P. 1
Mengenal Sistem Grid Dalam Desain

Mengenal Sistem Grid Dalam Desain

|Views: 14|Likes:
Published by FIKRUL ISLAMY

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: FIKRUL ISLAMY on Jan 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/20/2012

pdf

text

original

DesignMagz

Design Resources, Share, Tips and Trick, Jobs Home Tentang Kami Izin Kutip / Cetak Resume Penulis

Mengenal Sistem Grid Dalam Desain
Oleh: Pupung Budi Purnama
January 13, 2009 Apakah Anda pernah mendengar Grid? Sistem grid adalah kemampuan dasar yang harus dimengerti dan dipahami oleh seorang desainer. Dahulu sebelum sistem grid web disediakan secara luas oleh para web desainer, saya terbiasa membuat Grid sendiri menggunakan ruler dan guide pada Photoshop. Kini template atau dasar dari Grid telah banyak disediakan untuk dapat segera dipergunakan. Lalu apa dan mengapa Grid harus dipergunakan? Pada dasarnya, semua yang kita lihat dan saksikan berdasarkan pada Grid, denah bangunan, bentuk gedung, layout majalah atau buku, tata ruang, bahkan desain Web berdasarkan pada Grid. Perhatikan gambar dibawah ini:

Gambar diatas adalah contoh sebuah grid, yang dibangun dari garis-garis yang beraturan membentuk satu kesatuan. Grid diatas dapat kita tambahkan lebih banyak garis untuk lebih menambahkan detail pada karya kita nantinya.

Keberadaan grid pada dasarnya adalah membantu untuk menempatkan berbagai elemen dalam sebuah desain agar nampak beraturan, lebih harmoni, lebih memiliki alur. Perhatikan pada contoh layout dibawah:

Bandingkan kedua layout diatas, tentunya yang lebih enak untuk dilihat mata adalah yang kedua. Ya tentu saja, grid memberikan patokan-patokan dan ukuran-ukuran yang memungkinkan sebuah area atau objek memiliki ukuran dan posisi yang teratur. Dalam dunia desain cetak dan web, penggunaan Grid sebagai acuan desain akan sangat membantu seorang desainer menyelesaikan pekerjaannya. Pada artikel selanjutnya, kita akan mempelajari penggunaan grid dalam membuat sebuah desain. (Pupung Budi Purnama) « Proyek Buku Gratis Web dan Internet DesignMagz Tip Menghitung Nilai Proyek Web »
Tentang Penulis

Pupung Budi Purnama - Bukan pakar atau ahli, hanya seorang freelance web designer, tinggal di Bandung, Jawa Barat. Bergelut di dunia web sejak 1999, pernah bekerja di beberapa perusahaan IT sebagai desainer. Sehari-hari, ia menjalankan sebuah perusahaan web development dari kamarnya.
Category: Design, Teori | RSS 2.0 | Give a Comment | trackback

3 Comments Belajar Desain Web dari Situs Lokal - Dani Iswara .Net
February 21, 2009 [...] DesignMagz oleh Mas Pupung Budi Purnama. Tertarik popularitas desain grid? Sila baca Mengenal Sistem Grid dalam Desain. [...] Reply

ronny
April 15, 2009 biasnya saya pake bantuan garisan mas, gak tau itu nama fasilitasnya apa, palingtak pake untuk meratakan desain ajapak….kalo ini saya baru tau….wahhhhtambah ilmu maning…..

ajapak….kalo ini saya baru tau….wahhhhtambah ilmu maning….. Reply

Juni Muryadi
October 9, 2009 Mengenal Sistem Grid Dalam Desain. Saya setuju dengan pemakaian Grid System dalam disain, namun memang tetap banyak pilihan untuk men desain, baik pakai grid atau tidak. Disain tetap mengandung nilai artistik yaitu elemen disain (Color, Value, Space dan Line) dan prinsip layout. Reply

Leave a Reply
Name (required) Mail (will not be published) (required) Website

Submit Comment

Artikel Terbaru
Lowongan Kerja di Best Web Media IE 6 Belum Mati ! Istilah dalam SEO (Search engine optimization) MagZine – Wordpress Gratis dari Designmagz Seminar Freelancing Done Right

Partner links
Designmagz theme designed by pupung budi purnama © 2009 DesignMagz all rights reserved

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->