Jawaban untuk memahami lima pertanyaan manajemen yang lengkap tentang "Di mana kita sekarang?

" Dan posisi perusahaan untuk strategi yang baik sesuai dengan situasi yang dibutuhkan dari "Tiga Tes Strategi Winning". Ada beberapa hal yang harus diketahui oleh setiap perusahaan diantaranya yaitu :

PERTANYAAN 1 : BAGAIMANAKAH STRATEGI PERUSAHAAN BEKERJA?

Dua indikator terbaik dari seberapa baik strategi perusahaan bekerja adalah (1) apakah perusahaan mencapai tujuan keuangan dan dinyatakan strategis dan (2) apakah perusahaan merupakan pemain industri atas rata-rata. Kekurangan persisten dalam target kinerja dan kinerja rapat perusahaan relatif terhadap saingan yang lemah adalah tanda peringatan yang dapat diandalkan bahwa perusahaan menderita dari strategi yang buruk membuat, kurang-dari-eksekusi strategi yang kompeten, atau keduanya. Indikator lain dari seberapa baik strategi perusahaan bekerja meliputi:

Tren dalam penjualan perusahaan dan pertumbuhan pendapatan:      Tren harga saham perusahaan. Kekuatan keuangan secara keseluruhan perusahaan. Pelanggan perusahaan tingkat retensi. Tingkat di mana pelanggan baru diperoleh. Perubahan citra perusahaan dan reputasi dengan pelanggan.

Bukti perbaikan dalam proses internal seperti tingkat cacat, pemenuhan pesanan, waktu pengiriman, hari ventory, dan produktivitas karyawan.

PERTANYAAN 2: APAKAH SUMBER DAYA PERUSAHAAN KOMPETITIF PENTING DAN KEMAMPUAN ?

Model bisnis perusahaan dan strategi harus sangat cocok untuk koleksi sumber daya dan kemampuan. Sebuah usaha oleh manajemen untuk menciptakan dan memberikan nilai pelanggan dengan cara yang tergantung pada sumber daya atau kemampuan yang kekurangan dan tidak

NBC. sebuah perusahaan mengejar keuntungan berbasis biaya mungkin berinvestasi dalam super-efisien pusat distribusi yang memberikan kemampuan untuk mendistribusikan produk dengan biaya lebih rendah daripada pesaing. Selama jangka waktu lebih dari satu dekade. atau kompetitif yang penting kemampuan-contoh termasuk keterampilan dalam operasi biaya rendah. kemampuan terbukti dalam menciptakan dan memperkenalkan produk inovatif. keahlian dalam mendapatkan produk baru ke pasar dengan cepat. Dell telah menempatkan waktu dan uang ke dalam budidaya hubungan dengan pemasok utama perusahaan yang memberikan kemampuan rantai pasokan yang tak tertandingi. dan keahlian dalam memberikan layanan pelanggan yang baik secara konsisten. Real-time berbagi informasi antara Dell dan pemasok yang memungkinkan tanaman Dell banyak beroperasi dengan persediaan hanya beberapa jam 'dari bagian-bagian tertentu dan komponen karena pemasok memiliki akses online untuk jadwal produksi harian Dell. dan tidak mudah dikalahkan oleh sumber daya setara rival 'pengganti. mutakhir manajemen rantai suplai kemampuan. Bahkan. Walmart terkenal untuk distribusi lowcost dan efisiensi distribusi adalah salah satu faktor dalam kemampuannya untuk underprice saingan. Karena Fox News dan CNN memiliki kemampuan untuk mencurahkan waktu lebih banyak udara ke cerita berita dan wartawan di tempat kejadian sangat cepat dibandingkan dengan jaringan utama seperti ABC. Jenis-jenis sumber daya yang berharga dan kemampuan kompetitif bahwa manajemen harus dipertimbangkan ketika menyusun strategi meliputi: • Sebuah keterampilan. Sumber daya yang berharga kompetitif dan kemampuan juga dapat memfasilitasi diferensiasi di pasar. Pendekatan kompetitif Sebuah perusahaan membutuhkan sempit dengan situasi internal perusahaan dan ini diperkuat ketika ia mengeksploitasi sumber daya yang kompetitif berharga. dan CBS. banyak pemirsa beralih ke jaringan kabel saat acara berita utama terjadi.dapat langsung diperoleh tidak bijaksana dan posisi perusahaan untuk kegagalan. Sebagai contoh. keahlian khusus. . sulit untuk menyalin. langka. banyak perusahaan berbasis sumber daya mengejar strategi yang mencoba untuk mengeksploitasi sumber daya perusahaan dengan cara yang menawarkan nilai kepada pelanggan dengan cara saingan tidak dapat cocok.

atau pasar geografis. atau kepemilikan dari sumber daya alam yang berharga deposito. lokasi real estate yang menarik. 2. Menentukan Kekuatan Kompetitif suatu Sumber Daya Perusahaan Apa yang paling menceritakan tentang agregasi perusahaan sumber daya adalah seberapa kuat mereka di pasar.• • aset fisik-seperti Berharga sebagai negara-of-the-art-pabrik dan peralatan. kompetitif berharga aliansi atau koperasi usaha-aliansi atau usaha patungan yang menyediakan akses ke teknologi yang berharga. Apakah sumber daya langka-itu sesuatu yang kurang saingan? Perusahaan harus menjaga terhadap pridefully percaya bahwa mereka koleksi sumber daya dan kompetitif kemampuan lebih kuat daripada saingan mereka. tertanam pembelajaran kolektif dalam organisasi. Siapa yang benar-benar dapat mengatakan apakah konsumen kecakapan pemasaran Coca-Cola adalah lebih baik daripada Pepsi-Cola atau apakah nama merek Mercedes-Benz lebih kuat dibandingkan dengan BMW atau Lexus? Meskipun banyak pengecer mengaku cukup mahir dalam pemilihan produk dan toko merchandise. dan jaringan yang kuat dari distributor atau dealer ritel. aset-sebuah berwujud Berharga nama merek yang kuat atau terkenal atau loyalitas pembeli yang kuat. paten kunci. Adalah sumber daya benar-benar kompetitif berharga? Semua perusahaan memiliki koleksi sumber dan kemampuan-beberapa memiliki potensi untuk berkontribusi pada keunggulan kompetitif sementara yang lain tidak mungkin. teknologi proprietary. knowhow khusus. atau terbukti manajerial tahu-bagaimana. • • • Berharga organisasi aset-terbukti sistem kontrol kualitas. . karyawan yang berbakat di bidang utama. nomor lari ke masalah di pasar karena mereka menghadapi saingan yang kemampuan dalam pemilihan produk dan barang dagangan di dalam toko yang sama atau lebih baik dari mereka. Operasi Apple Sistem untuk PC yang MacIntosh adalah dengan account kebanyakan pemukul dunia (Di bandingkan dengan Windows Vista) tetapi Apple telah gagal total dalam mengkonversi yang sumber daya kekuatan dalam desain sistem operasi ke yang kompetitif sukses di pasar PC global. manusia aset berharga dan intelektual modal-tenaga kerja yang berpengalaman dan mampu. Daya saing sumber daya diukur dengan berapa banyak dari empat tes berikut bisa lewat: 3 1.

Sebagai contoh. memberikan dasar untuk menyusun strategi yang mengkapitalisasi pada kekuatan perusahaan. langka. budaya organisasi mendukung strategi). dan mahal untuk meniru kehilangan kemampuan mereka untuk menawarkan keunggulan kompetitif jika memiliki saingan setara pengganti sumber daya. Dapat sumber daya akan dikalahkan oleh kekuatan sumber daya pengganti dan kompetitif kemampuan? Sumber daya yang kompetitif berharga. Sumber cenderung sulit untuk menyalin ketika mereka unik (lokasi yang fantastis real estat. Mengambil Inventarisasi Kekuatan internal suatu Perusahaan Sumber Daya dan Kelemahan dan Peluang dan Ancaman Eksternal Penilaian terhadap trengths sumber daya perusahaan dan eaknesses w dapat digabungkan dengan daftar peluang eksternal untuk memberikan gambaran situasi perusahaan secara keseluruhan. dan ketika mereka membawa persyaratan modal besar (tanaman biaya-efektif untuk memproduksi mutakhir mikroprosesor). ketika mereka harus dibangun dari waktu ke waktu (nama merek. Sumber daya dapat memberi kontribusi kepada kompetitif keuntungan hanya ketika sumber daya pengganti tidak ada. 4. Apakah sumber daya yang sulit untuk menyalin atau meniru? Semakin sulit dan lebih mahal itu adalah untuk meniru sumber daya atau kemampuan perusahaan. produsen mengandalkan otomatisasi untuk mendapatkan keuntungan berbasis biaya dalam kegiatan produksi dapat menemukan teknologi berbasis keuntungan mereka dibatalkan dengan menggunakan saingan 'dari lowwage manufaktur lepas pantai. semakin besar potensi kompetitif nilai. umumnya dikenal sebagai analisis SWOT. Seperti penilaian. dan membela terhadap ancaman terhadap kesejahteraannya. bertujuan untuk menangkap peluang jujur perusahaan terbaik.3. . Walmart pesaing telah gagal dalam upaya mereka selama dua dekade terakhir untuk mencocokkan negara-of-the-art kemampuan distribusi. perlindungan paten).

kompetensi. dan / atau pasar geografis yang menarik. Peluang. merek yang kuat nama gambar / reputasi perusahaan. teknologi proprietary / keterampilan teknologi unggul / paten penting. Biaya keunggulan atas saingan. kemampuan pelanggan baik layanan. sumber daya keuangan yang cukup untuk mengembangkan bisnis. Kelemahan. Ekonomi skala dan / atau pengalaman belajar dan kurva keuntungan atas saingan. Tabel 4.1 daftar jenis faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun sumber daya perusahaan kekuatan dan kelemahan. dan Ancaman Potensi Sumber Daya Kekuatan dan Kemampuan Kompetitif • • • • • • • • • • • • Kondisi keuangan yang kuat. Lebih baik kualitas produk relatif terhadap pesaing. . kemampuan manajemen rantai pasokan yang baik.Mengidentifikasi Sumber Daya Kekuatan Perusahaan Dan Kompetensi Inti Kekuatan sumber daya sebuah perusahaan merupakan aset yang kompetitif dan menentukan apakah daya saing di pasar akan mengesankan kuat atau lemah mengecewakan. Produk kemampuan inovasi. Sebuah perusahaan yang wellendowed dengan kekuatan sumber daya kuat dan kompetensi inti yang cukup kompetitif biasanya memiliki daya-terutama ketika tim manajemen terampil memanfaatkan sumber daya perusahaan dengan cara yang membangun keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Faktor untuk Pertimbangkan Ketika Mengidentifikasi Kekuatan Perusahaan. Aliansi / usaha patungan dengan perusahaan lain yang menyediakan akses ke yang berhargateknologi. Terbukti kemampuan dalam meningkatkan proses produksi. Luas cakupan geografis dan / atau kemampuan distribusi yang kuat global. Perusahaan dengan aset kompetitif yang sederhana atau lemah yang hampir selalu diturunkan ke posisi tertinggal dalam industri.

Mendapatkan perusahaan saingan atau perusahaan dengan keahlian atau kemampuan teknologi yang menarik. Di balik pada kualitas produk. unit secara keseluruhan biaya yang lebih tinggi relatif terhadap pesaing utama. Potensi Ancaman Eksternal untuk Prospek Masa Depan Perusahaan • • • Meningkatkan intensitas kompetisi di antara industri saingan-dapat menekan margin keuntungan.Potensi Pasar Peluang • • • • • • Melayani kelompok pelanggan tambahan atau segmen pasar. dibebani dengan utang terlalu banyak. Pendek pada sumber daya keuangan untuk mengembangkan bisnis dan mengejar inisiatif menjanjikan. slowdowns dalam pertumbuhan pasar. Potensi Sumber Daya Kelemahan dan Kekurangan Kompetitif • • • • • • • • • • • Tidak ada arah strategis yang jelas. Terlalu sempit lini produk relatif terhadap pesaing. Tidak ada kompetensi inti yang berkembang dengan baik atau terbukti. Memanfaatkan keahlian perusahaan yang ada atau teknologi know-how untuk memasuki lini produk baru atau bisnis baru. Memperluas ke pasar geografis baru. Sebuah produk / layanan dengan fitur dan atribut yang lebih rendah kepada mereka saingan. Jatuh hambatan perdagangan di pasar luar negeri yang menarik. Kurangnya kedalaman manajemen. R & D. dan / atau teknologi know-how. Memperluas lini produk perusahaan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan yang lebih luas. Sebuah neraca lemah. Kemungkinan masuknya pesaing baru potensial. citra merek lemah atau reputasi. . lemah agen jaringan dari saingan utama.

Harga dan perbandingan biaya sangat penting dalam industri di mana persaingan harga biasanya adalah kekuatan pasar berkuasa. bagaimanapun. Mahal persyaratan peraturan baru. Pesaing tidak mungkin. Salah satu tanda paling jelas dari apakah posisi bisnis perusahaan yang kuat atau genting adalah apakah harga dan biaya yang kompetitif dengan saingan industri. Kerentanan terhadap kekuatan pendorong industri tidak menguntungkan. Dua alat analisis yang sangat berguna dalam menentukan apakah harga suatu perusahaan dan biaya yang kompetitif: analisis rantai nilai dan benchmarking. perusahaan-perusahaan saingan harus menjaga biaya mereka sejalan dengan rival menawarkan campuran serupa membedakan fitur. . perubahan demografis merugikan yang mengancam untuk membatasi permintaan untuk produk industri. Tetapi bahkan dalam industri di mana produk dibedakan.• • • • • • Tumbuh daya tawar pelanggan atau pemasok. Pergeseran dalam kebutuhan dan selera pembeli dari produk industri. membeli jalan ke pasar dengan harga super rendah yang berada di bawah biaya-nya mungkin hanya memiliki biaya jauh lebih rendah. PERTANYAAN 3 : APA BIAYA PERUSAHAAN DAN HARGA KOMPETITIF? Manajer sering terkejut ketika pesaing pemotongan harga untuk "luar biasa rendah" tingkat atau ketika pendatang pasar baru datang pada kuat dengan harga yang sangat rendah. kebijakan perdagangan yang bersifat membatasi pada bagian dari pemerintah asing.

Bagaimana peringkat perusahaan relatif terhadap pesaing di masing-masing faktor penting yang menentukan keberhasilan pasar? 2. dan (2) kegiatan yang sekutu melakukan distribusi mempengaruhi kepuasan pelanggan. Semua hal dipertimbangkan. Untuk alasan ini. perusahaan biasanya bekerja sama dengan pemasok mereka dan sekutu saluran ke depan untuk melakukan kegiatan rantai nilai dengan cara yang saling menguntungkan. 10 rantai nilai ini mitra saluran maju kembali relevan karena (1) biaya dan margin distributor perusahaan dan dealer ritel merupakan bagian dari harga konsumen pada akhirnya membayar.Pembandingan: Sebuah Alat untuk Menilai Apakah Nilai suatu Perusahaan Kegiatan Rantai Apakah Kompetitif Rantai Nilai Industri Sistem untuk Seluruh Rantai nilai perusahaan adalah tertanam dalam sistem yang lebih besar kegiatan yang mencakup rantai nilai pemasok dan rantai nilai dari distribusi sekutu apapun menyalurkannya memanfaatkan dalam mendapatkan produk atau layanan kepada pengguna akhir. PERTANYAAN 4 : APA KEKUATAN KOMPETITIF PERUSAHAAN SEHUBUNGAN DENGAN RIVALS KUNCI? Komponen tambahan dalam mengevaluasi situasi perusahaan sedang mengembangkan penilaian yang komprehensif dari keseluruhan kekuatan kompetitif perusahaan. apakah perusahaan memiliki keunggulan kompetitif bersih atau kerugian dibandingkan pesaing utama? . Membuat penentuan ini membutuhkan jawaban atas dua pertanyaan: 1.

penilaian masing-masing pesaing pada setiap mengukur kekuatan (menggunakan skala penilaian 1 sampai 10 dimana 1 adalah sangat lemah dan 10 adalah sangat kuat) dan mengalikan ditugaskan Peringkat oleh berat ditugaskan. Langkah ini melibatkan menggambar pada hasil dari kedua industri dan analisis kompetitif dan evaluasi situasi internal perusahaan.Langkah 1 dalam melakukan penilaian kekuatan kompetitif adalah untuk membuat daftar industri faktor kunci keberhasilan dan langkah-langkah menceritakan lainnya kompetitif kekuatan atau kelemahan (6 sampai 10 tindakan biasanya cukup). Langkah 4 adalah jumlah peringkat kekuatan tertimbang pada setiap faktor untuk mendapatkan mengukur keseluruhan kekuatan kompetitif untuk setiap perusahaan yang dinilai. Tugas di sini adalah untuk mendapatkan sinyal yang jelas pada apa industri dan kompetitif menghadapi tantangan perusahaan. dan apa masalah spesifik prestasi depan pembakar perhatian dengan manajer perusahaan. Langkah 5 adalah dengan menggunakan peringkat keseluruhan kekuatan untuk menarik kesimpulan tentang ukuran dan tingkat keunggulan kompetitif bersih perusahaan atau kerugian dan untuk mengambil catatan khusus dari bidang kekuatan dan kelemahan. Langkah 2 adalah untuk enetapkan berat untuk setiap ukuran kekuatan kompetitif berdasarkan pentingnya dirasakan dalam membentuk keberhasilan kompetitif. . (Jumlah bobot untuk setiap ukuran harus menambahkan hingga 1. yang kelemahan internal perusahaan perlu diperbaiki. Penentuan hal-hal yang tepat bahwa manajemen perlu khawatir tentang menetapkan agenda untuk memutuskan tindakan yang harus dilakukan berikutnya untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan prospek bisnis.0) Langkah 3 adalah untuk menghitung peringkat kekuatan tertimbang oleh. PERTANYAAN 5 : APA ISU STRATEGIS DAN MASALAH HARUS DITANGANI OLEH MANAJEMEN? Langkah analisis akhir dan paling penting adalah nol dalam pada apa isu strategis manajer perusahaan EED ke alamat.

2012 .STRATEGIC MANAGEMENT EVALUATING COMPANY’S RESOURCES AND COMPANY POSITION Disusun oleh: Badi uzzaman S R (08610140) JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG 2011 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful