Presentasi individu BAB 1-4 Geologi indonesia Sumber : Buku Geologi oleh Dr. j. a.

katili Oleh : Kiki Kurniawan

khususnya fisik bumi. • • Gejala geologi dan manusia primitif Ilmu geologi merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam.1. Karena geologi mengkaji segala sesuatu yang berhubungan Dengan bumi. . Manusia primitif melihat dan menganalisis gejala geologi Hanya dengan menggunakan panca indera tanpa mencari tahu bagaimana gejala tersebut dapat terjadi.

manusia mampu mengembangkan filsafat tentang alam sekitarnya meskipun masih sangat sederhana. roh nenek moyangnya atau makhluk gaib dan mengaitkan gejala alam dengan hal yang tidak masuk akal.  Dengan pengetahuan yang dimiliki. gunung meletus. Contohnya bangsa Yunani mengira gempa bumi terjadi karena bumi yang dipikul Dewa Atlas sedikit goyah. . Dengan sifat rasa ingin tahunya. manusia menganggap gejala alam seperti gempa.  Manusia memroyeksikan rasa takutnya pada gejala alam dengan meminta atau menyembah pada benda-benda mati. atau angin topan terjadi karena perlakuan mereka terhadap alam.

manusia sudah mampu mengetahui segala deskripsi dari sebagian besar gejala alam yang terjadi dengan mengadakan penelitian yang didasari oleh hipotesis dan buktibukti di lapangan. . Yang kemudian muncul teori-teori tentang geologi. Pada zaman modern.

. Hal ini didasari dari cara kerja ahli purbakala dan ahli geologi yang mirip. Keduanya sama-sama mencari jejak atau sisa-sisa benda bekas kejadian di masa lampau yang mugkin dapat menuntun mereka menemukan fakta mengenai kejadian di masa lampau yang ingin mereka ungkap. Geologi juga merupakan pengetahuan sejarah.

 Para ahli geologi yang meneruskan penelitian ahli purbakala dengan meneliti lapisan tanah yang umurnya berjuta-juta tahun lalu. . Pada dasarnya ahli purbakala menggali tanah untuk menemukan benda-benda peninggalan manusia zaman dahulu. semakin dalam menggali ia akan menemukan peninggalan yang semakin tua umurnya dan berujung pada penemuan peninggalan manusia purba.

. bentuk bumi. Sehingga geologi dapat dikatakan pengetahuan yang mempelajari evolusi anorganik serta evolusi organik dari bumi.Berdasarkan sejarah. dan mempelajari sejarah perkembangan bumi serta makhluk yang pernah hidup di dalam dan di atas bumi. susunan zat. Namun untuk mengelola kekayaan tersebut secara optimal diperlukan pengetahuan yang dapat menunjang. Karena geologi merupakan pengetahuan yang menyelidiki lapisan-lapisan batuan. perkembangan suatu bangsa dan kemajuan budayanya dapat dipengaruhi oleh kekayaan bumi di negaranya. yaitu geologi.

• Minerologi • Petrologi • Paleontologi • Geologi sejarah • Geologi ekonomi • Geologi teknik • Geofisika • Geomorfologi .

Teori ini didukung oleh d’Orbigny. .  Namun teori bencana tidak bertahan lama setelah muncul teori uniformitarisma oleh Lycll (1830) dalam buku “Principles of Geology”bahwa segala gejala alam besar yang sekarang terjadi dengan jalan yang sangat lambat dan proses yang bersambung dengan proses yang kini sedang berlangsung. ahli purbakala yang menetapkan bumi telah mengalami 27 kali revolusi diikuti oleh 27 kali ciptaan baru. Teori ini menyatakan bahwa flora dan fauna tidak berevolusi. flora dan fauna jenis baru muncul setelah terjadi bencana atau pemusnahan masal kahidupan sebelumnya. Teori malapetaka atau bencana dikemukakan oleh Cuvier (1830).

Gejala eksogen yaitu energi yang berasal dari luar bumi seperti aliran air sungai. Gejala endogen yaitu energi yang berasal dari dalam bumi seperti batu karang yang terbentuk dalam waktu yang lama dan akhirnya membentuk batu karang yang besar. Seperti Great Barrier Reef di Australia. gletser dan sinar matahari 2. . angin.Gejala gaya geologi ada dua : 1.

gempa bumi.Gaya asal dalam (endogen) Contoh gaya endogen adalah gaya-gaya gunung api. Dalam geologi ada dua daur geologi yaitu: • Daur orogenesis yaitu pembentukan pegunungan • Daur glyptogenesis yaitu penghancuran relief-relief dan litogenesis. . dan pembentukan pegunungan.

Bumi ditutupi air sebanyak sepertiga luasnya yaitu kira-kira 197 juta mil persegi. Relief berupa pegunungan. dataran rendah dan perairan.  Di dalam laut terdapat pegunungan yang merupakan rangkaian sistem punggung di dasar laut. Akibat dari tenaga endogen dan tenaga eksogen yaitu adanya perbedaan tinggi rendahnya permukaan bumi atau relief. . Puncak pegunungan ini disebut “sea mount” dan gujots.

Busur kepulauan Indonesia. Busur Antilla.Busur –busur kepulauan dunia 1. Benua yang tidak mengalami pergeseran lagi sejak zaman protozoikum merupakan daerah perisai. rangkaian sirkum pasifik dan himalaya. Busur Scotia. yang menyambung dari Amerika selatan dan antartika 3. . yang menyambung dari Amerika Selatan dan Amerika Utara 2.

Benua yang terdiri dari bahan bersifat granit ini menonjol 3 mil dari dasar lekuk samudra. isos= sama. statis= diam atau keadaan sama seperti gunung es yang mengapung di atas air. . Benua di anggap mengapung di atas lapisan berat bersifat basalt. Penyesuaian secara lambat telah terjaqdi di bawah permukaan bumi. ialah bahwa daerah kontinen dengan bahan ringan menonjol lebih tinggi dari material yang lebih berat yang membentuk dasar samudra.Isostasi berasal dari bahasa Yunani .

Wassalamu’alaikum… Terima kasih .