gangguan autisme atau gangguan cemas pada anak. . seperti retardasi mental. ‡ Gangguan belajar bisa merupakan salah satu gejala dari gangguan jiwa. gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif.ANAK SEKOLAH Memahami Gangguan Belajar pada Anak Sekolah Dasar ‡ Proses belajar anak usia Sekolah Dasar merupakan kondisi yang sangat penting sebagai landasan pendidikan anak.

gangguan autisme atau gangguan cemas pada anak. ‡ Sedangkan gangguan belajar yang berdiri sendiri. gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif.‡ Gangguan belajar bisa merupakan salah satu gejala dari gangguan jiwa. bisa dalam bentuk gangguan membaca (disleksia). seperti retardasi mental. gangguan menulis (disgrafia) atau gangguan berhitung (diskalkulia). .

jika anak tersebut menyukai lagu tertentu. ajak anak itu belajar sambil memutarkan lagu tersebut. Misalnya. maka proses belajar pun sebaiknya menjadi proses yang menyenangkan untuk anak. . ‡ Kenali hal apa yang membuat anak merasa senang.‡ Tugas anak adalah bermain. Ijinkan anak membawa mainan kesayangannya saat belajar.

Karakteristik Anak Masa Sekolah Masa usia sekolah adalah masa matang untuk belajar atau untuk sekolah. .PERKEMBANGAN ANAK PADA MASA SEKOLAH ‡ A. yang dapat diberikan oleh sekolah. ‡ Disebut masa matang untuk belajar karena mereka sudah berusaha mencapai sesuatu. sedangkan masa matang untuk bersekolah . karena mereka sudah menginginnkan kecakapankecakapan baru.

‡ Proses pendidikan adalah merupakan salah satu aktivitas manusia. . Sedangkan masa kelas tinggi berusia antara 9 atau 10 sampai 12 tahun. yaitu masa kelas rendah dan masa kelas tinggi. ‡ Secara umum masa sekolah dasar terbagi menjadi dua bagian. Fungsi motivasi dalam proses pendidikan adalah membangkitkan dorongan untuk melakukan aktivitas dalam pendidikan. Masa kelas rendah yang berusia antara 6 atau 7 sampai 9 atau 10 tahun.

Adanya korelasi positif yang tinggi antara keadaan kesehatan pertumbuhan jasmani dengan prestasi sekolah. Adanya sikap mematuhi peraturan-peraturan permainan tradisional. Adanya kecenderungan memuji sendiri. 4. 3. Tidak menganggap penting dalam menyelesaikan suatu soal. 6.Sifat-sifat khas pada masa kelas rendah Sekolah Dasar 1. Menghendaki nilai rapor yang baik. Suka membanding-bandingkan dirinya dengan yang lain. . 2. 5.

2. dan ingin belajar.Sifat-sifat khas pada masa kelas tinggi Sekolah Dasar 1. ingin tahu. Gemar membentuk kelompok sebaya . Membutuhkan guru atau orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Amat realistik. Memandang nilai raport sebagai ukuran prestasi sekolah 6. 3. 5. 4. Adanya minat terhadap kehidupan praktis yang konkrit. Ada kecenderungan berminat pada salah satu pelajaran.

2.B. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak 1. .Faktor Internal Yang dimaksud dengan faktor internal adalah segala sesuatu yang ada dalam diri individu yang keberadaannya mempengaruhi dinamika perkembangan.Faktor Eskternal Faktor eksternal adalah segala sesuatu yang berada di luar diri individu yang keberdaannya mempengaruhi terhadap dinamika perkembangan.

Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap individu 1. . Faktor Lingkungan Kehidupan manusia khususnya anak-anak dibutuhkan banyak berinteraksi dengan individu lainnya. membawa berbagai kemungkinan potensi yang ada pada dirinya. Faktor Pembawaan Pada waktu anak lahir. 2.

‡ Faktor lingkungan yang paling berpengaruh terhadap perkembangan anak usia ini adalah orang tua. ‡ Orang tua sebagai guru alamiah akan mampu melihat dan mengerti serta menanggapi kemauan anak. .

tugas perkembangan adalah tugas-tugas yang harus diselesaikan individu pada fase-fase atau periode kehidupan tertentu. dan apabila berhasil mencapainya mereka akan berbahagia. . tetapi sebaliknya apabila mereka gagal akan kecewa dan dicela orang tua atau masyarakat dan perkembangan selanjutnya juga akan mengalami kesulitan.TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH ‡ Menurut Havighurst.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful