Perjalanan Steve Jobs

Perjalanan Steve Jobs 1955-2011

Jakarta - Duka menyelimuti dunia teknologi. Salah satu inovator, Steve Jobs menutup mata selamanya. Si jenius di balik perusahaan Apple ini mengakhiri kisahnya di usia 56 tahun setelah berjuang melawan kanker. Masa kecil Steven Paul Jobs, demikian nama lengkapnya, lahir di San Francisco, Amerika Serikat, 25 Februari 1955. Dia diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs. Ayah biologis Jobs, Abdulfattah John Jandali, merupakan profesor sains politik dan ibu kandungnya Joanne Simpson ahli terapi bicara. Hampir sebagian besar masa kecil hingga remaja dihabiskannya di Cupertino, California. Setelah lulus dari sekolah menengah atas pada 1972, Jobs melanjutkan studinya di Reed College di Portland selama satu semester. Setelah itu, pada musim gugur 1974 Jobs mulai bekerja sebagai teknisi di Atari, sebuah perusahaan yang mendesain circuit board. Berdirinya Apple Jobs mulai berpikir untuk mendirikan perusahaan. Maka dua tahun kemudian, pada 1976 berdirilah Apple yang dibangunnya bersama Steve Wozniak. Dengan modal beberapa ribu dolar, keduanya memulai bisnis yang memiliki visi mengubah dunia. Tak perlu menunggu waktu lama, Apple segera merilis produk pertamanya yang kemudian dijuluki sebagai 'revolusi komputer personal'. Pada pertemuan pemegang saham tahunan Apple tanggal 24 Januari 1984, Jobs memperkenalkan Macintosh. Selanjutnya Macintosh menjadi komputer kecil pertama yang sukses secara komersial dengan antarmuka pengguna grafis. 'Diusir' dari Apple Meski Jobs dikenal kharismatik, sejumlah rekan dan karyawannya kala itu menilainya sebagai manajer yang mudah berubah pikiran, keras kepala dan temperamental. Penurunan penjualan pun terjadi pada akhir 1984 dan mengakibatkan keretakan hubungan kerja Jobs dengan John Sculley yang kala itu menjabat sebagai CEO Apple. Pada akhir Mei 1985, setelah ketegangan internal dan pengumuman PHK besar-besaran, Sculley mengakhiri jabatan Jobs sebagai kepala divisi Macintosh karena perbedaan visi. Namun semangat Jobs tidak berhenti sampai di situ. Setelah meninggalkan Apple, Jobs lantas mendirikan NeXT Computer. Sayang, produk yang dihasilkannya masih dianggap sebagai barang mahal dan gagal memberi dampak bagi industri teknologi. Kesuksesan Jobs Kesuksesan Jobs yang sesungguhnya dimulai pada pertengahan pertama tahun 1990. Menariknya, sukses ini justru bukan berawal di industri komputer, melainkan industri

film. Pixar, studio animasi kecil yang diakuisisi Jobs pada 1986, memulai debutnya setelah merilis film Toy Story pada 1995. Akhir 1996, Jobs mendekati Apple agar perusahaan itu mengakuisisi NeXT. disebutkannya, Apple membutuhkan sistem operasi dan NeXT memiliki itu. Upaya Jobs membujuk Apple pun berhasil. Di tahun itu Apple mengumumkan pembelian NeXT senilai USD 429 juta. Kembali ke Apple Apple kembali merangkulnya dan beberapa bulan setelah kembali bergabung di Apple, Jobs mendapatkan posisinya kembali sebagai CEO. Inilah titik baru kepemimpinan Jobs. Sejak 1997 hingga Agustus 2011 menjabat sebagai CEO, Apple tak hanya bangkit dari kebangkrutannya. Beragam produk besutannya yang lahir dari kejeniusan ide Jobs, seperti iMac, iPod, iPhone dan tentu saja iPad telah mengubah ranah elektronik consumer dan komputasi personal. Perjuangan melawan kanker Di tengah masa kepemipinannya yang tengah memuncak, pada Agustus 2004 Jobs mengungkapkan dirinya menderita kanker pankreas dan harus menjalani operasi. Jobs sempat absen dari kesibukannya di Apple untuk cuti medis dan kembali bekerja pada September 2004. Januari 2009, Jobs kembali mengambil cuti selama enam bulan untuk berobat. Dokter mengatakan Jobs harus menjalani tranplantasi hati pada April 2009. Kemudian dia kembali menjalankan jabatannya pada Juni 2009. Kabar sakitnya Jobs kerap kali terdengar dan sedikit banyak mempengaruhi saham perusahaannya. Namun demikian, Apple terus melesat, bahkan dinobatkan sebagai perusahaan paling mahal dan Jobs sebagai CEO terbaik Amerika. Mengundurkan diri Sosok di balik kesuksesan iPhone dan iPad itu benar-benar menarik diri dari jabatan CEO Apple. Jobs secara resmi mengundurkan diri pada Agustus 2011. Sakit tampaknya menjadi alasan utama Jobs untuk melepas jabatan nakhoda di salah satu perusahan TI terbesar itu. Dia pun berpulang.. Akhirnya, sang legenda dunia teknologi abad ini pun berpulang. Perjuangannya terhenti setelah menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu waktu Palo Alto, Calif, Amerika Serikat di usia 56 tahun. Kabar mengejutkan ini datang sehari setelah Apple merilis iPhone 4S.

. Sementara dalam kehidupan pribadinya. "Saya akan selalu terhubung dengan Apple. Kerap kali orang-orang tidak mengetahui apa yang mereka inginkan. (BussinessWeek. "Ini adalah salah satu mantra saya . sampai kita menunjukkannya pada mereka". 10 Kalimat Inspiratif Sang Jenius Jakarta . (BusinessWeek.Ia meninggalkan seorang istri bernama Laurene Powell dan tiga orang anak dari hasil perkawinannya.. (The Wall Street Journal. 1985). kamu bisa memindahkan gunung". ia merupakan orang yang hangat dengan keluarga.Sosok legendaris di ranah teknologi. telah meninggal dunia di usianya yang ke-56. Akan tetapi. Selamat jalan Jobs.. 1998). Steve Jobs.fokus dan kesederhanaan. Pada akhirnya hal ini akan setimpal.. Kamu harus berkerja lebih keras untuk menjernihkan pikiran dan menghasilkan kesederhanaan. Apple selalu mencoba berfokus . "Menjadi orang terkaya di pemakaman tidak berarti bagi saya.Pergi ke tempat tidur dan mengatakan bahwa kami telah melakukan sesuatu yang luar biasa. Steve dikenal sebagai seorang visioner. Mungkin ada saat-saat atau tahun-tahun di mana saya tidak di sini. Dalam kehidupan sosialnya.. namun saya akan selalu kembali". 1998). (Playboy. Kesuksesan yang ia raih bersama Apple ini tidak luput dari cara Jobs memandang kehidupan serta bisnis yang ia jalani.. "Kami tidak pernah khawatir terhadap angka-angka. Jobs juga diketahui memiliki seorang anak perempuan dari pasangannya terdahulu. 1993).Itulah yang berarti bagi saya". Saat kamu tiba di sana. Berikut beberapa di antaranya: "Sangat sulit membuat desain sebuah produk. jejak kesuksesannya tidak akan pernah dilupakan. Ia pun sering berbagi kalimat penuh inspirasi.

Sekarang yang baru adalah kamu. namun suatu saat nanti kamu akan menjadi tua dan 'dibersihkan'. Jangan tinggal terlalu lama. Beginilah cara saya memandang suatu bisnis. 2005). (NBC Nightly News. bisnis yang hebat bukan dilakukan oleh satu orang. 1985). takdir.keinginan. melainkan oleh tim". (Stanford commencement speech. pikirkan apa yang harus kamu buat selanjutnya". karma. tetaplah cari. tidak ingin mati. maka selanjutnya kamu harus melakukan hal lain yang luar biasa. hidup. . Satu-satunya cara untuk mencapai kepuasan adalah dengan percaya bahwa apa yang kamu kerjakan adalah pekerjaan yang hebat. 2005). "Pekerjaanmu akan menjadi bagian penting dari kehidupanmu. Maaf terlalu dramatik. "Kamu harus memiliki keyakinan terhadap sesuatu . (Stanford commencement speech. apapun itu". Jangan berhenti". "Jika kamu melakukan sesuatu yang bagus. 2005). tidak ada yang bisa lolos darinya. Cintai apa yang kamu kerjakan. 2003). Jika kamu belum menemukannya. (Playboy. Ia membersihkan yang lama dan membuat jalan untuk yang baru. Mereka saling mengimbangi satu sama lain. "Tidak ada seorang pun yang ingin mati. Meski mereka yang ingin pergi ke surga. May 2006). (Interview with 60 Minutes. namun ini benar".pada produk karena sebuah produk benar-benar akan membuat perbedaan". (Stanford commencement speech. Kematian adalah penemuan terbaik dalam kehidupan. "Panutan saya untuk bisnis adalah The Beatles. Namun kematian adalah tujuan kita bersama.

"Aku secara naif memilih universitas yang ongkosnya hampir semahal Stanford dan semua tabungan orang tua dihabiskan untuk biayanya. Ia tidur di lantai kos temannya. Aku menghabiskan semua uang yang ditabung orang tua selama hidup mereka. Tahun 1972. Jobs masuk kuliah di Reed College di Portland. Dia pernah ditendang dari Apple pada tahun 1984. Namun meski mengalami masa-masa susah kala memutuskan drop out. Ia merevolusi dunia teknologi dengan kehadiran iPod. aku tak bisa melihat manfaatnya. .Steve Jobs adalah mahasiswa gagal. Setelah 6 bulan. Sesudah DO. Inilah nasehatnya untuk para lulusan Stanford pada akhir pidatonya tersebut: "Waktu Anda terbatas. Dia kembali pada Apple tahun 1997. jangan sia-siakan untuk menjalani kehidupan seperti orang lain." kata Jobs dalam pidato upacara wisuda di Stanford University tahun 2005. Dia memutuskan drop out setelah baru 6 bulan kuliah. Jobs akhirnya sukses besar. Jobs terpaksa menggelandang karena tak punya kamar. iPhone dan tentunya iPad. perjalanan hidup Jobs berliku-liku. Dia menjual botol minuman untuk mendapat uang agar bisa makan. Oregon.Jobs. Namun ia kembali sukses dengan menjadikan studio film Pixar bertaji di industri film animasi. "Jadi aku putuskan drop out dan percaya semuanya akan baik-baik saja. Mahasiswa Drop Out yang Merevolusi Jagat Teknologi Jakarta . Kamis (6/10/2011). Cukup menakutkan waktu itu. Dia tidak pernah menyelesaikan kuliahnya. Namun Jobs mengaku menikmatinya. Masa-masa Susah Jobs mengenang bahwa sesudah drop out adalah masa-masa susah. Jobs merasa tidak cocok dan tidak mau menghamburkan uang orang tua untuk ongkos kuliah. meski berstatus mahasiswa DO dan berulangkali ditimpa kesulitan. Jobs menyatakan keluar dari kuliah adalah salah satu keputusan terbaiknya." ucapnya seperti detikINET kutip dari Washington Post. namun ketika melihat ke belakang itu adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah kubuat. Aku tak punya ide apa yang ingin kulakukan dengan hidupku dan bagaimana universitas akan membantu menemukannya. Jobs mengaku pelajaran itu membantunya mendesain susunan tipografi di komputer Mac. lalu menjadikannya begitu jaya. Apple adalah perusahaan yang didirikannya bersama Steve Wozniak. Ya. Dia juga mengambil kelas seni kaligrafi untuk mengasah intuisinya dalam masa-masa awal drop out. Padahal. Produk-produk tersebut laku keras dan memaksa kompetitor bekerja keras melawan sepak terjang Apple.

beranilah mengikuti hati dan intuisimu yang entah bagaimana sudah tahu sesungguhnya Anda ingin menjadi apa." Steve Jobs dari Masa ke Masa Jakarta . Kepergiannya akan dikenang sampai generasi mendatang. Steve Jobs adalah inovator ulung pada zamannya. Namun dia kembali lagi pada tahun 1997 ketika kondisi Apple tengah suram. Jobs membangun Apple bersama Steve Wozniak di sebuah garasi.66. iPhone dan iPad.Tak bisa dipungkiri.Jangan terjebak pada dogma. Karena berbagai masalah. tokoh-tokoh angkat suara memuji kejeniusannya. Kini. Dialah yang menemukan berbagai perangkat teknologi revolusioner seperti iPod. Yang paling penting. Berikut napak tilas kegemilangan Jobs dalam rekaman foto: . Mereka menjual komputer pertama Apple I pada tahun 1976 yang kala itu dijual seharga USD 666. Kembalinya sang legenda menjadi awal kejayaan Apple yang kemudian melahirkan berbagai perangkat revolusioner dan menjadi salah satu perusahaan paling bernilai di dunia. Jangan biarkan opini orang lain menenggelamkan suara di dalam Anda. Steve Jobs pernah meninggalkan Apple. Dunia mengenangnya dengan berbagai macam cara. Jobs telah tiada. yang adalah hasil pemikiran orang lain. Inilah cikal bakal perusahaan yang kini produknya sangat digemari dunia.

menandai salah satu jejak kegemilangan Jobs kala menahkodai Apple. . Komputer Macintosh yang dirilis pada tahun 1984.Salah satu foto legendaris yang menampilkan Steve Jobs bersama Steve Wozniak mengutak atik komputer pertama Apple.

Jobs kembali ke Apple pada tahun 1997 dan memperkenalkan komputer iMac pada tahun 1998 .Steve Jobs kala muda dengan komputer Macintosh kebanggannya Setelah sempat pergi.

Steve Jobs memperkenalkan iPod tahun 2001 .

komputer tablet yang sampai kini masih sangat laris. .iPhone. salah satu penemuan terbesar Jobs Steve Jobs dengan iPad.

dia membuat revolusi informasi tidak hanya bisa diakses namun juga intuitif dan fun. menampakkan kondisinya sangat lemah. . cukup berani untuk meyakini dia bisa mengubah dunia dan cukup berbakat untuk melakukannya.Steve Jobs meninggal dunia. Berikut pernyataan Obama mengenai kepergian Jobs. Pernyataan Lengkap Obama Soal Steve Jobs Jakarta . Dengan membuat komputer personal dan membawa internet ke saku kita. Dalam pernyataannya bersama sang istri Michelle. Statusnya sebagai legenda di dunia teknologi membuat banyak orang berduka atas kepergiannya. cukup berani untuk berpikir berbeda. tidak terkecuali orang nomor satu di Amerika Serikat. dia memberi contoh tentang semangat kepintaran orang Amerika. Dan dengan bakatnya bercerita. presiden berdarah Kenya ini menyebut Jobs adalah salah satu inovator terbesar yang pernah dilahirkan di Amerika Serikat. Barack Obama. seperti detikINET kutip dari Sun Times. Steve termasuk inovator terbesar Amerika.Foto terakhir Jobs di publik pada akhir Agustus 2011. Kamis (6/10/2011): "Michelle dan saya bersedih mendengar kabar meninggalnya Steve Jobs. dia membawa kebahagiaan bagi jutaan anak dan orang dewasa. Dengan membangun salah satu perusahaan paling sukses di planet ini dari garasinya. Presiden Barack Obama memberikan penghargaan tinggi untuk Jobs.

. dia mengubah cara kita melihat dunia. Tentunya pesaing dalam arti yang positif." imbuhnya. "Dunia jarang melihat seseorang yang memiliki dampak yang mendalam seperti yang Steve miliki. Bill Gates dan Steve Jobs. Karena dia melakukannya. Kamis (6/10/2011). keluarganya dan semua orang yang mencintai dia.Steve senang berkata bahwa dia hidup setiap hari seperti itu adalah hari terakhirnya. Uniknya. mereka bisa menjadi teman sekaligus lawan. dan mencapai salah satu prestasi terlangka dalam sejarah manusia. itu merupakan kebanggaan yang luar biasa." tukas Gates. Bahkan Gates mengaku beruntung sempat mengenal Jobs.). "Bagi mereka beruntung dapat bekerja sama dengannya (Steve Jobs-red. "Saya akan sangat merindukan Steve." lanjut Gates.Microsoft dan Apple boleh saja memiliki persaingan yang sengit di industri IT. Jobs dan Gates yang kini berusia 55 tahun merupakan dua sosok yang bisa dibilang sebagai legenda di dunia IT. Namun hubungan bos keduanya." Mengenang Steve Jobs (reuters) Bill Gates Bicara Soal Steve Jobs Jakarta . Keduanya memiliki peran sentral dalam pengembangan personal komputer di tahun 70 dan 80-an. dikutip detikINET dari Reuters. mendefinisikan seluruh industri. dia mentransformasi hidup kita. bisa dibilang akur-akur saja. Gates pun merasakan duka yang mendalam lantaran kepergian teman sekaligus kompetitornya tersebut. Dan mungkin tidak ada penghargaan lebih besar terhadap sukses Steve selain fakta bahwa banyak masyarakat dunia mendengar kabar dia meninggal melalui perangkat yang dia temukan. Michelle dan saya mengirimkan doa bagi istri Steve. Dunia telah kehilangan seorang visioner. Termasuk untuk dampak yang dihasilkan kepada generasi yang akan datang. Laurene.

Biografi mengenai Steve Jobs kembali dibuat dan kini majalah Fortune yang akan menggarapnya. Sekedar informasi. Amerika Serikat. Seperti diketahui sebelumnya. Biografi ini diterbitkan dari belasan cerita yang dibuat di majalah bisnis dan ekonomi tersebut. konsumen bisa membeli biografi tersebut dari toko Kindle keluaran Amazon. biografi resmi perdana Steve Jobs akan dirilis pada 21 November nanti oleh publisher Simon & Schuster." tutur Managing Editor majalah Fortune. Saya dan Melinda menyatakan rasa duka yang mendalam terhadap keluarga."Saya sangat sedih mendengar kabar wafatnya (Jobs-red. Rabu (28/9/2011). Apple menjadi salah satu perusahaan paling sukses di dunia. Dikutip detikINET dari Cnet.). Steve Jobs & Bill Gates (wikipedia) Jejak Steve Jobs di Media 'Dijahit' Jadi Biografi Jakarta . Andy Serwer. Fortune mengumpulkan sebanyak 17 cerita dari selama hampir 3 dekade tentang mantan CEO Apple yang memiliki banyak penggemar ini. Calif. lantaran masalah kesehatan. biografi bertajuk "All About Steve: The Story of Steve Jobs and Apple from the Pages of Fortune" hanya akan dirilis dalam versi e-book. ." tandas Chairman dan pendiri Microsoft. Bahannya sendiri didapat dari puluhan wawancara dengan Jobs sendiri plus ratusan wawancara dengan keluarga dan temantemannya. Fortune pernah memberi mahkota "CEO of the Decade" kepada Jobs pada tahun 2009 lalu. Bagi yang ingin memilikinya. dan perusahaannya. teman-temannya. Ia menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu waktu Palo Alto. "Pada akhirnya ia terbukti benar miliaran kali. dan siapapun yang tersentuh dengan apa yang dikerjakan Steve. Jobs dilaporkan meninggal dalam usia 56 tahun.

namun dua kali. Schmidt yang adalah sobat lama Jobs tanpa ragu menyebut Jobs sebagai CEO dengan performa terbaik dalam 50 tahun terakhir. Dia tidak hanya membangun Apple sekali. "Steve Jobs memberikan performa seorang CEO yang terbaik dalam 50 tahun." demikian kabarnya Schmidt . dilansir TechRadar dan dikutip detikINET. Itu terbukti dengan tangan dingin Jobs yang mampu beberapa kali membangkitkan Apple jadi raksasa teknologi yang disegani. Memang Android kemudian terbukti menjadi pesaing terkuat gadget Apple. Sabtu (3/9/2011). Oh Tuhan." kata Schmidt. Jobs dilaporkan merasa dikhianati oleh Schmidt ketika mendengar kabar Google akan meluncurkan OS baru berikut ekosistem aplikasinya. dia sangat marah. "Steve sangat sangat kecewa. Steve dan Eric dahulu adalah kawan akrab.Pensiunnya Steve Jobs dari kursi CEO Apple masih jadi buah bibir. mantan CEO Google yang kini menempati posisi chairman di raksasa mesin cari internet tersebut. Pujian khusus dilayangkan oleh Eric Schmidt.Biography-Steve Jobs (Cnet) 'Steve Jobs Adalah CEO Terbaik Dalam 50 Tahun' Jakarta . Namun persahabatan mereka retak setelah Google meluncurkan Android yang ditujukan untuk menghantam iPhone.

Konon sejak itulah. Foto itu. mengenakan pakaian yang nampak seperti gaun berwarna hitam. .Sebuah foto yang diklaim menunjukkan wujud Steve Jobs setelah mundur dari posisinya sebagai CEO Apple beredar di internet. Apple juga tidak menyampaikan kabar mengenai kondisi kesehatan Jobs. Jobs tampil dalam kondisi sangat mengenaskan. banyak yang mengutuki TMZ karena mempublikasikan foto itu. Entah asli atau tidak. beredar di situs gosip TMZ. seperti dikutip detikINET dari Reuters. foto itu telah menimbulkan kontroversi. situs foto seleb. Pengguna Twitter di Amerika Serikat. Belum ada konfirmasi dari pihak manapun terkait keaslian foto tersebut. hubungan Jobs dan Schmidt mulai merenggang. 26 Agustus 2011. Ia terlihat begitu kurus dan lemah. yang kemudian menjualnya secara eksklusif ke TMZ.mendeskripsikan pernyataan Jobs kala keduanya berbincang di telepon. waktu setempat. Tidak diketahui seperti apa kondisi kesehatan mantan orang No 1 di Apple itu saat mengajukan pengunduran diri. Steve Jobs (ist) Beredar. Situs itu mengatakan foto diambil hari Jumat. Foto itu konon diambil oleh Pacific Coast News. Sabtu (27/8/2011). Foto Mengenaskan Steve Jobs Pasca Mundur Jakarta . Jobs sebelumnya telah diketahui berhasil mengatasi penyakit kanker pankreas. misalnya. Jobs nampak sangat tidak sehat.

termasuk desainer produk.Screenshot TMZ 4 Wajah Steve Jobs di Apple Jakarta . dia tahu apa yang dilakukan tiap bagian di perusahaan dan tak takut melakukan perubahan. Perusahaan ini punya banyak talenta bagus dan puluhan ribu pekerja. Dia mendapat respek. tapi tidak ada yang meraih respek sekuat dia. Kala dia hengkang. Magnet Apple . fitur di iPhone tidak sebanyak kompetitor. dikutip detikINET dari Business Insider. Alhasil. yang berhasil membuat Apple jaya dari kondisi suram. Penguasa Sesungguhnya Banyak perusahaan besar terjebak dengan birokrasi njlimet atau perkelahian internal untuk mengambil dan melaksanakan keputusan. 3. Ini tak terjadi kala Jobs memimpin Apple. Akan tetapi hengkangnya Jobs dari posisi CEO diyakini berdampak besar bagi perusahaan asal Amerika Serikat ini. semua produk itu lahir di era kepemimpinan Jobs. Apple akan kehilangan '4 wajah' Steve Jobs. iPad 2 di sektor tablet.Apple memang bukan Steve Jobs semata. Apa saja? Berikut daftarnya. Mungkin hanya Jobs yang bisa mengeksekusi seni semacam ini dengan baik sehingga produk Apple selalu laku. Namun patut dicatat. Produk mereka digdaya. Perencana Produk Jobs terobsesi dengan simplisitas. iPhone di pasar smartphone dan Mac di PC terus mencetak penjualan besar. Kamis (25/8/2011): 1. 2. Apple adalah perusahaan dengan 45 ribu pekerja. Misalnya. teknisi dan marketing hebat. Beberapa CEO mungkin sepintar atau berkemauan kuat seperti Jobs. dia menolak mouse Apple punya dua tombol dan bersikeras iPhone tak harus bisa melakukan banyak hal sekaligus.

Lantas. Mac. . Di satu sisi mungkin karena rekor kesuksesan Apple yang bagus. Ia selalu mengajak COO Tim Cook.Banyak orang ingin bekerja untuk Apple saat ini. dan proses produksi yang sangat efisien di Cina.hasil dari proses desain yang sangat baik di California. Saat ini Apple adalah perusahaan IT paling menguntungkan di dunia. ini adalah bulan dan tahun yang tepat bagi Steve Jobs untuk meninggalkan Apple. iPhone dan iPad sudah berhasil menjadi produk kelas dunia yang terjangkau bagi banyak kalangan . dia mungkin setara dengan selebritis. tanda-tanda persiapan Steve Jobs akan 'naik tahta' dari CEO menjadi penasehat Apple sudah terlihat sejak tiga tahun yang lalu. Selain kondisi kesehatan yang menurun. media massa di seluruh dunia seakan dengan patuh menyimak tiap perkataannya. Apple barangkali masih menjadi perusahaan raksasa dalam waktu lama tanpa kehadiran Jobs. Ikon Kebudayaan Pop Ketika Jobs bicara. Steve Jobs tidak pernah sendiri dalam membawakan presentasi ikonik khas Apple. mundurnya Steve Jobs dari posisi CEO sudah dapat diprediksi dari jauh hari. mengapa Agustus 2011? Menurut saya. khususnya kala mempresentasikan produk. dan SVP Marketing Phil Schiller untuk berbagi panggung. 4. Mampukah Tim Cook selaku CEO baru Apple mendapat perhatian seperti ini? Rasanya tidak. Namun di sisi lain juga dengan adanya Jobs di sana sebagai seorang tokoh teknologi populer. Padahal.Pagi ini banyak pemerhati teknologi informasi digemparkan oleh surat pengunduran diri Steve Jobs dari jabatan CEO Apple. Namun mungkin perhatian pada perusahaan ini tidak lagi sebesar ketika Jobs masih ada di pucuk pimpinan. Mulai dari tahun 2008. iPod. Steve Jobs Tinggalkan Apple di Waktu yang Tepat Jakarta . SVP iOS Scott Forstall. Ya.

keputusan Jobs untuk mundur sebagai CEO hangat diperbicangkan di sana. Sebab. Jumat (26/8/2011).5 juta postingan membanjir di halaman khusus Weibo yang didedikasikan untuk berita mundurnya Jobs. Jika hobi Tim Cook tidak sama dengan Steve Jobs.Siapapun yang menjadi CEO Apple setelah Steve Jobs. Tercatat.Pensiunnya Steve Jobs disesalkan oleh jutaan penggemar Apple di China. Steve Jobs pernah mengatakan Apple TV adalah hobby-nya pribadi. bukan tidak mungkin Apple TV akan berhenti disini . Beberapa user online pun bercanda bahwa produk terbaru Apple adalah 'iQuit'. maka Steve Jobs adalah raja segalanya. aku tidak bisa membayangkan akan seperti apa Apple tanpa dia. akan sulit baginya untuk mengembalikan Apple pada posisinya pada tahun 1997 lalu . Steve Jobs muda (apple) 'Steve Jobs Adalah Dewa' Shanghai . Saya pribadi yakin di tangan Tim Cook. bahkan ada yang keblinger hingga menyebutnya sebagai seorang dewa. inovasi-inovasi khas Apple akan terus bermunculan.atau sebaliknya. Dikutip detikINET dari AFP. "Jobs adalah dewa yang kita sembah. Menurunnya harga saham Apple akibat mundurnya Steve Jobs dapat ditutup dengan peningkatan harga bulan depan. 2. ." tulis pengguna internet yang lain. pendiri vendor ponsel China. Selain itu. Topik tentang hal itu menjadi yang paling banyak didiskusikan di media sosial lokal. bulan September ini Apple dikabarkan akan memperkenalkan iPhone dan iPad baru. Puja-puji pun dialamatkan pada Jobs. "Jika Bill Gates adalah raja software. Yang akan menarik untuk diperhatikan adalah apa yang akan Tim Cook lakukan dengan Apple TV.atau "nyaris bangkrut". Xiaomi di situs mikroblogging Weibo." tulis Lei Jun.

"Saya bangga mengenalnya. Pasar China pun kian seksi untuk Apple. . Dikutip detikINET dari CNN. Hanya karena dia sedemikian sibuk.Survei online oleh perusahaan internet Sina menemukan 64% dari sekitar 33 ribu responden yakin keluarnya Jobs akan berdampak besar bagi Apple. Namun anggapan bahwa Jobs tak begitu peduli dengan aktivitas sosial dibantah oleh Bono. Dan begitu banyak produk palsu menyerupai iPad atau iPhone dijual di China. Memang banyak penduduk China adalah penggemar berat produk Apple yang keluar di era kepemimpinan Jobs. tidak berarti dia dan istrinya tidak memikirkan hal-hal seperti itu. Ia juga tak bergabung dengan Giving Pledge.Di bawah kepemimpinan Steve Jobs yang baru saja lengser dari jabatan CEO. Bono mengaku mendekati Jobs agar mau membantu memerangi AIDS dan penyakit mematikan lain di Afrika. Ia menyatakan Jobs turut berperan memerangi penyakit di Afrika dengan sumbangan sejumlah besar dana. Namun mereka juga dikritik terkait aktivitas filantropi yang kurang terdengar gaungnya. catatan pendapatan terbaru Apple di China mencapai USD 3. Apple memang mencetak prestasi hebat di ranah teknologi. pentolan band U2. Steve Jobs Dibela Bono Jakarta . Bahkan toko Apple Store palsu pun juga ada.8 miliar di area ini. inisiatif yang digawangi Bill Gates dan Warren Buffet di mana orang kaya Amerika Serikat membagi sebagian hartanya untuk orang miskin. dari hasil penjualan produk Apple yang dikemas dengan warna merah. Senin (5/9/2011). Para penggemar pun rela antre panjang untuk mendapatkan gadget terbaru Apple. Hal itu ditanggapi Jobs dengan memberikan jutaan dolar dana bagi Global Fund to Fight AIDS. Steve Jobs (huffington) Dituding Pelit. Meski produknya banyak dipalsukan." tutur Bono. tidak ada catatan publik mengenai aktivitas kedermawanan Jobs.

Sayang. Ia meninggalkan seorang istri bernama Laurene dan tiga orang anak dari hasil perkawinannya. tidak disebutkan penyebabnya. ia merupakan orang yang hangat dengan keluarga. Kamis (6/10/2011).3 miliar. Kini dengan jumlah laba begitu besar." sebut salah seorang keluarga Steve Jobs.Pihak keluarga Steve Jobs menyebutkan bahwa pendiri Apple Inc. Jobs juga diketahui memiliki seorang anak perempuan dari pasangannya terdahulu. Ia menilai Jobs bukan seorang filantropis menonjol meski memegang kekayaan sekitar USD 8. Apple sendiri telah mengumumkan secara resmi perihal meninggalnya Jobs. Terlebih ketika 'pergi'.Kritik pada Jobs ditulis oleh kolumnis di New York Times." imbuhnya. Apple di bawah kepemimpinan Tim Cook dinilai perlu lebih berperan dalam aktivitas sosial. Sementara dalam kehidupan pribadinya. Tak lupa. Jobs dikabarkan menghentikan aktivitas sossial Apple sampai perusahaan ini bisa menghasilkan untung. Pada tahun 1997. Jobs wafat di usia 56 tahun. pihak keluarga pun mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang selama ini telah mendoakan Jobs selama legenda dunia IT itu berjuang melawan sakit kanker selama beberapa tahun belakangan. Steve dikenal sebagai seorang visioner. Andre Ross Sorkin. Steve Jobs (huffington) Steve Jobs 'Pergi' di Tengah Keluarga Jakarta . "Sebuah situs nantinya juga akan disediakan untuk pihak-pihak yang ingin mendoakan dan melakukan tribut untuk mengenang Steve. ia dikelilingi sanak keluarganya. "Dalam kehidupan sosialnya. dikutip detikINET dari Sydney Morning Herald. Hanya saja kemungkinan lantaran sakit kanker pankreas yang telah diderita Jobs sejak tahun 2004. itu menghembuskan nafas terakhirnya dengan keadaan damai. .

.Kabar mengejutkan datang sehari setelah Apple merilis iPhone 4S." puji CEO Apple Tim Cook. dilaporkan telah meninggal dunia. Steve Jobs (huffingtonpost) Pendiri Apple Steve Jobs Meninggal Dunia Jakarta . Jobs memang sudah meninggalkan kesibukannya di Apple untuk menjalani pengobatan kanker pankreas yang dideritanya.. Kamis (6/10/2011). Selamat jalan. Jobs ini merupakan seorang visioner yang disanjung lantaran mampu menghadirkan gadget dan teknologi inovatif melalui Apple. Calif."Dunia telah kehilangan manusia yang luar biasa. Steve Jobs.. kabar ini langsung datang dari Apple. Salah satu pendiri Apple Inc. "Kami sangat berduka untuk mengabarkan bahwa Steve Jobs telah meninggal dunia hari ini. Namun sepertinya perjuangan sang legenda dunia IT itu harus terhenti setelah menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu waktu Palo Alto." demikian bunyi pengumuman resmi Apple. Beberapa waktu belakangan. Dikutip detikINET dari Washington Post. Amerika Serikat di usia 56 tahun. Sosok yang bernama lengkap Steven P. Jobs.

Steve Jobs meninggal dunia di usia 56 tahun karena masalah kesehatan. legenda. Kanker tersebut biasanya didiagnosa setelah keadaan penderitanya sudah cukup parah.. Seperti detikINET kutip dari myhealthnewsdaily. Selamat jalan. gejala kanker pankreas seringkali tidak muncul sampai penyakit mencapai tahap lanjut. Gejala itu termasuk berkurangnya berat badan dan kehilangan nafsu makan. Jobs dilaporkan kalah 'berperang' melawan kanker pankreas." kata Julie Flashman. Kamis (6/11/2011). Sedangkan 94% akan meninggal dalam jangka waktu 5 tahun. Memang kanker pankreas terbilang penyakit ganas. Metode kemoterapi pun seringkali kurang efektif dalam membunuh sel kanker pankreas. Ya meski kaya raya. Namun apa daya. Meski Apple tidak menyebutkan secara jelas penyebab kematiannya.. sehingga pasien hanya punya sedikit pilihan. dia tak kuasa melawan penyakit mematikan tersebut. Fakta bahwa seseorang dengan sumber daya seperti dia tidak bisa melawan penyakit ini adalah statement yang kuat. Hanya 8% kasus kanker pankreas terdiagnosa sebelum menyebar.Steve Jobs (huffingtonpost) Kanker Ganas Renggut Hidup Steve Jobs Jakarta . "Dia melawan dan terus melakukan hal-hal yang dia inginkan sambil hidup dengan penyakit ini. Menurut Julie. . kanker pankreas bisa mengganas karena tidak ada metode deteksi dini untuk penyakit ini. Presiden dan CEO Pancreatic Cancer Action Network. Steve Jobs diketahui sudah beberapa kali dioperasi. Jobs tidak bisa bertahan. di mana 75% pasiennya meninggal dunia kurang dari setahun setelah didiagnosis.

juga seringkali dipercaya menggantikan posisi Steve Jobs ketika merilis produk baru. Pria kalem ini mendapat gelar MBA dari Duke University dan Bachelor of Science dari Auburn University. Salah satu prestasinya adalah memperbaiki jalur suplai produksi gadget Apple sehingga berjalan amat efisien. Tak pelak. Cook juga menjadi sosok pengganti kala sang legenda cuti menjalani perawatan kesehatan. Selain Cook. investor Apple kini menaruh harapan besar kepada Cook untuk menjadi suksesor Jobs. Kini. Kamis (6/10/2011). Meski demikian.Mengenang Steve Jobs (reuters) Siapa Ikon Baru Apple Sepeninggal Jobs? Jakarta . lalu ada nama Chief Marketing Phil Schiller serta Kepala Divisi Mobile Software Apple Scott Frostall. Orang-orang yang bekerja bersama Cook menyebut dia brilian. Hanya saja yang patut diingat adalah Jobs dan Cook merupakan pribadi berbeda. melesatnya Apple seperti sekarang ini salah satunya berkat sosok Steve Jobs. setelah sang perintis berpulang. Yang memberi julakan itu pun tidak sembarangan. Bahkan . ia dijuluki sebagai maestro dalam operasional bisnis. Apple sejatinya juga memiliki tokoh penting lain yang tak kalah kelas. siapa yang akan menjadi ikon baru perusahaan berlogo buah apel groak tersebut? Satu nama yang mungkin dikedepankan adalah Tim Cook. Compaq dan Intelligent Electronics.Tak bisa dipungkiri. Ia merupakan CEO Apple saat ini yang penunjukannya langsung diamanatkan oleh Jobs. Sebelum bergabung dengan Apple. dia pernah bekerja di IBM. yakni majalah bisnis Fortune. Cook memang disangsikan dapat menjadi seorang visioner layaknya Jobs. dan tentu memiliki cara sendiri-sendiri dalam menjalankan perusahaan dan menggaet pelanggan. Untuk nama terakhir. Mereka di antaranya adalah Jonathan Ive yang kerap dianggap 'guru' desain Apple. dikutip detikINET dari Reuters.

Dia seorang yang visioner. Selasa (4/10/2011): Oktober 2001: iPod pertama diperkenalkan dengan kapasitas penyimpanan yang muat sampai 1.Rilis iPhone baru pada 4 Oktober waktu Amerika Serikat menandai 10 tahun sepak terjang Apple di ranah gadget revolusioner.000 lagu Juli 2002: Generasi kedua iPod yang kompatibel dengan Windows dirilis. Pun demikian.disebut-sebut. pemikiran. Berikut sejarah perkembangan gadget Apple yang mengubah dunia. Apple menjual 25 juta lagu dan 2 juta unit iPod. Melihat nama-nama di atas yang masih setia. kreatif. jenius. sebanyak 42 juta unit iPod terjual. Steve Jobs & Tim Cook (smh) Jejak 10 Tahun Gadget Revolusioner Apple Jakarta . Desember 2003. Apple sudah menjual 600 ribu unit iPod. seperti detikINET kutip dari Telegraph. namun publik masih bisa mengenang sang legenda IT itu lewat karya. Akhir tahun 2005. Januari 2005: iPod Shuffle berbasis memory flash diluncurkan. sulit rasanya jika target yang dipatok adalah mencari 'Steve Jobs' baru. popularitas Frostall lebih tinggi di mata publik dibandingkan Cook. Sebab publik sudah kadung tersihir dengan karisma Steve Jobs yang seperti itu adanya. . Dan walau Jobs sudah berpulang. September 2005: iPod Nano berbasis flash menggantikan iPod Mini. walau tak sedikit juga yang melihatnya sebagai sosok arogan. April 2003: Toko musik iTunes diluncurkan dan menjadikan Apple kekuatan utama dalam distribusi musik digital. Apple sejatinya patut berlega hati mengenai masa depan perusahaannya. Januari 2004: Apple menambah iPod Mini di jajaran iPod. dan gadget-gadget terbaik besutannya.

Februari 2006: Toko musik iTunes telah menjual 1 miliar lagu. April 2011: Apple mengumumkan telah menjual 189 juta unit perangkat berbasis iOS yang terdiri dari iPod Touch. Steve Jobs (pcmag) Steve Jobs Muda Gemar Menunggangi BMW R60 California . Motor asal Jerman itu juga pernah . Juni 2010: iPhone 4 dirilis yang mengandalkan layar Retina.Selain hobi mengendarai mobil sport. App Store diluncurkan. iPhone dan iPad. iPhone baru ini akan diberi nama iPhone 5 atau iPhone 4S. Juni 2009: iPhone 3GS diluncurkan dengan CPU lebih cepat serta kamera lebih baik. Oktober 2011: Apple akan memperkenalkan generasi baru iPhone pada tanggal 4 Oktober. Steve menggemari motor BMW R60/2 lansiran 1966. Bisa jadi Apple malah akan meluncurkan keduanya. Maret 2011: Apple memperkenalkan iPad 2 dengan desain ramping dan dilengkapi kamera. Januari 2007: Apple memperkenalkan iPhone pertama. Juli 2008: Generasi kedua iPhone 3G dijual. pendiri Apple Steve Jobs juga terkenal senang mengendarai motor. Januari 2010: Apple mengumumkan iPad yang menjadi pionir komputer tablet. September 2007: iPod Touch diluncurkan dengan interface full layar sentuh.

. Kamis (6/10/2011) Steve berusia 27 tahun. mengendarai mobil tanpa menggunakan pelat nomor.dimiliki oleh Steve. Jobs memiliki sebuah mobil Mercedes-Benz SL55 AMG yang tak pernah memiliki pelat nomor baik di depan maupun di belakang. Si Jenius Pengguna Mercy Tanpa Pelat Nomor California .Berbicara soal tunggangannya. Di California. Pendiri Apple Steve Jobs merupakan sosok yang nyeleneh. Di balik sasisnya terdapat mesin 594cc 2 silinder boxer. Mobil keluaran tahun 2007 itu hanya memiliki nomor barcode saja. Mengenai motornya. Bahkan saking fenomenalnya Steve. sepatu coklat. Steve Jobs. Barcode ini memang terlihat jika Anda membuka pelat nomor. baju kemeja. Mesin tersebut bisa melontarkan tenaga 30 hp di 5. tentu ada konsekuensi.800 rpm. BMW R60/2 diproduksi pada 1960 hingga 1966. celana jeans. aksi Steve menunggangi BMW R60 di lembah Silikon pernah menjadi cover majalah National Geographic pada Oktober 1982. Kala itu seperti dilansir topspeed. Tilang ratusan dolar Amerika sudah menanti. Penampilannya sangat nyentrik dengan rambut agak gondrong dan janggut lebat. Di setiap mobil keluaran Mercy anda bisa melihat nomor barcode ini.

Bahkan lembaga independen pernah iseng mengecek berapa denda yang harus dibayar Jobs. Namun faktanya hanya sedikit data atau jejak rekaman yang menyebutkan soal tilang kepada Steve Jobs. Namun Jobs tetap membiarkan mobilnya mulus tanpa pelat nomor. hanya seputaran Silicon Valley saja. Jadi kemungkinan ditilang sedikit. Mercedes-Benz SL55 AMG Milik Jobs . Seperti dilansir rush lane. Beberapa pelanggaran yang dilakukan Jobs antara lain mengebut dua kali di Santa Clara County pada 2006 dan pelanggaran lalu lintas biasa di 2007. selalu ada yang mencurinya. Jobs mungkin selama hidupnya sudah terbiasa membayar denda US$ 250 setiap kali ada polisi yang menghentikan mobilnya di jalanan. kalau pelat nomor Jobs itu selalu ada yang ngutil. tetapi dunia pastinya akan tetap mengenang Jobs sebagai seorang visioner yang mengubah cara manusia menggunakan teknologi dan gadgetnya lewat Apple. mobil Jobs yang dibeli pada akhir tahun 2006 ini tidak pernah dibawa jauh. Isu menyebutkan. Jadi daripada terus membeli pelat nomor. Kenapa Jobs enggan memasang pelat nomor mungkin akan menjadi misteri. Jobs membiarkan mobil tanpa berpelat nomor dan membayar denda.Polisi pun tidak memberikan keistimewaan khusus bagi Jobs dengan mobilnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful