You are on page 1of 1

1.

Sejarah BCG Jawab : BCG merupakan singkatan dari Bilieux de Calmette et Guerin, ditemukan antara tahun 1908 dan 1919 di Institut Pasteur dengan mengisolasi Mycobacterium bovis. Organisme ini selanjutnya digunakan sebagai vaksin pada tahun 1919 setelah mengalami proses atenuasi yang panjang, dan pertama kali diberikan ke manusia melalui mulut di tahun 1921 2. Keunggulan & kelemahan BCG Jawab :
NO 1 2 3 4 5 6 KEUNGGULAN BCG KELEMAHAN BCG Kembali efektif setelah terjadi Mekanisme perlindungannya pada penyakit orang dewasa belum dimengerti Perlindungan dalam waktu yang lama Susah dalam mengontrol kualitasnya Murah Stabil terhadap pemenasan dalam bentuk liofilisasi Memberikan efek positif dalam mengontrol beberapa penyakit Belum adanya vaksin yang lain Sulit dalam pemberiannya karena dosisnya berbeda pada setiap umur

3. Berapa kapan dan berapa lama BCG bertahan dalam tubuh. Jawab: 1 bulan dan Efek BCG bertahan dalam tubuh sampai 15 tahun, setidaktidaknya pada populasi yang berkecukupan gizi. Sebab itu beberapa negara mencoba mengulangi BCG pada usia 15 tahun, 4. Cara pencegahan tuberculosis melalui lingkungan Jawab : Sinar ultraviolet pembasmi bakteri, bisa digunakan di tempat-tempat dimana sekumpulan orang dengan berbagai penyakit harus duduk bersama-sama selama beberapa jam (misalnya di rumah sakit, ruang tunggu gawat darurat). Sinar ini bisa membunuh bakteri yang terdapat di dalam udara. Ventilasi udara yang cukup sehingga sirkulasi udara lancar.