E. BAB 1

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1

LATAR BELAKANG MASALAH Saat ini kebutuhan energi listrik semakin meningkat sejalan dengan berkembangnya teknologi dan kebutuhan masyarakat. Perkembangan yang pesat ini harus diikuti dengan ketersediaan dan kesinambungan penyediaan energi listrik. Oleh karena itu diperlukan energi listrik yang memiliki kualitas dan keandalan yang tinggi. Salah satu penyebab rendahnya tingkat kontinuitas penyaluran energi listrik adalah adanya gangguan berupa putusnya sambungan listrik yang terjadi di daerah penyaluran (transmisi dan distribusi), karena hampir sebagian besar sistem tenaga listrik terdiri dari penyaluran. Untuk mengatasi putusnya sambungan aliran listrik, diperlukan Live Line Connector (LLC) yaitu penyambung kabel listrik dalam keadaan bertegangan tinggi. LLC digunakan pada saat maintenance atau pada saat terjadi kerusakan pada gardu listrik, sehingga laju aliran distribusi energi listrik tidak terganggu. Sedemikian pentingnya peran LLC ini dalam penyaluran aliran listrik, maka sangat penting untuk diteliti mengenai proses pembuatan LLC. Dalam laporan ini akan dibahas proses pembuatan Live Line Connector (LLC), pembahasan hanya dipandang dari proses produksinya saja.

I-1

Bab I Pendahuluan I-2 1. kerja bangku. mesin potong. 1. Berikut dibawah ini merupakan ruang lingkup kajian atau sebagai batasan masalah yang akan dibahas. yaitu : 1.3 RUANG LINGKUP KAJIAN KERJA PRAKTEK Pada penulisan Laporan Kerja Praktek ini diberikan batasan-batasan masalah agar dapat berfokus pada materi yang akan dibahas oleh penulis. mesin drill. mesin bubut.4 METODA PENGUMPULAN DATA Metode yang penulis gunakan dalam penulisan Kerja Praktek ini adalah metode Deskriptif Analitis. 2.2 MAKSUD DAN TUJUAN KERJA PRAKTEK Maksud dari Kerja Praktek ini adalah untuk mengumpulkan data dan informasi dari hasil pengujian dan study literature sebagai bahan untuk penyelesaian laporan kerja praktek. Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan Kerja Praktek ini adalah Untuk mengetahui dan memahami proses pembuatan Live Line Connector (LLC). Penelitian yang dilakukan dilapangan hanya pada proses pembuatan dari Live Line Connector (LLC). sehingga dapat mempermudah dalam penyusunan laporan ini. Fakultas Teknologi Industri. Proses pengerjaan dilakukan dengan proses pengecoran. Institut Teknologi Nasional Bandung. dan mesin blasting 1. guna memenuhi syarat kurikulum pada Jurusan Teknik Mesin. Deskriptif analitis artinya mendeskripsikan data yang Laporan Kerja Praktek .

5 SISTEMATIS PENULISAN Laporan kerja praktek ini disusun berdasarkan sistematis penulisan sebagai berikut : BAB I : Bab ini berisi mengenai pendahuluan yang menjelaskan latar belakang. Wawancara Penulis melakukan tanya jawab dengan para teknisi yang menangani langsung di PT. 2. Adapun cara – cara yang digunakan penulis untuk mendapatkan data adalah sebagai berikut : 1. Observasi Lapangan Penulis mengumpulkan data dengan cara meninjau langsung terhadap objek yang dibahas. Laporan Kerja Praktek . sistematika penulisan laporan beserta metoda pengumpulan datanya. BAB II : Pada bab ini berisi tentang tinjauan kepustakaan yang mendukung topik kerja praktek tentang proses pembuatan Live Line Connector (LLC). PLN (Persero) J & P Unit Produksi Bandung. tujuan dari pelaksanaan Kerja Praktek.Bab I Pendahuluan I-3 diperoleh baik dari buku referensi maupun data lapangan yang kemudian dianalisis. 3. Studi Pustaka Penulis memanfaatkan buku-buku dan data-data sebagai referensi yang ada di tempat kerja praktek maupun di lingkungan Institut. 1.

BAB IV BAB V : : Analisa Kesimpulan Laporan Kerja Praktek .Bab I Pendahuluan I-4 BAB III : Bab ini berisi penjelasan langkah-langkah yang dilakukan untuk proses pembuatan Live Line Connector (LLC).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful