Sensor Getar Sederhana | 102 FM ITB

Page 1 of 20

102 FM ITB
102 FisikaMania ITB

Sensor Getar Sederhana
Posted on May 4, 2008 by Yulius S. Gunawan [Makalah ini disusun oleh: Yudistira Virgus, Yulius S. Gunawan, Widianta Gomulya, dan Satrio Gani (Anggota Generasi "Engkong" 102FM)] Benda selalu bergerak dengan amplitudo dan frekuensi yang berubah-ubah tergantung dari sumbernya. Dari kenyataan ini, timbul kenginan untuk membuat suatu alat yang dapat mendeteksi getaran/gerakan ini. Namun biasanya, getaran ini sangat kecil amplitudonya sehingga tidak terdeteksi oleh manusia. Oleh karena itu, harus digunakan alat yang memiliki sensitivitas tinggi. Terinsipirasi dari percobaan interferometer yang memiliki sensitivitas tinggi, dibuatlah suatu sensor getaran yang memanfaatkan sifat interferensi gelombang elektromagnetik (cahaya) yang digunakan dalam percobaan tersebut. Komponen penting penyusun sensor tersebut adalah sumber laser, photransistor dan catu daya. KOMPONEN ELEKTRONIK DALAM RANGKAIAN » Phototransistor Phototransistor biasa disebut juga photoduodiode yang merupakan komponen semikonduktor yang sensitif terhadap cahaya dari p-n photodiode. Biasanya phototransistor dirangkai dalam konfigurasi common-emitter dengan basis tidak disambungkan dan radiasi cahaya dikonsentrasikan pada daerah sekitar collectorjunction. Cara kerja komponen ini dapat dimengerti dengan collector-junction di reverse-bias. Phototransistor cukup peka terhadap perubahan intensitas cahaya yang masuk ke dalamnya. Dengan adanya perubahan intensitas cahaya yang masuk ke phototransistor, maka akan terjadi perubahan resistansi. » Catu Daya

http://102fm-itb.org/2008/05/04/sensor-getar-berbasis-interferensi-cahaya/

12/01/2012

Sensor Getar Sederhana | 102 FM ITB

Page 2 of 20

Catu daya adalah suatu rangkaian sumber tegangan yang digunakan untuk menghasilkan tegangan DC dari masukan berupa tegangan AC. Rangkaian catu daya tersusuna atas transformator, dioda bridge penyearah, kapasitor, dan dioda Zener.

Pada transformator, tegangan AC masukan dapat diturunkan atau dinaikkan dengan cara mengatur jumlah lilitan kumparan, sesuai dengan persamaan

Hasil tegangan yang telah diubah oleh transfomator kemudian masuk dalam rangkaian dioda bridge penyearah:

Saat tegangan di A lebih besar daripada tegangan di C, maka arus akan mengalir dari A ke C. Arus tidak dapat mengalir lewat dioda AD, sehingga akan mengalir melalui dioda AB menuju titik B dan akhirnya menuju hambatan. Arus dari hambatan akan kembali ke titik D. Di sini arus tidak akan melalui dioda AD sebab tegangan A lebih tinggi daripada C, sehingga arus akan mengalir pada dioda CD. Demikian pula sebaliknya, jika tegangan C lebih besar daripada A, maka arus akan mengalir melalui dioda BC menuju titik B dan akan kembali pada titik D. Melalui dioda AD, arus akan ke titik A. Dari sini tampak bahwa arus keluaran akan selalu dari titik B dan menuju titik D, sehingga rangkaian ini merupakan rangkaian penyearah gelombang penuh. Kapasitor C dirangkai secara pararel dengan hambatan. Fungsi kapasitor dalam rangkaian ini adalah sebagai perata arus, sehingga arus keluaran cukup konstan, tidak berupa pulsa-pulsa arus. Dioda Zener digunakan dalam rangkaian dengan fungsi untuk menjaga tegangan keluaran agar selalu konstan untuk nilai arus berapapun. Hal ini diperlukan agar hasil keluaran tetap sehingga tidak merusak alat.

http://102fm-itb.org/2008/05/04/sensor-getar-berbasis-interferensi-cahaya/

12/01/2012

frekuensi sudut.Sensor Getar Sederhana | 102 FM ITB Page 3 of 20 TINJAUAN TEORETIK Solusi persamaan gelombang secara umum dapat dinyatakan dengan dan Bila dua buah gelombang bertemu.org/2008/05/04/sensor-getar-berbasis-interferensi-cahaya/ 12/01/2012 . hanya arah rambatnya saja yang berbeda. amplitudo. Untuk setiap titik pada lintasan cahaya akan terjadi interferensi gelombang antara gelombang datang dan gelombang pantul. sehingga sinar pantul memiliki persamaan gelombang http://102fm-itb. dan bilangan gelombang kedua gelombang sama. maka dapat tercipta suatu gelombang berdiri. yaitu gelombang dengan simpul dan perut gelombang pada titik-titik tertentu yang bergantung pada jaraknya saja. Sinar datang memiliki solusi persamaan gelombang Pada saat pemantulan. Dalam sensor getaran ini. digunakan perpaduan gelombang dengan cara pemantulan. maka akan terjadi interferensi antara dua buah gelombang tersebut sehingga dapat dianggap sebagai sebuah gelombang baru dengan persamaan Bila arah rambat kedua gelombang tersebut saling berlawanan dan frekuensi dari gelombangnya sama. terjadi pembalikan fasa gelombang. Dengan demikian.

namun ke depannya sensor ini dapat dikembangkan agar dapat mengambil data dan menghitung frekuensi getaran. tetapi ini masih belum dicoba lebih lanjut. photodiode. sedangkan untuk akuisi data mungkin bisa menggunakan Matlab atau program simulasi lainnya.org/2008/05/04/sensor-getar-berbasis-interferensi-cahaya/ 12/01/2012 . Awal percobaan hanya ditargetkan agar sensor dapat mendeteksi getaran dengan hasil keluaran berupa suara.Sensor Getar Sederhana | 102 FM ITB Page 4 of 20 Dengan penjumlahan 2 gelombang: sehingga dengan L adalah jarak sumber dengan ujung pantulan dan x jarak titik dari ujung pantulan. Pada sensor getaran yang akan dibuat. x adalah jarak sensor dengan cermin dan L adalah jarak laser dengan cermin. HASIL PERCOBAAN http://102fm-itb. Data yang diperoleh merupakan suara dari (speaker). dan juga cermin. BAHAN DAN METODE Bahan dan alat utama yang digunakan dalam pembuatan sensor getaran ini adalah laser.

prinsip interferensi cahaya diterapkan ketika cahaya ditangkap oleh phototransistor. Pada percobaan awal.org/2008/05/04/sensor-getar-berbasis-interferensi-cahaya/ 12/01/2012 . dan pola gelap terang akan tergeser sehingga phototransistor dapat menangkap perubahan tersebut. Rangkaian awal dari percobaan ini adalah seperti gambar berikut. sehingga pada phototransistor akan muncul pola gelap terang. Bila ada getaran yang terjadi. dan sebagian sinar diteruskan. Akan tetapi. maka jarak cermin terhadap phototransistor akan berubah. ANALISIS Pada sensor getaran yang telah dibuat. transformator yang digunakan memberikan sinyal tegangan yang memiliki frekuensi 50 Hz sehingga memberikan derau (noise) pada alat ini dan muncul pada speaker. dan hasil pantulannya akan ditangkap kembali oleh phototransistor.Sensor Getar Sederhana | 102 FM ITB Page 5 of 20 Salah satu hasil percobaan pengujian sensor yang telah dibuat dapat dilihat pada gambar berikut. Sinar yang diteruskan tersebut dipantulkan oleh cermin (yang akan bergetar oleh suatu faktor eksternal). sumber tegangan untuk laser tidak menggunakan baterai tetapi digunakan catu daya. Ini berarti intensitas yang diterima oleh phototransistor jadi berubah dan demikian pula tegangan pada speaker. http://102fm-itb. Sinar laser ditembakkan sedemikian rupa sehingga sebagian sinar mengenai phototransistor. Keluaran dari speaker dicitrakan dengan menggunakan perangkat lunak cool edit pro. sehingga akan terdeteksi getaran yang keluarannya berupa bunyi.

Hal ini diakibatkan oleh kerasnya suara speaker bergantung pada laju perubahan tegangan terhadap waktu.Sensor Getar Sederhana | 102 FM ITB Page 6 of 20 Oleh karena adanya noise ini. BAHAN BACAAN http://102fm-itb. Oleh karena sensitivitas yang tinggi ini. maka akan semakin keras suaranya.org/2008/05/04/sensor-getar-berbasis-interferensi-cahaya/ 12/01/2012 . Jadi. Perubahan dalam arah tegak lurus sinar datang tidak akan mempengaruhi jarak antara cermin dengan laser dan phototransistor. diputuskan agar sensor tidak menggunakan sumber tegangan AC karena dapat menimbulkan noise berfrekuensi 50 hertz. semakin cepat laju perubahan ini (laju cermin). ■ Sensor dapat mendeteksi getaran pada arah yang sejajar dengan sinar laser. Kerasnya suara pada speaker dipengaruhi oleh kecepatan dari gerakan cermin sehingga pola gelap terang juga berubah dengan cepat. Sensor getaran yang dibuat hanya akan mendeteksi getaran cermin dalam arah satu dimensi saja yaitu arah yang sejajar dengan sinar datang dan sinar pantul laser. ■ Sensor ini harus menggunakan laser yang memiliki koherensi tinggi karena dibutuhkan pola gelap terang (bukan pola terang yang memiliki intensitas berbeda-beda). yaitu dengan menggunakan sumber tegangan AC menjadi DC secara langsung sehingga noise bisa teratasi. maka rancangannya diubah. RINGKASAN ■ Sensor getaran yang telah dibuat ternyata memiliki sensitivitas tinggi karena dapat mendeteksi gerakan/getaran yang sangat kecil. Dengan kata lain itu tidak mengubah pola gelap terang yang terjadi.

Horowitz. Gunawan.J. The Art of Electronics: 2nd edition (London: Cambridge University Press). Canada). Measurement. This entry was posted in Elektronika Instrumentasi by Yulius S. (Mc Graw Hill. 1980. 2000. 4th edition (New York: John Wiley & Sons). ■ Millman dan Halkias. India). ■ M.Sensor Getar Sederhana | 102 FM ITB Page 7 of 20 ■ P. 40 THOUGHTS ON “SENSOR GETAR SEDERHANA” Rudy on May 5. 2008 at 11:22 am said: http://102fm-itb. Instrumentation and Experiment Design in Physics and Engineering (Prentice Hall. bnyk aplikasinya cuy :d Fisikawan Muda on May 6. Mansingh. Pain. 2008 at 9:37 pm said: Ternyata belajar ttg interferensi buat nyiapin UTS 2 fisika dasar II gk sia2. Tokyo). Sayer dan A. ■ K. aplikasi fisika dari konsep-konsep yang sederhana memang sering tersembunyi. Modern Physics: 2nd edition(New York: John Wiley and Sons. ■ H. Krane. 1964. Bookmark the permalink [http://102fm-itb. 1995. itulah sebabnya kita harus terus mencarinya. Semangat! Prazz on May 7. The Physics of Vibrations and Waves. 2008 at 1:05 pm said: #Tuk mas Rudy.org/2008/05/04/sensor-getar-berbasisinterferensi-cahaya/] . Integrated Electronics.org/2008/05/04/sensor-getar-berbasis-interferensi-cahaya/ 12/01/2012 . 1996.

org/2008/05/04/sensor-getar-berbasis-interferensi-cahaya/ 12/01/2012 . 2008 at 7:27 am said: http://102fm-itb. tetap semangat! Iyoeng on May 25. paling bagus harganya 11 ribuan rupiah phototransistor itu di sini berkelakuan sebagai sensor. 2008 at 11:49 am said: spesifikasi IC 7805 dapat ditemukan di http://alldatasheet.com phototransistor kalo Anda di daerah Bandung dapat ditemukan di Jaya Plaza. 2008 at 10:26 pm said: Wow… keren… mantap! Dudung SV on May 30.Sensor Getar Sederhana | 102 FM ITB Page 8 of 20 Ehm maaf d’dlm rangkaian ad IC 7805 yup? bener? minta link spesifikasi nya? emg k’lo Phototransistor bisa dapet di mana ya? n brp duit? selain pake Phototransistor ama laser bs gak? (pake alat yg laen gito?) mohon d’blz thanks Fisikawan Muda on May 7. jadi gak bisa diganti pake laser… toh lasernya di sini kan sudah dipakai sebagai sumber cahaya untuk interferensi semoga membantu.

Cermin bisa dianggap bergerak uniform utk sekian ratus panjang gelombang. 2008 at 12:50 pm said: #Pak SV. Sepertinya penggunaan alat ini pun tidak terkait sampai sana (sensor posisi). karena perubahan posisi akan mengubah pola interferensi. Zainul on June 2. iya gak? Misalnya cerminnya cuma bergerak uniform (kecepatan konstan). Misalnya cerminnya berosilasi pada orde mm. pola yg muncul (perubahan intensitas yg terukur) cuma gelombang sinusoidal biasa. ketika ada sumber yang menyebabkan sensor bergetar (anggaplah sensor dalam sebuah kotak). http://102fm-itb. Deskripsi riil dari cara kerja alat ini adalah. artinya sekitar 2000 kali panjang gelombang laser. Mohon pencerahannya. Makin cepat cerminnya makin kecil periode sinusoidalnya. maka sensor akan mengeluarkan bunyi yang kerasnya tergantung dari amplitudo sumber getaran (seperti keluaran speaker pada gambar). jadi getaran yg terdeteksi kirakira pada orde yg sama. Terima kasih atas tanggapannya. 2008 at 10:35 pm said: Panjang gelombang lasernya kira-kira 600 nm. Sayangnya kami tidak memiliki data itu. Tidak jelas hubungan kecepatan dengan amplitudo.org/2008/05/04/sensor-getar-berbasis-interferensi-cahaya/ 12/01/2012 . Fisikawan Muda on May 30. Sampai sekarang kami belum menyelidiki apakah bisa diubah menjadi sensor posisi. Bisa dijelasin itu gambar osilasi apa? Amplitudonya menyatakan kerasnya suara speaker? Interesting.Sensor Getar Sederhana | 102 FM ITB Page 9 of 20 Bisa ditampilkan pola intensitas interferensinya? Mungkin menarik pula digunakan sebagai sensor posisi untuk perubahan posisi yang kecil (dalam orde panjang gelombang laser yang digunakan).

Sensor Getar Sederhana | 102 FM ITB Page 10 of 20 Wikipedia on June 2. jadi gampang cari artikel yang sesuai dengan pernyataan itu. Woi engkong.org/2008/05/04/sensor-getar-berbasis-interferensi-cahaya/ 12/01/2012 . iseng banget sih! . Wikipedia on June 3. 2008 at 3:22 am said: #Fisikawan Muda. Tapi ini kan artikel populer jadi yah tidak perlu terlalu seperti artikel ilmiah sih… http://102fm-itb. kami rada bingung soalnya kan kalo baca artikel ilmiah (atau Wikipedia :p ) habis ada pernyataan biasanya kan ada citation-nya. 2008 at 11:42 pm said: #Wikipedia. 2008 at 11:03 pm said: [citation needed] :p Fisikawan Muda on June 2. Rada bercanda sih komentar itu.d/ Biarin dong ga pake citation jg. Waktu ngebaca artikelnya bareng Kak Zainul. ntar… kita pikir dulu (adminnya mau nanya ke yg bikin alatnya) :p Semoga jawabnya bisa segera kita publikasikan. supaya pembaca cari sendiri di “Bahan Bacaan” :d #K’Zainul.

org/2008/05/04/sensor-getar-berbasis-interferensi-cahaya/ 12/01/2012 . semakin cepat sumber bergetar atau amplitudo getaran sumber makin besar. atau bisa juga karena waktu respon phototransistor yg jauh lebih lambat. Zainul on June 3. maka posisi pola interferensi akan berubah. Kuadrat dari persamaan yg terakhir berbanding lurus dengan intensitas. gitu dulu ya… Tentang gambar. misalnya). agak lupa nih :p maklum-lah. Diperoleh sinusoidal biasa. Asumsi periode gelombang laser jauh lebih kecil dari periode getaran. atau mula2 berada pada perut. maka pola interferensi akan berubah-ubah dengan cepat. Misalnya cermin berosilasi harmonik x = B sin(w t) diperoleh y2 = http://102fm-itb. Nanti kalau kita sudah ingat akan segera dipublikasikan. dengan frekuensi berbanding lurus dengan kecepatan. sehingga bunyi yang keluar dari speaker itu lebih keras. atau di manapun deh (yang penting phototransistor mendeteksi perubahan pola interferensi). Misalnya. pengerjaannya sudah tepat 2 tahun yang lalu. Jadi gini Kang. sebenarnya yang dideteksi sama speaker itu adalah perubahan pola interferensi cahaya dalam sensor ketika terjadi getaran dari sumber (anggaplah ada gempa bumi. maka faktor cos(something)^2 bisa diganti dengan rata2nya yaitu 1/2.Sensor Getar Sederhana | 102 FM ITB Page 11 of 20 Widianta Gomulya on June 3. maka photransistor tidak akan (sebutlah) menghasilkan sinyal “1″ (aktivasi) jika terus berada pada keadaan tersebut. Tapi ketika ada getaran. Dengan demikian. posisi phototransistor mula2 berada pada simpul. Misalnya cermin bergerak dengan kecepatan konstan x = v t. 2008 at 3:15 pm said: #K’Zainul. Saya belajar banyak hal. Nah. misalnya yang tadinya phototransistor mendeteksi simpul akan menjadi perut. 2008 at 9:23 pm said: Artikel yg menarik. Persamaan menjadi y2= 2A2 sin2(2 Pi x/lambda). atau sebaliknya.

Bisakah dipikirkan cara membuat getarannya “under control”? Zainul on June 3. 2008 at 10:11 pm said: #Widianta Oh.. x=0. Diplot di Maple misalnya plot(sin(3*Pi*sin (0. Widianta Gomulya on June 4.2*x))^2. artinya nol. 2008 at 10:36 pm said: Plot turunan pertama terhadap waktu d[y2]/dt di Maple diperoleh hasil yg lebih mirip lagi dengan gambar diatas. Kalau ada cahaya maka arus mengalir: terjadi penguatan.org/2008/05/04/sensor-getar-berbasis-interferensi-cahaya/ 12/01/2012 . . Zainul on June 3.Sensor Getar Sederhana | 102 FM ITB Page 12 of 20 2A2 sin2[2 Pi B sin(w t)/lambda]. Kalau tidak ada cahaya tidak ada penguatan arus.10*Pi). tentang masalah phototransistor. bacanya itu biasa saja. Saya baru tahu cara kerja phototransistor. belum saya coba plot tuh…ntar dicoba deh… Maaf ternyata salah. yang artinya sinyal satu. 2008 at 3:00 pm said: Em. Yang membaca adanya “perubahan” sinyal atau tidak itu speakernya… Maaf sekali lagi… (kemaren terlalu pede :p ) :):) http://102fm-itb. Just curious. gitu ya. ada sedikit kemiripan dengan gambar di atas. Jadi laju perubahan intensitas yg terbaca sebagai amplitudo.

keren… walau aku belum begitu paham. akan aku coba memahaminya…. jangan lupa peraturan copyleft ::: bebas ngopi asal sebutkan tempat nongkrong kopinya :d Husnin Mubarak on June 8.Sensor Getar Sederhana | 102 FM ITB Page 13 of 20 Arif Verero on June 5. Terimakasih http://102fm-itb. Tengkyu… Fisikawan Muda on June 5. Kedepannya sensor seperti ini efektifnya dapat digunakan di mana? Mungkin akan lebih menarik disampaikan sekilas di bagian pendahuluannya.org/2008/05/04/sensor-getar-berbasis-interferensi-cahaya/ 12/01/2012 . 2008 at 8:20 pm said: Wah. Kebetulan aku dapat tugas Elektronika Instrumentasi. sangat berguna sekali dalam pengembangan sains ke depannya. boleh ya aku copy. Silakan. Tulisan yang cukup bagus. 2008 at 10:02 pm said: #Arif. 2008 at 7:55 am said: Salam Sains Indonesia. suruh buat paper.

Sampai sekarang belum ada yg melanjutkan. makasih http://102fm-itb. 2008 at 11:38 am said: Wah keren nih… alat yang bagus boleh ya aku buat alat nih buat nambah pengetahuan. tapi saya mencari tentang sensitivitas. pake laser apa bingung nih! kirim ke email ku ya. hmm… kami pun inginnya begitu… Sayangnya para punggawa proyek ini sudah akan lulus semuanya. 2008 at 1:04 pm said: Informasinya bagus. Nanti saya buka lagi… OK!!! Fisikawan Muda on June 25. Tolong dilengkapi lagi yaa. Doakan saja agar ada yg mau melanjutkan di antara anggota kami.org/2008/05/04/sensor-getar-berbasis-interferensi-cahaya/ 12/01/2012 . ini komponen sudah ada semua tinggal lasernya aja. 2008 at 2:55 pm said: #Arisandi. Atau Anda mungkin berminat? Iskhak on July 10.Sensor Getar Sederhana | 102 FM ITB Page 14 of 20 Arisandi on June 25.

bisa didapat di toko apa kalo boleh tau di daerah Solo di mana ya? terus penguat sinyalnya pake apa? Seri photo transistor apa? Sanda on July 14. Iskhak on July 11. Ide bagus. Rangkaian itu sepertinya langsung bisa bunyi.org/2008/05/04/sensor-getar-berbasis-interferensi-cahaya/ 12/01/2012 . 2008 at 9:55 am said: Laser pointer tu pa toh mas apa yang buat mainan anak-anak toh. pake laser pointer biasa aja.Sensor Getar Sederhana | 102 FM ITB Page 15 of 20 Fisikawan Muda on July 10. kalau pasangnya terbalik tetap jalan. 2008 at 8:05 pm said: Kereeeeennnnnnnnn… Eko W. 2008 at 12:12 pm said: #Iskhak. 2008 at 10:53 am said: Hebat… pakai dioda bridge buat sumber DC. mungkin perlu dipasang kit http://102fm-itb. on July 16. #Iskhak.

2008 at 10:14 am said: Mas Widi dkk mau nanya dunk… tapi bahasanya bingung ni… hehe Seandainya kita mau membuat alat pengontrol elektronik jaraHP. ya ga tau lah :d Mega on July 28. 2008 at 3:14 am said: #Eko. (betul gak. sebaiknya dicoba satu persatu. trus kira klo alat ini memakai sistem reLay bisa g? klo bisa tolong jelasin yang sejelasjelasnya y … mksh Depita N Risa on July 29. si Widi tuh dah lupa lho tentang phototransistor dan beberapa hal cara kerja sensor ini. (di Jaya Plaza Bandung ada 2 macam yg saya tahu) Fisikawan Muda on July 17. 2008 at 11:34 am said: http://102fm-itb. kita ini bukan Wong Solo. Widi?) Phototransistor itu tidak ada nomornya. Ada-ada aja. atau dicolok ke line in komputer.Sensor Getar Sederhana | 102 FM ITB Page 16 of 20 audio amplifier 5 watt biasa.org/2008/05/04/sensor-getar-berbasis-interferensi-cahaya/ 12/01/2012 . Trims dah bantu. jenisnya sedikit kok. #Iskhak. Jadi alat itu bekerja bila ada panggilan masuk (no hpnya cuma kita yg tahu) dan dengan sensor getar hp bisa mematikan alat elektronik yang masih nyala.

http://102fm-itb. supaya jadinya saklar toggle: sekali bunyi mati. ada sesuatu yang terjadi dengan rangkaian tersebut? Kalo ada aku boleh minta sofware atau programnya ga buat di download free? Eko Widiatmoko on August 13. taruh HP di atas microphone. 1 resistor). Jika ada suara yg masuk ke microphone (bisa getaran HP atau bunyinya saja) transistor akan mengaktifkan relay sehingga alat listrik yg terhubung akan mati/hidup. 2008 at 1:44 pm said: Saya sangat suka yang disajikan. sambung ke peak level detector (terbuat dari 1 dioda. membuat sistem kontrol dengan getaran HP. perkuat sinyal suara yg dihasilkan. 2008 at 9:58 am said: Boleh dong saya iseng jawab… kan nama belakang saya WIDIatmoko. Oga on August 5. Pakai relay pulsa. kalo boleh saya minta ide-ide aplikasi fisika yang sederhana tapi bermanfaat terutama bagi guru fisika. Ada software atau program yang bisa digunakan untuk membuat rangkaian elektronik tapi dengan animasi ketika rangkaian yang dibuat salah.org/2008/05/04/sensor-getar-berbasis-interferensi-cahaya/ 12/01/2012 . lalu relay.Sensor Getar Sederhana | 102 FM ITB Page 17 of 20 Kami suka web ini coz nyangkut bgt ma pljrn d skul aquw n gratis or blh didownload ma siapa aja Dedi Rubadi on July 31. bunyi lagi nyala. lalu transistor. Ide bagus. 1 kapasitor. 2008 at 12:40 pm said: Mas widi dkk… Aku mau tanya.

Bisa gag ya digabungin?Kalo bro2 punya ide bwt ta yg ada kaitanya dgn JST SENSOR http://102fm-itb. 2008 at 8:55 am said: keren makasih ya aq leh minta ya bwt referensi aq… makasih ya Rao on November 24.Saat ini sih aku sedang oprek2 JST. 2008 at 8:39 am said: Asyik belajar buat elektronika brur… unik lah thanks… Yulius on December 3.org/2008/05/04/sensor-getar-berbasis-interferensi-cahaya/ 12/01/2012 .Sensor Getar Sederhana | 102 FM ITB Page 18 of 20 Ajie on November 14. 2008 at 11:30 pm said: #oga hmmm udah lama sih ga maen2 ma rangkain eletronik. Cuma berbagi aja. CMIIW:) Sugi on December 31. klo ga salah nih softwarenya Proteus. 2008 at 5:31 pm said: Bos kalo aku jadikan untuk tugas akhirku/skripsi bagaimana?Boleh gag? Kebetulan aku mahasiswa fisika peminatan instrumentasi kan ada sensor2nya githu.

Pak Siburian on January 23. 2009 at 9:23 am said: ^:)^ ampun deh rumusnya gak ngerti wa susah banget ^_^ ) =)) Zam http://102fm-itb. Bagi yg berbaik hati menyumbang saran aku ucapkan terima kasih sebelumnya. Azni Azril on October 28. 2009 at 10:17 am said: SaLam pak fisikawan muda. 2009 at 11:08 am said: ehm kalo yang dipake sensor ultrasonik n dengan bahan yang berbeda rumus yang dipake apa yach… misalnya sensor dengan gelombang bunyi diarahkan pada bahan yang kasar atau keras maka hasilnya gmn…??? Ammar on December 16. Skarang lg cari judul TA ma teman2. bisa bantu ga kira2 hal2 yg sedang ngetren untuk dijadikan TA itu seperti apa? Trims.org/2008/05/04/sensor-getar-berbasis-interferensi-cahaya/ 12/01/2012 .Sensor Getar Sederhana | 102 FM ITB Page 19 of 20 dan FISIKA serta gampang dibuatnya boleh kirim ke kucingkentung@yahoo.Com. saya angkatan 2005 fisika usu.

org/2008/05/04/sensor-getar-berbasis-interferensi-cahaya/ 12/01/2012 .Sensor Getar Sederhana | 102 FM ITB Page 20 of 20 on January 11. 2010 at 11:04 am said: Thankz All… jadi tambah wawasan >- http://102fm-itb.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful