P. 1
Nutrisi

Nutrisi

|Views: 22|Likes:
Published by cici212

More info:

Published by: cici212 on Dec 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/15/2011

pdf

text

original

“Nutrisi” Bagi Tanaman (1

)
Apa sih bedanya pupuk organik atau pupuk non organik? Lantas bagaimana memilih vitamin hingga anti hama? Simak pembahasannya di sini. Pernahkah Anda mengalami, tanaman hias kesayangan mendadak layu dan mati? Bisa jadi, tanaman tersebut kekurangan nutrisi yang ia butuhkan. Menurut Agus Royani dari Yens Nursery, Meruya, Jakarta, seperti halnya manusia, tanaman pun membutuhkan perawatan dan “nutrisi” tertentu agar bisa tumbuh subur dan indah. Namun, pemberiannya harus mengikuti takaran atau aturan. Pupuk NPK, misalnya, kalau kebanyakan justru bisa membuat tanaman mati. Contoh lain, pemberian vitamin untuk merangsang buah. “Kalau kebanyakan juga bisa membuat tanaman mati,” kata Agus sambil menambahkan, untuk mengetahui apakah tanaman kita sehat atau tidak, bisa dilihat dari daunnya. “Kalau pertumbuhan daun barunya mengecil, berarti tidak sehat dan harus diganti media tanamnya. Standarnya, untuk tanaman di pot, penggantian media tanam dilakukan 3 bulan sekali. Pasalnya, akar tanaman sudah berkembang makin besar, jadi media tanamnya tidak mencukupi lagi,” lanjutnya. Selain pupuk, “nutrisi” lain yang dibutuhkan tanaman, khususnya tanaman hias, adalah vitamin. Obat pengusir hama dan penyakit juga perlu untuk menjaga agar tanaman tetap sehat dan terhindar dari gangguan hama atau serangan penyakit. Berikut adalah yang diperlukan tanaman:

Pupuk Pupuk adalah nutrisi bagi tanah. Tanah yang diberi pupuk akan menga-lami perbaikan struktur tanah. Misalnya tanaman membutuhkan unsur N (Ni-trogen) untuk mendukung pertumbuhan daun. Kandungan N dalam berbagai bentuk tersebut dapat diperoleh dari bahan organik maupun non organik. Tanaman juga butuh phosporus (P) untuk merangsang pertumbuhan akar, merangsang pemekaran bunga, dan membantu menguatkan sistem pertahanan utama. Jika kekurangan P maka pertumbuhan tanaman akan terhambat, warna daun menjadi hijau tua, serta akar pokok terhambat dan menjadi kecil. Sementara Kalium (K) berguna untuk pembungaan dan pembuahan, sebagai sistem pertahanan tanaman, mengatur kadar air. Kekurangan K bisa mengakibatkan daun menguning dan kemudian layu/mati. Selain berfungsi menggemburkan tanah, pupuk juga berfungsi membantu pertumbuhan tanaman. Beberapa jenis pupuk yang kita ketahui antara lain pupuk organik dan pupuk anorganik

dan akar berwarna cokelat kehitaman. Caranya dengan sering-sering mengontrol tanaman. Penyakit ini ditandai oleh daun yang pucat lalu membusuk. Gunakan media tanam yang tepat serta gantilah media tanam secara teratur. Curacron. tanaman pun ternyata juga butuh vitamin. Sedangkan pupuk anorganik atau pupuk buatan adalah jenis pupuk yang dibuat dengan mencampur berbagai bahan kimia. Selain merusak penampilan daun. Dosisnya 2 ml/liter. biasanya diberikan insektisida dan fungisida. Setelah itu. Vitamin B-1 bagus untuk tanaman hias daun seperti aglonema. Hama yang kerap menyerang tanaman adalah kutu putih. tanaman juga kerap diserang penyakit. jaga kebersihan lingkungan tempat tanaman. Antihama Untuk mengatasi serangan hama dan penyakit.” saran Agus. Selain hama. Contohnya Urea SP 36. salah satunya busuk akar. KCl. Penyemprotan bisa dilakukan setiap seminggu sampai serangan hilang. dan sebagainya. dan jauhkan tanaman yang terkena serangan dari tanaman lain.” ujar Agus. sehingga memiliki persentase kandungan hara tertentu yang tinggi. Biasanya mereka bergerombol di batang. tanaman malah jadi lemah dan tidak subur. bisa dilakukan penggantian media tanam yang lebih porous . kutu putih juga menular dari satu tanaman ke tanaman lain. batang layu. sehingga tanaman yang stres akan beradaptasi dengan lingkungan ataupun media yang baru. Busuk akar disebabkan media yang terlalu lembap sehingga cendawan cepat berkembang. Kutu putih juga akan membuat permukaan daun menjadi hitam seperti jelaga.Apa bedanya? Pupuk organik adalah pupuk yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup yang telah mengalami peruraian (dekomposisi) oleh mikroorganisme pengurai. Contohnya pupuk kompos dan pupuk kandang. Hama lainnya misalnya ulat dan tungau. Confidor. Salah satu yang banyak digunakan sebagai antistres dan perangsang daun adalah vitamin B-1. “Jangan lupa. daun. lalu potong bagian akar yang busuk. dan lain-lain. Untuk mengatasinya. Vitamin Ya. Kutu putih menjadikan daun menjadi kisut. Insektisida yang umum digunakan adalah Decis. oleskan fungisida pada bekas potongan. ketiak daun. Tindakan terbaik adalah melakukan pencegahan sebelum hama atau penyakit menyerang tanaman. "Nutrisi Bagi Tanaman" (2) Perlu Media Tanam . Kalau terlalu sering. bawah daun sampai pucuk daun. Vitamin B1 mempunyai peranan di dalam metabolisme tanaman. “Vitamin B-1 sebaiknya diberikan seminggu sekali.

tanaman juga butuh media tanam supaya bisa tumbuh subur dan sehat. Kompos bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki sifat-sifat tanah. Pemilihan media tanam yang tidak tepat bisa menyebabkan tanaman tidak tumbuh dengan baik. Salah satunya dibedakan dari asalnya. porous. yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik (kimia). sekam. Foto: Daniel Supriyono Kenali Jenis Pupuk Jenis pupuk untuk tanaman hias sangat beragam. sehingga dapat mengurangi penyakit dalam tanah dan menjaga tanah tetap gembur dan subur.Selain “nutrisi” yang sudah disebut di atas. misalnya pakis. Pupuk Kimia: Pupuk kimia tunggal (Urea. sehingga mudah ditembus akar tanaman. kompos. media tanam arang kurang mampu mengikat air dalam jumlah banyak. Sementara cocopeat mudah menyerap dan menyimpan air. Beberapa jenis media tanam. SP36. Media tanam lain adalah kompos dan cocopeat. dan mampu menahan air. Cocopeat juga memiliki pori-pori. serta masuknya sinar matahari. Pakis bersifat ringan. Kompos mengandung unsur hara mineral yang bermanfat bagi tanaman dan mampu mengembalikan kesuburan tanah. Media tanam satu ini mengandung sejenis enzim dari jamur. arang. namun mempunyai sifat memperbaiki tanah. Pakis juga memiliki unsur hara yang dibutuhkan tanaman. yang memudahkan pertukaran udara. Sementara pupuk organik memiliki kadar hara rendah dengan variasi yang beragam. KCl) Pupuk kimia majemuk (NPK) Pupuk kimia majemuk lengkap Pupuk Organik: Pupuk kandang Kompos Pupuk cair organik Hasto Prianggoro . cocopeat. Sementara. Pupuk kimia memiliki kandungan hara yang tinggi dan terukur. Sifatnya yang porous ini memberikan susunan udara (aerasi) yang baik. sehingga cocok digunakan sebagai media tanam untuk tanaman di daerah dengan lembapan tinggi. dan sebagainya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->