Jakarta, Januari 2012 Kepada Yth.

Peserta Asesmen Open Bidding Jabatan Es IV Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Di tempat Dengan Hormat, Selamat! Anda telah lolos seleksi administrasi dan selanjutnya wajib untuk mengikuti seleksi selanjutnya (asesmen) yang akan diselenggarakan oleh PT Daya Dimensi Indonesia, konsultan sumber daya manusia terpadu yang merupakan perwakilan resmi dari Development Dimensions International (DDI) yang berpusat di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat. Adapun jadwal asesmen Anda adalah sebagai berikut: Hari/Tanggal Waktu Tempat : : 08.00 16.00 WIB : PT Daya Dimensi Indonesia Kantor Taman E3.3 Unit B3 3A Kawasan Mega Kuningan Jakarta 12950

Aktivitas-aktivitas yang terjadi selama asesmen berlangsung dirancang untuk memberikan informasi yang obyektif dari kemampuan seseorang dibandingkan dengan kriteria/kompetensi yang dibutuhkan untuk sukses di pekerjaan. Hasil asesmen ini akan berupa profil area yang merupakan kelebihan/kekuatan Anda dan area yang perlu dikembangkan sehubungan dengan kompetensi yang dibutuhkan untuk sukses di pekerjaan. Secara keseluruhan ada beberapa aktivitas yang akan dilakukan selama satu hari asesmen. Aktivitas-aktivitas tersebut adalah: 1. Analysis Exercise Dalam aktivitas ini, anda akan diminta untuk mengindentifikasi permasalahan yang terjadi di tempat kerja dan memberikan rekomendasi penyelesaian masalah. 2. In Basket Dalam aktivitas ini, Anda sebagai pemimpin perusahaan akan menerima sejumlah memo, surat yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari di perusahaan yang perlu ditindaklanjuti 3. Group Discussion Dalam aktivitas ini, anda akan terlibat dalam diskusi yang membahas suatu masalah tertentu dan diminta untuk membuat sejumlah usulan/rekomendasi dari permasalahan yang dihadapi, serta kemudian menetapkan usulan mana yang paling sesuai untuk diterapkan berdasarkan kesepakatan bersama.

4. Interview Dalam aktivitas ini, Anda akan diwawancara dengan teknik interview berbasis perilaku. Anda diminta menceritakan pengalaman-pengalaman spesifik di pekerjaan terkait dengan kompetensi yang akan dituju 5. GPP & COG Dalam aktivitas ini, Anda akan diminta untuk mengisi serangkaian pertanyaan yang akan diberikan dalam bentuk computerized tests Jika ada hal-hal yang tidak jelas sehubungan dengan program asesmen ini silakan Anda menghubungi kami di nomor: 576-4455, pada jam kerja (08.30 17.30). Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih. Hormat kami,

Marika Indrainy
Assessment Center Manager

PERSIAPAN PESERTA ASESMEN

Sebelum Asesmen:
y Pada saat Anda menerima surat konfirmasi ini, bacalah dengan seksama semua berkas yang diberikan dan pastikan bahwa Anda bebas dari tugas-tugas pekerjaan selama program asesmen. Beritahukan pada staf Anda bahwa Anda akan tidak berada di kantor dan tidak dapat dihubungi selama satu setengah hari asesmen tersebut.

y

Selama Asesmen:
y y Menggunakan pakaian kerja seperti biasa Demi kebaikan Anda, selama program asesmen anda diminta untuk tidak menyalakan handphone. Anda diminta untuk tidak dihubungi siapapun selama program berlangsung (kecuali di jam istirahat siang) Sehubungan dengan lama berlangsungnya asesmen di ruangan ber AC, maka disarankan untuk membawa jas/jaket. Ikuti instruksi yang diberikan serta biarkan program berjalan sesuai dengan keadaan sebenarnya. Bertindaklah secara intuitif, berusahalah menjadi diri sendiri, sewajarnya dan tidak perlu gugup atau berpura-pura pada setiap simulasi yang dilakukan.

y y y

TANYA JAWAB UMUM
Berikut ini adalah sejumlah informasi tambahan tentang program asesmen dalam bentuk tanya jawab. 1. Siapa yang ikut serta dalam program ini? Beberapa peserta yang telah ditentukan oleh Manajemen Perusahaan anda. 2. Apakah Assessment Center itu? Assessment Center adalah suatu program simulasi situasi dimana perilaku Anda akan dievaluasi berdasarkan kompetensi yang dibutuhkan untuk sukses dalam posisi sebagai Pimpinan di Perusahaan. Beberapa hal yang penting dalam proses asesmen ini adalah: y Evaluasi mengenai kinerja Anda dalam asesmen diperoleh melalui berbagai metode (termasuk didalamnya beberapa kegiatan simulasi) untuk mengukur seluruh kompetensi yang diperlukan. y Semua peserta akan mengalami situasi simulasi yang sama dalam kondisi yang terkontrol y Proses asesmen memberikan kesempatan yang sama pada semua peserta y Beberapa orang asesor yang terlatih akan mengobservasi serta mengevaluasi perilaku Anda selama asesmen berlangsung. y Data yang dihasilkan akan diintegrasikan dalam suatu diskusi dimana keempat asesor tersebut akan membandingkan secara sistematis hasil observasi yang mereka lakukan, kemudian menghubungkannya dengan setiap kompetensi yang ada dan menyepakati kinerja Anda selama asesmen tersebut. 3. Bagaimana Assessment Center dirancang? Assessment Center dirancang berdasarkan 10 (sepuluh) kriteria atau kompetensi yang diidentifikasi penting bagi kesuksesan seorang pimpinan perusahaan. Kesepuluh kompetensi tersebut adalah: 1. Analytical & Conceptual Thinking Memahami masalah dengan menguraikannya secara logis dan mengidentifikasi pola hubungan untuk membuat konsep baru. 2. Diagnostic Information Gathering Mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan untuk memperjelas situasi, menggali informasi dari sumber-sumber yang tepat, dan menggunakan metode yang akurat untuk memperoleh informasi (termasuk pada saat pihak lain tidak mau memberikannya). 3. Planning & Organizing Merencanakan dan mengorganisasikan pekerjaan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki sesuai kebutuhan organisasi. 4. Quality Focus Mendorong dan mengembangkan standar kualitas yang tinggi dalam pekerjaan dan pembakuannya dalam organisasi. 5. Stakeholder Orientation Memahami kebutuhan dan memberikan pelayanan yang berorientasi jangka panjang kepada pemangku kepentingan.

6. Personal Development Mengembangkan pengetahuan dan keahlian diri serta memberikan inspirasi pada orang lain untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian secara berkelanjutan. 7. Building Partnership Membangun, mempertahankan dan memperkuat kemitraan secara luas, di dalam dan di luar organisasi. 8. Gaining Commitment Menggunakan cara yang tepat untuk memperoleh komitmen dari pihak lain 9. Interpersonal Communication Berkomunikasi secara jelas dan efektif dengan individu di dalam dan di luar organisasi. 10. Written Communication Memiliki keterampilan untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam format tertulis. 4. Apa yang akan saya lakukan selama asesmen? Anda akan terlibat dalam beberapa kegiatan yang berbeda, yaitu Analysis excercise, Group discussion, In Basket Exercise, Interview, Tes kognitif dan kepribadian. Aktivitasaktivitas tersebut cukup menantang dan memberikan kesempatan pada Anda untuk menampilkan kemampuan Anda. 5. Bagaimana cara penilaiannya? Asesor yang terlatih akan memeriksa dan menilai pendekatan yang Anda gunakan untuk setiap tugas yang merupakan bagian dari peran Anda sebagai pimpinan di perusahaan. 6. Siapakah yang menjadi asesor? Para asesor adalah konsultan-konsultan dari DDI yang telah terlatih dan memiliki sertifikasi sebagai asesor dari Development Dimensions International.

7.

Berapa lama masa berlakunya laporan tersebut? Laporan ini akan berlaku hingga maksimal 18 bulan hingga 2 tahun, karena dalam kurun waktu tersebut, biasanya yang bersangkutan telah diberikan program-program pengembangan sehingga ada kemungkinan kompetensi yang akan dikembangkan sudah berada di tingkat yang efektif.

8. Bagaimana penggunaan hasil asesmen ini? Hasil asesmen ini bukan merupakan satu-satunya penentu keputusan untuk melakukan promosi, seleksi ataupun rotasi. Hasil asesmen harus digunakan sebagai salah satu pelengkap pengambilan keputusan, selain penilaian kinerja yang sudah ada, seperti: prestasi kerja di masa lalu, kualifikasi umum yang disyaratkan untuk posisi tertentu, penilaian dari atasannya dan proses pengembangan yang telah dijalankan. Hasil asesmen biasanya digunakan sebagai salah satu informasi yang cukup valid dalam menentukan kompetensi yang akan dikembangkan

9. Bagaimana kualifikasi konsultan yang merancang program asesmen ini? Development Dimensions International (DDI) adalah konsultan sumber daya manusia terpadu yang telah berpengalaman selama lebih dari 30 tahun dalam mendisain proses asesmen dan dikenal sebagai yang terbaik dalam teknologi asesmen. Klien-klien kami antara lain: Djarum, Holcim, Aetra Indonesia, Petrokimia Gresik, Kapal Api, Nutrifood, Sari Husada, Kompas Gramedia Group, Toyota Astra Motor, TMMIN, Nissan Motor Indonesia, Mercedes Benz Indonesia, Yamaha Indonesia, Sigma Cipta Caraka, Pertamina, PGN, Medco, ConocoPhillips, Cnooc, PT Badak NGL, Telkomsel, Indosat, PT Telkom Indonesia, Bakrie Telecom, Axis, Icon+, Pasifik Satelit Nusantara, Nokia Siemens Network, Bank Indonesia, Bank Mandiri, BNI, ANZ, Commonwealth, Bank Central Asia, Manulife, Bursa Efek Indonesia, KPEI, KSEI, Tugu Pratama Indonesia, Kementrian BUMN, KPK, Kapal Api Global, Mopoli Raya, Bumitama Gunajaya Agro, Bluebird Group, Garuda Maintenance Facilities, Jakarta International Container Terminal, RS. Telogorejo, Pfizer, Combiphar, Soho, dll.

Kantor Taman Blok E3.3, Unit B3 ± 3A Kawasan Mega Kuningan Jakarta 12950 Tel. 576 4455, Fax. 576 4466 = Arah jalan menuju lokasi

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful