PHISYCAL LAYER Pada TCP

Oleh FBI 2B: Budi Utomo Fauziah Indra R.S M.Abriguna Mintarum

TCP/IP
Protokol Jaringan TCP/IP
Dalam arsitektur jaringan komputer, terdapat suatu lapisan-lapisan ( layer ) yang memiliki tugas spesifik serta memiliki protokol tersendiri. ISO (International Standard Organization) telah mengeluarkan suatu standard untuk arsitektur jaringan komputer yang dikenal dengan nama Open System Interconnection ( OSI ). Standard ini terdiri dari 7 lapisan protokol yang menjalankan fungsi komunikasi antara 2 komputer. Dalam TCP/IP hanya terdapat 4 lapisan sbb :

PHYSICAL LAYER TCP/IP
(lapisan fisik) merupakan lapisan terbawah yang mendefinisikan besaran fisik seperti media komunikasi, tegangan, arus, dsb. Lapisan ini dapat bervariasi bergantung pada media komunikasi pada jaringan yang bersangkutan. TCP/IP bersifat fleksibel sehingga dapat mengintegralkan berbagai jaringan dengan media fisik yang berbeda-beda.

ETHERNET
Ethernet mentransmisikan data melalui kabel jaringan dalam bentuk paket-paket data yang disebut dengan Ethernet Frame. Sebuah Ethernet frame memiliki ukuran minimum 64 byte, dan maksimum 1518 byte dengan 18 byte di antaranya digunakan sebagai informasi mengenai alamat sumber, alamat tujuan, protokol jaringan yang digunakan, dan beberapa informasi lainnya yang disimpan dalam header serta trailer (footer). Dengan kata lain, maksimum jumlah data yang dapat ditransmisikan (payload) dalam satu buah frame adalah 1500 byte. Ethernet menggunakan beberapa metode untuk melakukan enkapsulasi paket data menjadi Ethernet frame, yakni sebagai berikut: · ··Ethernet II (yang digunakan untuk ··TCP/IP) · ··Ethernet 802.3 (atau dikenal sebagai Raw 802.3 dalam sistem jaringan ··Novell, dan digunakan untuk berkomunikasi dengan Novell ··NetWare versi 3.11 atau yang sebelumnya) · ··Ethernet 802.2 (juga dikenal sebagai Ethernet 802.3/802.2 without ··Subnetwork Access Protocol, dan digunakan untuk konektivitas dengan ··Novell ··NetWare 3.12 dan selanjutnya) · ··Ethernet SNAP (juga dikenal sebagai Ethernet 802.3/802.2 with SNAP, dan dibuat sebagai kompatibilitas dengan sistem ··Macintosh yang menjalankan ··TCP/IP) Sayangnya, setiap format frame Ethernet di atas tidak saling cocok/kompatibel satu dengan lainnya, sehingga menyulitkan instalasi jaringan yang bersifat heterogen. Untuk mengatasinya, lakukan konfigurasi terhadap protokol yang digunakan via sistem operasi.

JENIS-JENIS ETHERNET
Jika dilihat dari kecepatannya, Ethernet terbagi menjadi empat jenis, yakni sebagai berikut: · 10 Mbit/detik, yang sering disebut sebagai Ethernet saja (standar yang digunakan: ··10Base2, ··10Base5, ··10BaseT, ··10BaseF) · 100 Mbit/detik, yang sering disebut sebagai Fast Ethernet (standar yang digunakan: ··100BaseFX, ··100BaseT, ··100BaseT4, ··100BaseTX) · 1000 Mbit/detik atau 1 Gbit/detik, yang sering disebut sebagai ··Gigabit Ethernet (standar yang digunakan: ··1000BaseCX, ··1000BaseLX, ··1000BaseSX, ··1000BaseT). · 10000 Mbit/detik atau 10 Gbit/detik. Standar ini belum banyak diimplementasikan.

KECEPATAN

STANDAR

SPESIFIKASI IEEE

NAMA

10 Mbit/detik 10Base2, 10Base5, 10BaseF, 10BaseT IEEE 802.3 100 Mbit/detik 100BaseFX, 100BaseT, 100BaseT4, 100BaseTX IEEE 802.3u 1000 Mbit/detik 1000BaseCX, 1000BaseLX, 1000BaseSX, 1000BaseT IEEE 802.3z 10000 Mbit/detik

Ethernet
Fast Ethernet Gigabit Ethernet

TOKEN RING
Token Ring adalah sebuah cara akses jaringan berbasis teknologi ring yang pada awalnya dikembangkan dan diusulkan oleh Olaf Soderblum pada tahun 1969. Perusahaan IBM selanjutnya membeli hak cipta dari Token Ring dan memakai akses Token Ring dalam produk IBM pada tahun 1984. Elemen kunci dari desain Token Ring milik IBM ini adalah penggunaan konektor buatan IBM sendiri (proprietary), dengan menggunakan kabel twisted pair, dan memasang hub aktif yang berada di dalam sebuah jaringan komputer.

FRAME RELAY
Frame Relay adalah protokol packetswitching yang menghubungkan perangkat-perangkat telekomunikasi pada satu Wide Area Network (WAN).[1] Protokol ini bekerja pada lapisan Fisik dan Data Link pada model referensi OSI.[2] Protokol Frame Relay menggunakan struktur Frame yang menyerupai LAPD, perbedaannya adalah Frame Header pada LAPD digantikan oleh field header sebesar 2 bita pada Frame Relay. Frame pada Frame Relay dikirimkan ke tujuannya dengan menggunakan sirkit virtual (jalur logikal dalam jaringan).

FORMAT FRAME RELAY
pada Frame Relay Format Frame Relay terdiri atas bagian-bagian sebagai berikut:[5]
Flags Membatasi awal dan akhir suatu frame. Nilai field ini selalu sama dan dinyatakan dengan bilangan hexadesimal 7E atau 0111 1110 dalam format biner. Untuk mematikan bilangan tersebut tidak muncul pada bagian frame lainnya, digunakan prosedur Bit-stuffing dan Bit-destuffing. Address Terdiri dari beberapa informasi: Data Link Connection Identifier (DLCI), terdiri dari 10 bita, bagian pokok dari header Frame Relay dan merepresentasikan koneksi virtual antara DTE dan Switch Frame Relay. Tiap koneksi virtual memiliki 1 DLCI yang unik. Extended Address (EA), menambah kemungkinan pengalamatan transmisi data dengan menambahkan 1 bit untuk pengalamatan C/R, menentukan apakah frame ini termasuk dalam kategori Perintah (Command) atau Tanggapan (Response) FECN (Forward Explicit Congestion Notification), indikasi jumlah frame yang dibuang karena terjadinya kongesti di jaringan tujuan BECN (Backward Explicit Congestion Notification), indikasi jumlah frame yang mengarah ke switch FR tersebut tetapi dibuang karena terjadinya kongesti di jaringan asal Discard Eligibility, menandai frame yang dapat dibuang jika terjadi kongesti di jaringan

FORMAT FRAME RELAY
Data
Terdiri dari data pada layer di atasnya yang dienkapsulasi. Tiap frame yang panjangnya bervariasi ini dapat mencapai hingga 4096 oktet.

Frame Check Sequence Bertujuan untuk memastikan integritas data yang ditransmisikan. nilai ini dihitung perangkat sumber dan diverifikasi oleh penerima.

POINT TO POINT PROTOCOL
PPP (the Point to Point Protocol) adalah suatu mekanisme (cara kerja) untuk membuat dan menjalankan IP (the Internet Protocol) serta jaringan protokol yang lain melalui hubungan serial, yang bisa juga diartikan sebagai hubungan serial secara langsung (tanpa menggunakan modem) dengan melalui telnet ataupun hubungan serial dengan menggunakan modem dan saluran telepon, bahkan dengan menggunakan saluran digital seperti ISDN (Integrated System Digital Network). Point to Point Protocol memberikan suatu metode untuk komunikasi melalui serial. PPP terdiri dari tiga bagian yaitu : metode untuk pengkapsulan datagram, perluasan dari Link Control Protocol (LCP), dan anggota dari Network Control Protocol (NCP) untuk membentuk dan mengkonfigurasikan protokol pada network layer yang berbeda.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful