BAB V KEWAJIBAN DAN EKUITAS

AYU KUSUMASTUTI (09.05.52.0043) YULIA SRI RAHAYU (09.05.52.0085) LELY IKA CAHYANI (09.05.52.0152)

.KEWAJIBAN  Kewajiban adalah kemungkinan pengorbanan manfaat ekonomi masa depan yang timbul dari keharusan saat ini dari suatu entitas untuk mentransfer aktiva atau menyediakan jasa kepada entitas lainnya dimasa depan sebagai akibat transaksi atau kejadian yang telah lalu.

Menjadi kewajiban saat ini atau perioda ini (present obligation) untuk menyerahkan kas. Terjadi karena transaksi masalalu. KARAKTERISTIK KEWAJIBAN Menjadi pengorbanan sumber ekonomik yang cukup pasti di masa depan (probable future sacrifices of benefits). . barang atau jasa di masa datang.A.

pajak penjualan. contoh : hutang usaha.B. KEWAJIBAN DIURUTKAN TEMPONYA . hutang deviden. accrued liabilities. wesel bayar jangka pendek. YAITU :  MENURUT JATUH Kewajiban Lancar adalah hutang yang akan dibayar (jasa yang akan diberikan) dalam tahun atau siklus berikutnya. . bagian lancar hutang jangka panjang. hutang pajak penghasilan karyawan. pendapatan diterima dimuka. hutang pajak penghasilan perusahaan.

 Kewajiban Jangka Panjang adalah hutang yang baru akan dibayar setelah lebih dari satu tahun. namun kewajiban berbunga jangka panjang tetap akan jatuh tempo dalam jangka waktu 12bulan sejak tanggal neraca.LANJUTAN……. Contoh : utang hipotik .

KEWAJIBAN KONTINJENSI  Kewajiban potensial yang timbul dari peristiwa masa lalu dan keberadaannya menjadi pasti dengan terjadinya atau tidak terjadinya satu peristiwa atau lebih pada masa datang yang tidak sepenuhnya berada dalam kendali perusahaan… .

ATAU… Kewajiban kini yang timbul sebagai akibat peristiwa masa lalu tetapi tidak diakui karena :  Tidak terdapat kemungkinan besar (not probable) perusahaan mengeluarkan sumber daya yang mengandung manfaat ekonomis (selanjutnya disebut sebagai”sumber daya’) untuk menyelesaikan kewajibannya atau  Jumlah kewajiban tersebut tidak dapat diukur secara andal. .

. Perusahaan memiliki kewajiban kini (baik bersifat hukum maupun bersifat konstruktif) sebagai akibat peristiwa masa lalu. Kewajiban diestimasi harus diakui apabila ketiga kondisi berikut ini dipenuhi: 1.KEWAJIBAN DIESTIMASI DAN KEWAJIBAN LAINNYA Kewajiban diestimasi : kewajiban yang waktu yang jumlahnya belum pasti.

. 2. Besar kemungkinan (probable) penyelesaian kewajiban tersebut mengakibatkan arus keluar sumber daya dan Estimasi yang andal mengenai jumlah kewajiban dapat dibuat.LANJUTAN… 1.

kebijakan yang telah dipublikasi atau pernyataan baru yang cukup spesifik. sehingga perusahaan telah memberikan indikasi kepada pihak lain bahwa perusahaan akan menerima tanggung jawab tertentu dan mengakibatkan perusahaan menimbulkan ekspektasi kuat dan sah kepada pihak lain bahwa perusahaan akan melaksanakan tanggung jawab tersebut. .KEWAJIBAN KONSTRUKTIF adalah kewajiban yang timbul berdasarkan praktik baku masa lalu.

Modal Disetor. diperoleh ketika pemilik (pemegang saham) perusahaan menyetorkan uang dan aktiva lainnya kepada perusahaan.EKUITAS  Ekuitas adalah hak residual atas asset perusahaan setelah dikurangi semua kewajiban. dari ekuitas adalah : a. Komponen modal disetor meliputi:  Contoh .

2. 3.LANJUTAN… 1. Treasury stock: terjadi ketika perusahaan membeli kembalu saham biasa yang telah diterbitkan sebelumnya. Saham preferen Saham biasa: bagian saham yang diterbitkan untuk mencerminkan kepemilikan. .

.LANJUTAN… Alasan pembelian kembali:  Ingin diberikan kepada pegawai sebagai kompensasi.  Memberikan kas kembali kepada pemegang saham.  Mencegah usaha ambil alih dengan mengurangi proporsi saham yang tersedia untuk dibeli.  Ingin dimiliki sebagai treasury stock (atau hendak dihapus) untuk meningkatkan harga pasar dan EPS.  Mengurangi total pembayaran dividen dengan tetap mempertahankan jumlah dividen yang dibayarkan per saham.

.4. hal ini mencerminkan ekuitas yang dihasilkan perusahaan untuk pemegang saham. Laba Ditahan: mencerminkan kelebihan laba yang diinvestasikan kembali dalam perusahaan setelah pembayaran dividen kepada pemegang saham.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful