PANDUAN TUGAS AKHIR  Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri,   Universitas Islam Indonesia 

1. Pengantar Tugas Akhir (TA) adalah sebuah penelitian di bidang teknik elektro yang dapat mencakup salah satu dari bidang arus kuat, isyarat elektronis, elektronika, kendali, telekomunikasi, atau komputer. TA harus didokumentasi dalam bentuk laporan yang berisi tinjauan analitis, dan unjuk kerja dari obyek yang diteliti, sesuai dengan tujuan penelitian. 2. Batasan Tugas Akhir Beberapa batasan yang harus diperhatikan dalam menyelesaikan Tugas Akhir: a. Tugas Akhir disarankan untuk dikerjakan di laboratorium b. Waktu pelaksanaan Tugas Akhir maksimal 6 bulan. 3. Tujuan Tugas Akhir Tujuan Tugas Akhir antara lain: a. Mengenalkan bagaimana melakukan penelitian secara intensif terhadap sebuah topik yang spesifik b. Merangkum semua ilmu yang telah diperoleh dalam bentuk perancangan aplikasi hardware maupun software. c. Memberikan bekal bagaimana bekerja secara komprehensif sebelum terjun ke dunia kerja 4. Syarat Tugas Akhir Mahasiswa yang berhak melakukan Tugas Akhir harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut: a. Tercatat sebagai mahasiswa aktif pada jurusan Teknik Elektro FTI UII yang dibuktikan dengan kartu mahasiswa. b. Telah menempuh minimal 125 SKS dengan IPK ≥ 2.00. c. Menyelesaikan administrasi Tugas Akhir 5. Prosedur Pengajuan Tugas Akhir Prosedur pengajuan Tugas Akhir adalah sebagai berikut: a. Memasukkan mata kuliah Tugas Akhir saat key-in KRS. b. Mengambil dan mengisi blangko Tugas Akhir di bagian pengajaran urusan KP/TA dengan melampirkan: Fotokopi kartu mahasiswa Kuitansi pembayaran biaya Tugas Akhir. Transkrip nilai c. Menyerahkan kembali blanko Tugas Akhir yang telah diisi lengkap ke bagian pengajaran urusan KP/TA untuk diajukan dan diketahui jurusan. d. Mengajukan proposal TA yang harus diseminarkan 6. Proposal Tugas Akhir dan Seminar Proposal Tugas Akhir a. Proposal Tugas Akhir. Sebelum melaksanakan tugas akhir mahasiswa diwajibkan membuat proposal TA dan mempresentasikannya dalam seminar proposal TA. Proposal TA yang

Panduan KPTA

1

Studi Pustaka Proposal TA yang diajukan harus memuat studi pustaka mengenai penelitian/TA sejenis yang telah dilakukan. Di bagian ini dapat dicantumkan diagram blok atau diagram alir dari TA yang akan dikerjakan. Kejelasan metode Tugas Akhir d.diajukan berisi hal-hal pokok sebagai berikut: 1. Penguasaan materi atas langkah kerja Tugas Akhir yang akan dikerjakan Berdasarkan evaluasi. 3. Spesifikasi. buku teks. kesimpulan ataupun saran dari penelitian yang sejenis dirangkum menjadi satu latar belakang permasalahan atau alasan kenapa penelitian yang sejenis masih diperlukan. Kejelasan masalah atau kontribusi Tugas Akhir b. Seminar Proposal Tugas Akhir dan Evaluasinya Proposal yang telah selesai disusun diprensentasikan di depan dua orang dosen penguji yang ditunjuk oleh jurusan. Definisi Masalah Dari studi pustaka yang dilakukan dapat dirumuskan masalah. Sumber pustaka dapat berupa TA mahasiswa UII sebelumnya. yang ditunjukkan dalam studi pustaka c. hasil seminar proposal TA adalah 1. Dengan adanya definisi masalah yang spesifik (berdasarkan studi pustaka). artikel ilmiah atau paper. mahasiswa selanjutnya minta menjelaskan secara singkat metodologi atau langkah kerja yang akan dilakukan selama pelaksanaan TA. Keaslian ide TA (bukan duplikasi). Penolakan dapat dikarenakan beberapa sebab antara lain: tidak jelasnya kontribusi. hal-hal berikut akan dievaluasi: a. Lulus Lulus artinya judul diterima dan mahasiswa berhak untuk meneruskan proposal TA menjadi TA yang sebenarnya. Metodologi Dengan definisi masalah di atas. Selama pelaksanaan ujian proposal. kontribusi topik TA yang akan dilakukan menjadi lebih jelas. Ditolak artinya judul tidak diterima dan mahasiswa diharuskan membuat proposal baru dan melakukan seminar ulang. Untuk kesempurnaan dan kelancaran TA dimungkinkan adanya revisi (pengurangan atau penambahan) materi menyesuaikan kelayakan TA dan kemampuan mahasiswa 2. Ditolak. 2. Jelasnya kontribusi TA akan mempermudah mahasiswa dalam proses pengerjaan TA dan membantu dosen dalam memutuskan apakah topik TA yang diajukan telah memberikan kontribusi yang layak. terjadi duplikasi TA atau terlalu lemahnya pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diajukan dalam proposal TA Hasil evaluasi seminar proposal serta komentar yang diberikan oleh penguji dituangkan dalam formulir seminar proposal yang disediakan jurusan (lihat lampiran. sudah ada di jurusan). hasil. 7. Definisi masalah ini akan dijadikan topik utama tugas akhir. 2 Jurusan Teknik Elektro . Hasil studi pustaka ini akan menjadi salah satu bagian yang harus dicantumkan di laporan tugas akhir.

mahasiswa diharuskan membuat surat permohonan yang ditujukan kepada kepala laboratorium dengan diketahui dosen pembimbing dan ketua jurusan TE. Selama pelaksanaan TA mahasiswa berhak mendapatkan dosen pembimbing TA.5 sampai 2 jam. dan syarat administrasi lain telah terpenuhi (tutup teori. lihat lampiran) e. lulus KKN dan BTAQ. Sidang Ujian Pendadaran Ujian Pendadaran dilaksanakan mengikuti aturan sebagai berikut: Sidang Ujian pendadaran dilaksanakan dihadapan tim penguji yang terdiri atas 3 orang dosen (minimal 1 orang dari tim penguji adalah dosen pembimbing). kecuali bahan habis pakai. c. Hasil perancangan perangkat keras atau perangkat lunak 2. serta mengisi lembar konsultasi berupa agenda kegiatan. maka mhs diharuskan membayar ulang biaya TA. Agenda kegiatan dibuat satu untuk mahasiswa dan masing-masing satu untuk disimpan dosen pembimbing.8. Mahasiswa disarankan untuk mengerjakan TA di laboratorium. TA. Tugas utama dosen pembimbing TA adalah membimbing mahasiswa dalam menyelesaikan Tugas Akhir dan penulisan laporan Tugas Akhir. Dosen pembimbing ditunjuk oleh jurusan. d. Contoh Formulir Agenda Kegiatan/Pembimbingan dapat dilihat di lampiran (lihat lampiran). Penyerahan surat ini dinyatakan sebagai konsultasi yang pertama dengan diparafnya lembar konsultasi oleh dosen pembimbing. dicantumkan tanggal dan uraian kegiatan yang berisi laporan kemajuan singkat (progress report). a. Presentasi dan penguasaan materi keilmuan elektro yang ditetapkan oleh Jurusan Panduan KPTA 3 . dan terdiri atas dua sesi. b. dan harus diserahkan kepada dosen yang ditunjuk dalam jangka waktu 1 minggu sejak surat dikeluarkan sekaligus dengan revisi proposalnya. Sedangkan sesi kedua adalah sesi tanya jawab antara mahasiswa Penilaian untuk evaluasi pendadaran TA yang didasarkan pada kriteria sebagai berikut: 1. Selama pembimbingan diharapkan rutin melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing. Surat penunjukan pembimbing akan dibuat oleh jurusan setelah mahasiswa dinyatakan lulus seminar proposalnya. Laporan ini menjadi dasar bagi dosen pembimbing untuk menentukan langkahlangkah yang perlu diambil selama proses pengerjaan. lulus KP. nilai TOEFL ≥ 400). Mahasiswa diperbolehkan menggunakan seluruh fasilitas lab (saat tidak digunakan untuk praktikum). Penulisan laporan 3. 9. Masa bimbingan selama 6 (enam) bulan terhitung berdasarkan tanggal keluarnya surat penunjukan pembimbing sampai dengan tanggal ditandatanganinya draft laporan Tugas Akhir Jika melampaui masa 6 bulan TA belum selesai. sebelum pelaksanaan ujian pendadaran. Sesi pertama adalah presentasi mahasiswa mengenai TA yang dikerjakan. Ujian Pendadaran sebagai Evaluasi Tugas Akhir Mahasiswa berhak mengajukan ujian pendadaran bila laporan TA sudah disetujui oleh dosen pembimbing. dilanjutkan dengan demo perangkat keras/perangkat lunak yang dibuat dalam TA. (blanko peminjaman . Untuk dapat bekerja di lab. Pelaksanaan dan Pembimbingan Tugas Akhir a. Ujian pendadaran berlangsung kurang lebih selama 1.

Sistematika Penulisan Laporan tugas akhir ditulis mengikuti sistematika sebagai berikut ini: Bab I  Pendahuluan  Bab ini berisi: ⎯ Latar belakang topik yang diangkat menjadi TA ⎯ Definisi masalah dari topik TA yang diangkat ⎯ Performance criteria atau indikator yang dijadikan sebagai tolak ukur dalam melakukan pengujian dan analisis sistem yang dibuat ⎯ Penjelasan singkat mengenai langkah-langkah (metodologi) yang akan diambil untuk menyelesaikan masalah Bab II Studi Pustaka  Bab ini berisi: ⎯ Literature survey tentang penelitian sejenis yang telah dilakukan sebelumnya. 10. Bab III  Metodologi (Perancangan Sistem)   Bab ini berisi: ⎯ Penjabaran metodologi: penjelasan diagram blok atau diagram alir sistem yang dibuat ⎯ Penjabaran indikator unjuk kerja sistem: bagaimana validasi atau pengujian sistem akan dilakukan Bab IV Pengujian. Jika revisi melampaui masa 2 bulan maka mahasiswa diharuskan mengulang ujian pendadaran. kesimpulan. ⎯ Penjelasan mengenai keaslian penelitian yang akan dikerjakan dalam TA. komentar penelitian sejenis yang telah dilakukan sebelumnya. Ujian pendadaran ulangan dilaksanakan tidak lebih dari 2 bulan setelah ujian yang pertama. Lulus dengan revisi laporan TA Mahasiswa yang lulus dengan revisi diwajibkan menyelesaikan revisi TA dalam jangka waktu tidak lebih dari 2 bulan setelah ujian pendadaran dilaksanakan. dengan prosedur pendaftaran ujian pendadaran yang sama dengan pendaftaran ujian pendadaran sebelumnya.b. ⎯ Analisis. yaitu: 1. Analisis dan Pembahasan Sistem  Bab ini berisi: ⎯ Pengujian sistem berdasarkan indikator unjuk kerja yang telah dijelaskan sebelumnya ⎯ Analisis dan pembahasan terhadap kinerja sistem dibandingkan dengan unjuk kerja yang diinginkan (validasi sistem)     4 Jurusan Teknik Elektro . saran. Hasil Ujian Pendadaran Hasil ujian pendadaran dikelompokkan dalam tiga kategori. Lulus 2. Tidak Lulus Mahasiswa yang tidak lulus diharuskan mengulang ujian pendadaran. 3.

Pembatalan topik TA yang sedang dikerjakan dinyatakan dalam sebuh surat pernyataan yang ditandatangani semua dosen pembimbing dan diketahui ketua jurusan. Pendaftaran ujian pendadaran dilaksanakan setiap bulan dan ditutup setiap tanggal 15. b. terkecuali ada kasus khusus. Format Halaman Judul Proposal Tugas Akhir <JUDUL TUGAS AKHIR> PROPOSAL TUGAS AKHIR Diajukan sebagai Salah Satu Syarat Untuk Melaksanakan Tugas Akhir pada <Konsentrasi>* <Jurusan> oleh: Nama : _____________ No. Panduan KPTA 5 . Jadwal Ujian dikeluarkan 1 (satu) minggu sebelum pelaksanaan Ujian Pendadaran. Mahasiswa : _____________ <KONSENTRASI>* <JURUSAN> FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA <TAHUN> * Jika ada. Ujian pendadaran dilaksanakan pada minggu terakhir setiap bulan. c. Ketentuan lain-lain a. mahasiswa dapat mengganti TA yang sudah dikerjakan dengan topik TA yang baru.Bab V Penutup  Bab ini berisi: ⎯ Kesimpulan dari TA yang telah selesai dikerjakan berdasarkan analisis dan pembahasan di bab sebelumnya ⎯ Saran untuk pengembangan dan penelitian lebih lanjut 11. Jika setelah 6 bulan mengerjakan TA tidak didapatkan kemajuan yang signifikan dan bantuan dosen pembimbing tidak dapat digunakan untuk menyelesaikan TA.

6 Jurusan Teknik Elektro . Mahasiswa ::_____________ No.Format Halaman Judul Tugas Akhir <JUDUL TUGAS AKHIR> <JUDUL TUGAS AKHIR> TUGAS AKHIR TUGAS AKHIR Diajukan sebagai Salah Satu Syarat Diajukan sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Untuk Memperoleh Gelar Sarjana <Konsentrasi>* <Jurusan> <Konsentrasi>* <Jurusan> oleh: oleh: Nama ::_____________ Nama _____________ No. Mahasiswa _____________ <KONSENTRASI>* <KONSENTRASI>* <JURUSAN> <JURUSAN> FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA YOGYAKARTA <TAHUN> <TAHUN> * Jika ada.

Mahasiswa : _____________ Yogyakarta.Format Lembar Pengesahan Pembimbing TA LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING <JUDUL TUGAS AKHIR> TUGAS AKHIR oleh: Nama : _____________ No. ____________ Pembimbing I. Pembimbing II*. * Jika Pembimbing TA dua orang. Panduan KPTA 7 .

<Nama Lengkap> Ketua <Nama Lengkap> Anggota I <Nama Lengkap> Anggota II ____________ ____________ ____________ Mengetahui. 8 Jurusan Teknik Elektro . Mahasiswa oleh: : _____________ : _____________ Telah Dipertahankan di Depan Sidang Penguji sebagai Salah Satu Syarat untuk Memperoleh Gelar Sarjana <Konsentrasi>* <Jurusan> Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia * Jika ada. ____________ Tim Penguji.Format Lembar Pengesahan Penguji TA LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI <JUDUL TUGAS AKHIR> TUGAS AKHIR Nama No.

Mahasiswa : _____________ : _____________ <KONSENTRASI> <JURUSAN> FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA <TAHUN> Panduan KPTA 9 . Mhs> <Nama> oleh: Nama No.Tampilan Sampul Punggung dan Sampul Depan TA TUGAS AKHIR <JUDUL TUGAS AKHIR> TUGAS AKHIR Diajukan sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana <Konsentrasi> <Jurusan> <JUDUL TUGAS AKHIR> <No.

Contoh Lembar Konsultasi yang harus dibawa mahasiswa setiap kali melakukan bimbingan Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia Untuk Mahasiswa Lembar Konsultasi/Bimbingan TA Nama: No Mhs: Konsentrasi: Judul : Pembimbing I : Pembimbing II : No Tanggal Catatan Pertemuan Sebelumnya Hasil saat ini Paraf Dosen 10 Jurusan Teknik Elektro .

Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia Untuk Pembimbing Lembar Konsultasi/Bimbingan TA Nama: No Mhs: Konsentrasi: Judul : No Tanggal Catatan Pertemuan Sebelumnya Hasil saat ini Paraf Dosen Panduan KPTA 11 .

12 Jurusan Teknik Elektro .

Panduan KPTA 13 .