Nya Ogy is typing .." Select messages to forward... Bahwa Tuhan telah meminjamkan kepada kita beberapa saat Tidak MUDAH menghadapi penderitaan dan cobaan yang terus mendera Tapi akan terasa INDAH ketika menumbuhkan kesabaran dan rasa syukur Dan menyadari itu bagian dari cara Allah menyayangi hambanya..Bukan membahagiakan diri sendiri Tidak MUDAH memaafkan ketika kita dibenci dan di hina Tapi akan terasa INDAH kalau itu bagian dari penyucian diri.. Delete all Delete selected Cancel Photos from Pages you like Photos from The Official Miss Universe 1595 Photos from Farah Quinn 97 See all Sponsored   Hide this advert Hide all from Dragons of Atlantis Best Strategy Game . Dan ikhlash hanya mengharap ridlo Ilahi Tidak MUDAH melupakan kegagalan ketika kita masih berkubang didalamnya Tapi akan terasa INDAH ketika menyadari itu adalah awal dari kesuksesan kita Tidak MUDAH melupakan masa lalu yang menyakitkan Tapi akan terasa INDAH ketika menyadari itulah jalan yang harus ditempuh Untuk mengawali kebahagiaan yang akan diberikan Allah sebagai penggantinya Tidak MUDAH menghilangkan duka karena kehilangan Tapi akan terasa INDAH ketika menyadari.. You can't reply to updates from "KATA-KATA HIKMAH #4.. Forw ard Cancel Select messages to delete.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful