Diskusi Kasus I Seorang ibu berusia 29 tahun melahirkan bayi keduanya dengan berat 2900 gram dan panjang

49 cm. Bayi lahir spontan, cukup bulan, segera setelah lahir bayi langsung menangis dan bayi kelihatan berwarna merah. Pertumbuhan fisik adalah hasil dari perubahan bentuk dan fungsi dari organisme. Pertumbuhan pada masa janin merupakan pertumbuhan yang paling pesat yang dialami seseorang dalam hidupnya. Pertumbuhan fisik meliputi 2 masa yaitu :  Masa embrionik Pada 8 minggu pertama kehamilan, sel telur yang telah dibuahi berdiferensiasi menjadi orgaisme yang mempunyai bentuk anatomis seperti manusia. Pada masa ini,beratnya hanya 1 gram dengan panjang 2,5 cm. Masa embrio ini terbagi menjadi beberapa fase sesuai dengan pertumbuhan embrio: 1. Pada minggu ke-1 kehamilan, sel telur yang telah dibuahi mengalami beberapa tahap pembelahan sel sehingga bertumbuh menjadi embrio. 2. Pada minggu ke-2 kehamilan, terjadi pemisahan jaringan menjadi lapisan endoderm dan ectoderm. 3. Pada minggu ke-3 kehamilan, terbentuk lapisan mesoderm. 4. Pada minggu ke-4 kehamilan, terbentuk blastula dan gasturasi. Muncul tunas dan lengan dengan ukuran embrio 1 mm. Masa blastula ini berakhir pada minggu ke- 8. 5. Pada minggu ke-5 kehamilan, Terbentuk mulut primitif. 6. Pada minggu ke-6 kehamilan, terbentuk hidung primitif, palatum primer, dengan usuran embrio 21 mm. 7. Pada minggu ke-7 kehamilan, terbentuk kelopak mata. Organogenesis dilanjutkan sampai 12 minggu pertama kehamilan, oleh karena itu disebut masa embrio. Pada 12 minggu pertama kehamilan ini, berat bertambah menjadi 14 gram dengan panjang 7,5 cm.  Masa janin.

dan otak belakang. 3. otak tengah.Pada masa janin yaitu pada kehamilan 9-40 mg. 17 cm. rata-rata berat bayi 3200 gram dengan panjang badan 50 cm. oligodendrosit. panjang 35 cm. berat janin Pada kehamilan 28 minggu. berat janin 500 gram Pada kehamilan 25 minggu (permulaan trimester ke-3). neuron. yaitu masa embrional dimana terjadi organo dan histogenesis. 5. Pada kehamilan 20 minggu. atau pada 9 minggu pertama kehamilan. Gizi ibu hamil Pada kehamilan 32 minggu. 6. dan lingkar kepala 34 . Terbentuk juga cornu dorsalis dan ventralis. Neural tube akan menjadi sistem saraf sentral. berat janin menjadi 1500 gram. berat janin 100 gram dengan panjang menjadi 900 gram dengan panjang 25 cm. berat janin menjadi 1000 gram dengan Pada kehamilan 16 minggu. microglia. neuroektodermal berdiferensiasi menjadi ependima. Adapun perjalanan pertumbuhan jaringan otak intrauterine yaitu: Terutama pada minggu ke 2-7. mata janin sudah dapat membuka. pertumbuhan berjalan cepat dan mulai berfungsinya organ-organ. terbentuk otak depan. cm. dan janin memutar kepala ke bawah. 2.Pertumbuhan jaringan otak akan terus berlangsung sampai 5-6 bulan setelah lahir. Pada minggu ke-3. Pada akhir trimester I. akson dan dendrit akan tumbuh dengan cepat. astrosites. sedangkan krista neuralis menjadi sistem saraf perifer. Pada kehamilan 36 minggu atau pada waktu dilahirkan. Setelah itu terjadi pelipatan kedalam menjadi neural tube dan krista neuralis. Pada minggu ini juga muncul lempengan neural. 4. Masa janin ini terbagi menjadi beberapa fase sesuai dengan pertumbuhan janin: 1. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan interauterus yaitu: 1. jenis kelamin janin dapat dikenali. Pada minggu ke-5. Pada masa ini.

. 7. 6. kerusakan otak. 3. mikrosefali. metadhion dapat menyebabkan kelainan bawaan pada bayi yang dilahirkan. hidrops fetalis. menyebabkan berat badan lahir rendah. Radiasi Radiasi pada janin pada umur ± 18 minggu dapat menyebabkan kematian janin.penithoin. Endokrin Adanya gangguan hormon pada janin seperti hormon plasenta yang fungsinya sebagai nutrisi plasenta. 5. kern ikterus. tetapi jarang menyebabkan cacat bawaan. Rubella. Cytomegalovirus. 2. Toksin/Zat kimia Ibu yang perokok. 9.Gizi ibu yang jelek pada saat hamildapat menyebabkan bayi BBLR (berat badan rendah) atau lahir mati. Herpes simpleks). hormon-hormon thiroid yang apabila terdapat defisiensi akan menyababkan gangguan pertumbuhan susunan saraf pusat pada bayi yang akhirnya mengakibatkan retardasi mental. Anoksia embrio Menurunnya oksigenasi janin melalui gangguan pada plasenta atau tali pusat. Infeksi Infeksi intrauterin yang sering menyebabkan cacat bawaan adalah TORCH (Toxoplasma. alkoholic juga ibu yang meminum obat-obatan seperti thalidomide. Mekanis Trauma dan cairan ketuban yang kurang sehingga menyebabkan kelainan bawaan pada bayi yang dilahirkan. Imunitas Rhesus / ABO inkomtabilitas sering menyebabkan abortus. Stres 8. 4. dan cacat bawaan lainnya. atau lahir mati.

Berat badan lahir sangat rendah = 1000-2500gr.3-7. maka kita juga perlu tahu beberapa ukuran yang berkenaan dengan tumbuh kembang secara normal seorang anak mulai usia 0 sampai 5 tahun.8-63. Postterm/postmatur: lahir >42 minggu. berat badan waktu lahir akan kembali pada hari ke 10. Setelah mengetahui berbgai faktor yang berperan dalam tumbuh kembang seorang anak. Aterm/matur: lahir antara 37-42 minggu.8-65. Pertumbuhan fisik tumbuh kembang usia 4-6 bulan : • Usia 4 bulan  Berat badan  Panjang badan  Lingkar kepala • Usia 5 bulan  Berat badan  Panjang badan  Lingkar kepala • Usia 6 bulan  Berat badan  Tinggi badan  Lingkar kepala : 5.6-67.7-6.9 cm : 39-45 : 4.Pada bayi yang lahir cukup bulan.7 cm : 38-44 cm Pertumbuhan fisik tumbuh kembang usia 6-1 tahun .8 kg : 61.8cm : 40-46 cm : 5.8-7. Berdasarkan berat badan lahir bayi terbagi menjadi beberapa macam yaitu : • • • : Berat badan lahir rendah = <2500gr. Sedangkan berdasarkan usia kehamilan bayi terbagi menjadi beberapa macam yaitu • • • Preterm/prematur: lahir < 37 minggu.3 kg : 59. Berat badan lahir ekstrem = <1000gr.7 kg : 57.

5 cm Pertumbuhan fisik tumbuh kembang usia 2 tahun • Usia 2 tahun  Berat badan : 9.6-71.2 kg : 66.0-9.5-48.2-8.9 cm : 43-49 cm • Usia 12 bulan  Berat badan  Tinggi badan  Lingkar kepala : 7.8 kg : 64.5-74.2 kg : 69.9 kg : 68.45-46.5 cm : 40.3 kg .5 cm • Usia 11 bulan  Berat badan  Tinggi badan  Lingkar kepala : 7.5 cm • Usia 9 bulan  Berat badan  Tinggi badan  Lingkar kepala : 7.5-49.2-69.3 kg : 63.9-12.• Usia 7 bulan  Berat badan  Tinggi badan  Lingkar kepala : 6.5-47.8-10.6-8.5 cm • Usia 8 bulan  Berat badan  Tinggi badan  Lingkar kepala : 6.6-76.3 cm : 42-48 cm • Usia 10 bulan  Berat badan  Tinggi badan  Lingkar kepala : 7.1 cm : 43.0 cm : 41.6-9.3-9.0-72.5 kg : 67.6 cm : 42.2-73.

Mengenal muka-muka anggota keluarga dan takut kepada orang asing/lain. Usia 6-9 bulan : Dapat duduk tanpa dibantu. emosi. Perkembangan balita terbagi menurut usia balita yaitu : • • Usia 4-6 bulan : Mengangkat kepala 90 derajat dan mengangkat dada dengan bertopang tangan. Memegang benda kecil dengan ibu jari dan jari telunjuk. Menaruh benda-benda di mulutnya. Mulai berusaha mencari benda-benda yang hilang. Mengeluarkan kata-kata yang tanpa arti. Memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lain.8 cm Perkembangan mental anak balita meliputi gerakan-gerakan kasar. perilaku dan bicara.5-18. Dapat merangkak meraih benda atau mendekati seseorang. Bergembira dan melempar benda-benda.2-83. . sosial.7 kg : 96. Tertawa dan menjerit karena gembira bila diajak main.6 cm : 45-51 cm Pertumbuhan fisik tumbuh kembang usia 5 tahun • Usia 5 tahun  Berat badan  Tinggi badan  Lingkar kepala : 14. Mulai belajar meraih benda-benda yang ada dalam jangkauannya atau diluar jangkauannya.9 cm : 47-53. Berusaha memperluas lapangan pandang. Dapat tengkurap dan berbalik sendiri. Tinggi badan  Lingkar kepala : 79.4-102. halus.

Belajar makan sendiri. Menunjuk mata dan hidungnya. Dapat menghitung jari-jarinya. Mendengar dan mengulang hal-hal penting dan cerita. Minat kepada kata baru dan artinya. Dapat berjalan dengan dituntun. Menaruh minat kepada apa yang dikerjakan oleh orang-orang yang lebih besar. Mengerti perintah sederhana dan larangan. Usia 2 tahun : Naik turun tangga.lengan. Pandai bicara. Menyusun dua kata. Dapat menyebut hari-hari dalam seminggu. . Menggambarkan segi empat dan segi tiga.• • • - Mulai berpartisipasi dalam permainan tepuk tangan dan sembunyi-sembunyian. Menyusun 6 kotak. Mulai belajar mengontrol buang air besar dan buang air kecil. Memperlihatkan minat kepada anak lain dan bermain-main dengan mereka. Memperlihatkan minat yang besar dalam mengeksplorasi sekitarnya. Mengulang bunyi yang didengarkan. Menirukan suara. Menggambar garis di kertas dan pasir. badan. Usia 9 bulan-1 tahun : Dapat berdiri sendiri tanpa dibantu. ingin menyentuh apa saja dan memasukkan benda-benda ke mulutnya. Usia 5 tahun : Melompat dan menari. Berpartisipasi dalam permainan. Menggambarkan orang terdiri dari kepala. Belajar mengatakan satu atau dua kata.

Dan mungkin dikarenakan balita menderita penyakit kronis. Jenis kelamin dikatakan anak laki-laki lebih sering sakngit dibandingkan anak perempuan c. Berat badan normal 2 x 6 + 8 = 20. dimana kebutuhan anak berbeda dengan dewasa.karena makanan bagi anak dibutuhkan juga untuk pertumbuhan. Dapat dilihat berat badan tidak normal Oleh karena itu. Penghitungan berat badan normal menurut umur (berlaku untuk anak dengan umur 1-6 tahun) yaitu dengan rumus: Berat badan normal= 2 x umur anak(tahun) + 8 • • Pada kasus ini terlihat pada usia 2 tahun= 12. Ras/suku bangsa pertumbuhan somatik juga dipengaruhi oleh ras/suku bangsa b. Lingkungan biologis.oleh karena pada masa ituanak mudah sakit dan mudah terjadi kurang gizi d. status gizi pada anak ini adalah gizi buruk karena perkembangan pertumbuhan yang terlalu lambat . Umur umur yang paling rawan yaitu balita. Memperkirakan bentuk dan besarnya benda.- Memprotes bila dilarang apa yang diinginkannya. Berat badan normal 2 x 2 + 8 = 12.5 kg. Menaruh minat kepada aktivitas orang dewasa.antara lain: a. Dapat dilihat berat badan tersebut normal Pada kasus ini terlihatpada usia 6 tahun= 13 kg. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses tumbuh kembang anak balita yaitu : 1. Hormon hormon yang berpengaruh terhadap tumbuh kembang antara lain adalah: . membedakan besar dan kecil.Gizi makanan memegang perana penting dalam tumbuh kembang anak.dimana dipengaruhi oleh ketahanan makanan keluarga e. Mengenal 4 warna.

mengakibatkan retradasi fisik -Glukokortikoid Mempunyai -hormon sexs terutama mempunyai peranan dalam fertilisasi dan reproduksi -IGFs ( Insulin like growth factors) Merupakan somatomedin yang kerjanya sebagai mediator GH kerjanya mirip insulin 2.Defisiensi hormon tiroid.Maturasi tulang juga dibawah pengaruh hormon.insulin.Faktor psikososial antara lain : a.bisa membuat anak jadi kekurangan gizi b.growth hormon. Sanitasi memegang peranan yang cukup dominan dalam penyediaanl lingkungan yang mendukung kesehatan anak dan tumbuh kembangnya.antara lain: a.sesudah makan. Cuaca. Faktor fisik.karena kortison mempunyai efek anti-anabolik . Keadaan rumah:struktur bangunan.dan lemak. Radiasi 3. c.tiroid.GH mempunyai cricadian variation dimana aktivitasnya meningkat pada malam hari pada waktu tidur.karbohidrat.hormon yang dihasilkan kelenjar adrenal -somatotropin/hormon pertumbuhan (GH) merupakan pengatur utama pada pertumbuhan somatis kerangka.musim keadaan geografis musim kemarau yang panjang dengan gagalnya panen.pertambahan tinggi badan sanagt terutama pertumbuhan hormon ini.hormon sexs.karena mempunyai fungsi pada metabolisme protein.pertumbuhan dan fungsi otak sangat tergantung pada tersedianya hormon tiroid dalam kadar cukup.IGFs.GH dipengaruhi merangsang terbentuknya somatomedin yang kemudian berefek pada tulang rawan.tiroksin serta androgen.cahaya dan kepadatan hunian d.ventilasi.perubahan kadar gula -Tiroid Diperlukan untuk tumbuh kembang anak. Stimulasi fungsi bertentangan dengan somatotropin.

Sehingga dengan mendapat pendidikan yang baik. g. Cinta dan kasih sayang Salah satu hak anak adalah hak untuk dicintai dan dilindungi. Stress Stress pada anak dapat mepengaruhi tumbuh kembangnya. ciuman. h. Interaksi ditentukan oleh pemahaman terhadap kebutuhan masing-masing dan upaya optimal untuk memenuhi kebutuhan tersebut yang dilandasi oleh rasa saling menyayangi. terlambat bicara dan nafsu makan berkurang. . b. Anak memerlukan kasih sayang dan perlakuan yang adil dari orang tuanya. maka kita wajib memberikan ganjaran misalnya pujian. maka diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup anakanak tersebut. Ganjaran tersebut akan menimbulkan motivasi yang kuat bagi ank untuk mengulangi tingkah lakunya d. Agar kelak hari menjadi anak yang tidak sombong dan bisa menberikan kasih sayang kepada sesamanya. Kualitas interaksi anak-orang tua Interaksi timbal balik antara anak dan orang tua akan menimbulkan keakraban dalam keluarga. Anak yang mendapat stimulasi yang terarah dan teratur akan lebih cepat berkembang. misalnya pada anak yang menarik diri. dengan memberikan Ganjaran ataupun hukuman yang wajar lingkungan yang kondusif untuk belajar. belaian. rendah diri. Sekolah Dengan adanya wajib belajar 9 tahun. c. Kelompok sebaya Untuk proses sosialisasi dengan lingkungan anak memerlukan teman sebaya. misalnya suasana yang tenang. f.Stimulasi merupakan hal yang penting dalam tumbuh kembang. Tetapi perhatian orang tua tetap dibutuhkan untuk memantau dengan siapa anak tersebut bergaul. Jika anak berbuat benar. siap anak diharapkan dapat kesempatan duduk di bangku sekolah minimal 9 tahun. Motivasi belajar dapat ditimbulkan sejak dini. e.

wanita mempunyai status yang lebih rendah dari pada laki-laki. Adat istiadat. Faktor keluarga dan adat istiadat antara lain: a. g. b. f. karna orang tua dapat menyediakan kebutuhan anak baik primer ataupun sekunder. Tumbuh kembang akan berbeda pada keluarga yang harmonis dibandingkan mereka yang kurang harmonis. Jumlah saudara Jumlah anak yang banyak pada keluarga yang keadaan sosial ekonominya cukup dapat mengakibatkan berkurangnya perhatian dan kasih sayang yang diterima anak. Jenis kelamin dalam keluarga Pada masyarakat tradisional. e. . Karena dengan pendidikan yang baik. h. karena dengan memahami agama akan menuntun umatnya untuk berbuat kebaikan dan kebajikan. tabu-tabu Adat-istiadat dan norma-norma yang berlaku di tiap daerah akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. norma-norma. d. Pendidikan ayah/ibu Merupakan salah satu faktor penting dalam tumbuh kembang. c.4. Pekerjaan/pendapatan keluarga Pendapatan keluarga yang memadai akan manunjang tumbuh kiembang anak. maka orang tua dapat menerima segala informasi dari luar tentang cara pengasuhan anak yang baik. bila dibandingkan dengan mereka yang kepribadiannya tertutup. Kepribadian ayah/ibu Kepribadian ayah dan ibu yang terbuka tentu pengaruhnya berbeda terhadap tumbuh kembang anak. Agama Pengajaran agama harus sudah ditanamkan pada anak-anak sedini mungkin. Stabilitas rumah tangga Stabilitas dan keharmonisan rumah tangga mempengaruhi tumnuh kembang anak. sehingga angka kematian bayi dan malnutrisi masih tinggi pada wanita.

sensitif terhadap perubahan sedikit saja. anggaran dan lain-lain.Kerugiannya adalah perubahan tinggi badan relatif pelan.ada dua macam teknik pengukuran.sedangkan pada umur 1 tahun 47cm. Berat badan (BB) terhadap umur Berat badan merupakan ukuran antropometri yang terpenting. Lingkaran kepala (LK) terhadap umur Lingkar kepala menggambarkan volume intracranial. d.antara lain tulang.keuntungan indikator TB adalah pengukurannya obyektif dan dapat di ulang.yaitu dari 34cm pada waktu lahir menjadi 44cm pada umur 6 bulan. j.i. Pengukuran antropometri dibedakan menjadi dua kelompok : 1. Kehidupan politik dalam masyarakat yang mempengaruhi prioritas kepentingan anak.LLA dapat . b. Urbanisasi Dampak urbanisasi salah satunya adalah kemiskinan dan segala permasalahannya.lemak.otot.mudah dan tidak memerlukan banyak waktu.sukar mengukur tinggi badan yang tepat .berat badan dipakai sebagai indikator yang terbaik untuk mengetahui keadaan gizi dan tumbuh kembang anak.keistimewaanya adalah ukuran tinggi badan pada masa pertumbuhan meningkat terus sampai tinggi maksimal dicapai.Pertumbuhan LK paling pesat adalah pada 6 bulan pertama kehidupan. Lingkaran lengan (LLA) terhadap umur LLA mencerminkan tumbuh kembang jaringan lemak dan otot yang tidak terpengaruh banyak oleh keadaan cairan tubuh dibandingkan dengan berat badan.2 tahun 49cm dan dewasa 54cm. Tergantung umur (age dependence) a.berat badan merupakan hasil peningkatan/penurunan semua jaringan yang ada pada tubuh.cairan. Pertumbuhan fisik dapat dinilai dengan ukuran antropometri.alat yang digunakan untuk mengukur tinggi badan ialah microtoise c.oleh karena itu manfaat pengukuran LK terbatas pada 6 bulan pertama sampai 2 tahun karena pertumbuhan otak yang pesat.anak umur kurang dari 2 tahun dengan posisi tidur terlentang dan umur lebih dari dua tahun dengan posisi berdiri. Tinggi/panjang badan (TB) terhadap umur Tinggi badan merupakan ukuran antropometri kedua yang terpenting.Dapat digunakan timbangan yang realtif murah.

Skor tersedia dalam umur mental atau dalam bentuk IQ. Tes Intelegensi Individual (tes IQ) 1. Lain-lain : LLA dibandingkan dengan standar/baku. Untuk menilai perkembangan anak balita dilakukan usaha dan instrumen sebagai berikut: A. abdominal dibandingkan dengan baku. LLA terhadap TB c. Umur: 2-24 tahun Catatan: Tes diberikan secara individual dan ada korelasi yang tinggi dengan kemampuan sekolah. lipatan kulit pada trisep subskapular.LLA hanya untuk identifikasia anak dengan gangguan gizi/pertumbuhan yang berat sukar menentukan pertengan LLA tanpa menekan jaringan dan hanya untuk anak umur 1-3 tahun. LIPS (The Leiter International Performance Scale) Fungsi: Mengukur intelegensi yang sudah distandarisasi. Tidak tergantung umur a. Umur: 2-18 tahun Catatan: Tes ini diberikan secara individual dan ada korelasi yang tinggi dengan hasil tes stanford binet. Skor tersedia dalam umur mental atau dalam bentuk angka IQ. BB terhadap TB b. 3. Umur: 6-17 tahun . Skor tersedia dalam umur mental atau dalam bentuk IQ. WISC (The Wechsler Intelligence Scale for Children) Fungsi: Mengukur intelegensi yang sudah distandarisasi.untuk pengukuran LLA dapat menggunakan alat pita dari gelas fiber. 2. Tes Stanford-Binet Fungsi: Mengukur intelegensi dan sudah distandarisasi. 2.dipakai untuk menilai keadaan gizi/tumbuh kembang pada kelompok umur prasekolah.

Umur: 2 ½ tahun – 8 tahun B. Umur: 5-18 tahun C. dan pemahaman membaca. WPPSI (Wechsler Preschool and Primary Scale of Intelligence) Fungsi: Verbal.4 atau gagal. WRAT (Wide Range Achievement Test) Fungsi: Untuk mengukur prestasi pelajar dalam bidang berhitung . Uzgiris-Hunt Ordinal Scales Fungsi: Menaksir stadium sensorimotor menurut Piaget Umur: 0-2 tahun . Skor maksimum adalah tingkat sekolah menengah. Umur: 5 tahun – dewasa Catatan: tes ini diberikan secara kelompok. dan informasi umum.Catatan:tes ini diberikan secara individu dan hasilnya mempunyai korelasi yang tinggi dengan hasil tes stanford-binet dan LIPS 4. Skor untuk verbal. 2. Gray oral reading test-revised (GORT-R) Fungsi: Tes baca standar. Umur: Kelas 1-12 (sd kelas1 – sma kelas 3) Catatan: Diberikan secara individual dan hasilnya menunjukkan korelasi yang tingkatan sekolah. Brazelton Newborn Behaviour Assessment Scale Fungsi: Menaksir kondisi bayi. McCarthy Scales of Children’s Abilities Fungsi: Indeks kognitif umum (IQ ekivalen). refleks. dan hasilnya mempunmyai korelasi dengan tingkat sekolah yang sebenarnya. Peabody Individual Achievement Test Fungsi: Untuk identifikasi kata-kata mengeja. kuantitatif. membaca. dan skala penuh IQ. motorik. Tes Psikomotorik 1. 3. dan interaksi Umur: Neonatus 2. Tes Prestasi 1. mengeja. penampilan. ilmu oastu. perbendaharaan kata-kata. memori. Umur: 4 tahun-6 ½ tahun 5. yang hasilnya menunjukkan tingkat terendah 1.

adaptif. perilaku sosial dan bahasa Umur: 4 minggu – 6 tahun 7. motorik halus. berbicara. bahasa dan motorik kasar pada anak mulai umur 1 bulan sampai 6 tahun Umur: 1 bulan – 6 tahun Catatan: Diberikan secara individual. dengan partisipasi aktif dari orang tua dan pemeriksa. 6. pengertian bahasa. motorik halus. duduk. Yale Revised Developmental Test Fungsi: Menaksir perkembangan motorik kasar. Umur: 4 minggu – 3 ½ / 6 tahun 4.3. Geometris Forms Test Fungsi: Menaksir perkembangan motorik halus dan intelektual Catatan: Tes individual 9. dan sosialisasi Umur: 1 tahun pertama Catatan: Diberikan secara individual. berjalan. Bayley Infant Scale of Development Fungsi: Menaksir perkembangan motorik dan sosial Umur: 8 minggu – 2 ½ tahun 5. DDST (The Denver Development Screening Test) Fungsi: Digunakan untuk menaksir perkembangan personal sosial. dengan partisipasi alktif dari orang tua dan pemeriksa 8. Diagnostik perkembangan fungsi Munchen tahun pertama Fungsi: menaksir perkembangan umur merangkak. memegang. Gesell Infant Scale and Catell Infant Scale Fungsi: Terutama menaksir perkembangan motorik pada tahun pertama dengan beberapa perkembangan sosial dan bahasa. Bender-Gestalt Visual Motor Test Fungsi: Menaksir anak yang dicurigai mempunyai masalah persepi-motorik dari umur 5 tahun Umur: 4 -12 tahun Catatan: Tes individual . persepsi.

gambar manusia yang dibuat oleh anak adalah proyeksi dari dirinya. Ammons Quick Test (Picture-Word Test) Fungsi: Tes yang mudah dan cepat untuk mengukur kemampuan bahasa nonverbal dari anak. kemampuan bahasa mempunyai korelasi yang erat dengan intelegensi 12. yang tampak seperti pada situasi keluarga . Draw-A-Man Test Fungsi: Skrining IQ yang mudah dan cepat dengan menggunakan norma Goodenough pada anak dengan umur mental minimal 3 tahun 3 bulan Catatan : Tes individual 11. dari perasaan dan kehendaknya yang paling sederhana. Picture-Vocabulary Subtest Stanford-Binet Test Fungsi: Skrining yang mudah dan ceppat pada anak umur 3 atau 4 tahun tenntang perbendaharaan kata-kata dan kemampuan artikulasi Catatan: Tes individual. Children’s apperception Test Fungsi: Untuk mengungkapkan perasaan –perasaan anak dibawah sadar dengan menggambar binatang. Meupakan instrumen yang sangat baik untuk mengetahui disfasia ekspresif. Catatan: Tes individual 2. Bagian-bagian tubuh yang dihilangkan atau ditonjolkan dapat merupakan petunjuk dalam diagnostik. The Animal Choice Test Fungsi: Respon anak terhadap tes ini dapat sebagai diagnostik. The Three Wishes Test Fungsi: Mendapatkan keinginan-keinginan anak yang disadari Catatan: Tes individual 5. dimana anak hanya bisa menunjuk benda. The Machover Human Figure Drawing Test Fungsi: Suatu teknik proyeksi. Symonds Picture Story Test Fungsi: Respon anak dapat didiagnosis dari perasaan yang mendasarinya.10. Catatan: Tes individual 4. Tes Proyeksi 1. Catatan: Tes individu (belum distandarisasi) D. Catatan: Tes individual 3.

Walaupun memerlukan waktu yang cukup lama untuk menggunakan tes ini. Umur: 3. Vineland Adaptive Behaviour Scales (edisi kelas) Fungsi: Wawancara orang tua / pengasuh anak dalam hal komunikasi. yang sering digunakan adalah: 1. kehidupan sehari-hari. Umur: 0 – dewasa 2. dan untuk anak yang lebih muda ditanyakan juga perkembangan motoriknya. . dan untuk anak yang lebih muda ditanyakan juga perkembangan motoriknya. Vineland Adaptive Behaviour Scales Fungsi: Wawancara orang tua / pengasuh anak dalam hal komunikasi. Tes Intelegensi Stanford –Binet Tes ini terpercaya dan valid karena digunakan untuk menganalisis kekuatan dan keterbatasan seorang anak. The Rorschach Test Fungsi :Untuk mendapatkan perasaan-perasaan anak dibawah sadar dari stimulus yang berasal dari noda tinta yang tidak terbentuk Umur: 3 tahun – dewasa Catatan: Tes individual E. Skala Perkembangan Menurut Gessel Tes ini bertujuan untuk menentukan tahap kematangan dan kelengkapan kegiatan suatu sistem yang sedang berkembang. Tes Perilaku Adaptif 1. tes ini memberikan informasi diagnosis yang berguna untuk penilaian anak yang mengalami kesulitan belajar dan retardai mental. Skala Intelegensi Wechsler untuk anak Prasekolah dan sekolah Tes ini menggambarkan keseluruhan penilaian hasil tes. 3.Umur: 2 ½ tahun – dewasa Catatan: Tes individual 6.13 tahun Dari tes-tes perkembangan diatas. 2. kehidupan sehari-hari.

Tes Motor Visual Bender Gestalt Tes ini untuk menilai dan skrining anak-anak yang mengalami kesulitan persepsi motorik yang dimulai pada umur 5 tahun dan lebih tua. Alat tes ini mengkategorikan kemampuan motorik dan perkembangan sosial anak dari lahir sampai dewasa. Tes Bentuk Geometrik Untuk mengetahui kemampuan anak-anak umur 2 ½ tahun sampai 7 tahun dengan cara meniru bentuk geometri yang sederhana. Alat-alat yang diperlukan d. Tes Skrining Perkembangan menurut Denver (DDST) Tes ini mudah dan cepat ( 15 – 20 menit). yang paling utama untuk memfasilitas interaksi antara ibu dan anak. dapat diandalkan. 9. dan mencari penyimpangan dari perkembangan yang normal. Diagnostik Perkembangan Fungsi Munchen Tahun Pertama Hal-hal yang perlu dinilai adalah a. Pada umur 3 tahun 3 bulan diberikan pensil dan kertas. Kartu Kembang Anak (KKA) KKA berfungsi sebagai alat penanda dan sekaligus sebagai alat komunikasi dalam mambahas perkembangan anak. serta keluarga dalam masyarakat. lalu diperintahkan untuk menggambar seorang laki-laki. Tes Menggambar Orang Tes ini relatif sederhana. 5. ia akan membuat gambar yang lebih baik. Skala Bayley Tes ini untuk menentukan kemampuan perkembangan mental dan motorik seorang anak. 8. dari dan untuk ibu. Jadi makin cerdas seorang anak. F.4. Penafsiran Hasil Tes 7. Aspek Perkembangan b. dan menunjukkan validitas yang tinggi 6. Tes Perkembangan Adaptasi Sosial Pada tes ini diperlukan jawaban dan informasi yang dapat dipercaya dar orang tua anak. mengenai perkembangan anaknya mulai dari tahun-tahun pertama sampai pada saat tes dilakukan. Persyaratan c. 10. .

dll. Jika perkembangan dan pertumbuhan anakanak di suatu negara itu baik. Kesehatan dan sakit anak adalah akibat dari dinamika faktor –faktor lingkungan. Karena itu. . social. pemantauan perkembangan dan pertumbuhan anak secara intensif. tumbuh kembang anak menjakdi parameter kestabilan lingkungan. negara tersebut akan memiliki individu-individu yang berkualitas sehingga akan mendukung pembangunan dan perkembangan negara tersebut. politik dan ekonomi suatu negara. perkembangan dan pertumbuhan anak-anak di negaranya dengan cara meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan dalam rangka mencegah kematian bayi baru lahir. Karena itu. social. pemerintah harus memperhatikan kesehatan.Peranan tumbuh kembang anak pada pembangunan suatu negara sangat penting karena anak merupakan bibit-bibit perkembangan dan pembangunan suatu bangsa di masa yang akan datang. maka di masa yang akan dating. politik dan ekonomi.