P. 1
Msnyusuri Pembelajaran Sains Anak-Anak 29 Alat Optik

Msnyusuri Pembelajaran Sains Anak-Anak 29 Alat Optik

4.33

|Views: 789|Likes:
Published by Leo Sutrisno
beberapa kegiatan untuk mempelajari alat-alat optik bagi anak-anak disajikan di sisi
beberapa kegiatan untuk mempelajari alat-alat optik bagi anak-anak disajikan di sisi

More info:

Published by: Leo Sutrisno on Nov 11, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/09/2014

pdf

text

original

Menyusuri pembelajaran sains 29: Mengenal alat optik Leo Sutrisno

Salah satu dari tujuan pembelajaran sains di SD adalah mengenalkan konsep-konsep IPA yang dapat digunakan untuk mengenal dunia sekitar anak dan memberi dasar untuk pengembangan pemahaman IPA lebih lanjut. Karena itu, aktivitas fisik juga tidak boleh dilupakan. Mengenal alat optik dapat juga dilakukan dengan menggunakan alat-alat yang sederhana sehingga terjadi aktivitas fisik. Kegiatan 1: Mengenal kaca pembesar. Siswa dapat diajak membuat alat penbesar dari bahan kawat dan tetes air (lihat Gambar 1).Kawat dibuat melingkar dengan cara dipilin. Lingkaran kawat ini berdiameter sekitar ½ centimeter agar tetes air dapat menempel pada lubang sehingga membentuk kaca pembesar dari air. Lingkaran kawat itu dengan hati-hati dicelupkan ke dalam air yang bersih kemudian dengan perlahan diangkat lagi. Anda akan mendapatkan kaca pembesar air yang cukup peka. Bawalah kaca pembesar ini mendekati benda atau objek yang akan dilihat. Mata melihat dari atas. Jika mujur dan cermat membuatnya, alat ini dapat menghasilkan perbesaran 5 kali.
M

Gamba

ls

ls

Kegiatan 2: Mikroskop sederhana. Letakan sekeping uang logam di atas piring. Curahkan air jernih hingga sedikit menutup permukaan uang itu. Kemudian teteskan minyak makan yang masih baru tepat di atas uang logam itu. Jika ingin memperoleh hasil yang maksimal pilih munyak yang sangat jernih. Amati uang logam yang berada di bawah tetes minyak ini. Lanjutkan dengan pengamatan ini dengan menempatkan kaca pembesar (mainan dari plastik) di antara mata dan lapisan minyak. Kalau beruntung akan mendapatkan perbesaran sekitar 10 x. Perbesaran tetes minyak dikalikan perbesaran kaca pembesar.
Kaca pembes ar

Air Uang logam Gambar 2 Tetes minyak goreng

Keigiatan 3: Dasar-dasar film karton. Sediakan kertas putih tebal atau karton dengan ukuran 4 x 10 centimeter. Tempelkan kertas itu pada sebatang pensil melintang hingga membentuk hurup T (lihat Gambar 3). Pada sisi kiri yang menghadap kita buatlah garis tebal mendatar. Balikkan, pada sisi kiri lagi buatlah garis tebal tegak. Jepitlah pensil itu dengan telapak tangan yang ditangkupkan. Geserkan telapak tangan itu maju-mundur dengan cepat. Kita akan melihat tanda ’penjumlahan’ pada kertas itu. Karena, kesan mata yang cukup lama tentang yang dilihat dibandingkan dengan pergantian gambar. Kesan

garis mendatar dan kesan garis tegak bergabung menjadi tanda ’+’. Bagaiman halnya dengan fil karton?

Gamba

Kegiatan 4: Pembetukan bayangan pada mata. Kita dapat menggunakan kaca pembesar, sebaiknya yang terbuat dari kaca. Bawa kaca pembesar de dekat jendela. Hadapkan kaca pembesar itu ke suatu objek di luar. Dengan selembar kertas putih yang ditempatkan sama tegak dengan kaca pembesar itu carilah bayangan benda yang berada di luar dengan cara memaju-mundurkan kertas ke arah kaca pembesar/ Kita akan memnemukan bayangan itu terbalik. Nah, lensa mata juga bekerja seperti itu, membuat bayangan yang dilihat di depan mata pada retina. Signal ini kemudian diteruskan ke otak untuk disimpulkan. Silahkan mencoba!

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->