RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATERI DAN PERUBAHANNYA

Mata Pelajaran Kelas / Semester : Kimia : X/1

Standar Kompetensi : Memahami Sifat – Sifat Unsur, Senyawa dan Campuran serta Perubahan Fisis dan Perubahan Kimia Kompetensi Dasar :
1. Membandingkan sifat unsur, senyawa dan campuran berdasarkan hasil pengamatan 2. Mengidentifikasi Sifat-Sifat Perubahan Fisis dan Perubahan kimia serta contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

I. Indikator:
(1)Mengamati dan menjelaskan beberapa perubahan fisik. (2)Mengamati dan menjelaskan beberapa perubahan kimia.

(3)Membandingkan perbedaan perubahan fisik dan Perubahan kimia.
(4)Memberikan contoh penggunaan perubahan fisik dalam kehidupan sehari-hari. (5)Memberikan contoh penggunaan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.

(6)Menyebutkan berbagai perubahan dalam reaksi kimia. II. Tujuan:
Siswa dapat, (1) Mengamati dan menjelaskan beberapa perubahan fisik dengan baik dan benar. (2) Mengamati dan menjelaskan beberapa perubahan kimia dengan baik dan benar. (3) Membandingkan perbedaan prubahan fisik dan Perubahan kimia dengan baik dan benar. (4) Memberikan contoh penggunaan perubahan fisik dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar. (5) Memberikan contoh penggunaan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar. (6) Menyebutkan berbagai perubahan dalam reaksi kimia dengan baik dan benar.

III. Materi Ajar Ikatan Kimia

:

○Materi dan Perubahannya

IV.

Metode pendekatan: ○ ○ ○ ○ Ceramah / penyampaian informasi. Demonstrasi Diskusi kelas Penugasan

V. Alokasi waktu ○ 2 Jam pelajaran VI. Skenario Pembelajaran Kegiatan awal (10 menit) ○ ○ Salam pembuka Motifasi - Guru menanyakan apakah ada diantara siswa yang menhetaui tentang MATERI. - Guru menanyakan apakah spidol yang dipegang itu termauk materi. - Guru menanyakan apakah siswa mengetahui bahwa materi itu dapat berubah. ○ ○ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran Guru menyiapkan alat demonstrasi

Kegiatan Inti ( 50 menit ) ○ Guru mendemonstrasikan beberapa perubahan materi – Guru membakar lilin, guru menanyakan apakah yang terjadi pada lilin – Guru melarutkan garam dapur, guru menanyakan perubahan apa yang sedang terjadi – Guru menyimpulkan demonstrasi yang telah dilakukan. ○ Guru menjelaskan pengertian perubahan fisik dan perubahan kimia dilihat dari demonstrasi yang telah dilakukan. ○ Dengan diskusi kelas guru menanyakan perbedaan antaraperubahan kimia dan perubahan fisik. ○ Guru menanyakan beberapa perubahan yang sering ditemukan dikehidupan sehari-hari apakah termasuk perubahan fisik atau kimia. – Dalam pembuatan tapei perubahan apa yang terjadi ? – Dalam pengolahan minyak bumi kira-kira perubahan apa yang terjadi ? – Ketika nasi menjadi basi perubahan apa yang berlangsung itu ? ○ Guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan.

Kegiatan Akhir ○ Guru merangkum kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan ○ Guru memberikan pekerjaan rumah. VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar : Buku Kimia, alat dan bahan demonstrasi. VII. Penilaian: ○Pekerjaan rumah ○Kuis melalui diskusi kelas ○Latiahan.