You are on page 1of 3

Definisi Conveyor System Conveyor adalah bagian umum dari peralatan penanganan material mekanis yang bergerak dari

satu lokasi ke lokasi lain. Conveyor terutama berguna dalam aplikasi yang melibatkan transportasi bahan berat atau besar. System conveyor memungkinkan transportasi cepat dan efisien untuk berbagai bahan. Banyak jenis system conveyor yang tersedia, dan digunakan sesuai dengan kebutuhan berbagai industri yang berbeda. Conveying Equipments Classification 1. Pneumatic a. Air slides b. Air lift c. Fans 2. Mechanical a. Trucks b. Belt conveyor c. Screw conveyor d. Pan conveyor e. Bucket elevator P e m i l i h a n a l a t transportasi (conveying equipment) material padatan antara lain tergantung pada : Kapasitas material yang ditangani Jarak perpindahan material Kondisi pengangkutan : horizontal, vertikal atau inklinasi Ukuran (size), bentuk (shape) dan sifat material (properties) Harga peralatan tersebut.

Belt Conveyor Belt conveyor pada dasarnya merupakan peralatan yang cukup sederhana. Alat tersebut terdiri dari sabuk yang tahan terhadap pengangkutan material. Sabuk y a n g digunakan pada belt conveyor ini dapat dibuat dari berbagai jenis bahan misalnya dari karet,plastik, kulit ataupun logam yang tergantung dari jenis dan sifat bahan yang

akan diangkut.Untuk mengangkut bahan -bahan yang panas, sabuk yang digunakan terbuat dari logam yangtahan terhadap panas.

Gambar. Belt Conveyor Basic Sketch