Universitas Majalengka GAMBAR LAPANGAN LEMPAR LEMBING

Tugas Atetik Semester Satu

LEMPAR LEMBING Jenis Olahraga ini sangat berbahaya sehingga penuh perhatian untuk keamanannya. Termasuk di lingkungan sekolah, seperti tertera pada English School Athletic Association’sHandbook Peraturan keamanan harus diperhatikan. Lembing yang digunakan terbuat dari logam untuk Putra beratnya 800 gram dengan panjang 2,70 m, sedangkan Putri beratnya 600 gram dengan panjang 2,30 m. Teknik dalam lempar lembing. yang pertama, yaitu: Cara Memegang Lembing dipegang pada bagian pegangannya yang diikat dengan tali sepanjang 20cm, dengan jari kelingking terdekat pada ujung lembing, sedangkan ibu jari dan telunjuk atau telunjuk dan jari tengah memegang erat ikatan tali pegangan yang berbentuk tonjolan. Pegangan itu harus kuat dan jari-jari lainya menahan lembing di atas telapak tangan. Telapak tangan harus tetap menghadap ke atas selama gerakan melempar. Lemparan dari sikap berdiri Perhatikan siku harus sedekat mungkin pada lembing selama lembing belum dilemparkan. Lembing dipegang dengan dengan lurus di belakang kepala. Tangan harus lebih tinggi dari pundak. Lembing dalam keadaan sejajar dengan lengan. Jarak kedua kaki kira-kira dua feet (60 cm) dengan ujung kaki kalau bisa menghadap ke arah lemparan. Punggung sedikit ke belakang. Gerakan lemparan dimulai dengan putaran ke depan dari panggul sebelah kanan (untuk lemparan menggunakan tangan kanan). gerakan berlanjut pada pundak mengikuti ke depan. Begitu pundak bergerak, maka lengan harus melempar secepat mungkin dengan sikunya tetap tinggi dan sedekat mungkin dengan lembing. Lemparan dengan lari tiga atau lima langkah Cara lari dimulai dengan kedua kaki rapat, menghadap ke arah lemparan, sedang lembing dipegang dengan tangan kanan dan lengan lurus ke belakang. Lari dimulai dengan kaki kiri Dengan kaki mendarat pada tumit ujung telapak kaki. Yang perlu diperhatikan gerakan terakhir pada langkah kaki kanan saat akan melempar. Kaki kanan bergerak ke depan, lutut diangkat lebih tinggi dan badan agak condong ke belakang. Kaki mendarat tidak pada ujungnya. Jauh dekatnya lemparan tergantung pada kecepatan lengan waktu melepas lembing.

Burhan Oktavian Halaman 1

0904.105.04

Aturan keselamatan sebelum melakukan aktivitas gerak lempar cakram. 2. Setiap anak yang akan melakukan lempar cakram harus masuk ke dalam tempat untuk melempar dan tidak boleh ada dua orang yang bersamaan. 4. d. Burhan Oktavian Halaman 2 0904. 3. Kondisi lapangan tidak dalam keadaan becek atau basah. Para pelempar sudah memperoleh pengetahuan yang memadai cara atau teknik melempar yang benar. b. Pada saat cakram terlepas dari pegangan tidak ada satupun anak yang berlari ke arah dimana cakram itu akan jatuh. c.04 .Universitas Majalengka GAMBAR LAPANGAN LEMPAR CAKRAM Tugas Atetik Semester Satu PERATURAN KESELAMATAN DALAM MELAKUKAN LEMPAR CAKRAM Melakukan aktivitas gerak atletik khusus untuk lempar cakram membutuhkan beberapa aturan keselamatan. aturan keselamatan ini penting diketahui dan diperaktikkan sehingga antar siswa dapat memperaktikkan dengan baik. Melakukan pemanasan yang cukup khususnya untuk lengan dan pergelangan tangan. 1. 2. anak-anak yang lain harus berada di belakang si pelempar dengan jarak yang cukup aman. a. Aturan keselamatan pada saat melakukan aktivitas gerak lempar cakram. benar dan aman. Adapun beberapa aturan tersebut adalah 1. Setiap anak mengikuti semua instruksi dari guru. Ketika ada satu anak yang melempar cakram. Cakram kondisi baik dan siap digunakan.105.

4. tebal 9.21-1. Cocok untuk orang yang tangannya pendek dan jari-jarinya kecil.Universitas Majalengka GAMBAR LAPANGAN TOLAK PELURU Tugas Atetik Semester Satu Lapangan Tolak Peluru Konstruksi : 1. sehingga lebih kokoh. baja ata bahan lain yang cocok yang dilengkungkan.23 m di dalam. aspal atau bahan lain yang padat tetapi tidak licin. ibu jari di samping. Lebar balok 11. panjangnya 1. Permukaan dalam lingkaran tolak harus datar anatara 20 mm sampai 6 mm lebih rendah dari bibir atas lingkaran besi. 3. Teknik Meletakkan Peluru Pada Bahu Peluru dipegang dengan salah satu cara diatas. bagian atasnya harus rata dengan permukaan tanah luarnya. Seperti cara diatas. Siku yang memegang peluru agak dibuka ke samping dan tangan satunya rileks di samping kiri badan. Lingkaran tolak peluru harus dibuat dari besi. Balok penahan dibuat dari kayu atau bahan lain yang sesuai dalam sebuah busur/lengkungan sehingga tepi dalam berhimpit dengan tepi dalam lingkaran tolak. TOLAK PELURU A. Burhan Oktavian Halaman 3 0904. diantaranya : Teknik Memegang Peluru Ada 3 teknik memegang peluru : Jari-jari direnggangkan sementara jari kelingking agak ditekuk dan berada disamping peluru. Bagian dalam lingkaran tolak dibuat dari emen . jari kelingking berada di samping belakang peluru. Diameter bagian dalam lingkaran tolak adalah 2. 2. letakkan peluru pada bahu dan menempel pada leher bagian samping. Untuk orang yang berjari kuat dan panjang. Garis lebar 5 cm harus dibuat di atas lingkaran besi menjulur sepanjang 0.105.75 m pada kanan kiri lingkaran garis ini dibuat dari cat atau kayu.04 . hanya saja sikap jari-jari lebih direnggangkan lagi. sedangkan letak jari kelingking berada di belakang peluru. Teknik Dasar Tolak Peluru Terdapat beberapa teknik dasar dalam tolak peluru.8-10.2-30 cm. sedang ibu jari dalam sikap sewajarnya. Jari-jari agaka rapat.2 cm.135 m. Tebal besi lingkaran tolak minimum 6 mm dan harus di cat putih. Biasa dipakai oleh para juara. 5.

Sewaktu kaki kaki kanan mendarat.Kapur / Tali Rafia . Untuk senior putri = 4 kg c.Peserta gagal melempar sudah 3 kali lemparan C.Keluar lingkaran tidak dengan berjalan tenang . kaki kiri diletakkan di samping kiri selebar badan segaris dengan arah lemparan. Lengan kiri masih pada sikap semula.Bendera Kecil .Menyentuh tanah di luar lingkaran . Cara menolakkan peluru Dari sikap penolakan peluru.Sikap akhir setelah menolak peluru Sesudah menolak peluru. Peralatan Alat yang di gunakan : . membuat gerak lompatan untuk menukar kaki kanan ke depan. Sudut lemparan kurang dari 40o.Keluar lewat depan garis lingkar . B.105. Bersamaan dengan mendaratnya kaki kanan.Keluar masuk lingkaran dari muka garis tengah .Menginjak garis lingkar lapangan . Bahu kanan lebih rendah dari bahu kiri.Peluru di taruh di belakang kepala . tanpa berhenti harus segera diikuti dengan gerakan menolak peluru. Untuk yunior putra = 5 kg d. Jalannya dorongan atau tolakan peda peluru harus lurus satu garis.257 kg b.Dipangil selama 3 menit belum menolak . Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Teknik Tolak Peluru Cara memegang Awalan Gerakan Tolakan Sikap badan saat menolak Ketentuan diskualifikasi/kegagalan peserta tolak peluru : . badan dalam keadaan makin condong ke samping kanan. Bersamaan dengan ayunan kaki kiri.Universitas Majalengka Teknik Menolak Peluru Tugas Atetik Semester Satu Pengenalan peluru Peluru dipegang dengan satu tangan dipindahkan ke tangan yang lain Peluru dipegang dengan tangan kanan dan diletakkan di bahu dengan cara yang benar Peluru dipegang dengan dua tangan dengan sikap berdiri akak membungkuk.Rol Meter .Obrient : gaya membelakangi arah tolakan .Peluru jatuh di luar sektor lingkaran .04 .Ortodox : gaya menyamping Burhan Oktavian Halaman 4 0904.Peluru a. kaki kiri di tarik ke belakang demikian pula dengan lengan kiri untuk memelihara keseimbangan.Menyentuh balok batas sebelah atas . kaki kanan menolak ke arah lemparan dan mendarat di tengah lingkaran. kemudian kedua tangan yang memegang peluru diayunkan ke arah belakang dan peluru digelindingkan ke depan Sikap awal akan menolak peluru Mengatur posisi kaki. kaki kanan ditempatkan di muka batas belakang lingkaran. Untuk senior putra = 7. Untuk yunior putri = 3 kg .

Yang Pertama. Yang Kedua. Untuk melakukan gerak ini terdapat beberapa teknik. Burhan Oktavian Halaman 5 0904. Yang perlu diperhatikan saat mendarat adalah kedua kaki mendarat secara bersamaan diikuti dengan dorongan pinggul ke depan sehingga badan tidak cenderung jatuh ke belakang yang berakibat merugikan si pelompat itu sendiri. Gaya lompatan dalam Lompat Jauh yang sering diperagakan seperti gaya jongkok. Gaya jalan di udara. Berat badan sedikit di depan titik tumpu. Mendarat Gerakan-gerakan waktu pendaratan harus dua kaki. 7 langkah. Tumpuan harus kuat. Menumpu Merupakan suatu gerakan yang penting untuk menentukan hasil lompatan yang sempurrna. 9 langkah dan seterusnya sambil memperhatikan kaki saat menumpu.Universitas Majalengka GAMBAR LAPANGAN LONCAT JAUH Tugas Atetik Semester Satu LOMPAT JAUH Ancang-ancang Tujuan ancang-ancang adalah untuk mendapatkan kecepatan yang setinggi-tingginya agar dorongan massa ke depan lebih besar. Melayang dengan sikap jongkok dengan cara waktu menumpu kaki ayun mengangkat lutut setinggitingginya dan disusul oleh kaki tumpu dan kemudian sebelum mendarat kedua kaki di bawa ke arah depan.105. Sebagai pelatihan pemberian jarak ancang-ancang yang pendek dengan dimulai dari 5 langkah. Gaya Menggantung. Badan sewaktu menumpu jangan terlalu condong seperti halnya melakukan lari/ ancangancang. dan untuk meningkatkan kemampuan kecepatan ancang-ancang diperlukan program latihan yang baik. dengan tempo yang cepat. cepat dan aktif keseimbangan badan dijaga agar tidak oleng/ goyang. Melayang dengan sikap bergantung cara melakukanya yaitu waktu menumpu kaki ayun dibiarkan tergantung lurus. badan tegak kemudian disusul oleh kaki tumpu dengan sikap lutut ditekuk sambil pinggul didorong ke depan yang kemudian ke-dua lengan direntangkan ke atas.04 . gerakan kaki menelapak dari tumit ke ujung kaki. Keseimbangan badan perlu diperhatikan agar tetap tepelihara hingga mendarat. Melayang Gerakan melayang pada saat setelah meninggalkan balok tumpuan dan diupayakan keseimbangan tetap terjaga dengan bantuan ayunan kedua tangan sehingga bergerak di udara. Gerakan ayunan lengan sangat membantu menambah ketinggian dan juga menjaga keseimbangan badan. dan juga ketepatan menumpu. Jarak ancang-ancang tergantung kematangan dan kemampuan berekselerasi atas kecepatanya.

. 5000m... Usia 35 tahun Jarak perlombaan lari lintas alam yang sesuai dengan IAAF adalah: jarak 12 km peserta putra dewasa jarak 6 km peserta putra dewasa jarak 8 km peserta putra yunior jarak 4 km peserta putra yunior.. sebagai contoh modifikasi kelompok usia dengan patokan tanggal... Penilaian dilakukan dengan cara mengambil waktu bagi peserta perorangan.... Jika jalur tersebut lingkaran hendaknya satu putaran tidak kurang dari 2200 meter.. secara fisik dan mental merupakan keharusan bagi pelari jarak jauh... lapangan rumput yang luas dengan sebagian tanah yang baru dibajak hindari banyaknya jalur yang memotong... Jalur lomba dapat diterima dan dipertanggungjawabkan... 4.... wasit dan juri pos(juri titik) sepanjang jalur lomba untuk memberikan arah lari bagi peserta.. Bila merancang jalur hindari rintangan yang membahayakan seperti parit yang dalam.. maka waktu yang terendah Burhan Oktavian Halaman 6 0904..... semak belukar yang tebal.... di bawah 20 tahun Kelompok Junior II ... Pada jalur di alam terbuka di ladang yang luas. umpamanya perlombaan dilaksanakan pada 31 Desember maka: Kelompok Junior I ... diupayakan dikirikanan jalur dibuatkan pembatas dengan tali atau benda lain. rute lomba harus dirinci dalam buku acara serta menunjukkan sekretaris.. 10. terjal. Peserta tidak diperbolehkan mendapat bantuan penyegar sepanjang lomba. 5... untuk peserta beregu dengan menjumlahkan nilai-nilai masing-masing anggota regu... Peraturan lari Lintasan Alam/Cross-Country Jalur lomba diupayakan: 1. pos penyegar serta pos guyur disiapkan di garis star dan finis.. curam. sedangkan marathon dan juga cross-country.. Usia 40 tahun Kelompok Veteran Putri .000m. Ayunan lengan dan gerakan kaki dilakuakan seringan-ringannya. Makin jauh jarak lari yang ditempuh makin rendah lutut diangkat dan langkah juga makin kecil.. Jalur pelombaan harus diukur dan diumumkan pada semua peserta dan adanya penjelasan tentang kondisi alam sekitar yang dilalui... untuk kelompok junior putra dan putri harus di bawah 20 tahun.04 .. 15 – 18 tahun Kelompok Pemula .. harus dilakukan diluar stadion kecuali star dan finis. 13 – 14 tahun Kelompok Veteran Putra .. 3... Star dan jarak-jarak yang relatif pendek jalur yang menyempit harus dihindari agar tidak terjadi hal-hal yang berbahaya... 2.. seperti jembatan titian yang menghambat layu pelari.. 17 – 18 tahun Kelompok Junior III . ke atas. Jalur perlombaan harus diberi rambu-rambu sebagai penunjuk jalur..105. 6..Universitas Majalengka Tugas Atetik Semester Satu Lari Jarak Jauh Lari jarak jauh dilakukan dalam lintasan stadion jarak 3000m..... IAAF menetapkan perlombaan dibagi dalam kelompok umur. Bunyi atau suara pistol sebagai tanda star mulai diberangkatkannya peserta lomba.... panitia..

Para pelari harus menerima dan memberikan dengan berselang-seling. pelari keempat 10 km. pos guyur tersedia di tempat star dan finis dengan jarak interval 3 km. 42.105. pelari kelima 5 km.195. perpindahan tongkat diluar zona tersebut regu dinyatakan gagal atau diskualifikasi. Teknik perpindahan tongkat cara nonvisual adalah: • • • Pemberi melakukan gerakan ayunan dari arah bawah ke atas Yang menerima menjulurkan tangannya ke bawah belakang badan dengan sikap ibu jari dan jari lainya membentuk huruf V terbalik dengan Ibu jari yang berada pada bagian luar dari badan. pelari ketiga menerima dengan tangan kanan. Misalnya pelari pertama memegang tongkat dengan tangan kanan. terutama pada 4 x 400m. 30 km. jika lomba lebih dari 10 km pos-pos disediakan setelah 5 km pertama. maka ditentukan oleh pelari terakhir dari regu yang nilainya sama dengan pelari yang lebih awal masuk/ pemenang pertama.pelari kedua jarak tempuh 10 km. Maka diperhitungkan di dalam pengukuran sebesar 0. Peraturan Lari di Jalan Raya • • • • • Jarak yang sudah baku untuk lari di jalan raya putra/putri: 15 km. melihat kepada pemberi tongkat. sedangkan keempat jari lainya di bagian dalam. Burhan Oktavian Halaman 7 0904. Dalam pelombaan lari sambung pelari berlari dengan kecepatan penuh dengan memindahkan tongkat ke pelari berikutnya. Cara Pengoperan tongkat dilakukan dengan dua cara yaitu: • • Tanpa melihat (nonvisual): cara ini penerima tongkat estafet tanpa menoleh kepada si pemberi tongkat. pelari keenam jaak tempuh 7. untuk pelari pertama jarak yang ditempuh 5 km. Pengukuran rute agar memakai metode sepeda yang berkaliberasi untuk menghindari jalur yang kependekan pada waktu pengukuran. Lari Sambung Lari sambung atau lari estafet adalah salah satu lomba lari pada perlombaan atletik yang dilaksanakan secara begantian. pelari terakhir menerima dengan tangan kiri. Peserta dalam keadaan sehat dan layak mengikuti perlombaan oleh tim dokter.Universitas Majalengka Tugas Atetik Semester Satu itulah tim yang menang. Jika terdapat nilai yang sama. pelari ketiga jarak tempuh 5 km. 20 km. Satu regu pelari sambung terdiri dari 4 orang pelari. pelari kedua harus menerima dengan tangan kiri. 21. Setiap pelari dalam satu regu/tim jarak dapat diatur dengan.100 km (setengah jarak marathon)25 km. Perpindahan tongkat harus berada di dalam daerah yang disebut zona panjang 20 m.1% artinya jika pengukur 1 km maka akan dapat diperoleh 1001 meter. Pos minum. Cara ini digunakan untuk lari sambung 4 x 100m Dengan melihat (visual): Cara ini si penerima tongkat estafet menoleh ke belakang.04 .195 km. Keamanan peserta lomba terjamin selama pelaksanaan perlombaan berlangsung. estafet jalan raya. Cara ini digunakan pada lari sambung jaraknya lebih dari 100m. pos penyegar.

4 x 400m dilarikan dalam lintasan masing-masing kecuali: untuk lari 4 x 200m pelari ketiga hanya di tikungan petama saja selebihnya sesudah menggunakan lintasan dalam  demikian juga 4 x 400m hanya pelari pertama saja yang lari dijalurnya setelah melewati tanda tikungan petama yang berbendera  pegantian tongkat harus dilakukan pada zone yang telah ditentukan dengan batas-batas garis yang jelas. sehingga tidak perlu mengganti gerakan-gerakan lain cukup dengan satu teknik. Seorang pelari Steeple – Chase harus memiliki kecepatan juga harus memiliki keterampilan khusus dalam melewati rintanganrintangan tersebut.105. peserta boleh memasang perekat yang berukuran 5 x 40 cm dengan warna yang menyolok dengan tidak membingungkan pelari. Pelari yang tidak melewati gawang atau bak menyebrangi atau melawati dan mendaratnya di luar bak air dinyatakan diskualifikasi. Burhan Oktavian Halaman 8 0904. Maka setelah kaki menumpu di atas gawang.Universitas Majalengka • Tugas Atetik Semester Satu Perpindahan tongkat yang terbaik bila pemindahan tongkat berlangsung dalam keadaan pelari sudah mencapai kecepatan tertinggi. • Tongkat estafet. Nomor 4 x 100m. Jarak 2000 m dilombakan hanya untuk atlit yunior Untuk lari 3000 m Steeple Chase harus melewati 28 kali gawang dan 7 kali bak air. Dia boleh meninggalkan lintasanya untuk mengambil tongkat dengan tidak mengganggu pelari lain. Peratuan Lari Halang Rintang / Steeple – Chase • • • • Jarak resmi untuk nomor perlombaan ini sejauh 2000 meter dan 3000 meter di dalam Stadion Atletik. untuk yunior 8 kali melewati gawang dan 5 kali melewati air. (1) rintangan gawang dan (2) rintangan air dengan gawang di depanya. Peratuan Lari Bersambung/ Estafet • • • Semua jalur dibatasi garis-garis tiang tebalnya 5 cm sebagai tanda/ batas pelari. Lari Steeple – Chase Lari Steeple – Chase adalah lari jarak jauh dengan melalui rintangan-rintangan. dari 5 gawang yang terbesar dengan jarak yang sama satu sama lain di antaranya 1 pada bak air. Nomor 4 x 200m. Tongkat harus diberikan dari tangan ke tangan dalam zona penggantian tongkat yang dimaksud dengan zona penggantian tongkat adalah pada saat posisi tongkat bukan ditentukan oleh posisi badan.rintangan itu dengan cara menginjakkan kaki di atas gawang. tetapi upayakan agar kaki yang lain secepat mungkin mendarat di tanah untuk seterusnya melangkah dan berlari kembali.  • Cek mark atau tanda. tongkat harus dibawa selama perlombaan berlangsung. 4 x 200m selain pelari pertama dibolehkan memulai larinya di luar zona tidak lebih dari 10m. Untuk lari 3000 m Steeple Chase dari garis star ke gawang pertama setelah melewati satu putaran baru gawang-gawang dipasang oleh petugas lapangan.04 . Rintangan yang dilalui ada 2 macam. tidak perlu menolak dengan melakukan lompatan. Untuk dapat melampaui rintangan. Ini terjadi kira-kira 15 – 18m setelah garis permulaan dalam daerah pergantian. jika jatuh harus diambil oleh yang menjatuhkan.

paha terbuka ke samping. Bungkukkan badan ke depan mendapat paha dari kaki yang diayunkan ke depan.45 m di depan gawang. kaki diayunkan ke depan seenaknya. Yang perlu diperhatikan pada lari jarak menengah: • Badan harus selalu rilaks atau santai. Angkat lutut cukup tinggi (tidak setinggi lari jarak pendek). 200m. ialah menapakkan pada ujung kaki tumit dan menolak dengan ujung kaki. terutama lari gawang 100 meter wanita dan 110 meter pria. harus dilakukan dengan cepat dan secara berurutan. dan rata-rata di atas gawang.terletak pada cara kaki menapak. Gerak lari jarak menengah (800 m1500 m) dan sedikit berbeda dengan gerakan lari jarak pendek . • Panjang langkah tetap dan lebar tekanan pada ayunan paha ke depan. kaki lurus mendarat ± 1. lancar dan rilaks. Lari jarak menengah. lengan di depan didorong ke depan setinggi mata lainya dan dipergunakan untuk menjaga keseimbangan.04 . baik itu 100m. Star harus dilakukan dengan kecepatan tinggi dan tidak mengurangi kecepatan saat mengambil gawang pertama.Universitas Majalengka Tugas Atetik Semester Satu Lari Gawang Gerakan lari gawang. 400m putri atau 400m untuk putra.95 – 2. Star dan mengambil gawang pertama merupakan hal yang menentukan bagi seorang pelari gawang. panjang langkah tidak terlalu dipaksakan kecuali menjelang masuk garis finis. dengan badan condong ke depan.15 m di depan gawang. Usahakan waktu melampaui gawang titik ketinggian berada tepat di atas gawang. diusahakan tidak melayang terlalu lama sehingga kecepatan dapat dipertahankan. Hal yang perlu diperhatikan pada waktu melewati gawang : Bertolak dari jarak 1. telapak kaki diputar kearah luar. pusatkan Posisi Pandangan ke depan bagian atas gawang. panjang langkah harus sesuai dengan panjang tungkai. • Lengan diayun dan tidak terlalu tinggi seperti pada lari jarak pendek • Badan condong ke depan kia-kira 15º dari garis vertical. Penguasaan terhadap kecepatan lari (pace) dan kondisi fisik serta daya tahan tubuh yang baik. Ayunan kaki ke depan dengan lutut yang tidak kaku.105. Lengan diayunkan sewajarnya.05 – 1. Sehingga pada waktu di atas gawang kecondongan badan dipertahankan. Usahakan waktu diatas gawang dalam keseimbangan yang sebaik-baiknya. kelancaran mengambil gawang pertama ini sangat berpengaruh pada pengambilan gawang berikutnya. Star dikakukan dengan cara berdiri. 110m. tidak di depan atau dibelakang gawang. Burhan Oktavian Halaman 9 0904. Di atas gawang kaki belakang ditarik ke depan dengan gerakan yang beruntun. posisi kaki terlipat. Pada waktu pengambilan gawang atau melampaui gawang. Dalam lari jarak menengah gerakan lari harus dilakukan dengan sewajarnya. kaki menapak ball hell-ball.

yang membedakan hanyalah pada penghematan penggunaan tenaga. kaki belakng 85 cm. kaki yang kuat diletakan di depan. kaki belakang 90 cm. jarak kaki dari garis star kira-kira: kaki muka 35 cm. tergantung dari panjang tungkai Burhan Oktavian Halaman 10 0904. jarak kaki dari garis star kira-kira kaki depan 37 cm. Gerakan lari jarak pendek dibagi menjadi tiga tahap ialah: star. ialah : • • • star berdiri (standing start) star jongkok (crouching start) start melayang (flying start) dilakukan hanya untuk pelari ke II. Hal-hal yang penting dalam sikap start: Letak tangan lebih lebar sedikit dari bahu. lengan lurus. kaki belakang 70 cm. Makin jauh jarak yang harus ditempuh makin banyak tenaga yang harus dibutuhkan. III dan IV dalam lari estapet 4 x 100 m.105. atau sampai jarak yang telah ditentukan. secara teknis sama. 400 m. gerakan finis. Jarak letak kaki terhadap garis star tergantung dari bentuk sikap yang dipegunakan: Bunch start Letak kaki belakang terpisah kira-kira 25 – 30 cm. Teknik Start Sikap start pada aba-aba bersedia Perhatikan!!! Pada aba-aba bersedia pelari maju menuju garis start untuk menempatkan kaki tumpu pada balok start.04 . Lari jarak pendek terdiri dari lari 100 m. Medium elongated strat Pada waktu sikap berlutut. letak lutut kaki belakang di samping tengah-tengah lengkung telapak tangan kaki depan. gerakan lari cepat (sprint). Medium start Pada waktu sikap berlutut. Start Dalam perlombaan lari.Universitas Majalengka Tugas Atetik Semester Satu LARI JARAK PENDEK Lari jarak pendek adalah berlari dengan kecepatan penuh sepanjang jarak yang harus ditempuh. ujung kaki belakang ditempatkan segaris dengan tumit kaki muka bila dalam sikap berdiri. karena perbedaan jarak yang harus ditempuh. 200 m. Jarak kaki dari garis star kira-kira: kaki depan 45 cm. Kepala sedemikian rupa sehingga leher tidak tegang. letakkan tangan tepat di belakang garis start. ada tiga cara star. • • • Tubuh rileks/ tidak kaku Pikiran dipusatkan pada aba-aba berikutnya. mata memandang ke lintasan kira-kira 2m atau pandangan di antara kedua lengan menghadap garis star. jari-jari dan ibu jari membentuk huruf V terbalik. letak lutut kaki belakang di samping ujung kaki depan. tergantung dari panjang tungkai. tergantung dari panjang tungkai. bahu condong ke depan/sedikit di depan tangan.

pandangan ke arah garis star di antara bawah tangan. Kepala rendah. dan jangan perlambat langkah sebelum melewati garis finis. Gerakan pada saat aba-aba Ya atau Bunyi Pistol Ayunkan lengan kiri ke depan dan lengan kanan ke belakang kuat-kuat (gerakan lengan harus harmonis dengan gerak kaki). Hal itu dilakukan untuk mencegah kemungkinan terjadinya cidera otot. yang paling penting konsentrasi penuh pada bunyi pistol/ bunyi sempritan atau bunyi lainya yang disepakati bersama. hindarkan gerakan ke samping. Berat badan lebih kedepan. Gerakan pada aba-aba Siap Angkat pinggul kearah atas hingga sidikit lebih tinggi dari bahu. jangan menengok lawan. jangan melompat.Universitas Majalengka Elongated start Tugas Atetik Semester Satu Pada waktu sikap lutut. leher tetap rileks (santai aja!). atau dalam bahasa jawa disebut ambyuk. maka yang perlu diperhatikan adalah kecepatan langkah. Jarak 20 meter terakhir sebelum garis finis meupakan perjungan untuk mencapai kemenangan dalam perlombaan lari. tergantung dari panjang tungkai masing-masing pelari. dari sikap jongkok berubah kesikap lari. Gerakan finis Ada beberapa cara yang dapat dilakukan pada waktu pelari mencapai finis. Burhan Oktavian Halaman 11 0904. Lari terus tanpa perubahan apapun. kaki belakang 100 cm. serendah mungkin mencapai tanah pada langkah pertama. Kaki kiri menolak kuat-kuat sampai terkadang lurus. jarak kaki dai agis star kira-kira: kaki depan 32 cm. merangsang persendian dan meregang otot-otot ditambah dengan gerakan lari cepat. menahan nafas berarti menegakkan badan. Dada diputar dengan ayunan tangan ke depan atas sehingga bahu sebelah maju ke depan. letak lutut kaki belakang di samping bagian belakang dari tumit kaki depan. Dada dicondongkan ke depan. yang lazim disebut The String. Lengan tetap lurus/ siku jangan bengkok. Pada waktu mengangkat pinggul disertai dengan mengambil nafas dalam-dalam. maka kaki tersebut harus lurus/ lutut tidak bengkok dan tumpuan kaki dalam keadaan posisi tegak lurus.04 . jaga keseimbngan sampai abaaba berikutnya bunyi pistol. Setiap kali melangkah kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah. berat badan harus naik sedikit demi sedikit tidak langsung tegak.105. Langkah lari makin lama makin menjadi lebar. tangan kedua-duanya diayunkan ke bawah belakang. Suatu hal yang perlu mendapat perhatian sebelum melakukan star ialah pemanasan dengan sebaik-baiknya. Jalan Cepat Jalan cepat adalah gerak maju dengan melangkah tanpa adanya hubungan terputus dengan tanah. Bernafas seperti biasa. Berat badan harus meluncur lurus kedepan. enam sampai sembilan langkah pertama merupak langkah peralihan. kaki kanan melangkah secepat mungkin. Saat melangkah satu kaki harus berada di tanah. jadi garis punggung menurun kedepan.

tidak diperbolehakan adanya dua juri/ wasit berasal dari satu kewrganegaaan yang sama.Setiap kali melangkah. setiap peserta harus bersedia diminta mengikuti tes jasmaniah (physical examination) oleh dokter yang ditunjuk oleh panitia. 10 km. peserta dan penonton bahwa pesarta tersebut didiskualifikasi Dalam perlombaan internasioanal dengan jarak lebih dari 20 km harus disediakan pos-pos penyegar(sponging point) oleh panitia maupun peserta sendiri.04 . 15 km. maka kaki itu haus diluruskan (tidak bengkok pada lutut) dan kaki menumpu dalam posisi tegak lurus atau vetikal. dan diwasi langsung oleh IAAF atau diadakan atas izinya. sirkuit untuk nomor 20 km jalan cepat harus maximum 3000 m dengan minimum 1500 m. maka dilakukan sesudah perlombaan berakhir. berpendapat bahwa bila cara berjalan seorang peserta tidak memenuhi persyaratan jalan cepat sesuai definisi diatas pada saat tertentu selama perlombaan. Disarankan untuk menggunkan bendera putih diancungkan sebagai tanda Peringatan dan juga untuk memberitahukan kepada petugas(Juri). setiap jarak sesudah 5 km.atau b. Para juri atau wasit yang ditunjuk harus memilih salah seorang Ketua Wasit. memotong dan menghalangi atlet peserta lain dan berakibat menghambat gerak laju peserta Jika keadaan tidak memungkinkan untuk memberitahukan diskulifiksi pada peserta. Untuk olimpiade atau Kejuaraan Daerah atau Regional. pada lomba jalan cepat di lintasan (dalam stadion) seorang peserta yang didiskualifikasi harus secepatnya meninggalkan lintasan. yang diberitahukan kepadanya secara langsung oleh wasit. Penilaian diskualifikasi. tiga orang juri atau wasit selain ketua wasit. tidak ke luar atau ke dalam. namun gerakan tersebut hendaknya tidak mengganggu lajunya gerak jalan tersebut. pada saat menumpu tumit harus mendarat lebih dahulu terus bergerak ke arah depan secara teatur. dua orang wasit atau juri. Setiap peserta harus mengirimkan formulir pendaftaranya untuk nomor lomba jalan cepat 50 km atau 30 mil(atau lebih) disertai surat keterangan dari dokter. yang bersangkutan dinyatakan dis-kualifikasi. peserta yang didiskualifikasi harus segera melepaskan nomor dada yang dipakainya. Dan bila menurut pendapat : a. yang dilakuakan sedemikian rupa hingga terputus hubungan dengan tanah. Ketentuan diskulifikasi yaitu peserta lomba yang mendorong. Peraturan Perlombaan Jalan Cepat Berjalan adalah: bergerak maju dengan melangkah.105. Dalam periode satu langkah di mana satu kaki harus berada ditanah.Universitas Majalengka TEKNIK Tugas Atetik Semester Satu Perhatikan Togok Saat bergerak maju badannya cenderung lebih condong kedepan atau kebelakang oleh karenanya untuk mempertahankan badan tetap tegak dan pundak jangan terangkat pada waktu lengan mengayun yang berakibat anggota badan bagian atas terasa cepat lelah. Peserta didiskualifikasi bila mengambil/menerima penyegar diluar pos-pos yang telah ditentukan. Dan semua juri atau wasit harus mampu bertindak sebagai individu. di mana salah seorang harus ketua wasit. sedang pada lomba jalan cepat di jalan umum. Lengan dan Bahu Gerakan lengan mengayun dari muka ke belakang dan sikut ditekuk tidak kurang dari90º kondisi ini dipertahankan dengan tidak mengganggu keseimbangan serta mengayun rileks. Kaki waktu melangkah Kaki melangkah lurus ke depan satu garis dengan garis khayal dari badan si pejalan/ garis khayal di antara kedua ujung kaki (jari-jari) segaris. Kepala Saat gerakan maju seorang pejalan cepat sebagian besar menggelengkan kepalanya ke kiri dan ke kanan. kaki depan harus menyetuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah. Burhan Oktavian Halaman 12 0904.