Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

LISENSI

Buku elektronik (ebook) ini dilisensikan dibawah Creative Common License 3.0 dan hanya diperuntukkan untuk penggunaan pribadi dan edukasi. Dilarang menggandakan, memperjualbelikan dan menggunakannya untuk tujuan komersial tanpa ijin dari penulis.

Panduan Instalasi dan Konfigurasi – Linux Kororaa 16
oleh Andi Micro http://www.andimicro.com © 2012

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

1

Panduan Linux Kororaa 16
KATA PENGANTAR

Andi Micro

Syukur Alhamdulillah saya panjatkan kepada Allah SWT karena karunianya akhirnya saya dapat menyelesaikan ebook Panduan Instalasi dan Konfigurasi Linux Kororaa 16 ini. Ebook ini saya dedikasikan untuk dunia pendidikan Linux dan Opensource di Indonesia. Linux Kororaa merupakan linux yang dirancang dengan fokus kepada kemudahan pemakaiannya, tanpa meninggalkan kestabilan sistemnya. Dibangun dengan dasar dari Linux Fedora membuat Kororaa memiliki support yang baik dan pengembangan teknologi yang lebih terjamin. Ebook ini cukup lengkap untuk dijadikan referensi bagi pemula dan orang-orang yang ingin mencicipi Linux, karena membahas mulai instalasi, dualboot, fungsi aplikasi dan program-program bawaan baik di Gnome maupun KDE, serta tip dan trik yang membuat kemudahan memakai Linux Kororaa untuk pekerjaan sehari-hari. Tiada gading yang tak retak, demikian juga ebook ini. Saya sadar masih banyak kekurangan disana-sini. Oleh karena itu silahkan ajukan kritik, saran, dan idenya untuk pengembangan ebook ini kedepannya. Akhir kata saya ucapkan banyak terimakasih kepada pihak-pihak berikut : 1. Mbak Ryra Ayu Agustina atas bantuan desain covernya 2. Pak Budi Eko atas bantuannya sebagai tester Linux Kororaa untuk sosialisasi ke sekolah, guru, dan masyarakat umum. 3. Seluruh rekan-rekan di Komunitas Linux Kororaa Indonesia.

Semoga ebook ini bisa diterima dihati masyarakat dan berguna untuk kemajuan perkembangan teknologi ditanah air.

Banjabaru, 7 januari 2012

Andi Micro

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

i

Panduan Linux Kororaa 16 DAFTAR ISI

Andi Micro

Kata Pengantar Daftar Isi

I.

Apa itu Linux Kororaa?

1

II.

Instalasi
A. Tahapan Instalasi B. Dual Boot dengan MS Windows

3
3 11

III.

Desktop Gnome
A. Lingkungan Gnome 1. Gnome 3 (Normal Mode) 2. Gnome Classic/Fallback Mode B. Utility di Kororaa Gnome 1. Terminal/CLI 2. Disk Utility 3. GParted 4. Logical Volume Management 5. Search Files C. Aplikasi di Kororaa Gnome 1. File Manager (Nautilus)
Komunitas Linux Kororaa Indonesia

16

17 22

27 27 28 28 29

30
1

Panduan Linux Kororaa 16
2. Office Suite 3. Multimedia 4. Internet 5. Graphics D. Network/Jaringan

Andi Micro
33 37 44 50 56

IV.

Desktop KDE
A. Lingkungan KDE B. Utility di Kororaa KDE 1. Terminal (Konsole) 2. Disk Utility 3. Logical Volume Management C. Aplikasi di Kororaa KDE 1. File Manager (Dolphin) 2. Office Suite 3. Multimedia 4. Internet 5. Graphics D. Network/Jaringan

58
58

66 66 67

68 71 75 83 88 93

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

2

Panduan Linux Kororaa 16 V. Aplikasi Tambahan
A. Flash Plugins B. Compiz Fusion 3D Effect C. PlayOn Linux (MS Wndows Emulator) D. TeamViewer (Remote Desktop) E. Skype (VOIP dan Internet Messenger) F. Koneksi Modem Broadband GSM dan CDMA G. Microsoft Fonts H. Install Driver CANON

Andi Micro 95
95 96 106 110 112 114 122 123

VI.

Perintah Dasar CLI

124

VII.

Kunjungi BLOG Saya

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

3

Panduan Linux Kororaa 16
BAB I APA ITU LINUX KORORAA?

Andi Micro

Kororaa Linux adalah linux based Fedora dengan penambahan codec, driver, dan kostumisasi aplikasi-aplikasi didalamnya, sehingga Kororaa linux dapat langsung dipakai baik oleh masyarakat awam maupun oleh pengguna yang terbiasa dengan Linux. Nama Kororaa sendiri berasal dari bahasa maori, yang berarti Little Penguin, atau Si Penguin Kecil, yang juga menjadi maskot dari Linux Kororaa. Tujuan utama dari Linux Kororaa adalah menyediakan sistem operasi yang lengkap untuk dipakai bekerja sehari-hari, dengan sangat mudah.

Spesifikasi Hardware: 1. Processor dan memori (RAM) untuk sistem x86 dan x86-64. Kororaa 16 dapat diinstall hampir disemua Processor dan Memory (RAM) yang ada dipasaran, termasuk ke Pentium III. Tapi sangat disarankan untuk memakai jenis Processor terbaru untuk mendapatkan kinerja yang optimal. Minimum RAM untuk text-mode Minimum RAM untuk GUI Recommended RAM untuk GUI : 768 MiB : 768 MiB : 1152 MiB

Anda akan membutuhkan hardware yang lebih tinggi (misalnya Processor dan VGA card) untuk mendukung Efek Grafik (Compiz)

2. Hard disk Instalasi seluruh paket-paket yang ada akan memakan ruangan sebesar 9GB, dan ini semua tergantung pilihan paket yang anda pilih saat instalasi. Untuk partisi swap secara manual usahakan 2x RAM fisik, dan jika RAM fisik sudah melebihi 1GB maka gunakan besar partisi swap sebesar ukuran RAM fisik.

Macam Pilihan Linux Kororaa Linux Kororaa hadir dalam pilihan : 1. Desktop Gnome untuk sistem 32bit dan 64 bit. 2. Desktop KDE untuk sistem 32 bit dan 64 bit.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

1

Panduan Linux Kororaa 16
Official Website

Andi Micro

Kororaa diciptakan oleh developer dibawah pimpinan Christopher Smart dan dapat diakses di Website https://kororaa.org Semua informasi terbaru dan rilis Kororaa akan selalu diupdate dan dipublikasikan disana. Terdapat juga forum internasional khusus pembahasan mengenai teknis konfigurasi Linux Kororaa disana.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia Anda dapat juga bergabung dengan Komunitas Linux Kororaa Indonesia yang merupakan komunitas lokal tempat kumpul-kumpul pengguna Linux Kororaa di Indonesia dan berdiskusi segala hal tentang Kororaa termasuk pengalaman dalam memakai dan mensosialisasikan Linux Kororaa di masyarakat. Website Komunitas Linux Kororaa Indonesia ada di http://kororaa.linux-id.net Disana juga terdapat download link server lokal untuk ISO Kororaa serta forum Diskusi Linux Kororaa dalam Bahasa Indonesia. Komunitas Linux Kororaa Indonesia juga dapat anda temui di Facebook, dengan cara bergabung di http://www.facebook.com/groups/kororaa

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

2

Panduan Linux Kororaa 16
BAB II INSTALASI KORORAA 16

Andi Micro

Linux Kororaa 16 adalah distribusi dalam bentuk Live-DVD sehingga anda dapat segera menjalankannya dengan cara booting via DVD ROM. Anda dapat mendownload ISO file Linux Kororaa di link Download Tersedia iso kororaa 32bit dan 64bit untuk masing-masing desktop manager yang berbeda, yaitu gnome dan KDE.

A. Tahapan Instalasi Cara instalasi Linux Kororaa secara permanen ke harddisk, maka ikuti langkahlangkah berikut ini : 1. Setelah anda booting via DVD, maka keluarannya seperti dibawah ini . Pilih Install to Harddrive

a. Gnome

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

3

Panduan Linux Kororaa 16
b. KDE

Andi Micro

2. Pilih jenis keyboard (default US English )

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

4

Panduan Linux Kororaa 16
3. Pilih jenis media penyimpanan.

Andi Micro

Basic Storage Devices adalah untuk media penyimpanan di harddisk SATA, PATA ,SCSI dan SSD.

Specialized Storage Devices adalah untuk media penyimpanan khusus seperti Storage Area Network/SAN.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

5

Panduan Linux Kororaa 16
4. Isikan nama komputer atau Hostname

Andi Micro

5. Pilih Timezone sesuai lokasi anda.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

6

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

6. Isikan password Root. Root adalah user yang menduduki posisi tertinggi dalam hierarki di Linux Kororaa. Hanya user Root yang dapat melakukan instalasi paket dan perubahan konfigurasi system.

7. Pilihan jenis partisi system Linux Kororaa

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

7

Panduan Linux Kororaa 16
Keterangan :

Andi Micro

1. Use all space : menghapus semua partisi yang ada diharddisk dan menggantinya dengan partisi Linux Kororaa. 2. Replace existing linux system(s) : hanya menghapus semua partisi linux yang ada di harddisk dan tapi tidak menghapus partisi dari OS lain, misalnya FAT dan NTFS Windows. 3. Shrink current system : menyusutkan partisi yang ada, untuk memberi ruang kosong bagi partisi Linux Kororaa. 4. Use free space : menggunakan ruang kosong yang belum terpartisi untuk partisi Linux Kororaa. Hal ini diasumsikan bahwa anda memiliki free space yang cukup untuk instalasi Linux Kororaa. 5. Create custom layout : membuat partisi secara manual menggunakan tools partisi yang tersedia di Linux Kororaa.

Penjelasan Jika anda ingin menginstall HANYA Linux Kororaa di HDD maka pilihan no 1 akan menghapus semua Sistem Operasi yang ada, baik Linux maupun Windows dan menggantinya dengan partisi Linux Kororaa. Jika anda ingin dualboot dengan Windows, maka pilihan no 2 dapat dicoba. Nantinya akan ada dua OS yaitu Kororaa dan Windows dengan Bootloader dari Kororaa (GRUB 2) Jika anda sudah ada beberapa OS yang terpasang di HDD maka pilihan no 3 dapat digunakan untuk instalasi Kororaa. INGAT, sediakan ruang kosong yang cukup di HDD untuk menampung file2 sistem operasi Kororaa. Jika anda cukup paham dengan sistem partisi dan filesistem di Linux, silahkan pilih opsi no 5. Anda akan diberikan kebebasan untuk melakukan partisi dan menentukan besar partisinya sendiri.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

8

Panduan Linux Kororaa 16
8. Proses Instalasi Linux Kororaa ke Harddisk

Andi Micro

9. Selesai….!

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

9

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

10. Setelah proses instalasi selesai, maka lakukan reboot terhadap Linux Live DVD anda, pindahkan posisi booting BIOS ke harddisk dan keluarkan DVD Installer Kororaa, setelah proses reboot. GNOME

KDE

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

10

Panduan Linux Kororaa 16
B. DUAL BOOT DENGAN MS WINDOWS

Andi Micro

Jika anda sudah ada sistem operasi Windows, ingin mencoba migrasi ke Linux Kororaa tapi tidak ingin menghapus OS Windowsnya, maka pilihan yang baik adalah dengan cara dual boot. Dual boot berarti nantinya ada dua atau lebih Sistem Operasi di laptop atau PC anda, dalam praktek berikut nantinya akan ada sistem operasi MS Windows dan Linux Kororaa, anda dapat memilih salah satu setiap kali booting. Langkah-langkahnya sbb: 1. Install Windows terlebih dahulu (jika kondisi HDD masih kosong) 2. Siapkan partisi kosong yang akan di peruntukkan untuk sistem operasi Linux Kororaa (perhatikan kebutuhan besar partisi minimal untuk Linux Kororaa) Jika Windows anda sudah ada, anda dapat menggunakan program lain untuk membuat partisi, seperti Partition Magic (berbayar) atau Parted Magic (opensource dan gratis) Partisi tersebut bisa kosong atau terformat ntfs/fat.

3. Lakukan tahapan instalasi seperti langkah install Linux Kororaa 16 diatas, dari langkah 1 – 6 4. Langkah ke 7 pilih Create Custom Layout

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

11

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

5. Dalam gambar dibawah ini, partisi Windows ada 1 dengan filesystem ntfs (anda bisa saja memiliki lebih dari 1 partisi Windows, misal ada C: , D:, dan E:, berarti nantinya akan ada 3 partisi ntfs. Saya siapkan partisi kosong seperti didalam gambar yang nantinya akan saya install Linux Kororaa 16.

6. Pilih Create kemudian Standard Partition.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

12

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

7. Pertama-tama saya buat partisi /boot sebesar 300MB. Partisi boot digunakan untuk menampung file-file untuk booting seperti GRUB.conf, dll

8. Kemudian saya buat partisi / (root). Partisi root adalah partisi utama di linux, tempat peletakan file-file sistem, file aplikasi dan file-file konfigurasi. Perhatikan kebutuhan minimum untuk partisi root. Kororaa membutuhkan partisi minimum sebesar 9GB.

9. Kemudian saya buat partisi /home. Partisi ini untuk menyimpan file-file data dan dokumentasi. Partisi /home saya buat terpisah dari root agar jika ada masalah dengan Linuxnya, saya bisa install ulang dan format partisi root tanpa kehilangan
Komunitas Linux Kororaa Indonesia 13

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

data-data saya di partisi /home. Untuk itu partisi /home saya buat dengan volume yang cukup besar.

10. Terakhir saya buat partisi swap. Swap adalah virtual memory, yaitu partisi yang akan digunakan sebagai RAM, jika RAM fisik kita tidak memiliki ruang kosong lagi untuk memproses suatu program. Karena kecepatan HDD lebih lambat dari RAM, maka jika sistem sudah mulai menggunakan swap, maka sistem itu akan berjalan lebih lambat dari biasanya. Untuk RAM yang besar (2GB keatas), biasanya sistem tidak sampai memakai partisi swap ini. Besar partisi swap yang disarankan adalah 2 x memori fisik, jika memori fisik lebih dari 1GB maka swap nya cukup 1-2GB saja.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

14

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

11. Demikianlah hasil keseluruhan partisi yang sudah saya buat. Selanjutnya dapat mengikuti urutan instalasi seperti cara-cara instalasi di atas.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

15

Panduan Linux Kororaa 16
BAB III DESKTOP GNOME

Andi Micro

Apa itu Gnome? GNOME adalah lingkungan desktop dan antarmuka grafik pengguna yang berjalan di atas sistem operasi. GNOME secara keseluruhan terdiri dari perangkat lunak bebas dan gratis. GNOME merupakan proyek internasional untuk menciptakan kerangka, aplikasi perangkat lunak untuk desktop, dan juga untuk mengatur peluncuran, penanganan file dan manajemen tugas jendela (window).

Sejarah Gnome GNOME dimulai pada Agustus 1997 oleh Miguel de Icaza dan Federico Mena sebagai proyek perangkat lunak bebas untuk mengembangkan lingkungan desktop dan aplikasinya. GNOME dimulai karena KDE, proyek lingkungan desktop (yang juga merupakan perangkat lunak bebas), bergantung pada Qt toolkit yang pada waktu itu memakai lisensi Proprietari. Sebagai ganti dari Qt, GNOME memilih kerangka GTK+. Lisensi GTK+ adalah GNU Lesser General Public License (LGPL), lisensi perangkat lunak bebas yang mengijinkan pemakaian ke lisensi lain seperti lisensi Proprietary. GNOME sendiri dilisensi di bawah LGPL untuk datanya dan Lisensi Publik Umum GNU (GNU GPL) untuk aplikasinya. Perusahaan perangkat lunak California, Eazel mengembangkan pengatur file Nautilus dari 1999 sampai 2001. De Icaza dan Nat Friedman kemudian menemukan kode helix (selanjutnya disebut Ximian) pada 1999 di Massachusetts. Perusahaan itu mengembangkan infrastruktur dan aplikasi GNOME, dan pada 2003 perusahaan itu dibeli Novell. GNOME 2.x (rilis GNOME sebelumnya) sangat mirip dengan lingkungan desktop konvensional, menyajikan desktop yang simpel di mana pengguna dapat berinteraksi dengan objek virtual, seperti jendela, ikon, dan file. GNOME 2.x menggunakan Metacity sebagai pengatur jendela standarnya. Pengaturan jendela, aplikasi dan file dalam GNOME 2 mirip dengan kebanyakan sistem operasi desktop. Pada pengaturan standar GNOME 2, desktop memiliki menu peluncur untuk akses cepat ke are program untuk menampilkan program dan lokasi file; jendela terbuka dapat diakses dari taskbar di bawah layar, dan di atas kanan tersedia area notifikasi bagi program yang berjalan di latar belakang. Namun posisi itu dapat diubah pengguna ke mana saja atau diganti dengan fungsi lain atau ditiadakan.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

16

Panduan Linux Kororaa 16
Lingkungan GNOME di Kororaa 16

Andi Micro

Salah satu versi Linux Kororaa 16 menyertakan Desktop Gnome sebagai antar muka grafisnya. Gnome yang dipakai adalah Gnome 3, ada dua tipe yang dipakai : 1. Gnome 3 ( Normal Mode)

Gnome 3 menyajikan lingkungan desktop yang bersih dan ringkas. Menyajikan menu Activities dipojok kiri atas, yang akan membuka 2 menu lainnya : Windows dan Applications

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

17

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Tampilan Gnome 3 saat membuka beberapa aplikasi

Taskbar gnome 3 diatas memiliki icon-icon menu antara lain : Calender

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

18

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Place

Universal Access

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

19

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Network

USER

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

20

Panduan Linux Kororaa 16
Disana kita bisa melakukan proses Logout atau Shutdown

Andi Micro

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

21

Panduan Linux Kororaa 16
2. Gnome Classic (Fallback Mode)

Andi Micro

Selain Gnome3 Normal Mode maka ada pilihan untuk berganti ke Gnome Classic, yaitu dengan dobel klik icon Switch Between Shell and Fallback Desktop

Tampilan Gnome Classic

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

22

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Gnome Fallback memiliki dua menu dipojok kiri atas yaitu Applications dan Places. Aplikasi-aplikasi yang ada di Linux Kororaa dapat diakses melalui menu Applications

Untuk melakukan Logout atau Shutdown pilih menu user di pojok kanan atas.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

23

Panduan Linux Kororaa 16
Pengaturan Desktop Background

Andi Micro

Untuk merubah desktop background, anda dapat melakukan klik kanan pada desktop.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

24

Panduan Linux Kororaa 16
System Settings

Andi Micro

System setting adalah Control Panel di Gnome. Anda akan menemui beberapa menu untuk merubah pengaturan Gnome disana.

Gnome Tweak Tool ( Advanced Settings) Gnome tweak tool atau Advanced settings adalah program tambahan untuk pengaturan tingkat lanjut Desktop Gnome anda, seperti merubah Theme, Icon, Extension, dll.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

25

Panduan Linux Kororaa 16
Add/Remove Software

Andi Micro

Salah satu utiliti yang powerfull di Kororaa adalah Add/Remove Software. Kita bisa mencari dan menginstall software-software tambahan secara online.

Yup, Add/Remove Software Utility memerlukan koneksi online internet karena otomatis mendownload dan menginstall software.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

26

Panduan Linux Kororaa 16
UTILITY di KORORAA GNOME 1. Terminal (CLI)

Andi Micro

Terminal atau Console atau Command Line Interface (CLI) adalah antarmuka teks yang digunakan untuk melakukan perintah-perintah pengoperasian Linux Kororaa. Terminal emulator di Gnome disebut Gnome Terminal. 2. Disk Utility

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

27

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Diskutility di Gnome digunakan untuk melakukan managemen partisi, baik membuat partisi baru, menghapus partisi, merubah label, dll 3. GParted

Gparted adalah utility yang digunakan untuk konfigurasi partisi, sama seperti Disk Utility, tapi Gparted hanya spesial ada di Gnome. 4. Logical Volume Management Logical Volume Management digunakan untuk melakukan konfigurasi partisi LVM.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

28

Panduan Linux Kororaa 16
5. Search Files

Andi Micro

Seperti namanya, utility ini digunakan untuk mencari file di Kororaa Gnome

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

29

Panduan Linux Kororaa 16
APLIKASI-APLIKASI KORORAA GNOME 1. FILE MANAGER (NAUTILUS)

Andi Micro

Untuk pengelolaan file dan folder , di Gnome disediakan File Manager bernama Nautilus. Nautilus dapat digunakan layaknya Windows Explorer.

Nautilus juga dapat membaca file system lain. Dalam gambar dibawah ini Nautilus membaca partisi dari MS Windows 7 yang juga terinstall di harddisk yang sama dengan Linux Kororaa.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

30

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Demikian juga untuk USB Flashdisk atau USB External HDD dikenali dan dimount secara otomatis oleh Linux Kororaa.

Jika kita ingin mencabutnya, maka cukup klik kanan FD atau HDD yang diinginkan kemudian pilih Safely Remove Drive

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

31

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Dengan nautilus maka navogasi dan pengelolaan file bisa lebih mudah. Anda tinggal dobel klik file yang dimaksud maka Nautilus akan membukakan aplikasi untuk menjalankan file tersebut secara otomatis. Dalam contoh dibawah, kita buka file RAR dan ISO. Banyak pilihan dengan cara klik kanan file yang dimaksud.

atau contoh dibawah ini yang akan segera mengeksekusi file RPM secara langsung.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

32

Panduan Linux Kororaa 16
2. OFFICE SUITE A. LIBRE OFFICE

Andi Micro

Untuk mendukung pekerjaan sehari-hari, maka Linux Kororaa dibekali oleh office suite yaitu LibreOffice. LibreOffice merupakan paket yang lengkap yang terdiri dari : a. LibreOffice Writer (Text Document) LibreOffice Writer digunakan untuk mengolah dokumen teks. Writer mendukung berbagai format diantaranya odt, oot, sxw, stw, doc, rtf, txt, html, xml, docx, fodt, dan uot.

b. LibreOffice Calc (Spreadsheet) LibreOffice Calc digunakan untuk memproses dokumen spreadsheet, seperti laporan keuangan, laporan data pegawai, dll. Calc mendukung format ods, ots, sxc, stc, dif, dbf, xls, xlt, slk, csv, html, xlsx, xml, fods, uos.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

33

Panduan Linux Kororaa 16
c. LibreOffice Impress (Presentation) Libreoffice Impress digunakan untuk membuat file presentasi.

Andi Micro

Impress mendukung format odp, otp, sxi, sti, ppt, pot, sxd, pptx, ppsx, potm, potx, pps, fodp, uodp, odg.

d. LibreOffice Draw (Drawing) LibreOffice Draw digunakan untuk mengolah gambar, tabel, diagram dan grafis. Draw mendukung format odg, otg, sxd, std, fodg.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

34

Panduan Linux Kororaa 16
e. LibreOffice Base (Database) LibreOffice Base digunakan untuk membuat database.

Andi Micro

f. LibreOffice Math LibreOffice Math digunakan untuk membuat rumus matematika yang dapat digunakan untuk Writer, Calc, Impress, dan Draw.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

35

Panduan Linux Kororaa 16
B. Planner (Project Management) Planner digunakan untuk menyusun managemen proyek.

Andi Micro

C. PDF VIEWER PDF Viewer digunakan untuk membaca file PDF

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

36

Panduan Linux Kororaa 16
3. MULTIMEDIA a. Rhythmbox (Music Player)

Andi Micro

Rhythmbox merupakan aplikasi pemutar lagu, yang walaupun datang dengan antarmuka pengguna (user interface) yang terlihat sederhana, namun sangat berfungsi dengan baik. Aplikasi ini merupakan aplikasi pemutar lagu default pada berbagai distribusi Linux populer. Kelebihan dari aplikasi ini adalah antarmuka penggunanya. Walaupun tidak semua fungsi bisa diakses dengan shortcut, antarmuka penggunanya sangat mudah digunakan, baik oleh pengguna yang baru menggunakannya sekalipun. Rhythmbox dibuat oleh Jorn Baayen. Fitur-fitur • • • • • • • • • • Mudah digunakan sebagai browser musik. Dapat menyortir dan mencari lagu-lagu. Mendukung format audio komprehensif melalui GStreamer. Dapat digunakan sebagai Internet Radio dengan dukungan last.fm stream. Playlist. Tampilan audio visualisasi. Transfer musik ke dan dari iPod, MTP, dan USB Mass Storage. Dapat menampilkan album lagu dan informasi unduhan lagu dari internet. Secara otomatis mengunduh podcast audio. Menjelajah, pratinjau, dan mengunduh album dari Magnatune dan Jamendo

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

37

Panduan Linux Kororaa 16
b. Audacity (Audio Recorder and Editor)

Andi Micro

Audacity adalah aplikasi pemberi efek suara yang terbaik yang pernah ada di dunia sumber terbuka (open source). Aplikasi ini dibangun dengan pustaka WxWidgets sehingga dapat berjalan pada berbagai sistem operasi. Dengan Audacity, pengguna bisa mengoreksi berkas suara tertentu, atau sekedar menambahkan berbagai efek yang disediakan. Selain itu, pengguna juga dapat berkreasi dengan suara yang dimiliki sendiri. Kelebihan dari aplikasi ini adalah fitur dan kestabilan. Pustaka yang digunakan juga tidak terlalu banyak dan waktu tunggunya juga tidak terlalu lama.

c. VLC (Multimedia Player) VLC Media Player merupakan perangkat lunak (software) pemutar beragam berkas (file) multimedia, baik video maupun audio dalam berbagai format, seperti MPEG, DivX, Ogg, dan lain-lain. VLC Media Player juga dapat digunakan untuk memutar DVD,VCD, maupun CD. VLC Media Player bersifat sumber terbuka (open source) dan tersedia untuk berbagai sistem operasi. Mulai dari Microsoft Windows, beragam distro Linux, Mac OS, dan beberapa sistem operasi lainnya. Salah satu kelebihan yang paling menonjol dari VLC Media Player adalah kelengkapan codec yang dimiliki. Dengan kata lain, VLC dapat memutar hampir seluruh jenis berkas audio maupun video yang ada. VLC Media Player adalah program multimedia player yang sangat portabel. Singkatnya, program ini bisa dipakai untuk memutar berkas multimedia, baik yang ada di komputer, keping CD atau DVD, hingga untuk streaming di internet. Di balik tampilan programnya yang sederhana, pemutar berkas multimedia ini dilengkapi dengan beragam fitur tambahan, seperti kemampuan subtitle, tag
Komunitas Linux Kororaa Indonesia 38

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

format, konversi, filter, skin, dapat dioperasikan melalui berbagai interface, tersedia dalam bahasa Indonesia, dan masih banyak lagi. Bahkan, program ini juga bisa dijadikan sebagai server untuk kebutuhan streaming di jaringan lokal dan internet.

d. Openshot (Video Editor) OpenShot adalah program opensource untuk video editing di Linux. Dibangun dengan Phyton, GTK, dan Framework MLT oleh Jonathan Thomas pada tahun 2008, untuk menciptakan program video editing yang stabil dan mudah digunakan.

OpenShot sudah memiliki berbagai macam fitur diantaranya : • • • • • • • • Mendukung banyak format video, audio, dan format gambar (yang berbasiskan FFmpeg) Integrasi yang baik dengan desktop GNOME (memiliki dukungan drag dan drop) Terdiri atas beberapa trek Dapat dengan mudah melakukan perubahan ukuran klip, memangkas besar ukuran klip dan memotong klip Perpindahan video dengan preview yang bersifat real time. Penggabungan video, pelapisan gambar, dan pemberian watermark Memiliki fitur pembuatan judul, template judul, dan judul animasi dalam tampilan 3D Dilengkapi fitur kredit film bergulir
Komunitas Linux Kororaa Indonesia 39

Panduan Linux Kororaa 16
• • • • • • • • • •

Andi Micro

Warna video klip yang solid (termasuk penggabungan alpha) Mendukung rotoscoping/pengurutan gambar Drag dan drop timeline Frame stepping, key-mappings :J,K dan kunci L Digital zoom video klip Perubahan kecepatan pada video klip (slow motion, dll) Perubahankecepatan pada video klip (ukuran frame) Editing dan mixing file audio Preset untuk animasi key frame dan tata letak Efek video digital, termasuk kecerahan, gamma, rona, abu-abu, chroma key (bluescreen/greenscreen) dan lebih dari 40 efek audio dan video lainnya.

e. Handbrake (Video Transcoder) HandBrake adalah open source, GPL-lisensi, multiplatform, multithreaded video transcoder/coverter, tersedia untuk MacOS X, Linux dan Windows. Input : • • File multimedia pada umumnya yang mendukung format libavformat dan libavcodec. DVD atau Bluray

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

40

Panduan Linux Kororaa 16
Output: • • •

Andi Micro

Format file: MP4 (M4V) dan MKV Video: MPEG-4 (ffmpeg), H.264 (x264), atau Theora (libtheora) Audio: AAC, AAC CoreAudio (OS X), MP3, atau Vorbis. AC-3 pass-through, DTS lulus-thorugh (MKV)

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

41

Panduan Linux Kororaa 16
f. Record My Desktop (Video Desktop Recorder)

Andi Micro

Record My Desktop adalah aplikasi tambahan di Gnome yang digunakan untuk merekam video di desktop. Aplikasi ini berguna untuk membuat video tutorial.

Record My Desktop tidak tersedia secara default dan memerlukan proses instalasi yang akan di jelaskan sebagai berikut :

Masuk ke Add/Remove Software, kemudian tulis “recordmydesktop” di kolom Search. Pilih paketnya, kemudian klik Apply

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

42

Panduan Linux Kororaa 16
g. CD/DVD Burning Tools (Brasero)

Andi Micro

Brasero Disk Burner adalah aplikasi disk burning yang memang dirancang untuk pengguna desktop environment GNOME, dengan desain interface yang bersahabat (user friendly) para pengguna awam pun diharapkan dapat dengan mudah menggunakan aplikasi ini, bisa di bilang user interfacenya mirip dengan aplikasi K3b (aplikasi burning untuk desktop KDE). Aplikasi ini mendukung pembakaran CD/DVD dengan berbagai format, yaitu Data, Audio dan Video. Pada jendela utama aplikasi Brasero, pengguna akan diminta untuk memilih salah satu proyek yang ingin dibuat, antara lain: • • • • • Proyek audio, membuat CD Audio/Musik tradisional (menggunakan batas waktu 79 menit) yang bisa diputar di semua pemutar CD/DVD. Proyek video, membuat SVCD/DVD untuk keperluan video. Proyek data, membuat CD/DVD untuk penyimpanan data. Salin keping, untuk menyalin/menggandakan CD/DVD. Bakar image, untuk membakar berkas cetakan/image CD/DVD ke dalam kepingan CD/DVD.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

43

Panduan Linux Kororaa 16
4. INTERNET a. Mozilla Firefox (default Browser)

Andi Micro

Kororaa Gnome menggunakan Firefox sebagai default browser. Firefoxnya sudah terintegrasi dengan add on Down them All! untuk akselerasi download dan Popup Banner Filter.

b. Google Chrome (alternatif Browser) Alternatif lain dari Firefox adalah Google Chrome. Anda dapat menginstall Google Chrome dengan mudah, masuk ke Add Remove Software, kemudian search google chrome, pilih paket yang stable, seperti contoh dibawah ini.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

44

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Tunggu beberapa saat, dan Google Chrome anda akan terinstall dengan baik.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

45

Panduan Linux Kororaa 16
c. Empathy (Chatting dan Internet Meseenger)

Andi Micro

Empathy merupakan aplikasi multi messanger yang di bundle pada Gnome, hampir semua distribusi yang menggunakan Gnome sebagai dekstop environmentnya menggunakan Empathy sebagai Default IM Klien. Selain interfacenya yang sederhana, empathy juga telah dilengkapi dengan berbagai plugins, dan mendukung terhadap beberapa protokol IM seperti Yahoo! Messenger, GTalk, MSN, Jabber, Facebook Chat, Mxit, dan lainnya.

Empathy adalah program yang mendukung pesan teks, suara, dan video chat dan transfer berkas lebih banyak protokol yang berbeda. Pengguna Empathy dapat menggunakan akun di semua layanan dan melakukan segala hal di dalam satu aplikasi ini

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

46

Panduan Linux Kororaa 16
d. Pidgin ( alternatif Internet Messenger)

Andi Micro

Pidgin (dahulu bernama Gaim) adalah klien pesan instan yang didasarkan pada pustaka libpurple. Libpurple mendukung banyak protokol pesan instan yang biasa digunakan, memungkinkan pengguna dapat memasuki berbagai layanan yang berbeda-beda hanya dari satu program aplikasi. Jika ingin menggunakan Pidgin di Kororaa, maka anda harus menginstallnya terlebih dahulu. Masuk ke Add/Remove Software dan ketik pidgin di kolom search.

Jika sudah terinstall maka Pidgin dapat langsung dijalankan.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

47

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

e. XChat (IRC Client) XChat, pada umumnya ditulis X-Chat atau xchat, adalah Internet Relay Chat (IRC) klien populer. X-Chat tersedia untuk sistem Unix-like, Microsoft Windows (dengan fitur tambahan), Mac OS X (XChat Aqua), dan sistem-sistem lain yang berbasis Xwindow. Ia memiliki pilihan antarmuka dokumen tab atau antarmuka pohon, dukungan untuk beberapa server dan sangat dapat dikonfigurasi. Versi baris perintah (command line) dan versi grafis kedua-duanya tersedia pula. Kode utamanya dilisensikan dibawah GNU General Public License, tetapi versi resmi Windows adalah Shareware (software berbayar) serta menggunakan GTK+ toolkit sebagai interface-nya. Untuk itu perlu di install terlebih dahulu, seperti biasa masuk ke Add/Remove Software.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

48

Panduan Linux Kororaa 16
Setelah terinstall maka langsung dijalankan seperti dibawah ini

Andi Micro

f. Transmission (BitTorrent Client) Transmission adalah bittorent client di Kororaa Gnome. Anda dapat mendowload file via bittorrent dengan Transmission.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

49

Panduan Linux Kororaa 16
5. GRAPHICS

Andi Micro

Banyak aplikasi pengolah grafis dan penampil gambar di Kororaa Gnome diantaranya adalah sbb: a. GIMP/GNU Image Manipulation Program GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster. GIMP berjalan pada desktop GNOME dan dirilis dengan lisensi GNU General Public License. GIMP pada awalnya dikembangkan untuk desktop X11 yang berjalan di platform Unix. Namun saat ini piranti lunak ini sudah diporting ke beberapa platform sistem operasi yang lain yaitu MS Windows dan Mac OS. Grafik yang dihasilkan oleh GIMP disimpan dengan format XCF dan bisa diekspor ke berbagai format gambar seperti bmp, jpg, gif, pdf, png, svg, tiff, dan masih banyak lagi yang lainnya. GIMP menyediakan banyak sekali plugin yang memudahkan dalam mengolah gambar (image) dengan cepat..

b. InkScape Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS. Inkscape bersifat cross-platform dan dapat dijalankan pada Mac OS X (biasanya dibawah aplikasi X11, walaupun toolkit GTK+ yang digunakan dapat dikompilasikan untuk beroperasi secara langsung dibawah Quartz), sistem operasi berbasis Unix, dan Microsoft Windows. Implementasi SVG dan CSS di Inkscape
Komunitas Linux Kororaa Indonesia 50

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

belum sempurna, misalnya Inkscape tidak mendukung animasi SVG, dan font SVG, walaupun dukungan dasar untuk pembuatan font SVG telah diimplementasikan pada versi 0.47. Inkscape bersifat multibahasa, terutama untuk antarmuka dan script rumit, sesuatu yang sering terlewatkan pada sebagian besar editor grafik vektor komersil.

c. Shotwell photo manager Shotwell adalah organizer foto digital yang didesain untuk lingkungan desktop GNOME.

Fitur utama meliputi: • • • • • • • • Tags dapat disusun dalam hirarki pohon Paduan RAW + JPEG gambar diperlakukan sebagai foto tunggal ketika diimpor dari kamera. Pilih pengembang yang berbeda untuk foto RAW: menggunakan pengembangan yang dihasilkan oleh Shotwell atau dengan kamera Anda Shotwell sekarang menggunakan GSettings bukan GConf untuk menyimpan informasi konfigurasi " Hide Photos Already Imported" pengaturan tetap antara impor Beberapa pilihan pencarian baru. JPEG tidak lagi disimpan di direktori home Anda, dan sekarang dibuat berdasarkan permintaan Shotwell sekarang mendukung gambar Bitmap Windows (. Bmp)

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

51

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

d. gThumb (image viewer) gThumb merupakan aplikasi picture viewer yang akan menampilkan thumbnail dari gambar-gambar di dalam direktori. Pengguna dapat memiliki untuk melihat gambar tersebut dengan sangat detail. Bahkan, data non visual dari gambar juga bisa dilihat dengan detail. Selain dapat menampilkan, gThumb juga dapat melakukan aksi seperti rotasi, konversi, dan lain sebagainya. Apabila diinginkan, gThumb juga dapat digunakan untuk membuat web album dan menulis gambargambar yang diinginkan ke CD Writer. Kelebihan dari aplikasi ini selain sfitur-fitur yang datang bersamanya adalah antarmuka penggunanya yang sangat baik dan kestabilan yang patut dipuji. Antarmuka penggunanya sederhana dan sangat mudah dipahami, selain itu gThumb juga dapat mengingat direktori terakhir yang dikunjungi serta gThumb sangat baik dalam menangani gambar-gambar yang berukuran sangat besar dan mamiliki dokumentasi yang lengkap. Untuk menjalankan gThumb, anda harus mendownload terlebih dahulu melalui Add/Remove Software

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

52

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

e. SimpleScan Simplescan adalah aplikasi bawaan Kororaa gnome untuk keperluan capture image dari Scanner

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

53

Panduan Linux Kororaa 16
f. Blender (3D animation graphics)

Andi Micro

Blender adalah sebuah program komputer grafis pengolah gambar dan video 3D (3 Dimensi) yang berlisensi open source. Blender banyak digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, aplikasi 3D interaktif atau video game. Blender harus diinstall dulu melalui Add/Remove Software.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

54

Panduan Linux Kororaa 16
g. Screenshot

Andi Micro

Screenshot adalah program untuk image capture d. Screenshot dapat mencapture image yang berupa window, seluruh desktop, atau area tertentu yang ditentukan sendiri. Screenshot juga memiliki opsi delay dan tampil/sembunyi pointer mouse.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

55

Panduan Linux Kororaa 16
NETWORK / JARINGAN Kororaa Gnome mendukung jaringan Kabel (Wired), (Wireless/Wifi) , Wireless Broadband, VPN, Bluetoooth, dll.

Andi Micro

Jaringan

Nirkabel

Cara konfigurasinya adalah dengan mengakses menu Other – Network Connections. Jaringan Kabel /Wired

Jaringan Nirkabel/Wireless

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

56

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Jaringan Wireless Broadband (GSM, 3G, HSDPA, GPRS, EDGE, CDMA)

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

57

Panduan Linux Kororaa 16
BAB IV DESKTOP KDE

Andi Micro

Apa itu KDE? KDE (K Desktop Environment) adalah lingkungan desktop (desktop environment) dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dari Trolltech. KDE dapat ditemui pada berbagai sistem Unix, termasuk Linux, BSD, dan Solaris. KDE juga tersedia untuk Mac OS X dengan bantuan lapisan X11 dan untuk Microsoft Windows dengan bantuan Cygwin. Keunggulan utama KDE adalah kemudahan pemakaian, fleksibilitas, portabitilis, dan kekayaan fitur. KDE dikembangkan sejalan dengan KDevelop, paket pengembangan perangkat lunak, dan KOffice, paket aplikasi office. Huruf "K" mulanya adalah untuk "Kool", tetapi selanjutnya diganti menjadi "K" saja, yang berarti "Aksara pertama sebelum 'L' (untuk Linux) dalam alfabet Latin."

Sejarah KDE Matthias Ettrich adalah seorang mahasiswa Universitas Tubingen, Jerman yang di pertengahan tahun90-an dikenal sebagai programer LyX. Ketika masa-masa penggunaan TeX sebagai typesetter yang profesional merambah ke mahasiswa, Matthias melihat bahwa ada hal yang masih lowong dengan LaTeX: sebuah antarmuka grafis. Tidak ada yang menyangkal bahwa cetakan hasil typesetting LaTeX sungguh berkualitas, akan tetapi banyak pula yang mengeluhkan susahnya menggunakan LaTeX sehari-hari. Memang, bagi kebanyakan orang menjalankan perintah baris yang penuh dengan trik sana-sini lebih mirip dengan pekerjaan seorang programer tatkala melakukan compileprogramnya. LyX adalah aplikasi kecil yang akhirnya menjadi 'bayi' kesayangan Matthias. Apayang ditawarkan LyX sesungguhnya relatif sederhana: kemudahan menyusun dokumen dengan tampilan grafis yang menggunakan menu dan fitur ala WYSIWYG (What YouSee Is What You Get). Namun, sebenarnya sendiri LyX adalah front-end untuk LaTeX. Dengan kata lain, LyXtetap memanfaatkan LaTeX manakala akan mencetak dokumen. Hasil akhirnya,seorang user bisa menikmati kecanggihan LaTeX namundengan kemudahan antarmuka grafis. Bersyukurlah bahwa Matthias Ettrich tidak berhenti hanya dengan LyX. Di satu masasekitar musim gugurtahun 1996, ia mengirimkan e-mail ke mailing-list LyX yang diikuti dengan penjelasan panjang lebar mengenai visinya sendiri tentang KoolDesktop Environment, proyek yang sasarannya adalah membuat Unix menjadi ramah dan mudah digunakan (user-friendly). Belakangan nama Kool DesktopEnvironment ini diringkaskan menjadi KDE saja, dan malahan akhirnya K pada KDE tidak lagi berasosiasi dengan Kool.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

58

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Karena tujuannya yang relatif ambisius, tentu saja makan waktu cukup lama bagi tim KDE (yang dikepalai oleh Matthias) untuk menelurkan versi pertama dari KDE.Apalagi, karena betul-betul dibangun dari awal, maka terdapatbanyak sekali pekerjaan-pekerjaan berat (yang sifatnya membangun fondasi dasar) yang harusdikerjakan dengan sungguh-sungguh. Tim ini juga memutuskan untuk menggunakanberbagai lisensi perangkat lunak open-source untuk KDE dan infrastrukturnya. Setelah penuh perjuangan mendesain, memprogram, dan menyusun berbagai komponen yang diperlukan bagi terwujudnya sebuah lingkungan desktop, makamusim panas tahun1998 menandai dilepasnya KDE 1.0, versi stabil pertamayang dapat diinstalasi dan dinikmati oleh pengguna Linux. Tidak hanya itu,KDEjuga tersedia untuk varian Unix yang lain, antara lain FreeBSD,HPUX, dan Sun Solaris.

Lingkungan KDE di Kororaa 16 Kororaa 16 juga menyediakan pilihan Desktop KDE KDE terkenal akan keindahan desktopnya, seperti dibawah ini.

KDE memiliki antarmuka yang cantik, dengan Panel-panel ICON diatas dan Start Menu seperti Gnome Classic/Fallback.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

59

Panduan Linux Kororaa 16
Applications

Andi Micro

Computer

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

60

Panduan Linux Kororaa 16
Shutdown – Reboot – Logout

Andi Micro

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

61

Panduan Linux Kororaa 16
Kalendar

Andi Micro

Place

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

62

Panduan Linux Kororaa 16
New Activities

Andi Micro

Desktop Settings

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

63

Panduan Linux Kororaa 16
System Settings

Andi Micro

System Settings adalah Control Panel di Kororaa KDE, anda dapat mengatur konfigurasi Windows, effect, menu, background, dll

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

64

Panduan Linux Kororaa 16
Contoh berikut adalah menu Windows Behaviour.

Andi Micro

Software Management (Add/Remove Program) Jika di Gnome ada Add/Remove Software maka di KDE ada Apper, utility untuk Software management atau add/remove software versi KDE. Sama seperti Add/Remove Software di Gnome, untuk menggunakan Apper , anda harus terkoneksi dengan internet.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

65

Panduan Linux Kororaa 16
UTILITY di KORORAA KDE 1. Terminal (CLI)

Andi Micro

Program emulator terminal di KDE adalah Konsole, yang dapat diakses dari Start Menu KDE.

2. Disk Utility Disk utility di KDE digunakan untuk melakukan managemen partisi, baik membuat partisi baru, menghapus partisi, merubah label, dll

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

66

Panduan Linux Kororaa 16
3. Logical Volume Management

Andi Micro

Logical Volume Management digunakan untuk melakukan konfigurasi partisi LVM.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

67

Panduan Linux Kororaa 16
APLIKASI – APLIKASI KORORAA KDE 1. File Manager (Dolphin)

Andi Micro

Dolphin adalah file manager di Kororaa KDE. Dolphin dapat digunakan layaknya Windows Explorer di linux. Dolphin digunakan untuk managemen file dan folder.

Workspace Dolphin secara default adalah satu, tapi dengan opsi Split, kita bisa menggunakan dua Workspace.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

68

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Dolphin juga mengenali tipe Flashdisk, Memori eksternal, atau HDD eksternal yang dikoneksikan via USB. Dolphin akan melakukan mount otomatis terhadap alat-alat tersebut.

dalam gambar diatas tampak isi dari Drive Micro’s Media.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

69

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Untuk keamanan data dan alat, maka jika hendak mengakhiri sesi, lakukan Safety Remove

Dolphin juga mengenali file-file Archieve atau kompresan dan otomatis akan menawarkan menu extract

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

70

Panduan Linux Kororaa 16
2. OFFICE SUITE A. LIBRE OFFICE

Andi Micro

Untuk mendukung pekerjaan sehari-hari, maka Linux Kororaa dibekali oleh office suite yaitu LibreOffice. LibreOffice merupakan paket yang lengkap yang terdiri dari : a. LibreOffice Writer (Text Document) LibreOffice Writer digunakan untuk mengolah dokumen teks. Writer mendukung berbagai format diantaranya odt, oot, sxw, stw, doc, rtf, txt, html, xml, docx, fodt, dan uot.

b. LibreOffice Calc (Spreadsheet) LibreOffice Calc digunakan untuk memproses dokumen spreadsheet, seperti laporan keuangan, laporan data pegawai, dll. Calc mendukung format ods, ots, sxc, stc, dif, dbf, xls, xlt, slk, csv, html, xlsx, xml, fods, uos.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

71

Panduan Linux Kororaa 16
c. LibreOffice Impress (Presentation) Libreoffice Impress digunakan untuk membuat file presentasi.

Andi Micro

Impress mendukung format odp, otp, sxi, sti, ppt, pot, sxd, pptx, ppsx, potm, potx, pps, fodp, uodp, odg.

d. LibreOffice Draw (Drawing) LibreOffice Draw digunakan untuk mengolah gambar, tabel, diagram dan grafis. Draw mendukung format odg, otg, sxd, std, fodg.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

72

Panduan Linux Kororaa 16
e. LibreOffice Base (Database) LibreOffice Base digunakan untuk membuat database.

Andi Micro

f. LibreOffice Math LibreOffice Math digunakan untuk membuat rumus matematika yang dapat digunakan untuk Writer, Calc, Impress, dan Draw.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

73

Panduan Linux Kororaa 16
B. Planner (Project Management) Planner digunakan untuk menyusun managemen proyek.

Andi Micro

C. OKULAR (DOCUMENTS VIEWER) PDF Viewer digunakan untuk membaca file PDF

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

74

Panduan Linux Kororaa 16
3. MULTIMEDIA a. Amarok (Music Player)

Andi Micro

Amarok adalah aplikasi yang dapat memainkan musik untuk sistem operasi Linux, Unix, Mac OS dan Windows dengan antarmuka yang intuitif. Amarok menggunakan komponen dasar dari KDE desktop environment. Nama Amarok berasal dari nama album Amarok oleh Mike Oldfield. Amarok menggunakan lambang bergambar serigala, dan nama amarok (atau amaroq) sendiri secara bahasa mengacu pada suatu kata dalam bahasa Inuktitut yang berarti serigala. Amarok dapat terhubung ke berbagai layanan Web dan dapat mengakses musik secara langsung dan sangat potensial memperluas jumlah lagu. Berkat API yang kuat, menambahkan layanan tambahan dapat dilakukan dengan cara yang mudah Seperti layanan dari Last.fm yang terintegrasi dengan Amarok sehingga mendengarkan streaming Last.fm melalui Internet dapat dilakukan di sini. Informasi mengenai track-track yang dimainkan dapat dikirim ke Last.fm, yang memungkinkan untuk mengakses fitur-fitur Last.fm yang kaya, seperti statistik, chart, dan lain-lain[2]. Tampilan Amarok yang cantik dengan efek visual di setiap bagiannya, cover album, visualisasi, On-Screen-Display transparan, dan context browser dengan skin yang dapat dimodifikasi.

b. Audacity (audio editor) Audacity adalah aplikasi pemberi efek suara yang terbaik yang pernah ada di dunia sumber terbuka (open source). Aplikasi ini dibangun dengan pustaka WxWidgets sehingga dapat berjalan pada berbagai sistem operasi. Dengan Audacity, pengguna bisa mengoreksi berkas suara tertentu, atau sekedar menambahkan berbagai efek yang disediakan. Selain itu, pengguna juga dapat berkreasi dengan suara yang dimiliki sendiri. Kelebihan dari aplikasi ini adalah fitur dan kestabilan. Pustaka yang digunakan juga tidak terlalu banyak dan waktu tunggunya juga tidak terlalu lama.
Komunitas Linux Kororaa Indonesia 75

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

c. JuK (Music Player) JuK adalah perangkat lunak audio player untuk Desktop KDE. JuK mendukung koleksi MP3, Ogg Vorbis, FLAC dan file audio. JuK dimulai oleh Scott Wheeler pada tahun 2000, dan pada awalnya disebut QTagger - namun, tidak sampai 2002 , aplikasi dipindahkan ke KDE CVS, di mana ia telah tumbuh menjadi sebuah aplikasi audio matang. Ini pertama kali JuK resmi menjadi bagian dari KDE di KDE 3.2

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

76

Panduan Linux Kororaa 16
d. KSCD (Audio CD Player)

Andi Micro

e. VLC (Multimedia Player) VLC Media Player merupakan perangkat lunak (software) pemutar beragam berkas (file) multimedia, baik video maupun audio dalam berbagai format, seperti MPEG, DivX, Ogg, dan lain-lain. VLC Media Player juga dapat digunakan untuk memutar DVD,VCD, maupun CD. VLC Media Player bersifat sumber terbuka (open source) dan tersedia untuk berbagai sistem operasi. Mulai dari Microsoft Windows, beragam distro Linux, Mac OS, dan beberapa sistem operasi lainnya. Salah satu kelebihan yang paling menonjol dari VLC Media Player adalah kelengkapan codec yang dimiliki. Dengan kata lain, VLC dapat memutar hampir seluruh jenis berkas audio maupun video yang ada. VLC Media Player adalah program multimedia player yang sangat portabel. Singkatnya, program ini bisa dipakai untuk memutar berkas multimedia, baik yang ada di komputer, keping CD atau DVD, hingga untuk streaming di internet. Di balik tampilan programnya yang sederhana, pemutar berkas multimedia ini dilengkapi dengan beragam fitur tambahan, seperti kemampuan subtitle, tag format, konversi, filter, skin, dapat dioperasikan melalui berbagai interface, tersedia dalam bahasa Indonesia, dan masih banyak lagi. Bahkan, program ini juga bisa dijadikan sebagai server untuk kebutuhan streaming di jaringan lokal dan internet.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

77

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

f. Dragon Video Player Dragon Player adalah media player sederhana untuk lingkungan desktop KDE. Ini adalah kelanjutan nama dari sebuah pemutar video untuk KDE 3 disebut Kodein, yang awalnya diciptakan dan dikembangkan oleh Max Howell, dan sekarang dikembangkan oleh Ian Monroe di bawah nama baru untuk KDE SC 4.Dragon Player adalah pemutar video standar dalam versi KDE 4

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

78

Panduan Linux Kororaa 16
g. Kden Live (Video Editor)

Andi Micro

Kdenlive (KDE Non-Linear Video Editor) adalah sebuah perangkat lunak open source untuk video editing didasarkan pada Kerangka MLT yang berfokus pada fleksibilitas dan kemudahan penggunaan. Proyek ini awalnya dimulai oleh Jason Wood pada tahun 2002, dan sekarang dikelola oleh sebuah tim kecil dari pengembang. Kdenlive mendukung semua format yang didukung oleh FFmpeg (seperti QuickTime, AVI, WMV, MPEG, dan Flash Video), dan juga mendukung rasio aspek 4:3 dan 16:9 untuk kedua PAL, NTSC dan berbagai HD standar, termasuk HDV dan AVCHD. Video juga dapat diekspor ke perangkat DV, atau ditulis ke DVD dengan bab dan menu sederhana. Perkembangan Kdenlive telah pindah dari versi K Desktop Environment 3 (yang pada awalnya tidak dibuat untuk MLT) ke KDE 4 platform, dengan menulis ulang hampir lengkap. Paket Kdenlive tersedia dengan gratis untuk GNU / Linux, FreeBSD dan Mac OS X dibawah ketentuan dari GNU General Public License versi 2 atau versi yang lebih baru.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

79

Panduan Linux Kororaa 16
h. Handbrake (Video Transcoder)

Andi Micro

HandBrake adalah open source, GPL-lisensi, multiplatform, multithreaded video transcoder/coverter, tersedia untuk MacOS X, Linux dan Windows. Input : • • File multimedia pada umumnya yang mendukung format libavformat dan libavcodec. DVD atau Bluray

Output: • • • Format file: MP4 (M4V) dan MKV Video: MPEG-4 (ffmpeg), H.264 (x264), atau Theora (libtheora) Audio: AAC, AAC CoreAudio (OS X), MP3, atau Vorbis. AC-3 pass-through, DTS lulus-thorugh (MKV)

i. Record My Desktop (Video Desktop Capture) Record My Desktop adalah aplikasi tambahan di KDE yang digunakan untuk merekam video di desktop. Aplikasi ini berguna untuk membuat video tutorial. Sebelum anda menggunakannya, anda harus menginstallnya terlebih dahulu. Masuk ke Software Management (Apper), kemudian ketik “recordmydesktop” di kolom search.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

80

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Pilih paketnya kemudian apply

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

81

Panduan Linux Kororaa 16
j. K3B CD/DVD Burning Tools

Andi Micro

Jika di GNOME ada Brasero, maka di KDE ada K3B (KDE Burn Baby Burn) untuk CD/DVD burning tools. Fitur dan fungsinya sama dengan Brasero atau Nero Burning Tools di MS Windows.

k. Kaudio Creator KAudioCreator adalah CD audio ripper, yang menggunakan "cdparanoia" sebagai backend untuk mengekstrak trek dan kemudian encode mereka ke file mp3 atau ogg (atau format lain yang didukung) Fitur : • • • CDDB lookup untuk mengekstrak album dan melacak informasi Berbagai format encoding yang didukung (ogg, mp3, flac) Berbagai format nama file menggunakan tag

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

82

Panduan Linux Kororaa 16
4. INTERNET a. Mozilla Firefox (Internet Browser)

Andi Micro

b. Google Chrome (Internet Browser)

Untuk bisa memakai Google Chrome maka anda harus menginstallnya terlebih dahulu.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

83

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Masuk ke Software Management (Apper) kemudian ketikkan “googlechrome” di kolom search, dan pilih paketnya. Pilih paket yang stabil (stable)

c. Konqueror (Internet Browser) Konqueror adalah sebuah browser web untuk sistem operasi Linux berbasis KDE. Browser web ini adalah browser web standar pada Linux. Selain bisa digunakan untuk menjelajah web, Konqueror ini juga dapat digunakan untuk menjelajah isi komputer dan juga bisa digunakan menjadi penampil dokumen universal. Selain mendukung fungsi standar itu, Konqueror juga mendukung tabbed browsing, shell, dan mendukung penampil identitas browser yang dapat diubah ke sejumlah besar nama browser, misalnya Mozilla Firefox, dan lain lain.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

84

Panduan Linux Kororaa 16
d. Kopete (Internet Messenger

Andi Micro

Kopete adalah sebuaah aplikasi KDE untuk kebutuhan instant messaging dengan dukungan terhadap berbagai protokol yang umum: AIM, ICQ, Yahoo!, MSN, Jabber, dan juga IRC. Bagaimana Kopete dapat mengenali berbagai layanan instant messaging? Kesemuanya diimplementasikan melalui mekanisme plugin. Dengan demikian, seseorang hanya perlu menggunakan plugin yang dibutuhkan saja. Misalnya, seseorang hanya ingin chatting di MSN, tidaklah perlu mengaktifkan ICQ atau Yahoo!. SMS dengan Kopete pun dapat dilakukan, dengan mendefinisikan secara jelas layanan gateway SMS yang seseorang gunakan, Kopete dapat digunakan untuk berhemat pulsa tatkala ada pesan ringkas perlu disampaikan kepada teman. Salah satu plugin Kopete yang tidak biasa adalah WinPopup. WinPopup adalah mekanisme kirim mengirim pesan dalam jaringan yang berbasis Microsoft Windows. Nah, dengan Kopete seseorang tidak perlu khawatir kehilangan metode chatting lokal seperti itu.

e. Konversation (IRC Client) Konversation adalah Internet Relay Chat (IRC) klien yang dibangun pada Platform KDE dan adalah perangkat lunak bebas yang dirilis di bawah Lisensi GNU General Public. Konversation saat ini dikelola dalam modul Extragear KDE, yang berarti bahwa ia memiliki siklus rilis sendiri yang independen dari KDE.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

85

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

f. KTorrent ( BitTorrent Client) KTorrent adalah bittorrent client yang sejenis dengan Transmission di Gnome dan UTorrent.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

86

Panduan Linux Kororaa 16
g. KGet (Download Manager)

Andi Micro

KGet adalah download manager gratis untuk KDE. Secara default adalah download manager yang digunakan untuk Konqueror, tetapi juga dapat digunakan dengan Mozilla Firefox. KGet merupakan bagian dari paket Jaringan KDE.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

87

Panduan Linux Kororaa 16
5. GRAPHICS a. GIMP/GNU Image Manipulation Program

Andi Micro

GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster. Grafik yang dihasilkan oleh GIMP disimpan dengan format XCF dan bisa diekspor ke berbagai format gambar seperti bmp, jpg, gif, pdf, png, svg, tiff, dan masih banyak lagi yang lainnya. GIMP menyediakan banyak sekali plugin yang memudahkan dalam mengolah gambar (image) dengan cepat..

b. InkScape Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS. Inkscape bersifat cross-platform dan dapat dijalankan pada Mac OS X (biasanya dibawah aplikasi X11, walaupun toolkit GTK+ yang digunakan dapat dikompilasikan untuk beroperasi secara langsung dibawah Quartz), sistem operasi berbasis Unix, dan Microsoft Windows. Implementasi SVG dan CSS di Inkscape belum sempurna, misalnya Inkscape tidak mendukung animasi SVG, dan font SVG, walaupun dukungan dasar untuk pembuatan font SVG telah diimplementasikan pada versi 0.47. Inkscape bersifat multibahasa, terutama untuk antarmuka dan script rumit, sesuatu yang sering terlewatkan pada sebagian besar editor grafik vektor komersil.
Komunitas Linux Kororaa Indonesia 88

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

c. DigiKam (Photo Manager) digiKam adalah organizer gambar dan editor yang menggunakan platform KDE. Mendukung semua format file gambar besar, dan dapat mengatur koleksi foto-foto dalam direktori berbasis album, atau album yang dinamis dengan tanggal, waktu, atau dengan tag. Pengguna juga dapat menambahkan keterangan dan peringkat untuk gambar mereka, pencarian melalui mereka dan menyimpan pencarian untuk digunakan nanti. Dengan plugin mereka juga dapat mengekspor album ke 23hq, Facebook, Flickr, Gallery2, Google Earth KML file, SmugMug, Piwigo, Simpleviewer, membakar merekanya ke CD/DVD, atau membuat galeri web.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

89

Panduan Linux Kororaa 16
d. GwenView (Image Manager)

Andi Micro

Gwenview adalah aplikasi picture viewer untuk desktop KDE dan merupakan salah satu image viewer / image management tool terbaik yang ada di dunia open source. Fitur yang ada sangat lengkap, mulai dari sekedar menampilkan thumbnail dan fullscreen, sampai berbagai filter dan plugin tambahan yang dapat melakukan segala yang dibutuhkan. Mulai dari sekedar merotasi gambar, membuat web album, sampai menulis gambar yang diinginkan ke CD/DVD. Kelebihan dari aplikasi ini adalah antarmuka pengguna (user interface), fitur, dan intergrasi dengan KDE. Antarmuka penggunanya mampu dihadirkan cukup ramah walaupun memiliki sejuta fitur. Seperti disebutkan sebelumnya, Gwenview tampil mirip ACDSee, namun mewarisi sejumlah kelebihan KDE dan Qt dalam menghadirkan antarmuka pengguna seperti auto completion pada nama direktori. Selain antarmuka pengguna, fitur yang lengkap juga merupakan salah satu daya tarik utama aplikasi ini. Fitur fitur lain yang ada pada Gwenview: • • • • • Mengedit gambar seperti rotasi, flip, mirror, konversi ke hitam putih dan lain sebagainya. Pembuatan kalender. Memberi border pada gambar, memberikan efek tertentu pada gambar. Bekerja dengan kamera digital dan scanner. Membuat web galeri dan menulis ke CD/DVD.

Gwenview dapat bekerja dengan Kpart milik KDE, yang merupakan sistem komponen yang sangat hebat yang ada di dunia sumber terbuka. Integrasi dengan Konqueror juga akan memudahkan pengguna untuk bekerja dengan gambar.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

90

Panduan Linux Kororaa 16
e. Blender (3D Animasi Tools)

Andi Micro

Blender adalah sebuah program komputer grafis pengolah gambar dan video 3D (3 Dimensi) yang berlisensi open source. Blender banyak digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, aplikasi 3D interaktif atau video game. Blender harus diinstall dulu melalui Software Management (Apper)

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

91

Panduan Linux Kororaa 16
f. Ksnapshot

Andi Micro

KSnapshot adalah program capture image di desktop. Sama seperti ScreenShot di Gnome, Ksnapshot juga dapat mengambil seluruh gambar desktop, gambar di window tertentu, atau gambar diarea tertentu yang telah ditentukan. Fitur delay dan tampil/sembunyi kursor mouse juga ada.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

92

Panduan Linux Kororaa 16
NETWORK / JARINGAN Kororaa KDE mendukung jaringan Kabel (Wired), (Wireless/Wifi) , Wireless Broadband, VPN, Bluetoooth, dll.

Andi Micro

Jaringan

Nirkabel

Cara konfigurasinya adalah dengan mengakses Start Menu (tombol K) – system Settings – Network Settings.

Jaringan Kabel /Wired

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

93

Panduan Linux Kororaa 16
Jaringan Nirkabel/Wireless

Andi Micro

Jaringan Wireless Broadband (GSM, 3G, HSDPA, GPRS, EDGE, CDMA)

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

94

Panduan Linux Kororaa 16
BAB V APLIKASI TAMBAHAN

Andi Micro

Linux Kororaa baik yang versi GNOME maupun versi KDE membawa aplikasi atau software yang cukup lengkap untuk keperluan sehari-hari. Tapi ada beberapa software tambahan yang akan melengkapi ini semua sehingga anda dapat menggunakan Linux Kororaa dengan lebih nyaman lagi. A. FLASH PLUGINS Flash plugin digunakan oleh Browser untuk mengakses ke website yang mengandung file flash animasi. 1.GNOME Untuk membuka website yang mengandung flash player maka anda harus menginstall flash plugin terlebih dahulu. Caranya, masuk ke Add Remove Software, ketik flash-plugin

Klik Apply untuk menjalankan proses download dan instalasi.

2. KDE Untuk membuka website yang mengandung flash player maka anda harus menginstall flash plugin terlebih dahulu. Caranya, masuk ke Software Management, ketik flash-plugin

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

95

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

B. COMPIZ FUSION (3D DESKTOP EFFECT) Compiz Fusion adalah 3D desktop effect andalan Linux. Anda dapat berkrease dengan visual effect bermacam-macam dan sistem anda tetap terasa ringan.

1. GNOME Anda harus mengganti Gnome 3 anda ke mode Gnome Fallback untuk menjalankan Compiz Fusion. Untuk memulai memakai Compiz, anda harus melakukan instalasi beberapa paket Compiz melalui Add/Remove Software.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

96

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

97

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Setelah selesai proses instalasi, maka anda dapat akses ke Compiz Fusion Icon

Akan muncul icon kecil Compiz di pojok kanan atas dari desktop, anda bisa mengaksesnya dengan Klik Kanan di icon tersebut.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

98

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Masuk ke Setting Manager, maka anda akan menemui berbagai macam konfigurasi untuk Compiz effect, seperti di bawah ini.

Misal saya coba untuk menu mengaktifkan Rotate Cube, cukup klik di menu di Setting Manager, maka akan keluar halaman konfigurasi untuk Rotate Cube.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

99

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Dari sana saya tahu, bahwa untuk mengaktifkan Rotate Cube maka saya harus menekan <Control><Alt><Button1> bersamaan , maka saya melakukan sbb: Menekan dan menahan tombol Ctrl+Alt+Klik kiri mouse, kemudian menggerakkangerakkan mouse ke kanan kiri atas bawah. Hasilnya seperti dibawah ini:

Efek lainnya adalah efek api. NOTE : tombol “Super” adalah tombol berlogo Windows di keyboard anda.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

100

Panduan Linux Kororaa 16
MENGAKTIFKAN SAAT STARTUP

Andi Micro

Anda dapat mengaktifkan Compiz saat startup linux, jadi anda tidak perlu mengaktifkan secara manual. Caranya, dari desktop Gnome tekan <Alt><F2> maka akan muncul kolom isian applikasi, ketik gnome-session-properties

Kemudian pilih add dan tambahkan info seperti gambar dibawah ini :

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

101

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Lakukan Reboot atau Logout, maka Compiz anda akan aktif setiap kali anda menyalakan Linux Kororaa.

2. KDE Mengaktifkan Compiz di KDE lebih mudah lagi karena anda tidak perlu install Paket tambahan apapun. Dari StartMenu (tombol K), masuk ke System Settings kemudian pilih Desktop Effects

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

102

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

103

Panduan Linux Kororaa 16
Pilih TAB All Effects

Andi Micro

Pilih Efek apa yang diinginkan, dalam contoh saya pilih Desktop Cube. Klik di icon setting untuk membuka konfigurasi efek yang dipilih.

Dari gambar diatas saya tahu untuk mengaktifkannya tekan Ctrl + F11 (Cube) dan Ctrl+Shift+C (Silinder) Shortcut key ini dapat anda rubah sendiri.
Komunitas Linux Kororaa Indonesia 104

Panduan Linux Kororaa 16
Berikut adalah penampilannya :

Andi Micro

Untuk memilih Desktop yang ada tekan Ctrl + F8

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

105

Panduan Linux Kororaa 16
C. PLAY ON LINUX

Andi Micro

PlayOnLinux adalah emulator untuk program-program Windows. PlayOnLinux bekerja diatas engine Wine denga beberapa optimalisasi. Cara instalasi PlayOnLinux (dalam contoh menggunakan Gnome, tapi dapat diterapkan sama di KDE) 1. Masuk ke Terminal

2. Tekan tombol Insert kemudian mulai tuliskan seperti isi gambar dibawah ini, setelah selesai tekan tombol Esc, dan kemudian ketik :wq (titik dua+w+q) NOTE : jangan sampai salah urutannya pengerjaannya

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

106

Panduan Linux Kororaa 16
3. Lakukan perintah YUM seperti di gambar dibawah ini:

Andi Micro

4. Cari ICON PlayOnLinux di menu Games (baik Gnome maupun KDE sama)

5. Jalankan PlayOnLinux nya dengan cara dobel klik.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

107

Panduan Linux Kororaa 16
6. Install Microsoft Fonts

Andi Micro

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

108

Panduan Linux Kororaa 16
7. Install Wine Gecko nya, klik tombol install

Andi Micro

8. PlayOnLinux siap digunakan, silahkan pilih salah satu template aplikasi yang ada atau menciptakan template sendiri, jika aplikasi MS Windows yang ingin anda install belum ada templatenya disana.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

109

Panduan Linux Kororaa 16
D. TEAMVIEWER

Andi Micro

Teamviewer adalah program remote desktop multiplatform populer. Anda dapat meremote desktop Windows, Linux , atau MacOS baik dari LAN maupun via Internet. Teamviewer bersifat Client-Server Application, artinya baik diserver maupun di client harus diinstall aplikasi ini. Cara instalasi berikut menggunakan Desktop Gnome tapi dapat diterapkan serupa untuk Desktop KDE. 1. Masuk ke website Teamviewer dan download programnya untuk linux Redhat/Fedora (RPM).

2. Setelah download selesai, dobel klik di file installernya untuk menginstall RPM.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

110

Panduan Linux Kororaa 16
3. Lakukan instalasi

Andi Micro

4. Cari ICON Teamviewer di menu INTERNET (Gnome dan KDE sama) Maka berikut adalah contoh menjalankan Teamviewer dari Kororaa untuk meremote Desktop Windows 7

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

111

Panduan Linux Kororaa 16
E. Skype (VOIP and Internet Messenger)

Andi Micro

Alternatif lain untuk internet messenger adalah menggunakan Skype. Tidak seperti Empathy , Kopete dan Pidgin yang merupakan universal internet messenger, Skype hanya dapat digunakan di jaringan skype sendiri. Pertama-tama adalah install Metapackage Skype di Add/Remove Software (Gnome) atau di Software Management (KDE)

Kemudian masuk ke website skype.com untuk mendowload installer skype.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

112

Panduan Linux Kororaa 16
Download installer yang untuk Fedora.

Andi Micro

Berikutnya dobel klik di file installer yang sudah berhasil anda download.

Mulai proses instalasi nya

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

113

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Setelah terinstall maka Skype bisa langsung dijalankan.

F. KONEKSI MODEM BROADBAND (GSM atau CDMA) 1. GNOME Berikut adalah langkah-langkah untuk mengkonfigurasi Modem 3G USB anda, saya contohkan adalah melalui Operator Telkomsel Flash. 1. Masuk ke Network Connection – Wireless Broadband dan pilih Add 2. Pilih Tipe Modem anda.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

114

Panduan Linux Kororaa 16
3. Pilih negara Indonesia

Andi Micro

4. Pilihan Provider Saya sarankan untuk setting parameter provider secara manual, beberapa pengalaman saya, setting default dari provider yang bersangkutan kadang tidak cocok.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

115

Panduan Linux Kororaa 16
5. Isikan APN dari Operator yang bersangkutan.

Andi Micro

6. Apply dan Save

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

116

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

7. Untuk mengaksesnya, pilih icon Network di pojok kanan atas, nyalakan Mobile Broadband, dan tunggu sampai modem terkoneksi dengan internet.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

117

Panduan Linux Kororaa 16
2. KDE Konfigurasi di KDE : 1. Pilih TAB Mobile Broadband kemudian Add 2. Pilih tipe Modem anda

Andi Micro

3. Pilih Negara

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

118

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

4. Pilih Provider (dalam hal ini saya sarankan untuk melakukan setting manual daripada memilih provider yang sudah disediakan diatas)

5. Klik Next saja, pilihan APN tidak dapat diisi (kita isi di proses selanjutnya)

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

119

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

6. Setelah klik Finish, maka kita bisa isi APN kemudian pilih jalur internetnya (3G, CDMA, dll)

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

120

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

7. Isikan password KDE Wallet (jika anda tidak pernah mengisi password KDE Wallet sebelumnya, maka isi password terserah, tapi kalo sudah pernah, maka isi dengan password yang pernah anda masukkan sebelumnya)

8. Cara menjalankannya, klik icon network di pojok kanan bawah, kemudian pilih koneksinya (dalam contoh koneksi telkomsel flash)

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

121

Panduan Linux Kororaa 16
G. MICROSOFT FONTS

Andi Micro

Ada saatnya kita memerlukan font-font (huruf) dari Microsoft seperti Times New Roman, Arial, Courrier, Comic Sans, dll. Biasanya karena kita edit dokumen yang asalnya dari Ms Office. Berikut adalah cara instalasinya (contoh memakai desktop Gnome, tapi dapat diterapkan dengan cara yang sama untuk KDE) 1. Download file msttcore-fonts-20-3noarch.rpm DISINI

2. Simpan di hdd dan jalankan dengan cara dobel klik

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

122

Panduan Linux Kororaa 16
3. Maka anda dapat memakainya di Office atau Image Editor.

Andi Micro

H. INSTALL DRIVER PRINTER CANON Saya ambil contoh IP 1900 (dapat juga untuk tipe yang lain) 1. Download File yang diperlukan DISINI 2. Ada 3 file yaitu : • • • cnijfilter-common-3.00-1.i386.rpm cnijfilter-ip1900series-3.00-1.i386.rpm cnijfilter-common-3.00-1.tar.gz

3. Install file RPM dengan cara dobel klik, kemudian ekstrak file tar.gz nya (klik kanan di file manager, kemudian ekstract. 4. Masuk ke settingan printer pada make and model klik change, lalu pilih provide ppd file, nah ppd file nya itu ada di folder yang kita ekstrak tadi, cari yang ip1900 series , lalu forward , lalu apply, langsung deh test printer nya

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

123

Panduan Linux Kororaa 16
BAB VI PERINTAH DASAR CLI

Andi Micro

PERINTAH FILE dan DIREKTORI pwd Menampilkan direktori aktif atau direktori tempat kita bekerja. micro@kororaa~$ pwd /home/micro

touch Membuat file baru dengan besar 0Byte micro@kororaa~$ touch halo.txt

echo Menampilkan dan mengisi teks ke file micro@kororaa~$ echo “aku suka kororaa” >> halo.txt

cat Menampilkan isi dari sebuah file ke layar. micro@kororaa~$ cat halo.txt aku suka kororaa

ls Menampilkan isi dari direktori micro@kororaa~$ ls Documents Downloads kdenlive logs Music Pictures Public Template Videos

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

124

Panduan Linux Kororaa 16
cp Menyalin file/direktori micro@kororaa~$ halo.txt kabar.txt

Andi Micro

mkdir Membuat direktori baru micro@kororaa~$ mkdir Kotak micro@kororaa~$ mkdir Bola micro@kororaa~$ ls Documents Downloads kdenlive Bola Music Pictures Public Template Kotak Videos

mv Memindah file dan direktori micro@kororaa~$ mv kabar.txt micro@kororaa~$ ls Bola kabar.txt Bola/

NOTE : jika memindah sebuah file ke direktori yang sama, maka sama artinya dengan mengganti nama file tersebut. micro@kororaa~$ mv halo.txt testing.txt

rm Menghapus file micro@kororaa~$ rm halo.txt

rmdir Menghapus direktori kosong micro@kororaa~$ rmdir Kotak
Komunitas Linux Kororaa Indonesia 125

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

NOTE : untuk menghapus direktori yang ada isinya gunakan perintah rm –rf <nama direktori>

cd Perintah untuk berpindah direktori

Berpindah satu direktori dibawahnya micro@kororaa~$ cd Pictures micro@kororaa Pictures$

Berpindah satu direktori diatasnya micro@kororaa Pictures$ cd .. micro@kororaa~$

Berpindah langsung ke direktori yang dituju micro@kororaa~$ cd /etc/samba micro@kororaa samba $

Berpindah ke direktori root micro@kororaa~$ cd / micro@kororaa / $

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

126

Panduan Linux Kororaa 16
USER dan HAK AKSES su

Andi Micro

Perintah untuk berpindah menjadi Super User atau Root. Dalam hierarki linux, root adalah user dengan hak akses total, jadi untuk melakukan konfigurasi sistem dan instalasi program diperlukan hak akses root. micro@kororaa~$ su Password : ******* root@kororaa micro #

exit Keluar dari hak user tertentu. root@kororaa micro # exit exit micro@kororaa~$

adduser Menambahkan user, biasanya diikuti oleh perintah passwd untuk memberi password ke user yang baru dibuat. Pembuatan user baru membutuhkan akses root. root@kororaa micro# adduser beldin root@kororaa micro# passwd beldin Changing password for user beldin New Password : ***** Retype new password : ***** passwd : all authentication tokens updated successfully

chmod
Komunitas Linux Kororaa Indonesia 127

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Digunakan untuk menambah dan mengurangi ijin pemakai untuk mengakses file atau direktori. Anda dapat menggunakan sistem numeric coding atau sistem letter coding. Ada tiga jenis permission/perijinan yang dapat dirubah yaitu: 1. r untuk read, 2. w untuk write, 3. x untuk execute. Dengan menggunakan letter coding, Anda dapat merubah permission diatas untuk masing-masing u (user), g (group), o (other) dan a (all) dengan hanya memberi tanda plus (+) untuk menambah ijin dan tanda minus (-) untuk mencabut ijin. Misalnya untuk memberikan ijin baca dan eksekusi file halo.txt kepada owner dan group, perintahnya adalah: root@kororaa micro# chmod ug+rx halo.txt

Untuk mencabut ijin-ijin tersebut: root@kororaa micro# chmod ug-rx halo.txt

Dengan menggunakan sitem numeric coding, permission untuk user, group dan other ditentukan dengan menggunakan kombinasi angka-angka, 4, 2 dan 1 dimana 4 (read), 2 (write) dan 1 (execute). Misalnya untuk memberikan ijin baca(4), tulis(2) dan eksekusi(1) file halo.txt kepada owner, perintahnya adalah: root@kororaa micro# chmod 700 halo.txt

chown Merubah kepemilikan suatu file/direktori. root@kororaa micro# ls –al halo.txt -rw-rw-r—1 micro micro 17 jan 6 06.13 halo.txt root@kororaa micro# chown beldin:beldin halo.txt root@kororaa micro# ls –al halo.txt -rw-rw-r—1 beldin beldin 17 jan 6 06.13 halo.txt

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

128

Panduan Linux Kororaa 16
KOMPRESI tar Untuk kompress dan ekstrak file tar tar –xzvf namafile.tar.gz tar –xjvf namafile.tar.bz2

Andi Micro

--> untuk file tar.gz --> untuk file tar.bz2

unzip Untuk kompress dan ekstrak file zip unzip namafile.zip

unrar Untuk kompress dan ekstrak file rar unrar namafile.rar

SYSTEM shutdown –h now Perintah untuk shutdown atau mematikan system linux

reboot Perintah untuk restart system.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

129

Panduan Linux Kororaa 16
INSTALASI DENGAN YUM

Andi Micro

Yum adalah perintah untuk melakukan instalasi, update , dan menghapus paket software tertentu di Kororaa. Dengan YUM maka permasalahan dependencies paket akan terselesaikan secara otomatis. Anda harus terkoneksi dengan internet untuk menggunakan perintah yum

Melihat paket yang sudah terinstall #yum list installed

Melihat paket yang tersedia untuk update #yum list update

Install paket #yum install <namaprogram>

Update paket #yum update <namaprogram>

Update seluruh system #yum update

Menghapus program #yum remove <namaprogram>

Melihat group #yum grouplist

Install paket-paket dalam suatu group #yum groupinstall “<namagroup>”

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

130

Panduan Linux Kororaa 16
Update paket-paket dalam suatu group #yum grouppdate “<namagroup>”

Andi Micro

Menghapus group tertentu #yum groupremove “<namagroup>”

CATATAN PENULIS Sangat banyak perintah-perintah CLI di linux yang tidak dapat dimuat disini, termasuk parameter-parameter yang mengiringi perintah itu. Silahkan di pelajari dari majalah, buku, atau internet tentang perintah-perintah CLI yang lainnya. Jika anda ingin tahu tentang parameter yang ada di suatu perintah maka ketikkan : man <namaperintah> contoh : man ls

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

131

Panduan Linux Kororaa 16
REFERENSI

Andi Micro

1. Official Kororaa Webpage http://kororaa.org 2. Komunitas Linux Kororaa Indonesia http://kororaa.linux-id.net 3. Wikipedia Internasional http://en.wikipedia.org 4. Wikipedia Indonesia http://id.wikipedia.org 5. Fedora http://fedoraproject.org 6. NixCraft website http://cyberciti.biz 7. INTTF Forum http://www.if-not-true-then-false.com

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Jangan lupa kunjungi :

www.andimicro.com
untuk informasi ebook-ebook lainnya seperti :

Buku hijau : Panduan Instalasi dan Konfigurasi Linux ClearOS 5.2
Ebook ini menjelaskan secara detail langkah perlangkah instalasi dan konfigurasi Linux ClearOS 5.2 untuk membangun server yang handal. Berisi pembahasan-pembahasan : Router feature, Proxy server, Bandwidth Manager /QoS MultiWAN/Load balancer + Fail Over, DHCP Server, dll

Dasar-Dasar Jaringan Komputer
Ebook ini adalah pengetahuan dasar sebelum anda menginstall Linux ClearOS. Didalamnya akan dijelaskan masalah dasar jaringan komputer, topologi, pengaturan IP address, subnet, dan penjelasan alatalat jaringan komputer yang ada. Ebook ini sangat disarankan untuk dipelajari sebelum anda mempelajari Ebook Buku hijau diatas, karena sekalipun mudah, ClearOS juga memerlukan pemahaman dan pengertian tentang dasar-dasar jaringan komputer, sebelum bisa dikonfigurasikan dengan baik.

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

Panduan Linux Kororaa 16

Andi Micro

Elearning dengan Moodle
Moodle adalah software untuk e-learning. Dengan moodle maka sistem pengajaran antara guru dan murid akan menjadi mudah dan efisien. Ebook ini menjelaskan langkah-perlangkah instalasi Moodle di server Linux CLearOS, serta navigasi moodle itu sendiri. Ebook ini sangat bermanfaat untuk guru, siswa, dan admin komputer di sekolah, perguruan tinggi, dan lembaga-lembaga pendidikan yang menggunakan sistem pengajaran e learning

Semua bisa didapatkan secara GRATIS !!!
(untuk penggunaan personal dan edukasi )

Komunitas Linux Kororaa Indonesia

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful