TATA TERTIB SIDANG PERTANGGUNGJAWABAN DAN SERAH TERIMA JABATAN KETUA SENAT MAHASISWA DAN KETUA BADAN EKSEKUTIF

MAHASISWA FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA 2012

2.

Sidang Pertanggungjawaban dan Serah Terima Jabatan Ketua SEMA dan Ketua BEM FTP 2012 dapat dilaksanakan dan dinyatakan sah apabila dihadiri oleh minimal 2/3 dari jumlah undangan. Apabila dalam 1×15 menit syarat hadir tidak terpenuhi maka sah

dilaksanakan apabila dihadiri oleh minimal ½ dari jumlah undangan.

BAB III BAB I NAMA Pasal 4 Pasal 1 Sidang Pertanggungjawaban dan Serah Terima Jabatan Ketua Senat Mahasiswa (SEMA) dan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada tahun 2012 disebut dengan Sidang Pertanggungjawaban dan Serah Terima Jabatan Ketua SEMA dan Ketua BEM FTP tahun 2012. Sidang Pertanggungjawaban dan Serah Terima Jabatan Ketua SEMA dan Ketua BEM FTP tahun 2012 diikuti oleh perwakilan dekanat, anggota SEMA 2011, ketua BEM 2011, calon anggota SEMA 2012, calon ketua BEM 2012, ketuaketua lembaga mahasiswa dan atau perwakilan lembaga mahasiswa. Pasal 5 Hak Peserta BAB II TUJUAN PELAKSANAAN 2. Pasal 2 Tujuan 1. Mendengarkan, mengevaluasi, dan memberikan Pasal 6 Kewajiban Peserta 1. 2. 3. 4. Mengisi daftar hadir. Mengikuti jalannya sidang dari awal sampai akhir. Mematuhi tata tertib yang telah disahkan. Mematuhi dan melaksanakan ketetapan/keputusan 3. 1. Memberikan tanggapan terhadap pertanggungjawaban Ketua SEMA dan ketua BEM periode 2011. Memberikan pendapat atau usulan sesuai dengan tata tertib yang berlaku. Peserta sidang mempunyai hak suara yang sama. PESERTA

tanggapan terhadap pertanggungjawaban Ketua SEMA dan ketua BEM periode 2011. 2. Mensosialisasikan Ketua SEMA dan Ketua BEM terpilih periode 2012. 3. Melaksanakan Serah Terima Jabatan antara Ketua SEMA dan Ketua BEM 2011 kepada Ketua SEMA dan Ketua BEM terpilih periode 2012. 5. Pasal 3 Pelaksanaan 1. Sidang Pertanggungjawaban dan Serah Terima Jabatan Ketua SEMA dan Ketua BEM FTP 2012 dilaksanakan pada hari Kamis 19 Januari 2012 di Operation Room dan Jumat 20 Januari 2012 di Ruang 513. Apabila Sidang Pertanggungjawaban dan Serah Terima Jabatan Ketua SEMA dan Ketua BEM FTP 2012 belum selesai akan dilanjutkan pada hari yang telah disepakati bersama. 3. 2. 1.

sidang yang telah disahkan. Dilarang meninggalkan ruangan sidang tanpa seijin pimpinan majelis sidang.

Pasal 7 Prosedur Penyampaian Pendapat Peserta mengangkat tangan sebelum menyampaikan pendapatnya. Peserta menyampaikan pendapatnya setelah pimpinan sidang mengizinkan. Peserta sidang dalam menyampaikan pendapatnya menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

5. Kartu suara adalah kartu untuk pemungutan suara yang dibagikan oleh Badan Pekerja Sidang 3.4. dan atau tulisan tidak jelas. calon ketua BEM periode 2012. Pasal 12 Pertanggungjawaban Sidang pertanggungjawaban disampaikan oleh Ketua. Sidang serah terima jabatan Ketua SEMA dan Ketua BEM FTP tahun 2012. 2. BAB IV PENGAMBILAN KEPUTUSAN 2. Pemungutan suara dilakukan secara tertutup dengan menggunakan kartu suara. 2. Pasal 8 Prosedur Pengambilan Keputusan 1. dilakukan pemungutan suara. Pimpinan sidang berhak mengeluarkan peserta sidang yang mengganggu kelancaran dan atau ketertiban sidang. maka pemungutan keputusan suara yang dilakukan kembali sah dan jika 8. Pimpinan Sidang berhak keputusan diambil melalui lobi-lobi selama 15 menit. c. 9. 1. Pertanggungjawaban Ketua dinyatakan dapat diterima oleh sidang apabila disetujui oleh sekurang-kurangnya BAB V 2/3 dari jumlah peserta sidang yang hadir. 3. Prosedur pemungutan suara adalah sebagai berikut. dan atau rusak. Majelis sidang. dan menutup sidang. Apabila lobi-lobi gagal. a. Jabatan Majelis sidang berakhir pada saat sidang yang dipimpinnya selesai. Pasal 10 Majelis Sidang Majelis sidang terdiri atas seorang Pimpinan Sidang dan seorang Notulen. Keputusan yang diambil melalui pemungutan suara dianggap sah jika disetujui 2/3 dari jumlah peserta sidang yang hadir. Apabila musyawarah gagal mencapai mufakat. sidang membacakan keputusan-keputusan diambil dianggap memenuhi ½ dari peserta sidang yang hadir ditambah satu. 6. pemungutan suara dengan suara Pasal 11 Sidang-sidang Sidang pertanggungjawaban Ketua SEMA periode 2011. b. Pimpinan sidang harus bersikap netral dan bijaksana dalam memimpin jalannya sidang. 5. Pimpinan sidang berkewajiban membuka sidang. Pasal 9 Kartu Suara 1. Jika pemungutan suara tidak memenuhi ½ dari peserta sidang yang hadir ditambah satu maka dilakukan terbanyak. dan ketua Badan Pekerja. menghentikan atau menskors sidang dengan batas waktu sesuai dengan kebijaksanaan pimpinan sidang. Peserta sidang bersikap tenang dan dapat MAJELIS SIDANG DAN SIDANG-SIDANG mengendalikan emosinya. . 1. memimpin jalannya sidang. Kartu dianggap tidak sah dalam penghitungan suara apabila : tidak ada tanda dari Badan Pekerja. Keduanya dipilih oleh keputusan rapat Badan Pekerja. Keputusan diambil dengan cara musyawarah untuk mufakat. Majelis sidang menandatangani berita acara sidang yang dipimpinnya. 7. 4. Jika hasil pemungutan suara tidak memenuhi 2/3 dari jumlah peserta sidang yang hadir. 4. 3. Pimpinan sidang adfalah bukan Ketua BEM periode 2011. 1. Sidang pertanggungjawaban Ketua BEM periode 2011. BAB VI SIDANG PERTANGGUNGJAWABAN Pertanggungjawaban dan Serah Terima Jabatan Ketua SEMA dan Ketua BEM FTP tahun 2012 dan diberi tanda khusus oleh Badan Pekerja. 2. Peserta sidang wajib menghormati pendapat yang sedang dikemukakan oleh peserta lain. Apabila diperlukan.

maka Ketua berkewajiban merevisi pertanggungjawabannya dalam waktu maksimal 2×15 menit. Hal-hal lain yang telah diatur dan mendapat persetujuan peserta Sidang Pertanggungjawaban dan Serah Terima Jabatan Ketua SEMA dan Ketua BEM FTP tahun 2012 tidak dapat diganggu gugat. Ketua BEM periode 2012 diangkat oleh sidang serah terima jabatan dengan bersumpah jabatan BEM 2012. Sie Acara. 4. Garusti Arif Darmawan Satyanto .3. maka status laporan pertanggungjawaban Ketua dinyatakan gagal. 2. Koord. Ketua SEMA periode 2012 diangkat oleh sidang serah terima jabatan dengan bersumpah jabatan SEMA 2012. Hal-hal lain yang belum diatur dalam tata tertib akan diatur kemudian dengan persetujuan sekurang- kurangnya setengah (1/2) ditambah satu (1) suara dari jumlah peserta sidang. Yogyakarta. BAB VII SIDANG SERAH TERIMA JABATAN Pasal 13 Sumpah Jabatan 1. 2. 19 Januari 2012 Pimpinan Badan Pekerja. BAB VIII LAIN-LAIN Pasal 14 1. Apabila laporan pertanggungjawaban Ketua yang telah direvisi tersebut tetap tidak dapat diterima oleh minimal 2/3 dari anggota yang hadir. Apabila pertanggungjawaban Ketua dinyatakan tidak dapat diterima oleh minimal 2/3 dari jumlah peserta sidang yang hadir.