Outline

Modern quality management and improvement
Manajemen Mutu • The meaning of quality and quality improvement • A brief history of quality control and improvement • Statistical method for quality control and improvement • Management aspects of quality improvement • Area responsibility

1

FRI-PPS

Learning Objectives
• Mahasiswa dapat memahami definisi mutu dan peningkatannya. • Mahasiswa mengetahui peningkatan mutu. evolusi metode

Pendahuluan

The meaning of quality and quality improvement

• Dalam kehidupan sehari-hari sering kali mendengar orang membicarakan masalah kualitas, misalnya mengenai kualitas sebagian besar produk buatan luar negeri yang lebih baik daripada produk dalam negeri. • Kualitas memiliki banyak kriteria yang berubah secara terus menerus. • Orang yang berbeda akan menilai dengan kriteria yang berbeda pula.
4

• Mahasiswa memahami teknik peningkatan mutu, dimensi mutu, sistem kualitas, dan biaya kualitas. • Mahasiswa memahami tanggung jawab mutu untuk setiap departemen di sebuah perusahaan.
3

semua unit dari produk tersebut memiliki keandalan yang rata-rata sama (rata-rata waktu pemakaian sama) The meaning of quality and quality improvement • Contoh penggunaan sembilan dimensi kualitas Reputation produk TV terhadap Conformance Service plasma: Dimensi Performance (kinerja) Features (keistimewaan) Durability (daya tahan) Daya tahan produk yang memadai. yaitu: Performance Features Reliability Durability Response Aesthetics The meaning of quality and quality improvement Dimensi Kualitas: (manufaktur) Reliability (keandalan) Konsistensi terhadap keandalan produk. seperti tersedianya remote control Service (pelayanan) Penyelesaian permasalahan memperbaiki (hotline 24 jam) dan komplain. keramahan atau sopan santun dari dealer 7 Conformance Produknya sesuai dengan standar industri atau spesifikasi yang • Untuk menilai mutu suatu produk tidak harus kesembilan dimensi ini digunakan. kemudahan dalam Response (tanggapan) Hubungan antar personal. tampilan eksteriornya ini. termasuk setelah diperbaiki Arti dan Contoh Karakteristik utama dari produk. jasa. estetika. jadi dapat pula mengunakan beberapa dari sembilan dimensi8 Aesthetics Karakteristik indra. sistem dll) dapat memenuhi kebutuhan) Dimensi Kualitas: (manufaktur) • Kualitas memiliki sembilan dimensi. misalnya tingkat pencahayaan dari gambar Karakteristik penunjang. (sejauh mana serangkaian karakteristik yang melekat pada sesuatu (barang.Apa itu Kualitas??? The meaning of quality and quality improvement The meaning of quality and quality improvement ISO 9000:2000 mendefinisikan kualitas sebagai: • Menurut pendapat-pendapat yang lain:  Joseph Juran Quality is “fitness for use”  Philip B. Crosby Quality is “conformance to requirements”  Webster’s Dictionary Degree of excellence of a thing  American Society for Quality Totality of features and characteristics that satisfy needs  Quality of a product or services is its ability to satisfy the needs and expectations of the customer 5 6 Degree to which a set of inherent characteristics fulfills requirements. (estetika) .

W. dan membantu menetapkan 12 keputusan disposisi lot.S. Shewhart dari Bell Telephone Laboratories memperkenalkan statistical Quality Control dalam bukunya Economic Control of Quality of Manufactured Products.Dimensi Kualitas: (jasa) Dimensi Arti dan Contoh The meaning of quality and quality improvement Dimensi Kualitas: (jasa) Dimensi Arti Contoh The meaning of quality and quality improvement Consistency Konsisten Time and Jangka waktu Timeliness ketepatan  Berapa lama pelanggan harus menunggu untuk di layani dan apakah selesai tepat waktu?  Apakah layanan pengiriman barang satu hari benar-benar akan terkirim dalam satu hari?  Apakah untuk jenis layanan yang sama. Juran mempublikasikan buku berjudul Quality Control Handbook Philip Crosby memperkenalkan konsep Zero Defect 1941 Design Experiment • digunakan dalam menemukan variabel kunci yang mempengaruhi karakteristik mutu • menetapkan inspeksi dan klasifikasi dari sampel produk yang dipilih secara random dari ukuran batch atau lot yang besar. A brief history of Tiga Teknik Utama Statistical Process Control Peta Kendali Statistical method for quality control and improvement • memetakan rata-rata karakteristik mutu dari sampel yang diambil • berguna sebagai suatu teknik memonitor proses 1940 W. Edwards Deming mengajarkan teknik-teknik pengendalian mutu di U. memakan waktu yang sama?  Apakah surat kabar dikirim pada waktu yang sama setiap hari? Accessibility and convinience Kemudahan  Seberapa mudah untuk mendapatkan pelayanan akses dan  Apakah petugas layanan menjawab pertanyaan kenyamanan anda dengan baik dan cepat? Completeness Kelengkapan  Apakah yang diminta oleh pelanggan dapat dipenuhi semua?  Apakah barang yang dipesan melalui katalog. Berdirinya International Standard Organization (ISO) Joseph M.S. 1946 1951 1970 Acceptance Sampling 11 . Edwards Deming membantu U. Bureau of Census dalam menerapkan teknik-teknik sampling statistik. War Department. diterima secara lengkap? 9 Acuracy Akurat  Apakah kinerja pelayanannya baik?  Apakah tagihan kartu kredit sesuai dengan pengeluaran yang dilakukan setiap bulannya? 10 Tahun 1931 Sejarah Singkat quality control and ManajemenBersejarah improvement Mutu Kejadian Walter A.

Manajemen Kualitas Management aspects of quality (1) improvement Manajemen Kualitas Quality Management sebagai suatu filosofi telah banyak dikenal. tetapi juga sarana untuk mencapainya. melalui peningkatan efektivitas dan efisiensi proses dan aktivitas melalui struktur organisasi 16 . Kualitas desain merupakan fungsi spesifikasi produk. Stephen Uselac menegaskan bahwa kualitas bukan hanya mencakup produk dan jasa. tetapi juga meliputi proses. Management aspects of quality (2) improvement Konsep kualitas sering dianggap sebagai ukuran relatif kebaikan suatu produk atau jasa yang terdiri atas kualitas desain dan kualitas kesesuaian. (QA) • penetapan dan pengembangan tujuan dan kebutuhan untuk kualitas serta penerapan sistem kualitas Pengendalian Kualitas (Quality Control) • teknik-teknik dan aktivitas operasional yang digunakan untuk memenuhi persyaratan kualitas 15 Peningkatan Kualitas (Quality Improvement) • tindakan-tindakan yang diambil guna meningkatkan nilai produk untuk pelanggan. 14 Sistem Kualitas Perencanaan Kualitas (Quality Planning) (1) Management aspects of quality improvement Sistem Kualitas (2) Management aspects of quality improvement Jaminan Kualitas (Quality Assurance) • semua tindakan terencana dan sistematik yang diimplementasikan dan didemonstrasikan guna memberikan kepercayaan yang cukup bahwa produk akan memuaskan kebutuhan untuk kualitas tertentu. Kualitas kesesuaian adalah suatu ukuran seberapa jauh suatu produk memenuhi persyaratan atau spesifikasi kualitas yang telah ditetapkan. 13 Oleh karena itu Quality Management menggunakan jaminan kualitas (Quality Assurance) dan pengendalian kualitas (Quality Control) terhadap proses untuk mencapai kualitas yang lebih konsisten. lingkungan dan manusia. tidak terfokus hanya pada kualitas produk. Akan tetapi aspek ini bukanlah satu-satunya aspek kualitas. Sering disebut dengan Total Quality Management.

petunjuk kualitas secara menyeluruh. Keputusan Penekanan Error Tanggung jawab Jangka pendek Deteksi Operasi Departemen pengendalian kualitas Manajer Harga Jangka panjang Pencegahan Sistem Semua orang Jadi. analisis modus dan dampak kegagalan. perencanaan kualitas dasar. pengidentifikasian. perbaikan. perencanaan kualitas tingkat tinggi. pengendalian lembar kerja Mengembangkan sistem kualitas. pengukuran kinerja. penggunaan dasar-dasar statistik. biaya kualitas adalah biaya yang berhubungan dengan penciptaan. pemeriksaan. keterlibatan seluruh operasi. manajemen proses. mengidentifikasi sumber-sumber yang mengakibatkan ketidak sesuaian Mengembangkan petunjuk kualitas. keterlibatan seluruh pekerja 17 18 Perbedaan Pedekatan aspects of quality Konvensional dan Modern improvement Elemen Kualitas Konvensional Modern Management Biaya Kualitas Biaya Kualitas Management aspects of quality improvement Orientasi Prioritas Berorientasi pada produk Prioritas pertama diikuti oleh pelayanan dan biaya Berorientasi pada konsumen Prioritas pertama bersama pelayanan dan biaya Adalah biaya yang terjadi atau mungkin akan terjadi karena kualitas yang buruk. kerjasama team. tindakan perbaikan.Evolution of Quality Management Inspection Quality Control Quality Assurance (1) Management aspects of quality improvement Management Evolution of aspects of quality Quality Management(2) improvement Penyortiran. penggunaan SPC TQM Penyebaran kebijakan. penggunaan biaya-biaya kualitas. pengujian terhadap produk. data kinerja proses. keterlibatan pemasok dan pelanggan. dan pencegahan kerusakan 19 20 Penyelesaian masalah Pengadaan Team Biaya siklus hidup . pemeriksaan mandiri (self-inspecton). keterlibatan operasi-operasi non produksi.

biaya yang muncul karena produk tidak memenuhi kepuasan pelanggan setelah produk tersebut sampai di pelanggan. komponen dan pembelian material agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. material dan jasa gagal memenuhi standar kualitas. pekerja. termasuk didalamnya adalah pemeliharaan. 22 biaya siklus hidup.Biaya Kualitas (1) Management aspects of quality improvement Biaya Pencegahan (prevention cost) Empat Kelompok Biaya Kualitas (1) Management aspects of quality improvement Biaya akibat kesalahan eksternal (external failure cost) Alasan biaya kualitas harus dipertimbangkan secara eksplisit Biaya penaksiran (appraisal cost) Biaya akibat kesalahan internal (internal failure cost) tingkat kerumitan dalam membuat produk. biaya yang muncul ketika produk. atau audit produk. terkait dengan kemajuan teknologi. suku cadang dan biaya cacat. Kebutuhan akan quality engineer dan quality manager 21 biaya-biaya yang berkaitan dengan usaha-usaha perancangan dan produksi dalam mencegah ketidaksesuaian. evaluasi. Empat Kelompok Biaya Kualitas (2) Management aspects of quality improvement Pendahuluan(1) Areas Responsibility Costs of achieving good quality Prevention Costs Quality planning and engineering Appraisal Costs Inspection and test of incoming material Costs of poor quality Internal Failure Costs Scrap External Failure Costs Complaint adjustment Kualitas merupakan tanggung jawab seluruh orang yang tergabung dan berhubungan dalam sebuah organisasi. Product/process design Retest Dalam sebuah perusahaan tanggung jawab kualitas didelegasikan kepada setiap departemen. New products review Product inspection and test Materials and services consumed Maintaining accuracy of test equipment Rework Returned product/material Warranty charges Tanggung jawab kualitas dimulai saat departemen marketing menetapkan kualitas yang diinginkan oleh konsumen. 24 Process control Failure analysis Liability costs 23 . komponen. biaya-biaya yang berkaitan dengan pengukuran. dan departemen-departemen tersebut diberi kewenangan untuk menetapkan pengelolaan kualitas.

kelembaban dan debu Areas Production • memproduksi produk yang sesuai dengan kualitas yang telah ditetapkan. 27 Quality Assurance • bertanggung jawab terhadap proses terjadinya kualitas. goncangan. Areas Responsibility Departemen & Tanggung jawabnya(3) Packing and Storage • menjaga kualitas produk selama proses pengepakan dan penyimpanan. Bagian ini bertanggung jawab terhadap evaluasi kualitas 28 . tingkat toleransi yang diperkenankan untuk produk yang baru diluncurkan atau terhadap produk yang telah ada Procurement • mengadakan material dan komponen yang sesuai dengan kualitas yang telah ditetapkan oleh design engineering 25 26 Responsibility Departemen & Tanggung jawabnya(2) Process Design • merancang proses dan prosedur pelaksanaan yang menghasilkan produk sesuai dengan kualitas yang telah ditetapkan. spesifikasi yang jelas. tetapi kualitas harus dibangun dalam produk tersebut. Laporan tersebut dapat digunakan untuk setiap departemen agar dapat mengambil tindakan perbaikan. Inspection and Test • menilai kualitas produk yang dihasilkan dan melaporkan. Spesifikasi kualitas diperlukan untuk menjaga kualitas produk. Service • melayani pelanggan selama masa pakai produk. Areas Design Engineering • mengubah kualitas produk yang diinginkan oleh konsumen kedalam bentuk karakteristik operasi. termasuk kedalamnya toleransi untuk getaran. tetapi bagian ini mengarahkan dan mensuport departemen lain untuk menjalankan tanggung jawab pengendalian kualitas. Kualitas tidak dapat diinspeksi dalam produk. kondisi lingkungan seperti suhu. selama produk tersebut disimpan dan didistribusi.Responsibility Departemen & Tanggung jawabnya(1) Marketing • mengevaluasi tingkat kualitas produk yang diinginkan oleh konsumen.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful