BANK SOAL MATEMATIKA PERSIAPAN UN 2011 KELAS XII BAHASA SMAK ST.

FRANSISKUS SAVERIUS RUTENG
MATERI: LOGIKA 1. Di bawah ini merupakan pernyataan adalah . A. Dia membeli baju B. Kemarin hari minggu C. Satu minggu terdiri dari 6 hari D. Yang datang ini adalah siswa SMA E. Rajin pangkal pandai, malas pangkal bodoh 2. Negasi dari pernyataan: Toni tidak rajin belajar. adalah . A. Toni lulus ujian B. Toni tidak malas C. Toni rajin belajar dan lulus ujian D. Toni rajin belajar E. Toni pandai 3. Ingkaran dari pernyataan, Semua siswa menganggap matematika mudah . adalah A. Beberapa murid menganggap matematika mudah B. Semua murid menganggap matematika mudah C. Ada murid yang menganggap matematika sukar D. Tidak seorangpun murid menganggap matematika mudah E. Ada murid tidak menganggap matematika sukar 4. Ingkaran dari pernyataan, Ada ikan yang tidak bertelur . adalah . A. Tidak semua ikan bertelur B. Tidak semua ikan bertelur C. Semua ikan bertelur D. Tidak benar semua ikan tidak bertelur E. Semua jawaban salah 5. Nilai kebenaran yang tepat untuk pernyataan

SSBB D.p › q   gp . SBSB B. SSSB C. pada tabel berikut adalah . SBBB E. BBBB p B B S S q B S B S . A.

p › q   g p 6. Ia bukan seorang yang miskin . Diketahui: Premis 1: Jika ia seorang kaya. A. Ia seorang kaya B. Ia seorang dermawan D. Ia seorang yang tidak kaya C. maka ia berpenghasilan banyak Premis 2: Ia berpenghasilan tidak banyak Kesimpulan yang sah adalah .

A. Ulangan tidak jadi dan semua murid bersuka ria. Jika Santi sakit maka ia membeli obat E. Ulangan tidak jadi dan ada murid tidak bersuka ria. BBBS P B B S S q) q. Jika saya tidak lulus SMA maka saya tidak melanjutkan ke jurusan bahasa B. Ulangan jadi dan semua murid tidak bersuka ria. BSSS C. Lilin bukan merupakan benda cair dan kertas bukan merupakan benda padat B. Jika santi membeli obat maka ia sakit 12. A. Ia tidak berpenghasilan banyak 7. Matematika mengasyikan atau membosankan B. D. BBSS D. adalah . Lilin bukan merupakan benda cair atau kertas merupakan benda padat D. adalah . A. Lilin bukan merupakan benda cair atau kertas bukan merupakan benda padat C. Nilai kebenaran yang tepat untuk pernyataan (p adalah . Negasi dari pernyataan Matematika tidak mengasyikan atau membosankan. pada tabel disamping Q B S B S (p q) q 10. Ulangan jadi dan semua murid bersuka ria. Santi sakit dan membeli obat D. Ulangan tidak jadi dan semua murid tidak bersuka ria. 9. Ingkaran dari pernyataan Jika saya lulus SMA maka saya melanjutkan ke jurusan bahasa. E. Matematika mengasyikan atau tidak membosankan C. SSSS B. Ingkaran dari kalimat Lilin merupakan benda cair atau kertas merupakan benda padat. Negasi dari pernyataan Jika ulangan tidak jadi maka semua murid bersuka ria. 8. Santi tidak sakit dan pergi ke dokter B. SSBB E. A.E. A. A. adalah . Lilin merupakan benda cair dan kertas merupakan benda padat 11. Lilin merupakan benda cair dan kertas bukan merupakan benda padat E. Matematika mengasyikan dan tidak membosankan . adalah . Diberikan beberapa pernyataan: Premis 1: Jika santi sakit maka ia pergi ke dokter Premis 2: jika Santi pergi ke dokter maka Santi membeli obat Kesimpulan yang sah dari dua pernyataan di atas adalah . B. C. Santi tidak sakit atau membeli obat C.

D. dan p menyatakan negasi dari pernyataan p. Matematika tidak mengasyikan dan tidak membosankan E. . Matematika tidak mengasyikan dan membosankan 13. D. Jika p pernyataan bernilai benar. maka pernyataan berikut bernilai benar adalah . q bernilai salah.

gp   q › q A. .

C. .p › q › gp B.

p œ q œ gp .

.p   q › p E.

D. Jika adik tidak menangis maka ibu tidak pergi . A. Mariam pandai dan lulus SPMB D. Jika Mariam pandai. Jika Ani tidak bahagia. Mariam tidak pandai E. Jika Ani tidak bekerja keras tetapi ia bahagia D. (1) gp   (q œ r ) (2) gp adalah . gq › r 16. Mariam rajin belajar dan lulus SPMB C. Jika Ani tidak bekerja keras maka ia tidak bahagia C. Perhatikan premis-premis berikut ini: 1. Jika ibu tidak pergi maka adik tidak menangis. walaupun ia bekerja keras 17. q œ r B. Jika ibu tidak pergi maka adik menangis. Jika Mariam rajin belajar. Jika Ani bahagia walaupun tidak berhasil E. Penarikan kesimpulan yang sah dari premis-premis yang dinyatakan dalam bentuk lambang berikut. Diketahui: Premis (1): Jika Ani bekerja keras maka ia akan berhasil (2): Jika Ani berhasil maka ia bahagia Kesimpulan dari premis-premis di atas adalah . Jika adik menangis maka ibu pergi. gq œ gr C. A.p œ q   g p 14. A. maka ia lulus SPMB Kesimpulan yang sah dari premis di atas adalah . gq › gr E. Pernyataan yang ekuivalen dengan pernyataan Jika ibu pergi maka adik menangis adala . maka ia lulus SPMB 15. maka ia pandai 2. E. Jika Mariam rajin belajar. q › r D. Mariam rajin belajar tetapi tidak pandai B. Jika ibu pergi maka adik tidak menangis C. B. Jika Ani bekerja keras maka ia bahagia B. A.

Jika Dara dibelikan motor. maka iatidak dibelikan motor. maka harga bahan bakar B. E. Inversi dari: "Jika harga bahan bakar naik. E. maka pembangunan berjalan lancar . maka ia orang Belanda 22. Jika pembangunan tidak lancar. maka ia orang Eropa" adalah . Beberapa orang tidak memerlukan pertolongan orang lain. B. Kontraposisi dari pernyataan: "Harus rajin belajar adalah syarat perlu ingin naik kelas "adalah ... disjungsi C. maka pernyataan r pada tabel kebenaran itu adalah A. 20. maka harga bahan bakar tidak naik. maka pembangunan berjalan lancar D. Beberapa orang memerlukan pertolongan orang lain.. A. Jika ingin naik kelas maka tidak harus rajin belajar D. Jika ia orang Eropa. B. maka ia belum tentu orang Eropa E. maka pembangunan tidak lancar C. Kontraposisi dari pernyataan: "Jika devisa Negara bertambah. maka biaya transport naik " adalah . konjungsi B. B. Jika devisa negara tidak bertambah. A.. D. Tidak ada orang yang tidak memerlukan pertolongan orang lain. Setiap orang memerlukan pertolongan orang lain. jika devisa negara tidak bertambah. maka pembangunan berjalan lancar". maka ia lulus. A. 23. adalah . Jika biaya transport tidak naik... maka ia dibelikam motor adalah A. Jika ia bukan orang Belanda. Jika harga bahan bakar tidak naik. jika devisa negara tidak bertambah. Jika tidak harus rajin maka tidak ingin naik kelas C. A. maka harga bahan bakar tidak naik. maka pembangunan berjalan lancar" adalah . A. implikasi E. maka pembangunan tidak berjalan lancar 24. maka ia tidak dibelikan motor. maka ia dibelikan motor. Jika ingin naik kelas atau harus rajin belajar B. jika pembangunan berjalan lancar.18. Jika biaya transport naik. Jika Dara tidak lulus.. maka biaya transport naik. Jika r pada tabel di samping adalah pernyataan p dan q. C. maka ia tidak lulus.. maka ia tentu orang Eropa C. Jika ia bukan orang Belanda. Jika harga bahan bakar tidak naik.. B = benar dan S = salah. E. jika devisa negara bertambah. maka pembangunan tidak berjalan lancar C. A. maka devisa negara tidak bertambah B. Jika biaya transport naik. jika pembangunan tidak berjalan lancar. p dan q adalah pernyataan.. Jika ia bukan orang Eropa. Jika tidak ingin naik kelas maka harus rajin belajar 25. D. maka devisa negara bertambah E. C. maka ia bukan orang Belanda. maka ia bukan orang Eropa D. ingkaran D. Invers dari pernyataan Jika Dara lulus. Jika ia orang Belanda. Negasi dari "Semua orang memerlukan pertolongan orang lain" adalah . Jika Dara tidak dibelikan motor. Jika devisa negara tidak bertambah. Jika Dara lulus. C. Konversi dari kalimat "Jika ia seorang Belanda. maka biaya transport tidak naik 21. Jika ingin naik kelas dan tidak harus rajin belajar E. Kontraposisi dari pernyataan "Jika devisa Negara bertambah... maka devisa negara tidak bertambah B. Jika Dara tidak lulus. bi-implikasi p q r B B B B S B S B B S S S 19. D. Ada orang yang memerlukan pertolongan orang lain.

B. Jika pembangunan berjalan lancar. maka pembangunan tidak lancar 26. maka harga kebutuhan pokok tiak naik . maka harga bahan bakar naik. Diketahui pernyataan : Jika harga bahan bakar naik. Jika devisa negara bertambah.D. A. Jika harga bahan bakar tidak naik. D. maka ongkos angkutan tidak naik Bila kedua pernyataan itu bernilai benar. maka devisa negara bertambah E. maka kesimpulan yang dapat diambil adalah . Jika ongkos angkutan tidak naik. maka ongkos angkutan naik Jika harga kebutuhan pokok tidak naik. Jika harga bahan bakar naik. Jika ongkos angkutan naik. Jika ongkos naik. maka harga kebutuhan pokok naik. maka harga bahan bakar tidak naik. C.. maka harga kebutuhan pokok naik. E.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful