MAKALAH PENGANTAR ILMU PERTANIAN TENTANG PERTANIAN BERKELANJUTAN

DISUSUN OLEH : NAMA Nim NAMA Nim NAMA Nim : ANTON TANTOWI YAHYA : 1106114054 : KIKI ARDIANTO : 1106121239 : MAULIDI TRIANSYAH PUJA : 1106120639

FAKULTAS PERTANIAN AGROTEKNOLOGI UNIVERSITAS RIAU 2011

Mampertahankan fungsi ekologis. Proses produksi pertanian yang berkelanjutan akan lebih mengarah pada penggunaan produk hayati yang ramah terhadap lingkungan. . Jadi dengan kata lain pertanian yang bisa dilaksanakan saat ini. Manusiawi artinya menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. dengan demikian pertanian berkelanjutan tidak statis tetapi dinamis bisa mengakomodir keinginan konsumen maupun produsen. untuk proses produksi pertanian dengan menekan dampak negatif terhadap lingkungan seminimal mungkin. Luwes yang berarri mampu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini. Menurut Gips.PERTANIAN BERKELANJUTAN Pertanian Berkelanjutan Suatu Konsep Pemikiran Masa Depan. Artinya pertanian tetap ada dan bermanfaat bagi semuanya dan tidak menimbulkan bencana bagi semuanya. serta lingkungannya. Pertanian berkelanjutan adalah pertanian yang berlanjut untuk saat ini. Masing-masing pihak mendapatkan hak sesuai dengan partisipasinya 3. saat yang akan datang dan selamanya. artinya tidak merusak ekologi pertanian itu sendiri 2. dimana harkat dan martabat manusia dijunjung tinggi termasuk budaya yang telah ada 5. saat yang akan datang dan menjadi warisan yang berharga bagi anak cucu kita. Pertanian berkelanjutan (sustainable agriculture) adalah pemanfaatan sumber daya yang dapat diperbaharui (renewable resources) dan sumberdaya tidak dapat diperbaharui (unrenewable resources). Berlanjut secara ekonomis artinya mampu memberikan nilai yang layak bagi pelaksana pertanian itu dan tidak ada pihak yang diekploitasi. suatu sistem pertanian itu bisa disebut berkelanjutan jika memiliki sifat-sifat sbb: 1. Keberlanjutan yang dimaksud meliputi : penggunaan sumberdaya. kualitas dan kuantitas produksi. Adil berarti setiap pelaku pelaksanan pertanian mendapatkan hak-haknya tanpa dibatasi dan dibelunggu dan tidak melanggar hal yang lain 4.

(2) aplikasi sistem rotasi dan budidaya rumput. (6) diversifikasi lahan dan tanaman.Pertanian organik merupakan salah satu bagian pendekatan pertanian berkelanjutan. dan (10) audit dan evaluasi manajemen pertanian secara terpadu dan holistik. serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat tani adalah sebagai berikut: (1) pengendalian hama terpadu. f) g) memelihara keragaman genetik sistem pertanian dan sekitarnya. (8) agroforestri (wana tani). (3) konservasi lahan. maka dapat disimpulkan bahwa pertanian organik merupakan salah satu teknologi alternatif . (9) manajemen pemasaran. penanganan tanaman dan pasca panen. (7) pengelolaan nutrisi tanaman. memelihara dan meningkatkan kesuburan tanah jangka panjang. mendorong dan meningkatkan siklus hidup biologis dalam ekosistem pertanian. serta mempertimbangkan dampak sosial dan ekologis yang lebih luas dalam sistem usaha tani. meningkatkan kualitas lingkungan. menghindarkan seluruh bentuk cemaran yang diakibatkan penerapan teknik pertanian. Berdasarkan penjabaran yang telah dijelaskan sebelumnya. yang di dalamnya meliputi berbagai teknik sistem pertanian. membudidayakan tanaman secara alami. serta pemeliharaan produktivitas tanah. (4) menjaga kualitas air/lahan basah. (5) aplikasi tanaman pelindung. Beberapa kegiatan yang diharapkan dapat menunjang dan memberikan kontribusi dalam meningkatkan keuntungan harmonisasai produktivitas pertanian dalam jangka panjang. penggunaan mulsa. The International Federation of Organic Agriculture Movements (IFOAM) menyatakan bahwa pertanian organik bertujuan untuk: a) b) c) d) e) menghasilkan produk pertanian yang berkualitas dengan kuantitas memadai. Pertanian organik memiliki ciri khas dalam hukum dan sertifikasi. larangan penggunaan bahan sintetik. seperti tumpangsari (intercropping).

baik kesehatan manusia maupun lingkungan. baik di negara maju maupun negara berkembang. Oleh karena itu. Salah satu alasan mengapa harus berlanjut adalah pengalaman selama ini dimana input tinggi telah menyebabkan degradasi lahan secara nyata. kuantitas dan harga yang bersaing. perlu dilakukan upaya antara lain : (1) sosialisasi pemasyarakatan mengenai pentingnya pertanian yang ramah lingkungan. sehingga produk-produk hasil pertanian dapat bernilai komersial tinggi. yang dapat diterapkan pada usaha tani. Oleh karena itu perlu ditekankan bahwa usaha tani yang berorientasi pasar global perlu menekankan aspek kualitas.pertanian yang memberikan berbagai hal positif. diperkirakan pada tahun 2010 ini. Produk pertanian organik diyakini dapat menjamin kesehatan manusia dan lingkungan karena dihasilkan melalui proses produksi yang berwawasan lingkungan. resistensi dan munculnya hama penyakit sekunder. Trend masyarakat dunia untuk kembali ke alam (back to nature) telah menyebabkan permintaan produk pertanian organik di seluruh dunia tumbuh pesat sekitar 20 – 30 % per tahun. Pada hal harapakn kita . Sebagai contoh penggunaan pestisida yang berlebihan menyebabkan resurgensi. Lahan sebagai penopang utama telah rusak. Berdasarkan hal tersebut. Pertanian organik semakin mendapat perhatian dari sebagian besar masyarakat. pangsa pasar dunia terhadap produk pertanian organik akan mencapai U$ 100 milyar. Penggunaan pupuk yang berlebihan malah menyebabkan pertemubuhan vegetatif yang tak diinginkan dan di daerah hilir menyebabkan eutrifikasi (suburnya perairan akibat akumulai hara oleh aliran air). menjamin pemenuhan kebutuhan pangan dan keamanan pangan. dan dapat memberikan kesadaran masyarakat dan petani khususnya dalam melestarikan ekosistem lingkungan. (3) diperlukan lebih banyak kajian/penelitian untuk mendapatkan produk organik yang berkualitas tinggi. (2) penggalakkan konsumsi produk hasil pertanian organik. untuk menerapkan sistem pertanian ramah lingkungan yang harmonis dan berkelanjutan. keamanan. khususnya mereka yang sangat memperhatikan kualitas kesehatan. maka akan sangat mahal biaya yang harus dikeluarkan dan dimasa yang akan datang anak cucu hanya ditinggali barang sisa kurang bermutu.

Kedua setiap pihak yang berkait dengan pertanian melaksanakan prinsip-prinsip pertanian berkelanjutan. melaksanakan pengendalian hama penyakit dengan bahan yang ramah lingkungan. sebanyak mungkin menggunakan pupuk organik. Ketiga dukungan konsumen yang tidak mengkonsumsi produk pertanian yang tidak ramah lingkungan. menyediakan kewenangan untuk melaksanakan program riset dan pendidikan pada sistem pertanian alternatif -yang kemudian dikenal sebagai pertanian berkelanjutan dengan input minimal (Low Input Sustainable Agriculture (LISA)). erosi tanah terkendali. Baru-baru ini. b) produktivitas lahan sentra produksi. Undang-undang tersebut memberikan mandat untuk melakukan investigasi ilmiah pada a) peningkatan produktivitas pertanian. King membandingkan penggunaan input minimal dan pendekatan berkelanjutan pada pertanian daratan Timur (oriental) dengan apa yang dia lihat sebagai kesalahan metoda yang digunakan petani Amerika. Salah satu pendekatan pertanian berkelanjutan adalah input minimal (low input) secara khusus ditulis oleh Franklin H. pemeliharaan kesuburan tanah dengan menambahkan nutrisi tanaman. Kongres Amerika menyetujui US $ 3. Definisi komprehensif bagi pertanian berkelanjutan meliputi komponenkomponen fisik.semua generasi yang akan datang harus lebih baik daripada generasi saat ini. King dalam bukunya Farmers of Forty Centuries. Undang-undang Produktivitas Pertanian Amerika. memiliki efisiensi kegiatan pertanian (on-farm) dan bahan-bahan input maksimum. Pada bulan Desember 1987. dan pengendalian gulma. Langkah operasional yang bisa dilaksanakan adalah : melaksanakan pengolahan tanam minimal. c) mengurangi erosi tanah. yang merupakan bagian dari Undang-undang Keamanan Pangan 1985. yang direpresentasikan dengan sistem pertanian yang melaksanakan pengurangan input bahan-bahan kimia dibandingkan pada sistem pertanian tradisional. biologi dan sosioekonomi.9 juta untuk memulai pekerjaan tersebut atas dasar undang-undang Keamanan Pangan. dan penggunaan dasar-dasar biologi pada pelaksanaan pertanian. Gagasan King adalah bahwa sistem pertanian memiliki kapasitas internal yang besar untuk melakukan regenerasi dengan menggunakan sumberdaya-sumberdaya internal. . Langkah yang bisa ditempuh adalah pertama meningkatkan kesadaran pertanian berkelanjutan.

Sebagaimana seorang mahasiswa menjadi lebih baik diberikan pendidikan mengenai pengetahuan praktis pertanian berkelanjutan. Adopsi terhadap metode pertanian alternatif yang lebih lebar ini membutuhkan bahwa metode tersebut sedikitnya sama kualitasnya dalam memperoleh keuntungan dengan metode konvensional atau memiliki keuntungan-keuntungan non-keuangan yang signifikan. . Kebanyakan mereka mempertanyakan masalah-masalah pertanian berkelanjutan sebagai sebuah pemikiran yang tidak dapat diadopsi dalam program agroekologi. program-program pendidikan yang lebih baik akan dapat dilaksanakan di wilayah ini. Lebih banyak riset yang dilakukan pada pertanian berkelanjutan ini. Kepentingan dalam sistem pertanian alternatif ini sering dimotivasi dengan suatu keinginan untuk menurunkan tingkat kesehatan lingkungan dan kerusakan lingkungan dan sebuah komitmen terhadap manajemen sumberdaya alam yang berkeadilan. Riset dan pendidikan bergerak terbatas diantara para peneliti atau mahasiswa. Pooling pendapat yang dilakukan mahasiswa di sejumlah fakultas seluruh Amerika menunjukkan ketertarikan pada pertanian berkelanjutan. dan d) melakukan konservasi sumberdaya natural dan energi. Mereka memberikan komentar bahwa penurunan dampak lingkungan akibat usaha pertanian berkelanjutan sebagai sebuah keuntungan yang besar dari meninggalkan usaha pertanian konvensional. Jaminan peneliti dan ketersediaan dana penelitian ini akan lebih memberikan harapan untuk meningkatkan minat pada pendidikan yang memandu riset selanjutnya secara umum.kehilangan air dan nutrisi. Dalam usaha mengalihkan konsekuensi-konsekuensi negatif pertanian konvensional. lebih memiliki minat dan dana akan ditingkatkan untuk mendukung riset selanjutnya. seperti sebagai usaha menjaga penurunan kualitas sumberdaya air dan tanah secara cepat. beberapa format sistem pertanian berkelanjutan yang berbeda telah direkomendasikan sebagai alternatif-alternatif untuk mencapai tujuan sistem produksi pertanian yang dapat menguntungkan secara ekonomi dan aman secara lingkungan. Tetapi kriteria yang paling penting untuk kebanyakan petani dalam mempertimbangkan suatu perubahan usaha tani adalah keingingan memperoleh hasil yang layak secara ekonomi.

8. terdapat hubungan yang menurun pula pada hubungan kerja terhadap mereka yang selama ini terlibat dan mendapatkan manfaat dari pertanian konvensional. Dengan demikian. pertanian alternatif. Petani sering terperangkap dalam perangkap sosial tersebut sebab insentif-insentif yang mereka terima dari kegiatan produksi saat ini. Penolakan itu karena pertanian modern diartikan sebagai cara bertani yang menghabiskan sumber daya. umumnya mengandung suatu makna penolakan terhadap pertanian modern. ada juga yang menggunakan istilah: 1. 9. 4. 12. 7. conservasi-sumber daya. dan lain sebagainya. 10. 6. alamiah. selain kata berkelanjutan. perubahan sosial dan struktur ekonomi juga akan terjadi. input eksternal rendah. dan peningkatan kegiatan pertanian mereka. 11. regeneratif. 5. pertanian industri. Pada saat input menurun.Ketika perubahan dari kegiatan pertanian konvensional ke pertanian berkelanjutan dilaksanakan. Hasilnya adalah terdapat banyak kemungkinan yang dapat ditemukan yaitu meningkatnya kualitas hidup. sebagai tandingan bagi pertanian modern. 3. biodinamis. 2. . pertanian berkelanjutan merupakan suatu pilihan lain atau “tandingan” bagi pertanian modern. biologis. pertanian organis. Akan tetapi. Dalam mengadopsi input minimal (low input) sistem-sistem berkelanjutan dapat menunjukkan penurunan potensial fungsi-fungsi eksternal atau konsekuensikonsekuensi negatif dari jebakan sosial pada masyarakat. bekelanjutan input rendah. agro-ekologis. dan pertanian input eksternal tinggi atau intensif. Baik pertanian berkelanjutan dan berbagai istilah lainnya. pertanian ekologis (ramah lingkungan). bekelanjutan input seimbang.

Untuk lebih memudahkan pemahaman. suatu pertanian berkelanjutan lebih mengandalkan pemanfaatan sumber daya yang tersedia seperti bibit lokal.Sebagai gambaran sederhana. Pertanian berkelanjutan akan terwujud bila manusia bersungguh-sungguh memahami bahwa . dan Perlas berhasil merumuskan Tujuh Dimensi Pertanian Berkelanjutan (baca: Nicanor Perlas. semua itu tidak berarti tanpa menyadari bahwa pilar terpenting dari pertanian berkelanjutan. pestisida dan herbisida kimia pabrik. Ramah Lingkungan. penulis mencoba menyadur tujuh dimensi pertanian berkelanjutan tersebut ke dalam Bahasa Indonesia yang mudah dipahami. bibit pabrik. inti pemahaman pertanian berkelanjutan adalah sangat mengutamakan pemanfaatan sumber daya lokal beserta pengetahuan lokal. tanggal 22-26 Februari 1993). matahari. Menjadi obor bagi kemanusiaan. Pertanian berkelanjutan harus menjadi pertanian: 1. 5. pertanian modern memakai masukan (input) luar seperti pupuk pabrik. yang umumnya merusak kelestarian tanah dan alam. Peka pada nilai budaya. Sebaliknya. Oleh karena itu. 2. Nicanor Perlas mengembangkan konsep pertanian berkelanjutan ILEIA (buku Farming the for Future). Menggairahkan kehidupan ekonomi. 7. sebagaimana berikut ini. 3. Namun. adalah manusia. Dari berbagai bahan tersebut. Mampu mengembangkan teknologi tepat guna. 6. selain lingkungan alam. Adil dan layak secara sosial. “The Seven Dimensions of Sustainable Agriculture“. sumber air. dan juga sangat mengutamakan pemanfaatan pupuk kandang (kompos) dan pengendali hama alami atau pestisida dari bahan-bahan alami. 4. Mampu menjadi pengetahuan yang menyeluruh. makalah pada Konferensi Internasional II Forum Pembangunan Asia yang diadakan ANGOC di Filipina. dan teknologi yang ramah lingkungan.

cita-cita pertanian berkelanjutan hanya dapat terwujud apabila dilandasi suatu pembaruan atau reformasi atas sumber-sumber daya alam dan agraria di mana rakyat secara adil dan setara dapat merasakan dan memanfaatkannya. .

id/?page_id=549 .php?option=content&task=view&id=20&Itemid=2 http://www.id/Agro/agr-sust.go.pemda-diy.lablink.or.html http://www.id/Agro/agr-sust.or.spi.com/2011/05/pembangunan-pertanian-sawah-irigasi.htm http://www.lablink.id/index.htm http://yukjoinus.blogspot.SUMBER INFORMASI PEMBUATAN MAKALAH http://distan.or.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful