PEDOMAN PELAKSANAAN TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK : STIMULASI SENSORI SESI 1-3

TAKS Sesi 1 (mendengar musik) a. Tujuan Klien mampu mengenal musik yang didengar, klien mampu memberi respon terhadap musik, klien mampu menceritakan perasaannya setelah mendengar musik, sedangkan setting sesi 1 adalah sebagai berikut : b. Setting 1) Klien dan terapis duduk bersama dalam lingkaran 2) Ruangan nyaman dan tenang c. Alat 1) Tape recorder 2) Kaset lagu melayu (dipilih lagu yang memiliki cerita yang bermakna atau lagu-lagu yang bermakna religius d. Metode 1) Diskusi 2) Sharing persepsi e. Langkah kegiatan 1) Persiapan a) Memilih klien dengan indikasi, yaitu kerusakan interaksi sosial : menarik diri b) Membuat kontrak dengan klien c) Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan 2) Orientasi Pada tahap ini terapis melakukan: a) Memberi salam terapiutik : salam terapis b) Evaluasi/ validasi: menanyakan perasaan klien saat ini c) Kontrak (1) Menjelaskan tujuan kegiatan, yaitu mendengarkan musik (2) Menjelaskan aturan main sebagai berikut : (a) Jika ada klien yang meninggalkan kelompok harus meminta ijin kepada terapis (b) Lama kegiatan 45 menit (c) Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai 3) Tahap kerja a) Terapis mengajak klien untuk saling memperkenalkan diri (nama dan nama panggilan) di mulai dari terapis secara berurutan searah jarum jam. b) Setiap kali seorang klien selesai memperkenalkan diri, terapis mengajak semua klien untuk bertepuk tangan. c) Terapis dan klien memakai papan nama. d) Terapis menjelaskan bahwa akan diputar lagu, klien boleh tepuk tangan atau berjoget sesuai dengan irama lagu. Setelah lagu selesai klien akan diminta menceritakan isi dari lagu tersebut dan perasaan klien setelah mendengar lagu e) Terapis memutar lagu, klien mendengar, boleh berjoget atau tepuk tangan (kira-kira 15 menit). Musik yang diputar boleh diulang beberapa kali. Terapis mengobservasi respons klien terhadap musik. f) Secara bergiliran, klien diminta menceritakan isi lagu dan perasaannya. Sampai semua klien

mendapat giliran. peserta dan terapis memakai papan nama . Langkah kegiatan 1) Persiapan a) Mengingatkan kontrak dengan anggota kelompok pada sesi 1. b) Rencana tindak lanjut Terapis menganjurkan klien untuk mendengarkan musik yang disukai dan bermakna dalam kehidupannya c) Kontrak yang akan datan (1) Menyepakati TAK yang akan dating. 2) Orientasi Pada tahap ini terapis melakukan : a) Memberi salam terapiutik : salam dari terapis. yaitu menggambar (2) Menyepakati waktu dan tempat Sesi 2 TAKS (menggambar) a. Metode 1) Dinamika kelompok 2) Diskusi e. g) Terapis memberikan pujian. Alat 1) Kertas HVS 2) Pensil 2B (bila tersedia krayon juga dapat digunakan) d. setiap klien selesai menceritakan perasaannya dan mengajak klien lain bertepuk tangan 4) Tahap terminasi a) Evaluasi (1) Menanyakan perasaan klien setelah menbgikuti TAK (2) Memberi pujian atas keberhasilan kelompok. Setting 1) Klien dan terapis duduk bersama dalam lingkaran 2) Ruang nyaman dan tenang c. b) Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan. klien dapat memberi makna gambar. Tujuan Sesi 2 bertujuan agar klien dapat mengekspresikan perasaan melalui gambar. b.

terapis berkeliling dan memberikan penguatan kepada klien untuk terus menggambar. d) Sementara klien mulai menggambar. 3) Tahap terminasi a) Evaluasi (1) Menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK (2) Memberi pujian atas keberhasilan kelompok. terapis mengajak klien lain bertepuk tangan. yaitu menggambar dan menceritakan kepada orang lain (2) Menjelaskan aturan main berikut: (a) Jika ada peserta yang akan meninggalkan kelompok. b) Terapis membagikan kertas dan pensil untuk tiap klien c) Terapis meminta klien menggambar apa saja sesuai dengan yang diinginkan saat ini. b) Rencana tindak lanjut Menganjurkan klien untuk mengekspresikan perasaan melalui gambar c) Kontrak yang akan datang (1) Menyepakati kegiatan yang akan datang. e) Setelah semua klien selesai menggambar terapis meminta masing-masing klien untuk memperlihatkan dan menceritakan gambar yang telah dibuatnya kepada klien lain. (b) Lama kegiatan 45 menit (c) Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai 3) Tahap kerja a) Terapis menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan. Yang harus diceritakan adalah gambar apa dan apa makna gambar tersebut menurut klien.b) Evaluasi/ validasi : menanyakan perasaan klien saat ini c) Kontrak (1) Menjelaskan tujuan kegiatan. harus meminta ijin kepada terapis. yaitu menggambar dan menceritakan hasil gambar kepada klien lain. jangan mencela klien. yaitu menonton TV (2) Menyepakati waktu dan tempat . f) Kegiatan poin e dilakukan sampai semua klien mendapat giliran g) Setiap kali klien selesai menceritakan gambarnya.

harus meminta Ijin kepada terapis (b) Lama kegiatan 45 menit (c) Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai. Tujuan Agar klien klien dapat memberi respon terhadap tontonan TV/video. yaitu menonton TV/Video dan menceritakannya. terapis mengajak klien lain bertepuk tangandan memberi pujian 4) Tahap terminasi a) Evaluasi (1) Menanyakan persaan klien setelah mengikuti TAK . Metode Diskusi e.Sesi 3 TAKS (Menonton TV/Videa) a. Setting 1) Klien dan terapis duduk bersama dalam lingkaran. Langkah kegiatan 1) Persiapan a) Mengingatkan kontrak dengan anggota kelompok yang tela mengikuti TAK sesi 2 b) Mempersiapkan alat dan tempat pertemuan. 2) Ruangan nyaman dan tenang. (2) Menjelaskan aturan main berikut : (a) Jika ada peserta yang akan meninggalkan kelompok. b. dimulai dari klien yang ada di sebelah kiri terapis sampai semua klien mendapat giliran e) Setelah selesai klien menceritakan persepsinya. 3) Tahap kerja a) Terapis menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan. yaitu menonton TV/Video dan menceritakan makna yang telah ditonton b) Terapis memutar TV/Video yang telah disiapkan c) Terapis mengobservasi klien selama menonton TV/Video d) Setelah selesai menonton. b) Evaluasi/ validasi Menanyakan perasaan klien saat ini c) Kontrak (1) Menjelaskan tujuan kegiatan. klien menceritakan makna acara yang ditonton. Berurutan searah jarum jam. masing-masing klien diberi kesempatan menceritakan isi tontonan dan maknanya untuk kehidupan klien. Alat 1) Video/CD player dan video tape/CD 2) Televisi d. c. 2) Orientasi Pada tahap ini terapis melakukan : a) Memberi salam terapiutik (1) Salam terapis (2) Peserta dan terapis memakai papan nama.

(2) Menyepakati waktu dan tempat. . b) Rencana tindak lanjut Menganjurkan klien untuk menonton TV yang baik b) Kontrak yang akan datang (1) Menyepakati TAK yang akan datang sesuai dengan indikasi klien.(2) Memberikan pujian atas keberhasilan kelompok.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful