KUTIPAN

p 12/STIKOM BALI

STIKOM BALI

1

TIK
Mahasiswa mampu 
 

menjelaskan kegunaan kutipan mampu mengutip pendapat, konsep dan hasil penelitian baik secara langsung maupun tidak langsung mengutip untuk dibahas, ditelaah, dikritik, dipertentangkan atau diperkuat, mengaitkan isi tulisan dengan penemuan-penemuan atau teoriteori yang telah ada.
STIKOM BALI 2

PENGERTIAN  

Tulisan ilmiah adalah tulisan yang didasarkan oleh pengamatan,peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematik penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Secara umum bentuk-bentuk tulisan sebegai berikut. 
    

Laporan Makalah Skripsi Tesis Disertasi Buku/Diktat
STIKOM BALI 3  

Saat menulis ilmiah sering dilakukan pengutipan untuk mendapatkan pernyataan dari pendapat yang terdahulu dari berbagi buku-buku refrensi, majalah, maupun surat kabar. Fungsi kutipan, al;
1.

2.

3.

Sebagai landasan teori yang mendukung permasalahan yang ditulis dalam sebuah karya ilmiah. Untuk menjelaskan permasalahan yang diungkapkandalam sebuah karya ilmiah; dan Untuk memperkuat pendapat yang dikemukakan dalam sebuah karya ilmiah.
STIKOM BALI 4 

1. 2. 3. 4. 5. 6.

Berdasarkan fungsi di atas seorang penulis harus memperhatikan hal-hal berikut : Penulis mempertimbangkan bahwa kutipan itu perlu Penulis bertanggung jawab penuh terhadap ketepatan dan ketelitian kutipan Kutipan dapat terkait dengan penemuan teori Jangan terlalu banyak menggunakan kutipan langsung Penulis mempertimbangkan jenis kutipan, kutipan langsung atau kutipan tak langsung Perhatikan teknik penulisan kutipan dan kaitannya dengan sumber rujukan.
STIKOM BALI 5

Prinsip Mengutip
a. Karena kutipan itu pada hakekatnya adalah pinjaman pendapat seseorang maka pengutip jangan mengadakan perubahan, baik katakatanya maupun tekniknya. Bila penulis terpaksa mengadakan perbaikan, misalnya dianggap ada kesalahan, penulis harus memberi keterangan. Contoh : ¶Tugas bank antara lain adalah memberi pinjam uang.· Pengutip tahu bahwa dalam kalimat itu ada kata yang salah, namun pengutip tidak boleh memperbaikinya. Cara memperbaikinya : 1) ¶Tugas bank antara lain memberi pinjam [seharusnya, pinjaman, penulis] uang.· 2) ¶Tugas bank antara lain memberi pinjam [Sic!] uang.· [Sic!] artinya dikutip sesuai dengan aslinya. Cara 2) ini lebih umum.

STIKOM BALI

6

b. Menghilangkan bagian kutipan Dalam kutipan diperkenankan menghilangkan bagianbagian kutipan dengan syarat bahwa penghilangan bagian itu tidak menyebabkan perubahan makna. Caranya : 1) Menghilangkan bagian kutipan yang kurang dari satu alinea. Bagian yang dihilangkan diganti dengan tiga titik berspasi. 2) Menghilangkan bagian kutipan yang lebih dari satu alinea. Bagian yang dihilangkan diganti dengan tiga titik berspasi sepanjang garis (dari margin kiri sampai margin kanan).

STIKOM BALI

7

Jenis Kutipan
Menurut jenisnya kutipan dapat dibedakan menjadi dua yaitu kutipan lansung dan kutipan tak langsung.
1.

2.

Kutipan langsung adalah pinjaman pendapat dengan mengambil secara lengkap kata, demi kata, kalimat demi kalimat dari sebuah teks asli. Kutipan taklangsung adalah pinjaman pendapat seorang pengarang atau tokoh terkenal berupa intisari atau ikhtisar pendapat tersebut.
STIKOM BALI 8

KUTIPAN LANGSUNG
Kutipan langsung adalah pinjaman pendapat dengan mengambil secara lengkap kata, demi kata, kalimat demi kalimat dari sebuah teks asli.

Bentuk Kutipan langsung meliputi,
1. 2.

Kutipan langsung tidak lebih empat baris Kutipan langsung lebih dari empat baris

STIKOM BALI

9

1. Kutipan langsung tidak lebih empat baris
Kutipan langsung yang ditulis kurang dari empat baris. Cara penulisanya sebagai berikut ; 1. Kutipan diintegrasikan langsung dengan teks. 2. Jarak antarbaris dengan baris dua sepasi 3. Kutipan diapit dengan tanda kutip 4. Akhir dari kutipan,
a. b.

diberi nomor urut penunjukan setengah sepasi ke atas, atau dalam kurung ditempatkan nama pengarang , tahun terbit , dan nomor terbit, dan nomor halaman tempat kutupan itu.
STIKOM BALI 10

Contoh KL tidak lebih empat baris
Penelitian terdiri atas dua kegiatan utama: penyelidikan suatu masalah, serta komunikasi hasil penelitian itu. Sebuah penelitian tidak dapat dianggap selesai bila hasilnya belum dikomunikasikan kepada pihak yang relevan peneliti lain, pelajar, penyuluh, pembuat kebijakan, dan lainlain. Komunikasi tersebut dapat berupa tulisan dalam majalah ilmiah, laporan teknik, tesis, atau bentuk terbitan lain. Tulisan bersifat efektif bila didasarkan atas prinsip-prinsip yang sama dengan penyelidikan yang dilakukan sebelumya, yaitu kejelasan, ketetapan (bebas dari kesalahan), dan kenalaran. Seperti halnya dengan sebuah percobaan, tulisan harus didasarkan atas organisasi yang mantap dan rapih: Organisasi yang baik merupakan kunci tulisan yang baik (Peterson,1980:57). Penulisan dan pikiran merupakan dua hal yang saling berkaitan: sebuah tulisan yang disusun dengan buruk sering mencerminkan percobaan yang kurang terorganisasi dengan latar belakang pikiran yang kacau. Sebaliknya, penyusunan tulisan dapat membantu penulis dalam pengertian masalah yang diselidikinya Organisasi yang baik juga menimbulkan kesederhanaan. Kalimat organisasi yang baik contoh kutipan langsung kurang dari baris, maka dalam penulisannaya diintegrasikan dengan teks, serta sepasi antar baris sepasi rangkap. Sebagai pengenal bahwa itu merupakan kutipan, bagian itu ditempatkan di antara tanda kutip
STIKOM BALI 11

2. Kutipan langsung lebih empat baris
Kutipan yang lebih dari empat baris. Cara penulisannya sebagai berikut 1. Kutipan dipisahkan dari teks dalam jarak 2,5 spasi. 2. Jarak antarbaris dengan baris kutipan satu seepasi. 3. Kutipan tidak boleh atau tidak diapit dengan tanda kutip. 4. Akhir dari kutipan,
a. b.

diberi nomor urut penunjukan setengah sepasi ke atas, atau dalam kurung ditempatkan nama pengarang , tahun terbit , dan nomor terbit, dan nomor halaman tempat kutupan itu.

5.

Seluruh kutipan dimasukakn ke dalam 5-7 petikan; bila kutipan itu dimulai dengan alenia baru, baris pertama dari kutipan itu dimasukakn lagi 5-7ketikan.
STIKOM BALI 12

Contoh : Kutipan langsung lebih empat baris
Media adalah suatu alat yang dipakai sebagai saluran (channel) untk menyampaikan pesan (message) atau informasi dari suatu sumber (resource) kepada penerima (receiver). Dalam dunia pengajaran, pada umumnya pesan atau informasi tersebut berasal dari sumber informasi, yakni guru, sedangkan sebagai penerima informasi adalah siswa. Pesan atau informasi yang dikomunikasikan tersebut berupa sejumlah kemampuan yang perlu dikuasai oleh para siswa(Soeparno,1988:1).
STIKOM BALI 13

Kutipan Tidak Langsung
Kutipan taklangsung adalah pinjaman pendapat seorang pengarang atau tokoh terkenal berupa intisari atau ikhtisar pendapat tersebut. Syarat yang harus diperhatikan sebagai berikut; 1. Kutipan diintegrasikan dengan teks. 2. Jarak antarbaris dua sepasi. 3. Kutipan tidak diapit dengan tanda kutip. 4. Akhir dari kutipan,
a. b.

diberi nomor urut penunjukan setengah sepasi ke atas, atau dalam kurung ditempatkan nama pengarang , tahun terbit , dan nomor terbit, dan nomor halaman tempat kutupan itu.
STIKOM BALI 14

Contoh : Kutipan Tak Langsung
««« Pertama-tama harus dibedakan dahulu antara polisemi dan homonimi. Polsemi dan homonimi merupakan dua hal yang berbeda. Bila kita berbicara masalah polisemi, berarti kita berbicara mengenai satu bentuk mempunyai beberapa makna, sedangkan bila kita berbicara masalah homonimi berabrti kita berbicara mengenai dua kata atau lebih yang maknanya tidak sama, tetapi memiliki bentuk yang sama (Abdul Chaer, 1995:93-104).
STIKOM BALI 15

Tugas : Menyusun Karangan Ilmiah dan Kutipan
1.

2.

3.

4.

Buatlah laporan atau makalah dengan topik ´Teknologi Informasi dan Pranata Sosialµ! Lakukan langkah-langkah pembatasan topik dan judul! Sertakan kutipannya, baik berupa kutipan langsung dan kutipan tidak langsung! Buatlah kerangka karangan formal dari laporan atau makalah yang anda susun!
STIKOM BALI 16

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful