HAM Dlm Persfektip Agama

HAM DALAM PERSPEKTIF AGAMA

HAM adalah hak yang melekat pada diri seorang manusia karena kodratnya sebagai manusia. Hak itu ada melekat pada ke-manusia-annya, dan ke-manusiabukan sekali-kali berasal dari pemberian pemerintah dan bukan pula sekalipemberian siapapun juga terhadap manusia melainkan diakui sebagai hak yang melekat karena seorang adalah MANUSIA, maka hak itu tidak dapat diambil alih oleh siapapun juga.
Manusia diciptakan oleh Tuhan, Maka HAM sebagai hak yang berasal dari Tuhan

AGAMA : 1. Christianity 2. Hinduism 3. Judaism 4. Buddhism 5. Confucianism 6. ISLAM

TEOLOGI AGAMA
istilah HAM tidak dijumpai dalam berbagai kitab agama yang kita kenal, namun demikian Teologi (kajian agama) memberikan dasar bahwa teori HAM berasal dari suatu hukum yang lebih tinggi dari hukum negara, yang bersumber dari Yang Maha Tinggi ( a law higher than that of the state and whose source is Supreme Being ) Shestack (1998) : menyatakan bahwa In a religious context, every human being is considered sacred. Accepting a universal common father give rise to a common humanity, and from this flows a universally certain rights. Because rights stems from a divine source, they are inalienable by mortal authority. This concept is fond not only in the JudeoJudeoChritian tradition, but also in Islam and other religions with a desitic base.

Jangan Mencuri dst Jesus meminta orang untuk memberi pakaian mereka yang telanjang. menyembuhkan yang sakit. Kisah dlm Perjanjian Baru (New Testament): seorang pria dalam perjalanan dari Jerusalem ke Jericho yang jatuh dalam kawanan rampok. memberi harapan bagi yang tak berpengharapan. Jesus berkata bahwa orang Samarita itulah yang mestinya menjadi teladan umat manusia.Christianity :  dikenal Sepuluh Perintah Allah (The Ten Commandments) : Jangan Membunuh. Ia justeru ditolong & dirawat oleh seorang Samarita yang justeru menjadi sampah masyarakat.   . Orang tsb tidak ditolong oleh Pendeta yg kebetulan lewat dan seorang Levite yang lewat. memberi makan mereka yang lapar.

& Uphanishad secara terus Vedha. Dalam kitab2 Vedha. Agama. speech. Agama.   . maupun perbuatan (Ahimsa is not causing pain to any living being at any time through the actions of one s mind. perkataan.HINDUISM :  Menekankan pentingnya Dharma (duty) dan tingkah laku yang baik (Sadachara) terhadap mereka yang menderita. Ahimsa sendiri adalah prinsip untuk tidak menyakiti apapun makhluk hidup melalui pikiran. or body). Prinsip paling utama dalam Hindu yang menjadi prinsip perjuangan Mahatma Ghandi adalah Ahimsa (Non Injury to Others).& menerus ditekankan bahwa kebenaran Tuhan adalah Universal dan agama harus menjadi jalan hidup manusia.

Salah satu ajaran yang terkenal dlm Judaism adalah Pandangan Isaiah (Isaiah View) untuk lepas dari ikatan2 dosa. berbagi roti dengan mereka yang lapar dan membawa pulang mereka yang tak memiliki tempat bernaung .Judaism   Buku pertama kitab Torah yakni Genesis menekankan bahwa semua manusia adalah satu keluarga. . untuk membebaskan yang tertindas .

Buddhism  didirikan oleh Siddharta Gautama lebih dari 2500 tahun silam mengangkat isu universal hubungan antar manusia. and respect for all humanity as brothers and sisters and if we understand each other s fundamental humanity. dan jika kita mengerti kemanusiaan dasar satu sama lain. share each other s problem and sufferings ). Siddharta mengecam sistem kasta pada masanya dan menekankan nilai2 manusia tanpa memandang kelas sosial dan politik dan menyerukan pada pengikutnya untuk menjadi anggota masyarakat yang satu. dan berbagi penderitaan dan masalah satu sama lain. Kitab2 seperti Tripitaka & Anguttara-Nikaya memberi perhatian pada masalah penderitaan Anguttaramanusia (dukkha) dan menegaskan bahwa tugas setiap manusia adalah mengatasi sifat mementingkan diri sendiri (egoistic. menghormati hak satu sama lain.   . Dalai Lama: Persoalan2 di dunia hanya bisa diselesaikan dengan menunjukkan kebaikan. ( The world s problem will be solved only by showing kindness. selfish) dengan cara mempraktikkan berderma (charity) dan peduli (karuna) terhadap mereka yang membutuhkan. love. respect each other s right. penghormatan mendasar atas hidup setiap orang dan kepedulian (compassion) terhadap penderitaan orang lain. cinta dan penghormatan terhadap semua manusia sebagai saudara.

Confucianism  Didirikan oleh Kong Qiu di China hampir bersamaan dengan Buddhism. Doctrine of the Mean. hubungan manusia dan kehidupan yang beretika di dunia. Analects. daripada kehidupan spiritual dan ketuhanan di luar dunia. Ajaran Confucian yang terdapat dalam Analects. Ditanyakan padanya apakah ada slogan yang bisa dijalankan manusia sepanjang hari dalam hidupnya Kong Qiu menjawab: Jangan Paksa Orang Lain melakukan apa yang Kau Sendiri tak Ingin Lakukan (Do not impose on others what you yourself do not desire) {{Pesan Moral dari Kong Qiu ini sering dipakai menjadi tema perayaan Imlek Nasional diselenggarakan oleh Majelis Agama Kong Hu Cu Indonesia}}  . dan Great Learning menekankan pada Mean.

. Nabi Muhammad SAW: Semua manusia sama dlm pandangan Allah SWT 3.ISLAM : 1. Dalam Piagam Madinah (Madinah Charter) ditekankan bahwa orang2 Yahudi yang ada dalam persemakmuran ini harus dilindungi dari penghinaan dan penistaan . Ajaran untuk meringankan penderitaan orang lain dg Zakat 2.dan mesti memperoleh kebebasan beribadah seperti Muslim. Piagam ini digambarkan oleh para penulis HAM sebagai The first charter of freedom of conscience in human history.

al : Kebebasan Beragama. Konstitusi tertulis pertama dalam sejarah umat manusia Piagam ini memberikan hak dan kewajiban bagi komunitas yang tergabung dalam Piagam ini HakHak-hak yang dilindungi. perjanjian tertulis antara Nabi Muhamad dan suku-suku Arab di Madinah sukuyang terdiri dari Muslim.PIAGAM MADINAH      LAhir pada abad ke-7 M keDibuat pada 622 M. . Hak sebagai WN. Perlindungan perempuan. Yahudi dan Pagan.

Padahal kalau dibandingkan dengan naskahnaskah-naskah Lain. al- . semuanya tertinggal tujuh sampai tiga belas abad di belakang Konstitusi Madinah dan al-Qur an.PIAGAM MADINAH PALING UTAMA Konstitusi Madinah yang sudah tersurat pada tahun 622 (abad ke-7 M) dan al-Qur an sudah kealselesai dikumpulkan dan ditulis sebagai kitab pada tahun 25 H (tahun 647 M) tetapi ternyata dalam studi tentang hak-hak asasi manusia oleh hakkebanyakan para sarjana tidak disinggung sama sekali.

Banu Syuthybah . Banu Al. Kaum Yahudi dari Banu Al-Najjar Al8. Kaum al. Kaum Mukminin dan Muslimin muhajirin dari suku Quraisy Makkah. 4. Kaum Yahudi dari Banu Sa labah 12. Suku Jafnah dari Banu Sa labah 13. Kaum Yahudi dari Banu al-Hars al6. Kaum Yahudi dari Banu Amr ibn awf 9. Kaum Yahudi dari Banu Sa idah 5. Banu Jusyam 7. 2.Nabit Al10. 3.Aws al11. Kaum Mukminin dan Muslimin muhajirin dari suku Yatsrib. Kaum Yahudi dari Banu awf.13 Kelompok Komunitas Yang terikat dalam Piagam Madinah 1.

Bagi Kaum Yahudi Agama Mereka. dan bagi kaum mukminin agama mereka .PIAGAM MADINA =47 Pasal Pasal 1 : sesungguhnya mereka adalah ummat yang satu ummatan wahidatan Pasal 44 : Mereka (para pendukung piagam) bahu membahu dalam menghadapi penyerangan thdp kota yastrib (madinah) Pasal 24 Kaum Yahudi memikul biaya bersama kaum mukminin selama peperangan. Pasal 25 Kaum Yahudi dari bani awf adlh satu umat dengan kaum mukminin.

Perbedaan Keimanan dan Amalan keagamaan. setiap wrga kota harus saling bahu membahu. (Lakum diinukum walyadiin) . 2. Sehingga dlm menghdpi musuh yg mungkin akn menyerang kota Madinah. jelas ditentukan adanya kebebasan beragama. Jaminan persamaan dan persatuan dalam keragaman demikian indah dirumuskan dalam piagam ini.KEISTIMEWAAN PIAGAM MADINAH 1.

Orang yg keluar(berpergian) aman.Pasal 47 = Bab Penutup Terjemahan Bhs Indonesianya : Sesungguhnya Piagam ini tidak membela orang zalim dan khianat. Allah SWT adalahpenjamin orang yang berbuat baik dan taqwa. dan orang yang berada di Madinah Aman. Tertanda (MUHAMMAD RASULULLAH SAW ) . kecuali orang yang zalim dan khianat.

hak mencari kebahagiaan. hak untuk hidup. .HAM DALAM PIAGAM MADINAH : 1. 2. dan 3. kebebasan.

yaitu: a. Hak mencari kebahagiaan Dalam Piagam Madinah. Kebebasan beragama Kebebasan memeluk agama masing-masing bagi kaum Yahudi dan kaum Muslim tertera di masingdalam pasal 25.  . tolong menolong serta saling berbuat kebaikan terutama terhadap kaum yang lemah.  1. ancaman pidana mati bagi pelaku. kebebasan dapat dibagi menjadi empat kategori. maka makna kebahagiaan itu bukan hanya semata-mata karena sematakecukupan materi akan tetapi juga harus berbarengan dengan ketenangan batin. HAk UNtuk Hidup Pasal 14 mencantumkan larangan pembunuhan terhadap orang mukmin untuk kepentingan orang kafir dan tidak boleh membantu orang kafir untuk membunuh orang mukmin. Kebebasan dari kemiskinan Kebebasan ini harus diatasi secara bersama. Bahkan pada pasal 21 memberikan ancaman pidana mati bagi pembunuh kecuali bila pembunuh tersebut dimaafkan oleh keluarga korban. b. seperti diulas sebelumnya. Di dalam Konstitusi Madinah upaya untuk hal ini adalah upaya kolektif bukan usaha individual seperti dalam pandanagn Barat. d. keharusan hidup bertetangga secara rukun dan dami. 3. meletakkan nama Allah SWT pada posisi paling atas. c. Kebebasan dari rasa takut Larangan melakukan pembunuhan. Kebebasan mengeluarkan pendapat Musyawarah merupakan salah satu media yang diatur dalam Islam dalam menyelesaikan perkara yang sekaligus merupakan bentuk penghargaan terhadap kebebasan mengeluarkan pendapat. 2. jaminan keamanan bagi yang akan keluar dari serta akan tinggal di Madinah merupakan bukti dari kebebasan ini. Kebebasan Dalam konteks ini.

oleh Raja ke 6 Babilonia. Prinsip Hukum Pidana yang dikenal : Setiap orang akan dibalas setimpal dengan perbuatannya.CODE OF HAMMURABI  Ditulis pada 1760 SM. Hammurabi yang dikenal sebagai ³protector of the week and opressed´ Terdiri dari berbagai macam Ketentuan/Peraturan. Perbuatan Incest diancaman dengan hukuman mati   . baik Hukum Pidana maupun Perdata.

Petani.Dikenal stratifikasi (tingkatan sosial): WN yang bebas : Aparatur Pemerintah. Agamawan. sebagai basis masyarakat.Dibolehkannya hidup berdua tanpa ikatan pernikahan .Hammurabbi menekankan pentingnya keluarga 1. 3. 2. Beberapa prinsip yang dikenalkan : .CODE OF HAMMURABI .Prinsip Monogami . Tentara Kelas Menengah : Buruh. Pedagang Budak .

MAGNA CHARTA Prinsip yang masih menjadi pedoman hingga saat ini adalah Habeas Corpus yaitu seseorang memiliki hak untuk dibebaskan dari penahanan ilegal dirinya atau ornag lain .

Kebebasan untuk memeluk agama. penduduk dan WNA HAk2 yang dilindung antara lain: Kebebasan untuk berbicara. termaktub dalam amandemen pertama Konstitusi Amerika Serikat Bill of Rights membatasi Kekuasann Pemerintah Federal AS. Kebebasan untuk berkumpul.BILL OF RIGHTS    Bill Of Rights tahun 1776. Pelarangan penangkapan yang sewenangsewenangwenang. . melindungi hak WN.

Declaration des droits de l Homme et Citoyen/ Declaration of the Rights of Man and Citizen    Dibuat tahun 1789. yang beranggapan bahwa semua manusia adalah sama. namun instrumen hukum ini tidak secara eksplisit mengatur tentang Hak Perempuan dan Budak Deklarasi ini juga terpengaruh oleh Paham Individualis dan pemikir2 yang berkembang pada Abad Pencerahan. Jhon LOcke . seperti JJ Montesquie. Rosseau. oleh kaum bangswan Perancis yang melakukan protes atas kekuasaan Raja Louis XIV yang absolut Deklarasi ini terpengaruh oleh Paham Hukum Alam.

DEKLARASI UNIVERSAL HAM     Dibuat atas inisiatif Perserikatan Bangsa-Bangsa Bangsa(PBB) pada tahun 1948 Sebagai respon atas Perang Dunia I dan II Terdiri atas 30 Pasal yang telah dikembangkan oleh berbagai macam instrumen hukum baik internasional maupun nasional Disetujui oleh 48 anggota PBB. Afrika Selatan dan Arab Saudi) . namun 8 negara menyatakan abstain (negara Blok Uni Sovyet.

OK T Q .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful