SISTEM PEMERINTAHAN PRESIDENSIAL CIRI-CIRI SISTEM PEMERINTAHAN PRESIDENSIAL:  PENYELENGGARA NEGARA BERADA DI TANGAN PRESIDEN  KABINET DIBENTUK

OLEH PRESIDEN.  PRESIDENTIDAK BERTANGGUNG JAWAB KEPADA PARLEMENTER.  PRESIDEN TIDAK DAPAT MEMBUBARKAN PARLEMEN SEPERTI DALAM SISTEM PARLEMENTER.  PARLEMEN MEMILIKI KEKUASAAN LEGISLATIF DAN SEBAGAI LEMBAGA PERWAKILAN.  PRESIDEN TIDAK BERADA DIBAWAH PENGAWASAN LANGSUNG PARLEMEN. KELEBIHAN SISTEM PEMERINTAHAN PRESIDENSIAL:  BADAN EKSEKUTIF LEBIH STABIL KEDUDUKANNYA KARENA TIDAK BERGANTUNG PADA PARLEMEN.  MASA JABATAN BADAN EKSEKUTIF LEBIH JELAS DENGAN JANGKA WAKTU TERTENTU.  PENYUSUNAN PROGRAM KERJA KABINET MUDAH DI SESUAIKAN DENGAN JANGKA WAKTU MASA JABATANNYA.  LEGISLATIF BUKAN TEMPAT KADERISASI UNTUK JABATANJABATAN EKSEKUTIF KARENA DAPAT DI ISI OLEH ORANG LUAR. KELEMAHAN SISTEM PEMERINTAHAN PRESIDENSIAL:  KEKUASAAN EKSEKUTIF DI LUAR PENGAWASAN LANGSUNG LEGISLATIF SEHINGGA DAPAT MENCIPTAKAN KEKUASAAN MUTLAK.  SISTEM PERTANGGUNG JAWABANNYA KURANG JELAS.  PEMBUAT KEPUTUSAN/KEBIJAKAN PUBLIK UMUMNYA HASIL TAWAR MENAWAR ANTARA EKSEKUTIF DAN LEGISLATIF SEHINGGA DAPAT TERJADI KEPUTUSAN TIDAK TEGAS DAN MEMAKAN WAKTU YANG LAMA.

SISTEM PEMERINTAHAN PARLEMENTER CIRI-CIRI SISTEM PEMERINTAHAN PARLEMENTER:  BADAN LEGISLATIF ATAU PARLEMEN ADALAH SATUSATUNYA BADAN YANG ANGGOTANYA DIPILIH LANGSUNG OLEH RAKYAT MELALUI PEMILU.  ANGGOTA PARLEMEN TERDIRI ATAS ORANG-ORANG DARI POLITIK YANG MEMENANGKAN PEMILU.  PEMERINTAH ATAU KABINET TERDIRI DARI PARA MENTERI DAN PERDANA MENTERI SEBAGAI PEMIMPIN KABINET.  KABINET BERTANGGUNG JAWAB KEPADA PARLEMEN.  KEPALA NEGARA TIDAK SEKALIGUS SEBAGAI KEPALA PEMERINTAHAN.  PARLEMEN DAPAT MENJATUHKAN KABINET. KELEBIHAN SISTEM PEMERINTAHAN PARLEMENTER:  PEMBUATAN KEBIJAKAN DAPAT DITANGANI SECARA CEPAT KARENA MUDAH TERJADI PENYESUAIAN PENDAPAT ANTARA EKSEKUTIF DAN LEGISLATIF.  GARIS TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBUATAN DAN PELAKSANAAN KEBIJAKAN PUBLIK JELAS.  ADANYA PENGAWASAN YANG KUAT DARI PARLEMEN TERHADAP KABINET SEHINGGA KABINET MENJADAI BERHATI-HATI DALAM MENJALANKAN PEMERINTAHAN. KELEMAHAN SISTEM PEMERINTAHAN PARLEMENTER:  KEDUDUKAN BADAN EKSEKUTIF/KABINET SANGAT BERGANTUNG PADA MAYORITAS DUKUNGAN PARLEMEN.  KELANGSUNGAN KEDUDUKAN BADAN EKSEKUTIF/KABINET DITENTUKAN BERAKHIR SESUAI DENGAN MASA JABATANNYA KARENA SEWAKTU-WAKTU KABINET BISA BUBAR.  KABINET DAPAT MENGENDALIKAN PARLEMEN.  PARLEMEN MENJADI TEMPAT KADERISASI BAGI JABATANJABATAN EKSEKUTIF.

                                                                                                                                                          .

                                              .

 .

                                                                        È                                                                                               .

     .

           .

       .

 .

   .

                                                                                                                                                                                                                                  È         .

                       È                                                         .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful