Laporan Praktikum Jarkom

Nama : Dian Purba Septiawan Kelas: XI TKJ 2 IP address : 192.168.0.8 Domain : dian.com Hostname : XITKJ2

Dian Purba Septiawan XI TKJ 2

A. DNS SERVER
Mengecek ip address: ifconfig Lalu akan muncul tampilan di bawah ini

Lalu cek hostname yang telah di buat saat penginstallan Dengan perintah : nano /etc/hostname

Dian Purba Septiawan XI TKJ 2

conf Lalu restart system Dian Purba Septiawan XI TKJ 2 . cek hosts juga Dengan perintah : nano /etc/hosts Kemudian cek file resolv Dengan perintah : nano /etc/resolv.Setelah itu.

local db.d/networking restart Setelah di restart. copy file db.conf. enter.192 Dian Purba Septiawan XI TKJ 2 . copy-kan file ini ke db. Pastikan ada file yang bernama named.dian Dengan perintah : cp db.masuklah ke folder bind Dengan perintah : cd /etc/bind/ Setelah masuk.127.dian Begitu juga dengan file db.Dengan perintah : /etc/init.local ke db. ctrl+x Setelah itu kembali ke folder bind.127 db. editlah file tersebut Dengan perintah : nano named.conf Lalu tambahkan teks seperti gambar di bawah ini di bagian bawah dari file tersebut.192 Dengan perintah : cp db. ketikkan ls untuk melihat isi folder. Simpan dan keluar dengan cara ctrl+o.

Lalu edit kedua file tersebut satu per satu Dengan cara : nano db. ctrl+x Dian Purba Septiawan XI TKJ 2 .dian Simpan dan keluar dengan cara ctrl+o. ctrl+x Kemudian nano db. enter.192 Simpan dan keluar dengan cara ctrl+o. enter.

berarti telah berhasil mengkonfigurasi DNS Server untuk debian.d/bind9 restart Jika sudah lakukan pengujian server Dengan pearintah : nslookup dian.0.168.Lalu restart bind Dengan cara : /etc/init.8 Jika muncul tampilan seperti gambar diatas.com atau dengan perintah nslookup 192. Dian Purba Septiawan XI TKJ 2 .

WEB SERVER Install paket-paket web server Dengan perintah : apt-get install apache2 php5 Setelah itu masuk ke folder sites-available Dengan perintah : cd /etc/apache2/sites-available Copylah file default ke dian Dengan perintah : cp default dian Setelah itu editlah dengan perintah : nano dian Simpan dan keluar dengan cara ctrl+o.B. ctrl+x Dian Purba Septiawan XI TKJ 2 . enter.

com lalu buat halaman web untuk mengisi web server Dengan perintah : nano /home/web/dian/index.d/apache2 reload Setelah itu uji web server Dengan perintah : w3m dian.html Lalu isikan file sesuai dengan keinginan.Lalu buatlah direktori/folder web dan dian Dengan cara : mkdir /home/web mkdir /home/web/dian Setelah itu aktifkan situs Dengan perintah : a2ensite dian Lalu restart web server Denngan perintah : /etc/init. ctrl+X Dian Purba Septiawan XI TKJ 2 . contoh : Simpan dan keluar dengan cara ctrl+o. enter.

com Dan akan muncul seperti berikut Dian Purba Septiawan XI TKJ 2 .Lalu uji web servernya Dengan cara :  w3m dian.

C. INSTALLASI DAN KONFIGURASI MAIL SERVER Installah paket-paket mail server Dengan cara:  apt-get install postfix courier-imap courier pop squirrelmail php5 Dian Purba Septiawan XI TKJ 2 .

Setelah itu lakukan konfigurasi pada file main.cf Dengan perintah:  nano /etc/postfix/main.cf Lalu masuk ke folder skel Dengan perintah :  cd /etc/skel Buatlah direktori baru dengan perintah :  maildirmake Maildir Dian Purba Septiawan XI TKJ 2 .

courier-imap dan courier-pop Dengan perintah:  /etc/init.com rcpt to: purba2@dian. quit Dian Purba Septiawan XI TKJ 2 .com data email yang akan anda kirim .d/postfix restart  /etc/init.Kemudian laukan restart terhadap postfix.d/courier-imap restart  /etc/init.d/courier-pop restart Buatlah minimal 2 user baru untuk menguji e-mail Dengan perintah :  adduser purba1  adduser purba2 hasilnya seperi di bawah ini Uji e-mail dengan menggunakan aplikasi telnet Dengan perintah :  telnet dian.com 25 Cobalah kirim email dengan perintah :       mail from: purba1@dian.

Untuk keluar bisa mengginakan perintah :  ctrl+] atau quit.com 110. lalu ketikkan :  user purba2  pass purba2  stat Statistic e-mail Lalu untuk melihat e-mail masuk menggunakan perintah retr 5. Dian Purba Septiawan XI TKJ 2 . Angka 4 tersebut disesuaikan dengan banyaknya statistic e-mail.Lalu cek dengan perintah telnet dian.

Contoh email yang sudah di terima : Dian Purba Septiawan XI TKJ 2 .

KONFIGURASI SQUIRRELMAIL Terlebih dahulu masuk ke folder sites-available dengan perintah  cd /etc/apache2/sites-available/ lalu copykan file default ke file mail Dengan perintah: cp default mail Kemudian edit file mail tersebut denngan perintah : nano mail Setelah itu registrasikan web baru dengan menggunakan perintah  a2ensite mail kemudian /etc/init.com Dian Purba Septiawan XI TKJ 2 .D.d/apache2 reload kemudian uji web baru tersebut dengan menggunakan perintah  w3m mail.dian.

lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini Cobalah login menggunakan user yang sudah di buat Dian Purba Septiawan XI TKJ 2 .

lalu akan muncul tampilan sepeti berikut Kemudian lihat email dengan mengklik salah satu subjectnya.Lalu akan mocul tampilan seperti di bawah ini Kemudian pilih right. lalu akan muncul Dian Purba Septiawan XI TKJ 2 .

0.168.8 Client : 192.Setting IP server dengan client contoh : Server : 192.0.168.24 Isikan seperti berikut : Dian Purba Septiawan XI TKJ 2 .

0. apakah terhubung atau tidak caranya Ping 192.24 pada Server Dian Purba Septiawan XI TKJ 2 .8 pada Client Ping 192.168.168.Lalu coba ping.0.

com Dian Purba Septiawan XI TKJ 2 .com Lalu cek juga mail web dengan mengetikkan  mail.dian. dan ketikkan nama domain/ web server di address bar  dian.Lalu buka web browser.

Lalu masuk menggunakan user yang telah di buat contoh purba2 Setelah itu buatlah email dari purba2 ke purba1 Cek inbox pada email user purba1 Dian Purba Septiawan XI TKJ 2 .

Dian Purba Septiawan XI TKJ 2 .