SMK BINA HUSADA MANDIRI

KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI

BAB I PENDAHULUAN Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, mengamanatkan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Luusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum. Panduan pengembangan kurikulum disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk :
1. Belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, 2. Belajar untuk memahami dan menghayati, 3. Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, 4. Belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan 5. Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif,

kreatif, efektif dan menyenangkan. Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di SMK Bina Husada Mandiri dapat diukur dari keberhasilan kurikulum yang ditetapkan di SMK Bina Husada Mandiri untuk membentuk pola tingkah laku peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan yang dievaluasi melalui tes tertulis maupun tidak tertulis. Proses pembelajaran akan berjalan efektif apabila dilakukan
KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

HAL 1

SMK BINA HUSADA MANDIRI

KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI

melalui persiapan yang cukup dan terencana dengan baik, yang akhirnya bisa memenuhi kebutuhan masyarakat setempat dan masyarakat global, serta mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. A. LATAR BELAKANG PENYUSUNAN KTSP Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah. KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, strukutur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender, kalender pendidikan, dan silabus. Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan / atau kelompok mata pelajaran / tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok / pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber / bahan / alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar kedalam materi pokok / pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

HAL 2

KTSP disusun dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut: 1. Peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia Keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia menjadi dasar pembentukan kepribadian peserta didik secara utuh. KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 HAL 3 . Selain dari itu. Pertama panduan umum yang memuat ketentuan umum. Kedua model KTSP sebagai salah satu contoh hasil akhir pengembangan KTSP mengacu pada SI dan SKL dan berpedoman pada panduan umum yang dikembangkan BSNP. Peningkatan potensi. 2.SMK BINA HUSADA MANDIRI KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan mengamanatkan kurikulum pada KTSP jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada SI dan SKL serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). Kurkulum disusun yag memungkinkan semua mata pelajaran dapat menunjang peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia. pengembangan kurikulum yang dapat diterapkan pada satuan pendidikan dengan mengacu pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat dalam SI dan SKL. dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik Pendidikan merupakan proses sistematik untuk meningkatkan martabat manusia secara holistik yang memungkinkan potensi diri (efektif. tentu tidak dapat mengakomodasi kebutuhan seluruh daerah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). kurikulum disusun dengan memperhatikan potensi. kecerdasan. Model KTSP. psikomotor) berkembang secara optimal. jadi hendaknya hanya digunakan sebagai referensi. Sejalan dengan itu. Termasuk dalam ketentuan umum adalah penjabaran amanat dalam UU 20/23 dan ketentuan PP 19/ 2005 serta prinsip dan langkah yang harus di acu dalam pengembangan KTSP. kognitif. Panduan yang disusun BNSP terdiri dari dua bagian. penyusunan KTSP juga harus mengikuti ketentuan lain yang menyangkut kurikulum dalam UU 20/2003 dan PP 19/2005.

4. dan keragaman karakteristik lingkugan.SMK BINA HUSADA MANDIRI KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI tingkat perkembangan. keduanya harus ditampung secara seimbang dan saling mengisi. 3. emosional dan sosial. 5. Untuk itu. tantangan. Masing-masing daerah memerlukan pendidikan sesuai dengan karakteristik daerah dan pengalaman hidup sehari-hari. kecerdasan intelektual. Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan Daerah memiliki potensi. dan seni Pendidikan perlu mengantisipasi dampak global yang membawa masyarakat berbasis pengetahuan dimana IPTEKS sangat berperan sebagai penggerak utama perubahan. Perkembangan ilmu pengetahuan. 6. kurikulum perlu memuat kecakapan hidup untuk membekali peserta didik memasuki dunia kerja. Tuntutan pembangunan daerah dan nasional Dalam era otonomi dan desentralisasi untuk mewujudkan pendidikan yang otonom dan demokratis perlu memperhatikan keragaman dan mendorong partisipasi masyarakat dengan tetap mengedepankan wawasan nasional. dan karakteristik peserta didik. teknologi. spiritual. Oleh karena itu. kebutuhan. Pendidikan harus terus menerus melakukan adaptasi dan penyesuaian perkembangan KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 HAL 4 . Hal ini sangat penting terutama bagian satuan pendidikan kejuruan dan peserta didik yang tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Oleh sebab itu. minat. Tuntutan dunia kerja Kegiatan pembelajaran harus dapat mendukung tumbuh kembangnya pribadi peserta didik yang berjiwa kewirausahaan dan mempunyai kecakapan hidup. kurikulum harus memuat keragaman tersebut untuk menghasilkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan pengembangan daerah.

penghayatan dan apresiasi pada budaya setempat harus terlebih dahulu ditumbuhkan sebelum mempelajari budaya dari daerah dan bangsa lain. kurikulum harus dikembangkan secara berkala dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.SMK BINA HUSADA MANDIRI KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI IPTEKS sehingga tetap relevan dan kontekstual dengan perubahan. 7. KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 HAL 5 . taqwa dan akhlak mulia. Kondisi sosial budaya masyarakat setempat Kurikulum harus dikembangkan dengan memperhatikn karakteristik sosial budaya masyarakat setempat dan menunjang kelestarian keragaman budaya. 9. Oleh karena itu kurikulum harus mendorong berkembangnya wawasan dan sikap kebangsaan serta persatuan nasional untuk memperkuat keutuhan bangsa dalam wilayah NKRI. Oleh karena itu. Agama Kurikulum harus dikembangkan untuk mendukung peningkatan iman dan taqwa serta akhlak mulia dengan tetap memlihara toleransi dan kerukunan umat beragama. Oleh karena itu. baik pada individu maupun bangsa yang sangat penting karena dunia digerakkan oleh pasar bebas. 8. muatan kurikulum semua mata pelajaran harus ikut mendukung peningkatan iman. Pergaulan antar bangsa yang semakin dekat memerlukan individu yang mandiri dan mampu bersaing serta mempunyai kemampuan untuk hidup berdampingan dengan suku dan bangsa lain. Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan Pendidikan diarahkan untuk membangun karakter dan wawasan kebangsaan peserta didik yang menjadi landasan penting bagi upaya memlihara persatuan dan kesatuan bangsa dalam kerangka NKRI. Dinamika perkembangan global Pendidikan harus menciptakan kemandirian. teknologi dan seni. 10.

Pancasila dan UUD 1945 2. Standar Kompetensi Lulusan. serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). B. dan pasal 49 ayat 1 KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 HAL 6 . Berdasarkan Standar Isi. LANDASAN HUKUM PENYUSUNAN KURIKULUM Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. tujuan. mengacu kepada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan.SMK BINA HUSADA MANDIRI KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI 11. Adapun perundangan dan peraturan-peraturan yang dijadikan landasan dalam penyusunan KTSP adalah sebagai berikut: 1. misi. 12. dan ciri khas satuan pendidikan. Karakteristik satuan pendidikan Kurikulum harus dikembangkan sesuai visi. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 17 ayat 2. dan Panduan yang dikeluarkan oleh BSNP. kondisi. Kesetaraan jender Kurikulum harus diarahkan kepada terciptanya pendidikan yang berkeadilan dan memperhatikan kesetaraan gender. mengamanatkan tersusunnya kurikulum pada tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah. dalam hal ini Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Husada Mandiri menyiapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sebagai kurikulum yang akan digunakan sebagai kurikulum operasional. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 38 ayat 2 dan pasal 51 ayat 1. 3.

Untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam bidang keahlian serta bakat yang dimiliki. 3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi. 4. 6. Untuk meningkatkan kualitas siswa di dalam bidang keahlian yang di tekuni. Sebagaimana Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada umumnya. 7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 24 Tahun 2006 yang disempurnakan dengan Permendiknas Nomor 6 tahun 2007 tentang Pelaksanaan Standar Isi dan Sansar Kompetensi Lulusan pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Panduan Penyusunan KTSP yang dikeluarkan BSNP C. Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar mennjadi manusia yang beriman dan KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 HAL 7 . kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL). TUJUAN PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN Tujuan panduan penyusunan KTSP ini adalah: 1. 5. Berpusat pada potensi. KTSP SMK dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip berikut: 1. 8.SMK BINA HUSADA MANDIRI KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI 4. 2. Untuk meningkatkan potensi siswa sesuai dengan bakat yang dimiliki. perkembangan. Untuk menjadi acuan bagi satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Bina Husada Mandiri dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum yang akan dilaksanakan pada tingkat satuan pendidikan.

Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Kurikulum dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan dan tekhologi dan seni yang berkembang secara dinamis. status sosial ekonomi. 4. Beragam dan terpadu Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik. 5. teknologi dan seni. adat istiadat. Oleh karena itu. dan gender.SMK BINA HUSADA MANDIRI KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kurikulum meliputi sustansi komponen muatan wajib kurikulum. serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antar substansi. berilmu. berakhlak mulia. keterampilan akademik. jenjang dan jenis pendidikan. suku. dunia usaha/ industri dan dunia kerja. serta menghargai dan tidak diskriminatif terhadap perbedaan agama. berarti segala kegiatan pembelajaran berpusat pada peserta didik. Relevan dengan pemenuhan kebutuhan Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stake holders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan hidup. Peserta didik memiliki posisi sentral. kreatif. 3. Untuk mendukung pencapaian tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi. mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Oleh karena itu. keterampilan sosial. dan keterampilan vokational merupakan keniscayaan. termasuk didalamnya kehidupan bermasyarakat. semangat dan isi kurikulum harus memberikan pengalaman belajar peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan. kebutuhan dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan. Menyeluruh dan berkesinambungan HAL 8 KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 . dan pengembangan diri secara terpadu. kondisi daerah. 2. muatan lokal. sehat. budaya. cakap. upaya pengembangan keterampilan pribadi keterampilan berfikir. perkembangan.

Kepentingan nasional dan kepentingan daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan dengan moto Bhineka Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). dan informal dengan memperhatikan kondisi dan tuntunan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya. Belajar sepanjang hayat Kurikulum diarahkan kepada proses pengembangan. 6. KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 HAL 9 .SMK BINA HUSADA MANDIRI KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi. dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan antar unsur-unsur pendidikan formal. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan kepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat. 7. non formal. Bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan serta berkesinambungan antar semua jenjang pendidikan. pembudayaan. berbangsa. dan bernegara.

TUJUAN UMUM PENDIDIKAN Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Sistem Pendidikan Nasional memuat tujuan umum pendidikan adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi warga negara yang berakhlak mulia. memahami dan menghargai keanekaragaman budaya bangsa Indonesia. merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. demokratis. Tujuan umum dan tujuan khusus pendidikan menengah kejuruan adalah sebagai berikut: Tujuan umum: 1. sehat.SMK BINA HUSADA MANDIRI KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI BAB II TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN A. berilmu. Pasal 3). cakap. sehat. BAB II. 2. TUJUAN PENDIDIKAN SMK Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai bentuk satuan pendidikan kejuruan sebagaimana ditegaskan dalam penjelasan pasal 15 UU SISDIKNAS. Mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki wawasan kebangsaan. 3. mandiri. cakap. berakhlak mulia. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik kepada Tuhan Yanga Maha Esa. kreatif. berilmu. mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (UU Sisdiknas. kreatif. B. dan bertanggung jawab. KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 HAL 10 .

Sekolah Menengah Kejuruan Pelita Alam. sebagai unit penyelenggaraan pendidikan juga memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. mampu bekerja mandiri. (6) era AFTA. dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya. Misi dan Tujuan SMK Bina Husada Mandiri Kurikulum disusun untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan. dan seni. (2). Visi SMK Bina Husada Mandiri Menjadikan SMK Bina Husada Mandiri sebagai penghasil tenaga kesehatan yang berilmu. ulet dan gigih dalam berkompetisi. serta dapat bersaing di era globalisasi KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 HAL 11 . mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian yang dipilihnya. 4. Visi. islami. (3). teknologi. serta memanfaatkan sumber daya alam dengan efektif dan efisien. Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif. C. Tujuan khusus: 1. agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Perkembangan dan tantangan itu menyangkut antara lain : (1) perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang kesehatan. (5) berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan.SMK BINA HUSADA MANDIRI KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI 4. Era informasi. 3. beradaptasi di lingkungan kerja. Mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup. 1. Pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia. (4). 2. Membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan program keahlian yang dipilih. Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karier. Globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat.

regional dan global 6. laboratorium. di rumah (home care) di panti. Melakukan upaya peningkatan mutu. Misi SMK Bina Husada Mandiri 1. Menggali potensi masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan pola hidup yang sehat. 3. Tujuan Kompetensi Keahlian Farmasi SMK Bina Husada Mandiri Menghasilkan lulusan SMK Bina Husada Program Studi Farmasi yang mampu bekerja dalam bidang pelayanan guna membantu tugas-tugas tenaga profesional terutama tenaga kedokteran. Membina potensi siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang dilandasi dengan nilai-nilai yang islami 2. keperawatan. Memahami bahasa latin dalam penulisan resep dokter 5. Berperan aktif untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat berdasarkan ilmu kesehatan 4. Bekerjasama secara lintas sektoral dan intersektoral daam skala lokal. memiliki kompetensi dalam: 1.SMK BINA HUSADA MANDIRI KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI 2. dan perkembangan institusi dengan menerima masukan-masukan menuju perubahan positif 5. industri kesehatan dan lain-lain. penyuluhan dan administrasi di apotek. kebidanan. Memahami konsep kefarmasian 2. di rumah sakit. di puskesmas. Memahami bentuk sediaan farmasi KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 HAL 12 . Memahami pelaksanaan cara kerja di laboratorium yang baik 4. Memahami penggunaan alat peracikan obat 3. di klinik. Meningkatkan manajemen partisipatif yang dapat menciptakan suasana kondusif secara islami dan menumbuhkan kesadaran dalam kegiatan proses belajar secara menyeluruh yang didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai 3. baik didalam maupun di luar negeri.

Menunjukkan kemampuan melakukan komunikasi terapeutik 13. Memahami dan menjelaskan tentang sistematika dan manfaat tanaman obat dan simplisia. Memahami dan dapat mengidentifikasi tanaman obat dan simplisia 14. Memahami dan dapat mengaplikasikan usaha pencegahan penyakit. Memahami dan dapat membedakan sistem pelayanan rumah sakit dan PUSKESMAS 19. Memahami dan dapat menerangkan Ilmu Kesehatan Masyarakat 17. Memahami dan menjelaskan penggolongan obat beserta fungsi dan mekanisme kerja dari obat tersebut 11. kesehatan lingkungan. Memahami dan dapat mengidentifikasi alat kesehatan 15. Memahami dan menjelaskan konsep kesehatan di bidang tanaman obat dan simplisia 12. dan distribusi perbekalan farmasi. KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 HAL 13 . Memahami dan dapat menjelaskan ruang lingkup administrasi dan manajemen serta penentuan prioritas serta rencana kebutuhan 20. Memahami perhitungan farmasi 7. Memahami pelayanan dan pengeolaan obat di apotek 9. Memahami dan menjelaskan dasar-dasar umum farmakologi 10. Memahami cara-cara sterilisasi 8. Memahami dan dapat menjelaskan prinsip pokok dalam bidang akuntasnsi 21. Memahami dan mengetahui perundang-undangan untuk mengatur pelaksanaan tugas dan pekerjaan 16. produktifitas pekerja 18.SMK BINA HUSADA MANDIRI KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI 6. P3K. Memahami dan dapat menjelaskan fungsi sistem dan macam-macam distribusi perbekalan farmasi untuk kepentingan pemasaran.

Memahami dan dapat menjelaskan kegiatan transaksi yang terjadi serta pengerjaannya pada perusahaan dagang dan konsep kewirausahaan 23. Sumber Daya Manusia Memiliki 27 tenaga pegajar guru dengan perincian sebagai berikut: Guru Normatif Guru Adaptif Guru Produktif Guru Mulok :6 : 10 :9 :2 b. S1 dan D3 dengan perincian sebagai berikut: Pasca Sarjana (S2) Dokter Umum Apoteker Sarjana (S1) :2 :2 :6 : 17 c. Antusiasme Guru dan Siswa Siswa dan orang tua siswa sangat antusias belajar di SMK Bina Husada Mandiri karena berada di lingkungan yang khas nuansa agama. Dokter. Apoteker. Latar belakang pendidikan guru Memiliki guru dengan latar belakang pendidikan S2. industri farmasi dan sarana kesehatan lainnya.SMK BINA HUSADA MANDIRI KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI 22. Memahami dan menjelaskan catatan persediaan dan format laporan yang digunakan dalam bidang farmasi D. Disamping KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 HAL 14 . selain itu lahan kerja yang luar biasa menjanjikan karena kenyataan membuktikan bahwa asisten apoteker masih sangat kekurangan terutama didaerah Bekasi untuk mengisi wilayah kerja Apotek. Rumah Sakit. ANALISIS SEKOLAH SMK BINA HUSADA MANDIRI 1. Kondisi Internal Sekolah a.

praktek dan lain sebagainya. f. Wibawa Mukti Gg. laboratorium praktek resep. d. Awi Rt 010/04 no 58 Kelurahan Jatiluhur Kecamatan Jatiasih Bekasi. e. yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 50 orang perempuan g. serta sangat berperan dalam proses pendidikan/ latihan. sebagai asisten apoteker KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 HAL 15 . seperti: 1. yang berdampingan dengan sekolah yang sudah terkenal sebelumnya yaitu Yapidh dan pemukiman penduduk yang sudah mulai padat. perpustakaan. mereka sangat senang dan bersemangat karena bagi mereka mengajar merupakan sarana pengabdian untuk masyarakat karena keterampilan siswa bisa langsung diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. dan kedepan kita sedang merancang kelengkapan sarana praktikum lainnya. Lokasi Sekolah Terletak di Jl.SMK BINA HUSADA MANDIRI KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI terampil dan siap bekerja. Jumlah Siswa Jumlah siswa Tahun Pelajaran 2010/2011 (angkatan I) adalah 66 siswa. Potensi Eksternal a. Tempat kerja prosfektif bagi lulusan Tempat kerja yang prosfektif di dalam dan di luar negeri untuk posisi asisten apoteker. lulusan SMK Farmasi Bina Husada Mandiri bisa juga melanjutkan ke perguruan tinggi. Sarana dan prasarana SMK Bina Husada Mandiri mempunyai ruang belajar teori. Dukungan orang tua siswa Dukungan orang tua siswa sangat luar biasa terhadap upaya pengembangan sekolah di berbagai sektor. Demikian pula halnya dengan staff guru di SMK Bina Husada Mandiri. Apotek. laboratorium simulasi apotek. 2. H.

industri farmasi. sebagai administrator farmasi level I 8. pemasaran (medical representative) 11. Kerja sama dan dukungan Dunia Usaha dan Dunia Industri SMK Bina Husada Mandiri telah menjalin kerja sama dengan instansi apotekapotek. 3. Puskesmas. Industri alat kesehatan. Rumah Sakit. sebagai administrator farmasi level I 9. Industri kosmetik. sebagai administrator farmasi level I 7. sebagai administrator farmasi level I 12. b. Laboratorium. Dengan memanfaatkan kemampuan. sebagai penanggung jawab 5. pengalaman dan berbagai peluang yang ada. Rumah Sakit. Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (swasta/negeri) di dalam maupun luar negeri. sebagai administrator farmasi level I 10. PBF (Pedagang Besar Farmasi). Toko obat. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Perkembagan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak pada perubahan KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 HAL 16 . Industri kimia. Industri farmasi/ obat tradisional. sebagai asisten apoteker di instalasi farmasi/ apotek Rumah Sakit 3. sebagai administrator farmasi level I 6. TANTANGAN EKSTERNAL a. sebagai asisten apoteker di apotek puskesmas 4. lulusan program keahlian Farmasi juga dimungkinkan mengelola atau berwirausaha di bidang toko obat / perapotekan.SMK BINA HUSADA MANDIRI KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI 2. Industri makanan dan minuman. terutama yang berada di wilayah JaBoDeTaBek untuk pelaksanaan PKL dan berpotensi penyaluran tenaga kerja. sebagai administrator farmasi level I.

Sumber daya manusia dan tenaga pendidikan di SMK Bina Husada Mandiri yang sudah berpengalaman di bidangnya. KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 HAL 17 . Permintaan dunia usaha dan dunia industri Krisis keuangan di negara Indonesia belakangan ini membuat SMK Bina Husada merasa tertantang untuk menghasilkan lulusan / tenaga kerja yang mampu menguasai bidang farmasi dan terampil berwirausaha. Tenaga kerja asing Dengan adanya era globalisasi yang semakin menantang untuk bersaing dengan tenaga kerja asing. 2.SMK BINA HUSADA MANDIRI KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI tuntutan dunia kerja terhadap sumber daya manusia yang dibutuhkan. SMK Bina Husada Mandiri mengutamakan keterampilan bina akhlak dan baca Al-Qur’an dengan tujuan untuk pencapaian keselamatan dunia dan akhirat. mampu bekerja mandiri. mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian yang dipilihnya. b. c. d. SMK Bina Husada Mandiri berjuang terus agar luusannya mampu bersaing dengan tenaga kerja asal luar negeri dengan adanya program pendalaman bahasa Inggris. Apresiasi masyarakat Dukungan dan apresiasi masyarakat cukup besar untuk mengikuti pendidikan SMK Bina Husada Mandiri terlihat dari jumlah pendaftar yang cukup signifikan. Persaingan dengan SMK sejenis Persaingan yang terjadi antar sekolah yang memiliki kompetensi keahlian sejenis semakin mendorong staff yang ada di SMK Bina Husada Mandiri untuk terus meningkatkan kualitas dan menjaga kepercayaan masyarakat selama ini. 3. Karena itu pengembangan kurikulum SMK edisi 2004 harus bisa mengakomodasi dan mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. yakni 198 siswa dan yang lulus tes masuk adalah 66 siswa. Hal ini disebabkan karena: 1. SMK Bina Husada Mandiri berusaha menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif. e.

S.Ag.S.M.Ssi.S. Hasan Basri.JA M permin ggu 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 TAHUN I SMT I 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 SMT II 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 TAHUN II SMT III SMT IV TAHUN III SMT V SMT VI N O 1 2 3 4 1 2 3 4 5 6 7 8 KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 HAL 18 .informasi dan komputer Kewirausahaan PRODUKTIF 1 2 Ilmu Resep Perundang-undangan Kes Nova Wastari. Siti Turyati. Nova Wastari.Si.Pd.Apt. Hj. Dwi Nur Cahayanti.Mpd.S.Ag.Sri Hadiati. Abdul Gofur.Pd.SMK BINA HUSADA MANDIRI KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI DAFTAR STAFF PENGAJAR SMK BINA HUSADA MANDIRI KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI MATA PELAJARAN NAMA GURU NORMATIF Pendidikan Agama Islam Pendidikan Kewarganegaraan Bahasa Indonesia Penjasor ADAPTIF Bahasa Inggris Matematika Biologi kimia Fisika Ilmu Pengetahuan Sosial Tek.Pd.S. Irianty.H.S.S. Neng Mulyati.S.Apt 2 2 2 2 2 2 Mardiyati.Sanusi Dani Eka Putri Dapiati Hj.Aan Hamdah.S. JUM.Apt.Si. Drs.Si.

Apt Rahmat Ilahi.si.Apt Adwita Sari Buchori. 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 HAL 19 .S.S.SMK BINA HUSADA MANDIRI KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI 3 4 5 6 Farmakologi Farmakognosi Manajemen Farmasi Ilmu Kesehatan Masyarakat Neng Mulyati.Ssi.Apt Peni Meiliawati.Si.SKM.

akhlak mulia. Serta keterampilan peserta didik untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan program kejuruannya. Program normatif diberikan agar peserta didik bisa hidup dan berkembang selaras dalam kehidupan pribadi. mereka harus memiliki stamina yang tinggi. yang memiliki norma-norma kehidupan sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial (anggota masyarakat) baik sebagai warga negara Indonesia maupun sebagai warga dunia. mata pelajaran adaptif. pengetahuan. kepribadian. Struktur kurikulum pendidikan kejuruan dalam hal ini Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) BINA HUSADA MANDIRI diarahkan untuk mencapai tujuan tersebut. sikap. Pendidikan kejuruan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan. Struktur Kurikulum Untuk mencapai standar kompetensi yang telah ditetapkan oleh industri / dunia usaha/ asosiasi profesi. memiliki etos kerja yang tinggi. Agar dapat bekerja secara efektif dan efisien serta mengembangkan keahlian dan keterampilan. dan mampu berkomunikasi sesuai dengan tuntutan pekerjaannya. Mata pelajaran normatif adalah kelompok mata pelajaran yang berfungsi membentuk peserta didik menjadi priadi utuh. ditanamkan. dan dilatihkan pada peserta didik. Program ini berisi mata pelajaran yang lebih menitik beratkan pada norma. dan pengembangan diri seperti tertera pada tabel. mata pelajaran produktif (kejuruan). disamping kandungan KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 HAL 20 . dan prilaku yang harus diajarkan. sosial. menguasai bidang keahliannya dan dasardasar ilmu pengetahuan dan tekhnologi. serta memiliki kemampuan mengembangkan diri. substansi materi pelajaran dikemas dalam berbagai mata pelajaran yang dikelompokkan kedalam mata pelajaran normatif. dan bernegara. muatan lokal.SMK BINA HUSADA MANDIRI KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI BAB III STRUKTUR KURIKULUM DAN MUATAN KURIKULUM A.

Struktur kurikulum SMK BINA HUSADA MANDIRI Jurusan Farmasi disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompotensi mata pelajaran.SMK BINA HUSADA MANDIRI KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI Mata pelajaran produktif terdiri atas beberapa mata pelajaran yang bertujuan untuk menunjang pembentukan kompetensi kejuruan dan pengembangan kemampuan menyesuaikan diri dalam bidang keahliannya. KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 HAL 21 .

SMK BINA HUSADA MANDIRI KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI TABEL STRUKTUR KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI NO Mata Pelajaran Kelas X Smt 1 Smt 2 T P T P I 1 2 3 4 5 II 1 2 3 4 5 III 1 2 3 4 5 6 7 MATA PELAJARAN NORMATIF Agama Islam PKn Bahasa dan Sastara Indonesia IPS Penjasor MATA PELAJARAN ADAPTIF Matematika Ilmu Kimia Biologi Fisika Bahasa Inggris MATA PELAJARAN PRODUKTIF Alokasi Waktu Kelas XI Smt 3 Smt 4 T P T P 16 16 16 16 40 80 80 40 60 80 100 60 40 20 60 20 20 100 60 120 40 60 60 60 40 20 60 40 20 40 60 120 40 60 60 60 40 20 60 40 20 16 16 16 16 40 80 120 40 80 60 60 40 20 40 40 20 Kelas XII Smt 5 Smt 6 T P T P 40 40 40 40 16 40 60 20 40 20 60 40 20 20 40 20 40 40 40 40 16 400 580 220 360 360 360 240 120 300 200 120 Jumlah Jam T 192 192 192 192 P Total 192 192 192 192 192 400 800 220 360 360 1060 240 180 300 200 120 200 5400 40 40 40 40 40 80 80 40 60 80 60 40 20 60 20 20 40 40 40 40 192 60 60 60 40 220 Ilmu Resep Farmakognosi Farmakologi Administrasi Farmasi Ilmu Kesehatan Masyarakat Peraturan Perundangan Farmasi Praktek Kerja Lapangan 100 100 200 40 100 20 700 60 720 140 860 720 140 860 740 200 940 740 200 940 200 664 516 444 176 1180 620 200 4028 1372 5400 KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 HAL 22 .

lingkungan kerja. ditanamkan. Program normatif diberikan agar peserta didik bias hidup dan berkembang selaras dalam kehidupan pribadi. dan produktif. Mata pelajaran pada kelompok normatif berlaku sama untuk semua program keahlian. Muatan Kurikulum Muatan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan. yang memiliki norma-norma kehidupan sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial baik sebagai warga Negara Indonesia maupun sebagai warga dunia. Program normatif adalah kelompok mata pelajaran yang berfungsi membentuk peserta didik menjadi pribadi utuh. dan dilatihkan pada peserta didik. substansi mata pelajaran di SMK dikemas dalam berbagai mata pelajaran yang dikelompokkan diorganisasikan menjadi program normatif. sikap. Sejumlah mata pelajaran tersebut terdiri dari mata pelajaran wajib dan pilihan pada SMK.Metode pendekatan pada mata pelajaran bergantung pada cirri khas dan karakteristik masing-masing mata pelajaran bergantung pada cirri khas dan karakteristik masing-masing mata pelajaran dengan menyesuaikan pada kondisi yang tersedia di sekolah. dan bernegara. Program adaptif adalah kelompok mata pelajaran yang berfungsi membentuk peserta didik sebagai individu agar memiliki dasar pengetahuan yang luas dan kuat untuk menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dilingkungan sosial. serta mampu mengembangkan diri sesuai KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 Hal 23 . dan prilaku yang harus diajarkan. adaptif.KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI B. sosial. 1. Untuk mencapai standar kompetensi yang telah ditetapkan oleh industri/ dunia usaha/asosiasi profesi. Program ini berisi mata pelajaran yang lebih menitikberatkan pada norma. Beban belajar pada mata pelajaran ditentukan oleh keluasaan dan kedalaman pada masing-masing tingkat satuan pendidikan. Di samping itu materi muatan local dan kegiatan pengembangan diri termasuk ke dalam isi kurikulum. Mata Pelajaran Mata pelajaran merupakan materi bahan ajar berdasarkan landasan keilmuan yang akan dibelajarkan kepada peserta didik sebagai beban belajar melalui metode dan pendekatan tertentu.

maka digunakan standar kompetensi yang disepakati oleh forum yang dianggap mewakili dunia usaha/industry atau asosiasi profesi. sehingga sekolah harus menegmbangkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk setiap jenis muatan lokal yang diselenggarakan. Program produktif bersifat melayani permintaan pasar kerja. Muatan Lokal Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan cirri khas dan potensi daerah. Program adaptif diberikan agar peserta didik tidak hanya memahami dan menguasai “apa” dan “bagaimana” suatu pekerjaan dilakukan. Dalam hal SKKNI belum ada. Program produktif diajarkan secara spesifik sesuai dengan kebutuhan tiap program keahlian. karena itu lebih banyak ditentukan oleh dunia usaha/industri atau asosiasi profesi. Muatan lokal merupakan mata pelajaran. 3. 2. teknologi. tetapi memberi juga pemahaman dan penguasaan tentang “mengapa” hal tersebut harus dilakukan. dan seni. termasuk keunggulan daerah. yang materinya tidak sesuai menjadi bagian dari mata pelajaran lain dan atau terlalu banyak sehingga harus menjadi bagian dari mata pelajaran lain dan atau terlalu banyak sehingga harus menjadi mata pelajaran tersendiri. Program produktif adalah kelompok mata pelajaran yang berfungsi membekali peserta didik agar memiliki kompetensi kerja sesuai standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia ( SKKNI). Program adaptif berisi mata pelajaran yang lebih menitikberatkan pada kehidupan sehari-hari dan atau melandasi kompetensi untuk bekerja. Kegiatan Pengembangan Diri Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 Hal 24 . Program adaptif terdiri dari kelompok mata pelajaran yang berlaku sama bagi semua program keahlian dan mata diklat yang hanya berlaku bagi program keahlian tertentu sesuai dengan kebutuhan masing-masing program keahlian.KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Kenaikan Kelas dan Kelulusan KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 Hal 25 . Sistem tersebut terdiri dari sistem paket. Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran. Penilaian. dan kegiatan kerja praktik di dunia usaha/industry dengan jumlah 200 jam pembelajaran per minggu dengan satuan jam = @45 menit. setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Pengaturan Beban Belajar Beban belajar ditentukan berdasarkan penggunaan sistem pengelolaan program pendidikan yang berlaku di sekolah. Pengaturan alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran yang terdapat pada semester ganjil dan genap dalam satu tahun ajaran dapat dilakukan secara fleksibel dengan jumlah beban belajar yang tetap. bakat. minat. Kegiatan pengembangan diri di bawah bimbingan konselor. 4. a) SMK BINA HUSADA MANDIRI menggunakan system paket kategori dasar b) Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran pada sistem paket dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. tidak kuantitatif seperti pada mata pelajaran. Adapun pengaturan beban belajar pada system tersebut sebagai berikut. guru atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI dengan kebutuhan. Ketuntasan Belajar Ketuntasan belajar merupakan ketuntasan untuk setiap indicator dalam suatu kompetensi dasar yang ditentukan oleh sekolah. Adapun kriteria Ketuntasan belajar di SMK BINA HUSADA MANDIRI pada tahun 2010 -2011 adalah sebagai berikut. Adapun beban belajar meliputi kegiatan pembelajaran tatap muka paraktik disekolah.(lihat pada lampiran) 6. Penyelenggaraan pendidikan SMK maksimum 32 minggu efektif dalam satu tahun pelajaran. Penilaian kegiatan pengembangan diri dilakukan secara kualitatif. 5.

yang berarti peserta didik telah dinyatakan tuntas atau kompeten oleh gurunya untuk seluruh kompetensi pendidikan dan pembelajaran yang diikuti. dan jika masih belum tuntas maka diberi kesempatan perbaikan 1 kali lagi dengan sebelumnya melalui pemanggilan orang tua dan membuat surat pernyataan yang isinya jika masih belum tuntas maka diambil nilai komptensi tertinggi dari nilai perbaikan. Kelulusan 1) Menyelesaikan seluruh kompetensi pembelajaran. non tes. kelompok kewarganegaraan dan kepribadian. dan kelompok mata pelajaran jasmani. b. tes tetulis. maka peserta didik harus mengikuti perbaikan atau remedial. pengamatan kerja dan pengamatan sikap. 3) Indikator yang tertagih baik bersifat teori atau perbaikan harus memiliki Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). perbaikan harus sudah dilaksanakan sebelum ulangan KD berikutnya. 4) Batas minimum ketuntasan teori dan praktik sesuai KKM indikator masing-masing mata pelajaran yang ditetapkan MGMP mata pelajran Normatif dan Adaptif . kesempatan remedial hanya 1 kali. 2) Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pembelajaran kelompok mata pembelajaran agama dan akhlak mulia. kelompok mata pelajaran estetika. 2) Penilaian pencapaian kompetensi dasar dilakukan berdasarkan indicator.KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI a. Penilaian 1) Penilaian dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik. dan masing-masing mata pelajaran produktif. KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 Hal 26 . 5) Jika nilai kompetensi teori dan praktik belum mencapai KKM. meliputi:tes. Nilai kompetensi maksimum setelah perbaikan adalah sama dengan batas SKM meskipun niali kompetensi perbaikan di atas SKM 6) Mekanisme perbaikan. lisan.

Penjurusan Penjurusan dilakukan pada kelas X di SMK. Test Potensi Akademik (TPA) b. berarti telah mengikuti ujian nasional dan dinyatakan lulus atau kompeten untuk mata pelajaran yang diujikan. Kelengkapan administasi. Penjasor. yaitu mengikuti : a. 4) Lulus Ujian Nasional untuk mata pelajaran yang diujikan (Bahasa Indonesia. dan kesehatan. 7. Test Kesehatan dan Buta Warna 8. Test Ujian Tulis dari Dinas Kesehatan 2) Persyaratan non akademik. Selain itu Program keahlian Komputer dan bahasa Inggris senantiasa ditingkatkan mengingat semakin pesatnya perkembangan teknologi di dunia kerja dan banyaknya stakeholders yang membutuhkan lulusan SMK BINA HUSADA MANDIRI yang memiliki kelebihan khusus di bidang teknologi. KOMPETENSI KEAHLIAN FARMASI TAHUN PELAJARAN 2010/2011 Hal 27 . Fisika. Persyaratn siswa memilih masuk Kompetensi Keahlian Farmasi. Program produktif tidak menjadi bagian dari ujian sekolah. Bahasa Indonesia. Keunggulan Global Keunggulan global di SMK BINA HUSADA MANDIRI adalah program mentoring yaitu pembinaan akhlak siswa/I yang islami. dan Ujian Kompetensi Keahlian di bidang Farmasi). kimia dan Biologi. Berarti peserta didik memperoleh nilai kepribadian minimal B (baik) atau telah dinyatakan kompeten untuk mata pelajaran kompetensi normatif.KURIKULUM SMK BINA HUSADA MANDIRI olahraga.meliputi : 1) Persyaratn aakademik. Matematika. yaitu : a. Bahasa Inggris. PKn. b. 3) Lulus ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran : Agama.

Related Interests