BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Magang Perubahan ekonomi, era globalisasi atau perdagangan bebas, pemenuhan kebutuhan para pemegang saham, serta sistem kerja dan teknologi yang terus berkembang merupakan penyebab utama dari semakin tingginya tingkat persaingan antar organisasi. Ditengah tingginya persaingan tersebut penting bagi organisasi untuk memastikan produktivitas dan membangun sebuah brand image di masyarakat sehingga dapat mencapai tujuan dan perencanaan yang telah ditetapkan sebelumnya. Keberhasilan organisasi, dimana dalam hal ini akan nampak bila dikaitkan langsung dengan keberhasilan menarik simpati konsumen sehingga berdampak positif terhadap produktifitas dari organisasi itu sendiri. Berdasarkan perolahan data pencapaian perusahaan, pada tahun fiskal April 2010 ± Maret 2011, PT. Panasonic Gobel Indonesia yang bergerak di bidang penjualan dan servis produk elektronik berhasil mencapai hasil penjualan lebih dari Rp 3 triliun. Jika diteliti lebih jauh hasil yang dicapai tersebut merupakan 99% dari total hasil penjualan yang telah dituangkan dalam Bussiness Plan (BP) 2010 ± 2011. Walaupun tidak mencapai hasil sesuai dengan yang direncanakan, pencapaian 99% dari total BP dinilai cukup baik jika dibandingkan pertumbuhan BP 2010 ± 2011 merupakan 30% dari BP 2009 ± 2010. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih luas mengenai pertumbuhan dan perkembangan bisnis produk elektronik di Indonesia, perlu diperhatikan pula pertumbuhan yang dilakukan oleh perusahaan lain di bidang yang sama. Saat ini, PT. Panasonic Gobel Indonesia menduduki posisi ke-tiga bila dilihat dari market share dengan brand elektronik lain di Indonesia. Dalam lingkungan persaingan
1

yang semakin meningkat, organisasi secara konstan mencari cara-cara baru untuk memaksimalkan usaha-usaha yang mereka miliki, salah satunya membangun brand image kepada masyarakat akan pentingnya suatu perusahaan itu ada. Wujud pembangunan brand imagei perusahaan ini tidak lain merupakan tugas dari departemen corporate communication yang memiliki tugas berhubungan dengan segala sesuatu baik internal perusahaan maupun eksternal perusahaan sehingga mewujudkan suatu persepsi akan perusahaan tersebut, bukan hanya dari apa yang mereka jual melainkan bagaimana mereka berjualan dan apa saja yang dilakukan sebagai wujud dari kepedulian perusahaan terhadap sekitar. Kegiatan magang atau praktek kerja lapangan dilaksanakan dengan berbagai macam manfaat dan tujuan. Magang merupakan upaya peningkatan wawasan, pemahaman, dan keterampilan mahasiswa sebagai calon sarjana. Dalam melaksanakan program kerja praktek lapangan, mahasiswa diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan budaya dan lingkungan pekerjaan serta mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah diserap selama masa perkuliahan sebelumnya. Mahasiswa juga diharapkan membantu jalannya kegiatan

perusahaan pada bagian yang ditempatkan sebagai salah satu bentuk apresiasi dan tanggung jawab terhadap diri sendiri, kampus, serta perusahaan tersebut.

1.2 Ruang Lingkup Magang Penulis membatasi pelakasanaan kegiatan, penelitian dan proses pembuatan laporan internship ( Praktek Kerja Lapangan ), yaitu pada PT.

Panasonic Gobel Indonesia, ditempatkan pada bagian Corporate Communication yang berfungsi sebagai pusat pencitraan perusahaan dan mengaplikasikan softmarketing kepada khalayak. Dengan ruang lingkup yang ada ini mahasiswa magang dapat melakukan kegiatan pembelajaran secara langsung di lapangan mengenai kegiatan operasional perusahaan dan diberi tanggung jawab yang pada akhirnya diharapkan untuk memberi alternatif solusi permasalahan yang ada.
2

1.3 Tujuan, Manfaat, Waktu dan Tempat Magang 1.3.1 Tujuan Magang a. Menumbuhkan kepekaan dalam menangkap permasalahan kerja,

menganalisis, dan menyelesaikannya sesuai dengan ilmu yang dimiliki. b. Mencari tahu peran Departemen Corporate Communication dalam

membangun citra perusahaan di PT. Panasonic Gobel Indonesia c. Mengidentifikasi masalah yang dihadapi Departemen Corporate

Communication dalam membangun citra PT. Panasonic Gobel Indonesia. d. Mencari solusi atas persoalan yang dihadapi oleh Departemen Corporate Communication.

1.3.2 Manfaat Magang a. Hasil kegiatan ini dapat dijadikan bahan penunjang dan referensi untuk penelitian selanjutnya, terutama tugas akhir. b. Mengetahui peran Departemen Corporate Communication dalam membangun citra perusahaan di PT. Panasonic Gobel Indonesia. c. Memberikan gambaran kepada perusahaan PT. Panasonic Gobel Indonesia tentang permasalahan yang dihadapi Departemen Corporate Communication dalam membangun citra perusahaan. d. Memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi Departemen Corporate Communication dalam membangun citra perusahaan.

3

3.3 Waktu dan Tempat Magang Lokasi : PT Panasonic Gobel Indonesia Jakarta Waktu Durasi Departemen : 25 Juli ± 25 September 2011 : 2 Bulan : Corporate Communication 4 .1.

PT. Panasonic Gobel Indonesia tidak melakukan penjualan secara retail ke konsumen perorangan.Panasonic Corporation merupakan perusahaan manufaktur kelas dunia di bidang produk elektronik. dengan total 75 perusahaan yang mempekerjakan lebih dari 82 ribu karyawan. yang berpusat di Osaka. yaitu 5 . Panasonic Gobel Indonesia merupakan bagian dari Panasonic Corporation. Merk Panasonic memiliki sejarah panjang dalam industri elektronika di Indonesia.1 Sejarah Umum Perusahaan PT. PT.1. Sebagai pemegang lisensi penjualan merk Panasonic. bisnis dan industri.Pada saat ini operasinya ada di 9 negara (termasuk Indonesia). Merk National kemudian menjadi brand yang digunakan bagi produk yang dihasilkan. yang memproduksi perangkat elektronik rumah tangga. PT. Produk consumer electronic tersebut terdiri dari dua kategori besar. sampai pada akhirnya nama National berubah menjadi Panasonic di tahun 2004. yaitu Digital AV dan Home Appliances. Diawali dengan kehadiran radio µTjawang¶ yang didirikan oleh Thayeb Moh. Jepang. Panasonic Gobel Indonesia berdiri sejak tahun 1970 dengan nama PT. Sampai saat ini Panasonic di Indonesia tetap merupakan merek elektronik yang paling terkemuka dengan sederet produknya yang inovatif. Panasonic Gobel Indonesia khusus melakukan kegiatan bisnis di bidang penjualan produk consumer electronic merk Panasonic di Indonesia. Produk dijual kepada dua konsumen besarnya. Gobel pada tahun 1954. khususnya untuk kebutuhan konsumen awam.BAB II DESKRIPSI DATA DAN PEMBAHASAN 2. National Gobel. dan selanjutnya adalah pembuatan televisi pertama di Indonesia pada tahun 1962.1 Gambaran Umum Perusahaan 2.

Palembang. National Gobel 1991 ± PT. Banjarmasin. Makassar. Manado. Jakarta 13630 Indonesia (+62-21) 8090108. Panasonic Gobel Indonesia (PGI) melakukan kegiatan penjualan dan purna jual kepada para konsumen di Indonesia. Kesepuluh cabang tersebut berada di Medan. Semarang. yaitu Digital AV dan Home Appliances. Balikpapan. Pekanbaru. Surabaya dan Jakarta. Garis Besar Panasonic Gobel Indonesia Nama Perusahaan Alamat Telephone Fax Presiden Direktur Wakil Direktur Tanggal Pendirian 1970 ± PT. PT. Dewi Sartika 14 Cawang. Panasonic Gobel Indonesia Jl. 80882620 Ichiro Suganuma Presiden Rinaldi Syarif 6 . National Panasonic Gobel 2004 ± PT Panasonic Gobel Indonesia Kegiatan Bisnis PT. Konsentrasi PGI terletak pada produk-produk µconsumer electronic¶ yang terdiri dari 2 kategori besar. 8015710 (+62-21) 8015706.special outlet (pusat perbelanjaan modern) dan traditional market (toko) yang terdapat di masing-masing cabang yang ada di Indonesia.

3.2. Utamakan berlaku jujur dan adil Kita harus berlaku jujur dan adil.1.1 Visi Perusahaan Menjadi perusahaan elektonik terkemuka yang mampu berkontribusi kepada masyarakat luas dengan mengutamakan kepentingan dan hajat hidup orang banyak. 7 .2. Utamakan kerjasama dengan keselarasan Kita harus bekerjasama dengan penuh keselarasan sebagai suatu kesatuan yang saling percaya mempercayai serta bertanggung . Utamakan berjuang untuk perbaikan Kita harus berjuang untuk mencapai perbaikan baik untuk diri sendiri maupun untuk Perusahaan.1.2 Visi & Misi dan Prinsip Perusahaan 2. baik urusan pribadi maupun urusan Perusahaan.3 Prinsip Perusahaan 1. 2. 2. 4.2 Misi Perusahaan Menyediakan produk-produk elektronik yang hemat energi dan ramah lingkungan dengan menerapkan konsep µeco ideas¶ dalam penjualan dan pelayanan dan dapat memberikan kontribusi pada kesejahteraan masyarakat melalui ide-ide yang inovatif dan relevan bagi hajat hidup orang banyak. Utamakan berbakti pada negara melalui industri Karya kita harus mendapatkan bakti pada Negara dan kemegahan industri adalah kebanggaan kita.2.1. 2.1.2.

dan regenerasinya pun sangat mudah. Hingga saat ini kedua filosofi bersatu dan membentuk suatu sinergi yang luar biasa dalam membangun bisnis Panasonic di Indonesia. Utamakan menyesuaikan diri dengan kemajuan zaman Kita harus menyesuaikan diri untuk maju sesuai dengan perkembangan zaman.1. 2. sementara daun dan bagian lainnya dapat dipakai untuk berbagai keperluan sehari-hari.3 Filosofi Perusahaan. menghormati serta menghargai hak dan kewajiban. Gobel dan Konosuke Matsushita. 7. Utamakan ramah tamah dan kesatria Kita harus bersikap ramah tamah dalam kata dan perbuatan. Utamakan bersyukur dan berterimakasih Kita harus bersyukur kapada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia-Nya dan berterimakasih kepada Masyarakat. Gobel memiliki filosofi ³Pohon Pisang´ sementara Konosuke Matsushita dikenal dengan filosofi ³Air Mengalir´. Perintis Bangsa dan Negara atas bantuannya. Hal inilah Thayeb Moh. Thayeb Moh. yaitu Thayeb Moh. Sifat dari pohon pisang yang dapat tumbuh dimana saja menjadikannya selalu tersedia dimanapun. Gobel percaya bahwa pohon pisang adalah simbol yang paling tepat untuk menggambarkan peran dari sebuah perusahaan di tengah masyarakat. kesatria. 6.5. Buahnya dapat dimakan. Thayeb Moh. Perusahaan ini terbentuk oleh dasar filosofi yang diterapkan oleh kedua pendirinya. Tidak ada bagian dari pohon pisang yang tidak dapat digunakan. Gobel yang menurut merupakan refleksi 8 .

dengan nama brand Cawang. yang merupakan pabrik Radio Transistor pertama di Indonesia. Layaknya air ia mengisi kebutuhan dari tempat terendah hingga atas. melainkan melalui kepandaian beliau dalam melihat peluang untuk suskes. produk elektronik pun seharusnya mudah tersedia dengan harga yang terjangkau untuk kebutuhan masyarakat banyak. namun dilanjutkan dengan bekerja sama dengan pihak Panasonic Corporation Japan pada tahun 1960 untuk "Technical Assistance Agreement".1. air merupakan hal yang sangat krusial untuk kelangsungan hidup manusia. Namun keyakinan tersebut tidak muncul dengan sendirinya.terbaik dari sebuah perusahaan. Seperti halnya air yang mengalir. Langkahnya tidak terhenti sampai disitu. sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar. Kemudian di tahun 1962.4 Visi Untuk Berkembang Mungkin almarhum Drs Thayeb Moh. dan hal inilah yang menjadi peluang emas perusahaannya untuk berkembang pada saat itu. Transistor Radio Manufacturing. Di masa tersebut beliau memiliki visi besar bahwa elektronik akan memainkan peranan penting dalam setiap aspek kehidupan manusia. maka beliau dikenal sebagai µBapak¶ industri elektronik di Indonesia. Gobel mendirikan PT. Di tahun 1954 almarhum Drs Thayeb Moh. 2. perusahaannya diminta untuk merakit Televisi hitam 9 . dimana layaknya pohon pisang sebuah perusahaan hendaknya dapat sangat berguna bagi masyarakat. Sinergi dari kedua filosofi inilah yang membentuk produk-produk Panasonic yang berkualitas hingga saat ini. Melalui kontribusinya dalam mengembangkan industri elektronik inilah. Bagi Panasonic sendiri. Gobel adalah satu-satunya orang yang yakin bahwa radio-lah yang akan membawanya ke kesuksesan perusahaannya di masa mendatang. dan layaknya pohon pisang ia sangat berguna bagi masyarakat.

sebagai upaya dari melestarikan budaya kedua perusahaan yang telah diterapkan oleh para pendirinya. Melalui ide-ide yang relevan. 1970. Ide-ide yang akan meningkatkan hidup masyarakat. Panasonic bertujuan untuk secara berkelanjutan memperkaya hidup dan memberikan kontribusi pada kesejahteraan masyarakat di seluruh dunia. Fokus perusahaan tidak hanya pada produk-produk. Bisnisnya pun berkembang sejak saat itu hingga pada tanggal 27 Juli. terbentuklah joint venture dengan Panasonic Corporation di bawah nama PT National Gobel. namun juga pada ideide. inovatif dan berharga ini.1. 2.5 Panasonic Ideas for Life Slogan merek global untuk Panasonic ini mewakili komitmen perusahaan dalam menyediakan produk-produk dan pelayanan berdasarkan ide-ide yang akan memperkaya gaya hidup dan membantu memajukan masyarakat. Sejak saat itu setiap tahunnya Panasonic selalu menciptakan produk terbaik bagi para konsumennya. 10 .putih dalam rangka Asian Games yang akan diadakan di Jakarta.

11 . Fokus tidak hanya pada produk-produk. namun juga pada ide-ide. inovatif dan berharga ini. Ide-ide yang akan meningkatkan hidup dan memperlebar pandangan masyarakat. Melalui ide-ide relevan.Slogan merek global untuk Panasonic ini mewakili komitmen perusahaan dalam menyediakan produk-produk dan pelayanan berdasarkan ide-ide yang akan memperkaya gaya hidup dan membantu memajukan masyarakat. Panasonic bertujuan untuk secara berkelanjutan memperkaya hidup dan memberikan kontribusi pada kesejahteraan masyarakat di seluruh dunia.

6 Struktur Organisasi 12 .2.1.

1 Bidang Kerja/Job Description a. f. . d.2.2 Pelaksanaan Magang 2. dan bekerjasama dengan mitra Panasonic di daerah. Belajar tentang penerapan teori-teori dari corporate communication dalam perusahaan. penulis melakukan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk menambah pemahaman yang lebih mengenai Corporate Communication dalam rangka softmarketing perusahaan. Perkenalan dengan situasi perusahaan. Membantu membuat desaign iklan untuk pembukaan cabang-cabang baru.2. Membantu menyiapkan roadshow Kid Witness News. c. g. Mengadakan roadshow ke sekolah-sekolah di Jakarta. dalam periode masa magang ini. b. e.1. Membantu mengaudit gudang corporate communication dalam rangka inspeksi bulanan. program tahunan dari Panasonic Internasional. Selama melaksanakan program praktek kerja lapangan ini. 2. Mengenal ruang lingkup pekerjaan keseluruhan dari departement corporate communication.2. Berikut ini akan dipaparkan beberapa kegiatan selama praktek kerja lapangan atau magang.1 Jenis dan Bentuk Kegiatan Magang Dengan mengacu pada Kerangka Acuan Kerja Praktek Lapangan. bentuk kegiatan magang penulis merupakan praktek kerja secara langsung dan jenisnya berupa praktek kerja lapangan selama 2 bulan.

2. banyak perusahaan yang memilih pencitraan produk daripada penjualan produk. reputasi dan opini perusahaan yang baik dan sehat (pada publik internal dan eksternal). sebagai jabaran dari strategi dan kebijakan Corporate 14 .2 Perkenalan dengan Lingkungan Perusahaan Kegiatan ini adalah awal mula dari serangkaian praktek kerja lapangan yang telah penulis lewati.1.3 Pengenalan Penerapan Teori Corporate Communication Corporate Communication merupakan konsentrasi besar dalam ilmu komunikasi yang menangani faktor ekstern-intern perusahaan. Di era persaingan bebas sekarang ini.1. persepsi. Deskripsi dari kegiatan ini berupa perkenalan dengan team kerja.2. pengenalan dan memulai beradaptasi dengan lingkungan baru dan kegiatan baru. perkenalan dengan pegawai lain di Departemen Corporate Communication. Di tahun 2007. maka disinilah peran penting bidang Corporate Communication yang dituntut untuk selalu jeli memperhatikan branding product dan customer behavior. 2. 2. program bidang Corporate Communication melakukan terobosan dengan menfokuskan dua spesialisasi peminatan yakni Marketing Public Relation dan Corporate Public Relation.4 Pengenalan Departemen Corporate Communication Departemen Corporate Communiacation bertugas untuk mengelola dan memelihara image. serta ikut menciptakan lingkungan dan suasana bekerja yang kondusif bagi upaya bersama mencapai tujuan strategis dan target perusahaan.2.1.2. dan juga penjelasan singkat tentang tugas yang akan diemban oleh penulis selama magang. Inovasi ini didasarkan pada penelitian bahwa akan banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan spesialisasi khusus. penjelasan singkat tentang Panasonic Indonesia.

org) 15 . (http://wikipedia. baik dari internal yaitu karyawan. Oleh karena hukum-hukum baru memaksa perusahaan untuk berkomunikasi di banyak situasi yang dulunya mereka tidak terbiasa dikonfrontasi dan kebutuhan untuk terus-menerus merespons menunjukkan bahwa sumber daya yang berdedikasi dibutuhkan untuk mengatur aliran sistem komunikasi. membantu organisasi menjelaskan misi mereka. dan pemegang saham maupun eksternal seperti agensi-agensi. Jika salah satu esensi ini ada yang hilang. media. dalam bentuk kegiatan : publikasi. serta masyarakat intelek dan masyarakat umum. Komunikasi perusahaan terdiri dari penyebaran informasi oleh sebuah divisi ahli dalam sebuah organisasi. maka seluruh organisasi kemungkinan akan gagal. stakeholder. even organizing. Walaupun perusahaan-perusahaan tidak memiliki strategi spesifik untuk sistem komunikasi. employer. pembangunan/pemeliharaan hubungan baik (relationship) dengan berbagai stake holders (pers. kredibilitas dan etika. Departemen Corporate Communication khususnya. customer. share holder dan investor). Suatu organisasi harus mengomunikasikan pesan yang sama ke semua yang berkepentingan .Secretary. untuk mengirimkan koherensi . mereka harus sering merespons kepada publik internal dan eksternal. menggabungkan banyak visi dan nilai-nilai menjadi sebuah pesan kohesif kepada stakeholder. atau lembaga kepada public. opinion markets. Corporate Communication adalah pesan yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi atau perusahaan. pemerintah. tempat di mana perusahaan bergantung. badan industri dan institusi-institusi. dengan tujuan umum meningkatkan kemampuan organisasi untuk mempertahankan lisensi untuk beroperasi. mitra. Corporate communication dapat didefinisikan sebagai serangkaian kegiatan yang termasuk dalam pengelolaan dan pengaturan segala komunikasi internal dan eksternal yang ditujukan untuk menciptakan titik awal yang menguntungkan dengan para pemilik kepentingan. badan.

Corporate Communication bukanlah suatu jabatan yang mudah. secara struktural Corporate Communication merupakan bagian integral dari suatu lembaga atau organisasi. Dengan kata lain. melainkan jabatan yang sangat berat yang mepunyai fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik yang memengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisasi tersebut. menciptakan goodwill. Corporate Communication dinilai berdasarkan dampaknya terhadap masyarakat. memperoleh dukungan publik. memercayai. Pada zaman sekarang sudah begitu banyak perusahaan yang memiliki departemen yang menangani kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat di sekitar perusahaan maupun masyarakat secara luas. memberi penjelasan jika terjadi krisis dan sebagainya demi tercapainya citra yang positif bagi suatu lembaga atau perusahaan. 16 . Corporate Communication merupakan salah satu fungsi manajemen modern yang terdapat pada manajemen perusahaan yakni bagaimana melakukan komunikasi timbal balik (two way communications) yang bertujuan untuk menciptakan saling pengertian. Perusahaan selalu punya kewajiban kepada masyarakat tempat mereka beroperasi. Corporate Communication meningkatkan praktik profesional dengan melakukan kodifikasi dan menegakkan perilaku etis dan standar kinerja.Konsep Corporate Communication dapat dilihat sebagai struktur komunikasi integratif yang menghubungkan para pemilik kepentingan kepada organisasi atau perusahaan. Pada akhirnya. Pada suatu perusahaan. menghargai. Struktur Corporate Communication adalah sebuah sistem yang memungkinkan perusahaan untuk mengatur segala bentuk dan jenis komunikasi secara strategis. Artinya. Segi positif dari Corporate Communication yang bertanggung jawab secara sosial. yaitu : 1. Kedudukan Corporate Communication dalam sebuah perusahaan ialah sebagai penghubung antara manajemen perusahaan dengan publik.

Fenomena yang terjadi saat ini menunjukkan bahwa perusahaan berlomba dan berkreativitas dalam merancang berbagai kegiatan sosial guna memikat hati publik. 5. dapat dilihat bahwa salah satu aktivitas atau kegiatan Corporate Communication adalah melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat.2. Corporate Communication memenuhi tanggung jawab sosialnya untuk meningkatkan kesejahteraan manusia dengan membantu sistem sosial beradaptasi dengan perubahan dan lingkungan. Perusahaan selalu memiliki kewajiban kepada masyarakat tempat mereka beroperasi. Dalam hal ini Corporate Communication melaksanakan aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) dalam rangka membangun citra perusahaan dalam meningkatkan softmarketing kepada masyarakat. yang bukan hanya sekedar memproduksi dan memasok barang dan jasa bagi masyarakat. 3. Corporate Communication meningkatkan perilaku organisasi dengan menekankan perlunya persetujuan publik. Corporate Communication melayani kepentingan publik dengan mengartikulasi semua sudut pandang dalam forum publik. Corporate Communication melayani masyarakat yang terpecah-pecah dan berbeda-beda dengan menggunakan komunikasi dan mediasi untuk menghilangkan misinformasi dan perselisihan. Sejalan dengan bergulirnya waktu. Corporate Communication memiliki proses manajemen yang menggambarkan bagaimana proses manajerial yang biasa dilakukan oleh perusahaan dalam melaksanakan aktivitas program CSR. Perusahaan dituntut untuk memberikan kontribusi terhadap kenaikan kehidupan masyarakat. Proses ini terdiri dari : 17 . 4. Seperti yang sudah dikatakan bahwa salah satu aktivitas Corporate Communication adalah melaksanakan program CSR. kepedulian lingkungan dan kegiatan kedermaan perusahaan terus berkembang. Praktik profesional Corporate Communication yang etis harus mengutamakan kepentingan publik dan tanggung jawab sosial di atas keuntungan pribadi. Melalui uraian di atas.

Perusahaan tidak hanya sekedar bertanggung jawab terhadap para pemilik (shareholders). menyediakan sumber daya manusia dan pemetaan wilayah serta penentuan sumber dana. bukan tidak mungkin akan menuai protes dan membuat citra perusahaan (corporate image) menjadi negatif. PR diarahkan untuk meneliti masalah atau fakta-fakta yang menyangkut social responsibility yang timbul di masyarakat. penetapan program publik. mempertimbangkan kebijakan. perusahaan hendaknya juga harus memerhatikan stakeholders yang juga karena mereka adalah pihak yang memengaruhi dan dipengaruhi baik secara langsung maupun tidak langsung atas aktivitas serta kebijakan yang diambil dan dilakukan oleh perusahaan. Jika perusahaan tidak memerhatikan stakeholders. 4. implementasi dan hasil dari program yang sudah dilakukan. serta tujuan. Taking Action and Communicating (Tindakan dan Mengkomunikasikan) Tahap yang ketiga ini merupakan kegiatan yang mengarah pada penerapan dan mengkomunikasikan program kepada publik secara sistematis. kegiatan komunikasi difokuskan pada usaha untuk melakukan penilaian atas persiapan.1. 2. Planning and Programming atau Perencanaan Tahap ini merupakan tahap membuat keputusan tentang penetapan visi dan misi. 3. sikap dan perilaku dari pihak-pihak yang terkait dengan kebijakan perusahaan. sehingga persepsi publik dapat terbentuk dengan baik. Evaluating the Program (Mengevaluasi Program) Pada tahapan yang terakhir ini. Defining the Problem atau Pengumpulan Fakta Tahap ini mencakup kegiatan mengumpulkan fakta. Untuk itu hal ini harus menjadi konsentrasi perusahaan dalam membina dan membentuk budaya perusahaan sehingga 18 . struktur organisasi. opini. menetapkan target. strategi tujuan.

PGI 19 .1 Flow Chart Aktifitas Departemen Corporate Communication PT. 3. 4. Defining the Problem Planning and Programming Taking Action and Communicating Evaluating the Program Teori Stakeholder y y y Faktor-faktor Pendukung dan Penghambat Prinsip Aktivitas Corporate Communication : Sustainability Accountability Transparency Corporate Image Stakeholders (Citra Perusahaan) Gambar 2. 2. maka berdasarkan penerapan kerangka teori Corporate Communication yang dapat disusun sebuah bagan kerangka konseptual sebagai berikut : PT Panasonic Gobel Indonesia Corporate Communication Proses Manajemen : 1.Dengan mengacu pada berbagai pendapat yang telah dikemukakan sebelumnya.

2. foto-foto dan berbagai artikel untuk konsumsi kalangan media massa. Product. Organisasi/ perusahaan/institusi yang baik dan menempati hati atau tertanam dalam benak (mindset) para pelanggan adalah institusi yang mempunyai citra positif. setiap citra positif yang ditampilkan oleh institusi terhadap publiknya membuat publik (pelanggan) ´meletakkan´ keyakinannya pada organisasi/perusahaan/institusi tersebut. Jenis-jenis pekerjaan divisi Corporate Communication dapat diuraikan sebagai berikut : a. Dalam melaksanakan tugasnya melakukan komunikasi antara manajemen perusahaan dengan pihak intern maupun ekstern seorang manager Corporate Communication beserta staffnya melakukan pekerjaan yang jenisnya berbeda antara suatu perusahaan dengan yang lainnya. Place. yaitu Philip Kotler dan sering dikampanyekan oleh para pakar pemasaran. bahwa keberadaan Departemen Corporate Communication dalam suatu perusahaan merupakan suatu hal yang penting. termasuk acara resepsi dan kunjungan kalangan media massakeorganisasiatauperusahaan. Place and Promotion). b. Corporate communication memliki fungsi dan tugas pokok sebagai image builder (pembangun citra) dari sebuah organisasi/ perusahaan/ institusi. Promotion. Istilah ini diperdengarkan oleh seorang pakar pemasaran. Tetapi rupanya guru pemasaran ini melihat bahwa ada hal lain yang perlu ditambahkan pada konsep 4P di atas yang disarikan menjadi Mega Marketing (Price. Seperti yang telah diungkapkan diatas. Kata terakhir yaitu Public Relations (PR) yang memiliki fungsi Corporate Communication mungkin bukan hal yang baru di telinga kita sebab sejak era tahun. Menyusun serta mendistribusikan sajian berita (news release). Product.2 Konsep Corporate Communication 1 Seringkali terlontar kalimat yang lazim diutarakan oleh kalangan pebisnis istilah 4P (Price. Power and Public Relations). 20 .2. Sadarkah kita pada arti kata corporate communication atau yang diartikan hubungan perusahaan kepadakan masyarakat sehingga menempati arti yang penting dalam kegiatan operasional sebuah organisasi/perusahaan/institusi. Mengorganisasikan konferensi pers.

i. pemasaran. e. Mengelola berbagai hal yang berkaitan dengan sponsor kehumasan. m. termasuk melaksanakan distribusi. Mengikuti rapat-rapat penting yang diselenggarakan oleh dewan direksi dan para pemimpin departemen produksi. Mengelola hal-hal seperti kunjungan pihak luar perusahaan. Menciptakan dan memelihara berbagai bentuk identitas perusahaan dan cirri khasnya seperti logo. 21 . Mengadakan dan mengelola berbagai bentuk instrument audio-visual seperti presentasi slide dan rekaman video. Menjalankan fungsi sebagai penyedia informasi bagi pihak media massa. d. Mengatur acara wawancara antar kalangan pers. dan televisi dengan pihak manajemen. kompensasi warna. Segenap kegiatan tersebut harus dipadukan dalam suatu program kehumasan yang terencana secara rapi setiap tahunnya serta dilaksanakan berdasarkan anggaran dana yang tersedia. penjualan dan sebagainya. l. media komunikasi antara sesame pegawai. Mengatur acara-acara resmi misalanya saja dalam acara peresmian suatu gedung baru. j. termasuk juga menyediakan berbagai macam bahanya. h. n. k. poster-poster yang sifatnya mendidik dan sebagainya. Menulis dan membuat bahan-bahan cetak seperti lembaran informasi yang memuat tentang sejarah perusahaan. dan pakaian seragam para pegawai. atau sebaliknya kunjungan dari personil perusahaan ketempat-tempat lain. pameran serta pemeliharaan. f. Menyunting atau memproduksi majalah atau surat kabar internal lainnya. Mengikuti konferensi yang diselenggarakan oleh divisi penjualan dan pertemuan para agen. Memimpin dan mengatur acara-acara pameran dan eksibisi kehumasan. penyusunan katalog.c. radio. termasuk mengatur para tamu undangan dan media massa yang dating meliput. g. laporan tahunan atas hasil kerjanya.

Penulis berkesempatan mengikuti dan melakukan evaluasi terhadap perencanaan. berita. Hal yang pertama kali perlu dilakukan adalah menganalisa tujuan umum dan peranan bidang kerja dalam keseluruhan fungsi departemen. penulis juga melaksanakan Departemen Corporate Communication dalam melakukan komunikasi kepada pihak yang berhubungan dengan perusahaan yang terdiri dari Media Massa dan masyarakat. baik komunikasi yang ditujukan bagi pihak eksternal maupun internal sesuai dengan kebijakan pihak manajemen PT.3. PGI. pekerjaan yang dilakukan oleh 22 . strategi dan program komunikasi perusahaan. penulis berkesempatan mendapatkan pengalaman baru akan pentingnya fungsi dari corporate communication sebagai wujud pencitraan perusahaan kepada masyarakat. 2. dan hal apa yang dapat dilakukan pada suatu bidang kerja.2 Komunikasi Eksternal Perusahaan Dalam berkesempatan praktek dalam magang yang dilakukan fungsi penulis.3. tentunya kita akan lebih mudah mengikuti prosedur kerja pada bidang kerja tersebut. bahasa maupun penyajian komunikasi yang disampaikan kedalam maupun keluar perusahaan selalu konsisten. Seluruh karyawan departemen Corporate Communication bertanggung jawab menangani komunikasi dan mengupayakan agar seluruhisi.2. Dengan mengetahui tujuan. Dalam melaksanakan program Media Relation. Dalam pelaksanaan magang yang dilakukan penulis.3 Prosedur Kerja 2. peranan.1 Prosedur Kerja Magang Untuk memahami prosedur kerja suatu perusahaan. tetapi juga harus melakukan kegiatan pada bidang kerja tersebut secara langsung. serta mengetahui secara prinsip jenis pekerjaan dalam bidang kerja tersebut. tentunya mahasiswa tidak hanya harus mempelajari operasional atas suatu bidang kerja saja.

dalam moment ini PT. Adapun halhal yang dilakukan yaitu membuat event seperti promosi. Panasonic Gobel Indonesia merupakan sponsor event terbesar se.3. Penulis berkesempatan ikut serta dalam kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan. Dalam melaksanakan program Media Relation tersebut. sehingga berita yang ditulis mengenai perusahaan tidak menjatuhkan image perusahaan itu sendiri.2. maka sering kali media yang berhubungan adalah media massa yang terkait dengan peluncuran produk baru. tentu saja tugasnya adalah melakukan hal-hal yang berhubungan dengan pihak eksternal perusahaan yaitu masyarakat. untuk kemudian melakukan koordinasi dengan divisi terkait. 2.Asia Tenggara yaitu SEA GAMES. Media Massa yang notabene merupakan pendukung perusahaan dalam proses marketing harus dirangkul dan dilakukan komunikasi eksternal.Corporate Communication adalah menangani segala sesuatu yang berhubungan dengan media baik cetak maupun elektronik serta bertugas mengatur semua kontak dan permintaan dari perusahaan ke media maupun dari media ke perusahaan. PGI 23 . Seperti namanya. Dalam menjalankan program Media Relation. Tentu saja. karena PT. Departemen Corporate Communication juga melakukan monitoring terhadap berita-berita yang mempunyai dampak pada perusahaan dan juga melakukan analisa terhadap berita-berita tersebut serta menanggulanginya.1 Sponsorship Kegiatan lain yang dijalankan penulis dalam melaksanakan magang di divisi Corporate Communication adalah melakukan program komunikasi eksternal. press reception maupun kunjungan kerja pada pers dan sebaliknya. beberapa hal yang dilakukan selama ini adalah dengan menyelenggarakan press event seperti press converence. serta melakukan sponsorship untuk kegiatan olahraga maupun hiburan. Panasonic Gobel Indonesia yang bergerak dalam bidang elektronik. Penulis juga berkempatan untuk melaksanakan program perlombaan bagi wartawan untuk menulis produk yang baru saja diluncurkan perusahaan sebagai bentuk eksistensi perusahaan. Dalam melakukan sponsorship tersebut PT.

3. 2. Dalam kompetisi ini anak-anak diperkenalkan akan teknologi perfilman sehingga dapat merangsang imajinasi mereka serta memupuk rasa kepedulian anak-anak terhadap tema yang telah ditetapkan. Panasonic Gobel Indonesia. penulis juga berkesempatan melakukan komunikasi eksternal dengan masyarakat yang bertujuan untuk melakukan softmarketing perusahaan adalah dengan melakukan kegiatan yang dilaksanakan di PT. Sejalan dengan slogan Panasonic µeco ideas¶ serta visi 100 tahun Panasonic Corporation untuk menjadi NO 1 GREEN INNOVATION COMPANY di tahun 2018. Departemen Corporate Communication bertanggung jawab untuk memastikan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pagelaran event terbesar tersebut dapat terlaksana dengan lancar. Talkshow Cinematografi bersama Riri Riza serta berbagai games seru. KWN (Kid Witness News) merupakan kompetisi tahunan yang diadakan Panasonic Internasional antar anakanak sedunia dalam merancang hingga membuat tayangan video. 24 . Dalam kegiatan ini penulis diberi bertanggung jawab dalam melaksanakan acara KWN 2011.2.2 Kid Witness News Selain melakukan sponsorship.berkolaborasi dengan INASOC untuk mensupport kegiatan SEA GAMES dalam bidang elektronik yang dibutuhkan. program Kid Witness News 2011 (KWN) diuncurkan di acara Bobo Fair yang diadakan sejak 29 Juni ± 3 Juli 2011 di Jakarta Convention Center (JCC) . Pameran yang diadakan selama 5 hari ini dihadiri sekitar 5000 pengunjung. tema KWN tahun ini ialah ³Aksi Untuk Lingkungan´. Kid Witness News merupakan ajang kompetisi film pendek bagi para siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) berusia 10-15 tahun yang diselenggarakan oleh Panasonic-Gobel Grup. Setelah berhasil menggelar kompetisi Kid Witness News tahun 2010 lalu. Pada peluncuran KWN ini berbagai kegiatan diselenggarakan seperti pemutaran video pemenang KWN 2010.

lebih dari 500 peserta di seluruh Indonesia mendaftarkan dirinya pada kompetisi KWN 2010. Film pendek yang menceritakaan budaya tangkap ikan di Manado ini juga berhasil meraih penghargaan dari Kompetisi KWN tingkat Regional yang diadakan di Singapura sebagai ´Best News Angle Awards´. Tradisi Tangkap Ikan Dengan Mantra¶¶. Panasonic akan melakukan roadshow untuk mensosialisasikan program KWN ke sekolah-sekolah di Jakarta dan penyebaran angket sehingga jumlah peserta yang mendaftar ditargetkan akan meningkat hingga 20%. Tahun lalu. Pada ajang ini.Presiden Direktur PT Panasonic Gobel Indonesia. bertepatan dengan hari anak sedunia pada hari ini. dengan membangkitkan kreativitas generasi melalui kompetisi film pendek. Juara pertama dari lomba KWN 2010 ialah SMP 1 Negeri Manado dengan judul film ³Mane¶e. Tahun ini. kreativitas. Dengan tema ³Aksi untuk Lingkungan´ di tahun 2011 ini. analisa. Kami yakin KWN dapat menstimulasi daya inovasi. pemahaman. Ichiro Suganuma mengungkapkan : "Tujuan utama Panasonic menggelar Kid Witness News di Indonesia adalah untuk menstimulasi kreativitas di kalangan para siswa dan melatih kemampuan berkomunikasi serta kerja sama tim melalui pembuatan video. sekaligus memperkenalkan teknologi sedini mungkin kepada para pelajar di Indonesia ´ Direktur PT Panasonic Gobel Indonesia. para siswa yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) ditantang 25 . Program KWN bertujuan untuk merangsang kreativitas. Kid Witness News (KWN) yang merupakan ajang kompetisi film pendek yang diselenggarakan oleh PT Panasonic Gobel Indonesia. membangun keterampilan berkomunikasi serta mendorong kemampuan kerjasama tim generasi muda sejak usia dini´. Istiqlal Taufik mengungkapkan : ³KWN merupakan salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan yang diselenggarakan setiap tahunnya sejak 2004.

efek suara dan musik. 26 . kesepuluh peserta akan membuat film berdurasi 5 menit berdasarkan naskah cerita yang telah mereka buat. efek visual. (5) Aspek komprehensif meliputi kejelasan dan akurasi tema. Setelah mendapat pelatihan. Peserta ajang pembuatan film pendek ini ialah pelajar yang berusia antara 10-15 tahun yang mewakili sekolahnya masing-masing dan setiap kelompok terdiri dari 2-10 siswa. dan kandungan lokal. (4) Aspek Editing meliputi harmonisasi dalam penggabungan klip-klip. Panasonic akan memfasilitasi pembuatan film dengan meminjamkan satu set peralatan camcorder kepada masing-masing peserta. (2) Aspek Videografi meliputi kualitas gambar. pembuatan subtitle hingga proses akhir dari pembuatan film serta kunjungan ke stasiun Global TV untuk melihat proses pembutan film secara langsung dan kunjungan ke Kompas Gramedia Group yang akan memberikan pengetahuan bagaimana cara membuat majalah sampai ke pabrik percetakannya. Dalam pelatihan tersebut. (3) Aspek Suara meliputi kejelasan suara. originalitas. fokus objek. dan tampilan terjemahan dalam bahasa Inggris. Program KWN telah dijalankan oleh PT Panasonic Gobel Indonesia sejak tahun 2004. Naskah dan skenario film yang telah dikirimkan akan diseleksi oleh para juri untuk dipilih 10 terbaik. Sebagai bentuk pengabdian masyarakat.untuk dapat membuat naskah dan skenario pendek yang bertemakan Kota dan Lingkungannya. Aspek penjurian terdiri dari 5 kriteria. program KWN bertujuan untuk merangsang kreativitas. yakni (1) Aspek penulisan meliputi kreativitas. Dalam hal ini. tata cahaya dan warna. kemampuan narasi. Kesepuluh peserta terbaik akan mendapatkan pelatihan proses pembuatan film dari Panasonic dan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) selama empat hari di Jakarta. membangun keterampilan serta mendorong kemampuan kerjasama tim sejak usia dini. proses editing. para siswa akan dibekali kemampuan pembuatan film mulai dari pengambilan gambar.

SMPN 1 Depok 2. SMP Tunas Daud Denpasar 3. Kesepuluh finalis akan mendapatkan hadiah camcorder Panasonic kemudian dipilih tiga terbaik. Penyelenggaraan KWN 2011 ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan 50 tahun kerjasama Panasonic. SMPN 1 Muntilan 7. Santi Turino mengatakan : ³Dalam rangka 50 tahun perayaan kerjasama antara Panasonic dan Gobel di Indonesia program KWN ini akan diluncurkan. Taman Rama School . Corporate Communications Manager ± PT.IKJ). SMP Nasima Semarang 9. Besekku malang Labu Parang´Parang´Meraih Prestasi Aksiku untuk terumbu karang dan kuda laut Raja Ampat. Panasonic Gobel Indonesia. Tingginya perhatian Panasonic terhadap kelestarian lingkungan menjadikan KWN kali ini bertema Aksi untuk Lingkungan´.Sangihe Sulawesi Utara 5. Sigit Triwahyu (Editor in Chief National Geographic Kids). Bagi pemenang Juara 1 akan mewakili Indonesia pada kompetisi KWN tingkat regional (Asia Pasifik). dan Titin Rosmasari (Pemimpin Redaksi). Surga Timur yang Penuh Inspirasi 27 . SMP N I Manado 6. SDN Kalama .Susunan Dewan Juri KWN tahun ini di antaranya adalah Istiqlal Taufik (Direktur PT. Panasonic Gobel Indonesia) Subagjo Budisantoso (Wakil Dekan bidang Kerjasama FFTV . Finalis KWN Indonesia 2011 1. dan jika lolos pemenang akan kembali diikutsertakan pada kompetisi KWN tingkat internasional. SD Salman Al Farizi Bandung 4.Denpasar 10. SMP N 2 Jayapura No Speak Just Do It Ngaben Tikus Relawan Sampah Sarang walet kebanggaanku Selamatkan bumi dengan Recycle Wayang Kardus di lereng merapi Besekku sayang. SMP N 5 Yogya 8.

namun dengan adanya mitra-mitra yang kompeten dan dapat dilaksanakan koordinasi yang baik akan sangat membantu melaksanakan fungsi Departemen Corporate Communication mengurangi pengeluaran perusahaan. Kendala yang dihadapi Corporate communication antara lain kurangnya koordinasi dengan mitra yang bekerja sama dengan divisi ini. juga membantu perusahaan dalam 28 . 2. yaitu melakukan upaya perbaikan masalah dan mengurangi kendala untuk mengembangkan organisasi menjadi lebih baik.3 Kendala yang Dihadapi Kendala itu sendiri merupakan media pembelajaran yang baik.3. sehingga sering kali ditemukan misscommunication. Selain itu keterbatasan sumber daya manusia yang ada di departemen ini dianggap kurang. Keterbatasan sumber daya manusia di Departemen Corporate Communication menjadi kendala dalam melaksanakan aktifitas yang dilakukan divisi ini.2. Kendala ini tentunya ditemui di dalam ruang lingkup perusahaan. karena tugas departemen ini sangatlah penting dalam menjaga image perusahaan. agar organisasi semakin sempurna dan semakin kokoh. Koordinasi internal maupun eksternal selalu dilakukan dengan intens supaya didapatkan hasil yang maksimal dalam menjalankan tugasnya.4 Solusi atas Masalah Dalam mengahadapi kendala tersebut tentunya Departemen Corporate Communication tidak henti-hentinya mengadakan perubahan demi kemajuan departemen dan perusahaan. tidak terkecuali pada Departemen Corporate Communication.3. Cara untuk belajar dari adanya kendala atau masalah.

dan untuk mencapainya diperlukan waktu. biaya serta tenaga semua elemen yang ada di perusahaan. kewenangan dan tanggung jawab kepada departemen ini untuk membangun citra perusahaan. serta kepercayaan terhadap kelangsungan perusahaan. layanan. Image tidak pernah putus. Sementara image bila dilihat dari sisi intern juga memiliki peran yang sanget penting karena terkait dengan motivasi. Image bukanlah sesuatu yang instant. sikap para pegawai serta fasilitas-fasilitas yang dimiliki perusahaan itu sendiri. dan merupakan suatu hal yang terus menerus berlanjut serta harus selalu dikembangkan seiring tuntutan konsumen sehingga tidak akan pernah berakhir.1 Kesimpulan Image memiliki peran yang sangat penting dalam industri elektronik apapun produknya. Image bagi perusahaan di sisi ektern terbentuk melalui aspek-aspek baik produk. Panasonic Gobel Indonesia sebagai perusahaan yang memproduksi produk Panasonic haruslah dibangun melalui pelaksanaan program-programnya baik eksternal maupun internal. Sebagai perusahaan yang sangat dipengaruhi oleh image. maka manajemen telah benar-benar memfungsikan unit Departemen Corporate Communication dengan cara memberikan tugas. Programprogram yang dilakukan oleh Departemen Corporate Communication terbukti telah berhasil menjalankan komunikasi eksternal yang mempromosikan perusahaan kepada khalayak luas. dan masyarakat luas yang tidak menggunakan produk. Image dibangun dati harapan pengguna produk yang bersifat universal. effort. sehingga perwujudkan image dari PT.BAB III KESIMPULAN DAN SARAN 3. sehingga di sisi intern perusahaan dapat membuka bagi unit kerja yang lain untuk melakukan produk image dalam rangka menampilkan produk-produk yang tujuannya untuk mengenalkan produk yang dikeluarkan Panasonic kepada masyarakat dan melengkapi fasilitas yang akan 29 . yang kemudian hasilnya akan terbentuk dan dinilai oleh konsumennya.

3. didapatkan hasil bahwa Departemen Corporate Communication mempunyai sikap yang kooperatif sehingga mewujudkan berita-berita dan jalinan positif dari perusahaan kepada media massa. Saran yang baik adalah saran yang dapat memberikan solusi untuk mengatasi suatu masalah atau pengembangan dari berbagai sisi. Untuk perusahaan. menetapkan prosedur yang baku bagi mahasiswa magang. yang mewujudkan kerjasama antara pusat dengan cabang-cabang. Menjaga keharmonisan dengan pihak-pihak yang terkait merupakan hal yang mendasar yang menunjukan bahwa aktivitas yang dilakukan oleh Corporate Communication untuk meningkatkan citra perusahaan. Saran yang dapat diberikan untuk penilaian produktifitas adalah menyusun format baku yang nantinya akan diisi oleh setiap 30 . Disisi intern perusahaan Departemen Corporate Communication mewujudkan sinergi yang baik dengan unit kerja lain maupun dengan cabang yang kini berapa di 17 kota besar. Dalam kaitan menjalankan fungsi Media Relation. Saran yang dapat penulis berikan berdasarkan dari teori yang didapatkan semasa kuliah.2 Saran Kegiatan magang menimbulkan kesimpulan dan saran yang dapat diberikan untuk khalayak banyak dalam bentuk laporan. sehingga mahasiswa magang tidak kebingungan dan kehilangan arah serta tujuan dari magang. Corporate Communication (Corcomm) merupakan ujung tombak PT Panasonic Gobel Indonesia dalam mensosialisasikan dan mengkomunikasikan segala bentuk kebijakan perusahaan.memudahkan masyarakat tentunya. Corporate Communication menjadi media untuk mengkomunikasikan aktivitas tersebut kepada publik internal maupun eksternal sehingga dapat meningkatkan citra positif perusahaan karena dapat menunjukkan bahwa Panasonic tidak hanya berorientasi pada bisnis dan keuntungan.

Saran untuk Univ. Untuk memperbaiki kinerja pegawai sebaiknya perusahaan melakukan coaching dan mentoring dengan cara melakukan sistem kerja tim yang terdiri dari dua sampai tiga orang profesional yang bertugas khusus untuk membina pegawai baru maupun pegawai yang kinerjanya dirasakan kurang. Sosialisasi magang tidak cukup hanya sekali. bisa menjadikan alternatif. 31 . Hal ini untuk mengantisipasi perusahaan yang memang belum memiliki konsep magang. perlu ada pematangan pemahaman mengenai Softskill. karena terlalu sering berubah-ubah bisa mempersulit semua pihak.cabang unit bisnis. Konsistensi dalam menentukan kebijakan. Bakrie adalah adanya konsep magang yang jelas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful